Koleksi hand tools [Part 02]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

gentongxz wrote: Sun Oct 11, 2020 15:54
makasih karena 1 dari 10 juta masukan ide Pak.. :big_exellent: .., kemungkinan buat kayak gini enak pak https://www.youtube.com/watch?v=w638xpYv_0c :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
tiap mobil beda2 ukuran pak ... kecuali sdh cinta mati sm suatu mobil tertentu yg mau di keep 20 taun lagi ya boleh bikin gituan wkwkwkwk

:mky_03:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

yanuarra wrote: Sun Oct 11, 2020 15:46

Mbah takon, ngiket lg karet bootnya pake apa?

emang harus diiket lagi?




























:ngacir:
User avatar
gentongxz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Sat Sep 19, 2015 17:13

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by gentongxz »

Omnibus wrote: Sun Oct 11, 2020 16:02
gentongxz wrote: Sun Oct 11, 2020 15:54
makasih karena 1 dari 10 juta masukan ide Pak.. :big_exellent: .., kemungkinan buat kayak gini enak pak https://www.youtube.com/watch?v=w638xpYv_0c :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
tiap mobil beda2 ukuran pak ... kecuali sdh cinta mati sm suatu mobil tertentu yg mau di keep 20 taun lagi ya boleh bikin gituan wkwkwkwk

:mky_03:
buat untuk yg di pakai dulu aja Pak.. :big_grin: ..,entar yg lain bisa di kembangkan lagi alatnya.. tools itu kan dasarnya jelek dan terbatas geraknya..,sapa tau besok2 bisa untuk buka crank shaft " pesawat " :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_peace:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by yanuarra »

marmut wrote: Sun Oct 11, 2020 16:21
yanuarra wrote: Sun Oct 11, 2020 15:46

Mbah takon, ngiket lg karet bootnya pake apa?

emang harus diiket lagi?




























:ngacir:
Ya iya to mbah




:ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Sun Oct 11, 2020 13:34
Profith83 wrote: Sun Oct 11, 2020 13:20
oh ya satu lagi kelupaan.

dia ga perlu dilumasi krn tidak transmit power dr mesin ke gearbox. hanya sbg balancer.

gigi nya buat apa? buat diputar oleh motor starter kl om menyalakan mesin.
starternya nyambung pakai belt yah berarti? atau pakai gear juga nempel ke roda gila tersebut.
Sebab kalau pakai gear dari besi yang nempel ke roda gila harusnya ada dilumasi. Mungkin pakai belt seperti timing belt gitu yah
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Profith83 »

josomba wrote: Sun Oct 11, 2020 15:01
DOHC wrote: Sun Oct 11, 2020 14:18
bocor alus yg waktu itu masi blom beres jg mbah ?

ud coba claim ?? gebrak meja bila perlu ??
Kali ini jd bocor gede nampaknya mbah :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Soalnya dr yg masih dingin 2-3 minggu lalu, jd bener2 ga ada dingin kalau skarang ... Sayang dah ga garansi ni mbah klep... Gebrak meja di saat dah ga garansi, keknya bakal digebrak balik kap mesinnya....
Harusnya dicoba lagi, dulu waktu masih garansi kan pernah claim tetapi tidak ditemukan oleh BeResnya.
Siapa tahu BeRes ada niat baik.
Toyota dan Honda sering seperti itu. Selama waktu garansi pernah kita complaint dan setelah itu 1-2 setelah garansi muncul problem yang parah bisa dicomplaint.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

Profith83 wrote: Mon Oct 12, 2020 1:31
Omnibus wrote: Sun Oct 11, 2020 13:34
Profith83 wrote: Sun Oct 11, 2020 13:20
oh ya satu lagi kelupaan.

dia ga perlu dilumasi krn tidak transmit power dr mesin ke gearbox. hanya sbg balancer.

gigi nya buat apa? buat diputar oleh motor starter kl om menyalakan mesin.
starternya nyambung pakai belt yah berarti? atau pakai gear juga nempel ke roda gila tersebut.
Sebab kalau pakai gear dari besi yang nempel ke roda gila harusnya ada dilumasi. Mungkin pakai belt seperti timing belt gitu yah


cukup 7 detik pertama yang diperhatikan.

https://youtu.be/kFsl5r34lCI

tapi kalau mau nonton sampai habis ya silahkan.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun Oct 11, 2020 16:21
yanuarra wrote: Sun Oct 11, 2020 15:46

Mbah takon, ngiket lg karet bootnya pake apa?

emang harus diiket lagi?

:ngacir:
Ya ga usa donk

Ribet bkin kerjaan 2 kali aj

Toh suatu hari kan musti dibuka lg kan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Mon Oct 12, 2020 1:31
starternya nyambung pakai belt yah berarti? atau pakai gear juga nempel ke roda gila tersebut.
Sebab kalau pakai gear dari besi yang nempel ke roda gila harusnya ada dilumasi. Mungkin pakai belt seperti timing belt gitu yah
gear to gear contact om

makanya kl model masih pakai kunci jangan start lagi kl mesin sdh hidup. yg bunyi kreekkk kreeekk itu gigi stater beradu sm gigi roda gila. kl yg start button aman.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Mon Oct 12, 2020 2:29
Profith83 wrote: Mon Oct 12, 2020 1:31
starternya nyambung pakai belt yah berarti? atau pakai gear juga nempel ke roda gila tersebut.
Sebab kalau pakai gear dari besi yang nempel ke roda gila harusnya ada dilumasi. Mungkin pakai belt seperti timing belt gitu yah
gear to gear contact om

makanya kl model masih pakai kunci jangan start lagi kl mesin sdh hidup. yg bunyi kreekkk kreeekk itu gigi stater beradu sm gigi roda gila. kl yg start button aman.
Siap. Berarti tiap 5 thn sekali kasih grease yah. Tapi kan jadinya berdebu yah ...
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by blloewy »

DOHC wrote: Mon Oct 12, 2020 2:05
marmut wrote: Sun Oct 11, 2020 16:21
yanuarra wrote: Sun Oct 11, 2020 15:46

Mbah takon, ngiket lg karet bootnya pake apa?

emang harus diiket lagi?

:ngacir:
Ya ga usa donk

Ribet bkin kerjaan 2 kali aj

Toh suatu hari kan musti dibuka lg kan
Lah ngga takut masuk kotoran nanti ke rack steer?
Diiket pake cable ties atau clamp biasanya kl saya ngga salah inget dulu ganti shaft rack steer.
nubie in all things - still need to learn
omnyanaira
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 181
Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by omnyanaira »

DOHC wrote: Sun Oct 11, 2020 1:50
blloewy wrote: Sun Oct 11, 2020 1:41
Omnibus wrote: Sun Oct 11, 2020 1:21

yg mana pilihan merknya akhirnya? ditunggu posting foto selanjutnya. :big_grin:
Yg masuk budget sich msh tekiro u set kunci shock :big_cry:
Kl naek kasta cm dpt gagang rachetnya doang yg toptul ama SATA.
Msh ngumpulin tools u service ringan aja dulu...
Target utama beli Kunci Torsi biar bisa bikin hati tenang pas buka baut2 yg butuh presisi torsi soalnya kejadian di grup HR15, baut roda patah di jalan 1 biji :big_cry:
Kl ga masalah ama bocel2

Saya saranin konci sok nya aj (ratchet ga usa), bisa pake tekiro jg gapapa.. ckup kuat koq utk rumahan.. asal tahan bocel2 nya aj.. atau coba cari mrek jtech, ini jg lmayan utk kasta sudra

Tp kl mau upping the game, skalian beli yg kasta waisya, jtc, sata, toptul nya ksukaan mbah yanuarra, atau kl hoki, dapet stanley (tp wajip yg buatan eropa, jgn yg cungkwo)

Nahh ratchet saran saya, cari yg waisya, jtc punya saya liat lmayan.. sata jg not bad
Ratchet haram pake yg sudra krn buang2 wang aj nantinya
Klo kunci sok merk tcap mata gmna om?? Ada di online yg diameter 1/2 " sekitar 400 ribu
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by josomba »

blloewy wrote: Mon Oct 12, 2020 2:48
DOHC wrote: Mon Oct 12, 2020 2:05
marmut wrote: Sun Oct 11, 2020 16:21


emang harus diiket lagi?

:ngacir:
Ya ga usa donk

Ribet bkin kerjaan 2 kali aj

Toh suatu hari kan musti dibuka lg kan
Lah ngga takut masuk kotoran nanti ke rack steer?
Diiket pake cable ties atau clamp biasanya kl saya ngga salah inget dulu ganti shaft rack steer.
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Kalau nimbrung diskusi mbah2 di atas tersebut memang susah kadang bedain kapan sarkas kapan beneran :big_grin:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

omnyanaira wrote: Mon Oct 12, 2020 2:53
DOHC wrote: Sun Oct 11, 2020 1:50
blloewy wrote: Sun Oct 11, 2020 1:41
Yg masuk budget sich msh tekiro u set kunci shock :big_cry:
Kl naek kasta cm dpt gagang rachetnya doang yg toptul ama SATA.
Msh ngumpulin tools u service ringan aja dulu...
Target utama beli Kunci Torsi biar bisa bikin hati tenang pas buka baut2 yg butuh presisi torsi soalnya kejadian di grup HR15, baut roda patah di jalan 1 biji :big_cry:
Kl ga masalah ama bocel2

Saya saranin konci sok nya aj (ratchet ga usa), bisa pake tekiro jg gapapa.. ckup kuat koq utk rumahan.. asal tahan bocel2 nya aj.. atau coba cari mrek jtech, ini jg lmayan utk kasta sudra

Tp kl mau upping the game, skalian beli yg kasta waisya, jtc, sata, toptul nya ksukaan mbah yanuarra, atau kl hoki, dapet stanley (tp wajip yg buatan eropa, jgn yg cungkwo)

Nahh ratchet saran saya, cari yg waisya, jtc punya saya liat lmayan.. sata jg not bad
Ratchet haram pake yg sudra krn buang2 wang aj nantinya
Klo kunci sok merk tcap mata gmna om?? Ada di online yg diameter 1/2 " sekitar 400 ribu
Kl barang2 tjap mata, sperti mata bor, obeng2, gunting knipex, dan tools2 laennya.. saya cuman brani beli lgs d lindeteves (bukan ltc loh)
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

Btw tools merk sata kayanya ad official store nya di toped

Nanti abis korona mau ta coba samperin enci2 besar berbulu hitam lebat yg katanya bukan mbah omni yg incognito.. mastiin bener ga itu toped nya doi
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 643
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Poporing »

DOHC wrote: Mon Oct 12, 2020 3:04 Btw tools merk sata kayanya ad official store nya di toped

Nanti abis korona mau ta coba samperin enci2 besar berbulu hitam lebat yg katanya bukan mbah omni yg incognito.. mastiin bener ga itu toped nya doi
iya.. di toped ada SATA ama TONE opisial store...
kalo ga ada yg dcari, mgkn Monotaro lbh lgkp om.. soalnya dia sedikit lbh mahal...

btw, lindeteves itu LTC Glodok om?
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 643
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Poporing »

blloewy wrote: Sun Oct 11, 2020 12:02
Poporing wrote: Sun Oct 11, 2020 7:58 Noted.. coba cari Sata atau Tone ah..
Kalo ktc ga rela duidnya.. wera atau wiha apalagi.. haha
TW pankapan... kalo ud punya project car
Tone yg begini kah om?
https://tokopedia.link/blCzv7jOuab
Baru tau lagi Tone, dari Taiwan kah ini?
sori lama jawab om...
tp udah dijawab suhu-suhu disini kan?
Tone coba cari di official store toped atau di monotaro, om.....
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 643
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Poporing »

Omnibus wrote: Sun Oct 11, 2020 13:20
blloewy wrote: Sun Oct 11, 2020 13:12
yg ini om ... search nama tokonya aja di tokped


Screenshot_20201011_201936_com.tokopedia.tkpd.jpg
ternyata harganya sadis jg...
lumayan bisa dapet leatherman satu lg. hahahha
dari harga, ternyata SATA di bawah TONE ama KTC ya....
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

Poporing wrote: Mon Oct 12, 2020 3:16
-

btw, lindeteves itu LTC Glodok om?

kalau dari arah stasiun kota, LTC itu setelah lindeteves.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Profith83 »

Pengalaman sih KTC cukup bagus untuk ring pass.
Buat buka mur dan baut dudukan AC yang sudah puluhan tahun dan berkarat.
Biarpun sudah longgar tetapi karena baut panjang dan berkarat semua, maka tetap saja susah bukanya.

Akhirnya setelah longgar 0.5 cm antara baut dan mur digerinda saja, kelamaan.

Nah sesusah itu saya pakai kunci ring KTC dan shock flag drive 1/2 :D.
Kunci 12 sepertinya ... kuat banget tuh KTC.
Pingin beli yang 17 tetapi KTC tidak pernah ada promo. ring pass 17 nya lumayan mahal harga 80rb.
Ada gak merek lain yang harga mirip mirip tapi kualitas diatas KTC yah?
EDITED : pingin coba merek lain yg lebih bagus dari KTC tapi harga sama atau mirip2x
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by benzz89 »


Omnibus wrote: masalah wear, justru yg pertama ane ganti oli cvt di 10k kan agak tebel, ane msh nyantai krn pikiran ane itu kan sisa2 inreyen kali. nah tadi kan 2k udah ada lagi. ya ane sih bersyukur aja skrg udah diganti ke amsoil krn wearnya belum banyak baru 12k. itu kl claim amsoil bener yg dia bilang wear characteristic nya lebih bagus drpd oli oem berarti kan ada harapan longevity cvt ane lebih tahan lama.
Serem juga yah CVT... ceban KM ganti sudah tebal gram2nya... noceng KM ganti lagi sudah tebal lagi.

Bijimane yang gantinya 48 ribu KM sekali mbah... itu aja sudah merasa kecepatan gantinya, padahal sekali bejeg sudah kaya nyerut balok es tuh CVT.

Baiknya tiap ceban KM buang setengah aja kali yah (misal 4 quart gitu), sambil bersih2 baut dari gram2an serutan CVT.

Ngerik juga kalau gram2an sudah gak bisa ketampung lagi di baut lalu nyebar kemana2, bijimane rencana mau dipakai 270 ribu KM/20 taon lagi mbah? Bisa2 ambrol di tengah jalan itu CVT
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Mon Oct 12, 2020 5:08
Omnibus wrote: masalah wear, justru yg pertama ane ganti oli cvt di 10k kan agak tebel, ane msh nyantai krn pikiran ane itu kan sisa2 inreyen kali. nah tadi kan 2k udah ada lagi. ya ane sih bersyukur aja skrg udah diganti ke amsoil krn wearnya belum banyak baru 12k. itu kl claim amsoil bener yg dia bilang wear characteristic nya lebih bagus drpd oli oem berarti kan ada harapan longevity cvt ane lebih tahan lama.
Serem juga yah CVT... ceban KM ganti sudah tebal gram2nya... noceng KM ganti lagi sudah tebal lagi.

Bijimane yang gantinya 48 ribu KM sekali mbah... itu aja sudah merasa kecepatan gantinya, padahal sekali bejeg sudah kaya nyerut balok es tuh CVT.

Baiknya tiap ceban KM buang setengah aja kali yah (misal 4 quart gitu), sambil bersih2 baut dari gram2an serutan CVT.

Ngerik juga kalau gram2an sudah gak bisa ketampung lagi di baut lalu nyebar kemana2, bijimane rencana mau dipakai 270 ribu KM/20 taon lagi mbah? Bisa2 ambrol di tengah jalan itu CVT
iya betul om ngeri. mendingan drain n fill dr pan aja biasa tp agak rajin. 10k atau 15k kl pakai oli oem n sering dibetot2. kl bawanya santai kayanya beda jauh sih serutan gram nya.

kl pake oli keraton belum tau gmn hasilnya. siapa tau setelah 20k malah cuma selayer tipis. jadi bisa 30-40k OCI nya.

kemarin noceng km ganti belum tebal om, baru ada layer tipis aja.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by yanuarra »

Omnibus wrote: Mon Oct 12, 2020 5:21
benzz89 wrote: Mon Oct 12, 2020 5:08
Omnibus wrote: masalah wear, justru yg pertama ane ganti oli cvt di 10k kan agak tebel, ane msh nyantai krn pikiran ane itu kan sisa2 inreyen kali. nah tadi kan 2k udah ada lagi. ya ane sih bersyukur aja skrg udah diganti ke amsoil krn wearnya belum banyak baru 12k. itu kl claim amsoil bener yg dia bilang wear characteristic nya lebih bagus drpd oli oem berarti kan ada harapan longevity cvt ane lebih tahan lama.
Serem juga yah CVT... ceban KM ganti sudah tebal gram2nya... noceng KM ganti lagi sudah tebal lagi.

Bijimane yang gantinya 48 ribu KM sekali mbah... itu aja sudah merasa kecepatan gantinya, padahal sekali bejeg sudah kaya nyerut balok es tuh CVT.

Baiknya tiap ceban KM buang setengah aja kali yah (misal 4 quart gitu), sambil bersih2 baut dari gram2an serutan CVT.

Ngerik juga kalau gram2an sudah gak bisa ketampung lagi di baut lalu nyebar kemana2, bijimane rencana mau dipakai 270 ribu KM/20 taon lagi mbah? Bisa2 ambrol di tengah jalan itu CVT
iya betul om ngeri. mendingan drain n fill dr pan aja biasa tp agak rajin. 10k atau 15k pakai oli oem kl sering dibetot2. kl bawanya santai kayanya beda jauh sih serutan gram nya.

pake oli keraton belum tau. siapa tau setelah 20k malah cuma selayer tipis. jadi bisa 30-40k OCI nya.

kemarin noceng km ganti belum tebal om, baru ada layer tipis aja.
Om ane kan ganti atf itu interval dua kali ganti oli mesin. Drain and fill aja yg keluar dari pan. Nah klo udah begitu masih perlu kuras total? Misal di kelipatan 80k.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

Poporing wrote: Mon Oct 12, 2020 3:16
DOHC wrote: Mon Oct 12, 2020 3:04 Btw tools merk sata kayanya ad official store nya di toped

Nanti abis korona mau ta coba samperin enci2 besar berbulu hitam lebat yg katanya bukan mbah omni yg incognito.. mastiin bener ga itu toped nya doi
iya.. di toped ada SATA ama TONE opisial store...
kalo ga ada yg dcari, mgkn Monotaro lbh lgkp om.. soalnya dia sedikit lbh mahal...

btw, lindeteves itu LTC Glodok om?
Monotaro yah, serem ahh.. ntar kaya om bloewwy, di php in mulu

Lindeteves itu gede om, ad pasar HWI, metro, blustru, dan skitar.. LTC cuman seupil bagian dr lindeteves
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

yanuarra wrote: Mon Oct 12, 2020 5:30
Om ane kan ganti atf itu interval dua kali ganti oli mesin. Drain and fill aja yg keluar dari pan. Nah klo udah begitu masih perlu kuras total? Misal di kelipatan 80k.
menurut nubie sih ga perlu mbah dekan. buang uang tp manfaatnya ga signifikan. tp kl sekalian ganti filter krn umur filter ok mau ga mau.