Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
yanuarra wrote:
Lha ini om barusan aja di yutub [emoji16]
IMG_20201010_234436.jpg
Subscribersnya aja 2,7k loh...udah dpt duit lagi tuh doi dari yutub.. Kalo gitu harusnya subscriber yutubnya mbah marmut 270k
Krn alatnya proper
Ayo mbah marmut, pasti bisa nyaingin yutubnya jaya auto mbah
Kita dukung mbah suhu bikin konten yutup... [emoji122]
"Hai gaess ... kembali lagi bersama Mbah Marmut, sang rektor institut vorsprung durch technik van asem reges le indonesie, di cenel garasi enam sembilan. Di video kali ini kita akan membongpas long tie rod menggunakan kunci pipa."
wah bagian lcgc ane serahkan mic ke mbah rektor aja deh
btw studnya ukuran M berapa?
vernier caliper udah dibeli kan?
ralat, bukan 85....
20201010_211546.jpg
tapi saya inget bener tempo hari set di 105 nm baut berasa melintir. jadi saya turunin ke 90 nm.
nggak inget M berapa. saya ingetnya M01 kampung melayu-senen.....
beli vernier caliper? belum mbah..... tapi ada yang noban go punya hopeng. lumayan cakep dari jarak 100 meter.
tuh kan salah baca. untung ane ga sempet bully itu material grade ayla. barusan baca ukurannya ayla sama ama yg lain kok M12 dgn thread pitch 1.5
kl gitu berarti sempet kena overtorque itu stud nya. mungkin waktu dulu kali pas mbah belum jadi rektor, masih pake piling eh feeling....
saran ane mending pipa besi perpanjangan di museumkan aja. kubur di bawah gedung musatek bareng sama buku pedoman BBLAR.
Pipa besi itu bagian tak terpisahkan bagi asemregesers mbah
Tanpa itu, gmana kami bisa copotin baut kruk as jahanam honda2 jadul
blloewy wrote: Sun Oct 11, 2020 0:54
terima kasih pencerahannya pak rektor, warektor, dekan dan suhu2 serta shifu...
jadi ada gambaran lah skrg tools mana yg lumayan tp ngga buat lumanyun
yg mana pilihan merknya akhirnya? ditunggu posting foto selanjutnya.
Yg masuk budget sich msh tekiro u set kunci shock
Kl naek kasta cm dpt gagang rachetnya doang yg toptul ama SATA.
Msh ngumpulin tools u service ringan aja dulu...
Target utama beli Kunci Torsi biar bisa bikin hati tenang pas buka baut2 yg butuh presisi torsi soalnya kejadian di grup HR15, baut roda patah di jalan 1 biji
blloewy wrote: Sun Oct 11, 2020 1:41
Yg masuk budget sich msh tekiro u set kunci shock
Kl naek kasta cm dpt gagang rachetnya doang yg toptul ama SATA.
Msh ngumpulin tools u service ringan aja dulu...
Target utama beli Kunci Torsi biar bisa bikin hati tenang pas buka baut2 yg butuh presisi torsi soalnya kejadian di grup HR15, baut roda patah di jalan 1 biji
baut roda patah di jalan? siapa yg ngencengin, mekanik atau diri sendiri?
saran sy kl utk kunci torsi beli merk yg jelas krn itu precision instrument. dan kunci sok satu set 3/8" minimal sata dan selevelnya. krn kl tahan lama, bagus dan enak dipake kan bikin semangat. selain itu boleh lah yg kasta sudra.
blloewy wrote: Sun Oct 11, 2020 0:54
terima kasih pencerahannya pak rektor, warektor, dekan dan suhu2 serta shifu...
jadi ada gambaran lah skrg tools mana yg lumayan tp ngga buat lumanyun
yg mana pilihan merknya akhirnya? ditunggu posting foto selanjutnya.
Yg masuk budget sich msh tekiro u set kunci shock
Kl naek kasta cm dpt gagang rachetnya doang yg toptul ama SATA.
Msh ngumpulin tools u service ringan aja dulu...
Target utama beli Kunci Torsi biar bisa bikin hati tenang pas buka baut2 yg butuh presisi torsi soalnya kejadian di grup HR15, baut roda patah di jalan 1 biji
Kl ga masalah ama bocel2
Saya saranin konci sok nya aj (ratchet ga usa), bisa pake tekiro jg gapapa.. ckup kuat koq utk rumahan.. asal tahan bocel2 nya aj.. atau coba cari mrek jtech, ini jg lmayan utk kasta sudra
Tp kl mau upping the game, skalian beli yg kasta waisya, jtc, sata, toptul nya ksukaan mbah yanuarra, atau kl hoki, dapet stanley (tp wajip yg buatan eropa, jgn yg cungkwo)
Nahh ratchet saran saya, cari yg waisya, jtc punya saya liat lmayan.. sata jg not bad
Ratchet haram pake yg sudra krn buang2 wang aj nantinya
blloewy wrote: Sun Oct 11, 2020 1:41
Yg masuk budget sich msh tekiro u set kunci shock
Kl naek kasta cm dpt gagang rachetnya doang yg toptul ama SATA.
Msh ngumpulin tools u service ringan aja dulu...
Target utama beli Kunci Torsi biar bisa bikin hati tenang pas buka baut2 yg butuh presisi torsi soalnya kejadian di grup HR15, baut roda patah di jalan 1 biji
baut roda patah di jalan? siapa yg ngencengin, mekanik atau diri sendiri?
saran sy kl utk kunci torsi beli merk yg jelas krn itu precision instrument. dan kunci sok satu set 3/8" minimal sata dan selevelnya. krn kl tahan lama, bagus dan enak dipake kan bikin semangat. selain itu boleh lah yg kasta sudra.
kata yg pny sich dikencengin di bengkel yg pake torque wrench yg sambung selang kompresor itu.
siap mbah rektor....
cari2 dulu yg mantul harga plus promonya
yg mana pilihan merknya akhirnya? ditunggu posting foto selanjutnya.
Yg masuk budget sich msh tekiro u set kunci shock
Kl naek kasta cm dpt gagang rachetnya doang yg toptul ama SATA.
Msh ngumpulin tools u service ringan aja dulu...
Target utama beli Kunci Torsi biar bisa bikin hati tenang pas buka baut2 yg butuh presisi torsi soalnya kejadian di grup HR15, baut roda patah di jalan 1 biji
Kl ga masalah ama bocel2
Saya saranin konci sok nya aj (ratchet ga usa), bisa pake tekiro jg gapapa.. ckup kuat koq utk rumahan.. asal tahan bocel2 nya aj.. atau coba cari mrek jtech, ini jg lmayan utk kasta sudra
Tp kl mau upping the game, skalian beli yg kasta waisya, jtc, sata, toptul nya ksukaan mbah yanuarra, atau kl hoki, dapet stanley (tp wajip yg buatan eropa, jgn yg cungkwo)
Nahh ratchet saran saya, cari yg waisya, jtc punya saya liat lmayan.. sata jg not bad
Ratchet haram pake yg sudra krn buang2 wang aj nantinya
Buat bersihkan EGR, TB ama cek busi cukup pake kunci sok aja?
Ngga perlu racthet? ngeri dol ngga ntar om pas ngebuka nya
kejadian pas buka baut kaliper rem motor saya pake kunci L tekiro malah slek kepala bautnya dan butuh cara paksa u ngelepas tiu baut kaliper rem motor
stanley kl ngga salah msh satu merk ama black & decker.
kebetulan saya ada yg kunci pas nya stanley
Buat bersihkan EGR, TB ama cek busi cukup pake kunci sok aja?
Ngga perlu racthet? ngeri dol ngga ntar om pas ngebuka nya
kejadian pas buka baut kaliper rem motor saya pake kunci L tekiro malah slek kepala bautnya dan butuh cara paksa u ngelepas tiu baut kaliper rem motor
stanley kl ngga salah msh satu merk ama black & decker.
kebetulan saya ada yg kunci pas nya stanley
dol/slek itu faktor nomer 1nya manusia, faktor nomer 2 alat, nomer 3 adalah cara atau how to-nya.
dikasih ratchet sama socket bit yang paling mahal sekalipun, kalo gatau cara buka baut yang bener ya percuma....
buka mur/baut juga ada triknya, nggak sekedar buka ke kiri, ngencengin ke kanan.
cara pegang tools bisa menentukan umur baut, tools, dan diri anda sendiri.
sudah pernah ngerasain perkakas mencolot ke muka dan berakhir dengan black out?
blloewy wrote: Sun Oct 11, 2020 1:41
Yg masuk budget sich msh tekiro u set kunci shock
Kl naek kasta cm dpt gagang rachetnya doang yg toptul ama SATA.
Msh ngumpulin tools u service ringan aja dulu...
Target utama beli Kunci Torsi biar bisa bikin hati tenang pas buka baut2 yg butuh presisi torsi soalnya kejadian di grup HR15, baut roda patah di jalan 1 biji
Kl ga masalah ama bocel2
Saya saranin konci sok nya aj (ratchet ga usa), bisa pake tekiro jg gapapa.. ckup kuat koq utk rumahan.. asal tahan bocel2 nya aj.. atau coba cari mrek jtech, ini jg lmayan utk kasta sudra
Tp kl mau upping the game, skalian beli yg kasta waisya, jtc, sata, toptul nya ksukaan mbah yanuarra, atau kl hoki, dapet stanley (tp wajip yg buatan eropa, jgn yg cungkwo)
Nahh ratchet saran saya, cari yg waisya, jtc punya saya liat lmayan.. sata jg not bad
Ratchet haram pake yg sudra krn buang2 wang aj nantinya
Buat bersihkan EGR, TB ama cek busi cukup pake kunci sok aja?
Ngga perlu racthet? ngeri dol ngga ntar om pas ngebuka nya
kejadian pas buka baut kaliper rem motor saya pake kunci L tekiro malah slek kepala bautnya dan butuh cara paksa u ngelepas tiu baut kaliper rem motor
stanley kl ngga salah msh satu merk ama black & decker.
kebetulan saya ada yg kunci pas nya stanley
Wah prihatin kalau sampe slek pake terkiro. Saya pake tekiro hex/torx sih aman2 aja, kadang agak tricky sih, kadang perlu di getok dulu biar kunci duduk sempurna.
indeskey wrote: Sun Oct 11, 2020 2:24
Mbah suhu semua ada yang punya torque spec secara umum buat hex (kunci L) dan torx (kunci bintang) kah?
Suwun.
tergantung ukuran dan penggunaannya.
Nah kebetulan barusan buka cover knalpot kuda besi pake kunci L ukuran 4 masih perawan... Walah alot bener mbah, sampe melengkung itu kunci, kasih torsi terus pelan2 akhirnya TEK... Kebuka hehehe... Penasaran aja berapa sih spec nya kunci2 yg begini.
indeskey wrote: Sun Oct 11, 2020 2:31
Nah kebetulan barusan buka cover knalpot kuda besi pake kunci L ukuran 4 masih perawan... Walah alot bener mbah, sampe melengkung itu kunci, kasih torsi terus pelan2 akhirnya TEK... Kebuka hehehe... Penasaran aja berapa sih spec nya kunci2 yg begini.
cover knalpot berarti kena panas?
semprot penetrant dulu trus diemin 2~3 menit. cara bukanya musti agak dikagetin, jangan diurut. kalo masih keras, musti semprot penetrant lagi sedikit sambil kendorin-kencengin beberapa kali. kalo sekaligus kendorin resiko patah.
indeskey wrote: Sun Oct 11, 2020 2:31
Nah kebetulan barusan buka cover knalpot kuda besi pake kunci L ukuran 4 masih perawan... Walah alot bener mbah, sampe melengkung itu kunci, kasih torsi terus pelan2 akhirnya TEK... Kebuka hehehe... Penasaran aja berapa sih spec nya kunci2 yg begini.
cover knalpot berarti kena panas?
semprot penetrant dulu trus diemin 2~3 menit. cara bukanya musti agak dikagetin, jangan diurut. kalo masih keras, musti semprot penetrant lagi sedikit sambil kendorin-kencengin beberapa kali. kalo sekaligus kendorin resiko patah.
Iya mbah kena panas, tp buka td kondisi dingin. Kalau panas mungkin lbh enteng yak. Td diurut karena takut slek mbah. Td nggak pake penetrant sih, kalau gak bisa biasanya baru semprot2.
Buat bersihkan EGR, TB ama cek busi cukup pake kunci sok aja?
Ngga perlu racthet? ngeri dol ngga ntar om pas ngebuka nya
kejadian pas buka baut kaliper rem motor saya pake kunci L tekiro malah slek kepala bautnya dan butuh cara paksa u ngelepas tiu baut kaliper rem motor
stanley kl ngga salah msh satu merk ama black & decker.
kebetulan saya ada yg kunci pas nya stanley
dol/slek itu faktor nomer 1nya manusia, faktor nomer 2 alat, nomer 3 adalah cara atau how to-nya.
dikasih ratchet sama socket bit yang paling mahal sekalipun, kalo gatau cara buka baut yang bener ya percuma....
buka mur/baut juga ada triknya, nggak sekedar buka ke kiri, ngencengin ke kanan.
cara pegang tools bisa menentukan umur baut, tools, dan diri anda sendiri.
sudah pernah ngerasain perkakas mencolot ke muka dan berakhir dengan black out?
sdh mbah...
posisi tegak lurus, semprot WD dulu ke baut kaliper dan buka berlawanan jarum jam pelan2 dulu
eh slek juga
ngga mau mbah kl sampe mencolot...cukup tangan aja kejepit pernah pas buka karet bawah mitsu kuda diesel usia 18 tahun
blloewy wrote: Sun Oct 11, 2020 1:41
Yg masuk budget sich msh tekiro u set kunci shock
Kl naek kasta cm dpt gagang rachetnya doang yg toptul ama SATA.
Msh ngumpulin tools u service ringan aja dulu...
Target utama beli Kunci Torsi biar bisa bikin hati tenang pas buka baut2 yg butuh presisi torsi soalnya kejadian di grup HR15, baut roda patah di jalan 1 biji
Kl ga masalah ama bocel2
Saya saranin konci sok nya aj (ratchet ga usa), bisa pake tekiro jg gapapa.. ckup kuat koq utk rumahan.. asal tahan bocel2 nya aj.. atau coba cari mrek jtech, ini jg lmayan utk kasta sudra
Tp kl mau upping the game, skalian beli yg kasta waisya, jtc, sata, toptul nya ksukaan mbah yanuarra, atau kl hoki, dapet stanley (tp wajip yg buatan eropa, jgn yg cungkwo)
Nahh ratchet saran saya, cari yg waisya, jtc punya saya liat lmayan.. sata jg not bad
Ratchet haram pake yg sudra krn buang2 wang aj nantinya
Buat bersihkan EGR, TB ama cek busi cukup pake kunci sok aja?
Ngga perlu racthet? ngeri dol ngga ntar om pas ngebuka nya
kejadian pas buka baut kaliper rem motor saya pake kunci L tekiro malah slek kepala bautnya dan butuh cara paksa u ngelepas tiu baut kaliper rem motor
stanley kl ngga salah msh satu merk ama black & decker.
kebetulan saya ada yg kunci pas nya stanley
Justru buka TB , busi ama skalian intake manipol, gmana caranya kl ga pake konci sok dan ratchet.. utk TB malah pake obeng philips buat copotin motor nya dl
Nahh kl soal dol, itu biasa montirnya waktu mata kuliah pedoman ngebuka dan ngencengin baut institute technik van asemreges, sering madol, titip absen.. krn dosen kami ud ngajarin ad 2 cara, pake ceklek2 atau seperempat putaran stelah mur hand tighten max..
Stanley sayang nya di indo dominan buatan cungkwo sudra
Kl stanley dapet yg masi buatan belgium misalnya, itu not bad loh, presisi nya ga kalah sperti waisya nihon macam tone
sudah pernah ngerasain perkakas mencolot ke muka dan berakhir dengan black out?
Ini saya pernah
Lg bantuin temen ganti timing belt lancer CB nya.. itu ad baut enjin monting ngajak gelut banget pas mo dicopot.. skalinya ud ambil ancang2, pipa besi, konci L trus tarik sekuat tenaga.. bletakkk.. bautnya patah gara2 karat.. konci sok mental kena tulang pipi.. biru ampe beberapa ari kaya abis dikeroyok