Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Saya saranin konci sok nya aj (ratchet ga usa), bisa pake tekiro jg gapapa.. ckup kuat koq utk rumahan.. asal tahan bocel2 nya aj.. atau coba cari mrek jtech, ini jg lmayan utk kasta sudra
Tp kl mau upping the game, skalian beli yg kasta waisya, jtc, sata, toptul nya ksukaan mbah yanuarra, atau kl hoki, dapet stanley (tp wajip yg buatan eropa, jgn yg cungkwo)
Nahh ratchet saran saya, cari yg waisya, jtc punya saya liat lmayan.. sata jg not bad
Ratchet haram pake yg sudra krn buang2 wang aj nantinya
Buat bersihkan EGR, TB ama cek busi cukup pake kunci sok aja?
Ngga perlu racthet? ngeri dol ngga ntar om pas ngebuka nya
kejadian pas buka baut kaliper rem motor saya pake kunci L tekiro malah slek kepala bautnya dan butuh cara paksa u ngelepas tiu baut kaliper rem motor
stanley kl ngga salah msh satu merk ama black & decker.
kebetulan saya ada yg kunci pas nya stanley
Justru buka TB , busi ama skalian intake manipol, gmana caranya kl ga pake konci sok dan ratchet.. utk TB malah pake obeng philips buat copotin motor nya dl
Nahh kl soal dol, itu biasa montirnya waktu mata kuliah pedoman ngebuka dan ngencengin baut institute technik van asemreges, sering madol, titip absen.. krn dosen kami ud ngajarin ad 2 cara, pake ceklek2 atau seperempat putaran stelah mur hand tighten max..
Stanley sayang nya di indo dominan buatan cungkwo sudra
Kl stanley dapet yg masi buatan belgium misalnya, itu not bad loh, presisi nya ga kalah sperti waisya nihon macam tone
Kirain cukup pake gagang L nya doang trs ama shock
Wohhh ternyata ada buatan Belgium kirain semua buatan Cungkwo
yanuarra wrote: Sat Oct 10, 2020 13:51
Ok sip tararengkyu mbah..
Kalo di bukman ane minta 103 Nm, tp stlh pengencangan diminta ricek lagi after nempuh 1.000 km. Yaudah kmren2 ane jajal seminggu kemudian (kbtulan nempuh 1.600 km ajrut2an+hi speed), pas cek ulang si TW lgsg ceklek di semua murnya. Artinya everything is ok. Jd smpe skrg set di 103 Nm udah ngerasa aman banget...
Memang ya tw berguna banget, yg paling penting perasaan tenang dan damai waktu nyetir itu yg utama
Lebay
kl perasaan tenang sih ane setuju mbah
meskipun selama ane hidup ga pernah liat roda mobil lepas di jalan. padahal kebanyakan ngga dikencengin pakai TW. bahkan mungkin yg punya TW cuma 5% dr mekanik, even bengkel jg kebanyakan ga punya. itulah kenapa pabrikan ga bikin mur/bautnya cuma 1 kaya F1, utk redundancy mengeliminir human error atau lack of proper equipment tp tetap dlm safety envelope.
*halahhh bahasa ane bawa2 amplop segala
Kl ini saya pernah ngalamin mbah, kenceng pake taft di jalan gravel pipa gas ke wellhead, mumpung jauh sama sekurity pake speed gun. Sempet ketawa kok ada roda nyalip, ternyata roda belakang sendiri. Untung radio masih nyaut
Sekarang gak berani mbah, semua mobil di log pake driveright
blloewy wrote: Sun Oct 11, 2020 1:41
Yg masuk budget sich msh tekiro u set kunci shock
Kl naek kasta cm dpt gagang rachetnya doang yg toptul ama SATA.
Msh ngumpulin tools u service ringan aja dulu...
Target utama beli Kunci Torsi biar bisa bikin hati tenang pas buka baut2 yg butuh presisi torsi soalnya kejadian di grup HR15, baut roda patah di jalan 1 biji
baut roda patah di jalan? siapa yg ngencengin, mekanik atau diri sendiri?
saran sy kl utk kunci torsi beli merk yg jelas krn itu precision instrument. dan kunci sok satu set 3/8" minimal sata dan selevelnya. krn kl tahan lama, bagus dan enak dipake kan bikin semangat. selain itu boleh lah yg kasta sudra.
Noted.. coba cari Sata atau Tone ah..
Kalo ktc ga rela duidnya.. wera atau wiha apalagi.. haha
TW pankapan... kalo ud punya project car
Kwaci wrote: Sun Oct 11, 2020 4:58
Kl ini saya pernah ngalamin mbah, kenceng pake taft di jalan gravel pipa gas ke wellhead, mumpung jauh sama sekurity pake speed gun. Sempet ketawa kok ada roda nyalip, ternyata roda belakang sendiri. Untung radio masih nyaut
Sekarang gak berani mbah, semua mobil di log pake driveright
pasti jd pengalaman yg tak terlupakan ya om ...
Poporing wrote: Sun Oct 11, 2020 7:58
Noted.. coba cari Sata atau Tone ah..
Kalo ktc ga rela duidnya.. wera atau wiha apalagi.. haha
TW pankapan... kalo ud punya project car
sebelum dituang ane visual n smelly smelly check dulu oli barunya. warna, kekentalan dan aromanya sama antara 1 botol dgn yg lain. aroma ternyata lebih manis drpd hcf2 ahond. enakkk flyyyy ... ada bau aibon nya dikit
IMG_20201011_123822.jpg
ini terakhir ganti 2000 km yg lalu. kl di cahaya matahari pas dituang ga hitam pekat sih, lebih spt minyak goreng yg baru 1x dipake.
IMG_20201011_144706~2.jpg
iseng buka panel hitam di dekat pertemuan engine n transmisi. ternyata itu hatch utk akses ring gear (flywheel kl di MT) yg sptnya dipakai utk jamming crankshaft pakai SST ketika ingin melepas timing chain / crank pulley.
IMG_20201011_133923~2.jpg
ini panel penutupnya. sama sekali ga waterproof. jadi ane saranin utk pengguna L15 yg ceper spt jazz, mobilio atau bahkan brv, termasuk brio juga L12 kayanya mirip, jangan terjang genangan air atau banjir kl udah lewat 1/4 roda (ban + velg). jamin air kotornya masuk situ dan keciprat kemana2 sama ring gear itu.
IMG_20201011_134030~2.jpg
sekian mas bro om ...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Omnibus wrote: Sun Oct 11, 2020 8:36weekend gabut job ... ganti cvt fluid
sebelum dituang ane visual n smelly smelly check dulu oli barunya. warna, kekentalan dan aromanya sama antara 1 botol dgn yg lain. aroma ternyata lebih manis drpd hcf2 ahond. enakkk flyyyy ... ada bau aibon nya dikit
IMG_20201011_123822.jpg
ini terakhir ganti 2000 km yg lalu. kl di cahaya matahari pas dituang ga hitam pekat sih, lebih spt minyak goreng yg baru 1x dipake.
IMG_20201011_144706~2.jpg
iseng buka panel hitam di dekat pertemuan engine n transmisi. ternyata itu hatch utk akses ring gear (flywheel kl di MT) yg sptnya dipakai utk jamming crankshaft pakai SST ketika ingin melepas timing chain / crank pulley.
IMG_20201011_133923~2.jpg
ini panel penutupnya. sama sekali ga waterproof. jadi ane saranin utk pengguna L15 yg ceper spt jazz, mobilio atau bahkan brv, termasuk brio juga L12 kayanya mirip, jangan terjang genangan air atau banjir kl udah lewat 1/4 roda (ban + velg). jamin air kotornya masuk situ dan keciprat kemana2 sama ring gear itu.
Omnibus wrote:weekend gabut job ... ganti cvt fluid
sebelum dituang ane visual n smelly smelly check dulu oli barunya. warna, kekentalan dan aromanya sama antara 1 botol dgn yg lain. aroma ternyata lebih manis drpd hcf2 ahond. enakkk flyyyy ... ada bau aibon nya dikit
IMG_20201011_123822.jpg
ini terakhir ganti 2000 km yg lalu. kl di cahaya matahari pas dituang ga hitam pekat sih, lebih spt minyak goreng yg baru 1x dipake.
IMG_20201011_144706~2.jpg
iseng buka panel hitam di dekat pertemuan engine n transmisi. ternyata itu hatch utk akses ring gear (flywheel kl di MT) yg sptnya dipakai utk jamming crankshaft pakai SST ketika ingin melepas timing chain / crank pulley.
IMG_20201011_133923~2.jpg
ini panel penutupnya. sama sekali ga waterproof. jadi ane saranin utk pengguna L15 yg ceper spt jazz, mobilio atau bahkan brv, termasuk brio juga L12 kayanya mirip, jangan terjang genangan air atau banjir kl udah lewat 1/4 roda (ban + velg). jamin air kotornya masuk situ dan keciprat kemana2 sama ring gear itu.
kesannya setelah test drive ... biasa aja cuma lock up lebih cepet dan minim slip. krn emang tadinya jg udah enak. mungkin kl di tol baru berasa bedanya.
yg jd concern ane di drain plug cvt fluid itu kan magnetic. 2000 km lalu pas ganti oli udah ane bersihin, pernah ane post fotonya. nah tadi ada lagi metal wear depositnya disitu layer tipis. memang cvt kan gesekannya masif krn konstan mesh antara chain/belt dgn pulley nya. sementara di brosurnya amsoil mereka highlight wear rate dgn oem fluid. katanya lebih sedikit wear nya. let's find out next time ane ganti oli lagi ya.
Omnibus wrote:kesannya setelah test drive ... biasa aja cuma lock up lebih cepet dan minim slip. krn emang tadinya jg udah enak. mungkin kl di tol baru berasa bedanya.
yg jd concern ane di drain plug cvt fluid itu kan magnetic. 2000 km lalu pas ganti oli udah ane bersihin, pernah ane post fotonya. nah tadi ada lagi metal wear depositnya disitu layer tipis. memang cvt kan gesekannya masif krn konstan mesh antara chain/belt dgn pulley nya. sementara di brosurnya amsoil mereka highlight wear rate dgn oem fluid. katanya lebih sedikit wear nya. let's find out next time ane ganti oli lagi ya.
tutup buat akses ke ring gear. warna hitam. ngolong aja om ntar juga keliatan. buka pakai kunci 10 mm ada 3 baut.
ane sih sambil bersihin ada kotor uap2 oli dikit campur debu.
Om itu pas drain mobil posisi level ya keluar 3.5 lt?
Dulu saya pernah drain karena ngikutin posisi carport miring +- 4 deg. Cma keluar 2.5 lt hehe. Akhirnya dongkrak ban belakang dapet 3.5lt. repot carport miring.
2000km sudah ada wear nya hmmm. Dulu saya 30k lumayan tebel itu wear.
boy was i wrong. tadi ane coba bejek gasnya, gila bener. jauh lah bedanya. padahal cuma di D.
logikanya ga mungkin ga ada bedanya. harganya aja 3x nya hcf2 ahond.
indeskey wrote: Sun Oct 11, 2020 9:52
Om itu pas drain mobil posisi level ya keluar 3.5 lt?
Dulu saya pernah drain karena ngikutin posisi carport miring +- 4 deg. Cma keluar 2.5 lt hehe. Akhirnya dongkrak ban belakang dapet 3.5lt. repot carport miring.
2000km sudah ada wear nya hmmm. Dulu saya 30k lumayan tebel itu wear.
depan kiri kanan ane angkat. yg kanan lebih tinggi jd miring ke kiri (arah bukaan drain plug).
awalnya cuma 3.1 lt trus ane idupin keluar lagi. sebelumnya sdh dipanasin sampai diatas 45°C suhu cvtf nya.
masalah wear, justru yg pertama ane ganti oli cvt di 10k kan agak tebel, ane msh nyantai krn pikiran ane itu kan sisa2 inreyen kali. nah tadi kan 2k udah ada lagi. ya ane sih bersyukur aja skrg udah diganti ke amsoil krn wearnya belum banyak baru 12k. itu kl claim amsoil bener yg dia bilang wear characteristic nya lebih bagus drpd oli oem berarti kan ada harapan longevity cvt ane lebih tahan lama.
Buat bersihkan EGR, TB ama cek busi cukup pake kunci sok aja?
Ngga perlu racthet? ngeri dol ngga ntar om pas ngebuka nya
kejadian pas buka baut kaliper rem motor saya pake kunci L tekiro malah slek kepala bautnya dan butuh cara paksa u ngelepas tiu baut kaliper rem motor
stanley kl ngga salah msh satu merk ama black & decker.
kebetulan saya ada yg kunci pas nya stanley
dol/slek itu faktor nomer 1nya manusia, faktor nomer 2 alat, nomer 3 adalah cara atau how to-nya.
dikasih ratchet sama socket bit yang paling mahal sekalipun, kalo gatau cara buka baut yang bener ya percuma....
buka mur/baut juga ada triknya, nggak sekedar buka ke kiri, ngencengin ke kanan.
cara pegang tools bisa menentukan umur baut, tools, dan diri anda sendiri.
sudah pernah ngerasain perkakas mencolot ke muka dan berakhir dengan black out?
sdh mbah...
posisi tegak lurus, semprot WD dulu ke baut kaliper dan buka berlawanan jarum jam pelan2 dulu
eh slek juga
ngga mau mbah kl sampe mencolot...cukup tangan aja kejepit pernah pas buka karet bawah mitsu kuda diesel usia 18 tahun
ini kalo pengalaman saya dulu yha pak ( operasi mesin chain saw service dan rakit ) ( sering jumpa baut L patah dalam body chain saw) ,biasanya buka block ,kunci L 8..,saya semprot penetran dl..,biarin bbrp saat..,cara bukanya pakai sarung tangan tekan bagian siku L nya pakai tangan kiri,sambil di urut2..,biasanyanya kalo sdh sering buka..,pasti ada feeling bisa terbuka atau tidak bautnya..,kalo terlalu keras biasanya saya ketok2 dikit( jgn keras2) di siku L nya sambil di putar2..
Omnibus wrote: Sun Oct 11, 2020 10:21
boy was i wrong. tadi ane coba bejek gasnya, gila bener. jauh lah bedanya. padahal cuma di D.
logikanya ga mungkin ga ada bedanya. harganya aja 3x nya hcf2 ahond.
indeskey wrote: Sun Oct 11, 2020 9:52
Om itu pas drain mobil posisi level ya keluar 3.5 lt?
Dulu saya pernah drain karena ngikutin posisi carport miring +- 4 deg. Cma keluar 2.5 lt hehe. Akhirnya dongkrak ban belakang dapet 3.5lt. repot carport miring.
2000km sudah ada wear nya hmmm. Dulu saya 30k lumayan tebel itu wear.
depan kiri kanan ane angkat. yg kanan lebih tinggi jd miring ke kiri (arah bukaan drain plug).
awalnya cuma 3.1 lt trus ane idupin keluar lagi. sebelumnya sdh dipanasin sampai diatas 45°C suhu cvtf nya.
masalah wear, justru yg pertama ane ganti oli cvt di 10k kan agak tebel, ane msh nyantai krn pikiran ane itu kan sisa2 inreyen kali. nah tadi kan 2k udah ada lagi. ya ane sih bersyukur aja skrg udah diganti ke amsoil krn wearnya belum banyak baru 12k. itu kl claim amsoil bener yg dia bilang wear characteristic nya lebih bagus drpd oli oem berarti kan ada harapan longevity cvt ane lebih tahan lama.
Hrv saya ga perlu d angkat2 Jg kluar nya 3.5 liter, itupun pas pagi2 mesin blom nyala
Enaknya ganti cvtf ahond gt mbah, ga ribet check2 fluid sgala.. buka, drain, isi, selsai... no brainer
Ahh ternyata ad yg merhatiin jg.. emg wear rate nya cvt itu agak2 tinggi mbah... tiap kl saya ngetap jg ntuh baut magnetic nya heboh bener lapisan lendir metal nya.. padahal rutin ganti tiap 15 rebu km
Dl waktu pegang ge8 aj, kayanya ga ampe seheboh ini hrv lendir gram metal nya
Poporing wrote: Sun Oct 11, 2020 7:58
Noted.. coba cari Sata atau Tone ah..
Kalo ktc ga rela duidnya.. wera atau wiha apalagi.. haha
TW pankapan... kalo ud punya project car
gentongxz wrote: Sun Oct 11, 2020 10:50
ini kalo pengalaman saya dulu yha pak ( operasi mesin chain saw service dan rakit ) ( sering jumpa baut L patah dalam body chain saw) ,biasanya buka block ,kunci L 8..,saya semprot penetran dl..,biarin bbrp saat..,cara bukanya pakai sarung tangan tekan bagian siku L nya pakai tangan kiri,sambil di urut2..,biasanyanya kalo sdh sering buka..,pasti ada feeling bisa terbuka atau tidak bautnya..,kalo terlalu keras biasanya saya ketok2 dikit( jgn keras2) di siku L nya sambil di putar2..
Siap om...
Kayanya sich sdh begitu tp gpp lah u next nya
DOHC wrote: Sun Oct 11, 2020 11:16
Hrv saya ga perlu d angkat2 Jg kluar nya 3.5 liter, itupun pas pagi2 mesin blom nyala
Enaknya ganti cvtf ahond gt mbah, ga ribet check2 fluid sgala.. buka, drain, isi, selsai... no brainer
Ahh ternyata ad yg merhatiin jg.. emg wear rate nya cvt itu agak2 tinggi mbah... tiap kl saya ngetap jg ntuh baut magnetic nya heboh bener lapisan lendir metal nya.. padahal rutin ganti tiap 15 rebu km
Dl waktu pegang ge8 aj, kayanya ga ampe seheboh ini hrv lendir gram metal nya
diangkatnya krn njess GC nya mbah, ngga masuk ember.
ge8 geared at mbah. kl geared udah bed in ya udah. kl cvt udah kaya lagi bikin es serut. tiap kick down nyerut dah. masa harus nyantai mulu nyetirnya yak...
Poporing wrote: Sun Oct 11, 2020 7:58
Noted.. coba cari Sata atau Tone ah..
Kalo ktc ga rela duidnya.. wera atau wiha apalagi.. haha
TW pankapan... kalo ud punya project car
Poporing wrote: Sun Oct 11, 2020 7:58
Noted.. coba cari Sata atau Tone ah..
Kalo ktc ga rela duidnya.. wera atau wiha apalagi.. haha
TW pankapan... kalo ud punya project car
Poporing wrote: Sun Oct 11, 2020 7:58
Noted.. coba cari Sata atau Tone ah..
Kalo ktc ga rela duidnya.. wera atau wiha apalagi.. haha
TW pankapan... kalo ud punya project car
iseng buka panel hitam di dekat pertemuan engine n transmisi. ternyata itu hatch utk akses ring gear (flywheel kl di MT) yg sptnya dipakai utk jamming crankshaft pakai SST ketika ingin melepas timing chain / crank pulley.
IMG_20201011_133923~2.jpg
ini panel penutupnya. sama sekali ga waterproof. jadi ane saranin utk pengguna L15 yg ceper spt jazz, mobilio atau bahkan brv, termasuk brio juga L12 kayanya mirip, jangan terjang genangan air atau banjir kl udah lewat 1/4 roda (ban + velg). jamin air kotornya masuk situ dan keciprat kemana2 sama ring gear itu.
IMG_20201011_134030~2.jpg
sekian mas bro om ...
Nah itu ada gear guede dan cuma ditutup plastik, tanya om
1. Nama nya apa itu gear gede spt itu?
2. Gear itu ikut terlumasi oli mesin atau transmisi?
Bingung sptnya tidak terkena olie mesin atau transmisi. Apa gak rusak?
Nah itu ada gear guede dan cuma ditutup plastik, tanya om
1. Nama nya apa itu gear gede spt itu?
2. Gear itu ikut terlumasi oli mesin atau transmisi?
Bingung sptnya tidak terkena olie mesin atau transmisi. Apa gak rusak?
bukan plastik. covernya itu besi kok.
1. Nama nya apa itu gear gede spt itu?
itu bagian dr mesin. namanya macem2, ada yg sebut
roda gila
gigi gendeng
tp krn dipasangkan dgn A/T atau CVT maka namanya
flex plate atau ring gear.
2. Gear itu ikut terlumasi oli mesin atau transmisi?
dia ga terlumasi. diluar engine block. tinggalnya di bell housing nyambung ke torque converter A/T / CVT.