Ane kmarin di fortuner ganti oli gardan di 2 ribuan km aja udah segumpal gram2nya nempel di baut drain chiong.
Pernah numpang juga di reborn bensin manual punya org lain udah ada gejala dengung gardannya, mungkin dari baru gak segera ganti olinya.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Ane kmarin di fortuner ganti oli gardan di 2 ribuan km aja udah segumpal gram2nya nempel di baut drain chiong.
masi moderate sehh om uap oli nya, blom seheboh mesin HR15 OGL yg ampe leleran oliProfith83 wrote: ↑Thu Mar 12, 2020 13:56DOHC wrote: ↑Thu Mar 12, 2020 13:48anki disel kayanya bsa lebi cepet dr itu om, ane perna test drive kayanya bsa 11 -12 detik
gardan kmaren pas 40 rebu baru keinget ganti siong, surprisingly ga ad lumpur aneh2, cuman coklat gelap aj... skalian flush matic nya, merah gelap dan encer banget, kl ud kena macet atau tol panas suka binggung sendiri gearbox nya
ambil type G matic siong,
Iya sih, bisa 11-12 detik an cuma dah lupa sekitar itu lah.
gak pasang OCT? coba dilihat belalai yang masuk intake, disitu kan banyak olienya.
matic memang parah sukanya olie yg bagus. saya di KM 25 rb dah ganti pakai PTT LV1
Waktu ganti oli matic dimana? pakai oli apa? waktu ganti sdah dicheck baut pengechekan baut L dan mesin dalam kondisi nyala?
diem2 ud ganti ANF, serem lharrHansen wrote: ↑Thu Mar 12, 2020 14:06Ane kmarin di fortuner ganti oli gardan di 2 ribuan km aja udah segumpal gram2nya nempel di baut drain chiong.
Pernah numpang juga di reborn bensin manual punya org lain udah ada gejala dengung gardannya, mungkin dari baru gak segera ganti olinya.
Masih sodara kandungnya ANKI kok chiongDOHC wrote: ↑Thu Mar 12, 2020 14:19diem2 ud ganti ANF, serem lharr
type apa siong ?
berarti ane hoki jg siong, 40 rebu masi gapapa pake oli bawaan.. ga ad aneh2 gumpal
btw ipah tuwir manual ane jg dengung siong, tp di gearbox, bukan di gardan nya.. ud bertaon2 kaya gt
ente pake oli gardan apa siong ? gardan ipah ama fortie lama kayanya beda yah ama anki ama anf, lebi gede skrgHansen wrote: ↑Thu Mar 12, 2020 14:31Masih sodara kandungnya ANKI kok chiong
Tipe trd yg celananya doyan melorot
Kalo dengung gearbox ala ipah manual lama ane cukup familiar sih chiong, iramanya ngikutin puteran mesin dan suaranya beda2 di tiap gigi.
Nah kalo ini beda, suaranya muncul pas di kecepatan tertentu aja sekitar 80-100 km/h.
Oli gardan ane pake Redline 75w90 chiong, di gardan ANF 4 quartz atau sekitar 3.8 liter masuk semua tuh dan belum luber (posisi mobil datar).DOHC wrote: ↑Thu Mar 12, 2020 14:36ente pake oli gardan apa siong ? gardan ipah ama fortie lama kayanya beda yah ama anki ama anf, lebi gede skrgHansen wrote: ↑Thu Mar 12, 2020 14:31
Masih sodara kandungnya ANKI kok chiong
Tipe trd yg celananya doyan melorot
Kalo dengung gearbox ala ipah manual lama ane cukup familiar sih chiong, iramanya ngikutin puteran mesin dan suaranya beda2 di tiap gigi.
Nah kalo ini beda, suaranya muncul pas di kecepatan tertentu aja sekitar 80-100 km/h.
ane eneos siong 75-90 jg.. ane cuman masukin 3 liter, tp masi blm luber, colok jari kbawah tp ud nyentuh minyak nyaHansen wrote: ↑Thu Mar 12, 2020 14:46Oli gardan ane pake Redline 75w90 chiong, di gardan ANF 4 quartz atau sekitar 3.8 liter masuk semua tuh dan belum luber (posisi mobil datar).DOHC wrote: ↑Thu Mar 12, 2020 14:36ente pake oli gardan apa siong ? gardan ipah ama fortie lama kayanya beda yah ama anki ama anf, lebi gede skrgHansen wrote: ↑Thu Mar 12, 2020 14:31
Masih sodara kandungnya ANKI kok chiong
Tipe trd yg celananya doyan melorot
Kalo dengung gearbox ala ipah manual lama ane cukup familiar sih chiong, iramanya ngikutin puteran mesin dan suaranya beda2 di tiap gigi.
Nah kalo ini beda, suaranya muncul pas di kecepatan tertentu aja sekitar 80-100 km/h.
Kalo di ANKI brp liter chiong?
PTT LV1 enak om dia lebih sigap dr aslinya, tapi saya masih pakai sekitar 2000 KM. entah long term enak apa kagak.DOHC wrote: ↑Thu Mar 12, 2020 14:16
masi moderate sehh om uap oli nya, blom seheboh mesin HR15 OGL yg ampe leleran oli
ane beli oli di falindo minggu lalu, ganti di bengkel rumahan, montir di arahin cara gerlong
ane cara nya waktu itu :
buang dr oil pan, ukur (cuman kluar 2.5 liter), isi lg dr lobang fill (posisi ngolong mobil, deket ama as roda)
cabut oil cooler line, buang 2 literan, mobil lgs geter2 kluar suara ngguung
cara atas ulangi 2 kali, (total abis ampir 9 liter)
cara ngecek nya masi binggung om, montir nya blg panasin pake jalan2 bentar, trus buka baut cek, kl ngocor yah ud ckup.. tp mesin di matiin ama doi
PTT LV1 enak om ? ane pake aisin afw+, berasa nya koq malah rada nahan yah mobil nya, tp performa nya stabil sehh pas panas macet.. beda ama toyota WS bawaan, enak pas dingin doank mobil langsam, tp gt panas lgs jd bodoh transmisi nya
Kayaknya ANKI di 3 liter memangDOHC wrote: ↑Thu Mar 12, 2020 14:58ane eneos siong 75-90 jg.. ane cuman masukin 3 liter, tp masi blm luber, colok jari kbawah tp ud nyentuh minyak nya
direkam dan posting kesiniYahu wrote: ↑Thu Mar 12, 2020 14:58 Para suhu yg terhormat
Sharing barangkali ada case sama.
Saya beli Inv Diesel reborn G.. mesin kok ada suara nyaring macam ngelitik. Suaranya cukup keras pas saat start engine awal/ pemanasan.
Saya compare dengan type sama maupun fortuner diesel ada bunyi juga tapi relatifely lbh kecil suaranya.
Adakah yg punya case sama dan gimana mengatasinya ?
(apakah nge rem mendadak saat kecepatan tinggi pas km mobil dibawah 300 ada kaitannya juga denganmunculnya suara ini?)
ipah ane bensin om..Profith83 wrote: ↑Thu Mar 12, 2020 15:07PTT LV1 enak om dia lebih sigap dr aslinya, tapi saya masih pakai sekitar 2000 KM. entah long term enak apa kagak.DOHC wrote: ↑Thu Mar 12, 2020 14:16
masi moderate sehh om uap oli nya, blom seheboh mesin HR15 OGL yg ampe leleran oli
ane beli oli di falindo minggu lalu, ganti di bengkel rumahan, montir di arahin cara gerlong
ane cara nya waktu itu :
buang dr oil pan, ukur (cuman kluar 2.5 liter), isi lg dr lobang fill (posisi ngolong mobil, deket ama as roda)
cabut oil cooler line, buang 2 literan, mobil lgs geter2 kluar suara ngguung
cara atas ulangi 2 kali, (total abis ampir 9 liter)
cara ngecek nya masi binggung om, montir nya blg panasin pake jalan2 bentar, trus buka baut cek, kl ngocor yah ud ckup.. tp mesin di matiin ama doi
PTT LV1 enak om ? ane pake aisin afw+, berasa nya koq malah rada nahan yah mobil nya, tp performa nya stabil sehh pas panas macet.. beda ama toyota WS bawaan, enak pas dingin doank mobil langsam, tp gt panas lgs jd bodoh transmisi nya
Coba om buka tuh belalai dari intercooler ke intake. dr baut check katanya mesin harus nyala posisi di N. Baut check harus ada keluar oli tapi gak boleh kenceng. Punya saya asalnya olie kenceng keluarnya saya biarin sampai keluar tidak terlalu kenceng tutup lagi. habis dibuang sedikit olienya, getaran dari bawah berkurang. Inginnya masih dikurangi dikit.
Saya coba buka di KM 20 rb saja netes tuh oli dari belalai om. terus pakai OCT dan dibuang keluar.
Setelah pakai OCT buang luar, dibersihkan belalai, pakai 2000 KM, check lagi masih banyak oli biarpun tidak separah sebelumnya.
Artinya biarpun sudah pakai OCT buang luar dan belalai sudah dibersihkan olieny masih ada dari intercooler. Tuh Intercooler sudah jadi penampungan olie ....
Ini nanti 1 bulan lagi mau check lagi
Iya, eneos lmayan kayanya.. ane pake di ipah tuwir jg ga ad masalah ampe ari iniHansen wrote: ↑Thu Mar 12, 2020 15:08Kayaknya ANKI di 3 liter memang
Eneos juga udah bagus sih chiong, yg penting udah diganti sebelum terlanjur kemakan gardannya.
kayanya butuh sirkulasi dia sekitar 1000 KM anDOHC wrote: ↑Thu Mar 12, 2020 15:36ipah ane bensin om..Profith83 wrote: ↑Thu Mar 12, 2020 15:07PTT LV1 enak om dia lebih sigap dr aslinya, tapi saya masih pakai sekitar 2000 KM. entah long term enak apa kagak.DOHC wrote: ↑Thu Mar 12, 2020 14:16
masi moderate sehh om uap oli nya, blom seheboh mesin HR15 OGL yg ampe leleran oli
ane beli oli di falindo minggu lalu, ganti di bengkel rumahan, montir di arahin cara gerlong
ane cara nya waktu itu :
buang dr oil pan, ukur (cuman kluar 2.5 liter), isi lg dr lobang fill (posisi ngolong mobil, deket ama as roda)
cabut oil cooler line, buang 2 literan, mobil lgs geter2 kluar suara ngguung
cara atas ulangi 2 kali, (total abis ampir 9 liter)
cara ngecek nya masi binggung om, montir nya blg panasin pake jalan2 bentar, trus buka baut cek, kl ngocor yah ud ckup.. tp mesin di matiin ama doi
PTT LV1 enak om ? ane pake aisin afw+, berasa nya koq malah rada nahan yah mobil nya, tp performa nya stabil sehh pas panas macet.. beda ama toyota WS bawaan, enak pas dingin doank mobil langsam, tp gt panas lgs jd bodoh transmisi nya
Coba om buka tuh belalai dari intercooler ke intake. dr baut check katanya mesin harus nyala posisi di N. Baut check harus ada keluar oli tapi gak boleh kenceng. Punya saya asalnya olie kenceng keluarnya saya biarin sampai keluar tidak terlalu kenceng tutup lagi. habis dibuang sedikit olienya, getaran dari bawah berkurang. Inginnya masih dikurangi dikit.
Saya coba buka di KM 20 rb saja netes tuh oli dari belalai om. terus pakai OCT dan dibuang keluar.
Setelah pakai OCT buang luar, dibersihkan belalai, pakai 2000 KM, check lagi masih banyak oli biarpun tidak separah sebelumnya.
Artinya biarpun sudah pakai OCT buang luar dan belalai sudah dibersihkan olieny masih ada dari intercooler. Tuh Intercooler sudah jadi penampungan olie ....
Ini nanti 1 bulan lagi mau check lagi
waktu baru ganti PTT, transmisi lgs berubah shifting nya atau ada beberapa hari learning dl / penyesuaian ?
sip, nanti ane coba cek deh level atf nya
Waduh jangan-jangan sama kaya saya om.
Wah toyota koq tunggu part 40 hari y. Kaya bukan toyota aja. 'himaatoo wrote: ↑Fri Mar 13, 2020 15:22
Waduh jangan-jangan sama kaya saya om.
Bunyi kletek-kleteknya makin kedengeran kalo udah agak panas mesinnya, pas rpm udah stabil.
Saya udah coba klaim ke beres karena masih garansi.
Diagnosis awal mereka karena alternatornya udah oblak bearingnya, tunggu seminggu barang datang.
Setelah dipasang ternyata masih ada kletek-kleteknya.
Dan next diagnosenya dari idle tensioner.
Sekarang masih nunggu partnya sih, katanya di pusat kosong jadi mesti nunggu 40 harian dari semenjak klaim.
Kalo mobil om masih garansi mah coba aja bawa ke beres trus ceritain masalahnya gimana.
Wah gatau juga nih om penyebabnya apa.
Apa karena beresnya bukan anaknya astra ya om makanya lama.
Iddle Tensioner ya ?himaatoo wrote: ↑Fri Mar 13, 2020 15:22Waduh jangan-jangan sama kaya saya om.
Bunyi kletek-kleteknya makin kedengeran kalo udah agak panas mesinnya, pas rpm udah stabil.
Saya udah coba klaim ke beres karena masih garansi.
Diagnosis awal mereka karena alternatornya udah oblak bearingnya, tunggu seminggu barang datang.
Setelah dipasang ternyata masih ada kletek-kleteknya.
Dan next diagnosenya dari idle tensioner.
Sekarang masih nunggu partnya sih, katanya di pusat kosong jadi mesti nunggu 40 harian dari semenjak klaim.
Kalo mobil om masih garansi mah coba aja bawa ke beres trus ceritain masalahnya gimana.