All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Hansen »

DOHC wrote: Thu Mar 12, 2020 13:48
Hansen wrote: Thu Mar 12, 2020 13:23
DOHC wrote: Wed Mar 11, 2020 14:45

reborn skrg ud iridium siong.. ga seru

pengen ganti twin tip jadi sayang
Kalo reborn mah jgn diapa2in chiong, udah bagus dari sononya kecuali oli gardan musti cepat2 ganti yg bawaan.
Btw ngambil tipe apa chiong?
gardan kmaren pas 40 rebu baru keinget ganti siong, surprisingly ga ad lumpur aneh2, cuman coklat gelap aj... skalian flush matic nya, merah gelap dan encer banget, kl ud kena macet atau tol panas suka binggung sendiri gearbox nya

ambil type G matic siong,
Ane kmarin di fortuner ganti oli gardan di 2 ribuan km aja udah segumpal gram2nya nempel di baut drain chiong.

Pernah numpang juga di reborn bensin manual punya org lain udah ada gejala dengung gardannya, mungkin dari baru gak segera ganti olinya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

Profith83 wrote: Thu Mar 12, 2020 13:56
DOHC wrote: Thu Mar 12, 2020 13:48
Profith83 wrote: Thu Mar 12, 2020 13:19 saya punya Innova thn 2012 diesel matic dan ANKI 2017 diesel matic.

anki disel kayanya bsa lebi cepet dr itu om, ane perna test drive kayanya bsa 11 -12 detik


gardan kmaren pas 40 rebu baru keinget ganti siong, surprisingly ga ad lumpur aneh2, cuman coklat gelap aj... skalian flush matic nya, merah gelap dan encer banget, kl ud kena macet atau tol panas suka binggung sendiri gearbox nya

ambil type G matic siong,

Iya sih, bisa 11-12 detik an cuma dah lupa sekitar itu lah.
gak pasang OCT? coba dilihat belalai yang masuk intake, disitu kan banyak olienya.
matic memang parah sukanya olie yg bagus. saya di KM 25 rb dah ganti pakai PTT LV1

Waktu ganti oli matic dimana? pakai oli apa? waktu ganti sdah dicheck baut pengechekan baut L dan mesin dalam kondisi nyala?
masi moderate sehh om uap oli nya, blom seheboh mesin HR15 OGL yg ampe leleran oli

ane beli oli di falindo minggu lalu, ganti di bengkel rumahan, montir di arahin cara gerlong

ane cara nya waktu itu :

buang dr oil pan, ukur (cuman kluar 2.5 liter), isi lg dr lobang fill (posisi ngolong mobil, deket ama as roda)
cabut oil cooler line, buang 2 literan, mobil lgs geter2 kluar suara ngguung

cara atas ulangi 2 kali, (total abis ampir 9 liter)

cara ngecek nya masi binggung om, montir nya blg panasin pake jalan2 bentar, trus buka baut cek, kl ngocor yah ud ckup.. tp mesin di matiin ama doi

PTT LV1 enak om ? ane pake aisin afw+, berasa nya koq malah rada nahan yah mobil nya, tp performa nya stabil sehh pas panas macet.. beda ama toyota WS bawaan, enak pas dingin doank mobil langsam, tp gt panas lgs jd bodoh transmisi nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

Hansen wrote: Thu Mar 12, 2020 14:06
DOHC wrote: Thu Mar 12, 2020 13:48
Hansen wrote: Thu Mar 12, 2020 13:23
gardan kmaren pas 40 rebu baru keinget ganti siong, surprisingly ga ad lumpur aneh2, cuman coklat gelap aj... skalian flush matic nya, merah gelap dan encer banget, kl ud kena macet atau tol panas suka binggung sendiri gearbox nya

ambil type G matic siong,
Ane kmarin di fortuner ganti oli gardan di 2 ribuan km aja udah segumpal gram2nya nempel di baut drain chiong.

Pernah numpang juga di reborn bensin manual punya org lain udah ada gejala dengung gardannya, mungkin dari baru gak segera ganti olinya.
diem2 ud ganti ANF, serem lharr :big_smoking: :big_smoking:

type apa siong ?

berarti ane hoki jg siong, 40 rebu masi gapapa pake oli bawaan.. ga ad aneh2 gumpal

btw ipah tuwir manual ane jg dengung siong, tp di gearbox, bukan di gardan nya.. ud bertaon2 kaya gt
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Hansen »

DOHC wrote: Thu Mar 12, 2020 14:19
Hansen wrote: Thu Mar 12, 2020 14:06
DOHC wrote: Thu Mar 12, 2020 13:48

gardan kmaren pas 40 rebu baru keinget ganti siong, surprisingly ga ad lumpur aneh2, cuman coklat gelap aj... skalian flush matic nya, merah gelap dan encer banget, kl ud kena macet atau tol panas suka binggung sendiri gearbox nya

ambil type G matic siong,
Ane kmarin di fortuner ganti oli gardan di 2 ribuan km aja udah segumpal gram2nya nempel di baut drain chiong.

Pernah numpang juga di reborn bensin manual punya org lain udah ada gejala dengung gardannya, mungkin dari baru gak segera ganti olinya.
diem2 ud ganti ANF, serem lharr :big_smoking: :big_smoking:

type apa siong ?

berarti ane hoki jg siong, 40 rebu masi gapapa pake oli bawaan.. ga ad aneh2 gumpal

btw ipah tuwir manual ane jg dengung siong, tp di gearbox, bukan di gardan nya.. ud bertaon2 kaya gt
Masih sodara kandungnya ANKI kok chiong
Tipe trd yg celananya doyan melorot :big_blushing:

Kalo dengung gearbox ala ipah manual lama ane cukup familiar sih chiong, iramanya ngikutin puteran mesin dan suaranya beda2 di tiap gigi.
Nah kalo ini beda, suaranya muncul pas di kecepatan tertentu aja sekitar 80-100 km/h.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

Hansen wrote: Thu Mar 12, 2020 14:31
DOHC wrote: Thu Mar 12, 2020 14:19
Hansen wrote: Thu Mar 12, 2020 14:06
Ane kmarin di fortuner ganti oli gardan di 2 ribuan km aja udah segumpal gram2nya nempel di baut drain chiong.

Pernah numpang juga di reborn bensin manual punya org lain udah ada gejala dengung gardannya, mungkin dari baru gak segera ganti olinya.
diem2 ud ganti ANF, serem lharr :big_smoking: :big_smoking:

type apa siong ?

berarti ane hoki jg siong, 40 rebu masi gapapa pake oli bawaan.. ga ad aneh2 gumpal

btw ipah tuwir manual ane jg dengung siong, tp di gearbox, bukan di gardan nya.. ud bertaon2 kaya gt
Masih sodara kandungnya ANKI kok chiong
Tipe trd yg celananya doyan melorot :big_blushing:

Kalo dengung gearbox ala ipah manual lama ane cukup familiar sih chiong, iramanya ngikutin puteran mesin dan suaranya beda2 di tiap gigi.
Nah kalo ini beda, suaranya muncul pas di kecepatan tertentu aja sekitar 80-100 km/h.
ente pake oli gardan apa siong ? gardan ipah ama fortie lama kayanya beda yah ama anki ama anf, lebi gede skrg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Hansen »

DOHC wrote: Thu Mar 12, 2020 14:36
Hansen wrote: Thu Mar 12, 2020 14:31
Masih sodara kandungnya ANKI kok chiong
Tipe trd yg celananya doyan melorot :big_blushing:

Kalo dengung gearbox ala ipah manual lama ane cukup familiar sih chiong, iramanya ngikutin puteran mesin dan suaranya beda2 di tiap gigi.
Nah kalo ini beda, suaranya muncul pas di kecepatan tertentu aja sekitar 80-100 km/h.
ente pake oli gardan apa siong ? gardan ipah ama fortie lama kayanya beda yah ama anki ama anf, lebi gede skrg
Oli gardan ane pake Redline 75w90 chiong, di gardan ANF 4 quartz atau sekitar 3.8 liter masuk semua tuh dan belum luber (posisi mobil datar).

Kalo di ANKI brp liter chiong?
Yahu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Thu Mar 12, 2020 14:46
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Yahu »

Para suhu yg terhormat
Sharing barangkali ada case sama.
Saya beli Inv Diesel reborn G.. mesin kok ada suara nyaring macam ngelitik. Suaranya cukup keras pas saat start engine awal/ pemanasan.
Saya compare dengan type sama maupun fortuner diesel ada bunyi juga tapi relatifely lbh kecil suaranya.
Adakah yg punya case sama dan gimana mengatasinya ?

(apakah nge rem mendadak saat kecepatan tinggi pas km mobil dibawah 300 ada kaitannya juga denganmunculnya suara ini?)
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

Hansen wrote: Thu Mar 12, 2020 14:46
DOHC wrote: Thu Mar 12, 2020 14:36
Hansen wrote: Thu Mar 12, 2020 14:31
Masih sodara kandungnya ANKI kok chiong
Tipe trd yg celananya doyan melorot :big_blushing:

Kalo dengung gearbox ala ipah manual lama ane cukup familiar sih chiong, iramanya ngikutin puteran mesin dan suaranya beda2 di tiap gigi.
Nah kalo ini beda, suaranya muncul pas di kecepatan tertentu aja sekitar 80-100 km/h.
ente pake oli gardan apa siong ? gardan ipah ama fortie lama kayanya beda yah ama anki ama anf, lebi gede skrg
Oli gardan ane pake Redline 75w90 chiong, di gardan ANF 4 quartz atau sekitar 3.8 liter masuk semua tuh dan belum luber (posisi mobil datar).

Kalo di ANKI brp liter chiong?
ane eneos siong 75-90 jg.. ane cuman masukin 3 liter, tp masi blm luber, colok jari kbawah tp ud nyentuh minyak nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Thu Mar 12, 2020 14:16
masi moderate sehh om uap oli nya, blom seheboh mesin HR15 OGL yg ampe leleran oli

ane beli oli di falindo minggu lalu, ganti di bengkel rumahan, montir di arahin cara gerlong

ane cara nya waktu itu :

buang dr oil pan, ukur (cuman kluar 2.5 liter), isi lg dr lobang fill (posisi ngolong mobil, deket ama as roda)
cabut oil cooler line, buang 2 literan, mobil lgs geter2 kluar suara ngguung

cara atas ulangi 2 kali, (total abis ampir 9 liter)

cara ngecek nya masi binggung om, montir nya blg panasin pake jalan2 bentar, trus buka baut cek, kl ngocor yah ud ckup.. tp mesin di matiin ama doi

PTT LV1 enak om ? ane pake aisin afw+, berasa nya koq malah rada nahan yah mobil nya, tp performa nya stabil sehh pas panas macet.. beda ama toyota WS bawaan, enak pas dingin doank mobil langsam, tp gt panas lgs jd bodoh transmisi nya
PTT LV1 enak om dia lebih sigap dr aslinya, tapi saya masih pakai sekitar 2000 KM. entah long term enak apa kagak.
Coba om buka tuh belalai dari intercooler ke intake. dr baut check katanya mesin harus nyala posisi di N. Baut check harus ada keluar oli tapi gak boleh kenceng. Punya saya asalnya olie kenceng keluarnya saya biarin sampai keluar tidak terlalu kenceng tutup lagi. habis dibuang sedikit olienya, getaran dari bawah berkurang. Inginnya masih dikurangi dikit.

Saya coba buka di KM 20 rb saja netes tuh oli dari belalai om. terus pakai OCT dan dibuang keluar.
Setelah pakai OCT buang luar, dibersihkan belalai, pakai 2000 KM, check lagi masih banyak oli biarpun tidak separah sebelumnya.

Artinya biarpun sudah pakai OCT buang luar dan belalai sudah dibersihkan olieny masih ada dari intercooler. Tuh Intercooler sudah jadi penampungan olie ....

Ini nanti 1 bulan lagi mau check lagi
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Hansen »

DOHC wrote: Thu Mar 12, 2020 14:58
Hansen wrote: Thu Mar 12, 2020 14:46
DOHC wrote: Thu Mar 12, 2020 14:36

ente pake oli gardan apa siong ? gardan ipah ama fortie lama kayanya beda yah ama anki ama anf, lebi gede skrg
Oli gardan ane pake Redline 75w90 chiong, di gardan ANF 4 quartz atau sekitar 3.8 liter masuk semua tuh dan belum luber (posisi mobil datar).

Kalo di ANKI brp liter chiong?
ane eneos siong 75-90 jg.. ane cuman masukin 3 liter, tp masi blm luber, colok jari kbawah tp ud nyentuh minyak nya
Kayaknya ANKI di 3 liter memang

Eneos juga udah bagus sih chiong, yg penting udah diganti sebelum terlanjur kemakan gardannya.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

Yahu wrote: Thu Mar 12, 2020 14:58 Para suhu yg terhormat
Sharing barangkali ada case sama.
Saya beli Inv Diesel reborn G.. mesin kok ada suara nyaring macam ngelitik. Suaranya cukup keras pas saat start engine awal/ pemanasan.
Saya compare dengan type sama maupun fortuner diesel ada bunyi juga tapi relatifely lbh kecil suaranya.
Adakah yg punya case sama dan gimana mengatasinya ?

(apakah nge rem mendadak saat kecepatan tinggi pas km mobil dibawah 300 ada kaitannya juga denganmunculnya suara ini?)
direkam dan posting kesini
Yahu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Thu Mar 12, 2020 14:46
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Yahu »

Besok pagi saya video-kan Gan..makasih quick responnya🙏
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

Profith83 wrote: Thu Mar 12, 2020 15:07
DOHC wrote: Thu Mar 12, 2020 14:16
masi moderate sehh om uap oli nya, blom seheboh mesin HR15 OGL yg ampe leleran oli

ane beli oli di falindo minggu lalu, ganti di bengkel rumahan, montir di arahin cara gerlong

ane cara nya waktu itu :

buang dr oil pan, ukur (cuman kluar 2.5 liter), isi lg dr lobang fill (posisi ngolong mobil, deket ama as roda)
cabut oil cooler line, buang 2 literan, mobil lgs geter2 kluar suara ngguung

cara atas ulangi 2 kali, (total abis ampir 9 liter)

cara ngecek nya masi binggung om, montir nya blg panasin pake jalan2 bentar, trus buka baut cek, kl ngocor yah ud ckup.. tp mesin di matiin ama doi

PTT LV1 enak om ? ane pake aisin afw+, berasa nya koq malah rada nahan yah mobil nya, tp performa nya stabil sehh pas panas macet.. beda ama toyota WS bawaan, enak pas dingin doank mobil langsam, tp gt panas lgs jd bodoh transmisi nya
PTT LV1 enak om dia lebih sigap dr aslinya, tapi saya masih pakai sekitar 2000 KM. entah long term enak apa kagak.
Coba om buka tuh belalai dari intercooler ke intake. dr baut check katanya mesin harus nyala posisi di N. Baut check harus ada keluar oli tapi gak boleh kenceng. Punya saya asalnya olie kenceng keluarnya saya biarin sampai keluar tidak terlalu kenceng tutup lagi. habis dibuang sedikit olienya, getaran dari bawah berkurang. Inginnya masih dikurangi dikit.

Saya coba buka di KM 20 rb saja netes tuh oli dari belalai om. terus pakai OCT dan dibuang keluar.
Setelah pakai OCT buang luar, dibersihkan belalai, pakai 2000 KM, check lagi masih banyak oli biarpun tidak separah sebelumnya.

Artinya biarpun sudah pakai OCT buang luar dan belalai sudah dibersihkan olieny masih ada dari intercooler. Tuh Intercooler sudah jadi penampungan olie ....

Ini nanti 1 bulan lagi mau check lagi
ipah ane bensin om..

waktu baru ganti PTT, transmisi lgs berubah shifting nya atau ada beberapa hari learning dl / penyesuaian ?

sip, nanti ane coba cek deh level atf nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

Hansen wrote: Thu Mar 12, 2020 15:08
DOHC wrote: Thu Mar 12, 2020 14:58
Hansen wrote: Thu Mar 12, 2020 14:46
Oli gardan ane pake Redline 75w90 chiong, di gardan ANF 4 quartz atau sekitar 3.8 liter masuk semua tuh dan belum luber (posisi mobil datar).

Kalo di ANKI brp liter chiong?
ane eneos siong 75-90 jg.. ane cuman masukin 3 liter, tp masi blm luber, colok jari kbawah tp ud nyentuh minyak nya
Kayaknya ANKI di 3 liter memang

Eneos juga udah bagus sih chiong, yg penting udah diganti sebelum terlanjur kemakan gardannya.
Iya, eneos lmayan kayanya.. ane pake di ipah tuwir jg ga ad masalah ampe ari ini

perna make sainz atau rored malah jd banyak gram
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Thu Mar 12, 2020 15:36
Profith83 wrote: Thu Mar 12, 2020 15:07
DOHC wrote: Thu Mar 12, 2020 14:16
masi moderate sehh om uap oli nya, blom seheboh mesin HR15 OGL yg ampe leleran oli

ane beli oli di falindo minggu lalu, ganti di bengkel rumahan, montir di arahin cara gerlong

ane cara nya waktu itu :

buang dr oil pan, ukur (cuman kluar 2.5 liter), isi lg dr lobang fill (posisi ngolong mobil, deket ama as roda)
cabut oil cooler line, buang 2 literan, mobil lgs geter2 kluar suara ngguung

cara atas ulangi 2 kali, (total abis ampir 9 liter)

cara ngecek nya masi binggung om, montir nya blg panasin pake jalan2 bentar, trus buka baut cek, kl ngocor yah ud ckup.. tp mesin di matiin ama doi

PTT LV1 enak om ? ane pake aisin afw+, berasa nya koq malah rada nahan yah mobil nya, tp performa nya stabil sehh pas panas macet.. beda ama toyota WS bawaan, enak pas dingin doank mobil langsam, tp gt panas lgs jd bodoh transmisi nya
PTT LV1 enak om dia lebih sigap dr aslinya, tapi saya masih pakai sekitar 2000 KM. entah long term enak apa kagak.
Coba om buka tuh belalai dari intercooler ke intake. dr baut check katanya mesin harus nyala posisi di N. Baut check harus ada keluar oli tapi gak boleh kenceng. Punya saya asalnya olie kenceng keluarnya saya biarin sampai keluar tidak terlalu kenceng tutup lagi. habis dibuang sedikit olienya, getaran dari bawah berkurang. Inginnya masih dikurangi dikit.

Saya coba buka di KM 20 rb saja netes tuh oli dari belalai om. terus pakai OCT dan dibuang keluar.
Setelah pakai OCT buang luar, dibersihkan belalai, pakai 2000 KM, check lagi masih banyak oli biarpun tidak separah sebelumnya.

Artinya biarpun sudah pakai OCT buang luar dan belalai sudah dibersihkan olieny masih ada dari intercooler. Tuh Intercooler sudah jadi penampungan olie ....

Ini nanti 1 bulan lagi mau check lagi
ipah ane bensin om..

waktu baru ganti PTT, transmisi lgs berubah shifting nya atau ada beberapa hari learning dl / penyesuaian ?

sip, nanti ane coba cek deh level atf nya
kayanya butuh sirkulasi dia sekitar 1000 KM an
Yahu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Thu Mar 12, 2020 14:46
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Yahu »

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

saya kalau pagi bunyinya juga sama. yang penting setelah dipanasin 3 atau 5 menit hilang suaranya
Yahu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Thu Mar 12, 2020 14:46
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Yahu »

Saya bunyinya menetap Bang...mungkin sdh krasan
Yahu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Thu Mar 12, 2020 14:46
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Yahu »

Problemnya sangat tidak enak didengarkan ditelinga sih Bang. Kasihan denger mesing kletek-kletek kaya bunyi metal ber-adu gitu. Pererasaan mesin Innova Diesel yg lama lebih cool bunyinya.
himaatoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Sun Nov 03, 2019 22:39
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Ford fiesta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by himaatoo »

Yahu wrote: Fri Mar 13, 2020 11:49 Problemnya sangat tidak enak didengarkan ditelinga sih Bang. Kasihan denger mesing kletek-kletek kaya bunyi metal ber-adu gitu. Pererasaan mesin Innova Diesel yg lama lebih cool bunyinya.
Waduh jangan-jangan sama kaya saya om.
Bunyi kletek-kleteknya makin kedengeran kalo udah agak panas mesinnya, pas rpm udah stabil.
Saya udah coba klaim ke beres karena masih garansi.
Diagnosis awal mereka karena alternatornya udah oblak bearingnya, tunggu seminggu barang datang.
Setelah dipasang ternyata masih ada kletek-kleteknya.
Dan next diagnosenya dari idle tensioner.
Sekarang masih nunggu partnya sih, katanya di pusat kosong jadi mesti nunggu 40 harian dari semenjak klaim.

Kalo mobil om masih garansi mah coba aja bawa ke beres trus ceritain masalahnya gimana.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Herman7103 »

Pendapat saya, jikalau mesin benar bunyi kletek-kleteknya makin kedengeran claim warranty aja kok repot repot, selama 6 tahun saya piara
mobil Nissan HR15DE twin VTC yg katanya ngelitik for life dari awal saya beli mobilnya, saya pilih dengan hati hati di dealer mobilnya yg suara mesinnya konsisten smooth dari puluhan mobil yg ada disana dan sampai sekarang, setelah 6 tahun saya pakai mobilnya dan saya isi BBM
termurah premium ron 88 for almost 6 years, suara mesin mobil Nissan ANGL kalau sudah jalan sangat halus nyaris ngak terdengar kalau semua kaca jendelanya tertutup. Kalau saya selalu dari dulu kalau ganti oli mesin, selalu saya ganti filter oli mesinnya juga dan selalu dari dulu sampai sekarang pakai oli full synthetic 5W30 API SN.
:glodak:
HR15DE 2014
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by mr_mytplx »

himaatoo wrote: Fri Mar 13, 2020 15:22
Waduh jangan-jangan sama kaya saya om.
Bunyi kletek-kleteknya makin kedengeran kalo udah agak panas mesinnya, pas rpm udah stabil.
Saya udah coba klaim ke beres karena masih garansi.
Diagnosis awal mereka karena alternatornya udah oblak bearingnya, tunggu seminggu barang datang.
Setelah dipasang ternyata masih ada kletek-kleteknya.
Dan next diagnosenya dari idle tensioner.
Sekarang masih nunggu partnya sih, katanya di pusat kosong jadi mesti nunggu 40 harian dari semenjak klaim.

Kalo mobil om masih garansi mah coba aja bawa ke beres trus ceritain masalahnya gimana.
Wah toyota koq tunggu part 40 hari y. Kaya bukan toyota aja. :big_dunno: '

Apa stock terganggu gara2 virus y.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DOHC »

perasaan di atrium masi bertebaran parts toyota, ane minggu lalu beli tensioner buat ipah tuwir ane aj gampang ga pake pesen2.. lgs ad, made in thailand punya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
himaatoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Sun Nov 03, 2019 22:39
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Ford fiesta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by himaatoo »

mr_mytplx wrote: Sat Mar 14, 2020 1:27
Wah toyota koq tunggu part 40 hari y. Kaya bukan toyota aja. :big_dunno: '

Apa stock terganggu gara2 virus y.
Wah gatau juga nih om penyebabnya apa.
Yang waktu alternator keganggu gara-gara banjir di mana-mana, jadi distribusinya terhambat.
Bisa jadi yang ini keganggu karena si corola :big_chicken:
DOHC wrote: Sat Mar 14, 2020 2:48 perasaan di atrium masi bertebaran parts toyota, ane minggu lalu beli tensioner buat ipah tuwir ane aj gampang ga pake pesen2.. lgs ad, made in thailand punya
Apa karena beresnya bukan anaknya astra ya om makanya lama.
Tapi seharusnya sih ga ada beda perlakuan ya, wong namanya bengkel resmi :big_think:
Yahu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Thu Mar 12, 2020 14:46
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Yahu »

himaatoo wrote: Fri Mar 13, 2020 15:22
Yahu wrote: Fri Mar 13, 2020 11:49 Problemnya sangat tidak enak didengarkan ditelinga sih Bang. Kasihan denger mesing kletek-kletek kaya bunyi metal ber-adu gitu. Pererasaan mesin Innova Diesel yg lama lebih cool bunyinya.
Waduh jangan-jangan sama kaya saya om.
Bunyi kletek-kleteknya makin kedengeran kalo udah agak panas mesinnya, pas rpm udah stabil.
Saya udah coba klaim ke beres karena masih garansi.
Diagnosis awal mereka karena alternatornya udah oblak bearingnya, tunggu seminggu barang datang.
Setelah dipasang ternyata masih ada kletek-kleteknya.
Dan next diagnosenya dari idle tensioner.
Sekarang masih nunggu partnya sih, katanya di pusat kosong jadi mesti nunggu 40 harian dari semenjak klaim.

Kalo mobil om masih garansi mah coba aja bawa ke beres trus ceritain masalahnya gimana.
Iddle Tensioner ya ?
Maklum Bang..saya di Balikpapan, Saya husnudzon aja, munkin Beres nya blm ada pengalaman atau entahlah.
Next saya ke Beres lagi deh. Atau nunggu punya Abang sembuh baru kabar-kabari yach :big_grin: