Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Thu Aug 23, 2018 5:18
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
selamat siang TS dan para suhu SMers.. nubi numpang kepo
saat kendaraan konstan jalan minimal 3 jam .. saat istirahat.. apakah perlu buka kap mesin utk tujuan percepatan pendinginan suhu mesin dan lainnya ?
soalnya banyak liat yg parkir di rest area suka buka kap mesin.. pdhl mobilnya masih baru (umur 1-5 tahun)
saat kendaraan konstan jalan minimal 3 jam .. saat istirahat.. apakah perlu buka kap mesin utk tujuan percepatan pendinginan suhu mesin dan lainnya ?
soalnya banyak liat yg parkir di rest area suka buka kap mesin.. pdhl mobilnya masih baru (umur 1-5 tahun)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
secara teory, saat buka kap mesin maka panas ruang mesin akan cepat hilang, itu bagus untuk pendinginan ruang mesin.ders wrote: Wed Jan 02, 2019 5:58 selamat siang TS dan para suhu SMers.. nubi numpang kepo
saat kendaraan konstan jalan minimal 3 jam .. saat istirahat.. apakah perlu buka kap mesin utk tujuan percepatan pendinginan suhu mesin dan lainnya ?
soalnya banyak liat yg parkir di rest area suka buka kap mesin.. pdhl mobilnya masih baru (umur 1-5 tahun)
tapi kadang kita aja malas, apalagi tangan jadi jorok buka clip kap mesin, pasang cagak, dll
dan harus ditunggui krn rawan juga kita buka kap mesin lalu ditinggal pergi
btw, saat kita nyetir maka itu suhu mesin panas, bikin kabel, karet deteriorated karena panas...tp tertolong krn aliran udara dari depan.
saat mesin stop, suhu masih relative sama, tapi angin udah berhenti...
kalo oom mau buka kap mesin, itu akan faktor positive supaya awet komponen di ruang mesin.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Tol Trans Jawa, sangat membantu mobilitas saya pribadi, Kalau pas pingin naik mobil (selang seling dgn kereta)
1 minggu sekali pp blitar jakarta
Rumah d blitar dan tambang duit ada d jkt
Sebelum toll tersambung ke jatim, dulu dr rumah sy d blitar kalau mau ke jakarta sy melipir jalur selatan dl lalu dr wonogiri lanjut klaten, boyolali, sala3, semarang, kendal lalu naok toll ampe jkt..butuh waktu sekitar 20 jam perjalanan..
Lama d jalur selatan sampai semarang
Banyak macet karena jalur sempit, pegunungan dan truk
Dengan adanya tol trans jawa sy sdh beberapa kali pp jkt-blitar sangat memangkas waktu dan hanya butuh 10 sampai 14 jam saja..
Speed rata2 100-150kpj tergantung pakai mobil apa.
Dgn rute blitar, tulungagung
(FRD Lovers pasti ga asing dgn kota ini), lanjut kediri dan nganjuk/masuk toll.
(2 minggu lalu bablas wilangan dl kalo mo naik tol)
Tp buat usaha angkutan barang aka truk , sy masih mengandalkan jalan non tol, jalan arteri ga sepadat sebelum ada tol.
(kata Petugas jaga pintu keluar)
Oh iya Info aja buat Semua SMers, Pintu tol Wilangan tutup total masuk ataupun keluar..
Pintu tol di alihkan di dekat ringroad nganjuk
(terminal nganjuk/polres ke utara)
1 minggu sekali pp blitar jakarta
Rumah d blitar dan tambang duit ada d jkt
Sebelum toll tersambung ke jatim, dulu dr rumah sy d blitar kalau mau ke jakarta sy melipir jalur selatan dl lalu dr wonogiri lanjut klaten, boyolali, sala3, semarang, kendal lalu naok toll ampe jkt..butuh waktu sekitar 20 jam perjalanan..
Lama d jalur selatan sampai semarang
Banyak macet karena jalur sempit, pegunungan dan truk
Dengan adanya tol trans jawa sy sdh beberapa kali pp jkt-blitar sangat memangkas waktu dan hanya butuh 10 sampai 14 jam saja..
Speed rata2 100-150kpj tergantung pakai mobil apa.
Dgn rute blitar, tulungagung
(FRD Lovers pasti ga asing dgn kota ini), lanjut kediri dan nganjuk/masuk toll.
(2 minggu lalu bablas wilangan dl kalo mo naik tol)
Tp buat usaha angkutan barang aka truk , sy masih mengandalkan jalan non tol, jalan arteri ga sepadat sebelum ada tol.
Wilangan_Kertosono ataupun sebaliknya tetap di operasikan sambil finishingslapnuts wrote: Wed Jan 02, 2019 3:24Jakarta-Wilangan sudah full tol operasional om, sudah bukan fungsional lagi. Tapi masih bingung di tol seksi wilangan-kertosono masih ada beberapa pengerjaan interchange apakah nanti ditutup sementara atau dikerjakan sambil tol operasional.
(kata Petugas jaga pintu keluar)
Oh iya Info aja buat Semua SMers, Pintu tol Wilangan tutup total masuk ataupun keluar..
Pintu tol di alihkan di dekat ringroad nganjuk
(terminal nganjuk/polres ke utara)
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 24, 2018 3:08
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Yang saya bold itu bener banget, nyetir di tol Solo-Surabaya jauh lebih cepet ngantuk daripada nyetir di Cipali. Karena jalan nya lurus dan halus banget. Saya baru satu setengah jam jalan dari pintu tol Kartasura arah surabaya udah melipir RA untuk tidur. Padahal jalan dari Klaten dalam kondisi fresh di pagi harievanbngdor wrote: Wed Jan 02, 2019 1:58 Sharing dikit. Kemaren saya mencicipi tol trans jawa Jakarta-Surabaya.
1. Biaya: Sekali jalan Jakarta ke Surabaya 500rb kurang dikiiiiit
2. Kondisi jalan: Jakarta-Palimanan jalan keriting. Palimanan-Semarang Lumayan mulus. Semarang-Solo mulus berkelok-kelok. Solo-Surabaya paling mulus
3. Waktu tempuh: Jakarta-Semarang 6 Jam, Kena macet di Jakarta-Cikampek. Semarang-Surabaya 3 jam.
4. Speed: 100 km/jam masih sangat aman karena jalan ngga banyak belokan/tikungan ekstrim. Solo-Surabaya konstan 140 km/jam pake innova masih terasa stabil.
Semoga membantu

Buseet seminggu sekali pulang Blitar om? kalo saya udah pasti ambruk itu badanpernahmiskin wrote: Wed Jan 02, 2019 6:25 Tol Trans Jawa, sangat membantu mobilitas saya pribadi, Kalau pas pingin naik mobil (selang seling dgn kereta)
1 minggu sekali pp blitar jakarta
Rumah d blitar dan tambang duit ada d jkt
Sebelum toll tersambung ke jatim, dulu dr rumah sy d blitar kalau mau ke jakarta sy melipir jalur selatan dl lalu dr wonogiri lanjut klaten, boyolali, sala3, semarang, kendal lalu naok toll ampe jkt..butuh waktu sekitar 20 jam perjalanan..
Lama d jalur selatan sampai semarang
Banyak macet karena jalur sempit, pegunungan dan truk
Dengan adanya tol trans jawa sy sdh beberapa kali pp jkt-blitar sangat memangkas waktu dan hanya butuh 10 sampai 14 jam saja..
Speed rata2 100-150kpj tergantung pakai mobil apa.
Dgn rute blitar, tulungagung
(FRD Lovers pasti ga asing dgn kota ini), lanjut kediri dan nganjuk/masuk toll.
(2 minggu lalu bablas wilangan dl kalo mo naik tol)
Tp buat usaha angkutan barang aka truk , sy masih mengandalkan jalan non tol, jalan arteri ga sepadat sebelum ada tol.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Saya sih kemaren gitu ya. Begitu sampe rest area, meskipun mesin tetep nyala, tp kap mesin saya buka.ders wrote: Wed Jan 02, 2019 5:58 selamat siang TS dan para suhu SMers.. nubi numpang kepo
saat kendaraan konstan jalan minimal 3 jam .. saat istirahat.. apakah perlu buka kap mesin utk tujuan percepatan pendinginan suhu mesin dan lainnya ?
soalnya banyak liat yg parkir di rest area suka buka kap mesin.. pdhl mobilnya masih baru (umur 1-5 tahun)
Ya lumayan lah membantu pendinginan mesin setelah digeber berjam-jam di tol. Hawa panas di ruang mesin pasti langsung keluar. 10 menit aja udah berkurang banyak bgt pasti suhu di ruang mesinnya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Banyak yg ngebut jg sih disitu.EOR24 wrote: Wed Jan 02, 2019 6:59Yang saya bold itu bener banget, nyetir di tol Solo-Surabaya jauh lebih cepet ngantuk daripada nyetir di Cipali. Karena jalan nya lurus dan halus banget. Saya baru satu setengah jam jalan dari pintu tol Kartasura arah surabaya udah melipir RA untuk tidur. Padahal jalan dari Klaten dalam kondisi fresh di pagi harievanbngdor wrote: Wed Jan 02, 2019 1:58 Sharing dikit. Kemaren saya mencicipi tol trans jawa Jakarta-Surabaya.
1. Biaya: Sekali jalan Jakarta ke Surabaya 500rb kurang dikiiiiit
2. Kondisi jalan: Jakarta-Palimanan jalan keriting. Palimanan-Semarang Lumayan mulus. Semarang-Solo mulus berkelok-kelok. Solo-Surabaya paling mulus
3. Waktu tempuh: Jakarta-Semarang 6 Jam, Kena macet di Jakarta-Cikampek. Semarang-Surabaya 3 jam.
4. Speed: 100 km/jam masih sangat aman karena jalan ngga banyak belokan/tikungan ekstrim. Solo-Surabaya konstan 140 km/jam pake innova masih terasa stabil.
Semoga membantu![]()
Saya jalan konstan 140 aja bis di depan ngga kesusul2, begitu naikin kecepatan jd 160 baru deh kesusul. Jalan 160 aja masih banyak yg mendahului entah berapa kecepatannya. Rata-rata sih 120-140an aja udah cukup lah.


1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Amargo KahananEOR24 wrote: Wed Jan 02, 2019 6:59Cut
Buseet seminggu sekali pulang Blitar om? kalo saya udah pasti ambruk itu badan![]()

Wkwkwkww
Karena keadaan tepatnya, Anak msh bocah jd blm bisa di beri kuasa tanggung jawab pekerjaan.
Jkt sy cuma butuh 2 hari dlm seminggu, pake mobil jg karena lg hype tol aja / jg pas mampir tengok gawean di semarang..
Tar kalau udah bosen mobil, balik lg naik kereta / 12 Jam
Atau pesawat 5 jam including perjalanan dr blitar ke juanda.
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Nyambung dikit mumpung masih relevan. Kalo perlu atau tidak sebenarnya si terserah, tentunya kalau dibuka panasnya lebih cepet ilang, tapi kalo nggak dibuka pun juga nggak papa..... tergantung juga berapa lama berhentinya, kalo cuman sebentar kayanya malah merepotkan. Faktor keamanan juga perlu dipertimbangkan lho, kap mesin dibuka nanti ada yang iseng ambil tutup oli atau radiator cap atau apalah... malah jadi berabe. Jalan konstan mau 3 jam atau 30 jam asal sistem pendingin dan mesin keadaan ok tidak ada masalah. Lain soal kalo overheat, boleh buka kap tapi jangan buka tutup radiator maupun isi air sebelum mesinnya dingin dulu.ders wrote: Wed Jan 02, 2019 5:58 selamat siang TS dan para suhu SMers.. nubi numpang kepo
saat kendaraan konstan jalan minimal 3 jam .. saat istirahat.. apakah perlu buka kap mesin utk tujuan percepatan pendinginan suhu mesin dan lainnya ?
soalnya banyak liat yg parkir di rest area suka buka kap mesin.. pdhl mobilnya masih baru (umur 1-5 tahun)
Khusus buat BMW tuir, disarankan dibuka kap mesin karena panasnya mesin memang rada kelewatan untuk iklim Indonesia. Panasnya pun mengendap, jadinya karet dan plastik sekitaran mesin biasanya yang kudu cepet diganti/gak tahan sama panasnya. Saya buka kapnya kalo di rumah dan mobil sudah selesai dipakai, bukan pas di jalanan atau di rest area karena faktor keamanan. Hawa sekitar mobil lgsg panas serasa ada sauna baru begitu buka kapnya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Wed Nov 02, 2016 7:37
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Sekadar share, baru pulang road trip kemarin dr Surabaya
Masuk tol dr Kota Satelit jam 10an, sampai di RA 519B jam 12an untuk makan. Avg cruising di 100-110 aja, jalanan masih sepi dan t truk juga minim, selepas dr GT Mojokerto yg non aktif sudah tidak injak rem sampai RA.
Lalu saya ganti supir, dan baru nyupir lagi dr RA 282 sampai RA 130 di Cipali.
Menurut saya kualitas tol paling bagus itu dari Pemalang sampai Semarang dan sebaliknya, kalau yg ke Semarang ada ruas yg full aspal dan cukup panjang jadi nyetir pun nyaman (120 kmh masih hening dan mobil stabil).
Kalau arah sebaliknya meski banyakan beton tapi betonnya mulus, tidak seperti yg SBY-SOLO yang betonnya agak keriting (mobil saya suspensi agak keras jadi cukup berasa sih guncangan2nya).
Yang penting sih siapin EMONEY sesuai jarak tempuh (kl JKT-SBY Minimal 500k), bensin (tidak semua RA punya pom bensin dgn stok lengkap, masih banyak yang cuma punya Pertamax dan Dex saja), lalu konsumsi karena tidak semua RA punya tempat makan yang ok dan higienis, misal kemarin di RA 282B banyak lalat, jadi nggak nafsu makan. Juga siapin botol bekas sebagai toilet darurat karena RA kadang toilet antri panjang pas liburan.
Masuk tol dr Kota Satelit jam 10an, sampai di RA 519B jam 12an untuk makan. Avg cruising di 100-110 aja, jalanan masih sepi dan t truk juga minim, selepas dr GT Mojokerto yg non aktif sudah tidak injak rem sampai RA.
Lalu saya ganti supir, dan baru nyupir lagi dr RA 282 sampai RA 130 di Cipali.
Menurut saya kualitas tol paling bagus itu dari Pemalang sampai Semarang dan sebaliknya, kalau yg ke Semarang ada ruas yg full aspal dan cukup panjang jadi nyetir pun nyaman (120 kmh masih hening dan mobil stabil).
Kalau arah sebaliknya meski banyakan beton tapi betonnya mulus, tidak seperti yg SBY-SOLO yang betonnya agak keriting (mobil saya suspensi agak keras jadi cukup berasa sih guncangan2nya).
Yang penting sih siapin EMONEY sesuai jarak tempuh (kl JKT-SBY Minimal 500k), bensin (tidak semua RA punya pom bensin dgn stok lengkap, masih banyak yang cuma punya Pertamax dan Dex saja), lalu konsumsi karena tidak semua RA punya tempat makan yang ok dan higienis, misal kemarin di RA 282B banyak lalat, jadi nggak nafsu makan. Juga siapin botol bekas sebagai toilet darurat karena RA kadang toilet antri panjang pas liburan.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 209
- Joined: Mon Mar 03, 2014 8:43
- Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
- Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
kalau menurut pendapat saya, mungkin sama dengan om2 senang diatas:
1. Driver capek gk? menurut saya 2 jam bukan patokan pasti karena daya tahan tiap orang berbeda, jika capek, pantat panas, pundak pegel itu saatnya istirahat baik sebelum 2 jam atau lebih dari 2 jam.
2. Mesin sebaiknya ketika poin 1 (istirahat) mau nyala atau mati tergantung kondisi, sebaiknya buka kap mesin selama kita istirahat untuk membantu melepas panas
3. BAN, usahakan sewajarnya saja untuk tekanan ban, ada orang yg kebiasaan untuk perjalanan jauh di naikkan misal 35 jadi 40 PSI, ban ketika panas pasti naik tekanannya, apalagi perjalanan jauh, gunakan tekanan rekomendasi pabrik saja lah l. saya pernah iseng ngetes kondisi panas dari 35PSI bisa jadi 40 PSI (pake udara biasa) dilain waktu di cuaca mirip udah ganti nitrogen lah kok sama
4. usahakan buka jendela sebentar untuk sirkulasi udara (kec mobil anda otomatis buka, contoh: merc) tiap 1-2 jam, agar udara dalam mobil tidak jenuh dengan CO2. kenapa jendela? karena udara pasti ada keluar dan masuk, kalau hanya switch AC tidak "membuang CO2" di kabin.
1. Driver capek gk? menurut saya 2 jam bukan patokan pasti karena daya tahan tiap orang berbeda, jika capek, pantat panas, pundak pegel itu saatnya istirahat baik sebelum 2 jam atau lebih dari 2 jam.
2. Mesin sebaiknya ketika poin 1 (istirahat) mau nyala atau mati tergantung kondisi, sebaiknya buka kap mesin selama kita istirahat untuk membantu melepas panas
3. BAN, usahakan sewajarnya saja untuk tekanan ban, ada orang yg kebiasaan untuk perjalanan jauh di naikkan misal 35 jadi 40 PSI, ban ketika panas pasti naik tekanannya, apalagi perjalanan jauh, gunakan tekanan rekomendasi pabrik saja lah l. saya pernah iseng ngetes kondisi panas dari 35PSI bisa jadi 40 PSI (pake udara biasa) dilain waktu di cuaca mirip udah ganti nitrogen lah kok sama

4. usahakan buka jendela sebentar untuk sirkulasi udara (kec mobil anda otomatis buka, contoh: merc) tiap 1-2 jam, agar udara dalam mobil tidak jenuh dengan CO2. kenapa jendela? karena udara pasti ada keluar dan masuk, kalau hanya switch AC tidak "membuang CO2" di kabin.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Apapun situasinya, baik ada kecepatan minimal atau maksimal, tata krama berkendara tetap harus jalan. Kalo lagi jalan 150 di jalur kanan dan ada mobil di belakang yang lebih cepat, ya silakan kita minggir dulu dengan aman dan biarkan dia lewat.motormatic wrote: Thu May 31, 2018 14:49Itulah perlu nya batas kecepatan maksimal, kalo ga dibatalin, istilah lanehogger jadi sangat rancu.Bulgogi wrote: Thu May 31, 2018 12:33 Kadang driver yg udah 140-150 kpj masih dianggap lanehogger sama mereka yg speed 180 kpj keatas..
Ironis..
Lanehogger seharusnya hanya disematkan pada driver yang mengemudi dengan kecepatannya dibawah batas maksimal di jalur paling Kanan. Selama mengemudi dibatas maksimal terus-menerus seharusnya ga perlu lagi salip menyalip, dan ga ada istilah lanehogger lagi
Kalau kita memang lambat, ya silakan ambil jalur paling kiri dan jgn terlalu lambat supaya aman. Cek spion belakang juga kalau ada mobil yang remnya telat dan anda lambat, ya tata krama atau hukumnya gimana lebih baik menghindari kecelakaan.
Saya sudah beberapa kali menghindar karena mobil belakang remnya dodol... dan beberapa kali juga terhindar tabrakan dari belakang.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 288
- Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Setuju om.exflowly wrote:Apapun situasinya, baik ada kecepatan minimal atau maksimal, tata krama berkendara tetap harus jalan. Kalo lagi jalan 150 di jalur kanan dan ada mobil di belakang yang lebih cepat, ya silakan kita minggir dulu dengan aman dan biarkan dia lewat.motormatic wrote: Thu May 31, 2018 14:49Itulah perlu nya batas kecepatan maksimal, kalo ga dibatalin, istilah lanehogger jadi sangat rancu.Bulgogi wrote: Thu May 31, 2018 12:33 Kadang driver yg udah 140-150 kpj masih dianggap lanehogger sama mereka yg speed 180 kpj keatas..
Ironis..
Lanehogger seharusnya hanya disematkan pada driver yang mengemudi dengan kecepatannya dibawah batas maksimal di jalur paling Kanan. Selama mengemudi dibatas maksimal terus-menerus seharusnya ga perlu lagi salip menyalip, dan ga ada istilah lanehogger lagi
Kalau kita memang lambat, ya silakan ambil jalur paling kiri dan jgn terlalu lambat supaya aman. Cek spion belakang juga kalau ada mobil yang remnya telat dan anda lambat, ya tata krama atau hukumnya gimana lebih baik menghindari kecelakaan.
Saya sudah beberapa kali menghindar karena mobil belakang remnya dodol... dan beberapa kali juga terhindar tabrakan dari belakang.
Mau 60, 80, 100, 120 atau 220 kpj, lajur kanan untuk mendahului.
Kembalilah di jalur yang benar setelah mendahului.
Apakah itu menyebabkan jalan zig-zag?
Ya iya lah, itulah gunanya konsentrasi, spion buat melihat kondisi sekitar sebelum mendahului kendaraan didepan.
Apakah yg 120 dan 220 kpj melanggar aturan?
Ya iya lah, tapi biarkan itu jadi urusannya sendiri, jangan jadikan urusan kita.
Yg penting, kasih jalan lajur kanan buat yang lebih cepat dari kita.
Period.
[emoji5]
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Well said. Setuju!Ivano wrote:Setuju om.exflowly wrote:Apapun situasinya, baik ada kecepatan minimal atau maksimal, tata krama berkendara tetap harus jalan. Kalo lagi jalan 150 di jalur kanan dan ada mobil di belakang yang lebih cepat, ya silakan kita minggir dulu dengan aman dan biarkan dia lewat.motormatic wrote: Thu May 31, 2018 14:49 Itulah perlu nya batas kecepatan maksimal, kalo ga dibatalin, istilah lanehogger jadi sangat rancu.
Lanehogger seharusnya hanya disematkan pada driver yang mengemudi dengan kecepatannya dibawah batas maksimal di jalur paling Kanan. Selama mengemudi dibatas maksimal terus-menerus seharusnya ga perlu lagi salip menyalip, dan ga ada istilah lanehogger lagi
Kalau kita memang lambat, ya silakan ambil jalur paling kiri dan jgn terlalu lambat supaya aman. Cek spion belakang juga kalau ada mobil yang remnya telat dan anda lambat, ya tata krama atau hukumnya gimana lebih baik menghindari kecelakaan.
Saya sudah beberapa kali menghindar karena mobil belakang remnya dodol... dan beberapa kali juga terhindar tabrakan dari belakang.
Mau 60, 80, 100, 120 atau 220 kpj, lajur kanan untuk mendahului.
Kembalilah di jalur yang benar setelah mendahului.
Apakah itu menyebabkan jalan zig-zag?
Ya iya lah, itulah gunanya konsentrasi, spion buat melihat kondisi sekitar sebelum mendahului kendaraan didepan.
Apakah yg 120 dan 220 kpj melanggar aturan?
Ya iya lah, tapi biarkan itu jadi urusannya sendiri, jangan jadikan urusan kita.
Yg penting, kasih jalan lajur kanan buat yang lebih cepat dari kita.
Period.
[emoji5]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1645
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Hmmm....bau2nya lane hogger vs pembalap lagi neh
Ayo pembalap rapatkan barisan, lane hogger juga rapatkan barisan

Ayo pembalap rapatkan barisan, lane hogger juga rapatkan barisan

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 681
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
kecepatan di tol selain batas atas harus juga ada batas bawah.
saya sering lihat mobil terutama truk/box jalannya cuma 30kmh di tol, bikin kagok orang lain. bukannya itu juga membahayakan ?
tata krama / peraturan di tol yang sudah harus disiapkan pemerintah sebelum korban berjatuhan.
saya sering lihat mobil terutama truk/box jalannya cuma 30kmh di tol, bikin kagok orang lain. bukannya itu juga membahayakan ?
tata krama / peraturan di tol yang sudah harus disiapkan pemerintah sebelum korban berjatuhan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
- Location: Semarang
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Udah ada minimal 60. Tapi ya cuma teori.lamatlancah wrote:kecepatan di tol selain batas atas harus juga ada batas bawah.
saya sering lihat mobil terutama truk/box jalannya cuma 30kmh di tol, bikin kagok orang lain. bukannya itu juga membahayakan ?
tata krama / peraturan di tol yang sudah harus disiapkan pemerintah sebelum korban berjatuhan.
Seperti lajur kanan hanya untuk mendahului, prakteknya banyak lane hogger di lajur kanan. Ga ngerasa bahaya jalan pelan di kanan, padahal kirinya kosong. Kadang heran, apa susahnya jalan di lajur kiri, kalau mau selip, baru sein nyalain ke kanan, liat spion, aman baru selip pindah lajur kanan. Abis itu balik lagi ke kiri.....
Masalahnya yang jalan pelan² ini, ga ditindak tegas juga oleh polisi. Mereka beranggapan pelan itu malah aman, padahal di lajur dan kondisi yang salah, pelan itu malah membahayakan lalu lintas (seperti banyak yang naik motor pelan² tapi di tengah jalan)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
pengendiesel wrote: Wed Jan 02, 2019 12:57 Hmmm....bau2nya lane hogger vs pembalap lagi neh![]()
Ayo pembalap rapatkan barisan, lane hogger juga rapatkan barisan![]()


Intinya saling menghargai aja kalo dijalan.. kalau ada yg minta jalan, yaudah minggir.. toh bukan balapan, garis finishnya kan beda2 tiap pengendara hahaha
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Saya coba bantu penampakan nya......... ini baru 5 mobil lho.......Gimana kalo puluhan, ratusan atau ribuan mobil spt ini semua..?ginting wrote: Wed Jan 02, 2019 6:12secara teory, saat buka kap mesin maka panas ruang mesin akan cepat hilang, itu bagus untuk pendinginan ruang mesin.ders wrote: Wed Jan 02, 2019 5:58 selamat siang TS dan para suhu SMers.. nubi numpang kepo
saat kendaraan konstan jalan minimal 3 jam .. saat istirahat.. apakah perlu buka kap mesin utk tujuan percepatan pendinginan suhu mesin dan lainnya ?
soalnya banyak liat yg parkir di rest area suka buka kap mesin.. pdhl mobilnya masih baru (umur 1-5 tahun)
tapi kadang kita aja malas, apalagi tangan jadi jorok buka clip kap mesin, pasang cagak, dll
dan harus ditunggui krn rawan juga kita buka kap mesin lalu ditinggal pergi
btw, saat kita nyetir maka itu suhu mesin panas, bikin kabel, karet deteriorated karena panas...tp tertolong krn aliran udara dari depan.
saat mesin stop, suhu masih relative sama, tapi angin udah berhenti...
kalo oom mau buka kap mesin, itu akan faktor positive supaya awet komponen di ruang mesin.




Foto : Tim Surveyor 2nd Anniversary SMRT 2018 sedang becanda buka kap mesin stelah melalui rute tanjakan2 curam sepanjang Batang - Dieng
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Masalah sebenarnya sih sepele tapi mendasaarrr banget.PRBS wrote: Thu Jan 03, 2019 1:15pengendiesel wrote: Wed Jan 02, 2019 12:57 Hmmm....bau2nya lane hogger vs pembalap lagi neh![]()
Ayo pembalap rapatkan barisan, lane hogger juga rapatkan barisan![]()
![]()
![]()
Intinya saling menghargai aja kalo dijalan.. kalau ada yg minta jalan, yaudah minggir.. toh bukan balapan, garis finishnya kan beda2 tiap pengendara hahaha
Lanehogger itu ternyata driver yg sangat peduli dgn batas kecepatan maksimum di tol.
Jadi kalo doi di lajur kanan dgn kecepatan yg pas dgn batas kecepatan maksimum, orang lain gak boleh melanggar.
Gitu om.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Hehe betul om. Ada dispute antara 2 aturan di dalam toll.. pertama sisi kanan untuk mendahului, kedua batas max speed di toll cuma 100kmh.. hehe..adityabp wrote: Thu Jan 03, 2019 1:53Masalah sebenarnya sih sepele tapi mendasaarrr banget.PRBS wrote: Thu Jan 03, 2019 1:15pengendiesel wrote: Wed Jan 02, 2019 12:57 Hmmm....bau2nya lane hogger vs pembalap lagi neh![]()
Ayo pembalap rapatkan barisan, lane hogger juga rapatkan barisan![]()
![]()
![]()
Intinya saling menghargai aja kalo dijalan.. kalau ada yg minta jalan, yaudah minggir.. toh bukan balapan, garis finishnya kan beda2 tiap pengendara hahaha
Lanehogger itu ternyata driver yg sangat peduli dgn batas kecepatan maksimum di tol.
Jadi kalo doi di lajur kanan dgn kecepatan yg pas dgn batas kecepatan maksimum, orang lain gak boleh melanggar.
Gitu om.
![]()
kalau saya pribadi sih, misal ada yg ngedim2 dari belakang mending minggir aja deh (walaupun ternyata speed saya udah 140kmh).. selama memungkinan saya minggir, ya sudah saya ngalah.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Kenyataannya, ada yg speednya udah 120++ di lajur kanan tetap gak terima dibilang lanehogger sama yg di belakangnya krn gak mau ngasih jalan padahal udah di-dim.PRBS wrote: Thu Jan 03, 2019 2:40Hehe betul om. Ada dispute antara 2 aturan di dalam toll.. pertama sisi kanan untuk mendahului, kedua batas max speed di toll cuma 100kmh.. hehe..adityabp wrote: Thu Jan 03, 2019 1:53Masalah sebenarnya sih sepele tapi mendasaarrr banget.PRBS wrote: Thu Jan 03, 2019 1:15
![]()
![]()
Intinya saling menghargai aja kalo dijalan.. kalau ada yg minta jalan, yaudah minggir.. toh bukan balapan, garis finishnya kan beda2 tiap pengendara hahaha
Lanehogger itu ternyata driver yg sangat peduli dgn batas kecepatan maksimum di tol.
Jadi kalo doi di lajur kanan dgn kecepatan yg pas dgn batas kecepatan maksimum, orang lain gak boleh melanggar.
Gitu om.
![]()
kalau saya pribadi sih, misal ada yg ngedim2 dari belakang mending minggir aja deh (walaupun ternyata speed saya udah 140kmh).. selama memungkinan saya minggir, ya sudah saya ngalah.![]()
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Gengsi gamau minggir kali om hahaha.. padahal kalau minggir aja (as long memungkinkan ya), kelar masalahnya.adityabp wrote: Thu Jan 03, 2019 2:45Kenyataannya, ada yg speednya udah 120++ di lajur kanan tetap gak terima dibilang lanehogger sama yg di belakangnya krn gak mau ngasih jalan padahal udah di-dim.PRBS wrote: Thu Jan 03, 2019 2:40Hehe betul om. Ada dispute antara 2 aturan di dalam toll.. pertama sisi kanan untuk mendahului, kedua batas max speed di toll cuma 100kmh.. hehe..adityabp wrote: Thu Jan 03, 2019 1:53
Masalah sebenarnya sih sepele tapi mendasaarrr banget.
Lanehogger itu ternyata driver yg sangat peduli dgn batas kecepatan maksimum di tol.
Jadi kalo doi di lajur kanan dgn kecepatan yg pas dgn batas kecepatan maksimum, orang lain gak boleh melanggar.
Gitu om.
![]()
kalau saya pribadi sih, misal ada yg ngedim2 dari belakang mending minggir aja deh (walaupun ternyata speed saya udah 140kmh).. selama memungkinan saya minggir, ya sudah saya ngalah.![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
krn mgkn kl minggir kiri harga diri nya seperti direndahkan om
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
PRBS wrote: Thu Jan 03, 2019 3:38Gengsi gamau minggir kali om hahaha.. padahal kalau minggir aja (as long memungkinkan ya), kelar masalahnya.adityabp wrote: Thu Jan 03, 2019 2:45Kenyataannya, ada yg speednya udah 120++ di lajur kanan tetap gak terima dibilang lanehogger sama yg di belakangnya krn gak mau ngasih jalan padahal udah di-dim.PRBS wrote: Thu Jan 03, 2019 2:40
Hehe betul om. Ada dispute antara 2 aturan di dalam toll.. pertama sisi kanan untuk mendahului, kedua batas max speed di toll cuma 100kmh.. hehe..
kalau saya pribadi sih, misal ada yg ngedim2 dari belakang mending minggir aja deh (walaupun ternyata speed saya udah 140kmh).. selama memungkinan saya minggir, ya sudah saya ngalah.![]()
kalo gamau minggir ya lewat sebelah kirinya aja. diperbolehkan kok dalam UU lalu lintas.
gampang toh?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Loh iya betul juga sih ini.. selama ga bahu jalan sih sah2 ajamarmut wrote: Thu Jan 03, 2019 4:19PRBS wrote: Thu Jan 03, 2019 3:38Gengsi gamau minggir kali om hahaha.. padahal kalau minggir aja (as long memungkinkan ya), kelar masalahnya.adityabp wrote: Thu Jan 03, 2019 2:45
Kenyataannya, ada yg speednya udah 120++ di lajur kanan tetap gak terima dibilang lanehogger sama yg di belakangnya krn gak mau ngasih jalan padahal udah di-dim.
kalo gamau minggir ya lewat sebelah kirinya aja. diperbolehkan kok dalam UU lalu lintas.
gampang toh?
![]()