Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Berhubung di daerah saya tol nya naik turu dan berkelok smg-salatiga,sy klo nyetir 80-120kph di lajur kiri,kanan cuma nyalip,karna klo pas turunan sering ga kerasa mobil tiba2 udh kenceng aja,sering kejadian mobil kebalik masuk parit di tol bawen-ungaran karna banyak turunan..
Kadang suka gini,ada iring2an bis pariwisata yg banyak >5 bis,dikanan konstan 80-90an mungkin,trus ada mobil yg kepingin nyalip tapi ga mau masuk jalur kanan ikut antrian bis,juga ga masuk bahu jalan,akhirnya ngedim2/klakson2 jalur kiri,sedangkan jalur kiri juga padat,akhirnya kalo ada yg berhenti jadi tabrakan beruntun,
Kadang suka gini,ada iring2an bis pariwisata yg banyak >5 bis,dikanan konstan 80-90an mungkin,trus ada mobil yg kepingin nyalip tapi ga mau masuk jalur kanan ikut antrian bis,juga ga masuk bahu jalan,akhirnya ngedim2/klakson2 jalur kiri,sedangkan jalur kiri juga padat,akhirnya kalo ada yg berhenti jadi tabrakan beruntun,
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Toll semarang - salatiga, toll favorit saya inii. jalanannya ga gludakan dan betul, kalo pas lagi turunan bisa ga terasa udah diatas 140kmh.. (itu aja masih ada yg nyalip dari kiri, ga kebayang dia speed berapa)ipat wrote: Thu May 31, 2018 14:37 Berhubung di daerah saya tol nya naik turu dan berkelok smg-salatiga,sy klo nyetir 80-120kph di lajur kiri,kanan cuma nyalip,karna klo pas turunan sering ga kerasa mobil tiba2 udh kenceng aja,sering kejadian mobil kebalik masuk parit di tol bawen-ungaran karna banyak turunan..
Kadang suka gini,ada iring2an bis pariwisata yg banyak >5 bis,dikanan konstan 80-90an mungkin,trus ada mobil yg kepingin nyalip tapi ga mau masuk jalur kanan ikut antrian bis,juga ga masuk bahu jalan,akhirnya ngedim2/klakson2 jalur kiri,sedangkan jalur kiri juga padat,akhirnya kalo ada yg berhenti jadi tabrakan beruntun,
Btw, ada yg cuma 2 lajur dan lajur 1 (buat low speed) sering ada truk speednya ga sampai 60kmh.. kontras bgt dengan speed mobil2 di lajur 2 (high speed)..agak bahaya.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 130
- Joined: Fri Feb 28, 2014 6:39
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Itulah perlu nya batas kecepatan maksimal, kalo ga dibatalin, istilah lanehogger jadi sangat rancu.Bulgogi wrote: Thu May 31, 2018 12:33 Kadang driver yg udah 140-150 kpj masih dianggap lanehogger sama mereka yg speed 180 kpj keatas..
Ironis..
Lanehogger seharusnya hanya disematkan pada driver yang mengemudi dengan kecepatannya dibawah batas maksimal di jalur paling Kanan. Selama mengemudi dibatas maksimal terus-menerus seharusnya ga perlu lagi salip menyalip, dan ga ada istilah lanehogger lagi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Saya pernah numpang temen pake anps,duduk di bangku depan, rasanya mobil mau kebalik,dan temen nyetirnya sruntulan salip kanan kiri masuk bahu jalan,dari bawen-gayamsari ga berhenti berdoa sama yg maha kuasa..
Perlu diwaspadai aquaplaning kalo ujan deras di tol, kalo pas turunan mobil serasa melayang hilang grip.. apesnya kebanyakan mobil yg kebalik tipe Suv di daerah itu.. ada trik spy ga kebalik mungkin?
Di tol ini jg ada yg salah kaprah ttg pemakain hazard ketika kabut turun,ada yg nyalip kanan kiri tapi hazard nyala,
Perlu diwaspadai aquaplaning kalo ujan deras di tol, kalo pas turunan mobil serasa melayang hilang grip.. apesnya kebanyakan mobil yg kebalik tipe Suv di daerah itu.. ada trik spy ga kebalik mungkin?
Di tol ini jg ada yg salah kaprah ttg pemakain hazard ketika kabut turun,ada yg nyalip kanan kiri tapi hazard nyala,
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Anu om satu lagi, waktu itu siang2 saya lewat tol semarang-ungaran (sy rute balik ke semarang wkt) naik ertiga. Wkt saya lewat jembatan di tol itu yg pendek. Kayanya wkt itu arah angin nya ndak bersahabat, saya kecepatan 90-100kmh pas sampe jembatan itu rasanya mobil sampe geser ke kanan dikit ( bodi spt munting/ngeleyang). Abis itu kalo saya lewat tol yg sama, begitu deket2 jembatan saya ngurangi kecepatan dl di 80 kmhipat wrote: Thu May 31, 2018 14:52 Saya pernah numpang temen pake anps,duduk di bangku depan, rasanya mobil mau kebalik,dan temen nyetirnya sruntulan salip kanan kiri masuk bahu jalan,dari bawen-gayamsari ga berhenti berdoa sama yg maha kuasa..
Perlu diwaspadai aquaplaning kalo ujan deras di tol, kalo pas turunan mobil serasa melayang hilang grip.. apesnya kebanyakan mobil yg kebalik tipe Suv di daerah itu.. ada trik spy ga kebalik mungkin?
Di tol ini jg ada yg salah kaprah ttg pemakain hazard ketika kabut turun,ada yg nyalip kanan kiri tapi hazard nyala,
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Sun Mar 05, 2017 7:05
- Location: Bandung
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Emang bener suka gagal paham Kalo di jalan Tol tuh...
Kalo jalur kanan hanya untuk mendahului Aja.. Lah Kalo Saya pindah ke tengah kok malah repot ya..jarak mobil nya yg bawa nya lambat2 Pada deket gitu... Akhirnya Kaya zig zag gitu pindah kiri kanan Kan malah bahaya... Kalo Kosong melompong ya terus Aja di jalur kanan Sambil jaga kecepatan di 120-140 kpj.. Malah sering nya pindah jalur ke tengah buat mendahului yg bawa mobil nya lambat di jalur kanan.. Yah di indonesia mah jalan tol juga penuh Sama kendaraan sih... Paling Kalo di bandung yang bener2 Kaya jalan tol Kalo pas jalan pagi2/Malam.. Atau tol seroja yg masih Kosong hehe
Kalo jalur kanan hanya untuk mendahului Aja.. Lah Kalo Saya pindah ke tengah kok malah repot ya..jarak mobil nya yg bawa nya lambat2 Pada deket gitu... Akhirnya Kaya zig zag gitu pindah kiri kanan Kan malah bahaya... Kalo Kosong melompong ya terus Aja di jalur kanan Sambil jaga kecepatan di 120-140 kpj.. Malah sering nya pindah jalur ke tengah buat mendahului yg bawa mobil nya lambat di jalur kanan.. Yah di indonesia mah jalan tol juga penuh Sama kendaraan sih... Paling Kalo di bandung yang bener2 Kaya jalan tol Kalo pas jalan pagi2/Malam.. Atau tol seroja yg masih Kosong hehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Wis mantap, libur natal dan tahun baru, bisa puas2in , menikmati ,kenikmatan mengemudi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Tol Semarang salatiga emang angin sampingnya luar binasa, apalagi di jembatan. Lebih kenceng dari cipularang.
Saya kl bawa yaris, itu mobil kyk geser2 kadang, ANKI jg masih, baru Captiva yang anteng kalo lewat situ, mungkin karena berat mobilnya
Saya kl bawa yaris, itu mobil kyk geser2 kadang, ANKI jg masih, baru Captiva yang anteng kalo lewat situ, mungkin karena berat mobilnya
Rocky R ADS CVT 2021
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 654
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Absolutely kuat digeber terus via jalan tol. Daripada macet parah setiap hari yang justru membuat mesin cepat jebol. Yang penting adalah driver dan ban mobil harus fit.
Chevycars memang mantap handlingnya. Saya kalau bawa Chevy Spin 1.3D terasa tenang banget dibanding saat membawa LMPV lainnya semacam Ertiga dan Mobilio di jalan tol.
Apalagi Avanza 1.3G saya yang kalau lewat jalan tol terasa seperti pesawat mau take off hahaha.
Chevycars memang mantap handlingnya. Saya kalau bawa Chevy Spin 1.3D terasa tenang banget dibanding saat membawa LMPV lainnya semacam Ertiga dan Mobilio di jalan tol.
Apalagi Avanza 1.3G saya yang kalau lewat jalan tol terasa seperti pesawat mau take off hahaha.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Kalau jalan toll sudah nyambung dan geber terus, maka perhatikan sbb :
- Ban.
Itu rating ban yg tertera, adalah batas max daya tahan ban untuk 1 jam.
Jadi kalau ban anda max speed 180 kmpj, maka boleh digeber 1 jam saja selama 180 kmpj.
kalau lebih nanti dia meleleh / loyo
- Driveshaft / laher
Ini juga perlu diperhatikan jangan sampai grease / gemuknya malah meleleh keluar dan kering
seal untuk grease bisa kalah kalau panas dalam jangka waktu lama.
Semoga kita semua dijauhkan dari kecelakaan saat nyetir.
Safety First !!!
Gak perlu ngebut yang penting cepat sampai !!!
- Ban.
Itu rating ban yg tertera, adalah batas max daya tahan ban untuk 1 jam.
Jadi kalau ban anda max speed 180 kmpj, maka boleh digeber 1 jam saja selama 180 kmpj.
kalau lebih nanti dia meleleh / loyo
- Driveshaft / laher
Ini juga perlu diperhatikan jangan sampai grease / gemuknya malah meleleh keluar dan kering
seal untuk grease bisa kalah kalau panas dalam jangka waktu lama.
Semoga kita semua dijauhkan dari kecelakaan saat nyetir.
Safety First !!!
Gak perlu ngebut yang penting cepat sampai !!!
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
- Location: Palembang
- Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Ini harusnya jadi advantage bagi TAM buat advertising duo kaleng..."kenyamanan tak tertandingi, layaknya naik pesawat kelas bisnis"...saat mau take off tapinya....Michaelktp wrote: Thu Nov 29, 2018 3:15 Absolutely kuat digeber terus via jalan tol. Daripada macet parah setiap hari yang justru membuat mesin cepat jebol. Yang penting adalah driver dan ban mobil harus fit.
Chevycars memang mantap handlingnya. Saya kalau bawa Chevy Spin 1.3D terasa tenang banget dibanding saat membawa LMPV lainnya semacam Ertiga dan Mobilio di jalan tol.
Apalagi Avanza 1.3G saya yang kalau lewat jalan tol terasa seperti pesawat mau take off hahaha.


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Kemarin dari solo sampai Jatim,kebetulan magrib ,mulainnya, toll ,masih mulus,enak,cuma masih gelap,yang headlamp-nya redup, hati2 aja,penerangan kurang banget
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Sat Nov 24, 2018 4:03
- Daily Vehicle: Landcruiser
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Sumbagsel karena dulu pernah roadtrip ke Jambi, lampung, bengkulu pake sedan...ketahuan dah angkatan brp nubie.



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 707
- Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Pengalaman kemaren.. Smg-Solo (exit Colomadu) ga sampe sejam.
Manteb tenann

Manteb tenann


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
baru tahu kalo ide bayar toll pake emoney ini ternyata efektif mengurangi kemacetan di gerbang toll. toll semarang-solo cuma ketemu dua pintu toll, yakni pas masuk dan keluar. seandainya masing2 ruas toll bikin gerbang sendiri2, musti antri (dan macet) berapa kali?
|ertelu gx 13||miras glx 14|
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Oct 19, 2016 6:59
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Yang ada malah biaya tolnya membengkak, dan jauh lebih mahal daripada biaya bensinnya 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Kl tdk pakai e money jg bisa seperti itu koq, pakai sistem kartu seperti di jagorawi dl.saridin wrote: Tue Jan 01, 2019 3:17 baru tahu kalo ide bayar toll pake emoney ini ternyata efektif mengurangi kemacetan di gerbang toll. toll semarang-solo cuma ketemu dua pintu toll, yakni pas masuk dan keluar. seandainya masing2 ruas toll bikin gerbang sendiri2, musti antri (dan macet) berapa kali?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
- Location: Solo
- Daily Vehicle: GerobakPerang
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Dengan adanya Tol, tentu jalan raya reguler akan sedikit berkurang kepadatannya, silahkan yang tidak berkenan menggunakan Tol bisa memilihnya.ikehikeh wrote: Tue Jan 01, 2019 7:00 Yang ada malah biaya tolnya membengkak, dan jauh lebih mahal daripada biaya bensinnya![]()
Yang sedikit tergesa-gesa, dengan adanya Tol ini jelas sangat membantu, tentu dengan konsekuensi membayar dalam jumlah tertentu, apalagi buat saya pribadi, jelas sangat membantu. Saya orang yang sangat stress menghadapi kemacetan, padahal trayek saya selalu keluar kota, Alhamdulillah sekali Tol ini hadir di Indonesia.
Bukankah dengan dibangunnya Tol, perbaikan jalan reguler juga tetap dilakukan, Jadi pilihan semua tergantung anda...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Fri May 19, 2017 14:39
- Location: jakarta utara
- Daily Vehicle: Avanza
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Hidup itu pilihan.ikehikeh wrote: Tue Jan 01, 2019 7:00 Yang ada malah biaya tolnya membengkak, dan jauh lebih mahal daripada biaya bensinnya![]()
Quote by @risqsonhajj
Jalan toll luar kota sangat membantu sekali.
Saya sering jkt lpung, di kapal sejak masuk sampe keluar kapal dah 3.5-4 jam

Bakau - balam 2 jam seruntulan, 3 jam jln kalem, lewat toll 1 jam kaki kalem, 1/2 jam kaki om @nai.
32 - 40 biaya toll very worthed
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Sejak ada toll jawa ini sy dapat info dari kawan saya @elraedew bahwa dari RA km 19 Tambun ke exit Solo dia cuma 4 jam 50 menit.17Herdy wrote:Hidup itu pilihan.ikehikeh wrote: Tue Jan 01, 2019 7:00 Yang ada malah biaya tolnya membengkak, dan jauh lebih mahal daripada biaya bensinnya![]()
Quote by @risqsonhajj
Jalan toll luar kota sangat membantu sekali.
Saya sering jkt lpung, di kapal sejak masuk sampe keluar kapal dah 3.5-4 jam
![]()
Bakau - balam 2 jam seruntulan, 3 jam jln kalem, lewat toll 1 jam kaki kalem, 1/2 jam kaki om @nai.
32 - 40 biaya toll very worthed
jalan kosong dan itu sudah termasuk 2 kali stop
lalu ada juga yg dari Satelite gate toll Surabaya ke exit Karang Anyar Solo 1 jam 32 menit.
itu bisa dibilang mangkas 50% waktu perjalanan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Kalau dilihat dari kondisi jalan, untuk area Jawa Barat, berkendara di Jalan Provinsi atau Jalan Negara masih relatif menyenangkan karena kondisi jalan lebih banyak yang bagus dari yang rusak. Masuk ke area Jawa Tengah, jalanan memang sudah jauh lebih baik tapi masih banyak yang bergelombang. Untuk area Jawa Timur menurut saya kondisi jalan umum lebih baik dari Jawa Tengah tapi tidak sebaik di Jawa barat.antonyaulia wrote: Tue Jan 01, 2019 10:23Dengan adanya Tol, tentu jalan raya reguler akan sedikit berkurang kepadatannya, silahkan yang tidak berkenan menggunakan Tol bisa memilihnya.ikehikeh wrote: Tue Jan 01, 2019 7:00 Yang ada malah biaya tolnya membengkak, dan jauh lebih mahal daripada biaya bensinnya![]()
Yang sedikit tergesa-gesa, dengan adanya Tol ini jelas sangat membantu, tentu dengan konsekuensi membayar dalam jumlah tertentu, apalagi buat saya pribadi, jelas sangat membantu. Saya orang yang sangat stress menghadapi kemacetan, padahal trayek saya selalu keluar kota, Alhamdulillah sekali Tol ini hadir di Indonesia.
Bukankah dengan dibangunnya Tol, perbaikan jalan reguler juga tetap dilakukan, Jadi pilihan semua tergantung anda...
Kalau dilihat dari faktor resiko eksternal, menurut saya yang mengundang resiko cukup tinggi adalah pengendara motor terutama area Jawa Tengah, pengendara motor di Jateng itu unik, riding santai sekitar 40-60kpj jalan sedikit ketengah tapi diklakson ga mau minggir. Saya pikir itu perasaan saya saja, tapi ternyata pernah saya sesekali naik bus pulang kampung, supir bus juga menyatakan hal yang sama. Karena kalau pengendara motor daerah Jabar, di klakson masih mau minggir. Kalau Jalan umum di area Jatim resiko yang agak ngeri ya bus AKAP nya itu.
Kalau dirangkum untung rugi lewat tol trans jawa menurut saya sebagai berikut
Keuntungan
1. Waktu tempuh terpangkas jauh
2. Konsumsi BBM bisa lebih irit kalau cruising 80-100kpj
3. Meminimalisir resiko kerusakan kaki-kaki karena karena jalan yang tidak rata.
4. Meminimalisir resiko eksternal seperti menyenggol atau menabrak motor, penyebrang jalan atau hewan ternak.
5. Mengurangi tingkat kelelahan pengemudi
6. Stress terhadap mesin jauh berkurang
7. Mengurangi resiko ditilang polisi
Kekurangan
1. Biaya ekstra untuk toll
2. Resiko dilempar batu meski sangat jarang.
3. Jika terjadi kendala pada kendaraan atau kecelakaan ditengah sawah/kebun diantara 2 gerbang, maka bisa jadi lebih lama untuk mendapat pertolongan.
4. Apabila terjadi Kecelakaan, umumnya lebih parah karena rata-rata kecepatan lebih tinggi dan lebih banyak kecelakaan tunggal yang disebabkan faktor internal seperti ngantuk, berkendara terlalu cepat, disorientasi atau terjadi masalah pada kendaraan.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Mon Jan 11, 2016 4:08
- Location: SUB-MLG
- Daily Vehicle: K14B_4N15_M20A-FXS
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Surabaya-Solo 1.5 jam? Wah rekor nih om. Temen kmrn 2jam 20mnit dr GT Rungkut-ngemplak.ginting wrote: Tue Jan 01, 2019 11:13 Sejak ada toll jawa ini sy dapat info dari kawan saya @elraedew bahwa dari RA km 19 Tambun ke exit Solo dia cuma 4 jam 50 menit.
jalan kosong dan itu sudah termasuk 2 kali stop
lalu ada juga yg dari Satelite gate toll Surabaya ke exit Karang Anyar Solo 1 jam 32 menit.
itu bisa dibilang mangkas 50% waktu perjalanan.
Saya klo malem msih di atas 5jam an dulu. Pangkas waktunya sudah hmpr 60%-70%.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Toll sudah jadi,kok ya ngeluh,jkt-sby +-10 jam,mau irit naik kapal,santai ,murah ,tapi kalo gak biasa ,puyeng dan lama 

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Mon Jan 30, 2017 6:41
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Buseet sby - solo bisa 1,5 jam ,, dulu waktu macet libur natal 15 jam hahahahaginting wrote: Tue Jan 01, 2019 11:13Sejak ada toll jawa ini sy dapat info dari kawan saya @elraedew bahwa dari RA km 19 Tambun ke exit Solo dia cuma 4 jam 50 menit.17Herdy wrote:Hidup itu pilihan.ikehikeh wrote: Tue Jan 01, 2019 7:00 Yang ada malah biaya tolnya membengkak, dan jauh lebih mahal daripada biaya bensinnya![]()
Quote by @risqsonhajj
Jalan toll luar kota sangat membantu sekali.
Saya sering jkt lpung, di kapal sejak masuk sampe keluar kapal dah 3.5-4 jam
![]()
Bakau - balam 2 jam seruntulan, 3 jam jln kalem, lewat toll 1 jam kaki kalem, 1/2 jam kaki om @nai.
32 - 40 biaya toll very worthed
jalan kosong dan itu sudah termasuk 2 kali stop
lalu ada juga yg dari Satelite gate toll Surabaya ke exit Karang Anyar Solo 1 jam 32 menit.
itu bisa dibilang mangkas 50% waktu perjalanan.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 193
- Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
- Daily Vehicle: D4-D and CRDi
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Om maaf oot mau tanya misalkan mobil Merk A spek 6 speed at vs mobil merk b spek 8 speed at konstan 100 kpj di 2000 rpm, lebih mantep mana dan lebih irit mana ?Turboman wrote: Tue Feb 16, 2016 3:53 Utk mobil2 yg maticnya 5 AT / lebih akan sgt terasa benefitnya saat long haul trip
Spt ANKI Desel matic......lari 120, RPM cuman 2000
jadi santai bgt