Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 168
- Joined: Mon Feb 15, 2016 15:48
Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Mohon izin kenalan Suhu, ane nubi di froum inin. Lansung to the point aja. Berdasarkan pengamatan nubi di situs yg membahas konstruksi (sk*scr*percit*), pembangunan tol sedang gencar2nya dan ditargetkan dua tahun akan tersambung. Nah dari kesiapan kendaraan sendiri, apakah kendaraan sekarang yang beredar ini (terutama mobil cc kecil dan lcgc) mampu digeber dengan kecepatan tinggi secara konstan dalam waktu yang lama dan jarak tempuh ratusan kilometer? Mohon jangan lupa ya, ini lebih membahas kendaraannya (kan forum otomotif). Terima kasih...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Entah mitos atau fakta, mobil yg sering di geber lbh awet drpd mobil yg tiap hari jalan tapi macet2an,.
*Colek papi anjas........
*Colek papi anjas........
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Kalau mobil jaman dulu kisaran tahun 70-80an kata bokap lari 120 km/jam konstan selama 2 jam, mobil sudah harus turun mesin, kenapa? Ktnya sih metalnya capek. Dan lagian jaman dulu jarang bisa lari 120 km/jam (cmiiw)
Kalau sekarang, sy pake ipah mt lari 120 rpm sampe 3500 di cipali dari bekasi sampe keluar pejagan biasa aja (2 jem lebih) berarti ada peningkatan dari segi kualitas mesin dan jeroan"nya (kalau memang anggapan diparagraf 1 benar)
Kalau liat di pilem" hollywood kan sering tuh road trip, jalanan mereka panjang, mulus, tenang, tp kecenderungan ga ada yg memacu maksimal (entah cuma pilem atau kenyataannya)..kalau yg ini gimana tny om NR dan om PV kenapanya ya (geser mik ke om NR and PV)
Kalau sekarang, sy pake ipah mt lari 120 rpm sampe 3500 di cipali dari bekasi sampe keluar pejagan biasa aja (2 jem lebih) berarti ada peningkatan dari segi kualitas mesin dan jeroan"nya (kalau memang anggapan diparagraf 1 benar)
Kalau liat di pilem" hollywood kan sering tuh road trip, jalanan mereka panjang, mulus, tenang, tp kecenderungan ga ada yg memacu maksimal (entah cuma pilem atau kenyataannya)..kalau yg ini gimana tny om NR dan om PV kenapanya ya (geser mik ke om NR and PV)
gnki diesel kopling jadi kuda harian
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Jelas mampu lah...
Saat melaju maka heat release berlangsung semourna. Cruising 100 to 120 kmh, suhu mobil anteng di medium.
Justru macet, stop n go, paling nyiksa mobil..
Tapi tentunya bukan di redline terus romnya..
Saat melaju maka heat release berlangsung semourna. Cruising 100 to 120 kmh, suhu mobil anteng di medium.
Justru macet, stop n go, paling nyiksa mobil..
Tapi tentunya bukan di redline terus romnya..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
dieselman228 wrote:Kalau mobil jaman dulu kisaran tahun 70-80an kata bokap lari 120 km/jam konstan selama 2 jam, mobil sudah harus turun mesin, kenapa? Ktnya sih metalnya capek. Dan lagian jaman dulu jarang bisa lari 120 km/jam (cmiiw)
Kalau sekarang, sy pake ipah mt lari 120 rpm sampe 3500 di cipali dari bekasi sampe keluar pejagan biasa aja (2 jem lebih) berarti ada peningkatan dari segi kualitas mesin dan jeroan"nya (kalau memang anggapan diparagraf 1 benar)
Kalau liat di pilem" hollywood kan sering tuh road trip, jalanan mereka panjang, mulus, tenang, tp kecenderungan ga ada yg memacu maksimal (entah cuma pilem atau kenyataannya)..kalau yg ini gimana tny om NR dan om PV kenapanya ya (geser mik ke om NR and PV)
jalan panjang mulus itu kayak marathon, bukan sprint..
lelah oom kalau nyetir 12 jam, high speed, high consentration.
enjoy the journey, instead...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26934
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
ga masalah koq...
ane perna pake mobilio dr pasangkayu ampe makasar, nyaris 16 jam di geber terus tuh mesin gapapa... berhenti cuman beberapa kali, 2 kali stop sejeman buat makan, sisa nya stop singkat utk isi bensin atau kencing atau ganti driver...
ane perna pake mobilio dr pasangkayu ampe makasar, nyaris 16 jam di geber terus tuh mesin gapapa... berhenti cuman beberapa kali, 2 kali stop sejeman buat makan, sisa nya stop singkat utk isi bensin atau kencing atau ganti driver...
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5707
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Idem sama om ginting.
Mobil yang dipake cruising itu malah ga nyiksa mesin
Lebih nyiksa stop and go.
Secara putaran mesin kerjanya segitu terus, RPM jg segitu terus. Pemasukan angin ke radiator jg berjalan mantap, heat release jg bagus.
Irit pula.
Mobil yang dipake cruising itu malah ga nyiksa mesin
Lebih nyiksa stop and go.
Secara putaran mesin kerjanya segitu terus, RPM jg segitu terus. Pemasukan angin ke radiator jg berjalan mantap, heat release jg bagus.
Irit pula.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1063
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Ini yang jadi pertanyaan saya sejak lama juga. Kalo tol jakarta - surabaya udah tersambung nanti, Apa sanggup mobil jalan non stop, speed 100-120km/jam aja tapi terus menerus bisa sampe 8-10 jam misalnya. Juga kalo mobilnya sanggup , gimana dengan ban nya , sanggup juga enggak ya ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Kalau mobil & mesin sehat tidak perlu kuatir. Tidak masalah dikendarai ratusan kilometer di jalan tol tanpa berhenti asal bukan dipanteng di redline atau yang sifatnya "abusive".
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
PERTAMA :
Yang harus dipikirkan adalah DRIVER nya !
Bukannya kalo nyetir itu disarankan maksimal 4 jam ya ?
Lebih baik lagi jika setiap 2 jam berhenti utk istirahat sekalian tukar udara kabin mobil
KEDUA :
jalan tol bukan ajang sirkuit balap Le Mans !!
Nyetirlah sesuai dgn aturan batas kec max atau nyetir santai secara pulse n glide
Kalo dari pengalaman pribadi, utk nyetir jarak jauh ya bagusnya memang ada istirahat sebentar tiap 2 jam driving, selain utk kebaikan sang pengemudi, mesin dan transmisi juga biar cool down dikit
Cobain deh kalo mesin & Trans udah agak sejuk, performa mobil jadi optimal kembali
Kalo utk mobil Matik, sangat disarankan pasang ATF cooler tambahan, kecuali kalo ATF cooler aslinya udah lgs "air cooled" kayak Everest TDCi
Kalo mau lebih mantap kasih extra fan di ATF cooler
Kalo utk Diesel CRD : Pasang Fuel cooler jika std nya belum ada
Yang harus dipikirkan adalah DRIVER nya !
Bukannya kalo nyetir itu disarankan maksimal 4 jam ya ?
Lebih baik lagi jika setiap 2 jam berhenti utk istirahat sekalian tukar udara kabin mobil
KEDUA :
jalan tol bukan ajang sirkuit balap Le Mans !!
Nyetirlah sesuai dgn aturan batas kec max atau nyetir santai secara pulse n glide
Kalo dari pengalaman pribadi, utk nyetir jarak jauh ya bagusnya memang ada istirahat sebentar tiap 2 jam driving, selain utk kebaikan sang pengemudi, mesin dan transmisi juga biar cool down dikit
Cobain deh kalo mesin & Trans udah agak sejuk, performa mobil jadi optimal kembali
Kalo utk mobil Matik, sangat disarankan pasang ATF cooler tambahan, kecuali kalo ATF cooler aslinya udah lgs "air cooled" kayak Everest TDCi
Kalo mau lebih mantap kasih extra fan di ATF cooler
Kalo utk Diesel CRD : Pasang Fuel cooler jika std nya belum ada
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
pas macet2 tahun baru kemarin ada yang mobilnya nyala puluhan jam masih gpp tuh... paling oli aja yang harus lsung ganti
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Pernah bawak kancil (daihatsu ceria), dari nilai - bukit kayu hitam (malay - thai border) full toll dengan jarak kurang lebih 500km. Selama perjalanan dibawa antara 100 sampe 140 (tergantung situasi).. Aman2 ajah tuh mubil
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Utk mobil2 yg maticnya 5 AT / lebih akan sgt terasa benefitnya saat long haul trip
Spt ANKI Desel matic......lari 120, RPM cuman 2000
jadi santai bgt
Spt ANKI Desel matic......lari 120, RPM cuman 2000
jadi santai bgt
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Progres terakhir untuk tol transjawa kalo tidak salah dari Pajagan sudah nyambung sampe exit Brebes timur (tol debu taun lalu). Lebaran sudah bisa dibuka dan dipake. Sampe Pajagan saja sudah 258 km (0 km dari cawang), sampe Brebes Timur kayaknya nambah 25 km-an.
Prediksinya, 2018 sudah bisa sampe ke Semarang (est 400-450 km)
BTT, kalo mobilnya sih sanggup2 saja. Tapi yang harus dipikirkan adalah supirnya
Idealnya, setiap 2-3 jam, kita istirahat sekitar 15-30 menit meskipun faktanya bisa aja sih di geber terus menerus (biasanya jika jalanan sepi). Mesin mobil kan juga harus beristirahat sebentar.
Btw asik juga kalo tol sudah bisa tembus ke Semarang.
Jakarta Semarang tembus 6-7 jam saja jika lancar.
Prediksinya, 2018 sudah bisa sampe ke Semarang (est 400-450 km)
BTT, kalo mobilnya sih sanggup2 saja. Tapi yang harus dipikirkan adalah supirnya
Idealnya, setiap 2-3 jam, kita istirahat sekitar 15-30 menit meskipun faktanya bisa aja sih di geber terus menerus (biasanya jika jalanan sepi). Mesin mobil kan juga harus beristirahat sebentar.
Btw asik juga kalo tol sudah bisa tembus ke Semarang.
Jakarta Semarang tembus 6-7 jam saja jika lancar.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
kalau memang sering keluar kota cruising lewat tol yang panjang, ada baiknya pake mobil yang ber cc besar baik bensin maupun diesel....rasanya jauh lebih nyaman dan masalah fc khan pastinya juga jadi gak boros......
* masih bercita2 punya 1 citycar buat perang sehari2 & 1 mobil gede buat cruising
* masih bercita2 punya 1 citycar buat perang sehari2 & 1 mobil gede buat cruising
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2293
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
kalau toll antar kota sudah tersambung semua (jakarta - surabaya) atau impian saya (jakarta - banyuwangi).
mobil2 sekarang sih pasti sanggup ditambah kondisi jalan lancar. benar2 kata om2 diatas, selama tidak bersifar abuse dan redline terus, malah irit bensin dan temp normal.
tinggal rest area aja yg harus tersebar secara jelas. kalau nggak, bahaya banget nyetir jarak jauh dengan sifatnya membosankan (jalan toll, cenderung lurus, pemandangan gitu2 aja) pasti gampang capek.
mobil2 sekarang sih pasti sanggup ditambah kondisi jalan lancar. benar2 kata om2 diatas, selama tidak bersifar abuse dan redline terus, malah irit bensin dan temp normal.
tinggal rest area aja yg harus tersebar secara jelas. kalau nggak, bahaya banget nyetir jarak jauh dengan sifatnya membosankan (jalan toll, cenderung lurus, pemandangan gitu2 aja) pasti gampang capek.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1063
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Kalo ban mobilnya nya gimana,om ? aman gak ? apa perlu pake ban yang bagus ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 610
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
@Oom Vipere: Saya pakai Accelera... Ban musuhnya suhu-suhu disini :p
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Mon Apr 07, 2008 8:35
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Tapi kalo menurut aturan maksimal kecepatan di jalan tol 100 kpj (btw, aturan ini jadi diaplikasikan ngga sih?)
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Fri Apr 24, 2009 6:20
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Turboman wrote:PERTAMA :
Yang harus dipikirkan adalah DRIVER nya !
Bukannya kalo nyetir itu disarankan maksimal 4 jam ya ?
Lebih baik lagi jika setiap 2 jam berhenti utk istirahat sekalian tukar udara kabin mobil
KEDUA :
jalan tol bukan ajang sirkuit balap Le Mans !!
Nyetirlah sesuai dgn aturan batas kec max atau nyetir santai secara pulse n glide
Kalo dari pengalaman pribadi, utk nyetir jarak jauh ya bagusnya memang ada istirahat sebentar tiap 2 jam driving, selain utk kebaikan sang pengemudi, mesin dan transmisi juga biar cool down dikit
Cobain deh kalo mesin & Trans udah agak sejuk, performa mobil jadi optimal kembali
Kalo utk mobil Matik, sangat disarankan pasang ATF cooler tambahan, kecuali kalo ATF cooler aslinya udah lgs "air cooled" kayak Everest TDCi
Kalo mau lebih mantap kasih extra fan di ATF cooler
Kalo utk Diesel CRD : Pasang Fuel cooler jika std nya belum ada
Setuju dengan apa yg diomongin om Turbo, jika kendaraan sudah ok, jalan ok, tinggal maintain manusianya e.t Driver.
Pernah ngalamain kerja tambang di sumatera kebetulan jarak bandara ke site bisa 8-12 jam tergantung sikon, kl lg longsor malah cari jalan lain atau nginep di kota terdekat. Kebijakan HSE nya lumayan ketat driver gak boleh driving lebih dari 2 jam, setiap 2 jam harus berhenti. Tujuan biar driver tidak fatigue and tetap focus ketika nyetir. Kebetulan semua mobil dipasang gps jd ketauan dia berhenti atau bergerak & dimonitoring disite. Biasanya HSE oficer akan langsung telpon itu driver kl nyetir dah lewat 2 jam gak berhenti atau lewat cruising speed limit yg 80 km/h.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1086
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
kalo ane sih iya om.. soale emang mobil nya yg uda ngga enak di bawa di atas 100 kpj, dan emang uda males kebut2 lagiQnetiC wrote:Tapi kalo menurut aturan maksimal kecepatan di jalan tol 100 kpj (btw, aturan ini jadi diaplikasikan ngga sih?)
tapi yg lain sih banyak yg bablas juga om hahaha.. tol dalkot yg cm boleh 80 kpj aja banyak yg jalan di atas 100 kpj kok.. apa lagi tol luar kota yg bakalan relatif lebih sepi
eh tapi kadang di tol dalkot sih yg ngelanggar aturan kecepatan maks.. suka lupa tau2 100 kpj
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 609
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Kebanyakan mobil jaman dulu di 120 km/jam mesinnya berputar di RPM tinggi berhub masih 4 speed, makanya cepat capek. Apalagi kebanyakan komponen pendukung bekerja secara mekanik, misal: pengapian masih platina. Kalo MB ato sekelas sih pengecualian kali ya, hehehedieselman228 wrote:Kalau mobil jaman dulu kisaran tahun 70-80an kata bokap lari 120 km/jam konstan selama 2 jam, mobil sudah harus turun mesin, kenapa? Ktnya sih metalnya capek. Dan lagian jaman dulu jarang bisa lari 120 km/jam (cmiiw)
Kalau sekarang, sy pake ipah mt lari 120 rpm sampe 3500 di cipali dari bekasi sampe keluar pejagan biasa aja (2 jem lebih) berarti ada peningkatan dari segi kualitas mesin dan jeroan"nya (kalau memang anggapan diparagraf 1 benar)
Kalau liat di pilem" hollywood kan sering tuh road trip, jalanan mereka panjang, mulus, tenang, tp kecenderungan ga ada yg memacu maksimal (entah cuma pilem atau kenyataannya)..kalau yg ini gimana tny om NR dan om PV kenapanya ya (geser mik ke om NR and PV)
Mobil jaman sekarang mutar di 2500-an RPM untuk kecepatan segitu, otomatis ga berat bebannya. Tapi tetap aja human factor jadi pertimbangan utama. Kaki2 supir perlu dikasih istirahat sebentar tiap 2 jam dan ganti supir setelah 4 jam bawa.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
justru yg hebat2 itu yg kerjanya di jkt, brgkt plg ktr bisa 3 jam lebih sekali jalan, dgn macet2 d jln g bisa minggir kalo cape.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
boleh lah, gas pol trus dong top speed trus
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Fri Apr 24, 2009 6:20
Re: RE: Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Hahaha lebih om, saya kl lg kn sial bisa dpt 4 jam u/ sampai kantor [emoji23] .iwidiyanto wrote:justru yg hebat2 itu yg kerjanya di jkt, brgkt plg ktr bisa 3 jam lebih sekali jalan, dgn macet2 d jln g bisa minggir kalo cape.
Sent from my ZTE V9820 using Tapatalk