Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by coklatMetalik »

PRBS wrote: Wed May 30, 2018 6:59
coklatMetalik wrote: Wed May 30, 2018 6:20
Koddy wrote: Wed May 30, 2018 0:10 Bah... Lanehogger di lajur kanan malah dibilang gpp. Hal sepele ini yang bikin kecelakaan. Diluar truck/bus yang suka tiba-tiba pindah lane seenak jidat.
Biasakan di lajur kiri, mau udah jalan sesuai batas kecepatan maximal di jalan tol juga.
Udah jelas tertulis, lajur kanan hanya untuk mendahului.
Tp batas kecepatan 100 kmpj juga tertulis tuh
Hayo mau ikut tulisan yang mana :mky_03:
Hahaha hanya di indo yg peraturan jadi buat bingungg pemakainya.. kadang kita di fastlane udah 140kmh, tetap dianggap lanehogger sama yg ngebut 200kmh..

saya pribadi sih mending ga usah ikutin peraturan maks speed 100kmh deh.. ga nyampe2 kalo gitu caranya.. dan fastlane juga buat nyalip aja, kalo depan udah kosong even saya speed 120kmh, mending balik ke mid lane.

Btw, minggu kemarin saya baca di running text metroti*p*, ada peraturan maks speed di cipali selama musim mudik hanya boleh di 40kmh.. (saya baca sampe 2 kali just make sure saya ga salah baca)

:mky_07:
Taun lalu sy mudik via cipali
Sangat padat itu jalan, saking padatnya lajur kanan cuma 90kmpj
Karena itulah, bbrp orang yg gk sabar masuk bahu jalan & ngeblong disana
Namun begitu di bahu jalan ada mobil berhenti (krn mogok/kebelet kencing), si pengebut itu langsung banting masuk lajur lambat. Akhirnya lajur lambat yg udh padat makin melambat. Penghuni lajur lambat yg gk sabar banting kanan masuk lajur cepat & lajur cepat pun jadi lambat & akhirnya macetlah puluhan kilometer....

Mungkin batas 40kmpj ada hubungannya dgn hal itu....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Koddy »

coklatMetalik wrote:
Koddy wrote: Wed May 30, 2018 0:10
arsaerescool wrote: Gpp lanehogger juga soalnya jalur kiri nya tol suka banyak jebmen lobang, apalagi kalo yang cuma punya 2 jalur spt tol2 baru. Asal speednya udh sesuai limit di tol tersebut. dulu pengalaman sih di ruas palimanan-pejagan sama cipali juga mulai ada, gatau ya kalo skrg2. Sebel juga liat lanehogger tapi ya pernah juga lanehogger hehehe.
Bah... Lanehogger di lajur kanan malah dibilang gpp. Hal sepele ini yang bikin kecelakaan. Diluar truck/bus yang suka tiba-tiba pindah lane seenak jidat.
Biasakan di lajur kiri, mau udah jalan sesuai batas kecepatan maximal di jalan tol juga.
Udah jelas tertulis, lajur kanan hanya untuk mendahului.
Tp batas kecepatan 100 kmpj juga tertulis tuh
Hayo mau ikut tulisan yang mana :mky_03:
Tetap saja walau kecepatan maximal, selama lajur kiri kosong, ga boleh jadi lanehogger di lajur kanan.
Ini ngomong peraturan mengemudi di jalan tol/highway yah.
Liat aja di Eropa, misal di Belanda, maximal 120 km/h, walau jalan kecepatan maximal, ga boleh jadi lanehogger di lajur paling kiri, karena lajur tersebut hanya untuk mendahului.
(Lane nya kebalikan karena setir disana juga kebalikan).
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Bulgogi »

Koddy wrote:Tetap saja walau kecepatan maximal, selama lajur kiri kosong, ga boleh jadi lanehogger di lajur kanan.
Ini ngomong peraturan mengemudi di jalan tol/highway yah.
Liat aja di Eropa, misal di Belanda, maximal 120 km/h, walau jalan kecepatan maximal, ga boleh jadi lanehogger di lajur paling kiri, karena lajur tersebut hanya untuk mendahului.
(Lane nya kebalikan karena setir disana juga kebalikan).
Gimana kalo cm ada 2 lajur kondisi kiri full truck iring2an 50 kpj & ada driver punya kijang super yg cuma sanggup 100 kpj di kanan?

Haruskah yg naek pajero gaspoll 180 kpj menyalahkan si driver kisup?
idlamahilang
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by idlamahilang »

Bulgogi wrote: Wed May 30, 2018 5:31
pernahmiskin wrote:Mumpung bahas bis..

Beberapa hari lalu, naik bis Mir* dr terminal tirtonadi solo sampai terminal giwangan jogja cuma 40 menit...

Perjalanan malam, biasa kalau bawa mobil sendiri dr janti jogja sampai kerten bisa 1 jam, itupun mayan kencang bawanya..

Ngeri bener bawa bis'nya...
Harus nyobain sumber om.. lebih cepat dr mira.. :ngacir:
Kalau di perjalanan jogja-surabaya bisa nyalip bus sumber selamat dan mira beberapa biji, berarti anda sudah tersertifikasi sebagai pengemudi super cepat :mky_07:
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Ivano »

Bulgogi wrote:
Koddy wrote:Tetap saja walau kecepatan maximal, selama lajur kiri kosong, ga boleh jadi lanehogger di lajur kanan.
Ini ngomong peraturan mengemudi di jalan tol/highway yah.
Liat aja di Eropa, misal di Belanda, maximal 120 km/h, walau jalan kecepatan maximal, ga boleh jadi lanehogger di lajur paling kiri, karena lajur tersebut hanya untuk mendahului.
(Lane nya kebalikan karena setir disana juga kebalikan).
Gimana kalo cm ada 2 lajur kondisi kiri full truck iring2an 50 kpj & ada driver punya kijang super yg cuma sanggup 100 kpj di kanan?

Haruskah yg naek pajero gaspoll 180 kpj menyalahkan si driver kisup?
Dengan kondisi itu, pasti saya tertib dibelakang kisup.

Tapi apakah setelah berhasil mendahului iringan truck keong tadi, si kisup kembali ke jalan yg benar (langsung balik lajur kiri)?

Kalau iya, salut buat driver kisup tadi.

Sayangnya, kebanyakan tidak.

Alasannya:
Karena pasti bbrp km (padahal jauh) di depannya ketemu iringan keong lagi.
Dan dia nyaman di lajur kanan, gak perlu repot pindah lajur.

Ini yg selalu jadi alasan pembenaran.

Harusnya rambu di jalan tol lebih lugas:
"SETELAH MENDAHULUI, AMBIL LAJUR KIRI"
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Wistuwis »

PRBS wrote: Wed May 30, 2018 6:59
Hahaha hanya di indo yg peraturan jadi buat bingungg pemakainya.. kadang kita di fastlane udah 140kmh, tetap dianggap lanehogger sama yg ngebut 200kmh..

saya pribadi sih mending ga usah ikutin peraturan maks speed 100kmh deh.. ga nyampe2 kalo gitu caranya.. dan fastlane juga buat nyalip aja, kalo depan udah kosong even saya speed 120kmh, mending balik ke mid lane.

Btw, minggu kemarin saya baca di running text metroti*p*, ada peraturan maks speed di cipali selama musim mudik hanya boleh di 40kmh.. (saya baca sampe 2 kali just make sure saya ga salah baca)

:mky_07:
Sebaiknya tidak diajarkan ke generasi penerus om... Cukup sampai generasi sekarang saja yang boleh menerjemahkan aturan sesuai kepentingan kita sendiri.
Kita jadikan generasi berikutnya adalah generasi yang bisa membuat kondisi jalan raya tertib sesuai dengan aturan yang ada...
Piss :big_peace:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by PRBS »

Wistuwis wrote: Wed May 30, 2018 21:28
PRBS wrote: Wed May 30, 2018 6:59
Hahaha hanya di indo yg peraturan jadi buat bingungg pemakainya.. kadang kita di fastlane udah 140kmh, tetap dianggap lanehogger sama yg ngebut 200kmh..

saya pribadi sih mending ga usah ikutin peraturan maks speed 100kmh deh.. ga nyampe2 kalo gitu caranya.. dan fastlane juga buat nyalip aja, kalo depan udah kosong even saya speed 120kmh, mending balik ke mid lane.

Btw, minggu kemarin saya baca di running text metroti*p*, ada peraturan maks speed di cipali selama musim mudik hanya boleh di 40kmh.. (saya baca sampe 2 kali just make sure saya ga salah baca)

:mky_07:
Sebaiknya tidak diajarkan ke generasi penerus om... Cukup sampai generasi sekarang saja yang boleh menerjemahkan aturan sesuai kepentingan kita sendiri.
Kita jadikan generasi berikutnya adalah generasi yang bisa membuat kondisi jalan raya tertib sesuai dengan aturan yang ada...
Piss :big_peace:
Masuk akal sih. Yg namanya melanggar peraturan (eventho peraturannya super aneh) ya kita tetap salah.

Tapi terkadang peraturannya juga pedang bermata 2.. dengan max speed only 60mph (atau 100kmh), dan jarak toll antar propinsi bisa sampai 1000km (analogi), malah menyebabkan kantuk kalo peraturannya kita ikuti.. yaa saya ga munafik sih, peraturan seperti itu pasti akan saya langgar (walaupun ga banter bgt)..

Beda cerita max speed 100kmh di toll dalkot ya.. itu masih masuk akal.

Lebih baik saya ga lanehogger, karena lanehogger tanpa disadari adalah biang kepadatan di toll.. tapi tetap saja, saya akan full respect ke orang yg menaati peraturan max speed toll antar propinsi..
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Koddy »

Ivano wrote:
Bulgogi wrote:
Koddy wrote:Tetap saja walau kecepatan maximal, selama lajur kiri kosong, ga boleh jadi lanehogger di lajur kanan.
Ini ngomong peraturan mengemudi di jalan tol/highway yah.
Liat aja di Eropa, misal di Belanda, maximal 120 km/h, walau jalan kecepatan maximal, ga boleh jadi lanehogger di lajur paling kiri, karena lajur tersebut hanya untuk mendahului.
(Lane nya kebalikan karena setir disana juga kebalikan).
Gimana kalo cm ada 2 lajur kondisi kiri full truck iring2an 50 kpj & ada driver punya kijang super yg cuma sanggup 100 kpj di kanan?

Haruskah yg naek pajero gaspoll 180 kpj menyalahkan si driver kisup?
Dengan kondisi itu, pasti saya tertib dibelakang kisup.

Tapi apakah setelah berhasil mendahului iringan truck keong tadi, si kisup kembali ke jalan yg benar (langsung balik lajur kiri)?

Kalau iya, salut buat driver kisup tadi.

Sayangnya, kebanyakan tidak.

Alasannya:
Karena pasti bbrp km (padahal jauh) di depannya ketemu iringan keong lagi.
Dan dia nyaman di lajur kanan, gak perlu repot pindah lajur.

Ini yg selalu jadi alasan pembenaran.

Harusnya rambu di jalan tol lebih lugas:
"SETELAH MENDAHULUI, AMBIL LAJUR KIRI"
Setuju....
Ini sudah dijawab.... Setelah mendahului, begitu ada ruang kosong, segera balik ke lajur kiri.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1561
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by lemonadelovers »

Ivano wrote: Wed May 30, 2018 19:16
Bulgogi wrote:
Koddy wrote:Tetap saja walau kecepatan maximal, selama lajur kiri kosong, ga boleh jadi lanehogger di lajur kanan.
Ini ngomong peraturan mengemudi di jalan tol/highway yah.
Liat aja di Eropa, misal di Belanda, maximal 120 km/h, walau jalan kecepatan maximal, ga boleh jadi lanehogger di lajur paling kiri, karena lajur tersebut hanya untuk mendahului.
(Lane nya kebalikan karena setir disana juga kebalikan).
Gimana kalo cm ada 2 lajur kondisi kiri full truck iring2an 50 kpj & ada driver punya kijang super yg cuma sanggup 100 kpj di kanan?

Haruskah yg naek pajero gaspoll 180 kpj menyalahkan si driver kisup?
Dengan kondisi itu, pasti saya tertib dibelakang kisup.

Tapi apakah setelah berhasil mendahului iringan truck keong tadi, si kisup kembali ke jalan yg benar (langsung balik lajur kiri)?

Kalau iya, salut buat driver kisup tadi.

Sayangnya, kebanyakan tidak.

Alasannya:
Karena pasti bbrp km (padahal jauh) di depannya ketemu iringan keong lagi.
Dan dia nyaman di lajur kanan, gak perlu repot pindah lajur.

Ini yg selalu jadi alasan pembenaran.

Harusnya rambu di jalan tol lebih lugas:
"SETELAH MENDAHULUI, AMBIL LAJUR KIRI"
Betul om, mengenai rambu sudah ada kok “ LAJUR KANAN HANYA UNTUK MENDAHULUI” rambu tersebut berwarna dasar biru yg artinya perintah, sehingga pada prinsipnya kita berkendara di lajur kiri, gunakan lajur kanan hanya saat mendahului, selesai mendahului kembali ke lajur kiri
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
yudhisuwandono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Mon Sep 08, 2008 8:01

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by yudhisuwandono »

Belum kebayang.. kl tersambung itu apa betul sudah nyambung ga putus2 sampe surabaya atau ada yg harus keluar gerbang tol A masuk arteri truss masuk tol B lagi ya?
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by coklatMetalik »

Koddy wrote: Wed May 30, 2018 14:14
coklatMetalik wrote:
Koddy wrote: Wed May 30, 2018 0:10 Bah... Lanehogger di lajur kanan malah dibilang gpp. Hal sepele ini yang bikin kecelakaan. Diluar truck/bus yang suka tiba-tiba pindah lane seenak jidat.
Biasakan di lajur kiri, mau udah jalan sesuai batas kecepatan maximal di jalan tol juga.
Udah jelas tertulis, lajur kanan hanya untuk mendahului.
Tp batas kecepatan 100 kmpj juga tertulis tuh
Hayo mau ikut tulisan yang mana :mky_03:
Tetap saja walau kecepatan maximal, selama lajur kiri kosong, ga boleh jadi lanehogger di lajur kanan.
Ini ngomong peraturan mengemudi di jalan tol/highway yah.
Liat aja di Eropa, misal di Belanda, maximal 120 km/h, walau jalan kecepatan maximal, ga boleh jadi lanehogger di lajur paling kiri, karena lajur tersebut hanya untuk mendahului.
(Lane nya kebalikan karena setir disana juga kebalikan).
Ok
Tp sy msh agak penasaran

Misal di belanda batasnya 120kmph, jika 1 mobil jalan 120kmph hrs berada di lajur lambat jika lajur lambat kosong, krn lajur cepat khusus utk mendahului...

Tp bagaimana caranya mendahului mobil yg 120kmpj tersebut tanpa melanggar batas kecepatan?

:big_think:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Rbspj
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Thu Jan 26, 2017 17:56

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Rbspj »

coklatMetalik wrote: Thu May 31, 2018 0:36
Koddy wrote: Wed May 30, 2018 14:14
coklatMetalik wrote:
Tp batas kecepatan 100 kmpj juga tertulis tuh
Hayo mau ikut tulisan yang mana :mky_03:
Tetap saja walau kecepatan maximal, selama lajur kiri kosong, ga boleh jadi lanehogger di lajur kanan.
Ini ngomong peraturan mengemudi di jalan tol/highway yah.
Liat aja di Eropa, misal di Belanda, maximal 120 km/h, walau jalan kecepatan maximal, ga boleh jadi lanehogger di lajur paling kiri, karena lajur tersebut hanya untuk mendahului.
(Lane nya kebalikan karena setir disana juga kebalikan).
Ok
Tp sy msh agak penasaran

Misal di belanda batasnya 120kmph, jika 1 mobil jalan 120kmph hrs berada di lajur lambat jika lajur lambat kosong, krn lajur cepat khusus utk mendahului...

Tp bagaimana caranya mendahului mobil yg 120kmpj tersebut tanpa melanggar batas kecepatan?

:big_think:
Di belanda jg banyak yg melebihi batas, tetapi mereka melakukan dgn cara cantik dan mentalitas para pengendara sdh beda jauh dgn Indonesia.
Cara cantik yg saya maksud adalah mereka memiliki alat2 utk mengelabui atau tau posisi speedtrap camera, setelah lewat ya mereka lebih dr 120kph utk melewati mobil tadi, tp setelah itu lgsg masuk tengah, gak mantengin di jalur cepat
Mentalitas sangat jauh beda

Oh di eropa utk highway kadang analoginya 100 km itu ditempuh dalam waktu 1 jam

Jika jarak antar negara 400 km maka mereka akan bilang estimasi sampe 4,5 jam
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5710
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by sintoni »

Ga perlu baca peraturan atau menerjemahkan sampai gimana gitu.

Yang penting bisa bertindak sesuai keamanan dan kenyamanan SEMUA orang.

Berpikir dari sudut pandang kita sendiri sama dari sudut pandang orang sekitar.
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by IGedeAmat »

sintoni wrote: Thu May 31, 2018 1:12 Ga perlu baca peraturan atau menerjemahkan sampai gimana gitu.

Yang penting bisa bertindak sesuai keamanan dan kenyamanan SEMUA orang.

Berpikir dari sudut pandang kita sendiri sama dari sudut pandang orang sekitar.
intinya mah empati / tenggang rasa / tepa salira ya Om..
antonyaulia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
Location: Solo
Daily Vehicle: GerobakPerang

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by antonyaulia »

yudhisuwandono wrote: Thu May 31, 2018 0:07 Belum kebayang.. kl tersambung itu apa betul sudah nyambung ga putus2 sampe surabaya atau ada yg harus keluar gerbang tol A masuk arteri truss masuk tol B lagi ya?
Kalo semua sudah jadi ya artinya betul betul nyambung tanpa melalui jalan arteri lagi. kalo sekarang kan masih banyak yang belum jadi terutama Overpass.

Bahkan diperkirakan di tahun 2020 Insya Allah akan tersambung sampai Banyuwangi, yang sekarang masih dalam proses pengerjaan, sebagian pembebasan tanah, sebagian masih direncanakan. :emo-big_love:

PasPro (Pasuruan -Probolinggo) on Progress. Proboangi (Probolinggo-Situbondo-Banyuwangi) on Planned

Jarak dari Probolinggo ke Banyuwangi diperkirakan sepanjang 173KM, Jasa Marga sudah menyiapkan DED nya sih (Detail Engineering Design) ini hampir 50% menggunakan lahan milik Perhutani, jadi diharapkan tidak terlalu ribet dalam pembebasan lahan.
antonyaulia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
Location: Solo
Daily Vehicle: GerobakPerang

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by antonyaulia »

sintoni wrote: Thu May 31, 2018 1:12 Ga perlu baca peraturan atau menerjemahkan sampai gimana gitu.

Yang penting bisa bertindak sesuai keamanan dan kenyamanan SEMUA orang.

Berpikir dari sudut pandang kita sendiri sama dari sudut pandang orang sekitar.
Nah ini saya setuju.

Intinya adalah melihat kondisi real di lapangan, kalo memang tengah malam dan sepi betul sepertinya juga tidak masalah di kanan terus, seperti saya kemarin dulu tengah malam masuk Tol Ngawi Wilangan itu jalan rerata 140 kmh di lajur kanan tanpa menyalip satupun mobil meski tetap melihat ke spion barangkali ada mobil menyusul di belakang, saya siap pindah lajur. sampai keluar pintu Tol ternyata tidak ada juga. :mky_01:

Tapi kalo memang jalur padat ya kita harus menaati peraturan sehingga semua nyaman dan aman.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5710
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by sintoni »

IGedeAmat wrote: Thu May 31, 2018 1:39
intinya mah empati / tenggang rasa / tepa salira ya Om..
antonyaulia wrote: Thu May 31, 2018 2:15
Nah ini saya setuju.

Intinya adalah melihat kondisi real di lapangan, kalo memang tengah malam dan sepi betul sepertinya juga tidak masalah di kanan terus, seperti saya kemarin dulu tengah malam masuk Tol Ngawi Wilangan itu jalan rerata 140 kmh di lajur kanan tanpa menyalip satupun mobil meski tetap melihat ke spion barangkali ada mobil menyusul di belakang, saya siap pindah lajur. sampai keluar pintu Tol ternyata tidak ada juga. :mky_01:

Tapi kalo memang jalur padat ya kita harus menaati peraturan sehingga semua nyaman dan aman.
Iye om.

Ynag penting harus bisa nimbang plus minus dari tiap keputusan di jalan.

Yang penting kan aman sama nyaman.
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by PRBS »

sintoni wrote: Thu May 31, 2018 1:12 Ga perlu baca peraturan atau menerjemahkan sampai gimana gitu.

Yang penting bisa bertindak sesuai keamanan dan kenyamanan SEMUA orang.

Berpikir dari sudut pandang kita sendiri sama dari sudut pandang orang sekitar.
Sangat setuju.

Masing2 harus ada empati dan sadar diri.. yg ngebut diluar batas harus sadar diri, kalo dirinya membahayakan sekitarnya. Yg slow driving ga pada jalurnya, harus sadar diri kalo itu bikin kemacetan.

:big_exellent:
antonyaulia wrote: Thu May 31, 2018 2:08
yudhisuwandono wrote: Thu May 31, 2018 0:07 Belum kebayang.. kl tersambung itu apa betul sudah nyambung ga putus2 sampe surabaya atau ada yg harus keluar gerbang tol A masuk arteri truss masuk tol B lagi ya?
Kalo semua sudah jadi ya artinya betul betul nyambung tanpa melalui jalan arteri lagi. kalo sekarang kan masih banyak yang belum jadi terutama Overpass.

Bahkan diperkirakan di tahun 2020 Insya Allah akan tersambung sampai Banyuwangi, yang sekarang masih dalam proses pengerjaan, sebagian pembebasan tanah, sebagian masih direncanakan. :emo-big_love:

PasPro (Pasuruan -Probolinggo) on Progress. Proboangi (Probolinggo-Situbondo-Banyuwangi) on Planned

Jarak dari Probolinggo ke Banyuwangi diperkirakan sepanjang 173KM, Jasa Marga sudah menyiapkan DED nya sih (Detail Engineering Design) ini hampir 50% menggunakan lahan milik Perhutani, jadi diharapkan tidak terlalu ribet dalam pembebasan lahan.
Yg jadi pertanyaan, kalau toll sudah tersambung semua, apakah peraturan max speed di 100kmh tetap berlaku atau tidak ya? Harusnya sih max speed dinaikan jadi 70mph atau 120kmh-an..

Atau jadi area non speed limit hehe
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Ivano »

antonyaulia wrote:
sintoni wrote: Thu May 31, 2018 1:12 Ga perlu baca peraturan atau menerjemahkan sampai gimana gitu.

Yang penting bisa bertindak sesuai keamanan dan kenyamanan SEMUA orang.

Berpikir dari sudut pandang kita sendiri sama dari sudut pandang orang sekitar.
Nah ini saya setuju.

Intinya adalah melihat kondisi real di lapangan, kalo memang tengah malam dan sepi betul sepertinya juga tidak masalah di kanan terus, seperti saya kemarin dulu tengah malam masuk Tol Ngawi Wilangan itu jalan rerata 140 kmh di lajur kanan tanpa menyalip satupun mobil meski tetap melihat ke spion barangkali ada mobil menyusul di belakang, saya siap pindah lajur. sampai keluar pintu Tol ternyata tidak ada juga. :mky_01:

Tapi kalo memang jalur padat ya kita harus menaati peraturan sehingga semua nyaman dan aman.
Betul om.
Tapi kalau saya, kalau memang memungkinkan speeding (memungkinkan ya, i.e: tol sby kertosono pas jam 01.00), dan kondisi ideal (jalan kering, kosong, fisik dan mobil memadai),
Lebih save di lajur kiri (2lanes toll road).

Alasannya sederhana:
1. Karena concrete pavement, jadi kedua lane sama kondisinya (kalo aspal, biasanya lajur kiri keriting, karena dilewatin truck bawa ruko).
2. Kalau ada koreksi emergency, lajur ini lebih aman, karena sebelah kiri ada bahu jalan, dan kanan ada fastlane. Jadi koreksi di high speed lebih dimungkinkan.
3. Arah pandangan lebih luas, karena seperti di tengah-tengah jalan.
4. Meminimalkan sorot lampu lawan arah yg biasanya pakai high beam di tol luar kota pas malem.
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 655
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Dogies »

Kalo pake speed trap gitu... kasihan ya yg punya lamborgini ferrari mclaren porshce...
motormatic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: Fri Feb 28, 2014 6:39

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by motormatic »

Seharusnya, kalo sudah ada batas kecepatan maksimal, ga perlu lagi salip menyalip di jalur kanan, cukup jaga jarak.
Kalo capek jaga kecepatan di 100 kmh, buruan minggir, biar yang dibelakang ga nabrak
Aturan mendahului kan sebenarnya tetap dibatasi kecepatan maksimal, bukan kecepatan maksimal boleh dilanggar asal mau nyalip
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by kunaskun »

aturan mah bener, penegakan zero. bukannya mau ngajarin melanggar aturan, saya pp cirebon-brexit seringnya gas rata lantai apalagi sejak ruas ex bakrie yang terkutuk itu sudah mulus, mau jam berapapun ga ada itu polisi dengan speed gun yang nongkrongin, emang itu toll sepi banget apalagi di hari2 kerja.

lagi enak2 cruising di kanan jalan, tau2 di depan ada mobil jenis apapun yang penting sejuta umat santai aja lari 60-80 kph... lane hogger? jelas, saya salah? jelas, ya sudahlah salip saja dari kiri = nambah salah saya lagi dong.

atau stay on left, dengan terus2an setidaknya belasan kali salip truk2 yang overload kayanya yang jalannya well mentok 60 kph... salip dari kanan d, balik lagi ke kiri dan gini terus.

atau lagi enak2 salip2, tiba2 nongol bus akap lagi salip2an... dan itu bus jalan 100 kph kalau siang, kalau malam 80 - 90 kph. dan tentunya di kanan jalan terus konstan, lah saya gimana dong.

atau lagi cruising 100 kph di kanan, ada yang dim2 dari belakang, saya gas ke 120 kph, itu mobil ga nyalip, melambat lagi, ditempel lagi, di dim lagi... lah mesti gimana?

jadi realitanya? ngomongin aturan mah gampang, penegakannya? malah lebih doyan tuh polisi pas jam2 sibuk di daerah saya nangkepin pelanggar rambu2 belok kiri mengikuti traffic light...

makanya ga aneh itu toll merak - sby pasti makan korban terus. penegakan minim, pengemudi sim ambil di kelurahan, kendaraan service-nya di warung nasi pake part kw10. makanya saya setuju: indikator kemajuan suatu bangsa selaian dari harga menu McD itu dilihat dari lalu lintasnya.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by pengendiesel »

Here we go again...lanehogger vs pembalap.

IMHO, dua2nya nggak betul, tapi yang pasti makin tinggi kecepatan kita, akibat dari kecelakaan juga semakin runyam.
Ban meletus di kec 150kmh hasil akhirnya bisa beda jauh dengan kejadian sama di kec 60kmh.

So, come on, speed limit dibuat untuk keselamatan kita semua. Jalan tol bukan arena balap :big_smile]
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Bulgogi »

Kadang driver yg udah 140-150 kpj masih dianggap lanehogger sama mereka yg speed 180 kpj keatas..

Ironis..
ABEDUL
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Sat Oct 15, 2016 22:21

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ABEDUL »

Kalau sy pribadi jika sedang di tol, ngebut (dlm artian normal, tdk smpai dengan pedal to carpet) hanya mengusir kantuk.....
Pake mobil yang cc nya besar ya enak lah buat speeding...kalau pake mobil cc kecil, cukup pengen dengar raungan mesin tujuan nya biar sya gak mengantuk...

Lebih dari itu, prinsip sy... ingat kalau mobil tdk di asuransikan (beberapa mobil yg sudh lunas) dan nyawa hanya satu.

Bicara masalh aturan, di sini masih banyak aturan 'abu-abu' ....cukup buat penumpang nyaman, pengemudi lainnnya aman

Di jalan, tidak bisa di terapkan kebenaran.. mana yg benar dan siapa yg salah. Cari keselamatan itu yg susah di terapkan (khusus jalanan indo)