Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ginting wrote: Tue Jan 01, 2019 11:13
Sejak ada toll jawa ini sy dapat info dari kawan saya @elraedew bahwa dari RA km 19 Tambun ke exit Solo dia cuma 4 jam 50 menit.
jalan kosong dan itu sudah termasuk 2 kali stop
lalu ada juga yg dari Satelite gate toll Surabaya ke exit Karang Anyar Solo 1 jam 32 menit.
itu bisa dibilang mangkas 50% waktu perjalanan.
Surabaya-Solo 1.5 jam? Wah rekor nih om. Temen kmrn 2jam 20mnit dr GT Rungkut-ngemplak.
Saya klo malem msih di atas 5jam an dulu. Pangkas waktunya sudah hmpr 60%-70%.
Itu oom ...
lihat jam masuk dan jam exit
lihat nomor emoney sama.
itu adiknya om yoh, warga sini juga.
FB_IMG_1546354733963.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Turboman wrote: Tue Feb 16, 2016 3:53
Utk mobil2 yg maticnya 5 AT / lebih akan sgt terasa benefitnya saat long haul trip
Spt ANKI Desel matic......lari 120, RPM cuman 2000
jadi santai bgt
Om maaf oot mau tanya misalkan mobil Merk A spek 6 speed at vs mobil merk b spek 8 speed at konstan 100 kpj di 2000 rpm, lebih mantep mana dan lebih irit mana ?
bukan jumlah speednya yg menentukan oom, tapi rasio gigi.
mobil A cuma 5 speed , di gigi 5 rasio 1:0.9
mobil B ada 8 speed,di gigi 8 rasionya 1:0.9
maka hasil akhirnya sama saja
tapi kalo yg 8 speed maka rasio antar gigi jari rapat
17Herdy wrote:
Hidup itu pilihan.
Quote by @risqsonhajj
Jalan toll luar kota sangat membantu sekali.
Saya sering jkt lpung, di kapal sejak masuk sampe keluar kapal dah 3.5-4 jam
Bakau - balam 2 jam seruntulan, 3 jam jln kalem, lewat toll 1 jam kaki kalem, 1/2 jam kaki om @nai.
32 - 40 biaya toll very worthed
Sejak ada toll jawa ini sy dapat info dari kawan saya @elraedew bahwa dari RA km 19 Tambun ke exit Solo dia cuma 4 jam 50 menit.
jalan kosong dan itu sudah termasuk 2 kali stop
lalu ada juga yg dari Satelite gate toll Surabaya ke exit Karang Anyar Solo 1 jam 32 menit.
itu bisa dibilang mangkas 50% waktu perjalanan.
Tol bunderan satelite - solo 1 jam 32 menit?
Main di kecepatan berapa om? 150-160?
Saya barusan sby (a.yani dpn carefur) - solo 2jam 28 menit. Kecepatan konstan 125kph dg cruise control
Sekarang lagi break di rest area km 389 - kendal (3 jam 48 menit dari sby)
ngeja wrote: Tue Jan 01, 2019 14:22
Buseet sby - solo bisa 1,5 jam ,, dulu waktu macet libur natal 15 jam hahahaha
Sby-Solo 1.5 jam itu artinya avg speed 160km/h.
Untuk dapat avg speed 160km/h ini butuh ngegas sampai >200km/h kalau jalanan kosong, karena pasti ada saat2 tertentu jalan di bawah 160km/h.
Memang butuh kedewasaan lebih untuk menyikapi jalan tol baru ini secara bijaksana dan sebagaimana mestinya.
Semoga kejadian fortuner vnt di thread lainnya tidak perlu terulang lagi.
Sharing sedikit juga, tanggal 21 Desember kemarin ikut merasakan tol Transjawa, Jakarta - Solo bisa ditempuh dalam waktu 7 jam, itu udah plus berhenti di rest area 3x kira2 1 jam-an. Selama di tol mobil bisa digeber sampai 120 Km/jam, cuman gak berani lebih secara isinya ada 7 orang (4 dewasa, 3 anak) dan roof box lebih kurang 40 Kg. Selama di jalan, terutama di Tol Semarang, sempet was2 karenan tanjakannya panjang2. Cuman akhirnya bisa, ada beberapa mobil yang overheat. Intinya kendaraan harus bener2 sehat
Schweppes wrote: Wed Jan 02, 2019 0:22
Sharing sedikit juga, tanggal 21 Desember kemarin ikut merasakan tol Transjawa, Jakarta - Solo bisa ditempuh dalam waktu 7 jam, itu udah plus berhenti di rest area 3x kira2 1 jam-an. Selama di tol mobil bisa digeber sampai 120 Km/jam, cuman gak berani lebih secara isinya ada 7 orang (4 dewasa, 3 anak) dan roof box lebih kurang 40 Kg. Selama di jalan, terutama di Tol Semarang, sempet was2 karenan tanjakannya panjang2. Cuman akhirnya bisa, ada beberapa mobil yang overheat. Intinya kendaraan harus bener2 sehat
Kalo di tol semarang sampe sala3, pas lewat jembatan sebaiknya kurangin kecepatan om. Saya pernah siang2 di tol semarang ungaran, waktu sampe jembatan apa lupa gara2 angin nya lagi jelek dan kecepatan di 100 lebih dikit mobil saya kaya kegeser dikit gara2 angin nya om
Sharing dikit. Kemaren saya mencicipi tol trans jawa Jakarta-Surabaya.
1. Biaya: Sekali jalan Jakarta ke Surabaya 500rb kurang dikiiiiit
2. Kondisi jalan: Jakarta-Palimanan jalan keriting. Palimanan-Semarang Lumayan mulus. Semarang-Solo mulus berkelok-kelok. Solo-Surabaya paling mulus
3. Waktu tempuh: Jakarta-Semarang 6 Jam, Kena macet di Jakarta-Cikampek. Semarang-Surabaya 3 jam.
4. Speed: 100 km/jam masih sangat aman karena jalan ngga banyak belokan/tikungan ekstrim. Solo-Surabaya konstan 140 km/jam pake innova masih terasa stabil.
Semoga membantu
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Pengalaman menggunakan tol trans jawa dari Jakarta -Surabaya - Malang
Positif nya sih yang jelas sangat menghemat waktu.. dulu jaman masih brexit biasa jakarta surabaya sekitar 15 sampe 18 jam.. sekarang cuma 10 jam...
sisi minus nya.. ntah mengapa lewat jalan tol rasanya jadi hampa bgt yak wkwkwkwk, jadi g ada rasanya nikmat roadtrip.. jalan lurus, tiap 2 jam bawaan nya jadi ngantuk mulu, jenuh dijalan wkwkwkwkwk
kalo masalah geber kendaraan sih hmmmm... ane sih sepanjang perjalanan rata2 konstan di 100 sampe 120 ajah... paling kadang suka iseng2 dikit naikin kecepatan kalo ada yg pecicilan wkwkwkwkwkwk
Tanggal 31 saya start dari Kertosono pukul 7 pagi.
Masuk gerbang tol Bandar. Jalan lengang. Stabil di 100kpj. Kurangin kecepatan cuma pas di intercange. Ngerem cuma pas di gerbang dan rest area (2 kali).
Total ada 5 gerbang dari masuk hingga keluar di exit Karawang Timur kalo gak salah. Istirahat pertama cuma ke toilet dan sebatang (20 menitan) Istirahat ke dua makan siang dan sholat dhuhur (gak nyampe sejam). Nyampe rumah di Cikarang jam 3 sore.
Sangat menghemat waktu. Untuk biaya, secara hitungan kasar memang lebih tinggi ya. Tapi mungkin lebih hemat secara tidak langsung.
ginting wrote: Tue Jan 01, 2019 11:13
Sejak ada toll jawa ini sy dapat info dari kawan saya @elraedew bahwa dari RA km 19 Tambun ke exit Solo dia cuma 4 jam 50 menit.
jalan kosong dan itu sudah termasuk 2 kali stop
lalu ada juga yg dari Satelite gate toll Surabaya ke exit Karang Anyar Solo 1 jam 32 menit.
itu bisa dibilang mangkas 50% waktu perjalanan.
Surabaya-Solo 1.5 jam? Wah rekor nih om. Temen kmrn 2jam 20mnit dr GT Rungkut-ngemplak.
Saya klo malem msih di atas 5jam an dulu. Pangkas waktunya sudah hmpr 60%-70%.
Itu oom ...
lihat jam masuk dan jam exit
lihat nomor emoney sama.
itu adiknya om yoh, warga sini juga.
FB_IMG_1546354733963.jpg
Busyett, itu naek mobil apa terbang yak?
kecepatan rata2 mungkin 150 km/jam an.
Jadi kalau jakarta - semarang itu sudah full tol kah atau ada sempat keluar dulu sebentar, lanjut masuk lagi? Des 2017 ke semarang, tapi kena macet hingga total waktu trip jadi 16 jam. mungkin sekitar 5 jam-an hanya karena menjelang pekalongan sampai keluar pekalongan saja.
Jadi kalau jakarta - semarang itu sudah full tol kah atau ada sempat keluar dulu sebentar, lanjut masuk lagi? Des 2017 ke semarang, tapi kena macet hingga total waktu trip jadi 16 jam. mungkin sekitar 5 jam-an hanya karena menjelang pekalongan sampai keluar pekalongan saja.
AG497 wrote: Wed Jan 02, 2019 2:57
full toll om.. sampai solo, surabaya
Wah gitu toh, kalau baca2 infografik di media agak bingung itu nyambung full atau ndak sbenernya.. hahaa... thanks om btw buat infonya
Jakarta-Wilangan sudah full tol operasional om, sudah bukan fungsional lagi. Tapi masih bingung di tol seksi wilangan-kertosono masih ada beberapa pengerjaan interchange apakah nanti ditutup sementara atau dikerjakan sambil tol operasional.
Sekedar sharing
Liburan kemarin benar-benar ngerasain manfaat tol ini. Baliknya start dari Taman Safari Prigen abis maghrib, masuk GT Waru Surabaya pukul 20.15, Exit tol Krapyak Semarang pukul 23.20. Jalan santai, cruising speed cuma 100-130km/jam. Benar-benar memangkas waktu.
Balik ke Jakarta tgl 1
Masuk Tol Krapyak Semarang 01.50
Exit tol Pondok Ranji 07.00
Semarang-Jakarta 4,5 jam, terbantu karena tol cikampek sepi karena tahun baruan.
Last edited by slapnuts on Wed Jan 02, 2019 5:22, edited 1 time in total.
PRBS wrote: Wed Jan 02, 2019 3:18
Jadi makin ngiler nyicipin toll trans jawa.. belum sempat ngerasain..
Skalian mau tanya.. kalau mau ke jogja, lebih cepat turun toll di solo apa di ambarawa, semarang?
Exit Bawen/Ambarawa
Jalur nasional naik turun, Ambawara-Jambu-Bedono-Secang track didominasi tanjakan turunan, sekali ketemu truk lambat akan susah overtake, waktu tempuh lebih lama. Secang-Magelang-Tempel jalan lebar, bisa ngebut.
Exit Kartasura
Jalan nasional lebih lebar, lebih datar tapi lebih banyak traffic light. Relatif lebih cepat lewat kartasura om.
PRBS wrote: Wed Jan 02, 2019 3:18
Jadi makin ngiler nyicipin toll trans jawa.. belum sempat ngerasain..
Skalian mau tanya.. kalau mau ke jogja, lebih cepat turun toll di solo apa di ambarawa, semarang?
Exit Bawen/Ambarawa
Jalur nasional naik turun, Ambawara-Jambu-Bedono-Secang track didominasi tanjakan turunan, sekali ketemu truk lambat akan susah overtake, waktu tempuh lebih lama. Secang-Magelang-Tempel jalan lebar, bisa ngebut.
Exit Kartasura
Jalan nasional lebih lebar, lebih datar tapi lebih banyak traffic light. Relatif lebih cepat lewat kartasura om.
Bisa juga keluar bawen-jalan lingkar-salib putih-pereng-magelang om. Jalan nya banyak nanjak dan agak kecil, truk2 ada cuma lebih dikit
Kemarin saya masuk di Gerbang tol ini......... sempat exit Tol Semarang karena mau beli oleh2 bandeng duri lunak dan makan siang...stelah itu masuk tol lagi......, lalu exit Tol Pemalang khusus buat isi SOlar fulltank dan sholat magrib...stelah itu masuk tol lagi......keluar2 di Gerbang tol Bogor...
Pemandangan nya emang bagus sepanjang jalan......... sayang saya ngga sempat hitung berapa biaya bayar Tol nya..
PRBS wrote: Wed Jan 02, 2019 3:18
Jadi makin ngiler nyicipin toll trans jawa.. belum sempat ngerasain..
Skalian mau tanya.. kalau mau ke jogja, lebih cepat turun toll di solo apa di ambarawa, semarang?
Exit Bawen/Ambarawa
Jalur nasional naik turun, Ambawara-Jambu-Bedono-Secang track didominasi tanjakan turunan, sekali ketemu truk lambat akan susah overtake, waktu tempuh lebih lama. Secang-Magelang-Tempel jalan lebar, bisa ngebut.
Exit Kartasura
Jalan nasional lebih lebar, lebih datar tapi lebih banyak traffic light. Relatif lebih cepat lewat kartasura om.
Bisa juga keluar bawen-jalan lingkar-salib putih-pereng-magelang om. Jalan nya banyak nanjak dan agak kecil, truk2 ada cuma lebih dikit
Oke noted! Lumayan banyak jalur tercepat menuju yogya
Thanks infonya om
Jangan terobsesi pada kecepatan, terobsesilah pada keselamatan. Kalo terlalu terobsesi pada kecepatan, bisa jadi itu terakhir kalinya lewat jalan tol. Kalo terobsesi pada keselamatan, kan enak masih bisa lewat tol berkali-kali.
Anyway, enjoy your trip with the new fully connected toll road Merak-Pasuruan
Baru aja selse roadtrip jakarta semarang yogya.
5hr 4 malam. Di smrg 1 hr,yogya 3 hr skalian tahun baru.
Tollnya benar2 membantu susunan itenary jd lancar.
Sama seperti2 senior share di atas.
Pastikan saldo e toll cukup ( diatas 500k)
Mobil sehat
Sopir sehat
Istrahat tiap 3 jam 1x.
Pemandangan di sepanjang jalan tol enak banget dari pagi -sore. Sawah ijo royo2.
adhika wrote: Wed Jan 02, 2019 4:27Jangan terobsesi pada kecepatan, terobsesilah pada keselamatan. Kalo terlalu terobsesi pada kecepatan, bisa jadi itu terakhir kalinya lewat jalan tol. Kalo terobsesi pada keselamatan, kan enak masih bisa lewat tol berkali-kali.
Anyway, enjoy your trip with the new fully connected toll road Merak-Pasuruan
Setuju
Cruising di 100-120 aja sudah nyaman.. lebih dari itu ga deh, keluarga nomor 1.. tujuan utama untuk berlibur, bukan cari masalah.. hehe
Kalau nyetir sendiri beda cerita.. mau gas mentok sih terserah, asal ga nyusahin orang disekitar (kalau mau celaka, sendiri aja jangan ajak2 mobil yg taat peraturan)
Mggu lalu nyetir Xenia Li'10 dari Semarang/Banyumanik masuk jam14. Beli oleh2 di rest area Ungaran 20menitan. Setop toilet di rest kertosono 5-10mnt. Sampe Waru/Surabaya jam18:30. Lari 100-110km/jam. AC kadang mati/nyala 40/60; bawa istri & 1anak, serta kuatir mesin 3cyl jebol krn rpm main di 4500an terus . Sejak lewat jombang speed turun jadi 80-90 krn bbm sisa 1/4 tp gak nemu spbu standard sejak dari Ngawi (mgkn kelewatan)