zeroshift apakah sama/pengembangan dari AMT seperti di smart atau yg dulu pernah di kembangkan di proton savvy? tp kyanya tampa clutch yah... hanya ngandalin sinkromesh nya aja. *klw dri animasi sistemnya sih* masih g ngerti gmn caranya bisa smooth.
imho sih.. soal efisiensi paling efektif masih CVT. karna gmn pun juga geared AT mw DSG atw TC masih stepping *umm it's getting better inget ZF 9speed* kerapatan ratio dan range dari low end sampai high end blm bisa kya cvt,bisa tetep jalan di sweetspot rpm teririt dari mulai jalan hingga cruise speed d 100kmh. selain itu bobot dan ukurannya lebih ringkas dibanding geared AT.
memang CVT tampa paddle shift hanya enak bwat alon-alon klakon aja........ which is suck bwat ngebut.... masalah terbesar karna g bisa shifting g bisa ngejar redline, makin gaspol makin deket redline makin nyebelin dengerin long-longan suara statisnya
*hmmm dipikir2 kya naik jetski sih*.
dan yup g enak bwat main2 yg bertentangan dgn disiplin eco-driving hehe
torque capacity n durability juga masih blm bisa bicara banyak. terutama jika d mode cvt percepatan akan sangat tergantung pada TCM dan urat hydraulic yang ngatur dan gerakin perpindahin ratio pulley cvt. masalah di oli akselerasi bisa jadi ndut2an baik aksel atw desel.. bukan hanya kasar saat shift/shift telat seperti pada gb geared biasa.
CVT tampa paddle shift paling berat itu saat perkenalan dgn drivernya... klw orng nyicip2 di bejek sekali waktu TD misalny pasti walkout lupakan tu mbl... kesan nya aneh, dan bener2 beda dgn gearbox biasa.. d bejek kya kopling slip aja..... well setelah ngedumel2 dan terpaksa live with it... few thousand km.. bru ngeh klw *ada* enaknya yang g bisa di dpt d gearbox lain. dan bersukur kaga ambil 4AT hehehe
mungkin jika ada yg bikin Sport CVT..... hmmmmmmm lets see...
ini kyanya g bisa dibilang lemot deh.
http://www.youtube.com/watch?v=gC43i7Xlqqw
bandingkan dgn DSG ini
http://www.youtube.com/watch?v=0z0J-nYTBxk
dan liat percepatannya setiap shift, speedometer g ada drop atw melambat dulu..... bener2 continous..
both 2.0ltr both turbo..one awd SUV and other hot hatcback
itung aja 0-100 0-200nya.
nah jadi gw bisa dpt enak dan fuel efisiennya CVT di low to mid speed.. n masih bisa bejek2an kumplit dgn shiftingnya kya geared AT... best both world..... wkwkw
ane g berniat ngaduin DSG VS CVT
imho both future gearbox...

unless semuanya hilang di gantikan elektrik motor yg ga pke gearbox hehehe
DSG jg ane blm pernah pke mbl yg pke GB itu.. jd g komen bnyk..
soal cvt aja, in theory banyak kelebihan dan potensi yg bisa di tawarkan, tinggal gmn caranya ngilangin kelemahan yg jd trademark sebuah cvt..... dan yg paling sulit mindset di masyarakat.....
well mungkin aja ntar makin bnyk CVT kenceng yg bisa muas2in pecinta bejek2an... punya durabilitas cukup utk mesin kencang termasuk utk tuner saat meres performa mesin nya...
yup klw tc d CVT d buang..... ganti dryclutch biar lockupnya lebih cepet lagi.. mantep kyanya..
hingga semua berubah saat motor listrik menyerang... dimana bisa ngasilin torsi maksimal dari 0 rpm... dan bisa rev di atas 10.000rpm.. uda g perlu gearbox lagi... uda g akan ada deru merdu mesin lagi... klw pun ada deru motor listrik suaranya akan melonglong seperti cvt karna memang tidak shifting.... hmmmmmmmmmm
cmiiw
