Trend transmisi masa depan, semi otomatik, dual clutch / dua

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Trend transmisi masa depan, semi otomatik, dual clutch / dua

Post by Turboman »

Dear All :


Kita di sini sudah sering membahas ttg mesin2 yg efisien, tetapi patut
diingat bahwa utk menghasilkan kons. BBM yg efisien Transmisi juga
memegang peranan amat sgt penting.

Sistem transmisi yg diperkirakan akan menjadi trendsetter utk masa
depan adalah Semi Otomatik dengan penyalur daya kering (bukan dgn TC / Torque Converter) either Dual Clutch spt DSG / SMG atau Dual Dog spt.
Zeroshift punya.

http://www.zeroshift.com/

Dengan mekanisme penyalur daya type kering maka Power loss bisa
direduksi seminimal mungkin (TC menyerap tenaga mesin cukup besar) dan dengan didukung sistem elektronik memungkinkan pengoperasian yg smooth.


Kalau kita melihat sistem DSG / SMG / Zeroshift basicnya menggunakan
gigi gigi konvensional, mungkinkah suatu hari nanti sistem Dog drive /
kopling yg dikontrol scr elektronik dikombinasikan dengan CVT ? Dimana
selama ini CVT juga menggunakan TC.

Utk CVT kopling hanya akan dis engage saat mobil diam, begitu jalan
kopling akan nempel terus, juga hanya dibutuhkan 1 set kopling instead
of 2 sets spt. yg terdapat di DSG / SMG. CMIIW


Lalu utk sistem Dual Dog spt zeroshift harusnya juga memungkinkan utk
dikombinasikan dengan actuator / Control Unit sehingga pengoperasiannya betul2 fully automatic / tangan ngak perlu geser2
tuas, perpindahan gigi dihandle oleh actuator yg dikontrol oleh
Control unit.


Koreksi kalau salah.


So selamat datang transmisi masa depan yg efisien :D
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

Gw lagi liat2 linknya :D
sampe sekarang gw paling suka mekanisme DSG nya VW, bagi gw, mereka paling advance buat yg ginian, bahkan sistem mereka di mata gw lebih cepat daripada manual
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

Maap, gw gak ngerti sistemnya Zeroshift, mungkin bro bisa dijelaskan? hehehehe
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
widnug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sun May 06, 2007 16:08
Location: Mobil-mobil gw keren khan....

Post by widnug »

StRaDe_Jazz wrote:Gw lagi liat2 linknya :D
sampe sekarang gw paling suka mekanisme DSG nya VW, bagi gw, mereka paling advance buat yg ginian, bahkan sistem mereka di mata gw lebih cepat daripada manual

Ember bgt..sampe saat ini sich kayaknya DSG masih yg paling canggih
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Memang benar, dual clutch seperti VW's DSG, memang lebih responsif (baca : lebih cepat) daripada manual.

Lihat videonya disini : Golf DSG vs 6-speed manual :

http://www.leftlanenews.com/video-dsg-v ... anual.html

Sistem dual clutch seperti DSG ini bahkan memberikan the best of both worlds, yaitu kenyamanan perpindahan gigi sendiri seperti transmisi otomatis, TANPA hilangnya tenaga/lebih borosnya BBM. Juga, respons dan perpindahan gigi yang bahkan lebih cepat daripada transmisi manual. Jadi, senyaman matic, lebih responsif dari manual, dan seirit manual (bahkan bisa lebih irit).

Jika sebelumnya DSG yang digunakan pada Golf dsb adalah 6-speed DSG, kini VW telah memiliki 7-speed DSG yang baru tersedia versi untuk mobil2 berpower kecil (baca : bertorsi kecil, sampai 250 Nm). Jadi 7-speed DSG baru ini akan digunakan pada Polo, Golf dsb.

7-speed DSG ini berbeda sama sekali dengan 7-speed DSG pada Bugatti Veyron yang dibuat khusus hanya untuk mobil tersebut.

Porsche sebagai majority owner VW Group juga tengah mengembangkan sistem dual clutch untuk mobil hi-performance, codenamed PDK.

Sebenarnya BMW sedang mengembangkan sistem yang lebih canggih lagi daripada dual-clutch (but this would be an entirely different story), tapi hanya akan tersedia pada model2 very high-performance mereka, berbeda dengan DSG yang akan tersedia pada semua lineup bahkan pada mobil kecil seperti VW Polo.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Trend transmisi masa depan, semi otomatik, dual clutch /

Post by andy1800 »

Mari meng-up tutorial/pengetahuan ttg transmisi
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Trend transmisi masa depan, semi otomatik, dual clutch /

Post by jekael »

Om Turbo, pernah dengar tentang easy clutch nggak? Jadi mobil yg bertransmisi manual dipasang alat supaya bisa seperti mobil matik. kira2 ada efek samping nggak?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Trend transmisi masa depan, semi otomatik, dual clutch /

Post by Turboman »

jekael wrote:Om Turbo, pernah dengar tentang easy clutch nggak? Jadi mobil yg bertransmisi manual dipasang alat supaya bisa seperti mobil matik. kira2 ada efek samping nggak?
udah lama, zaman dulu juga sy pernah TD mobil demo-nya

Soal reliabilitasnya sih gak paham yah

intinya kalo buat bantu saat macet sih oke aja, tapi begitu lalu lintas lancar segera switch balik ke mode normal - manual
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Trend transmisi masa depan, semi otomatik, dual clutch /

Post by billyd1773dz »

zeroshift apakah sama/pengembangan dari AMT seperti di smart atau yg dulu pernah di kembangkan di proton savvy? tp kyanya tampa clutch yah... hanya ngandalin sinkromesh nya aja. *klw dri animasi sistemnya sih* masih g ngerti gmn caranya bisa smooth.


imho sih.. soal efisiensi paling efektif masih CVT. karna gmn pun juga geared AT mw DSG atw TC masih stepping *umm it's getting better inget ZF 9speed* kerapatan ratio dan range dari low end sampai high end blm bisa kya cvt,bisa tetep jalan di sweetspot rpm teririt dari mulai jalan hingga cruise speed d 100kmh. selain itu bobot dan ukurannya lebih ringkas dibanding geared AT.

memang CVT tampa paddle shift hanya enak bwat alon-alon klakon aja........ which is suck bwat ngebut.... masalah terbesar karna g bisa shifting g bisa ngejar redline, makin gaspol makin deket redline makin nyebelin dengerin long-longan suara statisnya
*hmmm dipikir2 kya naik jetski sih*.
dan yup g enak bwat main2 yg bertentangan dgn disiplin eco-driving hehe :D

torque capacity n durability juga masih blm bisa bicara banyak. terutama jika d mode cvt percepatan akan sangat tergantung pada TCM dan urat hydraulic yang ngatur dan gerakin perpindahin ratio pulley cvt. masalah di oli akselerasi bisa jadi ndut2an baik aksel atw desel.. bukan hanya kasar saat shift/shift telat seperti pada gb geared biasa.

CVT tampa paddle shift paling berat itu saat perkenalan dgn drivernya... klw orng nyicip2 di bejek sekali waktu TD misalny pasti walkout lupakan tu mbl... kesan nya aneh, dan bener2 beda dgn gearbox biasa.. d bejek kya kopling slip aja..... well setelah ngedumel2 dan terpaksa live with it... few thousand km.. bru ngeh klw *ada* enaknya yang g bisa di dpt d gearbox lain. dan bersukur kaga ambil 4AT hehehe :D

mungkin jika ada yg bikin Sport CVT..... hmmmmmmm lets see...

ini kyanya g bisa dibilang lemot deh.
http://www.youtube.com/watch?v=gC43i7Xlqqw
bandingkan dgn DSG ini
http://www.youtube.com/watch?v=0z0J-nYTBxk
dan liat percepatannya setiap shift, speedometer g ada drop atw melambat dulu..... bener2 continous..

both 2.0ltr both turbo..one awd SUV and other hot hatcback
itung aja 0-100 0-200nya.

nah jadi gw bisa dpt enak dan fuel efisiennya CVT di low to mid speed.. n masih bisa bejek2an kumplit dgn shiftingnya kya geared AT... best both world..... wkwkw :D


ane g berniat ngaduin DSG VS CVT
imho both future gearbox... :D unless semuanya hilang di gantikan elektrik motor yg ga pke gearbox hehehe :D
DSG jg ane blm pernah pke mbl yg pke GB itu.. jd g komen bnyk..

soal cvt aja, in theory banyak kelebihan dan potensi yg bisa di tawarkan, tinggal gmn caranya ngilangin kelemahan yg jd trademark sebuah cvt..... dan yg paling sulit mindset di masyarakat.....

well mungkin aja ntar makin bnyk CVT kenceng yg bisa muas2in pecinta bejek2an... punya durabilitas cukup utk mesin kencang termasuk utk tuner saat meres performa mesin nya...

yup klw tc d CVT d buang..... ganti dryclutch biar lockupnya lebih cepet lagi.. mantep kyanya..


hingga semua berubah saat motor listrik menyerang... dimana bisa ngasilin torsi maksimal dari 0 rpm... dan bisa rev di atas 10.000rpm.. uda g perlu gearbox lagi... uda g akan ada deru merdu mesin lagi... klw pun ada deru motor listrik suaranya akan melonglong seperti cvt karna memang tidak shifting.... hmmmmmmmmmm

cmiiw
:big_peace:
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Trend transmisi masa depan, semi otomatik, dual clutch /

Post by kompresorz »

DSG is the best..

pengen bgt nih rasain teknologi canggih tsb..senang bisa menikmati setiap teknologi terbaru..

kenapa sedikit pabrikan pake DSG... :e-think:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Trend transmisi masa depan, semi otomatik, dual clutch /

Post by evolution21 »

mau tanya um um sekalian
power loss pada tranmisi kira2 bisa sampai brapa persen ?
cvt / dsg / single clutch
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Trend transmisi masa depan, semi otomatik, dual clutch /

Post by artoodetoo »

Wah, trit lama bangkit dari kubur.
Nubi menyimak ah :mky_01:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Trend transmisi masa depan, semi otomatik, dual clutch /

Post by Turboman »

@kompresor:
DSG spt nya masih mahal dan konon gak sedikit yg ngalamin problem, khudusnya DSG yg wet clutch. Kalo yg dry clutch lebih less problematic katanya

@billy:
Rasanya Audi pernah develop CVT sistem rante tuk mesin 2.5 TDI yg Torsi gede, jauh sebelum Subaru

Tapi realitanya skg ini mobil2 Audi mostly pake geared AT 8 speed

Ada apa ya
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Trend transmisi masa depan, semi otomatik, dual clutch /

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:@kompresor:
DSG spt nya masih mahal dan konon gak sedikit yg ngalamin problem, khudusnya DSG yg wet clutch. Kalo yg dry clutch lebih less problematic katanya

@billy:
Rasanya Audi pernah develop CVT sistem rante tuk mesin 2.5 TDI yg Torsi gede, jauh sebelum Subaru

Tapi realitanya skg ini mobil2 Audi mostly pake geared AT 8 speed

Ada apa ya
audi sampai sekarang masih pakai CVT om, seperti A6 2.8FSI dgn GB multitronic which is CVT

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Trend transmisi masa depan, semi otomatik, dual clutch /

Post by madcat015 »

Jadi ingat, dulu om bejosupangat sempat share mengenai transmisi...

Utk masa depan mmg keliatannya CVT yg akan memegang peranan besar. Karena seamless dgn rpm konstan kyk mesin jahit.

Menjanjikan efisiensi dan kehalusan berkendara yang biasanya jadi prioritas utk MPV. Memang problem nya terletak pada sabuk baja dan know-how user yg kurang baik. Bijimane pun juga, limitasi torsi yang bs dihandle CVT semakin besar. Beberapa mesin dgn torsi besar sudah dilengkapi CVT: Elgrand 3.5 misalnya. Semakin baiknya material sabuk akan menyebabkan CVT semakin reliable.

Tetapi di lain pihak, geared AT juga akan tetap menemukan pasar dan penggemarnya sendiri. Siapa yg tidak suka merasakan sensasi power loss saat shifting? Dengan menambah banyak gear dan merapatkan rasio, maka perpindahan bisa dibuat lebih halus tanpa mengorbankan feel berkendara. Mungkin sedan, SUV, dan mobil sport/hobby masih akan menggunakan geared AT dari berbagai macam jenis.

Just my two whiskers though... :mrgreen:

*kredit ane utk om bejosupangat yg sudah memberi kuliah ttg transmisi... where are you om? :hiks: *
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Trend transmisi masa depan, semi otomatik, dual clutch /

Post by Turboman »

Geared AT skg udah ada yg 10 speed

ZF produksi geared AT start dr 8 speed, yg di bwh itu kayaknya dah disktinu

Konon TC TC zaman skg powerlosnya dah kecil2 .....katanya sii

Bukan soal sensasi ganti gigi nya, ya soal cost dan reliability yg sdh terbukti

Cmiiw
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Trend transmisi masa depan, semi otomatik, dual clutch /

Post by madcat015 »

Turboman wrote:Geared AT skg udah ada yg 10 speed

ZF produksi geared AT start dr 8 speed, yg di bwh itu kayaknya dah disktinu

Konon TC TC zaman skg powerlosnya dah kecil2 .....katanya sii

Bukan soal sensasi ganti gigi nya, ya soal cost dan reliability yg sdh terbukti

Cmiiw
Betul om Turbo... satu hal yg masih jd ganjalan CVT adalah reliability dan ganjalan DSG adalah biaya produksi yg tinggi.


Ane baru ngubek2 web ZF...

Ada banyak sekali tipe transmisi yg diproduksi dan semuanya geared...

Yg paling ahoy 9sp AT dan satu tipe transmisi yg bikin ane tertarik... ATM atawa Automated Manual Transmission... bisa full automatic ataupun manual 3-pedal style... beghh...
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Trend transmisi masa depan, semi otomatik, dual clutch /

Post by billyd1773dz »

madcat015 wrote:Jadi ingat, dulu om bejosupangat sempat share mengenai transmisi...

Utk masa depan mmg keliatannya CVT yg akan memegang peranan besar. Karena seamless dgn rpm konstan kyk mesin jahit.

Menjanjikan efisiensi dan kehalusan berkendara yang biasanya jadi prioritas utk MPV. Memang problem nya terletak pada sabuk baja dan know-how user yg kurang baik. Bijimane pun juga, limitasi torsi yang bs dihandle CVT semakin besar. Beberapa mesin dgn torsi besar sudah dilengkapi CVT: Elgrand 3.5 misalnya. Semakin baiknya material sabuk akan menyebabkan CVT semakin reliable.

Tetapi di lain pihak, geared AT juga akan tetap menemukan pasar dan penggemarnya sendiri. Siapa yg tidak suka merasakan sensasi power loss saat shifting? Dengan menambah banyak gear dan merapatkan rasio, maka perpindahan bisa dibuat lebih halus tanpa mengorbankan feel berkendara. Mungkin sedan, SUV, dan mobil sport/hobby masih akan menggunakan geared AT dari berbagai macam jenis.

Just my two whiskers though... :mrgreen:

*kredit ane utk om bejosupangat yg sudah memberi kuliah ttg transmisi... where are you om? :hiks: *
yup.... :D :D yaa biarkan produsen berlomba2 teknologi... konsumen juga yg untung wkwkwk :D

hmmmmm power loss saat shifting? jeda saat shift yah, bukanya itu yg saat ini berusaha di teken? klw itu yg di cari jawabanya bukan continous kya DSG apalagi CVT hehe :D

yup mungkin aja sih... lupa lagi d topgear ada pagani atw koenisegg yg tetep pke GB AT biasa bukan DSG.. bilangnya alasanya di bobot... mungkin jg soal feel... sama dgn MT yg terus ada bwat penggemarnya.


CVT kencang kumplit dgn shifting dan irama RPM dgn powerloss saat shift minim bahkan lebih baik dari DSG,
sekaligus fuel efisien dan smooth bwat nyantai layaknya CVT bisa aja di bikin,
kya d forester 2.0XT, 0-100 dan 0-200 nya lebih cepet or seimbang dri Golf GTI mk7 DSG sekalipun yg satu SUV AWD 1.7T

tinggal reabilitasnya aja nih.
Turboman wrote:Geared AT skg udah ada yg 10 speed

ZF produksi geared AT start dr 8 speed, yg di bwh itu kayaknya dah disktinu

Konon TC TC zaman skg powerlosnya dah kecil2 .....katanya sii

Bukan soal sensasi ganti gigi nya, ya soal cost dan reliability yg sdh terbukti

Cmiiw
ZF 9speed juga punya catatan reabilitas... beberapa mobil yg pke GB ini sempet di tarik lagi.... kasusnya di jeep cherokee Trailhawk sampai di tunda rilis di indo dan berbagai negara jg karna GB nya bermasalah.

yup TC jaman skrng powerloss nya kecil2, uda bisa lockup di tiap gear kya d mazda sky-drive.. baca2 6R80 ranger juga uda bisa lockup tiap gear, ga cuma topgear doank.

kepikiran 8&9speed gearnya banyak bukanya makin berat yah........... kompleksitasnya juga makin rumit. makin banyak komponen, makin banyak kemungkinan rusak....

CVT seharusnya lebih sederhana, lebih ringan.. diatas kertas harusnya lebih simple.... tp tergantung bngt dgn kualitas oli dan kontrol TCM, ini yg jadi masalah.


hehe soal reabilitas, kyanya jadi alasan toyota males2an ganti GB.................
madcat015 wrote:
Turboman wrote:Geared AT skg udah ada yg 10 speed

ZF produksi geared AT start dr 8 speed, yg di bwh itu kayaknya dah disktinu

Konon TC TC zaman skg powerlosnya dah kecil2 .....katanya sii

Bukan soal sensasi ganti gigi nya, ya soal cost dan reliability yg sdh terbukti

Cmiiw
Betul om Turbo... satu hal yg masih jd ganjalan CVT adalah reliability dan ganjalan DSG adalah biaya produksi yg tinggi.


Ane baru ngubek2 web ZF...

Ada banyak sekali tipe transmisi yg diproduksi dan semuanya geared...

Yg paling ahoy 9sp AT dan satu tipe transmisi yg bikin ane tertarik... ATM atawa Automated Manual Transmission... bisa full automatic ataupun manual 3-pedal style... beghh...
AMT kaya proton savvy n smart fortwo dunk......... hehehehe :D

DSG di fiesta denger2 bnyk masalah juga?


ujung nya2 balik lagi ke good old realible 4Spd AT... wkwkw mesinya aja gedein haha :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Trend transmisi masa depan, semi otomatik, dual clutch /

Post by kompresorz »

@mod turbo...

oo msh mahal ya DSG..saya pikir sudah di pake ford yg mungkin harga mobilnya tdk terlalu mahal...

saya sih br tau ada yg versi wet n dry..mungkin soal bermasalah ya krn teknologi canggih yg baru x ya..cuma saya yakin pada akhirnya DSG akan jd yg terbaik...

pake matik tp secepat (mungkin mengalahkan)manual..cm sayang mungkin saya msh lama merasakan DSG krn merk mobil yg saya pilih masih belum beralih...

klo gear sampe 9-10..hanya jenis mobil n lokasi/negara tertentu yg bisa menikmati..

*pengamatan orang awam aja*
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Trend transmisi masa depan, semi otomatik, dual clutch /

Post by Turboman »

Setuju sih ke depannya DCT (Dual Cluth Trans) spt nya yg paling menjanjikan, gak ada powerloss spt matic ber TC

Tinggal gimana pabrikan bikin Bodyvalve / Actuator yg bener2 reliable

Trus mestinya DCT dikasi kopling heavy duty, jadi saat mesin dimodif kopling ga selip.....hehehe
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Trend transmisi masa depan, semi otomatik, dual clutch /

Post by maskopat »

bangkitin tret yang lagi tidur..

mau nanya, sequential gearbox ricardo itu sama gak dengan dual clutch? apakah transmisi ini sudah dipake di mobil produksi? ane lihat masih di mobil kompetisi aja.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green