Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

BejoSoMad
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Thu Sep 12, 2013 13:29

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by BejoSoMad »

VanzMatic wrote:
Contohnya, yang masih punya Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, Carry Extra, notabene fitur safety nol, tanpa bonnet, masih selamat juga...

Mungkin karena mereka tau kalau kaki jadi bemper, ngga terlalu macam macam lah nyupirnya.

Artinya, mereka mereka ini sudah mengkarakterkan diri mereka sendiri, safety BUKAN dari fitur mobil, tapi dari ETIKA nyetir di jalan. Mereka udah ngerti, lari segini, mobil goyang dombret, nikung segini, mobil udah limbung, jadi ngga overpede yang berujung pada maut.
:big_peace:

Kalo menurutku sih, selama penegakan hokum masih TIDAK JALAN di Indonesia, waste my money untuk beli mobil dengan fitur safety segambreng.

Fitur safety itu bekerja pada BATAS kecepatan tertentu.
Apakah crash test, side crash dan rolling test dilakukan pada kecepatan 100km/jam lebih? TIDAK.
Uji tabrak, tabrakan samping dan uji penggulingan kendaraan dilakukan pada kecepatan 64 km/jam (ASEAN NCAP dan Australia NCAP).
Kenyataannya:
Berapa rata2 orang melajukan kendaraan di jalan dalkot, tol dan lukot?
Realistis aja, dan mengakulah.
Ada Penegakan Hukum saat pelanggaran kecepatan?

So, kalau kecelakaan terjadi saat kendaraan dipacu 170 km/jam, langsung percuma semua itu perangkat safety yang ada. Semua langsung bubar jalan. Dan jangan lantas cengeng mewek2 nyalahin pabrikan bikin mobil nda becus, malah remek jadi krupuk.

Kecuali kalo mobil Anda dilengkapi tambahan rollbar pada sekujur interior mobil sesuai regulasi FIA, baik dari spesifikasi teknis rollbar sampai regulasi pemasangan, dan Anda pakai helm di dalam mobil, bolehlah sedikit tenang melaju melanggar batas kecepatan menuju sirkuit tempat Anda bertanding.

:big_biglaugh:
penting lah...

contoh nyata tuh mobilnya si dul...lari 170++...selamet kan 2 orang yg di dalemnya...

lah itu grenmek nya yg ketabrak...korban berapa tuh...padahal saat grenmek tertabrak secara logika kecepatan si lancer udah berkurang gara2 nabrak pembatas jalan...
***** COOL VIDEOS !!! *****

http://www.globallabourrights.org/reports?id=0503

http://www.youtube.com/watch?v=V_BVB4kqp7Y

TOYOTA

The One You Ought To Avoid
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by VanzMatic »

Karena kecenderungan yang saya lihat dan dengar sendiri SAAT INI adalah:
Ah, ada airbag kok.
Ah, ada impact beam kok.
Ah, mobil eropa gitu loh..
Ah, ada ABS kok, apalagi ada ebd, ba kok..

Tenaaang ngga bakal kenapa kenapa...
:big_chicken:

Begitulah kenyataan yang terjadi, kesalahan yang terjadi. Kesalahkaprahan. Seolah menjadi pembenaran untuk melanggar. Karena itu, bagi saya pribadi siih, nikmatin apa yang ada, saat ada mobil baru dengan fitur baru, nda perlu tergoda untuk mengganti, demi mendapat fitur.

Masalahnya memang satu: Mentalnya masih mental kopaja..
:big_biglaugh:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
BejoSoMad
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Thu Sep 12, 2013 13:29

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by BejoSoMad »

madcat015 wrote:Ane lebih pilih mobil yg ada fitur keamanan. Terutama yg membantu pengemudi, macam ABS+EBD+BA+DOA_IBU...

Kalo airbag dan teknologi rangka itu mengurangi dan menyerap efek benturan...

Untuk mencegah maling, immobilizer dan mobil yg humble diperlukan.

Bijimane pun juga, akankah bijaksana kalo tetap mengemudi secara hati2 dan bertanggung jawab...

Perangkat keamanan bukan jaminan mobil invincible... imo :mrgreen:
setuju om medket...doa itu fitur keselamatan paling penting... :mky_02:
***** COOL VIDEOS !!! *****

http://www.globallabourrights.org/reports?id=0503

http://www.youtube.com/watch?v=V_BVB4kqp7Y

TOYOTA

The One You Ought To Avoid
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by VanzMatic »

BejoSoMad wrote: penting lah...

contoh nyata tuh mobilnya si dul...lari 170++...selamet kan 2 orang yg di dalemnya...

lah itu grenmek nya yg ketabrak...korban berapa tuh...padahal saat grenmek tertabrak secara logika kecepatan si lancer udah berkurang gara2 nabrak pembatas jalan...
Beban impact yang diterima si mobil grenmek udah berapa kilo joule, om?
:big_blushing:

Saya malah menyesalkan pelakunya selamat.
Suer.
:evil:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by dubz »

Itu kan mental alay...kerjanya kebut2an di jalan umum. Dengan semakin banyaknya alay model begini...semakin penting mobil saya banyak fitur safety...sebanyak yg saya mampu beli. Tapi kalo udah nasib ya sudah.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by VanzMatic »

Bagi saya, fitur aktif itu yang penting.

1. Sabuk keselamatan. Mengakulah, saat berada di belakang supir, pakai sabuk kah?
Berapa % dari member disini yang pakai saat di belakang supir atau di row ketiga? Mengesampingkan yang belum punya sabuk di tengah dan belakang loh ya.

2. Lampu. Berapa mobil yang lewat terowongan panjang di tol simatupang yang menyalakan lampu? Padahal perintahnya jelas, menyalakan lampu.

3. Lampu DRL. Berapa owner PJS Dakar yang mematikan fitur ini? Ndeso tenan...
:mky_03:

4. Lampu kabut belakang. Saat kendaraan melaju menghadap matahari, bagian belakang kendaraan pasti akan menjadi objek hitam yang tidak terlihat, akibat kita juga sedang berkendara menghadap sinar matahari. Atau, saat pagi berkabut, misalnya di pegunungan di Purwokerto. Nyalakan lampu kabut belakang dalam dua kondisi ini, JANGAN malah nyalakan lampu kabut belakang atau depan saat malam cerah...

Kalo saya sih lebih suka fitur keselamatan aktif seperti di atas.
Sisanya, IMHO sih, harus kembali ke skill.
IMHO ya...
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by VanzMatic »

dubz wrote:Itu kan mental alay...kerjanya kebut2an di jalan umum. Dengan semakin banyaknya alay model begini...semakin penting mobil saya banyak fitur safety...sebanyak yg saya mampu beli. Tapi kalo udah nasib ya sudah.
Betul juga....
karena itu, saya upgrade beli mobil yang ada bonnet nya sabuk tengah dan belakang...
kmrn2 punya nya yang nggada bonnetnya, pasang sendiri sabuk di tengah....
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by dubz »

Banyak kok fitur aktif selain itu...traction control, lane departure warning, blind spot warning, dll...dll...
Pasif ya kalo kena musibah...ada org mabok nabrak dari samping, lumayan body kokoh + side/curtain airbag.
BejoSoMad
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Thu Sep 12, 2013 13:29

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by BejoSoMad »

dubz wrote:Itu kan mental alay...kerjanya kebut2an di jalan umum. Dengan semakin banyaknya alay model begini...semakin penting mobil saya banyak fitur safety...sebanyak yg saya mampu beli. Tapi kalo udah nasib ya sudah.
second that... :big_smoking:
***** COOL VIDEOS !!! *****

http://www.globallabourrights.org/reports?id=0503

http://www.youtube.com/watch?v=V_BVB4kqp7Y

TOYOTA

The One You Ought To Avoid
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by ChZ »

VanzMatic wrote:Karena kecenderungan yang saya lihat dan dengar sendiri SAAT INI adalah:
Ah, ada airbag kok.
Ah, ada impact beam kok.
Ah, mobil eropa gitu loh..
Ah, ada ABS kok, apalagi ada ebd, ba kok..

Tenaaang ngga bakal kenapa kenapa...
:big_chicken:

Begitulah kenyataan yang terjadi, kesalahan yang terjadi. Kesalahkaprahan. Seolah menjadi pembenaran untuk melanggar. Karena itu, bagi saya pribadi siih, nikmatin apa yang ada, saat ada mobil baru dengan fitur baru, nda perlu tergoda untuk mengganti, demi mendapat fitur.

Masalahnya memang satu: Mentalnya masih mental kopaja..
:big_biglaugh:
sebenernya sih terserah aja mereka mau nyetirnya kaya apa... mobil-mobil mereka, nyawa-nyawa mereka :mrgreen:

tapiiii.... masalahnya di jalan ngga cuma mereka doang... di jalan itu ada banyak orang... ada kendaraan umum, sepeda, becak, motor, mobil lain, kendaraan angkutan, dll...

nah kalo nyetir ugal-ugalan gitu yang kena akibatnya sih ga cuma dia sendiri tapi orang lain juga... orang lain belom tentu kemampuan nyetirnya sama kaya dia... sekalipun mahir, biasanya suka panik dan ngerem mendadak kalo ada orang kayak gini, nyetir main potong, zigzag dalem kota...

mereka sih pede aja mobilnya punya standar safety tinggi, rating NCAP 6 bintang, tapi gmn dengan yg lain? orang2 yang ga mampu beli mobil mahal kaya mereka, apalagi pengendara motor yg sangat rawan dengan kecelakaan.... :ungg: biarpun sebenernya ane jg benci pengendara motor yg kadang belom mahir bener tapi nekat di jalan raya.... sama aja nyusahinnya... :off_no:
Last edited by ChZ on Tue Oct 22, 2013 2:12, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by VanzMatic »

ChZ wrote:
VanzMatic wrote:Karena kecenderungan yang saya lihat dan dengar sendiri SAAT INI adalah:
Ah, ada airbag kok.
Ah, ada impact beam kok.
Ah, mobil eropa gitu loh..
Ah, ada ABS kok, apalagi ada ebd, ba kok..

Tenaaang ngga bakal kenapa kenapa...
:big_chicken:

Begitulah kenyataan yang terjadi, kesalahan yang terjadi. Kesalahkaprahan. Seolah menjadi pembenaran untuk melanggar. Karena itu, bagi saya pribadi siih, nikmatin apa yang ada, saat ada mobil baru dengan fitur baru, nda perlu tergoda untuk mengganti, demi mendapat fitur.

Masalahnya memang satu: Mentalnya masih mental kopaja..
:big_biglaugh:
sebenernya sih terserah aja mereka mau nyetirnya kaya apa... mobil-mobil mereka, nyawa-nyawa mereka :mrgreen:

tapiiii.... masalahnya di jalan ngga cuma mereka doang... di jalan itu ada banyak orang... ada kendaraan umum, sepeda, becak, motor, mobil lain, kendaraan angkutan, dll...

nah kalo nyetir ugal-ugalan gitu yang kena akibatnya sih ga cuma dia sendiri tapi orang lain juga... orang lain belom tentu kemampuan nyetirnya sama kaya dia... sekalipun mahir, biasanya suka panik dan ngerem mendadak kalo ada orang kayak gini, nyetir main potong, zigzag dalem kota...

mereka sih pede aja mobilnya punya standar safety tinggi, rating NCAP 6 bintang, tapi gmn dengan yg lain? orang2 yang ga mampu beli mobil mahal kaya mereka, apalagi pengendara motor yg sangat rawan dengan kecelakaan.... :ungg:
:big_blushing:

:big_peace:



:off_good_job:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by VanzMatic »

Sebetulnya ada pertanyaan yang masih belum terjawab, masih penasaran.

Kenapa saat di video crash test, itu dummy nya yang dipakein sabuk pengaman, kok kayak sabuknya itu ngga nahan benturan sih? Kok kayak ngeloss gitu aja, sehingga seolah olah kalo ngga pakai airbag, itu useless?

Padahal saat ane kena tabrakan beruntun, itu sabuk nahan ane dari benturan belakang dan akibat nyundul ke depan. Jarak gerak dikit karena badan udah ketahan. Dan sedikit ngilu aja di tulang yang ketahan sabuk. Hanya ngilu sehari. Saat diinvestigasi poltas di tol, kecepatan penabrak ane di kecepatan 50 km/jam. Akibatnya mobil ane mencelat sundul Granmax di depan.

Nah, itu dia, kenapa di video crash test, itu dummy sampai ngelosss gitu aja ke depan sampai ketahan airbag? Harusnya ketahan sabuk dan ngga sampai ditahan airbag kan?



Ngga ngerti deh.
:mky_01: :mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ace_81
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Wed Nov 07, 2012 0:42

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by ace_81 »

ChZ wrote:
VanzMatic wrote:Karena kecenderungan yang saya lihat dan dengar sendiri SAAT INI adalah:
Ah, ada airbag kok.
Ah, ada impact beam kok.
Ah, mobil eropa gitu loh..
Ah, ada ABS kok, apalagi ada ebd, ba kok..

Tenaaang ngga bakal kenapa kenapa...
:big_chicken:

Begitulah kenyataan yang terjadi, kesalahan yang terjadi. Kesalahkaprahan. Seolah menjadi pembenaran untuk melanggar. Karena itu, bagi saya pribadi siih, nikmatin apa yang ada, saat ada mobil baru dengan fitur baru, nda perlu tergoda untuk mengganti, demi mendapat fitur.

Masalahnya memang satu: Mentalnya masih mental kopaja..
:big_biglaugh:
sebenernya sih terserah aja mereka mau nyetirnya kaya apa... mobil-mobil mereka, nyawa-nyawa mereka :mrgreen:

tapiiii.... masalahnya di jalan ngga cuma mereka doang... di jalan itu ada banyak orang... ada kendaraan umum, sepeda, becak, motor, mobil lain, kendaraan angkutan, dll...

nah kalo nyetir ugal-ugalan gitu yang kena akibatnya sih ga cuma dia sendiri tapi orang lain juga... orang lain belom tentu kemampuan nyetirnya sama kaya dia... sekalipun mahir, biasanya suka panik dan ngerem mendadak kalo ada orang kayak gini, nyetir main potong, zigzag dalem kota...

mereka sih pede aja mobilnya punya standar safety tinggi, rating NCAP 6 bintang, tapi gmn dengan yg lain? orang2 yang ga mampu beli mobil mahal kaya mereka, apalagi pengendara motor yg sangat rawan dengan kecelakaan.... :ungg: biarpun sebenernya ane jg benci pengendara motor yg kadang belom mahir bener tapi nekat di jalan raya.... sama aja nyusahinnya... :off_no:
Stuju ma om2 di atas, slain abs ebd ba airbag side impact beam, kembali ke kedewasaan berkendara ya om
User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
Location: Jakarta Timur

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by an15wn »

Fitur keselamatan emang penting. Asal jangan sampe ngeluarin statement "biarin ane selamat orang lain egp." Seperti tulisan oom2 di atas itu. Namanya aja jalan umum, bukan jalan pribadi atau sirkuit. Maka yg diperhatikan juga orang lain.

Setelah fitur keamanan minimum (sabuk), maka ane lebih milih fitur keamanan aktif, misalnya ABS/EBD. Karena ane pengennya sih 'aman' itu sebelum kecelakaan terjadi. Kebiasaan bawa motor, maka yg dipikirkan pertama kali adalah alat penghenti kendaraan. Kalo itu aja gak beres, ogah nyetirnya. Abis itu baru helm dan safety gear yg lain. Mobil menurut ane juga gak jauh2 dari itu konsepnya.

Nah, kalo dah kecelakaan beneran, barulah diperlukan fitur pasif tambahan. Airbag dkk.

Jadi keinget iklan Volvo sekian th yg lalu. Kalo gak salah waktu itu iklan 960 Turbo. Mereka bilang, mesin yg sanggup diajak utk akselerasi secara cepat adalah salah satu faktor keamanan juga. Karena kalo lagi nyalip berlama2, bakal meningkatkan risiko celaka.
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by aburaza »

an15wn wrote:Fitur keselamatan emang penting. Asal jangan sampe ngeluarin statement "biarin ane selamat orang lain egp." Seperti tulisan oom2 di atas itu. Namanya aja jalan umum, bukan jalan pribadi atau sirkuit. Maka yg diperhatikan juga orang lain.

Setelah fitur keamanan minimum (sabuk), maka ane lebih milih fitur keamanan aktif, misalnya ABS/EBD. Karena ane pengennya sih 'aman' itu sebelum kecelakaan terjadi. Kebiasaan bawa motor, maka yg dipikirkan pertama kali adalah alat penghenti kendaraan. Kalo itu aja gak beres, ogah nyetirnya. Abis itu baru helm dan safety gear yg lain. Mobil menurut ane juga gak jauh2 dari itu konsepnya.

Nah, kalo dah kecelakaan beneran, barulah diperlukan fitur pasif tambahan. Airbag dkk.

Jadi keinget iklan Volvo sekian th yg lalu. Kalo gak salah waktu itu iklan 960 Turbo. Mereka bilang, mesin yg sanggup diajak utk akselerasi secara cepat adalah salah satu faktor keamanan juga. Karena kalo lagi nyalip berlama2, bakal meningkatkan risiko celaka.
setuju om.
jadi, seminim or selengkap fitur keamanan, "keamanan otak" semua pengguna jalan yang lebih penting. Tugas siapa tuh?
....
ya semuanya lah...ya pemerintah...produsen...keluarga...
* anak saya yg baru 5 tahun aja bilang,"kalo ngebut itu di sirkuit" :big_weee:
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by Turboman »

Simulasi Impact pada 190 km/jam

http://www.youtube.com/watch?v=LmRkPyuet_o
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by VanzMatic »

aburaza wrote:
an15wn wrote:Fitur keselamatan emang penting. Asal jangan sampe ngeluarin statement "biarin ane selamat orang lain egp." Seperti tulisan oom2 di atas itu. Namanya aja jalan umum, bukan jalan pribadi atau sirkuit. Maka yg diperhatikan juga orang lain.

Setelah fitur keamanan minimum (sabuk), maka ane lebih milih fitur keamanan aktif, misalnya ABS/EBD. Karena ane pengennya sih 'aman' itu sebelum kecelakaan terjadi. Kebiasaan bawa motor, maka yg dipikirkan pertama kali adalah alat penghenti kendaraan. Kalo itu aja gak beres, ogah nyetirnya. Abis itu baru helm dan safety gear yg lain. Mobil menurut ane juga gak jauh2 dari itu konsepnya.

Nah, kalo dah kecelakaan beneran, barulah diperlukan fitur pasif tambahan. Airbag dkk.

Jadi keinget iklan Volvo sekian th yg lalu. Kalo gak salah waktu itu iklan 960 Turbo. Mereka bilang, mesin yg sanggup diajak utk akselerasi secara cepat adalah salah satu faktor keamanan juga. Karena kalo lagi nyalip berlama2, bakal meningkatkan risiko celaka.
setuju om.
jadi, seminim or selengkap fitur keamanan, "keamanan otak" semua pengguna jalan yang lebih penting. Tugas siapa tuh?
....
ya semuanya lah...ya pemerintah...produsen...keluarga...
* anak saya yg baru 5 tahun aja bilang,"kalo ngebut itu di sirkuit" :big_weee:
setuju, om..
:off_good_job:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by VanzMatic »

Turboman wrote:Simulasi Impact pada 190 km/jam

http://www.youtube.com/watch?v=LmRkPyuet_o
Luluh lantak....
:off_no:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
peace
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Tue Jul 31, 2012 4:31

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by peace »

Turboman wrote:Simulasi Impact pada 190 km/jam

http://www.youtube.com/watch?v=LmRkPyuet_o
ditonton ulang tetep seremmmm
ane ada nonton juga masalah safety kecepatan.. begitu hampir sampe 100km/h grafik kematian naiknya exponensial (J) bukan garis miring lagi (/)....

tapi safety driving juga bukan masalah kecepatan
- jalan semberono pelan anggep jalan milik sendiri juga otaknya belum beres... contoh luxio yg ditabrak hatta
-lampu motor ga nyala bagi yg ngerasa nyawanya 9 juga.
- banyak listnya kalo diinget2 segala binatang jelek mau ane sebutin

Orang di US itu permintaan di safety fitur tinggi sekali,dan tau kenapa? karena pemerintah sering mengingatkan bahayanya di jalanan. Positifnya orang nyetir lebih beradab negatif kadang fitur2nya berlebihan

Orang negara berkembang... mungkin pemerintah mikir ambil duit doank yah hasilnya.. gaya masyarakat di jalan lebih biadab dan fitur2 makin murah (minim) makin ok :frm_bang_head: :p
antekakio
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 400
Joined: Wed Sep 18, 2013 2:26
Location: Di atas genteng
Daily Vehicle: CX-5

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by antekakio »

jangan terlalu mengandalkan safety gizmo...

ingat kejadian lady diana? siapa yg meragukan safety dari s-class? tp ttp aja meninggal.
ini juga di India s-class ttp aja RIP. bahkan airbagnya nggak deploy.
Image

http://www.team-bhp.com/forum/street-ex ... s-fir.html

safety features designed to keep you safe, sure. But staying safe is all up to the driver. :mrgreen:
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by jekael »

VanzMatic wrote:Sebetulnya ada pertanyaan yang masih belum terjawab, masih penasaran.

Kenapa saat di video crash test, itu dummy nya yang dipakein sabuk pengaman, kok kayak sabuknya itu ngga nahan benturan sih? Kok kayak ngeloss gitu aja, sehingga seolah olah kalo ngga pakai airbag, itu useless?

Padahal saat ane kena tabrakan beruntun, itu sabuk nahan ane dari benturan belakang dan akibat nyundul ke depan. Jarak gerak dikit karena badan udah ketahan. Dan sedikit ngilu aja di tulang yang ketahan sabuk. Hanya ngilu sehari. Saat diinvestigasi poltas di tol, kecepatan penabrak ane di kecepatan 50 km/jam. Akibatnya mobil ane mencelat sundul Granmax di depan.

Nah, itu dia, kenapa di video crash test, itu dummy sampai ngelosss gitu aja ke depan sampai ketahan airbag? Harusnya ketahan sabuk dan ngga sampai ditahan airbag kan?



Ngga ngerti deh.
:mky_01: :mky_01:
Iya om Vanz, itu karna sistem kerja seat belt tidak menahan mati tubuh kita tapi ada pelenturan menyesuaikan beban dan gerak tubuh akibat inersia ketika bergerak maju dengan kecepatan tinggi. karna kalau seat belt menahan terlalu kencang justru seat belt itu bisa menyebabkan kematian. Oleh sebab itu dikembangkan teknologi pretentioner seat belt. Jadi walau ada seat belt tetap perlu air bag terutama pada tabrakan dengan kecepatan tinggi. Kalau untuk tabrakan di bawah 65 km/ jam sih cukup kalau hanya dengan seat belt, tapi di atas itu peran air bag sangat penting.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11868
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by marmut »

antekakio wrote:safety features designed to keep you safe, sure. But staying safe is all up to the driver.
:frm_tumbright:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by ZombiEE »

Perlu sekali menurut nubie, palagi domisili jakarta yg sering memakai tol di kecepatan tinggi...
Given the same scenario, jelas lebih milih berada di dlm mobil yg fitur keamanannya bagus dan banyak.
Selamat/tidak itu kadang tergantung nasib...cmiiw
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by andy1800 »

Btw ada gak ya, yg sedemikian idealis mengenai fitur keselamatan ini? shg bagi bbrp org kdg mlh dinilai 'berlebihan', spt: ganti sabuk pengamannya mjd 6 titik, bahkan jg menambahkan/pakai HANS/ head n neck support ala F1 ?

Klo yg bgitu, tepat ga sih?
Knp tepatnya? knp tdk tepatnya?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?

Post by VanzMatic »

jekael wrote:
VanzMatic wrote:Sebetulnya ada pertanyaan yang masih belum terjawab, masih penasaran.

Kenapa saat di video crash test, itu dummy nya yang dipakein sabuk pengaman, kok kayak sabuknya itu ngga nahan benturan sih? Kok kayak ngeloss gitu aja, sehingga seolah olah kalo ngga pakai airbag, itu useless?

Padahal saat ane kena tabrakan beruntun, itu sabuk nahan ane dari benturan belakang dan akibat nyundul ke depan. Jarak gerak dikit karena badan udah ketahan. Dan sedikit ngilu aja di tulang yang ketahan sabuk. Hanya ngilu sehari. Saat diinvestigasi poltas di tol, kecepatan penabrak ane di kecepatan 50 km/jam. Akibatnya mobil ane mencelat sundul Granmax di depan.

Nah, itu dia, kenapa di video crash test, itu dummy sampai ngelosss gitu aja ke depan sampai ketahan airbag? Harusnya ketahan sabuk dan ngga sampai ditahan airbag kan?



Ngga ngerti deh.
:mky_01: :mky_01:
Iya om Vanz, itu karna sistem kerja seat belt tidak menahan mati tubuh kita tapi ada pelenturan menyesuaikan beban dan gerak tubuh akibat inersia ketika bergerak maju dengan kecepatan tinggi. karna kalau seat belt menahan terlalu kencang justru seat belt itu bisa menyebabkan kematian. Oleh sebab itu dikembangkan teknologi pretentioner seat belt. Jadi walau ada seat belt tetap perlu air bag terutama pada tabrakan dengan kecepatan tinggi. Kalau untuk tabrakan di bawah 65 km/ jam sih cukup kalau hanya dengan seat belt, tapi di atas itu peran air bag sangat penting.

Hmm.... yang pernah ane tau, kecepatan maksimum Asean NCAP dan Australia NCAP adalah 64km/jam om. Dan dummy dummy itu juga diujicobakan di kecepatan maksimum 64km/jam...

:e-think:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "