Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
SMers, mau tanya dong seberapa penting fitur keselamatan buat para SMers di sini?
Terus terang saya agak prihatin dengan kesadaran produsen mobil tentang pentingnya keselamatan konsumen dalam membuat sebuah mobil.
Konsumen sering dijadikan objek untuk meraih keuntungan tanpa ada rasa peduli akan nyawa konsumennya. Hal ini sering dilakukan dengan cara menyunat fitur keselamatan terutama air bag agar mobil yg mereka jual lebih murah sehingga lebih laku dan lebih banyak untung.
Memang tidak semua produsen mobil seperti itu. Contohnya adalah honda dan mazda yang selalu terdepan dalam hal fitur keselamatan, bahkan untuk kelas mobil murah lcgc saja brio satya sdh dibenamkan dual air bag dan rangka G-con. Bahkan kini sudah dikembangkan teknologi pedestrian protection untuk melindungi pejalan kaki. Kelihatan sekali niatan kedua pabrikan mobil tersebut untuk tidak asal2an membuat mobil dan sangat memperhatikan keselamatan konsumen. Meskipun image mereka mobil mahal, tapi tidak terpancing untuk menyunat fitur keselamatan supaya penjualan bertambah banyak yg berujung pada keuntungan maksimal.Belakangan ini Toyota juga mulai sadar setelah banyaknya kecelakaan maut yang menimpa konsumen mereka dan kini mulai membenamkan fitur air bag pada semua mobil keluaran baru mereka. Sedangkan daihatsu, suzuki, dan mitsubishi masih harus masih berbenah karena biasanya mereka hanya menyematkan air bag untuk mobil tipe tertinggi. Untuk mobil2 lain seperti ford, kia, hyundai, isuzu, dll saya tidak bisa berkomentar karna belum pernah mempelajari ada tidaknya fitur tersebut. Oiya bahkan geely panda mobil asal china yg sering dipandang sebelah mata sudah dual air bag lho.
Apakah benar SMers di sini tidak begitu mempertimbangkan fitur keselamatan seperti yg pernah dilontarkan salah satu General Manager produsen ternama di negri kita?
Pada akhirnya bukankah keselamatan itu bukan hanya tanggung jawab pengemudi, polisi, pemerintah, dan masyarakat juga tetapi juga merupakan tanggung jawab produsen mobil juga?
Terus terang saya agak prihatin dengan kesadaran produsen mobil tentang pentingnya keselamatan konsumen dalam membuat sebuah mobil.
Konsumen sering dijadikan objek untuk meraih keuntungan tanpa ada rasa peduli akan nyawa konsumennya. Hal ini sering dilakukan dengan cara menyunat fitur keselamatan terutama air bag agar mobil yg mereka jual lebih murah sehingga lebih laku dan lebih banyak untung.
Memang tidak semua produsen mobil seperti itu. Contohnya adalah honda dan mazda yang selalu terdepan dalam hal fitur keselamatan, bahkan untuk kelas mobil murah lcgc saja brio satya sdh dibenamkan dual air bag dan rangka G-con. Bahkan kini sudah dikembangkan teknologi pedestrian protection untuk melindungi pejalan kaki. Kelihatan sekali niatan kedua pabrikan mobil tersebut untuk tidak asal2an membuat mobil dan sangat memperhatikan keselamatan konsumen. Meskipun image mereka mobil mahal, tapi tidak terpancing untuk menyunat fitur keselamatan supaya penjualan bertambah banyak yg berujung pada keuntungan maksimal.Belakangan ini Toyota juga mulai sadar setelah banyaknya kecelakaan maut yang menimpa konsumen mereka dan kini mulai membenamkan fitur air bag pada semua mobil keluaran baru mereka. Sedangkan daihatsu, suzuki, dan mitsubishi masih harus masih berbenah karena biasanya mereka hanya menyematkan air bag untuk mobil tipe tertinggi. Untuk mobil2 lain seperti ford, kia, hyundai, isuzu, dll saya tidak bisa berkomentar karna belum pernah mempelajari ada tidaknya fitur tersebut. Oiya bahkan geely panda mobil asal china yg sering dipandang sebelah mata sudah dual air bag lho.
Apakah benar SMers di sini tidak begitu mempertimbangkan fitur keselamatan seperti yg pernah dilontarkan salah satu General Manager produsen ternama di negri kita?
Pada akhirnya bukankah keselamatan itu bukan hanya tanggung jawab pengemudi, polisi, pemerintah, dan masyarakat juga tetapi juga merupakan tanggung jawab produsen mobil juga?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Orang jaman dulu masih bisa bawa mobil yg minim fitur safety, selamet2 aja kok... 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 335
- Joined: Sun Jun 30, 2013 7:00
- Location: Sin City
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
IMO semua tergantung kondisi juga, kalo tinggalnya kayak di Jakarta trs sering bawa mobilnya siang-sore keknya airbag cuma optional apalagi jakarta macet2an jalan dikit berhenti kalo ABS EBD immobilizer keknya wajib ada 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Masa sih om? bukannya angka kecelakaan maut dulu itu tinggi sampe2 saya sering lihat di tol ada papan jumlah kecekalaan maut dan ringan tahunan. Dan bukannya karena angka kecelakaan maut yang tinggi itu, maka dibuat teknologi keselamatan untuk meminimalisir cedera....amfibi wrote:Orang jaman dulu masih bisa bawa mobil yg minim fitur safety, selamet2 aja kok...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Sekilas kalo di jakarta yg macet fitur air bag itu seperti mubazir, tapi khan pada kondisi tertentu kita juga sering melewati jalan tol yang sepi dimana kebanyakan mobil lain termasuk mobil kita sendiri melaju dengan kencang?B808BY wrote:IMO semua tergantung kondisi juga, kalo tinggalnya kayak di Jakarta trs sering bawa mobilnya siang-sore keknya airbag cuma optional apalagi jakarta macet2an jalan dikit berhenti kalo ABS EBD immobilizer keknya wajib ada
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Safety comes first buat saya,..
Tiap beli mobil, terutama kelas MPV, safety nya harus paling tinggi di kelas rentang harganya.
Tiap beli mobil, terutama kelas MPV, safety nya harus paling tinggi di kelas rentang harganya.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 335
- Joined: Sun Jun 30, 2013 7:00
- Location: Sin City
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
kalo uda seperti itu kembali ke driver nya masing2, mana tau emang mau cepet-cepet ketemu Tuhanjekael wrote:Sekilas kalo di jakarta yg macet fitur air bag itu seperti mubazir, tapi khan pada kondisi tertentu kita juga sering melewati jalan tol yang sepi dimana kebanyakan mobil lain termasuk mobil kita sendiri melaju dengan kencang?B808BY wrote:IMO semua tergantung kondisi juga, kalo tinggalnya kayak di Jakarta trs sering bawa mobilnya siang-sore keknya airbag cuma optional apalagi jakarta macet2an jalan dikit berhenti kalo ABS EBD immobilizer keknya wajib ada

tapi rata2 mobil yg ga ada airbagnya di indo tergolong mobil low (murah) jadinya mesinnya juga ga bisa kenceng2 amet, belom lagi lain2nya jadi harusnya driver bisa tau takaran kecepatan yg pas buat bawa mobil tsb
-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
safety jelas jadi pertimbangan utama buat beli mobil.... tapi bukan berarti gara-gara mobil ga ada airbagnya ane mengurungkan niat beli.... yg penting sesuai kebutuhan aja...
ane sih berharap pemerintah ada insentif buat bikin regulasi semua mobil std di indonesia harus dilengkapi perangkat safety wajib : airbag dan ABS... kalo bisa ada lembaga crash testnya lebih bagus
safety bukan pekara airbag dan ABS juga loh... beberapa pabrikan mobil bahkan memperhatikan detail kecil - kecil,
misalnya steering remote multifungsi... ini jelas ada nilai safety nya juga... pengemudi ga harus kehilangan konsentrasi gara-gara salah muter track lagu apa salah channel radio, cukup pencet tombol di setir aja...
terus ane sangat salut dengan pabrikan mobil yg perhatiin titik-titik rawan blindspot... ga asal ngedesain mobil keren, tapi begitu disetir pandangan kedepannya ketutup kap mesin, pilarnya ngehalangin pandangan, desain belakangnya bikin kita parno kalo mundur
steering feedback juga salah satu faktor safety loh... mobil yang steering feedbacknya bagus pasti buat menghindari sesuatu yg ga diharapkan di jalan lebih enak (misal : motor nyebrang sembarangan, orang nyebrang kagak di zebra cross, kambing nyebrang, kucing nyebrang, dst
)
dan terkadang di mobil-mobil yang tenaganya gede, perlu juga dikasih jeda sedikit di pedal gasnya.... soalnya agak kurang safe buat driver yang belum pengalaman dan kagetan kalo mobilnya tiba-tiba nyentak
jadi menurut ane sih beberapa mobil yg pake DBW itu juga merupakan faktor safety
biarpun buat speedfreak ini agak ngeganggu 
ane sih berharap pemerintah ada insentif buat bikin regulasi semua mobil std di indonesia harus dilengkapi perangkat safety wajib : airbag dan ABS... kalo bisa ada lembaga crash testnya lebih bagus

safety bukan pekara airbag dan ABS juga loh... beberapa pabrikan mobil bahkan memperhatikan detail kecil - kecil,
misalnya steering remote multifungsi... ini jelas ada nilai safety nya juga... pengemudi ga harus kehilangan konsentrasi gara-gara salah muter track lagu apa salah channel radio, cukup pencet tombol di setir aja...
terus ane sangat salut dengan pabrikan mobil yg perhatiin titik-titik rawan blindspot... ga asal ngedesain mobil keren, tapi begitu disetir pandangan kedepannya ketutup kap mesin, pilarnya ngehalangin pandangan, desain belakangnya bikin kita parno kalo mundur


steering feedback juga salah satu faktor safety loh... mobil yang steering feedbacknya bagus pasti buat menghindari sesuatu yg ga diharapkan di jalan lebih enak (misal : motor nyebrang sembarangan, orang nyebrang kagak di zebra cross, kambing nyebrang, kucing nyebrang, dst

dan terkadang di mobil-mobil yang tenaganya gede, perlu juga dikasih jeda sedikit di pedal gasnya.... soalnya agak kurang safe buat driver yang belum pengalaman dan kagetan kalo mobilnya tiba-tiba nyentak



1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Kalau sepengetahuan saya mobil yg ga ada airbagnya bukan hanya mobil murah yg ga bisa kecepatan tinggi. Rata2 semua mobil yg ada di indo bisa melampaui kecepatan di atas 80 km/jam. Padahal crash test yg dilakukan itu memakai standard kecepatan 65 km/jam dan itupun mobil yg sdh dilengkapi airbag sangat sedikit sekali yg bisa meraih bintang 5 malah kebanyakan dapetnya bintang 4 atau 3. Nggak kebayang khan bagaimana kalau tabrakan terjadi saat kecepatan di atas 65 km/ jam.B808BY wrote:kalo uda seperti itu kembali ke driver nya masing2, mana tau emang mau cepet-cepet ketemu Tuhanjekael wrote:Sekilas kalo di jakarta yg macet fitur air bag itu seperti mubazir, tapi khan pada kondisi tertentu kita juga sering melewati jalan tol yang sepi dimana kebanyakan mobil lain termasuk mobil kita sendiri melaju dengan kencang?B808BY wrote:IMO semua tergantung kondisi juga, kalo tinggalnya kayak di Jakarta trs sering bawa mobilnya siang-sore keknya airbag cuma optional apalagi jakarta macet2an jalan dikit berhenti kalo ABS EBD immobilizer keknya wajib ada![]()
tapi rata2 mobil yg ga ada airbagnya di indo tergolong mobil low (murah) jadinya mesinnya juga ga bisa kenceng2 amet, belom lagi lain2nya jadi harusnya driver bisa tau takaran kecepatan yg pas buat bawa mobil tsb
Saya setuju semua tergantunh driver dalam cara mengemudi, tapi alangkah baiknya kalau produsen mobil juga memperhatikan keselamatan konsumen, karna ga semua konsumen memakai mobilnya pada kecepatan di bawah 65 km/jam.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Setuju banget sama Chz kalau pemerintah seharusnya membuat regulasi tentang fitur keselamatan seperti yang sudah dilakukan di negara2 maju. Kalau begitu produsen mobil ga akan lagi hanya asal membuat mobil untuk keuntungan semata, tapi juga untuk kepuasan dan keselamatan konsumen.ChZ wrote:safety jelas jadi pertimbangan utama buat beli mobil.... tapi bukan berarti gara-gara mobil ga ada airbagnya ane mengurungkan niat beli.... yg penting sesuai kebutuhan aja...
ane sih berharap pemerintah ada insentif buat bikin regulasi semua mobil std di indonesia harus dilengkapi perangkat safety wajib : airbag dan ABS... kalo bisa ada lembaga crash testnya lebih bagus![]()
safety bukan pekara airbag dan ABS juga loh... beberapa pabrikan mobil bahkan memperhatikan detail kecil - kecil,
misalnya steering remote multifungsi... ini jelas ada nilai safety nya juga... pengemudi ga harus kehilangan konsentrasi gara-gara salah muter track lagu apa salah channel radio, cukup pencet tombol di setir aja...
terus ane sangat salut dengan pabrikan mobil yg perhatiin titik-titik rawan blindspot... ga asal ngedesain mobil keren, tapi begitu disetir pandangan kedepannya ketutup kap mesin, pilarnya ngehalangin pandangan, desain belakangnya bikin kita parno kalo mundur![]()
![]()
steering feedback juga salah satu faktor safety loh... mobil yang steering feedbacknya bagus pasti buat menghindari sesuatu yg ga diharapkan di jalan lebih enak (misal : motor nyebrang sembarangan, orang nyebrang kagak di zebra cross, kambing nyebrang, kucing nyebrang, dst)
dan terkadang di mobil-mobil yang tenaganya gede, perlu juga dikasih jeda sedikit di pedal gasnya.... soalnya agak kurang safe buat driver yang belum pengalaman dan kagetan kalo mobilnya tiba-tiba nyentakjadi menurut ane sih beberapa mobil yg pake DBW itu juga merupakan faktor safety
biarpun buat speedfreak ini agak ngeganggu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
klo orang jadul n belum kecelakaan berpikir tidak perlu fitur keselamatan..bikin mahal harga mobil aja..malah ada saudara saya supir angkot di medan lihat mobil saya baut rodanya ada 5 terus dia bilang ini mobil kecil aja bikin repot bnyk bautnya..angkot saya aja cuma 4 kuat..
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Ane lebih pilih mobil yg ada fitur keamanan. Terutama yg membantu pengemudi, macam ABS+EBD+BA+DOA_IBU...
Kalo airbag dan teknologi rangka itu mengurangi dan menyerap efek benturan...
Untuk mencegah maling, immobilizer dan mobil yg humble diperlukan.
Bijimane pun juga, akankah bijaksana kalo tetap mengemudi secara hati2 dan bertanggung jawab...
Perangkat keamanan bukan jaminan mobil invincible... imo
Kalo airbag dan teknologi rangka itu mengurangi dan menyerap efek benturan...
Untuk mencegah maling, immobilizer dan mobil yg humble diperlukan.
Bijimane pun juga, akankah bijaksana kalo tetap mengemudi secara hati2 dan bertanggung jawab...
Perangkat keamanan bukan jaminan mobil invincible... imo

Obey the mahakitteh. 

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Kalau saya pribadi sih lebih berharap :
- Pemberian SIM diperketat
- Kursus safety Driving diwajibkan bagi semua pemegang SIM
Dan dalam kursus tsb ditekankan bahwa berbagai fitur safety pada mobil bukanlah utk membuat driver bisa nyetir ugal2-an / seenaknya
Kadang cilakanya psikologi manusia itu hobby utk "Break the limit"...mentang2 rating NCAP nya tinggi dan segudang fitur safety lalu merasa aman ngebut gila2-an / ugal2-an......ini yg sgt berbahaya
IMO ajah
- Pemberian SIM diperketat
- Kursus safety Driving diwajibkan bagi semua pemegang SIM
Dan dalam kursus tsb ditekankan bahwa berbagai fitur safety pada mobil bukanlah utk membuat driver bisa nyetir ugal2-an / seenaknya
Kadang cilakanya psikologi manusia itu hobby utk "Break the limit"...mentang2 rating NCAP nya tinggi dan segudang fitur safety lalu merasa aman ngebut gila2-an / ugal2-an......ini yg sgt berbahaya
IMO ajah
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Tue Jul 31, 2012 4:31
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Airbag imho overrated... Pasive safety terpenting bagi ane seatbelt (untung semua ada), struktur rangka, sama side door beams... Ane lebih milih dipasang side door beam daripada gimmick airbag pada mobil murah.... (Avanza dkk masih belum ada kan?)
Sisanya aktif safety harus selengkapnya yg ane bisa bayar
Sisanya aktif safety harus selengkapnya yg ane bisa bayar
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
buat ane fitur keselamatan amat sangat penting...karena namanya manusia bawa mobil, ada aja saat sial...kalo kita yang hati2...blom tentu orang lain juga hati2...pengalaman pribadi ane menunjukan saat2 genting yang tidak diharapkan muncul, fitur bisa sedikit banyak membantu...tentunya yang nyetir juga harus dalam kondisi layak nyetir ...
pendapat pribadi.
pendapat pribadi.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
kursus... hmm.. menurut ane bahkan harusnya diberi kursus sejak usia dini... karena sekarang banyak anak SD udah belajar nyetir.... meskipun masih didampingin orang tua... tapi harus ditanamin sejak dini kalo ngebut ugal-ugalan dan nyetir seenak jidat itu bahaya.... kalo udah terdoktrin gitu sejak kecil biasanya sih waktu gede bakal lebih ati-ati bawa mobil....Turboman wrote:Kalau saya pribadi sih lebih berharap :
- Pemberian SIM diperketat
- Kursus safety Driving diwajibkan bagi semua pemegang SIM
Dan dalam kursus tsb ditekankan bahwa berbagai fitur safety pada mobil bukanlah utk membuat driver bisa nyetir ugal2-an / seenaknya
Kadang cilakanya psikologi manusia itu hobby utk "Break the limit"...mentang2 rating NCAP nya tinggi dan segudang fitur safety lalu merasa aman ngebut gila2-an / ugal2-an......ini yg sgt berbahaya
IMO ajah
orangtua juga harus dikursusin gimana cara ngajarin anak nyetir yg bener...
kadang ortu juga ngebiarin anaknya nyetir ngebut.... ane dari dulu sih nyetir lebih dari 40 kph dalem kota pasti udah diomelin ama bokap.... biarpun kalo ga ada bokap bandelnya kumat


yang dibold : apalagi skrg lagi ngetrend foto speedometer.... pamer dapet topspeed berapa.... mungkin bisa jadi pertimbangan ke depan buat pabrikan mobil, sensor yang mendeteksi dari gerakan mata pengemudi... kalo mata pengemudi udah ga keliatan fokus ama jalan mobil bakal langsung ngurangin kecepatan otomatis

mau cari topspeed boleh tapi tau kemampuan juga.... infrastruktur tol di indonesia ga mendukung buat kenceng-kencengan topspeed.... banyak kendaraan berat, jalanan ga rata

dosen ane cerita dia di jerman udah biasa nyetir 170 kph keatas... disini 150kph aja udah ngerem


yang penting sih mau safety segambreng kalo jokinya ga bener ya ujungnya bakal unsafe ga cuma buat jokinya tapi juga orang disekitarnya

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Nyawa dan keselamatan harganya lebih mahal ya Pak daripada baut hehehe...kompresorz wrote:klo orang jadul n belum kecelakaan berpikir tidak perlu fitur keselamatan..bikin mahal harga mobil aja..malah ada saudara saya supir angkot di medan lihat mobil saya baut rodanya ada 5 terus dia bilang ini mobil kecil aja bikin repot bnyk bautnya..angkot saya aja cuma 4 kuat..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Yup benar perangkat keamanan bukan jaminan, tapi setidaknya meminimalisir cedera yg dialami pada saat2 yg tidak terdugamadcat015 wrote:Ane lebih pilih mobil yg ada fitur keamanan. Terutama yg membantu pengemudi, macam ABS+EBD+BA+DOA_IBU...
Kalo airbag dan teknologi rangka itu mengurangi dan menyerap efek benturan...
Untuk mencegah maling, immobilizer dan mobil yg humble diperlukan.
Bijimane pun juga, akankah bijaksana kalo tetap mengemudi secara hati2 dan bertanggung jawab...
Perangkat keamanan bukan jaminan mobil invincible... imo
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Yup lagi2 emang kembali ke manusianya... akan lebih baik kalo pengemudi sadar akan keselamatan dan produsen mobil juga sadar akan keselamatan komsumennya. Keduanya harus sinergis ditambah dengan perhatian serius dari kepolisian dan pemerintah...Turboman wrote:Kalau saya pribadi sih lebih berharap :
- Pemberian SIM diperketat
- Kursus safety Driving diwajibkan bagi semua pemegang SIM
Dan dalam kursus tsb ditekankan bahwa berbagai fitur safety pada mobil bukanlah utk membuat driver bisa nyetir ugal2-an / seenaknya
Kadang cilakanya psikologi manusia itu hobby utk "Break the limit"...mentang2 rating NCAP nya tinggi dan segudang fitur safety lalu merasa aman ngebut gila2-an / ugal2-an......ini yg sgt berbahaya
IMO ajah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Untuk avanza saya tidak bisa komentar karna saya tidak begitu paham dan jarang toyota mengkampanyekan fitur keselamatan. Tapi setahu saya untuk mobil mewah mereka macam Prius sdh bagus sekali dalam hal fitur keselamatan.peace wrote:Airbag imho overrated... Pasive safety terpenting bagi ane seatbelt (untung semua ada), struktur rangka, sama side door beams... Ane lebih milih dipasang side door beam daripada gimmick airbag pada mobil murah.... (Avanza dkk masih belum ada kan?)
Sisanya aktif safety harus selengkapnya yg ane bisa bayar
Kalau door side impact beam biasanya istilah ini dipakai suzuki untuk meminimalisir bahaya tabrakan dr samping, tapi tidak dari depan atau belakang.
Kalau Honda biasanya memakai istilah rangka G-Con+ACE untuk seluruh sisi body. Pernah baca di suatu artikel, Di Jepang sendiri, Honda selalu menjadi pabrikan nomor 1 dalam rating keselamatan. Dan mereka sangat komit dalam hal ini dan tidak pandang bulu memberi fitur tersebut entah mobil murah atau mobil mahal.
Hampir mirip dengan Honda, Mazda memakai istilah tripple H safety construction + MAIDAS. Secara konsep mirip dengan G-con dan ACE
Untuk air bag, saya pikir fitur ini harus ada pada semua mobil toh kalau semua mobil memakai air bag tentunya fitur ini akan menjadi semakin murah.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
setuju sama oom Turboman. buat saya keamanan dan keselamatan lebih utama.
dan sudah selayaknya kita menghargai serta selalu menggunakan alat canggih nan sederhana ciptaan Nils Bohlin, ya, seat belt. akan percuma mobil yang dilengkapi airbag di seluruh kabin tapi pengemudi dan penumpangnya tidak memakai seat belt, atau memang sengaja ingin membandingkan empuk mana bantal dirumah dengan airbag?
dan sudah selayaknya kita menghargai serta selalu menggunakan alat canggih nan sederhana ciptaan Nils Bohlin, ya, seat belt. akan percuma mobil yang dilengkapi airbag di seluruh kabin tapi pengemudi dan penumpangnya tidak memakai seat belt, atau memang sengaja ingin membandingkan empuk mana bantal dirumah dengan airbag?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Yup setuju banget, kadang kalo kitanya hati2 kita tidak bisa menjamin orang lain juga berhati2 dan sewaktu2 bisa membahayakan keselamatan kita. Disinilah pentingnya fitur safety.ecco wrote:buat ane fitur keselamatan amat sangat penting...karena namanya manusia bawa mobil, ada aja saat sial...kalo kita yang hati2...blom tentu orang lain juga hati2...pengalaman pribadi ane menunjukan saat2 genting yang tidak diharapkan muncul, fitur bisa sedikit banyak membantu...tentunya yang nyetir juga harus dalam kondisi layak nyetir ...
pendapat pribadi.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Wow keren juga tuh idenya, sensor otomatis untuk mengurangi kecepatan saatata tidak fokus, kayaknya belum ada yg seperti itu. Boleh juga idenya :-)ChZ wrote:kursus... hmm.. menurut ane bahkan harusnya diberi kursus sejak usia dini... karena sekarang banyak anak SD udah belajar nyetir.... meskipun masih didampingin orang tua... tapi harus ditanamin sejak dini kalo ngebut ugal-ugalan dan nyetir seenak jidat itu bahaya.... kalo udah terdoktrin gitu sejak kecil biasanya sih waktu gede bakal lebih ati-ati bawa mobil....Turboman wrote:Kalau saya pribadi sih lebih berharap :
- Pemberian SIM diperketat
- Kursus safety Driving diwajibkan bagi semua pemegang SIM
Dan dalam kursus tsb ditekankan bahwa berbagai fitur safety pada mobil bukanlah utk membuat driver bisa nyetir ugal2-an / seenaknya
Kadang cilakanya psikologi manusia itu hobby utk "Break the limit"...mentang2 rating NCAP nya tinggi dan segudang fitur safety lalu merasa aman ngebut gila2-an / ugal2-an......ini yg sgt berbahaya
IMO ajah
orangtua juga harus dikursusin gimana cara ngajarin anak nyetir yg bener...
kadang ortu juga ngebiarin anaknya nyetir ngebut.... ane dari dulu sih nyetir lebih dari 40 kph dalem kota pasti udah diomelin ama bokap.... biarpun kalo ga ada bokap bandelnya kumat![]()
![]()
yang dibold : apalagi skrg lagi ngetrend foto speedometer.... pamer dapet topspeed berapa.... mungkin bisa jadi pertimbangan ke depan buat pabrikan mobil, sensor yang mendeteksi dari gerakan mata pengemudi... kalo mata pengemudi udah ga keliatan fokus ama jalan mobil bakal langsung ngurangin kecepatan otomatis
mau cari topspeed boleh tapi tau kemampuan juga.... infrastruktur tol di indonesia ga mendukung buat kenceng-kencengan topspeed.... banyak kendaraan berat, jalanan ga rata![]()
dosen ane cerita dia di jerman udah biasa nyetir 170 kph keatas... disini 150kph aja udah ngeremmembuktikan betapa tol di indonesia ngga "topspeed-certified"
yang penting sih mau safety segambreng kalo jokinya ga bener ya ujungnya bakal unsafe ga cuma buat jokinya tapi juga orang disekitarnya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Contohnya, yang masih punya Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, Carry Extra, notabene fitur safety nol, tanpa bonnet, masih selamat juga...jekael wrote:Masa sih om? bukannya angka kecelakaan maut dulu itu tinggi sampe2 saya sering lihat di tol ada papan jumlah kecekalaan maut dan ringan tahunan. Dan bukannya karena angka kecelakaan maut yang tinggi itu, maka dibuat teknologi keselamatan untuk meminimalisir cedera....amfibi wrote:Orang jaman dulu masih bisa bawa mobil yg minim fitur safety, selamet2 aja kok...
Mungkin karena mereka tau kalau kaki jadi bemper, ngga terlalu macam macam lah nyupirnya.
Artinya, mereka mereka ini sudah mengkarakterkan diri mereka sendiri, safety BUKAN dari fitur mobil, tapi dari ETIKA nyetir di jalan. Mereka udah ngerti, lari segini, mobil goyang dombret, nikung segini, mobil udah limbung, jadi ngga overpede yang berujung pada maut.

Kalo menurutku sih, selama penegakan hukum masih TIDAK JALAN di Indonesia, waste my money untuk beli mobil dengan fitur safety segambreng.
Fitur safety itu bekerja pada BATAS kecepatan tertentu.
Apakah crash test, side crash dan rolling test dilakukan pada kecepatan 100km/jam lebih? TIDAK.
Uji tabrak, tabrakan samping dan uji penggulingan kendaraan dilakukan pada kecepatan 64 km/jam (ASEAN NCAP dan Australia NCAP).
Kenyataannya:
Berapa rata2 orang melajukan kendaraan di jalan dalkot, tol dan lukot?
Realistis aja, dan mengakulah.
Ada Penegakan Hukum saat pelanggaran kecepatan?
So, kalau kecelakaan terjadi saat kendaraan dipacu 170 km/jam, langsung percuma semua itu perangkat safety yang ada. Semua langsung bubar jalan. Berlaku pada kondisi pelaku ngebut DAN KORBAN yang ditabrak. Karena, korban yang ditabrak pelanggar batas kecepatan, kendaraannya juga akan kena defect yang ga main main hancurnya.
Inget avanza yang dihajar bus yang ngebut dan nyundul truk depannya?
Apakah bus yang ngebut itu hanya di kecepatan 80? Tidak. Sering saya di tol itu di kecepatan maksimal 100 km/jam, bus Big Bird melaju dengan santainya di lajur kanan, melewati avanza saya dengan cepatnya.; Estimasi saya, 125 km/jam itu bus.
Nah, kalau saat itu busnya nyundul mobil di depannya dengan keras, bagaimana? Kendaraan bobot mati berapa ton itu massanya? Bos metket udah punya rumusnya itu menghitung kekuatan impact nya.

Tapi kejadian juga, teman dari teman kantor saya, ber enam naik Avanza, terguling guling di tol sampai kondisi kendaraannya dihitung Total Loss oleh asuransi dan ganti baru, selamat semua kok, karena pakai sabuk pengaman semua.
Minim fitur kecelakaan kan?
Kecuali kalo mobil Anda dilengkapi tambahan rollbar pada sekujur interior mobil sesuai regulasi FIA, baik dari spesifikasi teknis rollbar sampai regulasi pemasangan, dan Anda pakai helm di dalam mobil, bolehlah sedikit tenang melaju melanggar batas kecepatan menuju sirkuit tempat Anda bertanding.

Last edited by VanzMatic on Tue Oct 22, 2013 1:28, edited 1 time in total.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat May 11, 2013 2:07
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Justru karena gak ada aturan jadi sangat penting om...kok malah kebalik :p Kalo nabrak 170 sih udah terima nasib aja - tapi bisa juga selamat kaya si dul. Kalo minim fitur safety (body cage, roof strength, airbag, dll) kemungkinan besarudah hilang nyawa itu anak.