Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kalau zenix ini gimana ya. Saya liat beberapa user zenix tuh yang mungkin sebelumnya mobilnya ga canggih2 amat, di grup owner zenix suka nanya pertanyaan basic. Ditambah memang lampu zenix itu kan multireflektor + lagi hype pasang mini projie atau bahkan bobok headlamp. Zenix ini pasang drl aja kalau sembarang pasang bisa kena ecu.
Nah bisa jadi user2 awam ini pasang lampu di bengkel variasi yang kurang pengalaman atau asal2an. Pernah tuh liat ada bengkel yang pasang biled foglamp tapi kipas nya dilakban. Mana housing nya cuma dilem seadanya, bisa resiko kemasukan air.
Kayaknya ada salah design di Zenix krn kalo nyasar pengguna yg sebelumnya dari reborn atau kijang lama yg semuanya serba manual dan gampang di oprek. Begitu upgrade ke Zenix, lampu multireflektor (kurang terang), kelistrikan kena hybrid pula.
Harusnya designer Toyota paham lah marketnya Zenix itu gimana, dikasih donk LED projector gitu jangan multireflektor. Yg udah pake projector aja masih hobi pasang projie 12 biji, trus kaca depan dikasih film 60%, gelap semua.
peterming77 wrote: Thu May 15, 2025 3:05
Kayaknya ada salah design di Zenix krn kalo nyasar pengguna yg sebelumnya dari reborn atau kijang lama yg semuanya serba manual dan gampang di oprek. Begitu upgrade ke Zenix, lampu multireflektor (kurang terang), kelistrikan kena hybrid pula.
Harusnya designer Toyota paham lah marketnya Zenix itu gimana, dikasih donk LED projector gitu jangan multireflektor. Yg udah pake projector aja masih hobi pasang projie 12 biji, trus kaca depan dikasih film 60%, gelap semua.
gak ada yang salah om itulah kalo kebanyakan maen elektronik jadinya cengeng kenapa toyota robus2x malah yang tua2x karena yang robus peratiin aja elektroniknya minim semua
makannya gw ketawa aja liat mobil china tungguin aja kalo ud ada umur bisa punah masuk junkyard semua ini gak bisa itu gak bisa
toyota paham marketnya gimana kenapa calya rush gak di rubah2x bahkan reborn di tahan gak di suntik mati bahkan, konsumen genz nya aja banyak mau bisanya cuma ngehujat kalo gak kayak mobil china
kalo kata saya mamam dah tuh modern = more money kalo kenapa2x sama gak bebas
jgn lupa rangga itu contoh bagus toyota tau konsumen maunya apa
peterming77 wrote: Thu May 15, 2025 2:58
kalo dilihat sekilas sih itu api di ruang mesin jadi ya mungkin korslet kabel tetot atau projie jahanam. Batre hybrid dibawah kursi penumpang + sopir depan, terlalu jauh buat kebakar kalo sumbernya di ruang mesin.
jgn lupa kabel konektor batrenya om itu ngewer di tempat apinya paling gede dan kebanyakan hybrid kebakar apinya gede disitu artinya biangnya disitu takutna itu kabel kerja keras charging dan dischrage lama2x overheat konslet makannya hybrid saya liatin banyak banget kabin mesinnya yang meleduk duluan
peterming77 wrote: Thu May 15, 2025 3:05
Kayaknya ada salah design di Zenix krn kalo nyasar pengguna yg sebelumnya dari reborn atau kijang lama yg semuanya serba manual dan gampang di oprek. Begitu upgrade ke Zenix, lampu multireflektor (kurang terang), kelistrikan kena hybrid pula.
Harusnya designer Toyota paham lah marketnya Zenix itu gimana, dikasih donk LED projector gitu jangan multireflektor. Yg udah pake projector aja masih hobi pasang projie 12 biji, trus kaca depan dikasih film 60%, gelap semua.
gak ada yang salah om itulah kalo kebanyakan maen elektronik jadinya cengeng kenapa toyota robus2x malah yang tua2x karena yang robus peratiin aja elektroniknya minim semua
makannya gw ketawa aja liat mobil china tungguin aja kalo ud ada umur bisa punah masuk junkyard semua ini gak bisa itu gak bisa
toyota paham marketnya gimana kenapa calya rush gak di rubah2x bahkan reborn di tahan gak di suntik mati bahkan, konsumen genz nya aja banyak mau bisanya cuma ngehujat kalo gak kayak mobil china
kalo kata saya mamam dah tuh modern = more money kalo kenapa2x sama gak bebas
jgn lupa rangga itu contoh bagus toyota tau konsumen maunya apa
Konsumen GenZ terbiasa dengan gadget canggih macam HP dan tablet jadi tolak ukurnya gadget itu, tapi lupa kalau gadget itu biaya service murah kalau udah rusak parah tinggal beli lagi. Sementara mobil ga gitu, rusak ditengah jalan bisa berujung celaka atau minimal balik kanan gagal ketempat tujuan.
Sebagai user yang udah kenyang susahnya miara Peugeot, asli deh.. electronic yang kompleks itu bikin anoyying. Kadang rusaknya apa, yang muncul di popup peringatan apa. Mobil bisa jalan, tapi masuk safe mode terus. Pernah sensor temperatur rusak aja, itu kebaca overheat, masuk safe mode dan AC mobilnya ga dingin.
Mobil jaman sekarang makin banyak sensor dan software yang jadi butuh update berkala macam Windows aja..
peterming77 wrote: Thu May 15, 2025 3:05
Kayaknya ada salah design di Zenix krn kalo nyasar pengguna yg sebelumnya dari reborn atau kijang lama yg semuanya serba manual dan gampang di oprek. Begitu upgrade ke Zenix, lampu multireflektor (kurang terang), kelistrikan kena hybrid pula.
Harusnya designer Toyota paham lah marketnya Zenix itu gimana, dikasih donk LED projector gitu jangan multireflektor. Yg udah pake projector aja masih hobi pasang projie 12 biji, trus kaca depan dikasih film 60%, gelap semua.
gak ada yang salah om itulah kalo kebanyakan maen elektronik jadinya cengeng kenapa toyota robus2x malah yang tua2x karena yang robus peratiin aja elektroniknya minim semua
makannya gw ketawa aja liat mobil china tungguin aja kalo ud ada umur bisa punah masuk junkyard semua ini gak bisa itu gak bisa
toyota paham marketnya gimana kenapa calya rush gak di rubah2x bahkan reborn di tahan gak di suntik mati bahkan, konsumen genz nya aja banyak mau bisanya cuma ngehujat kalo gak kayak mobil china
kalo kata saya mamam dah tuh modern = more money kalo kenapa2x sama gak bebas
jgn lupa rangga itu contoh bagus toyota tau konsumen maunya apa
Konsumen GenZ terbiasa dengan gadget canggih macam HP dan tablet jadi tolak ukurnya gadget itu, tapi lupa kalau gadget itu biaya service murah kalau udah rusak parah tinggal beli lagi. Sementara mobil ga gitu, rusak ditengah jalan bisa berujung celaka atau minimal balik kanan gagal ketempat tujuan.
Sebagai user yang udah kenyang susahnya miara Peugeot, asli deh.. electronic yang kompleks itu bikin anoyying. Kadang rusaknya apa, yang muncul di popup peringatan apa. Mobil bisa jalan, tapi masuk safe mode terus. Pernah sensor temperatur rusak aja, itu kebaca overheat, masuk safe mode dan AC mobilnya ga dingin.
Mobil jaman sekarang makin banyak sensor dan software yang jadi butuh update berkala macam Windows aja..
Iya by design biar ganti tiap bbrp tahun tertentu,
Sehingga revenue stream keep going on
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Thu May 15, 2025 23:04
Ini harus ditanya dan klo perlu sebelum spk (untuk learning bersama) ada hitam di atas putih, bersama pihak penjamin / asuransi, dkk nya.
Krn "major" cases: berasap itu ketika lg dicharge atau dlm kondisi parkir / diam di tempat tinggal.
Klo kebakaran di jalan, less risk.
mana ada kek gitu paling cuma di cekokin berita EV itu aman ini itu kita ini kita itu padahal gila china solar panel aja di kasih kill switch jgn2x itu EV ada missile mode
Suryaputra wrote: Thu May 15, 2025 23:04
Ini harus ditanya dan klo perlu sebelum spk (untuk learning bersama) ada hitam di atas putih, bersama pihak penjamin / asuransi, dkk nya.
Krn "major" cases: berasap itu ketika lg dicharge atau dlm kondisi parkir / diam di tempat tinggal.
Klo kebakaran di jalan, less risk.
mana ada kek gitu paling cuma di cekokin berita EV itu aman ini itu kita ini kita itu padahal gila china solar panel aja di kasih kill switch jgn2x itu EV ada missile mode
Solar panel
Save energynya kan ke high voltage batre juga.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sebetulnya sama aja, mobil ICE jg banyak yg terbakar. hanya saja memang sudah lama dan sudah biasa, sedangkan EV masih baru dan lebih disorot, lebih trending kalo dijadikan bahan berita.
pdhl kalo diliat, banyak juga mobil ICE yg kebakar krn korsleting, overheat, diesel runaway dll.
r1409 wrote: Fri May 16, 2025 1:51
sebetulnya sama aja, mobil ICE jg banyak yg terbakar. hanya saja memang sudah lama dan sudah biasa, sedangkan EV masih baru dan lebih disorot, lebih trending kalo dijadikan bahan berita.
pdhl kalo diliat, banyak juga mobil ICE yg kebakar krn korsleting, overheat, diesel runaway dll.
gak 3 hari parkir terus meleduk juga kali
hybrid juga banyak justru saya lagi curiga yang meleduk wiring karena posisi meleduk selalu sama di belakang mesin dimana kabel batre ngewer disitu
EV itu gak jelas meleduknya kapan kalo ICE lebih banyak dari manusianya ceroboh modifikasi sembarangan, gak di rawat dengan baik , atau kayak kasus nissan itu sebenernya gampang di cegah tinggal cabut peredam ilang sudah resikonya
dan susah nemu kasus ice di parkir berhari2x tiba2x kebakar kalo ada pun ujung2xnya pasti elektronik dimana di ice cuma 12 volt di EV itu ratusan volt
ditambah EV itu kena air apinya makin ganas itu SEAL colling downnya aja 3 jem padahal gak meleduk sampe kebakaran
timbermaniac123 wrote: Thu May 15, 2025 3:25
Wah jadi mulai parno mau ambil hybrid. Om peter corcross nya aman kah selama ini ?
So far aman si CorCross HEV, sehari2 saya pake ke kantor parkir di lapangan juga. Nga ada yg rewel2, baru sekali ganti ACCU awal tahun ini setelah jalan 3 tahun. Iritnya masih dapat, batre hybrid juga di cek di beres semua masih dalam paremeter normal, dan semoga aman terus sampe next cycle dapat mobil pengganti dari kantor hehehe.
peterming77 wrote: Fri May 16, 2025 2:04
So far aman si CorCross HEV, sehari2 saya pake ke kantor parkir di lapangan juga. Nga ada yg rewel2, baru sekali ganti ACCU awal tahun ini setelah jalan 3 tahun. Iritnya masih dapat, batre hybrid juga di cek di beres semua masih dalam paremeter normal, dan semoga aman terus sampe next cycle dapat mobil pengganti dari kantor hehehe.
kayaknya kalo hybrid kabel orange yang musti di aware om
sebenernya gampang si siapin sarung panas tahan panas sama apar gede kalo tiba2x kebakar lsg semprot belakang mesinnya, sarung tangan itu buat buka kap mesinnya
atau semprot dari kolong karena itu kabel biasanya ngewernya ke kolong
harusnya kebakar kalo mobil sedang operasional juga rata2x hybrid emang meleduknya di jalan sih
peterming77 wrote: Fri May 16, 2025 2:04
So far aman si CorCross HEV, sehari2 saya pake ke kantor parkir di lapangan juga. Nga ada yg rewel2, baru sekali ganti ACCU awal tahun ini setelah jalan 3 tahun. Iritnya masih dapat, batre hybrid juga di cek di beres semua masih dalam paremeter normal, dan semoga aman terus sampe next cycle dapat mobil pengganti dari kantor hehehe.
kayaknya kalo hybrid kabel orange yang musti di aware om
sebenernya gampang si siapin sarung panas tahan panas sama apar gede kalo tiba2x kebakar lsg semprot belakang mesinnya, sarung tangan itu buat buka kap mesinnya
atau semprot dari kolong karena itu kabel biasanya ngewernya ke kolong
harusnya kebakar kalo mobil sedang operasional juga rata2x hybrid emang meleduknya di jalan sih
karena kabel harusnya lebih gampang padam
Yes kabel orange saya sering cek, sejauh ini nga ada yg nglewer atau terkelupas atau lain2 sih, semoga nga ada kejadian. Di rumah saya parkirnya juga carport depan nga masuk garasi.
r1409 wrote: Fri May 16, 2025 1:51
sebetulnya sama aja, mobil ICE jg banyak yg terbakar. hanya saja memang sudah lama dan sudah biasa, sedangkan EV masih baru dan lebih disorot, lebih trending kalo dijadikan bahan berita.
pdhl kalo diliat, banyak juga mobil ICE yg kebakar krn korsleting, overheat, diesel runaway dll.
gak 3 hari parkir terus meleduk juga kali
hybrid juga banyak justru saya lagi curiga yang meleduk wiring karena posisi meleduk selalu sama di belakang mesin dimana kabel batre ngewer disitu
EV itu gak jelas meleduknya kapan kalo ICE lebih banyak dari manusianya ceroboh modifikasi sembarangan, gak di rawat dengan baik , atau kayak kasus nissan itu sebenernya gampang di cegah tinggal cabut peredam ilang sudah resikonya
dan susah nemu kasus ice di parkir berhari2x tiba2x kebakar kalo ada pun ujung2xnya pasti elektronik dimana di ice cuma 12 volt di EV itu ratusan volt
ditambah EV itu kena air apinya makin ganas itu SEAL colling downnya aja 3 jem padahal gak meleduk sampe kebakaran
Yups, pure ICE kebakar lebih predictable. Setidaknya faktor penyebab lebih bisa dicegah. Orang yang pakai mobilnya jorok juga kebanyakan aman² saja, paling kalau rusak ya mesin, kaki² atau transmisi.
Sementara mobil EV ini, mobil standar dengan orang yang apik merawat saja masih punya peluang untuk kejadian kebakaran juga.
Btw Tiggo 8 CSH belum ada yang review ya? Claim seirit Honda Beat bikin penasaran..
Pugman wrote: Fri May 16, 2025 5:54
Yups, pure ICE kebakar lebih predictable. Setidaknya faktor penyebab lebih bisa dicegah. Orang yang pakai mobilnya jorok juga kebanyakan aman² saja, paling kalau rusak ya mesin, kaki² atau transmisi.
Sementara mobil EV ini, mobil standar dengan orang yang apik merawat saja masih punya peluang untuk kejadian kebakaran juga.
Btw Tiggo 8 CSH belum ada yang review ya? Claim seirit Honda Beat bikin penasaran..
itu bukan irit om EV mode 90km bisa colok gak usah isi bensin kecuali om pergi diatas 90km baru icenya jalan buat charge sisanya bisa charge di rumah pake charger lagian lebih aman daripada pake mesin ice yang gak stabil arus listriknya
kalo saya 90KM bisa PP gading cengkareng jd artinya mesin ICEnya gak jalan harusnya
Pugman wrote: Fri May 16, 2025 5:54
-del-
Btw Tiggo 8 CSH belum ada yang review ya? Claim seirit Honda Beat bikin penasaran..
saya dalam tahap mempengaruhi istri supaya approve akuisisi T8 CSH, tapi sepertinya sulit banget, karena beliau typical most konoha people, buy Toyota meski fitur kopongan, balon safety cuma 2 biji.
sampe ada yg bilang, jual spec trondol harga segitu is a CRIME