Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 770
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by peterming77 »

timbermaniac123 wrote: Thu May 15, 2025 2:52
TUFF Stough wrote: Thu May 15, 2025 1:23
dan kalo gugling pake keyword

Code: Select all

kebakaran zenix hybrid
ternyata banyak kasusnya.
Kalau zenix ini gimana ya. Saya liat beberapa user zenix tuh yang mungkin sebelumnya mobilnya ga canggih2 amat, di grup owner zenix suka nanya pertanyaan basic. Ditambah memang lampu zenix itu kan multireflektor + lagi hype pasang mini projie atau bahkan bobok headlamp. Zenix ini pasang drl aja kalau sembarang pasang bisa kena ecu.

Nah bisa jadi user2 awam ini pasang lampu di bengkel variasi yang kurang pengalaman atau asal2an. Pernah tuh liat ada bengkel yang pasang biled foglamp tapi kipas nya dilakban. Mana housing nya cuma dilem seadanya, bisa resiko kemasukan air.
Kayaknya ada salah design di Zenix krn kalo nyasar pengguna yg sebelumnya dari reborn atau kijang lama yg semuanya serba manual dan gampang di oprek. Begitu upgrade ke Zenix, lampu multireflektor (kurang terang), kelistrikan kena hybrid pula.

Harusnya designer Toyota paham lah marketnya Zenix itu gimana, dikasih donk LED projector gitu jangan multireflektor. Yg udah pake projector aja masih hobi pasang projie 12 biji, trus kaca depan dikasih film 60%, gelap semua.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6252
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by b0ku »

peterming77 wrote: Thu May 15, 2025 3:05 Kayaknya ada salah design di Zenix krn kalo nyasar pengguna yg sebelumnya dari reborn atau kijang lama yg semuanya serba manual dan gampang di oprek. Begitu upgrade ke Zenix, lampu multireflektor (kurang terang), kelistrikan kena hybrid pula.

Harusnya designer Toyota paham lah marketnya Zenix itu gimana, dikasih donk LED projector gitu jangan multireflektor. Yg udah pake projector aja masih hobi pasang projie 12 biji, trus kaca depan dikasih film 60%, gelap semua.
gak ada yang salah om itulah kalo kebanyakan maen elektronik jadinya cengeng kenapa toyota robus2x malah yang tua2x karena yang robus peratiin aja elektroniknya minim semua :big_biglaugh:

makannya gw ketawa aja liat mobil china tungguin aja kalo ud ada umur bisa punah masuk junkyard semua ini gak bisa itu gak bisa :mky_07:

toyota paham marketnya gimana kenapa calya rush gak di rubah2x bahkan reborn di tahan gak di suntik mati bahkan, konsumen genz nya aja banyak mau bisanya cuma ngehujat kalo gak kayak mobil china :mky_07:

kalo kata saya mamam dah tuh modern = more money kalo kenapa2x sama gak bebas :mky_07:

jgn lupa rangga itu contoh bagus toyota tau konsumen maunya apa :mky_03:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6252
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by b0ku »

peterming77 wrote: Thu May 15, 2025 2:58
kalo dilihat sekilas sih itu api di ruang mesin jadi ya mungkin korslet kabel tetot atau projie jahanam. Batre hybrid dibawah kursi penumpang + sopir depan, terlalu jauh buat kebakar kalo sumbernya di ruang mesin.
jgn lupa kabel konektor batrenya om itu ngewer di tempat apinya paling gede dan kebanyakan hybrid kebakar apinya gede disitu artinya biangnya disitu takutna itu kabel kerja keras charging dan dischrage lama2x overheat konslet makannya hybrid saya liatin banyak banget kabin mesinnya yang meleduk duluan :big_bored:
b0ku wrote: Wed May 14, 2025 23:36





kalo liat beberapa kasus hybrid BYD posisi apinya selalu sama biasanya posisi itu ada kabel yang connect mesin ke batre :big_think:

posisi itu juga harusnya tempat paling panas harusnya tuh kabel ud waktunya di kasih lapisan liquid colling :big_think:

Image

beda kalo yang kena batre berasep dulu baru meledak dan apinya nyebar kemana2x juga langsung :big_think:



:big_think:

nah zenix juga sama kan :big_think:

Image



itu kabelkerjanya berat banget ud kasih IN ke batre terus ada lagi kabel yang out ke motor listrik :big_think:

ditambah kan itu juga harusnya jatuhnya fastcharging karena chargenya bukannya cepet ya batre hybrid :big_think:
ni om ud saya jelasin di lapak sebelah
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by timbermaniac123 »

Wah jadi mulai parno mau ambil hybrid. Om peter corcross nya aman kah selama ini ?
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by Pugman »

Suryaputra wrote: Wed May 14, 2025 10:00
Pugman wrote: Wed May 14, 2025 9:54
Salvanost wrote: Wed May 14, 2025 9:26 1 hari langsung viral kasus BYD :big_biglaugh:
Penasaran sebenarnya petingginya bisa gercep kasih mobil pengganti dulu apa ga :big_think:

Tapi pemadam kebakarannya keren sih udah ada alat semprit khusus EV yg ditaruh dibawah mobil EV
Yang sudah keluar berita bantahan ya.. berasap bukan terbakar

:big_slap:

Beneran keren Damkar ini memang..
proses terbakar kan
1. panas
2. berasap
3. terbakar

sama kayak minyak panas,
berasap dulu, baru berapi :mky_03:
Saya masih tanda tanya itu kalau sampai rumah ikut terbakar gimana ya? Ikut ditanggung ga ya..
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by Pugman »

b0ku wrote: Thu May 15, 2025 3:13
peterming77 wrote: Thu May 15, 2025 3:05 Kayaknya ada salah design di Zenix krn kalo nyasar pengguna yg sebelumnya dari reborn atau kijang lama yg semuanya serba manual dan gampang di oprek. Begitu upgrade ke Zenix, lampu multireflektor (kurang terang), kelistrikan kena hybrid pula.

Harusnya designer Toyota paham lah marketnya Zenix itu gimana, dikasih donk LED projector gitu jangan multireflektor. Yg udah pake projector aja masih hobi pasang projie 12 biji, trus kaca depan dikasih film 60%, gelap semua.
gak ada yang salah om itulah kalo kebanyakan maen elektronik jadinya cengeng kenapa toyota robus2x malah yang tua2x karena yang robus peratiin aja elektroniknya minim semua :big_biglaugh:

makannya gw ketawa aja liat mobil china tungguin aja kalo ud ada umur bisa punah masuk junkyard semua ini gak bisa itu gak bisa :mky_07:

toyota paham marketnya gimana kenapa calya rush gak di rubah2x bahkan reborn di tahan gak di suntik mati bahkan, konsumen genz nya aja banyak mau bisanya cuma ngehujat kalo gak kayak mobil china :mky_07:

kalo kata saya mamam dah tuh modern = more money kalo kenapa2x sama gak bebas :mky_07:

jgn lupa rangga itu contoh bagus toyota tau konsumen maunya apa :mky_03:
Konsumen GenZ terbiasa dengan gadget canggih macam HP dan tablet jadi tolak ukurnya gadget itu, tapi lupa kalau gadget itu biaya service murah kalau udah rusak parah tinggal beli lagi. Sementara mobil ga gitu, rusak ditengah jalan bisa berujung celaka atau minimal balik kanan gagal ketempat tujuan.

Sebagai user yang udah kenyang susahnya miara Peugeot, asli deh.. electronic yang kompleks itu bikin anoyying. Kadang rusaknya apa, yang muncul di popup peringatan apa. Mobil bisa jalan, tapi masuk safe mode terus. Pernah sensor temperatur rusak aja, itu kebaca overheat, masuk safe mode dan AC mobilnya ga dingin.

Mobil jaman sekarang makin banyak sensor dan software yang jadi butuh update berkala macam Windows aja..
:mky_01:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12577
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by Suryaputra »

Pugman wrote: Thu May 15, 2025 16:44
b0ku wrote: Thu May 15, 2025 3:13
peterming77 wrote: Thu May 15, 2025 3:05 Kayaknya ada salah design di Zenix krn kalo nyasar pengguna yg sebelumnya dari reborn atau kijang lama yg semuanya serba manual dan gampang di oprek. Begitu upgrade ke Zenix, lampu multireflektor (kurang terang), kelistrikan kena hybrid pula.

Harusnya designer Toyota paham lah marketnya Zenix itu gimana, dikasih donk LED projector gitu jangan multireflektor. Yg udah pake projector aja masih hobi pasang projie 12 biji, trus kaca depan dikasih film 60%, gelap semua.
gak ada yang salah om itulah kalo kebanyakan maen elektronik jadinya cengeng kenapa toyota robus2x malah yang tua2x karena yang robus peratiin aja elektroniknya minim semua :big_biglaugh:

makannya gw ketawa aja liat mobil china tungguin aja kalo ud ada umur bisa punah masuk junkyard semua ini gak bisa itu gak bisa :mky_07:

toyota paham marketnya gimana kenapa calya rush gak di rubah2x bahkan reborn di tahan gak di suntik mati bahkan, konsumen genz nya aja banyak mau bisanya cuma ngehujat kalo gak kayak mobil china :mky_07:

kalo kata saya mamam dah tuh modern = more money kalo kenapa2x sama gak bebas :mky_07:

jgn lupa rangga itu contoh bagus toyota tau konsumen maunya apa :mky_03:
Konsumen GenZ terbiasa dengan gadget canggih macam HP dan tablet jadi tolak ukurnya gadget itu, tapi lupa kalau gadget itu biaya service murah kalau udah rusak parah tinggal beli lagi. Sementara mobil ga gitu, rusak ditengah jalan bisa berujung celaka atau minimal balik kanan gagal ketempat tujuan.

Sebagai user yang udah kenyang susahnya miara Peugeot, asli deh.. electronic yang kompleks itu bikin anoyying. Kadang rusaknya apa, yang muncul di popup peringatan apa. Mobil bisa jalan, tapi masuk safe mode terus. Pernah sensor temperatur rusak aja, itu kebaca overheat, masuk safe mode dan AC mobilnya ga dingin.

Mobil jaman sekarang makin banyak sensor dan software yang jadi butuh update berkala macam Windows aja..
:mky_01:
Iya by design biar ganti tiap bbrp tahun tertentu,
Sehingga revenue stream keep going on :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12577
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by Suryaputra »

Pugman wrote: Thu May 15, 2025 16:28
Suryaputra wrote: Wed May 14, 2025 10:00
Pugman wrote: Wed May 14, 2025 9:54

Yang sudah keluar berita bantahan ya.. berasap bukan terbakar

:big_slap:

Beneran keren Damkar ini memang..
proses terbakar kan
1. panas
2. berasap
3. terbakar

sama kayak minyak panas,
berasap dulu, baru berapi :mky_03:
Saya masih tanda tanya itu kalau sampai rumah ikut terbakar gimana ya? Ikut ditanggung ga ya..
Ini harus ditanya dan klo perlu sebelum spk (untuk learning bersama) ada hitam di atas putih, bersama pihak penjamin / asuransi, dkk nya.

Krn "major" cases: berasap itu ketika lg dicharge atau dlm kondisi parkir / diam di tempat tinggal.
Klo kebakaran di jalan, less risk.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri