Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by peterming77 »

timbermaniac123 wrote: Thu May 15, 2025 2:52
TUFF Stough wrote: Thu May 15, 2025 1:23
dan kalo gugling pake keyword

Code: Select all

kebakaran zenix hybrid
ternyata banyak kasusnya.
Kalau zenix ini gimana ya. Saya liat beberapa user zenix tuh yang mungkin sebelumnya mobilnya ga canggih2 amat, di grup owner zenix suka nanya pertanyaan basic. Ditambah memang lampu zenix itu kan multireflektor + lagi hype pasang mini projie atau bahkan bobok headlamp. Zenix ini pasang drl aja kalau sembarang pasang bisa kena ecu.

Nah bisa jadi user2 awam ini pasang lampu di bengkel variasi yang kurang pengalaman atau asal2an. Pernah tuh liat ada bengkel yang pasang biled foglamp tapi kipas nya dilakban. Mana housing nya cuma dilem seadanya, bisa resiko kemasukan air.
Kayaknya ada salah design di Zenix krn kalo nyasar pengguna yg sebelumnya dari reborn atau kijang lama yg semuanya serba manual dan gampang di oprek. Begitu upgrade ke Zenix, lampu multireflektor (kurang terang), kelistrikan kena hybrid pula.

Harusnya designer Toyota paham lah marketnya Zenix itu gimana, dikasih donk LED projector gitu jangan multireflektor. Yg udah pake projector aja masih hobi pasang projie 12 biji, trus kaca depan dikasih film 60%, gelap semua.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6261
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by b0ku »

peterming77 wrote: Thu May 15, 2025 3:05 Kayaknya ada salah design di Zenix krn kalo nyasar pengguna yg sebelumnya dari reborn atau kijang lama yg semuanya serba manual dan gampang di oprek. Begitu upgrade ke Zenix, lampu multireflektor (kurang terang), kelistrikan kena hybrid pula.

Harusnya designer Toyota paham lah marketnya Zenix itu gimana, dikasih donk LED projector gitu jangan multireflektor. Yg udah pake projector aja masih hobi pasang projie 12 biji, trus kaca depan dikasih film 60%, gelap semua.
gak ada yang salah om itulah kalo kebanyakan maen elektronik jadinya cengeng kenapa toyota robus2x malah yang tua2x karena yang robus peratiin aja elektroniknya minim semua :big_biglaugh:

makannya gw ketawa aja liat mobil china tungguin aja kalo ud ada umur bisa punah masuk junkyard semua ini gak bisa itu gak bisa :mky_07:

toyota paham marketnya gimana kenapa calya rush gak di rubah2x bahkan reborn di tahan gak di suntik mati bahkan, konsumen genz nya aja banyak mau bisanya cuma ngehujat kalo gak kayak mobil china :mky_07:

kalo kata saya mamam dah tuh modern = more money kalo kenapa2x sama gak bebas :mky_07:

jgn lupa rangga itu contoh bagus toyota tau konsumen maunya apa :mky_03:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6261
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by b0ku »

peterming77 wrote: Thu May 15, 2025 2:58
kalo dilihat sekilas sih itu api di ruang mesin jadi ya mungkin korslet kabel tetot atau projie jahanam. Batre hybrid dibawah kursi penumpang + sopir depan, terlalu jauh buat kebakar kalo sumbernya di ruang mesin.
jgn lupa kabel konektor batrenya om itu ngewer di tempat apinya paling gede dan kebanyakan hybrid kebakar apinya gede disitu artinya biangnya disitu takutna itu kabel kerja keras charging dan dischrage lama2x overheat konslet makannya hybrid saya liatin banyak banget kabin mesinnya yang meleduk duluan :big_bored:
b0ku wrote: Wed May 14, 2025 23:36





kalo liat beberapa kasus hybrid BYD posisi apinya selalu sama biasanya posisi itu ada kabel yang connect mesin ke batre :big_think:

posisi itu juga harusnya tempat paling panas harusnya tuh kabel ud waktunya di kasih lapisan liquid colling :big_think:

Image

beda kalo yang kena batre berasep dulu baru meledak dan apinya nyebar kemana2x juga langsung :big_think:



:big_think:

nah zenix juga sama kan :big_think:

Image



itu kabelkerjanya berat banget ud kasih IN ke batre terus ada lagi kabel yang out ke motor listrik :big_think:

ditambah kan itu juga harusnya jatuhnya fastcharging karena chargenya bukannya cepet ya batre hybrid :big_think:
ni om ud saya jelasin di lapak sebelah
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 784
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by timbermaniac123 »

Wah jadi mulai parno mau ambil hybrid. Om peter corcross nya aman kah selama ini ?
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by Pugman »

Suryaputra wrote: Wed May 14, 2025 10:00
Pugman wrote: Wed May 14, 2025 9:54
Salvanost wrote: Wed May 14, 2025 9:26 1 hari langsung viral kasus BYD :big_biglaugh:
Penasaran sebenarnya petingginya bisa gercep kasih mobil pengganti dulu apa ga :big_think:

Tapi pemadam kebakarannya keren sih udah ada alat semprit khusus EV yg ditaruh dibawah mobil EV
Yang sudah keluar berita bantahan ya.. berasap bukan terbakar

:big_slap:

Beneran keren Damkar ini memang..
proses terbakar kan
1. panas
2. berasap
3. terbakar

sama kayak minyak panas,
berasap dulu, baru berapi :mky_03:
Saya masih tanda tanya itu kalau sampai rumah ikut terbakar gimana ya? Ikut ditanggung ga ya..
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by Pugman »

b0ku wrote: Thu May 15, 2025 3:13
peterming77 wrote: Thu May 15, 2025 3:05 Kayaknya ada salah design di Zenix krn kalo nyasar pengguna yg sebelumnya dari reborn atau kijang lama yg semuanya serba manual dan gampang di oprek. Begitu upgrade ke Zenix, lampu multireflektor (kurang terang), kelistrikan kena hybrid pula.

Harusnya designer Toyota paham lah marketnya Zenix itu gimana, dikasih donk LED projector gitu jangan multireflektor. Yg udah pake projector aja masih hobi pasang projie 12 biji, trus kaca depan dikasih film 60%, gelap semua.
gak ada yang salah om itulah kalo kebanyakan maen elektronik jadinya cengeng kenapa toyota robus2x malah yang tua2x karena yang robus peratiin aja elektroniknya minim semua :big_biglaugh:

makannya gw ketawa aja liat mobil china tungguin aja kalo ud ada umur bisa punah masuk junkyard semua ini gak bisa itu gak bisa :mky_07:

toyota paham marketnya gimana kenapa calya rush gak di rubah2x bahkan reborn di tahan gak di suntik mati bahkan, konsumen genz nya aja banyak mau bisanya cuma ngehujat kalo gak kayak mobil china :mky_07:

kalo kata saya mamam dah tuh modern = more money kalo kenapa2x sama gak bebas :mky_07:

jgn lupa rangga itu contoh bagus toyota tau konsumen maunya apa :mky_03:
Konsumen GenZ terbiasa dengan gadget canggih macam HP dan tablet jadi tolak ukurnya gadget itu, tapi lupa kalau gadget itu biaya service murah kalau udah rusak parah tinggal beli lagi. Sementara mobil ga gitu, rusak ditengah jalan bisa berujung celaka atau minimal balik kanan gagal ketempat tujuan.

Sebagai user yang udah kenyang susahnya miara Peugeot, asli deh.. electronic yang kompleks itu bikin anoyying. Kadang rusaknya apa, yang muncul di popup peringatan apa. Mobil bisa jalan, tapi masuk safe mode terus. Pernah sensor temperatur rusak aja, itu kebaca overheat, masuk safe mode dan AC mobilnya ga dingin.

Mobil jaman sekarang makin banyak sensor dan software yang jadi butuh update berkala macam Windows aja..
:mky_01:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12580
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by Suryaputra »

Pugman wrote: Thu May 15, 2025 16:44
b0ku wrote: Thu May 15, 2025 3:13
peterming77 wrote: Thu May 15, 2025 3:05 Kayaknya ada salah design di Zenix krn kalo nyasar pengguna yg sebelumnya dari reborn atau kijang lama yg semuanya serba manual dan gampang di oprek. Begitu upgrade ke Zenix, lampu multireflektor (kurang terang), kelistrikan kena hybrid pula.

Harusnya designer Toyota paham lah marketnya Zenix itu gimana, dikasih donk LED projector gitu jangan multireflektor. Yg udah pake projector aja masih hobi pasang projie 12 biji, trus kaca depan dikasih film 60%, gelap semua.
gak ada yang salah om itulah kalo kebanyakan maen elektronik jadinya cengeng kenapa toyota robus2x malah yang tua2x karena yang robus peratiin aja elektroniknya minim semua :big_biglaugh:

makannya gw ketawa aja liat mobil china tungguin aja kalo ud ada umur bisa punah masuk junkyard semua ini gak bisa itu gak bisa :mky_07:

toyota paham marketnya gimana kenapa calya rush gak di rubah2x bahkan reborn di tahan gak di suntik mati bahkan, konsumen genz nya aja banyak mau bisanya cuma ngehujat kalo gak kayak mobil china :mky_07:

kalo kata saya mamam dah tuh modern = more money kalo kenapa2x sama gak bebas :mky_07:

jgn lupa rangga itu contoh bagus toyota tau konsumen maunya apa :mky_03:
Konsumen GenZ terbiasa dengan gadget canggih macam HP dan tablet jadi tolak ukurnya gadget itu, tapi lupa kalau gadget itu biaya service murah kalau udah rusak parah tinggal beli lagi. Sementara mobil ga gitu, rusak ditengah jalan bisa berujung celaka atau minimal balik kanan gagal ketempat tujuan.

Sebagai user yang udah kenyang susahnya miara Peugeot, asli deh.. electronic yang kompleks itu bikin anoyying. Kadang rusaknya apa, yang muncul di popup peringatan apa. Mobil bisa jalan, tapi masuk safe mode terus. Pernah sensor temperatur rusak aja, itu kebaca overheat, masuk safe mode dan AC mobilnya ga dingin.

Mobil jaman sekarang makin banyak sensor dan software yang jadi butuh update berkala macam Windows aja..
:mky_01:
Iya by design biar ganti tiap bbrp tahun tertentu,
Sehingga revenue stream keep going on :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12580
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by Suryaputra »

Pugman wrote: Thu May 15, 2025 16:28
Suryaputra wrote: Wed May 14, 2025 10:00
Pugman wrote: Wed May 14, 2025 9:54

Yang sudah keluar berita bantahan ya.. berasap bukan terbakar

:big_slap:

Beneran keren Damkar ini memang..
proses terbakar kan
1. panas
2. berasap
3. terbakar

sama kayak minyak panas,
berasap dulu, baru berapi :mky_03:
Saya masih tanda tanya itu kalau sampai rumah ikut terbakar gimana ya? Ikut ditanggung ga ya..
Ini harus ditanya dan klo perlu sebelum spk (untuk learning bersama) ada hitam di atas putih, bersama pihak penjamin / asuransi, dkk nya.

Krn "major" cases: berasap itu ketika lg dicharge atau dlm kondisi parkir / diam di tempat tinggal.
Klo kebakaran di jalan, less risk.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6261
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Thu May 15, 2025 23:04 Ini harus ditanya dan klo perlu sebelum spk (untuk learning bersama) ada hitam di atas putih, bersama pihak penjamin / asuransi, dkk nya.

Krn "major" cases: berasap itu ketika lg dicharge atau dlm kondisi parkir / diam di tempat tinggal.
Klo kebakaran di jalan, less risk.
mana ada kek gitu paling cuma di cekokin berita EV itu aman ini itu kita ini kita itu padahal gila china solar panel aja di kasih kill switch jgn2x itu EV ada missile mode :mky_07:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12580
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Fri May 16, 2025 0:40
Suryaputra wrote: Thu May 15, 2025 23:04 Ini harus ditanya dan klo perlu sebelum spk (untuk learning bersama) ada hitam di atas putih, bersama pihak penjamin / asuransi, dkk nya.

Krn "major" cases: berasap itu ketika lg dicharge atau dlm kondisi parkir / diam di tempat tinggal.
Klo kebakaran di jalan, less risk.
mana ada kek gitu paling cuma di cekokin berita EV itu aman ini itu kita ini kita itu padahal gila china solar panel aja di kasih kill switch jgn2x itu EV ada missile mode :mky_07:
Solar panel
Save energynya kan ke high voltage batre juga.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6261
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Fri May 16, 2025 1:01
Solar panel
Save energynya kan ke high voltage batre juga.
jd US biasanya pake solar panel beli dari china kemaren baru di temuin katanya ada kill switchnya jadi bisa di shutdown sama china dari jauh :mky_07:
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by r1409 »

sebetulnya sama aja, mobil ICE jg banyak yg terbakar. hanya saja memang sudah lama dan sudah biasa, sedangkan EV masih baru dan lebih disorot, lebih trending kalo dijadikan bahan berita.

pdhl kalo diliat, banyak juga mobil ICE yg kebakar krn korsleting, overheat, diesel runaway dll.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6261
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by b0ku »

r1409 wrote: Fri May 16, 2025 1:51 sebetulnya sama aja, mobil ICE jg banyak yg terbakar. hanya saja memang sudah lama dan sudah biasa, sedangkan EV masih baru dan lebih disorot, lebih trending kalo dijadikan bahan berita.

pdhl kalo diliat, banyak juga mobil ICE yg kebakar krn korsleting, overheat, diesel runaway dll.
gak 3 hari parkir terus meleduk juga kali :big_think:

hybrid juga banyak justru saya lagi curiga yang meleduk wiring karena posisi meleduk selalu sama di belakang mesin dimana kabel batre ngewer disitu :big_bored:

EV itu gak jelas meleduknya kapan kalo ICE lebih banyak dari manusianya ceroboh modifikasi sembarangan, gak di rawat dengan baik , atau kayak kasus nissan itu sebenernya gampang di cegah tinggal cabut peredam ilang sudah resikonya :big_bored:

dan susah nemu kasus ice di parkir berhari2x tiba2x kebakar kalo ada pun ujung2xnya pasti elektronik dimana di ice cuma 12 volt di EV itu ratusan volt :big_dunno:

ditambah EV itu kena air apinya makin ganas itu SEAL colling downnya aja 3 jem padahal gak meleduk sampe kebakaran :big_bored:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by peterming77 »

timbermaniac123 wrote: Thu May 15, 2025 3:25 Wah jadi mulai parno mau ambil hybrid. Om peter corcross nya aman kah selama ini ?
So far aman si CorCross HEV, sehari2 saya pake ke kantor parkir di lapangan juga. Nga ada yg rewel2, baru sekali ganti ACCU awal tahun ini setelah jalan 3 tahun. Iritnya masih dapat, batre hybrid juga di cek di beres semua masih dalam paremeter normal, dan semoga aman terus sampe next cycle dapat mobil pengganti dari kantor hehehe.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6261
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by b0ku »

peterming77 wrote: Fri May 16, 2025 2:04
So far aman si CorCross HEV, sehari2 saya pake ke kantor parkir di lapangan juga. Nga ada yg rewel2, baru sekali ganti ACCU awal tahun ini setelah jalan 3 tahun. Iritnya masih dapat, batre hybrid juga di cek di beres semua masih dalam paremeter normal, dan semoga aman terus sampe next cycle dapat mobil pengganti dari kantor hehehe.
kayaknya kalo hybrid kabel orange yang musti di aware om :big_think:

sebenernya gampang si siapin sarung panas tahan panas sama apar gede kalo tiba2x kebakar lsg semprot belakang mesinnya, sarung tangan itu buat buka kap mesinnya :big_think:

atau semprot dari kolong karena itu kabel biasanya ngewernya ke kolong :big_think:

harusnya kebakar kalo mobil sedang operasional juga rata2x hybrid emang meleduknya di jalan sih :big_think:

karena kabel harusnya lebih gampang padam :big_think:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by peterming77 »

b0ku wrote: Fri May 16, 2025 2:11
peterming77 wrote: Fri May 16, 2025 2:04
So far aman si CorCross HEV, sehari2 saya pake ke kantor parkir di lapangan juga. Nga ada yg rewel2, baru sekali ganti ACCU awal tahun ini setelah jalan 3 tahun. Iritnya masih dapat, batre hybrid juga di cek di beres semua masih dalam paremeter normal, dan semoga aman terus sampe next cycle dapat mobil pengganti dari kantor hehehe.
kayaknya kalo hybrid kabel orange yang musti di aware om :big_think:

sebenernya gampang si siapin sarung panas tahan panas sama apar gede kalo tiba2x kebakar lsg semprot belakang mesinnya, sarung tangan itu buat buka kap mesinnya :big_think:

atau semprot dari kolong karena itu kabel biasanya ngewernya ke kolong :big_think:

harusnya kebakar kalo mobil sedang operasional juga rata2x hybrid emang meleduknya di jalan sih :big_think:

karena kabel harusnya lebih gampang padam :big_think:
Yes kabel orange saya sering cek, sejauh ini nga ada yg nglewer atau terkelupas atau lain2 sih, semoga nga ada kejadian. Di rumah saya parkirnya juga carport depan nga masuk garasi.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by Pugman »

b0ku wrote: Fri May 16, 2025 2:01
r1409 wrote: Fri May 16, 2025 1:51 sebetulnya sama aja, mobil ICE jg banyak yg terbakar. hanya saja memang sudah lama dan sudah biasa, sedangkan EV masih baru dan lebih disorot, lebih trending kalo dijadikan bahan berita.

pdhl kalo diliat, banyak juga mobil ICE yg kebakar krn korsleting, overheat, diesel runaway dll.
gak 3 hari parkir terus meleduk juga kali :big_think:

hybrid juga banyak justru saya lagi curiga yang meleduk wiring karena posisi meleduk selalu sama di belakang mesin dimana kabel batre ngewer disitu :big_bored:

EV itu gak jelas meleduknya kapan kalo ICE lebih banyak dari manusianya ceroboh modifikasi sembarangan, gak di rawat dengan baik , atau kayak kasus nissan itu sebenernya gampang di cegah tinggal cabut peredam ilang sudah resikonya :big_bored:

dan susah nemu kasus ice di parkir berhari2x tiba2x kebakar kalo ada pun ujung2xnya pasti elektronik dimana di ice cuma 12 volt di EV itu ratusan volt :big_dunno:

ditambah EV itu kena air apinya makin ganas itu SEAL colling downnya aja 3 jem padahal gak meleduk sampe kebakaran :big_bored:
Yups, pure ICE kebakar lebih predictable. Setidaknya faktor penyebab lebih bisa dicegah. Orang yang pakai mobilnya jorok juga kebanyakan aman² saja, paling kalau rusak ya mesin, kaki² atau transmisi.
Sementara mobil EV ini, mobil standar dengan orang yang apik merawat saja masih punya peluang untuk kejadian kebakaran juga.

Btw Tiggo 8 CSH belum ada yang review ya? Claim seirit Honda Beat bikin penasaran..
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6261
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by b0ku »

Pugman wrote: Fri May 16, 2025 5:54
Yups, pure ICE kebakar lebih predictable. Setidaknya faktor penyebab lebih bisa dicegah. Orang yang pakai mobilnya jorok juga kebanyakan aman² saja, paling kalau rusak ya mesin, kaki² atau transmisi.
Sementara mobil EV ini, mobil standar dengan orang yang apik merawat saja masih punya peluang untuk kejadian kebakaran juga.

Btw Tiggo 8 CSH belum ada yang review ya? Claim seirit Honda Beat bikin penasaran..
itu bukan irit om EV mode 90km bisa colok gak usah isi bensin kecuali om pergi diatas 90km baru icenya jalan buat charge sisanya bisa charge di rumah pake charger lagian lebih aman daripada pake mesin ice yang gak stabil arus listriknya :big_biglaugh:

kalo saya 90KM bisa PP gading cengkareng jd artinya mesin ICEnya gak jalan harusnya
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1756
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by AbdulHakim »

Pugman wrote: Fri May 16, 2025 5:54 -del-
Btw Tiggo 8 CSH belum ada yang review ya? Claim seirit Honda Beat bikin penasaran..
saya dalam tahap mempengaruhi istri supaya approve akuisisi T8 CSH, tapi sepertinya sulit banget, karena beliau typical most konoha people, buy Toyota meski fitur kopongan, balon safety cuma 2 biji.
sampe ada yg bilang, jual spec trondol harga segitu is a CRIME :big_biglaugh:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Fri May 16, 2025 2:01
r1409 wrote: Fri May 16, 2025 1:51 sebetulnya sama aja, mobil ICE jg banyak yg terbakar. hanya saja memang sudah lama dan sudah biasa, sedangkan EV masih baru dan lebih disorot, lebih trending kalo dijadikan bahan berita.

pdhl kalo diliat, banyak juga mobil ICE yg kebakar krn korsleting, overheat, diesel runaway dll.
gak 3 hari parkir terus meleduk juga kali :big_think:

hybrid juga banyak justru saya lagi curiga yang meleduk wiring karena posisi meleduk selalu sama di belakang mesin dimana kabel batre ngewer disitu :big_bored:

EV itu gak jelas meleduknya kapan kalo ICE lebih banyak dari manusianya ceroboh modifikasi sembarangan, gak di rawat dengan baik , atau kayak kasus nissan itu sebenernya gampang di cegah tinggal cabut peredam ilang sudah resikonya :big_bored:

dan susah nemu kasus ice di parkir berhari2x tiba2x kebakar kalo ada pun ujung2xnya pasti elektronik dimana di ice cuma 12 volt di EV itu ratusan volt :big_dunno:

ditambah EV itu kena air apinya makin ganas itu SEAL colling downnya aja 3 jem padahal gak meleduk sampe kebakaran :big_bored:
kalo kabel/wiring dan ternyata gak ada defek, bisa jadi emang SDM kita untuk rakit elektrifikasi masih belum sip sih. butuh PR lagi untuk edukasi lagi Big T *no offense buat sodara/i sebangsa dan setanah air. ini untuk bahan evaluasi kedepan aja.
neodx
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sun Aug 05, 2018 6:55
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda Mobilio S 2014

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by neodx »

b0ku wrote: Fri May 16, 2025 6:15
Pugman wrote: Fri May 16, 2025 5:54
Yups, pure ICE kebakar lebih predictable. Setidaknya faktor penyebab lebih bisa dicegah. Orang yang pakai mobilnya jorok juga kebanyakan aman² saja, paling kalau rusak ya mesin, kaki² atau transmisi.
Sementara mobil EV ini, mobil standar dengan orang yang apik merawat saja masih punya peluang untuk kejadian kebakaran juga.

Btw Tiggo 8 CSH belum ada yang review ya? Claim seirit Honda Beat bikin penasaran..
itu bukan irit om EV mode 90km bisa colok gak usah isi bensin kecuali om pergi diatas 90km baru icenya jalan buat charge sisanya bisa charge di rumah pake charger lagian lebih aman daripada pake mesin ice yang gak stabil arus listriknya :big_biglaugh:

kalo saya 90KM bisa PP gading cengkareng jd artinya mesin ICEnya gak jalan harusnya
saya jg penasaran, kemarin baru launching harga 499jt OTR Jakarta (utk 1000 pembeli pertama), setelah itu jadi 539jt...

apakah problem2 awal di tiggo8 jg uda ada perbaikan di t8CSH ini...agak gak sabar baca review user nya
Last edited by neodx on Fri May 16, 2025 8:16, edited 1 time in total.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Thu May 15, 2025 3:17
peterming77 wrote: Thu May 15, 2025 2:58
kalo dilihat sekilas sih itu api di ruang mesin jadi ya mungkin korslet kabel tetot atau projie jahanam. Batre hybrid dibawah kursi penumpang + sopir depan, terlalu jauh buat kebakar kalo sumbernya di ruang mesin.
jgn lupa kabel konektor batrenya om itu ngewer di tempat apinya paling gede dan kebanyakan hybrid kebakar apinya gede disitu artinya biangnya disitu takutna itu kabel kerja keras charging dan dischrage lama2x overheat konslet makannya hybrid saya liatin banyak banget kabin mesinnya yang meleduk duluan :big_bored:
b0ku wrote: Wed May 14, 2025 23:36





kalo liat beberapa kasus hybrid BYD posisi apinya selalu sama biasanya posisi itu ada kabel yang connect mesin ke batre :big_think:

posisi itu juga harusnya tempat paling panas harusnya tuh kabel ud waktunya di kasih lapisan liquid colling :big_think:

Image

beda kalo yang kena batre berasep dulu baru meledak dan apinya nyebar kemana2x juga langsung :big_think:



:big_think:

nah zenix juga sama kan :big_think:

Image



itu kabelkerjanya berat banget ud kasih IN ke batre terus ada lagi kabel yang out ke motor listrik :big_think:

ditambah kan itu juga harusnya jatuhnya fastcharging karena chargenya bukannya cepet ya batre hybrid :big_think:
ni om ud saya jelasin di lapak sebelah
gwa sepakat . bisa jadi begitu :mky_05:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Kasus EV terbakar saat parkir di Indonesia

Post by kayukayuthe5th »

Pugman wrote: Thu May 15, 2025 16:44
b0ku wrote: Thu May 15, 2025 3:13
peterming77 wrote: Thu May 15, 2025 3:05 Kayaknya ada salah design di Zenix krn kalo nyasar pengguna yg sebelumnya dari reborn atau kijang lama yg semuanya serba manual dan gampang di oprek. Begitu upgrade ke Zenix, lampu multireflektor (kurang terang), kelistrikan kena hybrid pula.

Harusnya designer Toyota paham lah marketnya Zenix itu gimana, dikasih donk LED projector gitu jangan multireflektor. Yg udah pake projector aja masih hobi pasang projie 12 biji, trus kaca depan dikasih film 60%, gelap semua.
gak ada yang salah om itulah kalo kebanyakan maen elektronik jadinya cengeng kenapa toyota robus2x malah yang tua2x karena yang robus peratiin aja elektroniknya minim semua :big_biglaugh:

makannya gw ketawa aja liat mobil china tungguin aja kalo ud ada umur bisa punah masuk junkyard semua ini gak bisa itu gak bisa :mky_07:

toyota paham marketnya gimana kenapa calya rush gak di rubah2x bahkan reborn di tahan gak di suntik mati bahkan, konsumen genz nya aja banyak mau bisanya cuma ngehujat kalo gak kayak mobil china :mky_07:

kalo kata saya mamam dah tuh modern = more money kalo kenapa2x sama gak bebas :mky_07:

jgn lupa rangga itu contoh bagus toyota tau konsumen maunya apa :mky_03:
Konsumen GenZ terbiasa dengan gadget canggih macam HP dan tablet jadi tolak ukurnya gadget itu, tapi lupa kalau gadget itu biaya service murah kalau udah rusak parah tinggal beli lagi. Sementara mobil ga gitu, rusak ditengah jalan bisa berujung celaka atau minimal balik kanan gagal ketempat tujuan.

Sebagai user yang udah kenyang susahnya miara Peugeot, asli deh.. electronic yang kompleks itu bikin anoyying. Kadang rusaknya apa, yang muncul di popup peringatan apa. Mobil bisa jalan, tapi masuk safe mode terus. Pernah sensor temperatur rusak aja, itu kebaca overheat, masuk safe mode dan AC mobilnya ga dingin.

Mobil jaman sekarang makin banyak sensor dan software yang jadi butuh update berkala macam Windows aja..
:mky_01:
gausah itu, lawong RR aja kemaren ada recall updates ECU buat ABS/EBD nya kok :big_grin: