Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by Bulgogi »

liemivan86 wrote: Dalam mendesain mobil ada beberapa pertimbangan, salah satu nya adalah global market, menjual produk yang sama di beberapa negara, sehingga bisa menekan biaya untuk R&D dan produksi. Pasar Indonesia mungkin dianggap kecil oleh suzuki, karena memang pasar terbesar nya di India, jadi ya kasar nya, kalo disuruh pilih pasar ya mendingan ikuti kemauan pasar yang besar.

Anyway, mengenai AGS, seandainya pilihannya ada 2: masukkan AGS atau jual hanya manual saja, bila anda jadi produsen, mana yang anda pilih? Kalo saya sih, pasti pilih masukkan AGS, setidaknya pasar ada pilihan untuk "agak Matic dikit".

Saya pribadi justru berharap ertiga diesel ada pilihan AGS nya. Karena tunggu Matic konvensional atau CVT tidak memungkinkan karena memang belum ada Matic atau CVT untuk mesin itu. Sedangkan kalo AGS, hanya perlu pasang modul saja ke transmisi manual nya. Tidak perlu perubahan teknis apa pun. Jadi daripada tidak ada Matic sama sekali, ya mending masukkan AGS nya deh..
Jual mah jual aja.. mau AGS kek, desainnya nyeleneh kek, tapak ban tipis2 kek.. impor aja semuanya.. mumpung impor dr indihe masih murah..

Tapi pada akhirnya kejadian, banyak org indo yg tidak cocok dgn AGS spt om andrijet, nah yg begini jadi resiko model bisnis pragmatis suzuki..
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by liemivan86 »


Bulgogi wrote: Jual mah jual aja.. mau AGS kek, desainnya nyeleneh kek, tapak ban tipis2 kek.. impor aja semuanya.. mumpung impor dr indihe masih murah..

Tapi pada akhirnya kejadian, banyak org indo yg tidak cocok dgn AGS spt om andrijet, nah yg begini jadi resiko model bisnis pragmatis suzuki..
Betul Om, dan kelihatannya memang itu bagian dari strategi mereka. Pokoknya mereka jual aja, perkara pasar suka atau tidak, pokoknya mereka ada, daripada tidak ada sama sekali.

Akhirnya di konsumen jadi take it or leave it. Pada saat ada yang tidak cocok, ya mereka tidak beli, tapi untuk orang seperti saya yang bodo amat, ada nya pilihannya itu, daripada full manual ya masih mending AGS tidak usa pakai pedal kopling..

Btw, saya bukan pemakai AGS suzuki ya, tapi Cortez AMT. Kenapa ambil AMT? Karena mobil nya menarik dan AMT nya masih ok buat saya, jadi ya why not..
User avatar
bero89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by bero89 »

Trafic searching splash di olx naik nih kyknya

*ubek2olx
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by kunaskun »

ya karena its indomobil. baru bicara satu type yang ga jelas, liat aja nissan gimana sekarang. itu a whole brand. hebat kan indomobil, brand top three dunia, di indo hanya masuk 2nd tier atau bahkan 3rd tier...
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by sandal »

andrijet wrote: Sat Apr 07, 2018 0:32
Dear Suzuki Indonesia:
WE HATE AGS TRANSMISSION AND WE NEED EITHER MATIC OR CVT!!!!

Heran banget susah ngerti ginian doank...
Ayo lha ambil mobil dari Thailand (dgn matic normal) kl gak mau bikin mobil di Indonesia.
Stop bodohi masyarakat Indonesia dgn kampanye AGSmu, krn kami gak bodoh dan word of mouth jauh lbh ampuh disini.

Percayalah selera orang sini tu lebih dkt ke Thailand dibanding India..
Kenapa gak jualan Swift malah ganti Baleno yg wagu itu?
Oh God siapa seh yg riset pasar Suzuki di Indonesia...
:big_dunno:
Hahaha

+1 juga sebagai Suzuki user

Kalo Suzuki Indo berani CKDin Ignis harus coba lirik Ignis spek Australia (CVT)
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by Wistuwis »

Seinget saya splash laku di indonesia, tapi justru melempem di negara produsennya. Akhirnya didiskontinu meskipun laku di sini karena dianggap terlalu kecil pasarnya.
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by andrijet »

Bulgogi wrote: Sat Apr 07, 2018 8:31
liemivan86 wrote: Dalam mendesain mobil ada beberapa pertimbangan, salah satu nya adalah global market, menjual produk yang sama di beberapa negara, sehingga bisa menekan biaya untuk R&D dan produksi. Pasar Indonesia mungkin dianggap kecil oleh suzuki, karena memang pasar terbesar nya di India, jadi ya kasar nya, kalo disuruh pilih pasar ya mendingan ikuti kemauan pasar yang besar.

Anyway, mengenai AGS, seandainya pilihannya ada 2: masukkan AGS atau jual hanya manual saja, bila anda jadi produsen, mana yang anda pilih? Kalo saya sih, pasti pilih masukkan AGS, setidaknya pasar ada pilihan untuk "agak Matic dikit".

Saya pribadi justru berharap ertiga diesel ada pilihan AGS nya. Karena tunggu Matic konvensional atau CVT tidak memungkinkan karena memang belum ada Matic atau CVT untuk mesin itu. Sedangkan kalo AGS, hanya perlu pasang modul saja ke transmisi manual nya. Tidak perlu perubahan teknis apa pun. Jadi daripada tidak ada Matic sama sekali, ya mending masukkan AGS nya deh..
Jual mah jual aja.. mau AGS kek, desainnya nyeleneh kek, tapak ban tipis2 kek.. impor aja semuanya.. mumpung impor dr indihe masih murah..

Tapi pada akhirnya kejadian, banyak org indo yg tidak cocok dgn AGS spt om andrijet, nah yg begini jadi resiko model bisnis pragmatis suzuki..
Brand lain bisa kok jualan ‘global product’ yang diterima mayoritas pasarnya.
Gak harus milih negara A dibanding negara B.
Kalo mo pilih2 pasar ya justru jangan jualan global product.., hehehe...
Kyk Innova tu spesialis Indonesia, sisanya ekspor okelah..
Atau Myvi buat Malaysia, ekspornya laku dikit di Indonesia ya gak masalah.
Nah kl narik kesimpulan gitu berarti justru produknya Maruti-Suzuki bukan produk global, melainkan spesialis India.
:mky_01:
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by liemivan86 »


andrijet wrote: Brand lain bisa kok jualan ‘global product’ yang diterima mayoritas pasarnya.
Gak harus milih negara A dibanding negara B.
Kalo mo pilih2 pasar ya justru jangan jualan global product.., hehehe...
Kyk Innova tu spesialis Indonesia, sisanya ekspor okelah..
Atau Myvi buat Malaysia, ekspornya laku dikit di Indonesia ya gak masalah.
Nah kl narik kesimpulan gitu berarti justru produknya Maruti-Suzuki bukan produk global, melainkan spesialis India.
:mky_01:
Saya penasaran nih, ada contoh produk global yang sukses diterima di mayoritas pasar nya? Yang tidak pakai pilih2 pasar?
User avatar
mas_amoh
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Thu Jan 07, 2010 4:38
Location: jkt|bdg|jog

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by mas_amoh »

Waktu itu harga jual splash M/T pre-FL 154jt, lucunya launching yg FL harganya malah turun jadi 151jt padahal fitur FL ada yg ditambah...
or am I fool, goin' where the wind blows, see ya then...
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by octafiantos »

Bukannya banyak pada jualan barang global, terlepas CKD/CBU.
Corolla - Corona kemudian Camry global.
Civiv - Accord global.
3-5-7, X series
C, E, S, M, G series.
Kavling kosong, bisa dikridit.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by liemivan86 »

octafiantos wrote:Bukannya banyak pada jualan barang global, terlepas CKD/CBU.
Corolla - Corona kemudian Camry global.
Civiv - Accord global.
3-5-7, X series
C, E, S, M, G series.
Betul Om, banyak produk global yang dijual di Indonesia. Tapi tidak semua produk global itu bisa diterima mayoritas pasar nya.

Contoh:
- corolla kurang laku di Indonesia, terutama generasi terakhir
- accord generasi terakhir juga
- dst.

Produk itu pasti akan lebih laku di pasar tertentu (yang volume besar), dan mengorbankan pasar lainnya (yang volume kecil).

Ini uda menyimpang terlalu jauh dari pembahasan sih.

Intinya yang dibahas itu, untuk membuat suatu produk itu membutuhkan R&D. Kenapa suzuki Indonesia koq tidak memasukkan Matic konvensional atau CVT, misal di ignis? Mungkin memang belum ada Matic konvensional atau CVT yang bisa dipasangkan di mesin ignis. Dan kalau suzuki Indonesia mau buat sendiri, biaya R&D nya tidak masuk akal, kecuali kalo memang biaya ini bisa di share secara global dengan produk negara lain.

Kenapa tidak masukkan seperti ignis Australia yang CVT? Karena setau saya nih, yang di aussie itu mesin dual jet, sedangkan yang di Indonesia bukan.

Btw, saya tidak secara khusus membela suzuki sih, mobil suzuki aja saya tidak punya. Dan saya juga sering jengkel dengan strategi marketing mereka yang Setengah2. Seperti yang saya katakan di post sebelumnya, saya sendiri jengkel kenapa koq ertiga diesel tidak ada Matic nya, padahal kalo ada pasti laku keras di Indonesia. Ternyata memang mesin diesel ertiga belum ada Matic nya, dan memang biaya R&D kalo hanya untuk Indonesia ya pasti tidak lolos feasibility test.

Sekedar perbandingan, sales suzuki India tahun 2016 adalah 1.305.350 unit, suzuki Indonesia tahun 2016 membukukan penjualan 92.950 unit. Penjualan kita tidak ada 1/13 dari penjualan di India. Saya kalo jadi principle suzuki Jepang, ya pasti mengutamakan pasar India.

Kenapa tidak bandingkan 2017? Karena saya tidak menemukan data sales suzuki India 2017.
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by andrijet »

:big_think:
Laku gak laku cukup luas parameternya...
Sepertinya hampir semua produk Mazda saat ini versi global.
Kecuali yg aneh2 kyk VX1, hehehe..
Brand premium jelas produk global semua.
‘Laku’ kok dengan pasar kecilnya.
Well C-Class atau 3-series ada di seluruh dunia.
Mau contoh anomali?
Itu supercar macam Lambo atau Ferrari produk global jg dan cukup bagus pasarnya disini sebelum ada ledakan pajak.
Ford juga sempet kampanye global yg pengen punya standar ‘hampir sama’ di semua negara.

Back to Maruti-Suzuki:
Kl tujuannya emang cuma jadiin Indonesia negara buangan stok dr India, gak mau kasih special treatment, cuma sekedar ekspor thok, siap2 aja jualannya makin nyungsep di Indonesia.
Ibarat ngasih makanan kucing ke ikan.
Gak akan doyan, lama2 ikannya mati dikasih makanan kucing trs.
:mky_01:

BTW kenapa Suzuki gak impor barang dr Thailand yak yg seleranya lbh mirip?
Emang pajaknya beda jauh?
Maksa jualan produk yg gak sesuai malah jd racun yg bikin ancur nama baik.
Ingatkah anda mahluk bernama Celerio, Ciaz, atau apa itu Karimum CBU yg dipanjangin?
Atau bahkan taukah anda Suzuki pernah jualan mobil2 itu?
:mky_01:
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by liemivan86 »


andrijet wrote::big_think:
Laku gak laku cukup luas parameternya...
Sepertinya hampir semua produk Mazda saat ini versi global.
Kecuali yg aneh2 kyk VX1, hehehe..
Brand premium jelas produk global semua.
‘Laku’ kok dengan pasar kecilnya.
Well C-Class atau 3-series ada di seluruh dunia.
Mau contoh anomali?
Itu supercar macam Lambo atau Ferrari produk global jg dan cukup bagus pasarnya disini sebelum ada ledakan pajak.
Ford juga sempet kampanye global yg pengen punya standar ‘hampir sama’ di semua negara.

Back to Maruti-Suzuki:
Kl tujuannya emang cuma jadiin Indonesia negara buangan stok dr India, gak mau kasih special treatment, cuma sekedar ekspor thok, siap2 aja jualannya makin nyungsep di Indonesia.
Ibarat ngasih makanan kucing ke ikan.
Gak akan doyan, lama2 ikannya mati dikasih makanan kucing trs.
:mky_01:

BTW kenapa Suzuki gak impor barang dr Thailand yak yg seleranya lbh mirip?
Emang pajaknya beda jauh?
Maksa jualan produk yg gak sesuai malah jd racun yg bikin ancur nama baik.
Ingatkah anda mahluk bernama Celerio, Ciaz, atau apa itu Karimum CBU yg dipanjangin?
Atau bahkan taukah anda Suzuki pernah jualan mobil2 itu?
:mky_01:
Karimun yang di panjang in itu namanya every om. Dan itu impor dari Jepang asli. Link: viewtopic.php?t=21718

Kenapa Suzuki tidak impor dari Thailand? Karena penasaran saya buka website Suzuki Thailand. Dan ternyata... Jualan nya sama koq.

Celerio
Ciaz
Ertiga
Carry
Swift

Btw, Suzuki Celerio ternyata bukan dari India, tapi dari Thailand. Link: https://otomotif.kompas.com/read/2015/0 ... i.Thailand.

Begitu juga Suzuki Ciaz juga dari Thailand. Link: https://otomotif.kompas.com/read/2017/1 ... ng-langka-

Jadi produk Suzuki Thailand yang mana yang selera nya lebih mirip kita dibanding Suzuki India?
User avatar
Joehard30
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by Joehard30 »

Oe yg g habis pikir tu kadang sijuki kebijakannya aneh, kaya wagon R masak design nya d downgrade dr versi jdm, dmn2 tu kn fitur d downgrade. Kopong masih mending lah, tp tampilan luar masih sebelas duabelas, g sakit d mata, lah ini wagon R d bikin sakit d mata, pada yg jdm keren lgo menurut oe. Terus backbond penjualan mereka d jdm kaya hustler yg menurut oe all rounder jg g d masukin, padahal hustler tu udah kaya civilian version nya jimny, terbukti laku keras, lapang, muka rada macho ground clearance tinggi, ukuran body kecil

Sayang lho padahal sijuki ni, kl d indo brand image mobil tangguh nya kuat banget padahal, mirip2 lah sama brand image mitsu, tp lbh kuatan sijuki sih mnurut oe brand image nya, dulu kn tahun 90an orang mobilnya kl g kijang, panther y carry rata2. Kl nissan sih emang brand image nya g gt kuat, positioningnya nya itu merk nyaman tp g tangguh, tp orang rata2 kita kn suka mobil yg setrong, males ngeluarin uang lbh buat maintenance soalnya 😂
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
mich
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Sat Mar 17, 2018 13:11

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by mich »

Joehard30 wrote:Oe yg g habis pikir tu kadang sijuki kebijakannya aneh, kaya wagon R masak design nya d downgrade dr versi jdm, dmn2 tu kn fitur d downgrade. Kopong masih mending lah, tp tampilan luar masih sebelas duabelas, g sakit d mata, lah ini wagon R d bikin sakit d mata, pada yg jdm keren lgo menurut oe. Terus backbond penjualan mereka d jdm kaya hustler yg menurut oe all rounder jg g d masukin, padahal hustler tu udah kaya civilian version nya jimny, terbukti laku keras, lapang, muka rada macho ground clearance tinggi, ukuran body kecil

Sayang lho padahal sijuki ni, kl d indo brand image mobil tangguh nya kuat banget padahal, mirip2 lah sama brand image mitsu, tp lbh kuatan sijuki sih mnurut oe brand image nya, dulu kn tahun 90an orang mobilnya kl g kijang, panther y carry rata2. Kl nissan sih emang brand image nya g gt kuat, positioningnya nya itu merk nyaman tp g tangguh, tp orang rata2 kita kn suka mobil yg setrong, males ngeluarin uang lbh buat maintenance soalnya [emoji23]
Gw setuju dengan pendapat Om, cuma yang gw heran kenapa Mobil mobil yang katanya seterong di Indonesia dan laris serta banyak pemakainya sama principal nya banyakan cuma banyakan laku dan terjual nya di Indonesia saja yah. Diluar negeri kagak ada atau tidak laku kalau dijual di. sono dan kalau pun dijual di sono volume penjualan nya dikit tapi kalau di jual di sini laris manis, dan anehnya lagi Nissan itu dgn image mobil nyaman, tidak seterong serta dengan biaya maintenance nya yg segitu di dalem negeri kok dari tahun ke tahun jualan mobilnya di luar negeri gw perhatiin makin banyak aje alias makin laku aje di luar sono sampe di aliansi Nissan Renault Mitsubishi justru yg banyak terjual itu mobil Nissan nya sampe sampe si Carlos dgn yakin pasang target aliansi akan bisa jual 14 juta mobil beberapa tahun mendatang. Memang ada anomali pasar kek nya.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... dan-toyota
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by b8099ok »

Ketika sebelumnya anda menggunakan dct ford,... Maka AGS adalah gearbox yang sangat halus,... :ngacir:
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by andrijet »

liemivan86 wrote: Sat Apr 07, 2018 19:17
andrijet wrote::big_think:
Laku gak laku cukup luas parameternya...
Sepertinya hampir semua produk Mazda saat ini versi global.
Kecuali yg aneh2 kyk VX1, hehehe..
Brand premium jelas produk global semua.
‘Laku’ kok dengan pasar kecilnya.
Well C-Class atau 3-series ada di seluruh dunia.
Mau contoh anomali?
Itu supercar macam Lambo atau Ferrari produk global jg dan cukup bagus pasarnya disini sebelum ada ledakan pajak.
Ford juga sempet kampanye global yg pengen punya standar ‘hampir sama’ di semua negara.

Back to Maruti-Suzuki:
Kl tujuannya emang cuma jadiin Indonesia negara buangan stok dr India, gak mau kasih special treatment, cuma sekedar ekspor thok, siap2 aja jualannya makin nyungsep di Indonesia.
Ibarat ngasih makanan kucing ke ikan.
Gak akan doyan, lama2 ikannya mati dikasih makanan kucing trs.
:mky_01:

BTW kenapa Suzuki gak impor barang dr Thailand yak yg seleranya lbh mirip?
Emang pajaknya beda jauh?
Maksa jualan produk yg gak sesuai malah jd racun yg bikin ancur nama baik.
Ingatkah anda mahluk bernama Celerio, Ciaz, atau apa itu Karimum CBU yg dipanjangin?
Atau bahkan taukah anda Suzuki pernah jualan mobil2 itu?
:mky_01:
Karimun yang di panjang in itu namanya every om. Dan itu impor dari Jepang asli. Link: viewtopic.php?t=21718

Kenapa Suzuki tidak impor dari Thailand? Karena penasaran saya buka website Suzuki Thailand. Dan ternyata... Jualan nya sama koq.

Celerio
Ciaz
Ertiga
Carry
Swift

Btw, Suzuki Celerio ternyata bukan dari India, tapi dari Thailand. Link: https://otomotif.kompas.com/read/2015/0 ... i.Thailand.

Begitu juga Suzuki Ciaz juga dari Thailand. Link: https://otomotif.kompas.com/read/2017/1 ... ng-langka-

Jadi produk Suzuki Thailand yang mana yang selera nya lebih mirip kita dibanding Suzuki India?
Ya ampun, my bad so sorry...
:mky_01: :big_slap:
Ternyata jualannya Suzuki Thailand sama yak sama Indonesia (kecuali Swift).

Karena penasaran saya buka website Suzuki Global.
http://www.globalsuzuki.com/automobile/
Ternyata jualannya sama:
Celerio
Ciaz
Ignis
APV
Swift (Sport dan Dzire)
Ertiga
Jimny
Vitara
SX4
Baleno

Secara global barang mereka emang lemah ternyata.
:mky_01:

Oke deh sapa tau di Jepang ada yang bagus.
https://www.carjunction.com/brand_new/s ... -1099.html
Ternyata dagangannya JDM banget-banget...

Bingung juga mo jualan yang mana.
IMHO yg cocok sama Indonesia paling Ertiga, Ignis, Swift, Jimny, Vitara, SX4.
Masing2 dari itu pun menghadapi persaingan yg berat dr merk lain.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by liemivan86 »

Joehard30 wrote:Oe yg g habis pikir tu kadang sijuki kebijakannya aneh, kaya wagon R masak design nya d downgrade dr versi jdm, dmn2 tu kn fitur d downgrade. Kopong masih mending lah, tp tampilan luar masih sebelas duabelas, g sakit d mata, lah ini wagon R d bikin sakit d mata, pada yg jdm keren lgo menurut oe. Terus backbond penjualan mereka d jdm kaya hustler yg menurut oe all rounder jg g d masukin, padahal hustler tu udah kaya civilian version nya jimny, terbukti laku keras, lapang, muka rada macho ground clearance tinggi, ukuran body kecil

Sayang lho padahal sijuki ni, kl d indo brand image mobil tangguh nya kuat banget padahal, mirip2 lah sama brand image mitsu, tp lbh kuatan sijuki sih mnurut oe brand image nya, dulu kn tahun 90an orang mobilnya kl g kijang, panther y carry rata2. Kl nissan sih emang brand image nya g gt kuat, positioningnya nya itu merk nyaman tp g tangguh, tp orang rata2 kita kn suka mobil yg setrong, males ngeluarin uang lbh buat maintenance soalnya [emoji23]
Mungkin ya, mungkin, kalo masuk in wagon R kayak di Jepang akan jadi overpriced. Mungkin ya..

Soalnya di Jepang suzuki justru laku karena spedialis kei car, mobil LCGC ala Jepang. Masalahnya, kei car ini kalo dimasukkan sini bakal kemahalan. Kalo lihat list product Suzuki Japan, banyak banget tipe kei car nya. Yang non kei car cuma swift, ignis, baleno, Jimny, s cross dan escudo. Baleno dan S cross pernah masuk dan tanya2 ke sales di sana, impor dari India. Jarang laku juga sih. Ignis JDM lumayan laku.

Hustler saya pernah lihat barang nya langsung, menurut saya kurang menarik ya.. Dan kalo masuk sini, mungkin akan seharga rush terios, atau kalo bisa ditekan lagi paling rendah mungkin sama kayak baleno, padahal kelas nya di bawah. Harga hustler paling murah sekitar 190 jt, di Jepang. Masuk sini Err... 230-240 jt?
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by liemivan86 »


andrijet wrote: Ya ampun, my bad so sorry... :mky_01: :big_slap:
Ternyata jualannya Suzuki Thailand sama yak sama Indonesia (kecuali Swift).

Karena penasaran saya buka website Suzuki Global.
http://www.globalsuzuki.com/automobile/
Ternyata jualannya sama:
Celerio
Ciaz
Ignis
APV
Swift (Sport dan Dzire)
Ertiga
Jimny
Vitara
SX4
Baleno

Secara global barang mereka emang lemah ternyata.
:mky_01:

Oke deh sapa tau di Jepang ada yang bagus.
https://www.carjunction.com/brand_new/s ... -1099.html
Ternyata dagangannya JDM banget-banget...

Bingung juga mo jualan yang mana.
IMHO yg cocok sama Indonesia paling Ertiga, Ignis, Swift, Jimny, Vitara, SX4.
Masing2 dari itu pun menghadapi persaingan yg berat dr merk lain.
Itu produk global mereka, beberapa dari India, Thailand dan Indonesia. Suzuki ini memang lokal banget sih. Di Jepang jualan nya kebanyakan kei car, di India keluar nya mobil aneh2 bin ajaib bentuk nya itu. Tapi memang Suzuki secara global juga jualan nya jauh di bawah produsen lain.
2017-worldwide-car-sales-brand-top_25.jpg
Setengah jualan nya di India, 600rb di Jepang. Sisanya seluruh dunia. Jadi ya memang kuat nya cuma di 2 negara itu aja.. Ertiga itu pun bisa keluar karena sesuai dengan pasar India. Kalo nda, mungkin akan semakin menyedihkan produk Suzuki di Indonesia.


OOT, Yang menarik ini:
2017-worldwide-car-sales-models-top_25.jpg
Nda sangka X-trail yang penjualan nya menyedihkan di sini bisa global top sales no 4, sekitar 10-15% di atas RAV4 dan CRV. Memang mobil enak sih X-trail ini.. Ha2...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
nylekamin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Sat Jul 01, 2017 15:23

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by nylekamin »

Namanya jualan yaa ujung tombaknya bagian Sales dan Marketing..
Sales dan Marketing caur yaa penjualan anjlok. Gitu aja kok repot..

Skrg pernah ada yg liat ga promo atau iklan Suzuki Splash?? Atau produk terbarunya Suzuki Ciaz? See hampir ga pernah liat kan? Terus ngarepin penjualan bagus gitu dgn strategi jualan ga niat gini?
Org yg jualan ekstrak buah manggis kynya malah lbh niat -,-
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16683
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by ChZ »

Joehard30 wrote: Sat Apr 07, 2018 21:00 Oe yg g habis pikir tu kadang sijuki kebijakannya aneh, kaya wagon R masak design nya d downgrade dr versi jdm, dmn2 tu kn fitur d downgrade. Kopong masih mending lah, tp tampilan luar masih sebelas duabelas, g sakit d mata, lah ini wagon R d bikin sakit d mata, pada yg jdm keren lgo menurut oe. Terus backbond penjualan mereka d jdm kaya hustler yg menurut oe all rounder jg g d masukin, padahal hustler tu udah kaya civilian version nya jimny, terbukti laku keras, lapang, muka rada macho ground clearance tinggi, ukuran body kecil

Sayang lho padahal sijuki ni, kl d indo brand image mobil tangguh nya kuat banget padahal, mirip2 lah sama brand image mitsu, tp lbh kuatan sijuki sih mnurut oe brand image nya, dulu kn tahun 90an orang mobilnya kl g kijang, panther y carry rata2. Kl nissan sih emang brand image nya g gt kuat, positioningnya nya itu merk nyaman tp g tangguh, tp orang rata2 kita kn suka mobil yg setrong, males ngeluarin uang lbh buat maintenance soalnya 😂
JDM market itu exclusive om... kei-car nya not made for export market... makanya LCGC disini kebanyakan (maaf) cheaply made ecocar... dengan desain setengah hati dan kualitas plastik daur ulang... which is merujuk pasti ke pasar India karena India pasarnya mobil yang begitu.

Plus thanks to our government... kebijakan pajak impor tinggi dan persyaratan LCGC adalah harus buatan lokal dan memenuhi kriteria absurd nan bull$*1t lainnya... Makanya Ignis dan Miras gak masuk LCGC padahal mereka memenuhi seharusnya.

Kei-car giliran ada yang import harganya selangit ... mau bukti ? S660 via IU harganya bisa dapet dua biji Civic Hatchback ... yang via ATPM satu-satunya ya Copen itupun mana tega ngeluarin duit 400juta+ demi mobil yang aslinya berjudul "LCGC" di negara asalnya... kecuali memang cinta banget.

Bahkan the so called "CBU Japan" di Indonesia itu second-tier quality... yang top tier gak mau lah diekspor ke luar... :big_grin: monggo tanyaken bro Haristk7 yang sudah pernah membandingkan mobil "asli" di Jepang dan mobil CBU Japan di Indonesia.

Balik ke Suzuki Indonesia... I would take Suzuki Ciprat everytime dibanding Ignis or Celerio apalagi KWR sekarang... Ignis memang gak kalah unik, tapi entah kenapa level of refinementnya masih jauh dari Ciprat IMHO... Jujur formula jualannya SIS agak membingungkan, aneh-aneh sih dulu padahal barangnya jelas bagus-bagus (Splash, Swift, SX4, Grand Vitara, Karimun) ...

SX4 ya sekarang masih ada tapi tetep aja hype nya udah diambil sama HR-V ... Yang bikin heran kenapa milih masukin itu Baleno Hatchback yang bentuknya absurd dibanding masukin All New Swift... udah bagus taun 2013 mau masukin Swift Sport sekalian... eee... sekarang malah masukin hatchback yang bentuknya gak ngerti ngambil inspirasi dari mana...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by Izark »

intermezzo aja : kayanya ini thread kurang cocok buat suggestion corner deh. Mungkin lebih pas di Common Topics of Cars or Automotive

:ngacir:
mau nulis apa ya...
imanoff
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 199
Joined: Sun Oct 01, 2017 12:40

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by imanoff »

Kesan saya Suzuki seperti setengah hati jualan produknya. Begitu juga di roda duanya. Beberapa (tentu tidak semua) produknya keren, built quality bagus, worth the money sekali, tapi nggak digarap serius.

OOT sedikit. Suzuki punya “sports car” macam Honda NSX, Toyota Supra, Subaru BRZ, Nissan GTR, dan sejenisnya nggak?
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: ex user EV yg balik ke ICE

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by impactful »

sports car nya suzuki ya...
ini masuk ga ya... hehehe

http://kp-gasket.blogspot.co.id/2010/08 ... o.html?m=1
Past :
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by octafiantos »

Sports carnya ada, itu Swift warna kuning heu heu heu.
Kavling kosong, bisa dikridit.