(ask knowledge), power vs torque
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
(ask knowledge), power vs torque
Forum yg terhormat, saya newbie yang ingin sedikit menimba knowledge dari para senior SMers...
Kalo kita ingin performa dari sebuah engine mobile (dengan asumsi kita pake harian dan nyaman alias tdk utk tarik2an), mana yang harus lebih kita perhatikan sih/lebih penting? Torsinya (KGM/NM)? Atau powernya (HP/PS/PK/KW)? Saya sering baca ungkapan di berbagai forum :
"People always buy for the power (HP/KW) but they actually only drive and ride the torque (KGM/NM)"
Trus, tolong dong jelasin apa sih maksudnya BHP (brake horse power), SHP (shaft horse power),
NHP (nominal horse power), IHP (indicated horse power), EHP (effective horse power), THP (true horse power), whp (wheel hosre power). Saya sering lihat ini di brosur mobil baru di engine-performance"-nya.
Saya sudah cari di internet tapi ternyata malah tambah mumet soalnya penjelasannya pake bahasa yg saya ga mudeng
Dan setahu saya, ungkapan HP (horse power) dipake di negara yg menganut sistim ukuran imperial (inchi, pound) misalnya USA dan Inggris,
sedangkan di negara yg menganut sistem metric/SI (meter, kilo) biasanya menggunakan satuan KW (Kilo watt) misalnya di negara2 eropa-continent (non UK)
Bukankah seharusnya kita menggunakan satuan KW untuk power?
Sedangkan untuk torsi sendiri kita sudah menyebut NM (newton meter) yg memang merupakan satuan metric.
Terimakasih bagi SMers yang berkenan membagikan knowledge-nya supaya kami bagi yang awam lebih ngerti and ga gampang dibodohi produsen.
Salam
Kalo kita ingin performa dari sebuah engine mobile (dengan asumsi kita pake harian dan nyaman alias tdk utk tarik2an), mana yang harus lebih kita perhatikan sih/lebih penting? Torsinya (KGM/NM)? Atau powernya (HP/PS/PK/KW)? Saya sering baca ungkapan di berbagai forum :
"People always buy for the power (HP/KW) but they actually only drive and ride the torque (KGM/NM)"
Trus, tolong dong jelasin apa sih maksudnya BHP (brake horse power), SHP (shaft horse power),
NHP (nominal horse power), IHP (indicated horse power), EHP (effective horse power), THP (true horse power), whp (wheel hosre power). Saya sering lihat ini di brosur mobil baru di engine-performance"-nya.
Saya sudah cari di internet tapi ternyata malah tambah mumet soalnya penjelasannya pake bahasa yg saya ga mudeng
Dan setahu saya, ungkapan HP (horse power) dipake di negara yg menganut sistim ukuran imperial (inchi, pound) misalnya USA dan Inggris,
sedangkan di negara yg menganut sistem metric/SI (meter, kilo) biasanya menggunakan satuan KW (Kilo watt) misalnya di negara2 eropa-continent (non UK)
Bukankah seharusnya kita menggunakan satuan KW untuk power?
Sedangkan untuk torsi sendiri kita sudah menyebut NM (newton meter) yg memang merupakan satuan metric.
Terimakasih bagi SMers yang berkenan membagikan knowledge-nya supaya kami bagi yang awam lebih ngerti and ga gampang dibodohi produsen.
Salam
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Mar 27, 2007 4:21
- Location: Jakarta City
Re: (ask knowledge), power vs torque
Beda torsi dan tenaga ? ( saya ambil dari majalah AUTO BILD edisi 79 Mei 2006 bag. Klinik teknik. hal 72. )
Pertanyaannya :
Apa beda tenaga mesin dengan torsi dalam berkendaraan sehari hari, seperti saat hendak mendaki, hendak menyalip atau beban penuh ?
Mana yang lebih penting, torsi atau tenaga mesin ?
Jawaban dari Auto Bild :
Torsi yang memiliki satuan Newton meter merupakan kemampuan mesin untuk mengerakan kendaraan dari kondisi diam. Sedangakan tenaga dengan satuan daya kuda lebih kepada kemampuan tertinggi yang dapat diraih mesin tersebut.
Dalam praktiknya , torsi lebih berperan ketimbang tenaga mesin. Pasalnya, semakin besar torsi yang dimiliki mesin maka mobil akan terasa lincah dan lebih hemat BBM. Makanya, mobil yang memiliki torsi besar akan asyik saat diajak mendaki atau diisi beban penuh. Apalagi bila torsi maksimum diraih pada putaran mesin yang cukup rendah.
Sedangkan tenaga mesin lebih terasa ketika melaju di jalanan bebas hambatan atau saat hendak menyalip hingga rpm maksimum. Makanya tenaga mesin akan meningkat seiring tingginya putaran mesin.
Itu saja yang dapat saya bantu. Karena saya sendiri nol besar untuk urusan mesin.
Untuk selanjutnya tongkat estafet saya serahkan kepada suhu suhu di forum ini.
Mongo......
Pertanyaannya :
Apa beda tenaga mesin dengan torsi dalam berkendaraan sehari hari, seperti saat hendak mendaki, hendak menyalip atau beban penuh ?
Mana yang lebih penting, torsi atau tenaga mesin ?
Jawaban dari Auto Bild :
Torsi yang memiliki satuan Newton meter merupakan kemampuan mesin untuk mengerakan kendaraan dari kondisi diam. Sedangakan tenaga dengan satuan daya kuda lebih kepada kemampuan tertinggi yang dapat diraih mesin tersebut.
Dalam praktiknya , torsi lebih berperan ketimbang tenaga mesin. Pasalnya, semakin besar torsi yang dimiliki mesin maka mobil akan terasa lincah dan lebih hemat BBM. Makanya, mobil yang memiliki torsi besar akan asyik saat diajak mendaki atau diisi beban penuh. Apalagi bila torsi maksimum diraih pada putaran mesin yang cukup rendah.
Sedangkan tenaga mesin lebih terasa ketika melaju di jalanan bebas hambatan atau saat hendak menyalip hingga rpm maksimum. Makanya tenaga mesin akan meningkat seiring tingginya putaran mesin.
Itu saja yang dapat saya bantu. Karena saya sendiri nol besar untuk urusan mesin.
Untuk selanjutnya tongkat estafet saya serahkan kepada suhu suhu di forum ini.
Mongo......
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Wed Apr 21, 2004 7:10
- Location: depan komputer
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
- Location: Jabodetabek
Definisi dari http://www.largiader.com/articles/torque.html
selengkapnya, baca artikel aslinya yahTorque is a twisting force applied to an object, like a wheel or a crankshaft. Note that motion is not required for torque to exist! If you stand on a lug wrench that is on a frozen lug bolt, you are applying a torque to that bolt even though there may be no movement. For our purposes, we will consider that torque is measured in pounds-force feet (lbf-ft) meaning the equivalent of a given force, in pounds, acting on the end of a lever of length in feet. For example, standing with 180 pounds body weight on a lug wrench one foot long yields 180 lbf-ft of torque. A child of 90 pounds standing on a two-foot lug wrench applies the same torque.
Work is the application of force over a distance. Unfortunately, the units used are the same (pounds times feet) but we write this as ft-lb just to distinguish it. The real difference is that in this case, the "feet" part means feet of movement. If you push on a car with 100 pounds of force and maintain that for 30 feet, you have done 3000 ft-lb of work. An easier example is lifting a weight (in pounds) a given distance (in feet). If you use some sort of mechanical advantage, like a winch, you will do the same amount of work because by halving the effort required, you will have to double the distance through which you apply the force to achive the same objective.
Power is the application of work within a finite time. 550 ft-lb of work in one second is one horsepower.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Horse Power = Tenaga Kuda, saya pernah baca disebuah tabloid/majalah, 1 HP = 75 kg, jadi 1 HP bisa membawa beban seberat 75 kg, ini asumsi dari tenaga kuda sungguhan pada masa itu. Sebagai Contoh Truk 100 ps itu bisa membawa beban kendaraan dan muatan tidak lebih dari 7500kg / 7,5 ton (dengan asumsi jalan datar dan mulus). dan ttg Torsi dan HP saya sependapat ama yg diatas.... semoga membantu.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Thu Dec 28, 2006 15:02
Mau ikutan nimbrung nih..
Power kalau di jabarkan dari salah satu rumus-nya = Torsi x Kecepatan angular.
Nah torsi sendiri merupakan Force (Tenaga) yang memberi akselerasi pada benda.
jadi tidak hanya menggerakkan mobil dari keadaan diam, tapi juga memberi percepatan (menambah kecepatan) mobil.
JAdi semakin besar torsi mobil, semakin besar kemampuannya memberi akselerasi pada mobil.
Dengan berat yang sama, mobil yg torsinya lebih besar akan lebih bagus tarikannya.
Dengan berat yang lebih besar, (tp torsi juga lebih besar), maka tarikannya bisa sebanding.
Dari rumus itu juga artinya dengan power max tertentu(misal 200 pd rpm tertentu) dan torsi tertentu (misal 20 pd rpm tersebut), maka bisa didapat kecepatan max mobil (10 rad/s) (masih tergantung rasio gigi/jari2 roda jadi bisa di ubah ke km/jam)
Rumus power lainnya = Kerja / satuan waktu.
Simpelnya sih, Power itu seberapa cepat mesin bisa memberi torsi(tenaga) nya.
Kalau torsi, seberapa besar tenaga mesin untuk memberikan akselerasi pada mobil.
Kalau top speed, selain tergantung power, juga tergantung rasio gigi.
jadi kenapa tronton gak bisa secepat mercy walaupun power dan torsi lebih besar, karena selain beratnya juga rasio gigi yang di desain lebih untuk torsi.
mgk ada yg mau nambahin atw koreksi
thx, semoga berguna
Power kalau di jabarkan dari salah satu rumus-nya = Torsi x Kecepatan angular.
Nah torsi sendiri merupakan Force (Tenaga) yang memberi akselerasi pada benda.
jadi tidak hanya menggerakkan mobil dari keadaan diam, tapi juga memberi percepatan (menambah kecepatan) mobil.
JAdi semakin besar torsi mobil, semakin besar kemampuannya memberi akselerasi pada mobil.
Dengan berat yang sama, mobil yg torsinya lebih besar akan lebih bagus tarikannya.
Dengan berat yang lebih besar, (tp torsi juga lebih besar), maka tarikannya bisa sebanding.
Dari rumus itu juga artinya dengan power max tertentu(misal 200 pd rpm tertentu) dan torsi tertentu (misal 20 pd rpm tersebut), maka bisa didapat kecepatan max mobil (10 rad/s) (masih tergantung rasio gigi/jari2 roda jadi bisa di ubah ke km/jam)
Rumus power lainnya = Kerja / satuan waktu.
Simpelnya sih, Power itu seberapa cepat mesin bisa memberi torsi(tenaga) nya.
Kalau torsi, seberapa besar tenaga mesin untuk memberikan akselerasi pada mobil.
Kalau top speed, selain tergantung power, juga tergantung rasio gigi.
jadi kenapa tronton gak bisa secepat mercy walaupun power dan torsi lebih besar, karena selain beratnya juga rasio gigi yang di desain lebih untuk torsi.
mgk ada yg mau nambahin atw koreksi
thx, semoga berguna
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
ooo...
Jadi kalo gitu, boleh dong saya ambil kesimpulan, torsi diperlukan buat mobil niaga/angkut barang banyak dan beraktivitas di dalam kota, sedangkan kalo mau dipake sendirian dan sering lewat jalan sepi mendingan cari yg spek HP-nya besar gitu?
Berarti utk kelas MPV dan mobil niaga (biasa bawa banyak orang/barang), lebih baik kita tekankan di aspek torsi-nya? Sebaliknya kalo utk sedan/sportscar mendingan lebih concern ke power-nya?
Dengan kesimpulan begitu, mobil yg dipasarkan di Indonesia (melihat karakter konsumen dan kondisi jalan), sebaiknya lebih menonjolkan aspek keunggulan torsi dibanding power-nya (bener ga ya ?). Padahal kalo saya lihat brosur mobil baru baik itu truk, MPV, SUV, etc...produsen lebih menunjukkan angka power (HP) di performa mesinnya gitu
Oya, saya barusan lihat lagi di wikipedia, 1HP=0.745KW, 1KW=1.34HP.
linknya: http://en.wikipedia.org/wiki/Horsepower
sebagian saya paste-kan kesini
Definition
There have been many definitions for horsepower since James Watt first coined the term in 1782. The following metrics have been widely used:
Mechanical horsepower  0.74569987158227022 kW (33,000 ft·lbf per minute)
Metric horsepower  0.73549875 kW
Electrical horsepower  0.746 kW
Boiler horsepower  9.8095 kW
Additionally, the term "horsepower" has been applied to calculated (rather than measured) metrics:
PS
This unit (German: Pferdestärke = horse strength) is no longer a lawful unit, but is still commonly used in Europe, South America and Japan, especially by the automotive and motorcycle industry. It was adopted throughout continental Europe with designations equivalent to the English "horse power", but mathematically different from the British unit. It is defined by the Physikalisch-Technische Bundesanstalt (PTB)[1] in Braunschweig as exactly:
1 PS = 75 kp·m/s = 0.73549875 kW = 0.9863201652997627 hp (SAE)
The PS was adopted by the Deutsches Institut für Normung (DIN) and then by the automotive industry throughout most of Europe.
In the 19th century the French had their own unit, called the poncelet (p) In 1992, the PS was rendered obsolete by EEC directives, when it was replaced by the kilowatt as the official power measuring unit. It remained in use for commercial and advertising purposes, as customers were not familiar with the use of kilowatts for combustion engines.
pk, hk and hv
The Dutch paardenkracht (pk), the Swedish hästkraft (hk), the Finnish hevosvoima (hv), and the Norwegian and Danish hestekraft (hk) all equal the German Pferdestärke (PS)
Tolong dong....pencerahan lagi dari para senior SMers...
Salam
Jadi kalo gitu, boleh dong saya ambil kesimpulan, torsi diperlukan buat mobil niaga/angkut barang banyak dan beraktivitas di dalam kota, sedangkan kalo mau dipake sendirian dan sering lewat jalan sepi mendingan cari yg spek HP-nya besar gitu?
Berarti utk kelas MPV dan mobil niaga (biasa bawa banyak orang/barang), lebih baik kita tekankan di aspek torsi-nya? Sebaliknya kalo utk sedan/sportscar mendingan lebih concern ke power-nya?
Dengan kesimpulan begitu, mobil yg dipasarkan di Indonesia (melihat karakter konsumen dan kondisi jalan), sebaiknya lebih menonjolkan aspek keunggulan torsi dibanding power-nya (bener ga ya ?). Padahal kalo saya lihat brosur mobil baru baik itu truk, MPV, SUV, etc...produsen lebih menunjukkan angka power (HP) di performa mesinnya gitu
Oya, saya barusan lihat lagi di wikipedia, 1HP=0.745KW, 1KW=1.34HP.
linknya: http://en.wikipedia.org/wiki/Horsepower
sebagian saya paste-kan kesini
Definition
There have been many definitions for horsepower since James Watt first coined the term in 1782. The following metrics have been widely used:
Mechanical horsepower  0.74569987158227022 kW (33,000 ft·lbf per minute)
Metric horsepower  0.73549875 kW
Electrical horsepower  0.746 kW
Boiler horsepower  9.8095 kW
Additionally, the term "horsepower" has been applied to calculated (rather than measured) metrics:
PS
This unit (German: Pferdestärke = horse strength) is no longer a lawful unit, but is still commonly used in Europe, South America and Japan, especially by the automotive and motorcycle industry. It was adopted throughout continental Europe with designations equivalent to the English "horse power", but mathematically different from the British unit. It is defined by the Physikalisch-Technische Bundesanstalt (PTB)[1] in Braunschweig as exactly:
1 PS = 75 kp·m/s = 0.73549875 kW = 0.9863201652997627 hp (SAE)
The PS was adopted by the Deutsches Institut für Normung (DIN) and then by the automotive industry throughout most of Europe.
In the 19th century the French had their own unit, called the poncelet (p) In 1992, the PS was rendered obsolete by EEC directives, when it was replaced by the kilowatt as the official power measuring unit. It remained in use for commercial and advertising purposes, as customers were not familiar with the use of kilowatts for combustion engines.
pk, hk and hv
The Dutch paardenkracht (pk), the Swedish hästkraft (hk), the Finnish hevosvoima (hv), and the Norwegian and Danish hestekraft (hk) all equal the German Pferdestärke (PS)
Tolong dong....pencerahan lagi dari para senior SMers...
Salam
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
- Location: Jabodetabek
Bisa juga dibandingkan mobil F1 dan truk ...guesss wrote: jadi kenapa tronton gak bisa secepat mercy walaupun power dan torsi lebih besar, karena selain beratnya juga rasio gigi yang di desain lebih untuk torsi.
walaupun mobil F1 itu powernya besar dan lebih besar dari truk(karena rpm bisa mencapai 20.000 rpm), tapi bila mesinnya di pasang pada truk untuk mengangkut beban 1 ton tidak akan kuat berjalan atau nanjak. Mungkin bisa, tapi harus digeber sampai 20.000 rpm
sedangkan mesin truk dengan santai mengangkut beban seberat 1 ton. walaupun tenaga (power) lebih kecil, tapi torsinya cukup, dan dicapai pada rpm yang rendah
tolong dikoreksi bila salah
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Tue Jul 05, 2005 5:32
terus apa itu rasio gigi? nyaman mana rasio gigi besar ato kecilguesss wrote:Mau ikutan nimbrung nih..
Simpelnya sih, Power itu seberapa cepat mesin bisa memberi torsi(tenaga) nya.
Kalau torsi, seberapa besar tenaga mesin untuk memberikan akselerasi pada mobil.
Kalau top speed, selain tergantung power, juga tergantung rasio gigi.
jadi kenapa tronton gak bisa secepat mercy walaupun power dan torsi lebih besar, karena selain beratnya juga rasio gigi yang di desain lebih untuk torsi.
mgk ada yg mau nambahin atw koreksi
thx, semoga berguna
sorry enggak ngetest tapi bener-benar tanya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
gw belum ngerti tuh yg diomongin di atas, asli gilak teknis banget
betewe rasio gigi besar kecil itu tergantung penggunaannya lah
kalo rasio gede akselarasi lama, top speed tinggi, rentang gir panjang
kalo rasio kecil, akselerasi tinggi, top speed rendah, rentang pendek, gitu...
betewe rasio gigi besar kecil itu tergantung penggunaannya lah
kalo rasio gede akselarasi lama, top speed tinggi, rentang gir panjang
kalo rasio kecil, akselerasi tinggi, top speed rendah, rentang pendek, gitu...
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Thu Dec 28, 2006 15:02
contoh raso gigi:
gigi 1 3.4xx --> akselerasi tinggi,"napas" pendek, kecepatan rendah
gigi 2 2.8xx
.
.
gigi 5 0.876 --> akselerasi rendah, napas panjang, buat top speed.
contoh kijang thn 2000 gw bandingin sama altis 2000.
tanpa tau pasti rasio giginya, gw bisa tau kalo kijang didesain lebih buat torsi. (buat ngangkut beban banyak)
untuk kecepatan 100kph, RPM kijang (gigi 5) di 3200
padahal altis cuma 3000. malah soluna sekitar 2800.
makanya kijang lebih boros, dan soluna paling irit.
kalau sering pake mobil bawa barang banyak ya pilih yg torsi gede.
dan kalau mau cari mobil yang irit, salah satunya bisa dilihat, di RPM berapa torsi dan power max-nya.
semakin tinggi RPM nya artinya nginjek gas nya harus lebih dalem ( borosss)
tp biasanya sama manufaktur ini udah di paket.
kalau mau bawa beban banyak, beli kijang/panther/MPV
kalau mau top speed : mercy/bmw dll
knp yang lebih ditonjolin power, krn ya konsep torsi dan power ini memang agak2 ribet. dan simpelnya ya power aja yg di jual.
gigi 1 3.4xx --> akselerasi tinggi,"napas" pendek, kecepatan rendah
gigi 2 2.8xx
.
.
gigi 5 0.876 --> akselerasi rendah, napas panjang, buat top speed.
contoh kijang thn 2000 gw bandingin sama altis 2000.
tanpa tau pasti rasio giginya, gw bisa tau kalo kijang didesain lebih buat torsi. (buat ngangkut beban banyak)
untuk kecepatan 100kph, RPM kijang (gigi 5) di 3200
padahal altis cuma 3000. malah soluna sekitar 2800.
makanya kijang lebih boros, dan soluna paling irit.
kalau sering pake mobil bawa barang banyak ya pilih yg torsi gede.
dan kalau mau cari mobil yang irit, salah satunya bisa dilihat, di RPM berapa torsi dan power max-nya.
semakin tinggi RPM nya artinya nginjek gas nya harus lebih dalem ( borosss)
tp biasanya sama manufaktur ini udah di paket.
kalau mau bawa beban banyak, beli kijang/panther/MPV
kalau mau top speed : mercy/bmw dll
knp yang lebih ditonjolin power, krn ya konsep torsi dan power ini memang agak2 ribet. dan simpelnya ya power aja yg di jual.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Torsi = Power/Tenaga
Horse Power = AKUMULASI tenaga dalam rentang tertentu.
Sederhana nya gini aja bos.
Ambil Paku dan martil dan tancapkan di tembok. Kekuatan/Tenaga dalam SETIAP PUKULAN ke paku tsb similar dgn TORSI. Sedangkan JUMLAH tenaga yg telah dikeluarkan sejak pukulan pertama sampe paku tsb amblas ke tembok identik dgn HORSE POWER.
Kalo di engine mobil.
Tenaga dalam SETIAP "pukulan" piston untuk memutar cam adalah torsi. Atau katakan lah, TORSI itu tenaga untuk 1 rev (1 putaran mesin).
Horse Power = Akumulasi tenaga dalam satu menit . Formula nya kayak di atas posted by Mr Pos Vett. HP = Tenaga dalam 1 putaran dikalikan dgn RPM (Rev per minute) kemudian dikalikan dengan konstanta tertentu.
Walaupun tenaga piston dalam satu putaran relatif kecil, tapi kalo muternya 6000 kali dalam satu menit (= RPM 6000), akan menghasilkan angka HP yg gede. Dan sebaliknya. Walaupun tenaga "pukulann" piston nya gede, tapi mukulnya cuman 2000 kali semenit (= RPM 2000), akan menghasilkan angka HP yg kecil.
Dulu udah ada threadnya koq. Silakan di search lagi kalo mau lebih lengkap (dan lebih benar... ).
Horse Power = AKUMULASI tenaga dalam rentang tertentu.
Sederhana nya gini aja bos.
Ambil Paku dan martil dan tancapkan di tembok. Kekuatan/Tenaga dalam SETIAP PUKULAN ke paku tsb similar dgn TORSI. Sedangkan JUMLAH tenaga yg telah dikeluarkan sejak pukulan pertama sampe paku tsb amblas ke tembok identik dgn HORSE POWER.
Kalo di engine mobil.
Tenaga dalam SETIAP "pukulan" piston untuk memutar cam adalah torsi. Atau katakan lah, TORSI itu tenaga untuk 1 rev (1 putaran mesin).
Horse Power = Akumulasi tenaga dalam satu menit . Formula nya kayak di atas posted by Mr Pos Vett. HP = Tenaga dalam 1 putaran dikalikan dgn RPM (Rev per minute) kemudian dikalikan dengan konstanta tertentu.
Walaupun tenaga piston dalam satu putaran relatif kecil, tapi kalo muternya 6000 kali dalam satu menit (= RPM 6000), akan menghasilkan angka HP yg gede. Dan sebaliknya. Walaupun tenaga "pukulann" piston nya gede, tapi mukulnya cuman 2000 kali semenit (= RPM 2000), akan menghasilkan angka HP yg kecil.
Dulu udah ada threadnya koq. Silakan di search lagi kalo mau lebih lengkap (dan lebih benar... ).
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Tue Jul 17, 2007 9:35
buka arsip diskusi tentang Torsi vs power ini di:
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=5411
atau di:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... ight=torsi
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=5411
atau di:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... ight=torsi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
-
- SM Specialist
- Posts: 22041
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Yg paling mak nyuss kalau mesin bisa pompa Torsi besar sejak dari RPM rendah (1500 - 1800 RPM) dan horsepower besar di RPM tinggi (5100 - 6000 RPM) trus bentangan Torsinya flat dari 1800 s/d 3500 RPM.
Sedang utk performa & efiensiensi Torsi besar di RPM rendah & horsepower besar di RPM yg tidak terlalu tinggi, sekitar 3800 - 4000 RPM misalnya, asal didukung oleh transmisi yang sesuai, 6 speed misalnya.
Btw artikel ttg bhp & Torque dulu sudah pernah dijelaskan panjang lebar oleh Master Conan.
Sedang utk performa & efiensiensi Torsi besar di RPM rendah & horsepower besar di RPM yg tidak terlalu tinggi, sekitar 3800 - 4000 RPM misalnya, asal didukung oleh transmisi yang sesuai, 6 speed misalnya.
Btw artikel ttg bhp & Torque dulu sudah pernah dijelaskan panjang lebar oleh Master Conan.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Thanks atas tambahannya mr. turboman!
BTW, maaf nih agak melenceng dari topik dikit, kalo saya simpulkan, torsi besar emang diperlukan untuk tarik beban berat dan akselerasi gitu ya. Saya lantas berpikir ke lokomotif, kebetulan saya pengguna jasa KA teratur tiap minggu utk mudik semarang - surabaya. Saya iseng lihat "technical tag" yg nempel di loko-nya, tertulis "GE Locomotive", output 1000BHP (gila yah ). Trus saya ngobrol ke teknisinya, yg tertera disitu sebenarnya output diesel (genset-nya). jadi mesin di locomotive itu sebenarnya "generator raksasa" yang lantas output listriknya disalurkan ke motor listrik. Nah motor listrik inilah yg sebenarnya menggerakkan lokomotif plus gerbong (saya juga ngga tahu pasti, soalnya ini jawaban dari orang KA-nya). makanya, kalo ada genangan air lebih dari setengah roda, ni loko pasti ga bakalan berani terjang, soalnya motor listriknya bisa korslet (logikanya mesin diesel kan lebih berani main air?). Kalo gitu, motor listrik ternyata besar juga torsi-nya ya? Per gerbong aja berat kosongnya bisa 30-40ton, kalikan berapa gerbong aja tuh ? Belum lagi loko-nya itu sendiri.
Kalo ada member SMers yg aktif di KA, mungkin bisa sharing juga nih
Thanks
BTW, maaf nih agak melenceng dari topik dikit, kalo saya simpulkan, torsi besar emang diperlukan untuk tarik beban berat dan akselerasi gitu ya. Saya lantas berpikir ke lokomotif, kebetulan saya pengguna jasa KA teratur tiap minggu utk mudik semarang - surabaya. Saya iseng lihat "technical tag" yg nempel di loko-nya, tertulis "GE Locomotive", output 1000BHP (gila yah ). Trus saya ngobrol ke teknisinya, yg tertera disitu sebenarnya output diesel (genset-nya). jadi mesin di locomotive itu sebenarnya "generator raksasa" yang lantas output listriknya disalurkan ke motor listrik. Nah motor listrik inilah yg sebenarnya menggerakkan lokomotif plus gerbong (saya juga ngga tahu pasti, soalnya ini jawaban dari orang KA-nya). makanya, kalo ada genangan air lebih dari setengah roda, ni loko pasti ga bakalan berani terjang, soalnya motor listriknya bisa korslet (logikanya mesin diesel kan lebih berani main air?). Kalo gitu, motor listrik ternyata besar juga torsi-nya ya? Per gerbong aja berat kosongnya bisa 30-40ton, kalikan berapa gerbong aja tuh ? Belum lagi loko-nya itu sendiri.
Kalo ada member SMers yg aktif di KA, mungkin bisa sharing juga nih
Thanks
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Contoh dari maksimalisasi tenaga bawah (torsi) dan atas (HP) ada pada pengembangan mesin VW 1400cc yang dipasang pada Golf TWINCHARGER.... Mesin kecil itu dipasang Supercharger untuk mendongkrak tenaga di RPM bawahnya, plus Turbocharger untuk mendongkrak tenaga di RPM atasnya.... mungkin ada kawan yang bisa melengkapi dengan data performa HP/Torque mesin VW 1400cc tersebut ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999