(ask knowledge), power vs torque

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

(ask knowledge), power vs torque

Post by imsus2c »

Forum yg terhormat, saya newbie yang ingin sedikit menimba knowledge dari para senior SMers... :)

Kalo kita ingin performa dari sebuah engine mobile (dengan asumsi kita pake harian dan nyaman alias tdk utk tarik2an), mana yang harus lebih kita perhatikan sih/lebih penting? Torsinya (KGM/NM)? Atau powernya (HP/PS/PK/KW)? Saya sering baca ungkapan di berbagai forum :
"People always buy for the power (HP/KW) but they actually only drive and ride the torque (KGM/NM)" :o :o :o

Trus, tolong dong jelasin apa sih maksudnya BHP (brake horse power), SHP (shaft horse power),
NHP (nominal horse power), IHP (indicated horse power), EHP (effective horse power), THP (true horse power), whp (wheel hosre power). Saya sering lihat ini di brosur mobil baru di engine-performance"-nya. :? :? :?
Saya sudah cari di internet tapi ternyata malah tambah mumet soalnya penjelasannya pake bahasa yg saya ga mudeng :oops: :oops:

Dan setahu saya, ungkapan HP (horse power) dipake di negara yg menganut sistim ukuran imperial (inchi, pound) misalnya USA dan Inggris,
sedangkan di negara yg menganut sistem metric/SI (meter, kilo) biasanya menggunakan satuan KW (Kilo watt) misalnya di negara2 eropa-continent (non UK)
Bukankah seharusnya kita menggunakan satuan KW untuk power? :e-naughty:
Sedangkan untuk torsi sendiri kita sudah menyebut NM (newton meter) yg memang merupakan satuan metric. :e-clap:

Terimakasih bagi SMers yang berkenan membagikan knowledge-nya supaya kami bagi yang awam lebih ngerti and ga gampang dibodohi produsen. :D :D :D


Salam
diesel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Mar 27, 2007 4:21
Location: Jakarta City

Re: (ask knowledge), power vs torque

Post by diesel »

Beda torsi dan tenaga ? ( saya ambil dari majalah AUTO BILD edisi 79 Mei 2006 bag. Klinik teknik. hal 72. )

Pertanyaannya :
Apa beda tenaga mesin dengan torsi dalam berkendaraan sehari hari, seperti saat hendak mendaki, hendak menyalip atau beban penuh ?
Mana yang lebih penting, torsi atau tenaga mesin ?

Jawaban dari Auto Bild :
Torsi yang memiliki satuan Newton meter merupakan kemampuan mesin untuk mengerakan kendaraan dari kondisi diam. Sedangakan tenaga dengan satuan daya kuda lebih kepada kemampuan tertinggi yang dapat diraih mesin tersebut.

Dalam praktiknya , torsi lebih berperan ketimbang tenaga mesin. Pasalnya, semakin besar torsi yang dimiliki mesin maka mobil akan terasa lincah dan lebih hemat BBM. Makanya, mobil yang memiliki torsi besar akan asyik saat diajak mendaki atau diisi beban penuh. Apalagi bila torsi maksimum diraih pada putaran mesin yang cukup rendah.

Sedangkan tenaga mesin lebih terasa ketika melaju di jalanan bebas hambatan atau saat hendak menyalip hingga rpm maksimum. Makanya tenaga mesin akan meningkat seiring tingginya putaran mesin.

Itu saja yang dapat saya bantu. Karena saya sendiri nol besar untuk urusan mesin. :) :) :)
Untuk selanjutnya tongkat estafet saya serahkan kepada suhu suhu di forum ini.
Mongo......
User avatar
bako
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Wed Apr 21, 2004 7:10
Location: depan komputer

Post by bako »

iy, torsi ngaruh nya ke kemampuan mobil untuk nanjak n bawa beban.. kl power tuh lebih pada kekuatan mesin di jalanan datar.....

kyk kita kl lg muter gagang pintu, kekuatan menggerakkan gagang pintu itu torsi tgn...

halah sotoy nya kluar.. hehe
Image

AE 86
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Post by POS VETT »

Power = Torque * RPM * konstanta

Konstantanya tergantung sistem yang dipakai.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
w1ndut
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
Location: Jabodetabek

Post by w1ndut »

Definisi dari http://www.largiader.com/articles/torque.html
Torque is a twisting force applied to an object, like a wheel or a crankshaft. Note that motion is not required for torque to exist! If you stand on a lug wrench that is on a frozen lug bolt, you are applying a torque to that bolt even though there may be no movement. For our purposes, we will consider that torque is measured in pounds-force feet (lbf-ft) meaning the equivalent of a given force, in pounds, acting on the end of a lever of length in feet. For example, standing with 180 pounds body weight on a lug wrench one foot long yields 180 lbf-ft of torque. A child of 90 pounds standing on a two-foot lug wrench applies the same torque.

Work is the application of force over a distance. Unfortunately, the units used are the same (pounds times feet) but we write this as ft-lb just to distinguish it. The real difference is that in this case, the "feet" part means feet of movement. If you push on a car with 100 pounds of force and maintain that for 30 feet, you have done 3000 ft-lb of work. An easier example is lifting a weight (in pounds) a given distance (in feet). If you use some sort of mechanical advantage, like a winch, you will do the same amount of work because by halving the effort required, you will have to double the distance through which you apply the force to achive the same objective.

Power is the application of work within a finite time. 550 ft-lb of work in one second is one horsepower.
selengkapnya, baca artikel aslinya yah :)
edwin
sila layari laman ini:

http://windut.co.cc
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

Horse Power = Tenaga Kuda, saya pernah baca disebuah tabloid/majalah, 1 HP = 75 kg, jadi 1 HP bisa membawa beban seberat 75 kg, ini asumsi dari tenaga kuda sungguhan pada masa itu. Sebagai Contoh Truk 100 ps itu bisa membawa beban kendaraan dan muatan tidak lebih dari 7500kg / 7,5 ton (dengan asumsi jalan datar dan mulus). dan ttg Torsi dan HP saya sependapat ama yg diatas.... semoga membantu.
guesss
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Thu Dec 28, 2006 15:02

Post by guesss »

Mau ikutan nimbrung nih..

Power kalau di jabarkan dari salah satu rumus-nya = Torsi x Kecepatan angular.

Nah torsi sendiri merupakan Force (Tenaga) yang memberi akselerasi pada benda.
jadi tidak hanya menggerakkan mobil dari keadaan diam, tapi juga memberi percepatan (menambah kecepatan) mobil.

JAdi semakin besar torsi mobil, semakin besar kemampuannya memberi akselerasi pada mobil.
Dengan berat yang sama, mobil yg torsinya lebih besar akan lebih bagus tarikannya.
Dengan berat yang lebih besar, (tp torsi juga lebih besar), maka tarikannya bisa sebanding.

Dari rumus itu juga artinya dengan power max tertentu(misal 200 pd rpm tertentu) dan torsi tertentu (misal 20 pd rpm tersebut), maka bisa didapat kecepatan max mobil (10 rad/s) (masih tergantung rasio gigi/jari2 roda jadi bisa di ubah ke km/jam)

Rumus power lainnya = Kerja / satuan waktu.

Simpelnya sih, Power itu seberapa cepat mesin bisa memberi torsi(tenaga) nya.
Kalau torsi, seberapa besar tenaga mesin untuk memberikan akselerasi pada mobil.
Kalau top speed, selain tergantung power, juga tergantung rasio gigi.

jadi kenapa tronton gak bisa secepat mercy walaupun power dan torsi lebih besar, karena selain beratnya juga rasio gigi yang di desain lebih untuk torsi.


mgk ada yg mau nambahin atw koreksi

thx, semoga berguna
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Post by imsus2c »

ooo... :roll:

Jadi kalo gitu, boleh dong saya ambil kesimpulan, torsi diperlukan buat mobil niaga/angkut barang banyak dan beraktivitas di dalam kota, sedangkan kalo mau dipake sendirian dan sering lewat jalan sepi mendingan cari yg spek HP-nya besar gitu?

Berarti utk kelas MPV dan mobil niaga (biasa bawa banyak orang/barang), lebih baik kita tekankan di aspek torsi-nya? :? Sebaliknya kalo utk sedan/sportscar mendingan lebih concern ke power-nya? :? :?

Dengan kesimpulan begitu, mobil yg dipasarkan di Indonesia (melihat karakter konsumen dan kondisi jalan), sebaiknya lebih menonjolkan aspek keunggulan torsi dibanding power-nya (bener ga ya :roll: :roll: ?). Padahal kalo saya lihat brosur mobil baru baik itu truk, MPV, SUV, etc...produsen lebih menunjukkan angka power (HP) di performa mesinnya gitu :?

Oya, saya barusan lihat lagi di wikipedia, 1HP=0.745KW, 1KW=1.34HP. :wink:

linknya: http://en.wikipedia.org/wiki/Horsepower

sebagian saya paste-kan kesini

Definition
There have been many definitions for horsepower since James Watt first coined the term in 1782. The following metrics have been widely used:

Mechanical horsepower — 0.74569987158227022 kW (33,000 ft·lbf per minute)
Metric horsepower — 0.73549875 kW
Electrical horsepower — 0.746 kW
Boiler horsepower — 9.8095 kW
Additionally, the term "horsepower" has been applied to calculated (rather than measured) metrics:

PS
This unit (German: Pferdestärke = horse strength) is no longer a lawful unit, but is still commonly used in Europe, South America and Japan, especially by the automotive and motorcycle industry. It was adopted throughout continental Europe with designations equivalent to the English "horse power", but mathematically different from the British unit. It is defined by the Physikalisch-Technische Bundesanstalt (PTB)[1] in Braunschweig as exactly:

1 PS = 75 kp·m/s = 0.73549875 kW = 0.9863201652997627 hp (SAE)

The PS was adopted by the Deutsches Institut für Normung (DIN) and then by the automotive industry throughout most of Europe.

In the 19th century the French had their own unit, called the poncelet (p) In 1992, the PS was rendered obsolete by EEC directives, when it was replaced by the kilowatt as the official power measuring unit. It remained in use for commercial and advertising purposes, as customers were not familiar with the use of kilowatts for combustion engines.
pk, hk and hv
The Dutch paardenkracht (pk), the Swedish hästkraft (hk), the Finnish hevosvoima (hv), and the Norwegian and Danish hestekraft (hk) all equal the German Pferdestärke (PS)


Tolong dong....pencerahan lagi dari para senior SMers... :D :D :D

Salam
w1ndut
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
Location: Jabodetabek

Post by w1ndut »

guesss wrote: jadi kenapa tronton gak bisa secepat mercy walaupun power dan torsi lebih besar, karena selain beratnya juga rasio gigi yang di desain lebih untuk torsi.
Bisa juga dibandingkan mobil F1 dan truk ...
walaupun mobil F1 itu powernya besar dan lebih besar dari truk(karena rpm bisa mencapai 20.000 rpm), tapi bila mesinnya di pasang pada truk untuk mengangkut beban 1 ton tidak akan kuat berjalan atau nanjak. Mungkin bisa, tapi harus digeber sampai 20.000 rpm :D
sedangkan mesin truk dengan santai mengangkut beban seberat 1 ton. walaupun tenaga (power) lebih kecil, tapi torsinya cukup, dan dicapai pada rpm yang rendah

tolong dikoreksi bila salah :)
edwin
sila layari laman ini:

http://windut.co.cc
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

Jd dari keterangan senior2 SM di atas, kita bisa menyimpulkan kenapa mobil2 niaga (terutama truk dan bis) lebih banyak memakai mesin diesel? karena mesin diesel umumnya menghasilkan torsi besar walaupun Horsepower kecil.
lancar
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Tue Jul 05, 2005 5:32

Post by lancar »

guesss wrote:Mau ikutan nimbrung nih..

Simpelnya sih, Power itu seberapa cepat mesin bisa memberi torsi(tenaga) nya.
Kalau torsi, seberapa besar tenaga mesin untuk memberikan akselerasi pada mobil.
Kalau top speed, selain tergantung power, juga tergantung rasio gigi.

jadi kenapa tronton gak bisa secepat mercy walaupun power dan torsi lebih besar, karena selain beratnya juga rasio gigi yang di desain lebih untuk torsi.


mgk ada yg mau nambahin atw koreksi

thx, semoga berguna
terus apa itu rasio gigi? nyaman mana rasio gigi besar ato kecil

sorry enggak ngetest tapi bener-benar tanya :)
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

gw belum ngerti tuh yg diomongin di atas, asli gilak teknis banget :?
betewe rasio gigi besar kecil itu tergantung penggunaannya lah
kalo rasio gede akselarasi lama, top speed tinggi, rentang gir panjang
kalo rasio kecil, akselerasi tinggi, top speed rendah, rentang pendek, gitu...
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
guesss
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Thu Dec 28, 2006 15:02

Post by guesss »

contoh raso gigi:
gigi 1 3.4xx --> akselerasi tinggi,"napas" pendek, kecepatan rendah
gigi 2 2.8xx
.
.
gigi 5 0.876 --> akselerasi rendah, napas panjang, buat top speed.

contoh kijang thn 2000 gw bandingin sama altis 2000.
tanpa tau pasti rasio giginya, gw bisa tau kalo kijang didesain lebih buat torsi. (buat ngangkut beban banyak)

untuk kecepatan 100kph, RPM kijang (gigi 5) di 3200
padahal altis cuma 3000. malah soluna sekitar 2800.
makanya kijang lebih boros, dan soluna paling irit.

kalau sering pake mobil bawa barang banyak ya pilih yg torsi gede.


dan kalau mau cari mobil yang irit, salah satunya bisa dilihat, di RPM berapa torsi dan power max-nya.

semakin tinggi RPM nya artinya nginjek gas nya harus lebih dalem ( borosss)

tp biasanya sama manufaktur ini udah di paket.
kalau mau bawa beban banyak, beli kijang/panther/MPV

kalau mau top speed : mercy/bmw dll

knp yang lebih ditonjolin power, krn ya konsep torsi dan power ini memang agak2 ribet. dan simpelnya ya power aja yg di jual.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Torsi = Power/Tenaga

Horse Power = AKUMULASI tenaga dalam rentang tertentu.

Sederhana nya gini aja bos.

Ambil Paku dan martil dan tancapkan di tembok. Kekuatan/Tenaga dalam SETIAP PUKULAN ke paku tsb similar dgn TORSI. Sedangkan JUMLAH tenaga yg telah dikeluarkan sejak pukulan pertama sampe paku tsb amblas ke tembok identik dgn HORSE POWER.

Kalo di engine mobil.

Tenaga dalam SETIAP "pukulan" piston untuk memutar cam adalah torsi. Atau katakan lah, TORSI itu tenaga untuk 1 rev (1 putaran mesin).

Horse Power = Akumulasi tenaga dalam satu menit . Formula nya kayak di atas posted by Mr Pos Vett. HP = Tenaga dalam 1 putaran dikalikan dgn RPM (Rev per minute) kemudian dikalikan dengan konstanta tertentu.

Walaupun tenaga piston dalam satu putaran relatif kecil, tapi kalo muternya 6000 kali dalam satu menit (= RPM 6000), akan menghasilkan angka HP yg gede. Dan sebaliknya. Walaupun tenaga "pukulann" piston nya gede, tapi mukulnya cuman 2000 kali semenit (= RPM 2000), akan menghasilkan angka HP yg kecil.

Dulu udah ada threadnya koq. Silakan di search lagi kalo mau lebih lengkap (dan lebih benar... :D).
User avatar
soraksorai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02

Post by soraksorai »

torsi gede tarikan mantap.
hitung juga rasio torsi dibagi bobot kendaraan, makin gede nilainya, tarikan makin yahud.... dijamin!
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
User avatar
bodz
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Jul 17, 2007 9:35

Post by bodz »

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Post by imsus2c »

buat bro bodz,

thanks atas info link-nya. Betul2 lengkap. Maklum saya belum mengeksplorasi semua file dan archive di SM ini. Ternyata emang benar, people always buy for power but they only drive for torque.

Thanks again
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Yg paling mak nyuss kalau mesin bisa pompa Torsi besar sejak dari RPM rendah (1500 - 1800 RPM) dan horsepower besar di RPM tinggi (5100 - 6000 RPM) trus bentangan Torsinya flat dari 1800 s/d 3500 RPM.

Sedang utk performa & efiensiensi Torsi besar di RPM rendah & horsepower besar di RPM yg tidak terlalu tinggi, sekitar 3800 - 4000 RPM misalnya, asal didukung oleh transmisi yang sesuai, 6 speed misalnya.

Btw artikel ttg bhp & Torque dulu sudah pernah dijelaskan panjang lebar oleh Master Conan.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Post by imsus2c »

Thanks atas tambahannya mr. turboman! :wink:

BTW, maaf nih agak melenceng dari topik dikit, kalo saya simpulkan, torsi besar emang diperlukan untuk tarik beban berat dan akselerasi gitu ya. Saya lantas berpikir ke lokomotif, kebetulan saya pengguna jasa KA teratur tiap minggu utk mudik semarang - surabaya. Saya iseng lihat "technical tag" yg nempel di loko-nya, tertulis "GE Locomotive", output 1000BHP (gila yah :o ). Trus saya ngobrol ke teknisinya, yg tertera disitu sebenarnya output diesel (genset-nya). jadi mesin di locomotive itu sebenarnya "generator raksasa" yang lantas output listriknya disalurkan ke motor listrik. Nah motor listrik inilah yg sebenarnya menggerakkan lokomotif plus gerbong (saya juga ngga tahu pasti, soalnya ini jawaban dari orang KA-nya). makanya, kalo ada genangan air lebih dari setengah roda, ni loko pasti ga bakalan berani terjang, soalnya motor listriknya bisa korslet (logikanya mesin diesel kan lebih berani main air?). Kalo gitu, motor listrik ternyata besar juga torsi-nya ya? Per gerbong aja berat kosongnya bisa 30-40ton, kalikan berapa gerbong aja tuh :? :? :? ? Belum lagi loko-nya itu sendiri.

Kalo ada member SMers yg aktif di KA, mungkin bisa sharing juga nih


Thanks
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Post by JESKONENG »

Contoh dari maksimalisasi tenaga bawah (torsi) dan atas (HP) ada pada pengembangan mesin VW 1400cc yang dipasang pada Golf TWINCHARGER.... Mesin kecil itu dipasang Supercharger untuk mendongkrak tenaga di RPM bawahnya, plus Turbocharger untuk mendongkrak tenaga di RPM atasnya.... mungkin ada kawan yang bisa melengkapi dengan data performa HP/Torque mesin VW 1400cc tersebut ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999