
Kalo kita ingin performa dari sebuah engine mobile (dengan asumsi kita pake harian dan nyaman alias tdk utk tarik2an), mana yang harus lebih kita perhatikan sih/lebih penting? Torsinya (KGM/NM)? Atau powernya (HP/PS/PK/KW)? Saya sering baca ungkapan di berbagai forum :
"People always buy for the power (HP/KW) but they actually only drive and ride the torque (KGM/NM)"



Trus, tolong dong jelasin apa sih maksudnya BHP (brake horse power), SHP (shaft horse power),
NHP (nominal horse power), IHP (indicated horse power), EHP (effective horse power), THP (true horse power), whp (wheel hosre power). Saya sering lihat ini di brosur mobil baru di engine-performance"-nya.



Saya sudah cari di internet tapi ternyata malah tambah mumet soalnya penjelasannya pake bahasa yg saya ga mudeng


Dan setahu saya, ungkapan HP (horse power) dipake di negara yg menganut sistim ukuran imperial (inchi, pound) misalnya USA dan Inggris,
sedangkan di negara yg menganut sistem metric/SI (meter, kilo) biasanya menggunakan satuan KW (Kilo watt) misalnya di negara2 eropa-continent (non UK)
Bukankah seharusnya kita menggunakan satuan KW untuk power?

Sedangkan untuk torsi sendiri kita sudah menyebut NM (newton meter) yg memang merupakan satuan metric.

Terimakasih bagi SMers yang berkenan membagikan knowledge-nya supaya kami bagi yang awam lebih ngerti and ga gampang dibodohi produsen.



Salam