Cara mengemudi yang hemat BBM

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

lala
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Mon Feb 05, 2007 1:50

Cara mengemudi yang hemat BBM

Post by lala »

Hello,

Berhubung saya ini newcomer (baru join bulan ini), mungkin topik ini sdh pernah diangkat sebelumnya. Tapi mohon kesabaran dari bung-bung sekalian, jika tidak keberatan mohon petunjuk bagaimana cara mengemudi yang hemat BBM untuk mobil manual.

Terima kasih sebelumnya.
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

Menurut gw sih :

a. Kalau mau driving sambil mandi 'sauna' (tidak memakai AC) akan jauh lebih irit.
b. Driving style jangan ngotot maksudnya gunakan gas saat memang dibutuhkan dan menginjaknya perlahan-lahan.
c. Kenali karakter putaran mesin optimum masing-masing mobil, jika mobil loe optimum di putaran 4000RPM maka sering-seing lah main di RPM tsb.
User avatar
saptaaji
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58

Post by saptaaji »

ifmarch wrote:Menurut gw sih :

a. Kalau mau driving sambil mandi 'sauna' (tidak memakai AC) akan jauh lebih irit.
b. Driving style jangan ngotot maksudnya gunakan gas saat memang dibutuhkan dan menginjaknya perlahan-lahan.
c. Kenali karakter putaran mesin optimum masing-masing mobil, jika mobil loe optimum di putaran 4000RPM maka sering-seing lah main di RPM tsb.
mirip2 ini :
a. jangan ngerem terlalu sering.. liat situasi lalu lintas didepan.. sebisa mungkin lepas gas jauh2 hari (bukan berhari2 seblomnya ya)
b. mengerem seperlunya saja. sering mobil depan kita penakut yg sering bgt injek rem dan klo kita ikutin kita kehilangan moment mesti ngegas dr RPM bawah lg, maka solusinya gw lepas gas dan kaki siap2 diatas rem.
c. kalo di tol maka diusahakan dibelakang bis ato truk krn faktor hambatan angin dah dipecah ama dia. klo truk sih cendrung pelan klo bis sering zig zag.. maka pilihlah dgn bijak.. hehehehe..
d. ini yg paling jitu biar hemat BBM. pakailah BBM orang lain shg BBM sendiri bisa hemat :P
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

untuk manual, hindari penggunaan gigi 1 dan 2 terlalu lama. Karena gigi 1 dan 2 menggunakan tenaga yang besar sehingga butuh bensin yang banyak.

Pada saat memasuki gigi 1 atau 2 hindari menekan pedal gas dalam-dalam, karena itu tandanya mobil dipaksa cepat dalam gigi yang rendah dimana membutuhkan banyak bensin.

Sewaktu menggunakan gigi 3 atau 4 kalau bisa pertahankan di rpm dimana tidak terlalu memaksa mesin untuk berjalan.
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

yang paling irit, di belakang bus, trus pasang winch ke bus tsb......
selanjutnya tinggal jalan tanpa nyalain mesin
heri
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Wed Feb 14, 2007 3:13

Post by heri »

kl mau irit hindari macet di jalan........



krn pada situasi ini pasti sgt boros.......


jadi hindari lah......
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

saya tambahin dikit.....


JANGAN SENGAJA LEWAT JALAN MACET... :e-dance: :e-dance: :e-dance:

JANGAN SENGAJA MENCARI-CARI JALAN MACET... :lol: :lol: :lol:

JANGAN NGEBUT DI JALAN YANG MACET :shock: :shock: :shock:
Image
User avatar
Bayu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Sep 12, 2005 7:14

Post by Bayu »

ifmarch wrote:Menurut gw sih :

...
c. Kenali karakter putaran mesin optimum masing-masing mobil, jika mobil loe optimum di putaran 4000RPM maka sering-seing lah main di RPM tsb.
Info putaran optimumnya dapat dari mana? Yang tercantum di brosur biasanya torsi maksimum pada putaran ?? dan tenaga maksimum pada putaran ??

kalau mau irit ganti gigi pada putaran yang rendah (di bawah 3000 rpm)
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Salah satu tips ngirit.... Nginjak pedal gas mirip nginjak telor tapi nggak boleh pecah. Perlahan2 dan penuh perasaan...

(bingungbingungdaaah...)
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Kalo mo irit ya mobil-nya dipake seminggu sekali aja.....

(sory, kidding) :lol:
Image
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

a. Kalau mau irit jangan sering stop&go (apalagi kalau stopnya sambil makan bakso dipinggir jalan, selain habis bensin juga habis ongkos untuk makan).
b. Kalau mau irit jangan seluruh warga kampung dibawa (nanti mobilnya keberatan, otomatis boros bbm).
c. Kalau mau irit, pergi ke kantor/kampus mending pagi (udara masih adem, jd gak usah pasang AC).

Sorry gak serius tapi beneran.
guesss
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Thu Dec 28, 2006 15:02

Post by guesss »

kalo mau irit emang bener harus jaga putaran. walaupun optimum tenaga/torsi pd rPM tertentu (biasanya sekita 5000-7000 RPM), justru malah boros.

makin tinggi RPM, makin sering bensin masuk ke ruang bakar, jadinya makin boros lah.

kalo mau hemat jadi ya jaga RPM, kl gw biasa jaga dibawah 3000 RPM (sedan).

selain itu jaga hati juga biar ga panasan,kl lagi panas bawaannya ngebut. RPM nya naik dah tuh hahaha
User avatar
swift
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 989
Joined: Sat Jan 13, 2007 12:46
Location: lumpia city

Post by swift »

jangan lupa kondisi mobil dijaga terus performanya.percuma kan,cara bawa kita dah bener en hemat,tapi mobil ga mo diajak hemat
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

latihan ganti gigi secepat mungkin pada rpm yang optimal, jadi rpm gak naik turun
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Mau irit BBM pake boil manual? simpanlah mobil anda di garasi dan naik busway...hehehe....

yaa, jangan mengerem dan ngegas secara agresif, lebih baik perhatikan irama lalu lintas, jadi ga sering deselerasi ato akselerasi. Gunakan engine brake, buat mobil injection, ECU akan memotong aliran bensin. Jagalah kecepatan di mana putaran mesin tidak begitu tinggi, tapi juga tidak rendah supaya mobil tidak kehilangan momentum

begitu kira2...hihihi...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
w1ndut
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
Location: Jabodetabek

Re: Cara mengemudi yang hemat BBM

Post by w1ndut »

lala wrote:Hello,

Berhubung saya ini newcomer (baru join bulan ini), mungkin topik ini sdh pernah diangkat sebelumnya. Tapi mohon kesabaran dari bung-bung sekalian, jika tidak keberatan mohon petunjuk bagaimana cara mengemudi yang hemat BBM untuk mobil manual.

Terima kasih sebelumnya.
Kalo di mobil bermesin diesel:


* Untuk diesel manual, shift persnelling ke gigi yang lebih tinggi pada RPM 2000 - 2500 (torsi maksimal sudah tercapai); Sedangkan shift persnelling ke gigi yang lebih rendah dilakukan pada RPM < 1500
* Apabila ingin berakselerasi, injak pedal gas secara 'diurut'. Jangan menghentak atau terlalu dalam waktu menginjak pedal gas, karena tidak bermanfaat (yang keluar cuma asap cumi-cumi) dan memboroskan bahan bakar.
* Kalau bisa shift perseneling ke gigi yang lebih tinggi dilakukan very fast, akan lebih terasa lagi tarikannya
* Pada saat tanjakan terjal dan panjang gunakan gigi rendah dengan kecepatan dan rpm konstan, tidak perlu memaksakan rpm tinggi toh kecepatan yang dicapai tidak jauh lebih tinggi, justru memboroskan solar dan mobil anda ngasepin kendaraan dibelakangnya alias ngebul.
* Untuk lebih hemat lagi gunakan selalu engine brake. memang perlu sedikit latihan dengan mengurangi penggunaan rem.Nanti akan ketemu sendiri 'celahnya'. Dijamin mobil anda irit Solar dan kanvas rem.

http://edwin-aldrianto.blogspot.com/200 ... iesel.html
edwin
sila layari laman ini:

http://windut.co.cc
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Post by avansa »

Pakai motor..bandingkan ,1;9 1:30 ....Jadi pakai motor irit tuh.k k k k
Image
w1ndut
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
Location: Jabodetabek

Post by w1ndut »

avansa wrote:Pakai motor..bandingkan ,1;9 1:30 ....Jadi pakai motor irit tuh.k k k k
hehehe.....sebenarnya, motor itu tidak terlalu irit (bensinnya). Coba hitung2....
motor 125 cc, konsumsi bensinnya itu 1 liter untuk 40 kilometer. Tapi mobil innova yang besar cc-nya 2000 cc, konsumsinya bisa 1:10.
Seharusnya dengan besar mesin yg 1/16 kali lebih kecil, motor 125 cc mempunyai konsumsi bensin 10 * 16 = 160 km per liter ;))
kesimpulan : memakai mobil secara bersama (1 mobil berisi lebih dari 3 orang), lebih irit bensin daripada naik motor sendirian.. .
Tapi sayang, jarang sekali mobil yg berisi lebih dari 3 orang.

sori jadi oot... iseng-iseng aja melempar wacana ini...

Budayakan nebeng :)
edwin
sila layari laman ini:

http://windut.co.cc
homer
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Feb 24, 2007 9:14

Post by homer »

mengemudi irit:
- tidak melakukan akselerasi atau deselerasi secara mendadak
- selalu gunakan gigi yang lebih tinggi dari seharusnya (memang jadi tidak ada tenaga sih, tapi irit asal manut ama poin1 diatas)
- jangan sampe rpm nya tinggi, jaga saja dibawah 3000. karna more rpm = more fuel consumption
- kalo konsumsi bensin masih boros (kurang dari 1 : 8 ), solusinya bisa pake bensin campur....



.
.
.




















. . . bensin campur dorong :lol: :lol:
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Untuk mobil dibawah 2000cc, 60-80km/h di jalan tanpa hambatan (mksdny macet ato lampu merah) adalah kodisi paling ideal...

Ngomong2 soal ngirit, jadi pengen ngelempar wacana nih.. He3.. Boleh ya?
Setau gw, engine brake tetep minum bensin (bc di motor plus) (ga tau ya buat mobil)...
Jd secara logika: Kl dr jauh keliatan macet, masukin aja gigi netral(penerapan pd mbl) shg RPM jd idle.. jd irit deh...

TAPI
knp di majalah (yg gw lp judulnya) itu hanya sebuh mitos?
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

iya, pernah baca juga yang begituan di majalah, katanya cuman mitos, padahal pake logika juga masuk akal kan?
dengan engine brake, konsumsi bensin tetep jalan, karena rpm turun nya lebih lama... kalo gear di netral in kan rpm idle, jadi konsumsi minimum? bisakah dijelaskan?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
mazonka
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Sat Apr 29, 2006 18:32

Post by mazonka »

katanya nih, kalo engine brake itu ada fuel cut nya
tau dah bener ato ngga
Std abis

bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

r1210g wrote:Untuk mobil dibawah 2000cc, 60-80km/h di jalan tanpa hambatan (mksdny macet ato lampu merah) adalah kodisi paling ideal...

Ngomong2 soal ngirit, jadi pengen ngelempar wacana nih.. He3.. Boleh ya?
Setau gw, engine brake tetep minum bensin (bc di motor plus) (ga tau ya buat mobil)...
Jd secara logika: Kl dr jauh keliatan macet, masukin aja gigi netral(penerapan pd mbl) shg RPM jd idle.. jd irit deh...

TAPI
knp di majalah (yg gw lp judulnya) itu hanya sebuh mitos?
Kalo di majalah otomotif ternama yg reporternya udah sering menang lomba irit2an,

Engine brake lebih irit di mobil injection kaena ECU memotong arus bensin, sedangkan menetralkan justru masih ada bensin yg mengalir supaya mesin tetap hidup
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
saptaaji
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58

Post by saptaaji »

alhasil start treader menghilang krn kebanyakan cara..
lala
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Mon Feb 05, 2007 1:50

Post by lala »

Hehe. Bung Saptaaji, saya tdk menghilang, cuma sedang menyimak aja saran-saran yang diberikan. Semuanya menarik dan sebagian sedang saya aplikasikan dlm driving style saya.
Thanks everybody untuk inputnya.