Cara mengemudi yang hemat BBM
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Mon Feb 05, 2007 1:50
Cara mengemudi yang hemat BBM
Hello,
Berhubung saya ini newcomer (baru join bulan ini), mungkin topik ini sdh pernah diangkat sebelumnya. Tapi mohon kesabaran dari bung-bung sekalian, jika tidak keberatan mohon petunjuk bagaimana cara mengemudi yang hemat BBM untuk mobil manual.
Terima kasih sebelumnya.
Berhubung saya ini newcomer (baru join bulan ini), mungkin topik ini sdh pernah diangkat sebelumnya. Tapi mohon kesabaran dari bung-bung sekalian, jika tidak keberatan mohon petunjuk bagaimana cara mengemudi yang hemat BBM untuk mobil manual.
Terima kasih sebelumnya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 312
- Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55
Menurut gw sih :
a. Kalau mau driving sambil mandi 'sauna' (tidak memakai AC) akan jauh lebih irit.
b. Driving style jangan ngotot maksudnya gunakan gas saat memang dibutuhkan dan menginjaknya perlahan-lahan.
c. Kenali karakter putaran mesin optimum masing-masing mobil, jika mobil loe optimum di putaran 4000RPM maka sering-seing lah main di RPM tsb.
a. Kalau mau driving sambil mandi 'sauna' (tidak memakai AC) akan jauh lebih irit.
b. Driving style jangan ngotot maksudnya gunakan gas saat memang dibutuhkan dan menginjaknya perlahan-lahan.
c. Kenali karakter putaran mesin optimum masing-masing mobil, jika mobil loe optimum di putaran 4000RPM maka sering-seing lah main di RPM tsb.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 806
- Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58
mirip2 ini :ifmarch wrote:Menurut gw sih :
a. Kalau mau driving sambil mandi 'sauna' (tidak memakai AC) akan jauh lebih irit.
b. Driving style jangan ngotot maksudnya gunakan gas saat memang dibutuhkan dan menginjaknya perlahan-lahan.
c. Kenali karakter putaran mesin optimum masing-masing mobil, jika mobil loe optimum di putaran 4000RPM maka sering-seing lah main di RPM tsb.
a. jangan ngerem terlalu sering.. liat situasi lalu lintas didepan.. sebisa mungkin lepas gas jauh2 hari (bukan berhari2 seblomnya ya)
b. mengerem seperlunya saja. sering mobil depan kita penakut yg sering bgt injek rem dan klo kita ikutin kita kehilangan moment mesti ngegas dr RPM bawah lg, maka solusinya gw lepas gas dan kaki siap2 diatas rem.
c. kalo di tol maka diusahakan dibelakang bis ato truk krn faktor hambatan angin dah dipecah ama dia. klo truk sih cendrung pelan klo bis sering zig zag.. maka pilihlah dgn bijak.. hehehehe..
d. ini yg paling jitu biar hemat BBM. pakailah BBM orang lain shg BBM sendiri bisa hemat

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
untuk manual, hindari penggunaan gigi 1 dan 2 terlalu lama. Karena gigi 1 dan 2 menggunakan tenaga yang besar sehingga butuh bensin yang banyak.
Pada saat memasuki gigi 1 atau 2 hindari menekan pedal gas dalam-dalam, karena itu tandanya mobil dipaksa cepat dalam gigi yang rendah dimana membutuhkan banyak bensin.
Sewaktu menggunakan gigi 3 atau 4 kalau bisa pertahankan di rpm dimana tidak terlalu memaksa mesin untuk berjalan.
Pada saat memasuki gigi 1 atau 2 hindari menekan pedal gas dalam-dalam, karena itu tandanya mobil dipaksa cepat dalam gigi yang rendah dimana membutuhkan banyak bensin.
Sewaktu menggunakan gigi 3 atau 4 kalau bisa pertahankan di rpm dimana tidak terlalu memaksa mesin untuk berjalan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Wed Feb 14, 2007 3:13
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Sep 12, 2005 7:14
Info putaran optimumnya dapat dari mana? Yang tercantum di brosur biasanya torsi maksimum pada putaran ?? dan tenaga maksimum pada putaran ??ifmarch wrote:Menurut gw sih :
...
c. Kenali karakter putaran mesin optimum masing-masing mobil, jika mobil loe optimum di putaran 4000RPM maka sering-seing lah main di RPM tsb.
kalau mau irit ganti gigi pada putaran yang rendah (di bawah 3000 rpm)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 312
- Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55
a. Kalau mau irit jangan sering stop&go (apalagi kalau stopnya sambil makan bakso dipinggir jalan, selain habis bensin juga habis ongkos untuk makan).
b. Kalau mau irit jangan seluruh warga kampung dibawa (nanti mobilnya keberatan, otomatis boros bbm).
c. Kalau mau irit, pergi ke kantor/kampus mending pagi (udara masih adem, jd gak usah pasang AC).
Sorry gak serius tapi beneran.
b. Kalau mau irit jangan seluruh warga kampung dibawa (nanti mobilnya keberatan, otomatis boros bbm).
c. Kalau mau irit, pergi ke kantor/kampus mending pagi (udara masih adem, jd gak usah pasang AC).
Sorry gak serius tapi beneran.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Thu Dec 28, 2006 15:02
kalo mau irit emang bener harus jaga putaran. walaupun optimum tenaga/torsi pd rPM tertentu (biasanya sekita 5000-7000 RPM), justru malah boros.
makin tinggi RPM, makin sering bensin masuk ke ruang bakar, jadinya makin boros lah.
kalo mau hemat jadi ya jaga RPM, kl gw biasa jaga dibawah 3000 RPM (sedan).
selain itu jaga hati juga biar ga panasan,kl lagi panas bawaannya ngebut. RPM nya naik dah tuh hahaha
makin tinggi RPM, makin sering bensin masuk ke ruang bakar, jadinya makin boros lah.
kalo mau hemat jadi ya jaga RPM, kl gw biasa jaga dibawah 3000 RPM (sedan).
selain itu jaga hati juga biar ga panasan,kl lagi panas bawaannya ngebut. RPM nya naik dah tuh hahaha
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 989
- Joined: Sat Jan 13, 2007 12:46
- Location: lumpia city
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
latihan ganti gigi secepat mungkin pada rpm yang optimal, jadi rpm gak naik turun
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Mau irit BBM pake boil manual? simpanlah mobil anda di garasi dan naik busway...hehehe....
yaa, jangan mengerem dan ngegas secara agresif, lebih baik perhatikan irama lalu lintas, jadi ga sering deselerasi ato akselerasi. Gunakan engine brake, buat mobil injection, ECU akan memotong aliran bensin. Jagalah kecepatan di mana putaran mesin tidak begitu tinggi, tapi juga tidak rendah supaya mobil tidak kehilangan momentum
begitu kira2...hihihi...
yaa, jangan mengerem dan ngegas secara agresif, lebih baik perhatikan irama lalu lintas, jadi ga sering deselerasi ato akselerasi. Gunakan engine brake, buat mobil injection, ECU akan memotong aliran bensin. Jagalah kecepatan di mana putaran mesin tidak begitu tinggi, tapi juga tidak rendah supaya mobil tidak kehilangan momentum
begitu kira2...hihihi...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
- Location: Jabodetabek
Re: Cara mengemudi yang hemat BBM
Kalo di mobil bermesin diesel:lala wrote:Hello,
Berhubung saya ini newcomer (baru join bulan ini), mungkin topik ini sdh pernah diangkat sebelumnya. Tapi mohon kesabaran dari bung-bung sekalian, jika tidak keberatan mohon petunjuk bagaimana cara mengemudi yang hemat BBM untuk mobil manual.
Terima kasih sebelumnya.
* Untuk diesel manual, shift persnelling ke gigi yang lebih tinggi pada RPM 2000 - 2500 (torsi maksimal sudah tercapai); Sedangkan shift persnelling ke gigi yang lebih rendah dilakukan pada RPM < 1500
* Apabila ingin berakselerasi, injak pedal gas secara 'diurut'. Jangan menghentak atau terlalu dalam waktu menginjak pedal gas, karena tidak bermanfaat (yang keluar cuma asap cumi-cumi) dan memboroskan bahan bakar.
* Kalau bisa shift perseneling ke gigi yang lebih tinggi dilakukan very fast, akan lebih terasa lagi tarikannya
* Pada saat tanjakan terjal dan panjang gunakan gigi rendah dengan kecepatan dan rpm konstan, tidak perlu memaksakan rpm tinggi toh kecepatan yang dicapai tidak jauh lebih tinggi, justru memboroskan solar dan mobil anda ngasepin kendaraan dibelakangnya alias ngebul.
* Untuk lebih hemat lagi gunakan selalu engine brake. memang perlu sedikit latihan dengan mengurangi penggunaan rem.Nanti akan ketemu sendiri 'celahnya'. Dijamin mobil anda irit Solar dan kanvas rem.
http://edwin-aldrianto.blogspot.com/200 ... iesel.html
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
- Location: Jabodetabek
hehehe.....sebenarnya, motor itu tidak terlalu irit (bensinnya). Coba hitung2....avansa wrote:Pakai motor..bandingkan ,1;9 1:30 ....Jadi pakai motor irit tuh.k k k k
motor 125 cc, konsumsi bensinnya itu 1 liter untuk 40 kilometer. Tapi mobil innova yang besar cc-nya 2000 cc, konsumsinya bisa 1:10.
Seharusnya dengan besar mesin yg 1/16 kali lebih kecil, motor 125 cc mempunyai konsumsi bensin 10 * 16 = 160 km per liter

kesimpulan : memakai mobil secara bersama (1 mobil berisi lebih dari 3 orang), lebih irit bensin daripada naik motor sendirian.. .
Tapi sayang, jarang sekali mobil yg berisi lebih dari 3 orang.
sori jadi oot... iseng-iseng aja melempar wacana ini...
Budayakan nebeng

-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sat Feb 24, 2007 9:14
mengemudi irit:
- tidak melakukan akselerasi atau deselerasi secara mendadak
- selalu gunakan gigi yang lebih tinggi dari seharusnya (memang jadi tidak ada tenaga sih, tapi irit asal manut ama poin1 diatas)
- jangan sampe rpm nya tinggi, jaga saja dibawah 3000. karna more rpm = more fuel consumption
- kalo konsumsi bensin masih boros (kurang dari 1 : 8 ), solusinya bisa pake bensin campur....
.
.
.
. . . bensin campur dorong

- tidak melakukan akselerasi atau deselerasi secara mendadak
- selalu gunakan gigi yang lebih tinggi dari seharusnya (memang jadi tidak ada tenaga sih, tapi irit asal manut ama poin1 diatas)
- jangan sampe rpm nya tinggi, jaga saja dibawah 3000. karna more rpm = more fuel consumption
- kalo konsumsi bensin masih boros (kurang dari 1 : 8 ), solusinya bisa pake bensin campur....
.
.
.
. . . bensin campur dorong


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Untuk mobil dibawah 2000cc, 60-80km/h di jalan tanpa hambatan (mksdny macet ato lampu merah) adalah kodisi paling ideal...
Ngomong2 soal ngirit, jadi pengen ngelempar wacana nih.. He3.. Boleh ya?
Setau gw, engine brake tetep minum bensin (bc di motor plus) (ga tau ya buat mobil)...
Jd secara logika: Kl dr jauh keliatan macet, masukin aja gigi netral(penerapan pd mbl) shg RPM jd idle.. jd irit deh...
TAPI
knp di majalah (yg gw lp judulnya) itu hanya sebuh mitos?
Ngomong2 soal ngirit, jadi pengen ngelempar wacana nih.. He3.. Boleh ya?
Setau gw, engine brake tetep minum bensin (bc di motor plus) (ga tau ya buat mobil)...
Jd secara logika: Kl dr jauh keliatan macet, masukin aja gigi netral(penerapan pd mbl) shg RPM jd idle.. jd irit deh...
TAPI
knp di majalah (yg gw lp judulnya) itu hanya sebuh mitos?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
iya, pernah baca juga yang begituan di majalah, katanya cuman mitos, padahal pake logika juga masuk akal kan?
dengan engine brake, konsumsi bensin tetep jalan, karena rpm turun nya lebih lama... kalo gear di netral in kan rpm idle, jadi konsumsi minimum? bisakah dijelaskan?
dengan engine brake, konsumsi bensin tetep jalan, karena rpm turun nya lebih lama... kalo gear di netral in kan rpm idle, jadi konsumsi minimum? bisakah dijelaskan?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Sat Apr 29, 2006 18:32
katanya nih, kalo engine brake itu ada fuel cut nya
tau dah bener ato ngga
tau dah bener ato ngga
Std abis
bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Kalo di majalah otomotif ternama yg reporternya udah sering menang lomba irit2an,r1210g wrote:Untuk mobil dibawah 2000cc, 60-80km/h di jalan tanpa hambatan (mksdny macet ato lampu merah) adalah kodisi paling ideal...
Ngomong2 soal ngirit, jadi pengen ngelempar wacana nih.. He3.. Boleh ya?
Setau gw, engine brake tetep minum bensin (bc di motor plus) (ga tau ya buat mobil)...
Jd secara logika: Kl dr jauh keliatan macet, masukin aja gigi netral(penerapan pd mbl) shg RPM jd idle.. jd irit deh...
TAPI
knp di majalah (yg gw lp judulnya) itu hanya sebuh mitos?
Engine brake lebih irit di mobil injection kaena ECU memotong arus bensin, sedangkan menetralkan justru masih ada bensin yg mengalir supaya mesin tetap hidup
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 806
- Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Mon Feb 05, 2007 1:50