Memanasi Mobil, berapa lama?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
whitewolf
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
Location: Surabaya

Memanasi Mobil, berapa lama?

Post by whitewolf »

Saya bingung, kita kalo memanasi mobil yang baek itu berapa lama?
Karena, sering juga mobil saya dipakek orang lain gak dipanasi dulu... Start langsung jalan.... :( :(
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

manasin mesin hanya perlu dipagi hari saja sebelum jalan

untuk mobil2 baru cukup 5 menit saja,paling lama 10 menit
gunanya:
-sirkulasi oli telah mencapai seluruh sudut2 mesin
-komponen mesin telah memuai ke posisi yg pas untuk bekerja
-bila suhu mesin sudah pada suhu kerja konsumsi BBM juga telah optimal

"rajin memanaskan mesin dipagi hari salah satu jalan menuju mesin awet"
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

- Jangan langsung nyalakan AC pada saat mobil lagi dipanaskan

Sebetulnya mobil lebih cepat panas jika dikendarai, apalagi mobil2 sekarang ga perlu pemanasan yg bermenit menit ... jadi buat apa buang bensin dg. ritual manasin lama2 :)

Buat BMW malah saya dikasi tau ga perlu manasin mesin sebelum jalan jadi, kontak on - ngenggggggg - ngacirr :P
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

yah kalo soal mobil lebih cepat panas jika langsung dikendarai pada pagi hari dari mobil jaman dulu sih semua begitu....saya kira secanggih2 nya mobil tetap harus dipanasi 1- 2 menit lah...

kecuali.......

punya lapisan film ( kayak duration jaman dulu ) yg tetap menempel di dinding silinder dan seluruh komponen mesin yg bergerak walaupun mesin tidak dihidupkan selama beberapa hari.....

ato bahan mesinya anti keausan walau tanpa oli ( apa ada ya? )

CMIIW
User avatar
whitewolf
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
Location: Surabaya

Post by whitewolf »

Equalizer wrote:- Jangan langsung nyalakan AC pada saat mobil lagi dipanaskan

Sebetulnya mobil lebih cepat panas jika dikendarai, apalagi mobil2 sekarang ga perlu pemanasan yg bermenit menit ... jadi buat apa buang bensin dg. ritual manasin lama2 :)

Buat BMW malah saya dikasi tau ga perlu manasin mesin sebelum jalan jadi, kontak on - ngenggggggg - ngacirr :P
Wah, masa mobil BMW gak perlu dipanasi?
Apa gak rusak ya mesinnya? Ini katanya?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Setau saya, mobil2 baru ngga perlu dipanasi lagi.

Mesinnya udah canggih. Kalau mobil2 dulu sih mungkin harus dipanasi dulu biar awet...
User avatar
awunk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
Location: Jakarta

Post by awunk »

Tapi juga tergantung keadaan mesin mobilnya juga dehh.. bermasalah atau tidak (yang pasti biasanya yang umurnya tua 80-90an), ada beberapa mobil jika dalam pemanasan mesin untuk mencapai suhu kerja, biasanya butuh 15 sampai 20 menit.
Contohnya sih mobil saya...hehehehe... :lol: tapi ada juga punya temen gitu juga... :roll:

:) :) :)
BlacK CorLift
ME_45
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sat Sep 14, 2002 13:58
Location: Bandung

Post by ME_45 »

Panasin kayanya sih wajib, apalagi buat mobil yang udah HLA (Hydraulic lash Adjuster ). Biar olinya masuk ke Adjusternya dulu jadi bukaan katup optimal. Kalo mau cepet boleh pake oli yg rada encer ( 10w-40 ) udah cukup, kalo masih pake 20w-50 apalagi buat daerah dingin ( bandung ) wajib dipanasin dulu yah minimal 2 menit lah
User avatar
whitewolf
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
Location: Surabaya

Post by whitewolf »

Jadi intinya manasin mobil cuman buat peredaran oli ya..
Meski mesin belun panas, tapi oli sudah beredar... tidak masalah mobil dipakek?
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

kira2 begitu untuk mobil baru...........sementara daku tetep yakin mobil paling canggih saat ini pun membutuhkan paling tidak 40 detik - 1 menit untuk mensirkulasikan oli nya saat dihidupkan di pagi hari....
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Apalagi sampe berhari-hari gak dijalanin.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
Location: Yogyakarta

Post by ivanov »

Kalo manasin mobil cukup 1 menit saja buat mensirkulasikan oli.Karena sebenarnya pemanasan mobil paling baik sambil jalan krn dpt hembusan udara.
Speed is a game??!!
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

yap bener tapi jalanya pelan2 dulu jangan langsung di tancap gas
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

Panasin mobil ato motor itu harus dilakukan, ya gunanya itu tadi bikin semua oli sirkulasi dulu di mesin, itu pun gas jangan digeber dulu biarin sampe putaran mesinnya sampe ke putaran normal (1500 - 1800).
Bisa aja mobil sekarang (model baru) nggak perlu dipanasin, mungkinaja doi udah dilengkapi sama lube oil pump, jadi pas dikontak pompa olinya jalan dulu setelah beberapa saat kemudian mesin baru nyala
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Emanknya knapa om? Trus memangnya butuh berapa lama utk bisa ngebut?
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
Location: Yogyakarta

Post by ivanov »

y_anjasrana wrote:Emanknya knapa om? Trus memangnya butuh berapa lama utk bisa ngebut?
Pake perasaan sendiri saja.Kalo ngerasa udah cukup silhkan saja.Paling tanda-tandanya kalo mesin masih dingin digeber paling mbrebet-mbrebet.
Speed is a game??!!
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

whitewolf wrote: Wah, masa mobil BMW gak perlu dipanasi?
Apa gak rusak ya mesinnya? Ini katanya?
Saya kata orang Astra-BMW sih mas .. tapi tetep aja, kalo suhu udara lagi dingin yaa ngeri juga .. :P
daripada masuk BMW Service kan mending buat beli bensin :lol:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Sepertinya gak ngaruh deh. Soalnya BMW itu mobil eropa. Disana suhunya jelas lebih dingin. Sedingin-dinginnya udara sini jelas lebih dingin sana khan? Tapi buktinya di musim dingin aja tetep bisa jalan. Jadi yg perlu dikhawatirkan justru terlalu panas.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
Location: Yogyakarta

Post by ivanov »

Sebenarnya masalh dingin/panas itu nggak masalah.Soalnya mobil-mobil yg diedarkan lewat ATPM sdh diuji kelayakan dulu sewaktu mau dijual di sini.Walaupun dr luar tampak sama,tetap ada juga perbedaan antara produk di sini dng eropa.Misalnya sistem injeksinya,di sini mobil-mobil eropa sudah dikonfigurasi ulang agar dapat menelan bensin buruk.Trus untuk menghadapi perubahan cuacanya mungkin kode businya jg sdh berubah.
Speed is a game??!!
deanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
Location: Jakarta/Bandung

Post by deanz »

Lho memanaskan mobil tujuannya kan agar kerja mesin mobil bisa optimal.
Salah satu parameter adalah viskositas oli.
Saat suhu rendah kecenderungannya adalah kental sehingga bukaan throtle gas saat mesin dingin lebih tinggi agar mampu mensirkulasi oli dengan baik.
Makanya mobil sekarang pasti ada idle up saat mesin mobil dingin, sistemnya bisa elektronis/computerized atau vacuum.

So salah besar kalo dingin/panas itu tidak masalah, memang untuk jangka pendek tidak akan terlihat efeknya, tapi lama-kelamaan akan terlihat pengaruhnya.
Hal yang sama juga berlaku saat kita hendak mematikan mesin mobil, ada trik tertentu untuk memperpanjang umur mesin mobil
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

tul....kadang2 orang menggeber2 gas dulu sebelum mematikan mesin ini gak baik karena dalam keadaan panas tinggi trus mesin keburu dimatikan ,nah kalo daku sendiri biasanya menunggu sekitar 15-30 detik idle baru mematikan mesin,kadang bisa lebih lama apabila saya dengar kipas elektrik belum mati saya tunggu sampe stop ( indikator suhu turun sedikit )baru saya matikan mesinya ,nah pada mobil turbo malah lebih lama lagi mematikan mesinya kalo gak salah minimal 30 detik idle baru boleh mematikan mesin,ini punya tujuan agar putaran turbin turun dulu, sebab bila putaran turbo masih tinggi mesin keburu mati maka sirkulasi oli ke as turbin akan terhenti sedangan turbo masih berputar tanpa oli,wah bisa jebol deh turbonya
User avatar
WiraSoenaryo
Administrator
Administrator
Posts: 2492
Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Toyota Rush TRD

Post by WiraSoenaryo »

Wah gak cuman nyalain aja yang ada caranya. Matiin mesin juga ada caranya ya.
User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
Location: Yogyakarta

Post by ivanov »

Sorry, yang aku maksud dingin panas itu bukan suhu mesinnya tapi temperatur udara suatu tempat. 8)
Speed is a game??!!
deanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
Location: Jakarta/Bandung

Post by deanz »

hehe miss lagi deh
DolphinSoul
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Mon May 10, 2004 16:04

Post by DolphinSoul »

ehmm rasanya ini postingan udah lama gak ada yg ngepost yah? ehmm

btw saya baca yongis ada bilang untuk matiin mesin mbil nuggu kira2x 15- 30 detik . apakah ini berlaku untuk semua jenis mobil? bagaimana dengan mobil new city baru? untuk menuggu mesin idle apakah acnya dan semua aksesioris laiinnya seprti radio harus dimatikan dulu? apakah langsung matiin setelah 15-30 detik? Kalo saya biasanya untuk mobil yang laen dimatiin ac dulu sebelum sampe tempat tujuan kalo udah mau deket2x gitu, agar kita tidak merasakan kaget pada perubahan udara yang tentunya kurang baik untuk kesehatan kita.