Memanasi Mobil, berapa lama?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 211
- Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
- Location: Surabaya
Memanasi Mobil, berapa lama?
Saya bingung, kita kalo memanasi mobil yang baek itu berapa lama?
Karena, sering juga mobil saya dipakek orang lain gak dipanasi dulu... Start langsung jalan....
Karena, sering juga mobil saya dipakek orang lain gak dipanasi dulu... Start langsung jalan....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
manasin mesin hanya perlu dipagi hari saja sebelum jalan
untuk mobil2 baru cukup 5 menit saja,paling lama 10 menit
gunanya:
-sirkulasi oli telah mencapai seluruh sudut2 mesin
-komponen mesin telah memuai ke posisi yg pas untuk bekerja
-bila suhu mesin sudah pada suhu kerja konsumsi BBM juga telah optimal
"rajin memanaskan mesin dipagi hari salah satu jalan menuju mesin awet"
untuk mobil2 baru cukup 5 menit saja,paling lama 10 menit
gunanya:
-sirkulasi oli telah mencapai seluruh sudut2 mesin
-komponen mesin telah memuai ke posisi yg pas untuk bekerja
-bila suhu mesin sudah pada suhu kerja konsumsi BBM juga telah optimal
"rajin memanaskan mesin dipagi hari salah satu jalan menuju mesin awet"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
- Jangan langsung nyalakan AC pada saat mobil lagi dipanaskan
Sebetulnya mobil lebih cepat panas jika dikendarai, apalagi mobil2 sekarang ga perlu pemanasan yg bermenit menit ... jadi buat apa buang bensin dg. ritual manasin lama2
Buat BMW malah saya dikasi tau ga perlu manasin mesin sebelum jalan jadi, kontak on - ngenggggggg - ngacirr
Sebetulnya mobil lebih cepat panas jika dikendarai, apalagi mobil2 sekarang ga perlu pemanasan yg bermenit menit ... jadi buat apa buang bensin dg. ritual manasin lama2
Buat BMW malah saya dikasi tau ga perlu manasin mesin sebelum jalan jadi, kontak on - ngenggggggg - ngacirr
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
yah kalo soal mobil lebih cepat panas jika langsung dikendarai pada pagi hari dari mobil jaman dulu sih semua begitu....saya kira secanggih2 nya mobil tetap harus dipanasi 1- 2 menit lah...
kecuali.......
punya lapisan film ( kayak duration jaman dulu ) yg tetap menempel di dinding silinder dan seluruh komponen mesin yg bergerak walaupun mesin tidak dihidupkan selama beberapa hari.....
ato bahan mesinya anti keausan walau tanpa oli ( apa ada ya? )
CMIIW
kecuali.......
punya lapisan film ( kayak duration jaman dulu ) yg tetap menempel di dinding silinder dan seluruh komponen mesin yg bergerak walaupun mesin tidak dihidupkan selama beberapa hari.....
ato bahan mesinya anti keausan walau tanpa oli ( apa ada ya? )
CMIIW
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 211
- Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
- Location: Surabaya
Wah, masa mobil BMW gak perlu dipanasi?Equalizer wrote:- Jangan langsung nyalakan AC pada saat mobil lagi dipanaskan
Sebetulnya mobil lebih cepat panas jika dikendarai, apalagi mobil2 sekarang ga perlu pemanasan yg bermenit menit ... jadi buat apa buang bensin dg. ritual manasin lama2
Buat BMW malah saya dikasi tau ga perlu manasin mesin sebelum jalan jadi, kontak on - ngenggggggg - ngacirr
Apa gak rusak ya mesinnya? Ini katanya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
- Location: Jakarta
Tapi juga tergantung keadaan mesin mobilnya juga dehh.. bermasalah atau tidak (yang pasti biasanya yang umurnya tua 80-90an), ada beberapa mobil jika dalam pemanasan mesin untuk mencapai suhu kerja, biasanya butuh 15 sampai 20 menit.
Contohnya sih mobil saya...hehehehe... tapi ada juga punya temen gitu juga...
Contohnya sih mobil saya...hehehehe... tapi ada juga punya temen gitu juga...
BlacK CorLift
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 63
- Joined: Sat Sep 14, 2002 13:58
- Location: Bandung
Panasin kayanya sih wajib, apalagi buat mobil yang udah HLA (Hydraulic lash Adjuster ). Biar olinya masuk ke Adjusternya dulu jadi bukaan katup optimal. Kalo mau cepet boleh pake oli yg rada encer ( 10w-40 ) udah cukup, kalo masih pake 20w-50 apalagi buat daerah dingin ( bandung ) wajib dipanasin dulu yah minimal 2 menit lah
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 211
- Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
- Location: Surabaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
Panasin mobil ato motor itu harus dilakukan, ya gunanya itu tadi bikin semua oli sirkulasi dulu di mesin, itu pun gas jangan digeber dulu biarin sampe putaran mesinnya sampe ke putaran normal (1500 - 1800).
Bisa aja mobil sekarang (model baru) nggak perlu dipanasin, mungkinaja doi udah dilengkapi sama lube oil pump, jadi pas dikontak pompa olinya jalan dulu setelah beberapa saat kemudian mesin baru nyala
Bisa aja mobil sekarang (model baru) nggak perlu dipanasin, mungkinaja doi udah dilengkapi sama lube oil pump, jadi pas dikontak pompa olinya jalan dulu setelah beberapa saat kemudian mesin baru nyala
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
Sebenarnya masalh dingin/panas itu nggak masalah.Soalnya mobil-mobil yg diedarkan lewat ATPM sdh diuji kelayakan dulu sewaktu mau dijual di sini.Walaupun dr luar tampak sama,tetap ada juga perbedaan antara produk di sini dng eropa.Misalnya sistem injeksinya,di sini mobil-mobil eropa sudah dikonfigurasi ulang agar dapat menelan bensin buruk.Trus untuk menghadapi perubahan cuacanya mungkin kode businya jg sdh berubah.
Speed is a game??!!
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
- Location: Jakarta/Bandung
Lho memanaskan mobil tujuannya kan agar kerja mesin mobil bisa optimal.
Salah satu parameter adalah viskositas oli.
Saat suhu rendah kecenderungannya adalah kental sehingga bukaan throtle gas saat mesin dingin lebih tinggi agar mampu mensirkulasi oli dengan baik.
Makanya mobil sekarang pasti ada idle up saat mesin mobil dingin, sistemnya bisa elektronis/computerized atau vacuum.
So salah besar kalo dingin/panas itu tidak masalah, memang untuk jangka pendek tidak akan terlihat efeknya, tapi lama-kelamaan akan terlihat pengaruhnya.
Hal yang sama juga berlaku saat kita hendak mematikan mesin mobil, ada trik tertentu untuk memperpanjang umur mesin mobil
Salah satu parameter adalah viskositas oli.
Saat suhu rendah kecenderungannya adalah kental sehingga bukaan throtle gas saat mesin dingin lebih tinggi agar mampu mensirkulasi oli dengan baik.
Makanya mobil sekarang pasti ada idle up saat mesin mobil dingin, sistemnya bisa elektronis/computerized atau vacuum.
So salah besar kalo dingin/panas itu tidak masalah, memang untuk jangka pendek tidak akan terlihat efeknya, tapi lama-kelamaan akan terlihat pengaruhnya.
Hal yang sama juga berlaku saat kita hendak mematikan mesin mobil, ada trik tertentu untuk memperpanjang umur mesin mobil
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
tul....kadang2 orang menggeber2 gas dulu sebelum mematikan mesin ini gak baik karena dalam keadaan panas tinggi trus mesin keburu dimatikan ,nah kalo daku sendiri biasanya menunggu sekitar 15-30 detik idle baru mematikan mesin,kadang bisa lebih lama apabila saya dengar kipas elektrik belum mati saya tunggu sampe stop ( indikator suhu turun sedikit )baru saya matikan mesinya ,nah pada mobil turbo malah lebih lama lagi mematikan mesinya kalo gak salah minimal 30 detik idle baru boleh mematikan mesin,ini punya tujuan agar putaran turbin turun dulu, sebab bila putaran turbo masih tinggi mesin keburu mati maka sirkulasi oli ke as turbin akan terhenti sedangan turbo masih berputar tanpa oli,wah bisa jebol deh turbonya
-
- Administrator
- Posts: 2492
- Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Toyota Rush TRD
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
- Location: Jakarta/Bandung
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Mon May 10, 2004 16:04
ehmm rasanya ini postingan udah lama gak ada yg ngepost yah? ehmm
btw saya baca yongis ada bilang untuk matiin mesin mbil nuggu kira2x 15- 30 detik . apakah ini berlaku untuk semua jenis mobil? bagaimana dengan mobil new city baru? untuk menuggu mesin idle apakah acnya dan semua aksesioris laiinnya seprti radio harus dimatikan dulu? apakah langsung matiin setelah 15-30 detik? Kalo saya biasanya untuk mobil yang laen dimatiin ac dulu sebelum sampe tempat tujuan kalo udah mau deket2x gitu, agar kita tidak merasakan kaget pada perubahan udara yang tentunya kurang baik untuk kesehatan kita.
btw saya baca yongis ada bilang untuk matiin mesin mbil nuggu kira2x 15- 30 detik . apakah ini berlaku untuk semua jenis mobil? bagaimana dengan mobil new city baru? untuk menuggu mesin idle apakah acnya dan semua aksesioris laiinnya seprti radio harus dimatikan dulu? apakah langsung matiin setelah 15-30 detik? Kalo saya biasanya untuk mobil yang laen dimatiin ac dulu sebelum sampe tempat tujuan kalo udah mau deket2x gitu, agar kita tidak merasakan kaget pada perubahan udara yang tentunya kurang baik untuk kesehatan kita.