Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Saya bingung, kita kalo memanasi mobil yang baek itu berapa lama?
Karena, sering juga mobil saya dipakek orang lain gak dipanasi dulu... Start langsung jalan....
manasin mesin hanya perlu dipagi hari saja sebelum jalan
untuk mobil2 baru cukup 5 menit saja,paling lama 10 menit
gunanya:
-sirkulasi oli telah mencapai seluruh sudut2 mesin
-komponen mesin telah memuai ke posisi yg pas untuk bekerja
-bila suhu mesin sudah pada suhu kerja konsumsi BBM juga telah optimal
"rajin memanaskan mesin dipagi hari salah satu jalan menuju mesin awet"
- Jangan langsung nyalakan AC pada saat mobil lagi dipanaskan
Sebetulnya mobil lebih cepat panas jika dikendarai, apalagi mobil2 sekarang ga perlu pemanasan yg bermenit menit ... jadi buat apa buang bensin dg. ritual manasin lama2
Buat BMW malah saya dikasi tau ga perlu manasin mesin sebelum jalan jadi, kontak on - ngenggggggg - ngacirr
yah kalo soal mobil lebih cepat panas jika langsung dikendarai pada pagi hari dari mobil jaman dulu sih semua begitu....saya kira secanggih2 nya mobil tetap harus dipanasi 1- 2 menit lah...
kecuali.......
punya lapisan film ( kayak duration jaman dulu ) yg tetap menempel di dinding silinder dan seluruh komponen mesin yg bergerak walaupun mesin tidak dihidupkan selama beberapa hari.....
ato bahan mesinya anti keausan walau tanpa oli ( apa ada ya? )
Equalizer wrote:- Jangan langsung nyalakan AC pada saat mobil lagi dipanaskan
Sebetulnya mobil lebih cepat panas jika dikendarai, apalagi mobil2 sekarang ga perlu pemanasan yg bermenit menit ... jadi buat apa buang bensin dg. ritual manasin lama2
Buat BMW malah saya dikasi tau ga perlu manasin mesin sebelum jalan jadi, kontak on - ngenggggggg - ngacirr
Wah, masa mobil BMW gak perlu dipanasi?
Apa gak rusak ya mesinnya? Ini katanya?
Tapi juga tergantung keadaan mesin mobilnya juga dehh.. bermasalah atau tidak (yang pasti biasanya yang umurnya tua 80-90an), ada beberapa mobil jika dalam pemanasan mesin untuk mencapai suhu kerja, biasanya butuh 15 sampai 20 menit.
Contohnya sih mobil saya...hehehehe... tapi ada juga punya temen gitu juga...
Panasin kayanya sih wajib, apalagi buat mobil yang udah HLA (Hydraulic lash Adjuster ). Biar olinya masuk ke Adjusternya dulu jadi bukaan katup optimal. Kalo mau cepet boleh pake oli yg rada encer ( 10w-40 ) udah cukup, kalo masih pake 20w-50 apalagi buat daerah dingin ( bandung ) wajib dipanasin dulu yah minimal 2 menit lah
kira2 begitu untuk mobil baru...........sementara daku tetep yakin mobil paling canggih saat ini pun membutuhkan paling tidak 40 detik - 1 menit untuk mensirkulasikan oli nya saat dihidupkan di pagi hari....
Panasin mobil ato motor itu harus dilakukan, ya gunanya itu tadi bikin semua oli sirkulasi dulu di mesin, itu pun gas jangan digeber dulu biarin sampe putaran mesinnya sampe ke putaran normal (1500 - 1800).
Bisa aja mobil sekarang (model baru) nggak perlu dipanasin, mungkinaja doi udah dilengkapi sama lube oil pump, jadi pas dikontak pompa olinya jalan dulu setelah beberapa saat kemudian mesin baru nyala
whitewolf wrote:
Wah, masa mobil BMW gak perlu dipanasi?
Apa gak rusak ya mesinnya? Ini katanya?
Saya kata orang Astra-BMW sih mas .. tapi tetep aja, kalo suhu udara lagi dingin yaa ngeri juga ..
daripada masuk BMW Service kan mending buat beli bensin
Sepertinya gak ngaruh deh. Soalnya BMW itu mobil eropa. Disana suhunya jelas lebih dingin. Sedingin-dinginnya udara sini jelas lebih dingin sana khan? Tapi buktinya di musim dingin aja tetep bisa jalan. Jadi yg perlu dikhawatirkan justru terlalu panas.
Sebenarnya masalh dingin/panas itu nggak masalah.Soalnya mobil-mobil yg diedarkan lewat ATPM sdh diuji kelayakan dulu sewaktu mau dijual di sini.Walaupun dr luar tampak sama,tetap ada juga perbedaan antara produk di sini dng eropa.Misalnya sistem injeksinya,di sini mobil-mobil eropa sudah dikonfigurasi ulang agar dapat menelan bensin buruk.Trus untuk menghadapi perubahan cuacanya mungkin kode businya jg sdh berubah.
Lho memanaskan mobil tujuannya kan agar kerja mesin mobil bisa optimal.
Salah satu parameter adalah viskositas oli.
Saat suhu rendah kecenderungannya adalah kental sehingga bukaan throtle gas saat mesin dingin lebih tinggi agar mampu mensirkulasi oli dengan baik.
Makanya mobil sekarang pasti ada idle up saat mesin mobil dingin, sistemnya bisa elektronis/computerized atau vacuum.
So salah besar kalo dingin/panas itu tidak masalah, memang untuk jangka pendek tidak akan terlihat efeknya, tapi lama-kelamaan akan terlihat pengaruhnya.
Hal yang sama juga berlaku saat kita hendak mematikan mesin mobil, ada trik tertentu untuk memperpanjang umur mesin mobil
tul....kadang2 orang menggeber2 gas dulu sebelum mematikan mesin ini gak baik karena dalam keadaan panas tinggi trus mesin keburu dimatikan ,nah kalo daku sendiri biasanya menunggu sekitar 15-30 detik idle baru mematikan mesin,kadang bisa lebih lama apabila saya dengar kipas elektrik belum mati saya tunggu sampe stop ( indikator suhu turun sedikit )baru saya matikan mesinya ,nah pada mobil turbo malah lebih lama lagi mematikan mesinya kalo gak salah minimal 30 detik idle baru boleh mematikan mesin,ini punya tujuan agar putaran turbin turun dulu, sebab bila putaran turbo masih tinggi mesin keburu mati maka sirkulasi oli ke as turbin akan terhenti sedangan turbo masih berputar tanpa oli,wah bisa jebol deh turbonya
ehmm rasanya ini postingan udah lama gak ada yg ngepost yah? ehmm
btw saya baca yongis ada bilang untuk matiin mesin mbil nuggu kira2x 15- 30 detik . apakah ini berlaku untuk semua jenis mobil? bagaimana dengan mobil new city baru? untuk menuggu mesin idle apakah acnya dan semua aksesioris laiinnya seprti radio harus dimatikan dulu? apakah langsung matiin setelah 15-30 detik? Kalo saya biasanya untuk mobil yang laen dimatiin ac dulu sebelum sampe tempat tujuan kalo udah mau deket2x gitu, agar kita tidak merasakan kaget pada perubahan udara yang tentunya kurang baik untuk kesehatan kita.