Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
mau nanya dong kebetulan mau ada project transportasi nih yg melibatkan bus2..
karena belum ada pengalaman, mau nanya nih, segala macam tentang alur produksi bus di indo seperti apa ya? secara garis besar aja, atau mungkin ada link2 ke produsen/
Karena sepaham saya produksi bus mulai dari bahan mentah, chassis, mesin dll itu semua diimpor, kemudian dbawa ke karoseri untuk dibangun, nah berarti semua desain mulai dari bodi, lampu dll itu smua hasil design karoseri atau gmana?
Please advise yah? bingung nih cuma pernah narik angkot belum pernah ngenek bus nih..
Total om.
Jd keluar dr pabrik indonesia tu cm rangka doang. Ya kayak yg kita liat klo di jalan2 itu loh...disetirin dg pakai helm gitu.
Dia itu kan utk dikirim ke perush karoseri. Slh satu yg tkenal misalnya adiputro.
Adiputro ini merancang dan membuat keseluruhan body n furnishing nya.
Eniwe klo ttg seluk beluk bus. Karoseri, sistem airsus, fitur dll. mmg yg lbh rame pd membicarakan ya di bismania.
Lupa mana yg lbh bener dot org atau dot com. Biasanya jg pada aktif jg di bismania kaskus.
andy1800 wrote:Eniwe klo ttg seluk beluk bus. Karoseri, sistem airsus, fitur dll. mmg yg lbh rame pd membicarakan ya di bismania.
Lupa mana yg lbh bener dot org atau dot com. Biasanya jg pada aktif jg di bismania kaskus.
Oh keseluruhan ya?
untuk desainnya trus kira2 ada omong2an atau independen y sama prinsipal?
Yup. Keseluruhan.
Jd, scara terminologi yg bener, itu para atpm bus tu bukan jual bus. Bukan menjual (dlm bentuk) Coach.
Tp mereka sndiri biasanya pk istilah, jualnya bus chasis.. chasis utk (travelling) Coach. jg chasis utk City Bus yg lbh rendah GC.
Dg principal, ane praduga, gak perlu ada omongan. Bikin ya bikin aja. tggal sesuaikan dg bbrp ketentuan dasar yg hrs dipenuhi.
Sbenernya ingin jg bahasan2 ttg bus dimari, tp berhubung bismania itu mmg udah sdemikian besar, jdnya ya sulit jg siih.
good luck then, disana
Kalau di Jawa Tengah, perusahaan karoseri yang terkenal NEW ARMADA, kalau ngga salah di Magelang
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
iy om ini lagi ngubek2 bismania buat cari info, concern juga sih kalo kaya gini design, atau material ada masalah di perizinan atau lisensi g ya? kalo buat bis bisa? knapa di mobil g bisa ya? menarik ni kasus bus2 ini..hehehe..
masalah karoseri, berarti karoeseri beda, chassis sama, bisa beda2 juga ya hasilnya..hehe
efisiensi itu PO bus
tapi dia semi makelar om
asalkan ada yang suka dan nawar harga sesuai, bisnya bisa dilepas
walaupun itu bus baru
trayeknya, jogja purwokerto
atau jogja cilacap
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
c_adhi_k wrote:efisiensi itu PO bus
tapi dia semi makelar om
asalkan ada yang suka dan nawar harga sesuai, bisnya bisa dilepas
walaupun itu bus baru
trayeknya, jogja purwokerto
atau jogja cilacap
Yang bikin heran entah tiap 1 atau 2 bulan sekali pasti ada unit baru..
Dan salah satu unit shuttle efisiensi yg biasa ngangkut org dari agen ke pool doang pakenya Toyota Hiace Commuter..
mau nanya dong kebetulan mau ada project transportasi nih yg melibatkan bus2..
karena belum ada pengalaman, mau nanya nih, segala macam tentang alur produksi bus di indo seperti apa ya? secara garis besar aja, atau mungkin ada link2 ke produsen/
Karena sepaham saya produksi bus mulai dari bahan mentah, chassis, mesin dll itu semua diimpor, kemudian dbawa ke karoseri untuk dibangun, nah berarti semua desain mulai dari bodi, lampu dll itu smua hasil design karoseri atau gmana?
Please advise yah? bingung nih cuma pernah narik angkot belum pernah ngenek bus nih..
Sebaiknya dijelaskan dulu om kebutuhan bisnya dari beberapa aspek seperti:
- kapasitas penumpang
- kategori penumpang (karyawan, umum, turis, ato yg lain...)
- perlengkapan yg diperlukan (ac, karaoke, toilet, dll)
- rute pd umumnya yg akan dilalui
- dll
Semua aspek tsb bisa dibicarakan dulu dg karoseri yg paling diminati, perihal bus chassis apa yg sesuai justru karoseri lebih tahu & mereka punya koneksi yg kiat dg semua atpm sehingga ga perlu pusing mendapatkan bus chassisnya.
Sekedar rating karoseri yg saya tahu:
1 adiputro - malang
2 laksana - semarang
3 new armada - magelang
4 rahayu santosa - bogor
5 restu ibu - bogor
6 delima mandiri - bogor
7 delima jaya - bogor
8 tentrem - malang
9 tri sakti - magelang
10 tri jaya union - tangerang
11 dll
mau nanya dong kebetulan mau ada project transportasi nih yg melibatkan bus2..
karena belum ada pengalaman, mau nanya nih, segala macam tentang alur produksi bus di indo seperti apa ya? secara garis besar aja, atau mungkin ada link2 ke produsen/
Karena sepaham saya produksi bus mulai dari bahan mentah, chassis, mesin dll itu semua diimpor, kemudian dbawa ke karoseri untuk dibangun, nah berarti semua desain mulai dari bodi, lampu dll itu smua hasil design karoseri atau gmana?
Please advise yah? bingung nih cuma pernah narik angkot belum pernah ngenek bus nih..
Sebaiknya dijelaskan dulu om kebutuhan bisnya dari beberapa aspek seperti:
- kapasitas penumpang
- kategori penumpang (karyawan, umum, turis, ato yg lain...)
- perlengkapan yg diperlukan (ac, karaoke, toilet, dll)
- rute pd umumnya yg akan dilalui
- dll
Semua aspek tsb bisa dibicarakan dulu dg karoseri yg paling diminati, perihal bus chassis apa yg sesuai justru karoseri lebih tahu & mereka punya koneksi yg kiat dg semua atpm sehingga ga perlu pusing mendapatkan bus chassisnya.
Sekedar rating karoseri yg saya tahu:
1 adiputro - malang
2 laksana - semarang
3 new armada - magelang
4 rahayu santosa - bogor
5 restu ibu - bogor
6 delima mandiri - bogor
7 delima jaya - bogor
8 tentrem - malang
9 tri sakti - magelang
10 tri jaya union - tangerang
11 dll
Wah thanks listnya om, ane jadi gampang ni ngesortingnya..
ini sebenerny nantinya untuk kebutuhan feeder bisjalan om, tapi ane dari sisi survey lapangan untuk bandingkan alternatif pembelian guna mencegah ada permainan harga om..
kurang lebih sih garis besar kebutuhanny sperti itu, kalau kebutuhan detilnya dari klien belum keluar, kita bantu bener2 di survey pasar om, tentunya dengan range spek yg compare dengan feeder2 di luar ..
udah janjian sama salah satu pabrikan korea dan beberapa po bus swasta dan bumd..mudah2an nantinya bisa dapet lebih banyak sampel lagi.
Om Primatech, karoseri itu cuma body builder sedangkan chasis dan mesin dari ATPM. Jadi bis kalo baru keluar dari karoseri akan dicek ulang di dealer untuk inspeksi dan memastikan pembuatan bodi sesuai dengan standar yg ditentukan ATPM.
Untuk merk, saat ini di Indonesia dikuasai Hino dan Mercedes Benz, selain itu ada Golden Dragon (Cina), Scania (Swedia).
Untuk karoseri silakan survei dulu, beberapa waktu lalu saya naik bis malam sopirnya bilang kalo di Adiputro pengerjaan bodi sekitar 3 bulan, Tentrem 40 hari.
Mungkin sekarang karoseri sudah mulai penuh karena perusahaan otobus sudah mulai memasukkan chasis buat persiapan lebaran...
iy om ini lagi ngubek2 bismania buat cari info, concern juga sih kalo kaya gini design, atau material ada masalah di perizinan atau lisensi g ya? kalo buat bis bisa? knapa di mobil g bisa ya? menarik ni kasus bus2 ini..hehehe..
masalah karoseri, berarti karoeseri beda, chassis sama, bisa beda2 juga ya hasilnya..hehe
Mobil kecil jg ada, contohnya chasis pickup dikasih body jadi angkot.
iy om ini lagi ngubek2 bismania buat cari info, concern juga sih kalo kaya gini design, atau material ada masalah di perizinan atau lisensi g ya? kalo buat bis bisa? knapa di mobil g bisa ya? menarik ni kasus bus2 ini..hehehe..
masalah karoseri, berarti karoeseri beda, chassis sama, bisa beda2 juga ya hasilnya..hehe
Mobil kecil jg ada, contohnya chasis pickup dikasih body jadi angkot.
Cmiiw
Contoh yang masih boleh dikaroseriin: Colt T120ss dan L300 Diesel.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "