Tentang bus
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08
Tentang bus
Dear suhu2 skalian,
mau nanya dong kebetulan mau ada project transportasi nih yg melibatkan bus2..
karena belum ada pengalaman, mau nanya nih, segala macam tentang alur produksi bus di indo seperti apa ya? secara garis besar aja, atau mungkin ada link2 ke produsen/
Karena sepaham saya produksi bus mulai dari bahan mentah, chassis, mesin dll itu semua diimpor, kemudian dbawa ke karoseri untuk dibangun, nah berarti semua desain mulai dari bodi, lampu dll itu smua hasil design karoseri atau gmana?
Please advise yah? bingung nih cuma pernah narik angkot belum pernah ngenek bus nih..
mau nanya dong kebetulan mau ada project transportasi nih yg melibatkan bus2..
karena belum ada pengalaman, mau nanya nih, segala macam tentang alur produksi bus di indo seperti apa ya? secara garis besar aja, atau mungkin ada link2 ke produsen/
Karena sepaham saya produksi bus mulai dari bahan mentah, chassis, mesin dll itu semua diimpor, kemudian dbawa ke karoseri untuk dibangun, nah berarti semua desain mulai dari bodi, lampu dll itu smua hasil design karoseri atau gmana?
Please advise yah? bingung nih cuma pernah narik angkot belum pernah ngenek bus nih..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Tentang bus
klo King Long china yg bukan fullsize mlh CBU.
Klo yg fullsize ya karoseri lokal, spt umumnya bus2 yg ada dsini.
Klo yg fullsize ya karoseri lokal, spt umumnya bus2 yg ada dsini.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08
Re: Tentang bus
Karya karoseri lokal tu sampai sebatas mana y om? ane bener2 buta ni, itu sampai desain body, lampu, interior dll?andy1800 wrote:klo King Long china yg bukan fullsize mlh CBU.
Klo yg fullsize ya karoseri lokal, spt umumnya bus2 yg ada dsini.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Tentang bus
Total om.
Jd keluar dr pabrik indonesia tu cm rangka doang. Ya kayak yg kita liat klo di jalan2 itu loh...disetirin dg pakai helm gitu.
Dia itu kan utk dikirim ke perush karoseri. Slh satu yg tkenal misalnya adiputro.
Adiputro ini merancang dan membuat keseluruhan body n furnishing nya.
Jd keluar dr pabrik indonesia tu cm rangka doang. Ya kayak yg kita liat klo di jalan2 itu loh...disetirin dg pakai helm gitu.
Dia itu kan utk dikirim ke perush karoseri. Slh satu yg tkenal misalnya adiputro.
Adiputro ini merancang dan membuat keseluruhan body n furnishing nya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Tentang bus
Eniwe klo ttg seluk beluk bus. Karoseri, sistem airsus, fitur dll. mmg yg lbh rame pd membicarakan ya di bismania.
Lupa mana yg lbh bener dot org atau dot com. Biasanya jg pada aktif jg di bismania kaskus.
Lupa mana yg lbh bener dot org atau dot com. Biasanya jg pada aktif jg di bismania kaskus.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08
Re: Tentang bus
Oh keseluruhan ya?andy1800 wrote:Eniwe klo ttg seluk beluk bus. Karoseri, sistem airsus, fitur dll. mmg yg lbh rame pd membicarakan ya di bismania.
Lupa mana yg lbh bener dot org atau dot com. Biasanya jg pada aktif jg di bismania kaskus.
untuk desainnya trus kira2 ada omong2an atau independen y sama prinsipal?
sip2 ane otw tkp om, thaanks
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Tentang bus
Yup. Keseluruhan.
Jd, scara terminologi yg bener, itu para atpm bus tu bukan jual bus. Bukan menjual (dlm bentuk) Coach.
Tp mereka sndiri biasanya pk istilah, jualnya bus chasis.. chasis utk (travelling) Coach. jg chasis utk City Bus yg lbh rendah GC.
Dg principal, ane praduga, gak perlu ada omongan. Bikin ya bikin aja. tggal sesuaikan dg bbrp ketentuan dasar yg hrs dipenuhi.
Sbenernya ingin jg bahasan2 ttg bus dimari, tp berhubung bismania itu mmg udah sdemikian besar, jdnya ya sulit jg siih.
good luck then, disana
Jd, scara terminologi yg bener, itu para atpm bus tu bukan jual bus. Bukan menjual (dlm bentuk) Coach.
Tp mereka sndiri biasanya pk istilah, jualnya bus chasis.. chasis utk (travelling) Coach. jg chasis utk City Bus yg lbh rendah GC.
Dg principal, ane praduga, gak perlu ada omongan. Bikin ya bikin aja. tggal sesuaikan dg bbrp ketentuan dasar yg hrs dipenuhi.
Sbenernya ingin jg bahasan2 ttg bus dimari, tp berhubung bismania itu mmg udah sdemikian besar, jdnya ya sulit jg siih.
good luck then, disana
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Tentang bus
Kalau di Jawa Tengah, perusahaan karoseri yang terkenal NEW ARMADA, kalau ngga salah di Magelang
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2196
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Tentang bus
kalau karoseri ada banyak
laksana
new armada
morodadi
adiputro
tergantung selera , dan harga
kalau suspensi pun ada yang bisa ditambahin airsus sendiri oleh karoseri
tapi memang ada yang udah bawaan chassis
laksana
new armada
morodadi
adiputro
tergantung selera , dan harga
kalau suspensi pun ada yang bisa ditambahin airsus sendiri oleh karoseri
tapi memang ada yang udah bawaan chassis
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08
Re: Tentang bus
Thanks om andi,
iy om ini lagi ngubek2 bismania buat cari info, concern juga sih kalo kaya gini design, atau material ada masalah di perizinan atau lisensi g ya? kalo buat bis bisa? knapa di mobil g bisa ya? menarik ni kasus bus2 ini..hehehe..
masalah karoseri, berarti karoeseri beda, chassis sama, bisa beda2 juga ya hasilnya..hehe
iy om ini lagi ngubek2 bismania buat cari info, concern juga sih kalo kaya gini design, atau material ada masalah di perizinan atau lisensi g ya? kalo buat bis bisa? knapa di mobil g bisa ya? menarik ni kasus bus2 ini..hehehe..
masalah karoseri, berarti karoeseri beda, chassis sama, bisa beda2 juga ya hasilnya..hehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2196
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Tentang bus
om primatech
kalau mau beli bis gede dan butuh cepet
bisa ambil di efsiensi aja
urusan trayek dll kan udah beres
*bukan sales efisiensi
kalau mau beli bis gede dan butuh cepet
bisa ambil di efsiensi aja
urusan trayek dll kan udah beres
*bukan sales efisiensi
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1037
- Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
- Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?
Re: Tentang bus
nah, kalo efisiensi ini pakai bodi jenis Royal Coach buatan karoseri Adi Putro..c_adhi_k wrote:om primatech
kalau mau beli bis gede dan butuh cepet
bisa ambil di efsiensi aja
urusan trayek dll kan udah beres
*bukan sales efisiensi
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08
Re: Tentang bus
OTW googling apa itu efisiensic_adhi_k wrote:om primatech
kalau mau beli bis gede dan butuh cepet
bisa ambil di efsiensi aja
urusan trayek dll kan udah beres
*bukan sales efisiensi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2196
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Tentang bus
efisiensi itu PO bus
tapi dia semi makelar om
asalkan ada yang suka dan nawar harga sesuai, bisnya bisa dilepas
walaupun itu bus baru
trayeknya, jogja purwokerto
atau jogja cilacap
tapi dia semi makelar om
asalkan ada yang suka dan nawar harga sesuai, bisnya bisa dilepas
walaupun itu bus baru
trayeknya, jogja purwokerto
atau jogja cilacap
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1037
- Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
- Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?
Re: Tentang bus
Yang bikin heran entah tiap 1 atau 2 bulan sekali pasti ada unit baru..c_adhi_k wrote:efisiensi itu PO bus
tapi dia semi makelar om
asalkan ada yang suka dan nawar harga sesuai, bisnya bisa dilepas
walaupun itu bus baru
trayeknya, jogja purwokerto
atau jogja cilacap
Dan salah satu unit shuttle efisiensi yg biasa ngangkut org dari agen ke pool doang pakenya Toyota Hiace Commuter..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2196
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Tentang bus
Efisiensi semi makelar
Jadi kalau ada yg seneng sama bus, harga cocok ya dilepas
Jadi kalau ada yg seneng sama bus, harga cocok ya dilepas
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1037
- Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
- Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?
Re: Tentang bus
emang kalo chasis mercy body royal coach adi putro gitu tembus brp yaa bro unit barunya? 1,5 ember?c_adhi_k wrote:Efisiensi semi makelar
Jadi kalau ada yg seneng sama bus, harga cocok ya dilepas
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2196
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Tentang bus
Rata2 efisiensi sekarang pakai hino rg apa rk ya lupa
Yang mesin belakang
Tulisn mercedes mah tempelan doang
Tapi ada yg asli, yg jelas kalau mau bedakan ya lihat stir dan yang deket pintu masuk
Soal harga tergantung embernya sih
Yang mesin belakang
Tulisn mercedes mah tempelan doang
Tapi ada yg asli, yg jelas kalau mau bedakan ya lihat stir dan yang deket pintu masuk
Soal harga tergantung embernya sih
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1037
- Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
- Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?
Re: Tentang bus
Ane jarang merhatiin logo di stir bro..kirain mercy..
Oiya, check PM bro.
Oiya, check PM bro.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: Tentang bus
Sebaiknya dijelaskan dulu om kebutuhan bisnya dari beberapa aspek seperti:Primatech wrote:Dear suhu2 skalian,
mau nanya dong kebetulan mau ada project transportasi nih yg melibatkan bus2..
karena belum ada pengalaman, mau nanya nih, segala macam tentang alur produksi bus di indo seperti apa ya? secara garis besar aja, atau mungkin ada link2 ke produsen/
Karena sepaham saya produksi bus mulai dari bahan mentah, chassis, mesin dll itu semua diimpor, kemudian dbawa ke karoseri untuk dibangun, nah berarti semua desain mulai dari bodi, lampu dll itu smua hasil design karoseri atau gmana?
Please advise yah? bingung nih cuma pernah narik angkot belum pernah ngenek bus nih..
- kapasitas penumpang
- kategori penumpang (karyawan, umum, turis, ato yg lain...)
- perlengkapan yg diperlukan (ac, karaoke, toilet, dll)
- rute pd umumnya yg akan dilalui
- dll
Semua aspek tsb bisa dibicarakan dulu dg karoseri yg paling diminati, perihal bus chassis apa yg sesuai justru karoseri lebih tahu & mereka punya koneksi yg kiat dg semua atpm sehingga ga perlu pusing mendapatkan bus chassisnya.
Sekedar rating karoseri yg saya tahu:
1 adiputro - malang
2 laksana - semarang
3 new armada - magelang
4 rahayu santosa - bogor
5 restu ibu - bogor
6 delima mandiri - bogor
7 delima jaya - bogor
8 tentrem - malang
9 tri sakti - magelang
10 tri jaya union - tangerang
11 dll
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08
Re: Tentang bus
waks bisa gtu?c_adhi_k wrote:Rata2 efisiensi sekarang pakai hino rg apa rk ya lupa
Yang mesin belakang
Tulisn mercedes mah tempelan doang
Tapi ada yg asli, yg jelas kalau mau bedakan ya lihat stir dan yang deket pintu masuk
Soal harga tergantung embernya sih
kira2 merk yg paling bagus apa ya? nah kira2 sbenerny ada kerja sama g sih atau beli putus aj tu bus2 yg ada disni?
kerja sama maksudnya ada atpm jelasnya, atau gman? soalnya setau ane nih bus2 yg ngeluarin smua dari karoseri, kalo dari atpm kok ane ngeblank ya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08
Re: Tentang bus
Wah thanks listnya om, ane jadi gampang ni ngesortingnya..RVR wrote:Sebaiknya dijelaskan dulu om kebutuhan bisnya dari beberapa aspek seperti:Primatech wrote:Dear suhu2 skalian,
mau nanya dong kebetulan mau ada project transportasi nih yg melibatkan bus2..
karena belum ada pengalaman, mau nanya nih, segala macam tentang alur produksi bus di indo seperti apa ya? secara garis besar aja, atau mungkin ada link2 ke produsen/
Karena sepaham saya produksi bus mulai dari bahan mentah, chassis, mesin dll itu semua diimpor, kemudian dbawa ke karoseri untuk dibangun, nah berarti semua desain mulai dari bodi, lampu dll itu smua hasil design karoseri atau gmana?
Please advise yah? bingung nih cuma pernah narik angkot belum pernah ngenek bus nih..
- kapasitas penumpang
- kategori penumpang (karyawan, umum, turis, ato yg lain...)
- perlengkapan yg diperlukan (ac, karaoke, toilet, dll)
- rute pd umumnya yg akan dilalui
- dll
Semua aspek tsb bisa dibicarakan dulu dg karoseri yg paling diminati, perihal bus chassis apa yg sesuai justru karoseri lebih tahu & mereka punya koneksi yg kiat dg semua atpm sehingga ga perlu pusing mendapatkan bus chassisnya.
Sekedar rating karoseri yg saya tahu:
1 adiputro - malang
2 laksana - semarang
3 new armada - magelang
4 rahayu santosa - bogor
5 restu ibu - bogor
6 delima mandiri - bogor
7 delima jaya - bogor
8 tentrem - malang
9 tri sakti - magelang
10 tri jaya union - tangerang
11 dll
ini sebenerny nantinya untuk kebutuhan feeder bisjalan om, tapi ane dari sisi survey lapangan untuk bandingkan alternatif pembelian guna mencegah ada permainan harga om..
kurang lebih sih garis besar kebutuhanny sperti itu, kalau kebutuhan detilnya dari klien belum keluar, kita bantu bener2 di survey pasar om, tentunya dengan range spek yg compare dengan feeder2 di luar ..
udah janjian sama salah satu pabrikan korea dan beberapa po bus swasta dan bumd..mudah2an nantinya bisa dapet lebih banyak sampel lagi.
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Wed Apr 03, 2013 9:51
Re: Tentang bus
Om Primatech, karoseri itu cuma body builder sedangkan chasis dan mesin dari ATPM. Jadi bis kalo baru keluar dari karoseri akan dicek ulang di dealer untuk inspeksi dan memastikan pembuatan bodi sesuai dengan standar yg ditentukan ATPM.
Untuk merk, saat ini di Indonesia dikuasai Hino dan Mercedes Benz, selain itu ada Golden Dragon (Cina), Scania (Swedia).
Untuk karoseri silakan survei dulu, beberapa waktu lalu saya naik bis malam sopirnya bilang kalo di Adiputro pengerjaan bodi sekitar 3 bulan, Tentrem 40 hari.
Mungkin sekarang karoseri sudah mulai penuh karena perusahaan otobus sudah mulai memasukkan chasis buat persiapan lebaran...
Untuk merk, saat ini di Indonesia dikuasai Hino dan Mercedes Benz, selain itu ada Golden Dragon (Cina), Scania (Swedia).
Untuk karoseri silakan survei dulu, beberapa waktu lalu saya naik bis malam sopirnya bilang kalo di Adiputro pengerjaan bodi sekitar 3 bulan, Tentrem 40 hari.
Mungkin sekarang karoseri sudah mulai penuh karena perusahaan otobus sudah mulai memasukkan chasis buat persiapan lebaran...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Tentang bus
Mobil kecil jg ada, contohnya chasis pickup dikasih body jadi angkot.Primatech wrote:Thanks om andi,
iy om ini lagi ngubek2 bismania buat cari info, concern juga sih kalo kaya gini design, atau material ada masalah di perizinan atau lisensi g ya? kalo buat bis bisa? knapa di mobil g bisa ya? menarik ni kasus bus2 ini..hehehe..
masalah karoseri, berarti karoeseri beda, chassis sama, bisa beda2 juga ya hasilnya..hehe
Cmiiw
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Tentang bus
Contoh yang masih boleh dikaroseriin: Colt T120ss dan L300 Diesel.y_anjasrana wrote:Mobil kecil jg ada, contohnya chasis pickup dikasih body jadi angkot.Primatech wrote:Thanks om andi,
iy om ini lagi ngubek2 bismania buat cari info, concern juga sih kalo kaya gini design, atau material ada masalah di perizinan atau lisensi g ya? kalo buat bis bisa? knapa di mobil g bisa ya? menarik ni kasus bus2 ini..hehehe..
masalah karoseri, berarti karoeseri beda, chassis sama, bisa beda2 juga ya hasilnya..hehe
Cmiiw
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "