Absolutely Soluna bro....
Soluna itu sedan yg sederhana, kelasnya dibawah corolla. Suspensinya mirip punya Starlet (sobreker blakangnya sama). Termasuk sedan yg bandel, asal rajin ganti oli aja masih bisa nggelinding...
Ane pake yg GLi keluaran 2000 (keluaran pertama) udah ada 8 th...selama dipake gak ada kerusakan mesin, padahal trayeknya kemana2...keliling jawa lah... lumayan kenceng juga, perjalanan pagi dari smg-jakarta bisa 8 jam. Konsumsi BBM cukup irit...dalkot 1:10 & lukot bisa 1:14. Suspensi cukup empuk, namun bodyrollnya cukup terasa di tikungan...dan kalo jalan diatas 150 kpj sudah 'terbang'....
Selama pake, selain fast moving (filter udara, oli, ban, aki & kampas rem) spare part yg pernah ane ganti:
- filter bensin (dulu harganya 250rb)
- sobreker belakang kanan (di th ke 8, parts orisinilnya sekitar 450rb)
- kaki2 pernah masuk bengkel onderstel sekali, itupun bisa diakalin sama orang bengkelnya, sampai dijual juga masih baik...
- thermostat & radiator cap (wajar lah, usia...)
- karet booth as roda depan
- evaporator AC (asli & KW banyak di pasaran)
- van belt
Kalo cari soluna, pastikan yg seri GLi, jangan yg XLi. Selain fiturnya lebih lengkap, juga menghindari bekas taxi. Beda GLi dengan XLi antara lain:
- ada RPM
- power window
- electric mirror
- alarm toyota
- pilar pintu warna hitam
- spion sewarna body
- velg alloy
Kekurangannya menurut ane:
- ACnya gak ada mode yg nyentor kaca depan...jadi kalo ujan harus naikin kisi2 AC keatas..
- belum ada foglamp (starlet aja ada)
Walau demikian, ane puas banget pake mobil ini...bener2 gak nyusahin...
Ooo...
Kalo gitu, ik boleh cerita juga dong...
Kebetulan di kerjaan/pabrik ada yg pakai soluna, sudah 2 tahunan mungkin, dia beli bekas juga dan sepengetahuannya bukan eks- taksi.
Karena tiap hari dibawa ngantor, jadi ik bisa lihat dan amati tiap hari (bukan hanya beberapa kali lho...tiap hari) dan coba test beberapa kali
Entah karena apes atau gimana, kondisinya jauh dari reputasi yg sering dibicarakan orang
Beberapa saat dia pakai, mesinnya ngebul, dibawa ke beberapa bengkel, semuanya bilang musti overhaul karena metal-metalnya sudah kena
Dipakai geal-geol, dibawa ke bengkel kaki2, onderstel-nya musti overhaul juga
Dan yg saya lihat di 5 kota yg sering saya singgahi (Semarang/Solo/Mojokerto/Sidoarjo/Surabaya), rasanya sudah jarang atau malah mungkin ngga pernah lihat soluna masih dikaryakan jadi taksi
Tapi kalau yg dari 2 kandidat lainnya masih sering lihat... Pernah naik yg odo-nya sdh tembus 400.000km
Di semarang malah masih ada yg pakai Timor jaman jebot...masih buat narik penumpang
IMALY
*habis ini pasti ada yg komen, itu soluna-nya bisa kayak gitu pasti karena tidak pernah dirawat
->counter, karena yg punya tadi ada "posisi" di perusahaan, makanya perawatan sering "numpang" di divisi maintenance perusahaan yg biasa rawat kendaraan/mesin/alat berat, jadi saya kira sudah dirawat normal... termasuk si santi yg kadang numpang rawat gratis disitu
Mungkin pas dapet mobil apes om imsus...

dapetnya udah dalam kondisi stadium 3...
Di Semarang masih ada taxi yg pake soluna om...jumlahnya memang makin sedikit, karena sudah diremajakan pake vios. Penumpang pasti milih taxi yg mobilnya baru dong...vios gen 1 pun sudah ganti dgn vios gen 2...kalaupun ada yg masih pake timor, itu mungkin perusahaan taxinya gak punya duit buat peremajaan...
Ane sendiri selama pegang soluna cuma ganti oli aja, gak ada perawatan spesial.. itu juga ane kasi Meditran SX 15W-40. Udah mau tembus 300K gak ada masalah...