Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 50
- Joined: Mon Jan 19, 2009 7:22
Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
Salam otomotif para sesepuh SM.
ane minta pendapatnya untuk pilihan sedan mid-size
mana lebih baik sedan jepang atau sedan korea?
1. Toyota Soluna (65-80jtan)
2. Hyundai Accent Verna (60-70jtan)
3. Hyundai Accent(40-60jtan)
kalo dari sisi harga sih,urutannya dari 1-3
kalo dari sisi maintenance mana lebih baik?antara sedan jepang dan korea?
mohon pendapatnya
terimakasih..
nb:budget perbaikan sudah dialokasikan diluar budget pembelian mobil
ane minta pendapatnya untuk pilihan sedan mid-size
mana lebih baik sedan jepang atau sedan korea?
1. Toyota Soluna (65-80jtan)
2. Hyundai Accent Verna (60-70jtan)
3. Hyundai Accent(40-60jtan)
kalo dari sisi harga sih,urutannya dari 1-3
kalo dari sisi maintenance mana lebih baik?antara sedan jepang dan korea?
mohon pendapatnya
terimakasih..
nb:budget perbaikan sudah dialokasikan diluar budget pembelian mobil
patuhi rambu-rambu lalu lintas dan berkendaralah secara aman
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 98
- Joined: Fri Dec 28, 2012 7:21
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
IMHO Soluna lebih dapat diunggulkan untuk maintenance
di daerah saya, tidak semua bengkel mneyediakan sparepart mobil korea...sementara untuk Soluna tentu lebih mudah ditemukan
di daerah saya, tidak semua bengkel mneyediakan sparepart mobil korea...sementara untuk Soluna tentu lebih mudah ditemukan
Selalu ada alasan untuk tersenyum, Nikmatilah perjalanan kita
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2195
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
all new corolla bisa jadi pertimbangan juga
eropa ga mau ya?
eropa ga mau ya?
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
ikutan vote aja aah: soluna...
dg syarat ketat: belilah hanya jika mendapatkan unit yg dlm kondisi "mint".
dg syarat ketat: belilah hanya jika mendapatkan unit yg dlm kondisi "mint".
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 50
- Joined: Mon Jan 19, 2009 7:22
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 50
- Joined: Mon Jan 19, 2009 7:22
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
terimakasih masukannya..the_officer wrote: IMHO Soluna lebih dapat diunggulkan untuk maintenance
di daerah saya, tidak semua bengkel mneyediakan sparepart mobil korea...sementara untuk Soluna tentu lebih mudah ditemukan
mau dibandingkan biayanya mana yang lebih murah (jika sparepart dengan kondisi sama-sama mudah didapat)
patuhi rambu-rambu lalu lintas dan berkendaralah secara aman
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 50
- Joined: Mon Jan 19, 2009 7:22
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
makasih om votenyaandy1800 wrote:ikutan vote aja aah: soluna...
dg syarat ketat: belilah hanya jika mendapatkan unit yg dlm kondisi "mint".
patuhi rambu-rambu lalu lintas dan berkendaralah secara aman
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
Vote nomer1 . udah jelas gak pusing drpd yg lain . kl ada bujet lebih bisa minang vios lama.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
klu boleh nambah budget mungkin bisa pertimbangkan hyundai avega. tahunnya jelas lebih muda dan perkiraan budget perbaikan lebih rendah.
utk spare part korea ga usah takut. selama wilayahnya terjangkau ekspedisi ga perlu khawatir. tinggal telp toko part hyundai di atrium, transfer lalu tgu kiriman.
utk spare part korea ga usah takut. selama wilayahnya terjangkau ekspedisi ga perlu khawatir. tinggal telp toko part hyundai di atrium, transfer lalu tgu kiriman.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
Ane vote for Soluna.
Mesin reliable, perawatan mudah, cuman dia berbagi penyakit yg sama dgn rivalnya CityZ: kaki2...
Hanya saja, menurut survey ane ke para supir taksi yg skr pake Vios (taksi Bandara Juanda, Orenz, dan BlueBird), mereka lebih suka Soluna. Ga gampang mogok dan ga perlu ganti suspensi setelah 2 taon di abuse.
Mesin reliable, perawatan mudah, cuman dia berbagi penyakit yg sama dgn rivalnya CityZ: kaki2...
Hanya saja, menurut survey ane ke para supir taksi yg skr pake Vios (taksi Bandara Juanda, Orenz, dan BlueBird), mereka lebih suka Soluna. Ga gampang mogok dan ga perlu ganti suspensi setelah 2 taon di abuse.
Obey the mahakitteh.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 217
- Joined: Fri Jan 25, 2013 9:54
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
menurut saya si, lebih baek milih toyota soluna karena ketiga kandidat pilihan tuh merupakan mobil yang sudah berumur yang sudah tidak mempunyai garansi dari pabrikan (mobil baru biasanya mempunyai garansi 3 tahun). makanya yang harus menjadi pilihan adalah yang bengekl nya banyak, sparepart banyak dan harga sparepart yang murah, karena mobil sudah berumur maka sepertinya harus banyak penggantian. lebih baik kalau masih ada buku service yang memperlihatkan service yang teratur di BeRes. pilihan yang paling baik adalah toyota soluna karena mempunyai daya tahan yang bagus.
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 344
- Joined: Thu Jul 26, 2012 7:18
- Location: Indonesia
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
Ane jg vote soluna tapi klo bisa ambil yg tipe GLi, paling lengkap fiturnya. Accent Verna juga bagus klo mau tampil beda n spare part juga gampang. Ketiga pilihan di atas sepertinya banyak yg bekas dipakai armada taxi, jadi pastikan aja kondisinya bener2 baik atau usahakan ambil yg bekas penggunaan pribadi (bukan taxi) meskipun ga menjamin jg kondisinya bakalan bener2 bagus.
Opsi lain dari ane : Vios Limo ex Bluebird atau Baleno milenium. Alasannya menurut ane modelnya lebih manis n mesin jg sama2 bandel....
Opsi lain dari ane : Vios Limo ex Bluebird atau Baleno milenium. Alasannya menurut ane modelnya lebih manis n mesin jg sama2 bandel....
D23 YD25DDTi
F07 N55
E38 M62
W463 M103
F07 N55
E38 M62
W463 M103
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 442
- Joined: Wed Aug 01, 2012 6:33
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
pasti soluna
sering ikut naik pny tmn kos .. dlm 1,5thn trakhir, tiap minggu jln 400km lebih, kebanyakan jln dilewati jalan gak rata, lubang2, gk ada keluhan berarti. odo udh 150rb klo gk salah..
cuma rutin ganti oli doang.. irit pula.
sering ikut naik pny tmn kos .. dlm 1,5thn trakhir, tiap minggu jln 400km lebih, kebanyakan jln dilewati jalan gak rata, lubang2, gk ada keluhan berarti. odo udh 150rb klo gk salah..
cuma rutin ganti oli doang.. irit pula.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
Soluna aje mas bro..
Ane pernah make 3 taunan dan belinya second pula, sangat2 realiable. dr kaki2, mesin sangat jaminan apalagi kalo buat jd kendaraan operasional.
Kekurangan soluna cuma kenyamanan yg kurang jika dbanding baleno ato city z.
Walaupun umur cuma bentar tp soluna punya 3 fase
1. Taun 2000-2001
model pertama ciri2 lampu dpan blkg masih belum kristal
2. Taun 2001-2002
Model facelip pertama. Perubahan pada bemper dpan blakang dan lampu depan blakang yg sdh kristal
3. Taun 2002-2003
Ada facelip lagi. Tambahannya utk eksterior lampu sen blakang ada aksen kuning, dan desain pelek sdh polished. Interior setir palang 3 ala kijang efi, silver panel dasbor, dan motif jok beludru
Selain itu ada juga yg versi S-Limited yang ada 2 versi I dan II.
Bedanya dapet body kit dan tambahan spoiler blakang.. tp versi ini jarang bgt dipasaran..
Mudah2an sedikit membantu..
Ane pernah make 3 taunan dan belinya second pula, sangat2 realiable. dr kaki2, mesin sangat jaminan apalagi kalo buat jd kendaraan operasional.
Kekurangan soluna cuma kenyamanan yg kurang jika dbanding baleno ato city z.
Walaupun umur cuma bentar tp soluna punya 3 fase
1. Taun 2000-2001
model pertama ciri2 lampu dpan blkg masih belum kristal
2. Taun 2001-2002
Model facelip pertama. Perubahan pada bemper dpan blakang dan lampu depan blakang yg sdh kristal
3. Taun 2002-2003
Ada facelip lagi. Tambahannya utk eksterior lampu sen blakang ada aksen kuning, dan desain pelek sdh polished. Interior setir palang 3 ala kijang efi, silver panel dasbor, dan motif jok beludru
Selain itu ada juga yg versi S-Limited yang ada 2 versi I dan II.
Bedanya dapet body kit dan tambahan spoiler blakang.. tp versi ini jarang bgt dipasaran..
Mudah2an sedikit membantu..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
Penah pakai juga, meneer?andy1800 wrote:ikutan vote aja aah: soluna...
dg syarat ketat: belilah hanya jika mendapatkan unit yg dlm kondisi "mint".
Buat TS, saran saya (meski susah cari-nya), minta pengalaman yang pernah pakai keduanya/ketiganya...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 94
- Joined: Thu Nov 01, 2012 11:10
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
ngasih masukan aja yah berbekal pengalaman jaman dulu kuliah, gw waktu itu pakai soluna yg jaman pertama banget (taun 2000 an, pokoknya yg bagasinya nggak ada tambahan ornamen lampu) dan temen baik gw pakai verna.
untuk soluna yang gw pakai sendiri, spareparts termasuk gampang dan cukup bersahabat harganya. mobil nya enteng, irit, dan untuk ukuran anak kuliah jaman gw dulu soluna termasuk bisa diajak kenceng. ini mobil selama 5 taun (2001 an sampai 2006 an kurang lebih) dibawa ke BeRes teratur tapi ya kadang suka telat2 juga yang gw inget pernah punya masalah menonjol cuma 1, AC nya tiba2 panas. sisanya seingat gw nggak pernah kenapa2. kalo kaki2 gw lupa, karena jaman dulu kaki2 bukan hal utama bagi gw
untuk verna sendiri sebenernya juga cukup OK, dulu di kampus gw, mobil temen gw ini termasuk eye catching karena jarang yang pakai. kaki2 gw nggak bisa compare karena yang bersangkutan main ceper2an. dalam pemakaian 4 tahun, dia kena dua kali masalah dengan radiator. yang pertama gw inget banget dia lagi di tol kebon jeruk, radiatornya "pecah" mesin nya sampai panas and air radiator nya brecetan di jalan tol, lalu diganti baru dan bertahan cukup lama kira2 hampir 2 tahun lalu kejadian berulang lagi. untuk yang kedua ini kalo nggak salah radiator nya di las (gw nggak tau teknis pastinya) dan sang empunya langsung memutuskan untuk menjualnya.
sekian deh masukan gw, semoga membantu
untuk soluna yang gw pakai sendiri, spareparts termasuk gampang dan cukup bersahabat harganya. mobil nya enteng, irit, dan untuk ukuran anak kuliah jaman gw dulu soluna termasuk bisa diajak kenceng. ini mobil selama 5 taun (2001 an sampai 2006 an kurang lebih) dibawa ke BeRes teratur tapi ya kadang suka telat2 juga yang gw inget pernah punya masalah menonjol cuma 1, AC nya tiba2 panas. sisanya seingat gw nggak pernah kenapa2. kalo kaki2 gw lupa, karena jaman dulu kaki2 bukan hal utama bagi gw
untuk verna sendiri sebenernya juga cukup OK, dulu di kampus gw, mobil temen gw ini termasuk eye catching karena jarang yang pakai. kaki2 gw nggak bisa compare karena yang bersangkutan main ceper2an. dalam pemakaian 4 tahun, dia kena dua kali masalah dengan radiator. yang pertama gw inget banget dia lagi di tol kebon jeruk, radiatornya "pecah" mesin nya sampai panas and air radiator nya brecetan di jalan tol, lalu diganti baru dan bertahan cukup lama kira2 hampir 2 tahun lalu kejadian berulang lagi. untuk yang kedua ini kalo nggak salah radiator nya di las (gw nggak tau teknis pastinya) dan sang empunya langsung memutuskan untuk menjualnya.
sekian deh masukan gw, semoga membantu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
punya sohib, meneer.imsus2c wrote:Penah pakai juga, meneer?andy1800 wrote:ikutan vote aja aah: soluna...
dg syarat ketat: belilah hanya jika mendapatkan unit yg dlm kondisi "mint".
Buat TS, saran saya (meski susah cari-nya), minta pengalaman yang pernah pakai keduanya/ketiganya...
jg bukan ketiga2nya. tp cuma soluna aja.
ik cm setir2 aja bbrp kali.
kl pas cerita2, selalu membanggakannya: irit, top speednya fair enough utk kelasnya, gak rewel, gak sensitif, klo ada kerusakan minor pun msh oke aja 'dipaksain' jalan. onderdil gampang sekali didpt dan tdk mahal. not a very comfort oriented one, yet very practical "tool" for being daily "battle" vehicle.
itu pun bekas taksi blubet loh. bukan eks pribadi. jd dari sono jg dah repaint, dr birunya blubet dah "dibalikin"/disesuaikan kembali dg stnknya, yaitu ke maroon. pas dibeli dah posisi lbh dr 120k mileage.
dijual bukan krn capek ngurusin, tp krn "harus" dijual (baca: seiring membaiknya karir, meningkatnya tabungan, adlh umum muncul 'nafsu' utk beli mobil yg better)
pas mau dijual, berat hati. istrinya dah 'terlanjur sayang' sm tu soluna. hampir gak mau ganti.. jual gak jual gak. tp gak wise jg klo maksain pepet2an di garasinya. untunglah keputusan menggantinya dg freed menghasilkan hal baik: skrg istri dan anak2nya 'terlalu sayang' sm freed nya.
*sebuah cerita saja, sbg penggambaran ttg betapa/segimana itu soluna mampu membeikan rasa Peace of Mind kpd keluarga sohib tsb, bbrp taun yg lampau
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7465
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
kalo sy dulu yg namanya mobil pertama itu di beli saat driving skill sy blm baik ...jadi belilah yg tdk punya problem dgn parts logistic, biaya akuisisi sgt terjangkau n ez2rebuild (just in case) dan "ramah thd mekanik" (mekanik dgn xpertiz level manapun bisa bikin betul kerusakan yg umum)
toyota soluna itu masuk rekomendasi sy
toyota soluna itu masuk rekomendasi sy
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
iya, soluna aja
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
Ooo...andy1800 wrote:punya sohib, meneer.imsus2c wrote:Penah pakai juga, meneer?andy1800 wrote:ikutan vote aja aah: soluna...
dg syarat ketat: belilah hanya jika mendapatkan unit yg dlm kondisi "mint".
Buat TS, saran saya (meski susah cari-nya), minta pengalaman yang pernah pakai keduanya/ketiganya...
jg bukan ketiga2nya. tp cuma soluna aja.
ik cm setir2 aja bbrp kali.
kl pas cerita2, selalu membanggakannya: irit, top speednya fair enough utk kelasnya, gak rewel, gak sensitif, klo ada kerusakan minor pun msh oke aja 'dipaksain' jalan. onderdil gampang sekali didpt dan tdk mahal. not a very comfort oriented one, yet very practical "tool" for being daily "battle" vehicle.
itu pun bekas taksi blubet loh. bukan eks pribadi. jd dari sono jg dah repaint, dr birunya blubet dah "dibalikin"/disesuaikan kembali dg stnknya, yaitu ke maroon. pas dibeli dah posisi lbh dr 120k mileage.
dijual bukan krn capek ngurusin, tp krn "harus" dijual (baca: seiring membaiknya karir, meningkatnya tabungan, adlh umum muncul 'nafsu' utk beli mobil yg better)
pas mau dijual, berat hati. istrinya dah 'terlanjur sayang' sm tu soluna. hampir gak mau ganti.. jual gak jual gak. tp gak wise jg klo maksain pepet2an di garasinya. untunglah keputusan menggantinya dg freed menghasilkan hal baik: skrg istri dan anak2nya 'terlalu sayang' sm freed nya.
*sebuah cerita saja, sbg penggambaran ttg betapa/segimana itu soluna mampu membeikan rasa Peace of Mind kpd keluarga sohib tsb, bbrp taun yg lampau
Kalo gitu, ik boleh cerita juga dong...
Kebetulan di kerjaan/pabrik ada yg pakai soluna, sudah 2 tahunan mungkin, dia beli bekas juga dan sepengetahuannya bukan eks- taksi.
Karena tiap hari dibawa ngantor, jadi ik bisa lihat dan amati tiap hari (bukan hanya beberapa kali lho...tiap hari) dan coba test beberapa kali
Entah karena apes atau gimana, kondisinya jauh dari reputasi yg sering dibicarakan orang
Beberapa saat dia pakai, mesinnya ngebul, dibawa ke beberapa bengkel, semuanya bilang musti overhaul karena metal-metalnya sudah kena
Dipakai geal-geol, dibawa ke bengkel kaki2, onderstel-nya musti overhaul juga
Dan yg saya lihat di 5 kota yg sering saya singgahi (Semarang/Solo/Mojokerto/Sidoarjo/Surabaya), rasanya sudah jarang atau malah mungkin ngga pernah lihat soluna masih dikaryakan jadi taksi
Tapi kalau yg dari 2 kandidat lainnya masih sering lihat... Pernah naik yg odo-nya sdh tembus 400.000km
Di semarang malah masih ada yg pakai Timor jaman jebot...masih buat narik penumpang
IMALY
*habis ini pasti ada yg komen, itu soluna-nya bisa kayak gitu pasti karena tidak pernah dirawat
->counter, karena yg punya tadi ada "posisi" di perusahaan, makanya perawatan sering "numpang" di divisi maintenance perusahaan yg biasa rawat kendaraan/mesin/alat berat, jadi saya kira sudah dirawat normal... termasuk si santi yg kadang numpang rawat gratis disitu
*buat TS, untuk kandidat lain bisa lirik Kia Rio lama, ini juga sering dipakai buat taksi
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
itu resiko mobil seken om. klu dpt yg ancur ya gitu deh..
yg penting saat beli coba ajak teman atau master2 mobil di sm biar dibantuin meriksa kondisi. tp utk dpt yg "mint" utk umur segitu hrs sabar bgt.
tp klu ada teman yg byk pengalaman di mobil seken, knp ga hunting vios seken. dpt taun dan model yg lebih baru. krn klu beli soluna ada kemungkinan dpt yg eks-taxi jg.
yg penting saat beli coba ajak teman atau master2 mobil di sm biar dibantuin meriksa kondisi. tp utk dpt yg "mint" utk umur segitu hrs sabar bgt.
tp klu ada teman yg byk pengalaman di mobil seken, knp ga hunting vios seken. dpt taun dan model yg lebih baru. krn klu beli soluna ada kemungkinan dpt yg eks-taxi jg.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
^^^
Kemungkinan sih..., dari awal dapatnya nggak yang "mint"
Sama dengan Tokisul, selama dipakai operasional di tempat kerja dulu, 4 Tokisul; 2 injeksi (1800&2000), 2 Karbu,
Semua mesinnya menyerah setelah tembus 200.000-250.000an KM, musti overhaul, ada yg top overhaul ada yg full overhaul
Kalau kaki2nya sudah nyerah di odo 100.000an
Padahal dirawat rutin
Kemungkinan sih..., dari awal dapatnya nggak yang "mint"
Sama dengan Tokisul, selama dipakai operasional di tempat kerja dulu, 4 Tokisul; 2 injeksi (1800&2000), 2 Karbu,
Semua mesinnya menyerah setelah tembus 200.000-250.000an KM, musti overhaul, ada yg top overhaul ada yg full overhaul
Kalau kaki2nya sudah nyerah di odo 100.000an
Padahal dirawat rutin
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Xpander exceed AT
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
Absolutely Soluna bro....
Soluna itu sedan yg sederhana, kelasnya dibawah corolla. Suspensinya mirip punya Starlet (sobreker blakangnya sama). Termasuk sedan yg bandel, asal rajin ganti oli aja masih bisa nggelinding...
Ane pake yg GLi keluaran 2000 (keluaran pertama) udah ada 8 th...selama dipake gak ada kerusakan mesin, padahal trayeknya kemana2...keliling jawa lah... lumayan kenceng juga, perjalanan pagi dari smg-jakarta bisa 8 jam. Konsumsi BBM cukup irit...dalkot 1:10 & lukot bisa 1:14. Suspensi cukup empuk, namun bodyrollnya cukup terasa di tikungan...dan kalo jalan diatas 150 kpj sudah 'terbang'....
Selama pake, selain fast moving (filter udara, oli, ban, aki & kampas rem) spare part yg pernah ane ganti:
- filter bensin (dulu harganya 250rb)
- sobreker belakang kanan (di th ke 8, parts orisinilnya sekitar 450rb)
- kaki2 pernah masuk bengkel onderstel sekali, itupun bisa diakalin sama orang bengkelnya, sampai dijual juga masih baik...
- thermostat & radiator cap (wajar lah, usia...)
- karet booth as roda depan
- evaporator AC (asli & KW banyak di pasaran)
- van belt
Kalo cari soluna, pastikan yg seri GLi, jangan yg XLi. Selain fiturnya lebih lengkap, juga menghindari bekas taxi. Beda GLi dengan XLi antara lain:
- ada RPM
- power window
- electric mirror
- alarm toyota
- pilar pintu warna hitam
- spion sewarna body
- velg alloy
Kekurangannya menurut ane:
- ACnya gak ada mode yg nyentor kaca depan...jadi kalo ujan harus naikin kisi2 AC keatas..
- belum ada foglamp (starlet aja ada)
Walau demikian, ane puas banget pake mobil ini...bener2 gak nyusahin...
Di Semarang masih ada taxi yg pake soluna om...jumlahnya memang makin sedikit, karena sudah diremajakan pake vios. Penumpang pasti milih taxi yg mobilnya baru dong...vios gen 1 pun sudah ganti dgn vios gen 2...kalaupun ada yg masih pake timor, itu mungkin perusahaan taxinya gak punya duit buat peremajaan...
Ane sendiri selama pegang soluna cuma ganti oli aja, gak ada perawatan spesial.. itu juga ane kasi Meditran SX 15W-40. Udah mau tembus 300K gak ada masalah...
Soluna itu sedan yg sederhana, kelasnya dibawah corolla. Suspensinya mirip punya Starlet (sobreker blakangnya sama). Termasuk sedan yg bandel, asal rajin ganti oli aja masih bisa nggelinding...
Ane pake yg GLi keluaran 2000 (keluaran pertama) udah ada 8 th...selama dipake gak ada kerusakan mesin, padahal trayeknya kemana2...keliling jawa lah... lumayan kenceng juga, perjalanan pagi dari smg-jakarta bisa 8 jam. Konsumsi BBM cukup irit...dalkot 1:10 & lukot bisa 1:14. Suspensi cukup empuk, namun bodyrollnya cukup terasa di tikungan...dan kalo jalan diatas 150 kpj sudah 'terbang'....
Selama pake, selain fast moving (filter udara, oli, ban, aki & kampas rem) spare part yg pernah ane ganti:
- filter bensin (dulu harganya 250rb)
- sobreker belakang kanan (di th ke 8, parts orisinilnya sekitar 450rb)
- kaki2 pernah masuk bengkel onderstel sekali, itupun bisa diakalin sama orang bengkelnya, sampai dijual juga masih baik...
- thermostat & radiator cap (wajar lah, usia...)
- karet booth as roda depan
- evaporator AC (asli & KW banyak di pasaran)
- van belt
Kalo cari soluna, pastikan yg seri GLi, jangan yg XLi. Selain fiturnya lebih lengkap, juga menghindari bekas taxi. Beda GLi dengan XLi antara lain:
- ada RPM
- power window
- electric mirror
- alarm toyota
- pilar pintu warna hitam
- spion sewarna body
- velg alloy
Kekurangannya menurut ane:
- ACnya gak ada mode yg nyentor kaca depan...jadi kalo ujan harus naikin kisi2 AC keatas..
- belum ada foglamp (starlet aja ada)
Walau demikian, ane puas banget pake mobil ini...bener2 gak nyusahin...
Mungkin pas dapet mobil apes om imsus... dapetnya udah dalam kondisi stadium 3...Ooo...
Kalo gitu, ik boleh cerita juga dong...
Kebetulan di kerjaan/pabrik ada yg pakai soluna, sudah 2 tahunan mungkin, dia beli bekas juga dan sepengetahuannya bukan eks- taksi.
Karena tiap hari dibawa ngantor, jadi ik bisa lihat dan amati tiap hari (bukan hanya beberapa kali lho...tiap hari) dan coba test beberapa kali
Entah karena apes atau gimana, kondisinya jauh dari reputasi yg sering dibicarakan orang
Beberapa saat dia pakai, mesinnya ngebul, dibawa ke beberapa bengkel, semuanya bilang musti overhaul karena metal-metalnya sudah kena
Dipakai geal-geol, dibawa ke bengkel kaki2, onderstel-nya musti overhaul juga
Dan yg saya lihat di 5 kota yg sering saya singgahi (Semarang/Solo/Mojokerto/Sidoarjo/Surabaya), rasanya sudah jarang atau malah mungkin ngga pernah lihat soluna masih dikaryakan jadi taksi
Tapi kalau yg dari 2 kandidat lainnya masih sering lihat... Pernah naik yg odo-nya sdh tembus 400.000km
Di semarang malah masih ada yg pakai Timor jaman jebot...masih buat narik penumpang
IMALY
*habis ini pasti ada yg komen, itu soluna-nya bisa kayak gitu pasti karena tidak pernah dirawat
->counter, karena yg punya tadi ada "posisi" di perusahaan, makanya perawatan sering "numpang" di divisi maintenance perusahaan yg biasa rawat kendaraan/mesin/alat berat, jadi saya kira sudah dirawat normal... termasuk si santi yg kadang numpang rawat gratis disitu
Di Semarang masih ada taxi yg pake soluna om...jumlahnya memang makin sedikit, karena sudah diremajakan pake vios. Penumpang pasti milih taxi yg mobilnya baru dong...vios gen 1 pun sudah ganti dgn vios gen 2...kalaupun ada yg masih pake timor, itu mungkin perusahaan taxinya gak punya duit buat peremajaan...
Ane sendiri selama pegang soluna cuma ganti oli aja, gak ada perawatan spesial.. itu juga ane kasi Meditran SX 15W-40. Udah mau tembus 300K gak ada masalah...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Minta Pendapat: Sedan untuk mobil pertama
Idem sama om Andy.andy1800 wrote:ikutan vote aja aah: soluna...
dg syarat ketat: belilah hanya jika mendapatkan unit yg dlm kondisi "mint".
Saya sempat pakai GLi matic model terakhir yang ada tambahan lampu di bagasi, kondisi beli dari baru. Mobil ini cukup tangguh, saat tahun 2002 sempat dipaksa menerjang banjir di perempatan cempaka mas sampai air masuk ke dalam kabin tapi mesin tetap menyala dan bisa keluar dari banjir. Sementara banyak mobil lain yang mogok.