Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by Nightster Guy »

poeticmind wrote: terus? apanya yg aneh dr fotonya ,gay? :e-think:
warnanya.. warnanya mod.. :frm_bang_head: :frm_bang_head:
Das Beste oder nichts.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by maskopat »

poeticmind wrote:
Jambangan wrote:Kalo blunder pabrikan indonesia kyknya ini deh :
dulu indomobil suzuki pernah blunder ngeluarin every. Ga jelas pasar yg dituju siapa. Makanya ga gitu laku. Walaupun secara fitur sih oke jg. Ada sunroof,airbag. Harga jg dibawah 100 jt waktu itu. CBU japan lagi hehe..
Kalo astra daihatsu pas ngeluarin yrv. Harganya kemahalan buat mobil kecil mesin 1.3 L gitu. Mungkin karena CBU japan ya. Tapi modelnya oke jg sih hehe..
IMHO ya :big_peace:
org indo selalu liat bentuk sama merek dulu... peduli amat sama feature.. dan itu wajar banget, justru yg aneh itu siapa yg punya ide ngeluarin mobilnya ke pasar...
itu sih indomobil suzuki aja yang kacrut.... ane sebenernya milih every daripada apv... sliding door eeeuuuyy....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by maskopat »

Nightster Guy wrote:
poeticmind wrote: terus? apanya yg aneh dr fotonya ,gay? :e-think:
warnanya.. warnanya mod.. :frm_bang_head: :frm_bang_head:
peyot emang gitu dari sononya koq... :e-whistle:

btw... ente yang mod... si peyot dah gak... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by maskopat »

evolution21 wrote:dan kurang peduli dengan kualitas berkendara mobil
banyak mobil enak dikendarai di indo bernasib tragis ga laku parah
gak hanya di indonesia koq... di luaran gitu juga. jadi kalo mau laku, harusnya produsen tahu dong mobil kayak apa yang harus dibuat?? :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by andy1800 »

maskopat wrote:
evolution21 wrote:dan kurang peduli dengan kualitas berkendara mobil
banyak mobil enak dikendarai di indo bernasib tragis ga laku parah
gak hanya di indonesia koq... di luaran gitu juga. jadi kalo mau laku, harusnya produsen tahu dong mobil kayak apa yang harus dibuat?? :big_peace:
kayak apa sih?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by VanzMatic »

poeticmind wrote:
Jambangan wrote:Kalo blunder pabrikan indonesia kyknya ini deh :
dulu indomobil suzuki pernah blunder ngeluarin every. Ga jelas pasar yg dituju siapa. Makanya ga gitu laku. Walaupun secara fitur sih oke jg. Ada sunroof,airbag. Harga jg dibawah 100 jt waktu itu. CBU japan lagi hehe..
Kalo astra daihatsu pas ngeluarin yrv. Harganya kemahalan buat mobil kecil mesin 1.3 L gitu. Mungkin karena CBU japan ya. Tapi modelnya oke jg sih hehe..
IMHO ya :big_peace:
org indo selalu liat bentuk sama merek dulu... peduli amat sama feature.. dan itu wajar banget, justru yg aneh itu siapa yg punya ide ngeluarin mobilnya ke pasar...
Kalo nda salah inget, yg pernah diomongin orang2 awam saat itu, Every males dibeli karena:
1. CBU Japan. Indomobil nyediain pa ngga suku cadang untuk 10-15 taun kedepan kayak Carry? Mostly yg beli Suzuki, IMHO, adlah orang yg juga fanatik suzuki, yang rata2 beli mobil untuk sekira 10 taunan.

2. Fitur canggih, kayak sunroof, airbag... Sunroof..? Dimana mau makai di Jakarta? Dimana mau makai di Jogja dan semarang? Kotor semua kan kualitas udaranya? Airbag? Bikin orang yang mau beli udah merinding duluan kalau begitu nabrak pagar rumah aja atau hanya nyenggol / disenggol motor yang motong jalur mendadak, udah langsung :BOOFFF: gitu.. Padahal kalau kondisi kayak gitu, paling2 cuman bumpernya yang lecet. Bumper lecet atau penyok, dibikin bener ngga sampe juta jutaan. Lha airbag nya? Oke, taruh kata perangkat airbagnya ngga dipasang lagi. Kosong. Lha...Setir nya yang kadung bolong...?

3. Bentuknya yang aneh.
Image

Carry...bukan...
Kijang (persepsi saat itu) juga bukan...
:e-whistle: :e-whistle:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by poeticmind »

Nightster Guy wrote:
poeticmind wrote: terus? apanya yg aneh dr fotonya ,gay? :e-think:
warnanya.. warnanya mod.. :frm_bang_head: :frm_bang_head:
bagus kok... :big_slap:
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by poeticmind »

woiiii... gay! ane jangan dipanggil mod lagi dong! :big_smoking:
Image
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by VanzMatic »

VanzMatic wrote:
poeticmind wrote:
Jambangan wrote:Kalo blunder pabrikan indonesia kyknya ini deh :
dulu indomobil suzuki pernah blunder ngeluarin every. Ga jelas pasar yg dituju siapa. Makanya ga gitu laku. Walaupun secara fitur sih oke jg. Ada sunroof,airbag. Harga jg dibawah 100 jt waktu itu. CBU japan lagi hehe..
Kalo astra daihatsu pas ngeluarin yrv. Harganya kemahalan buat mobil kecil mesin 1.3 L gitu. Mungkin karena CBU japan ya. Tapi modelnya oke jg sih hehe..
IMHO ya :big_peace:
org indo selalu liat bentuk sama merek dulu... peduli amat sama feature.. dan itu wajar banget, justru yg aneh itu siapa yg punya ide ngeluarin mobilnya ke pasar...
Kalo nda salah inget, yg pernah diomongin orang2 awam saat itu, Every males dibeli karena:
1. CBU Japan. Indomobil nyediain pa ngga suku cadang untuk 10-15 taun kedepan kayak Carry? Mostly yg beli Suzuki, IMHO, adlah orang yg juga fanatik suzuki, yang rata2 beli mobil untuk sekira 10 taunan.

2. Fitur canggih, kayak sunroof, airbag... Sunroof..? Dimana mau makai di Jakarta? Dimana mau makai di Jogja dan semarang? Kotor semua kan kualitas udaranya? Airbag? Bikin orang yang mau beli udah merinding duluan kalau begitu nabrak pagar rumah aja atau hanya nyenggol / disenggol motor yang motong jalur mendadak, udah langsung :BOOFFF: gitu.. Padahal kalau kondisi kayak gitu, paling2 cuman bumpernya yang lecet. Bumper lecet atau penyok, dibikin bener ngga sampe juta jutaan. Lha airbag nya? Oke, taruh kata perangkat airbagnya ngga dipasang lagi. Kosong. Lha...Setir nya yang kadung bolong...?

3. Bentuknya yang aneh.
Image

Carry...bukan...
Kijang (persepsi saat itu) juga bukan...
:e-whistle: :e-whistle:

Tambahan... fitur yang bikin ngeri awam untuk memiliki Every dahulu...:

4. Transmisi automatik
:e-doh:
Image
Image

Dulu kan beli mobil matic aja udah momok, apalagi beli mobil people carrier bertransmisi matic...Udah kejatuhan prejudice bakal ngga kuat nanjak, mahal perawatan, mahal kalo rusak...
:mky_06:

5. Yang ngga terlalu bikin jadi omongan...:
Image
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by Jambangan »

@vanzmatic
Berarti indomobil cuma buat test pasar doang ya om waktu ngeluarin every??
Akhirnya distop produksinya digantikan apv dan sepertinya lebih cocok dgn pasar di indo
Cmiiw
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by y_anjasrana »

cefiro malah lucu, pada masa produksinya ga begitu laku, sekarang malah dicari2 orang.... :big_peace:
Accurate V5 Accounting System Consultant
AB1050
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1037
Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by AB1050 »

y_anjasrana wrote:cefiro malah lucu, pada masa produksinya ga begitu laku, sekarang malah dicari2 orang.... :big_peace:
setau ane sekarang banyak yang cari cefiro cuman buat drift/slalom..
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by Nightster Guy »

'dicari' bukan dlm konotasi utk dikoleksi/diselamatkan/diresto dan sejenisnya tp utk dijagal2, ganti mesin, trondolin abis buat ngedrift. dr lahir smpe sekarang udah setengah kakek2, nasib cefiro aka. baby skyline nggak membaik.
Das Beste oder nichts.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by andy1800 »

apanya yg bikiin cefiro suka dijadiin basis gitu?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by Nightster Guy »

denger2 sih om, knapa cefiro jd favorit dijadiin kuda ngedrift:

1) RWD.

2) engine bay gede maklum enjin bawaan 6 silinder.

3) bagi yg suka main mesin kompetisi nissan RB series, cefiro ini kuda ideal karena basis mesin bawaan sama2 RB series.

4) struktur/platform bodi bawaan dr pabrik udah badak, cocok dicemplungin enjin gede2 dan bodi potong sana-sini. nggak ngetwist walau dipake utk meliuk2.

5) murahhhhhhh, belasan-20an juta doang, maksimal kepala 3. banyak yg posisi lg ngejogrok/sakit2an. kesempatan deh..
Das Beste oder nichts.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by ZombiEE »

Nightster Guy wrote:denger2 sih om, knapa cefiro jd favorit dijadiin kuda ngedrift:

1) RWD.

2) engine bay gede maklum enjin bawaan 6 silinder.

3) bagi yg suka main mesin kompetisi nissan RB series, cefiro ini kuda ideal karena basis mesin bawaan sama2 RB series.

4) struktur/platform bodi bawaan dr pabrik udah badak, cocok dicemplungin enjin gede2 dan bodi potong sana-sini. nggak ngetwist walau dipake utk meliuk2.

5) murahhhhhhh, belasan-20an juta doang, maksimal kepala 3. banyak yg posisi lg ngejogrok/sakit2an. kesempatan deh..
Pak Momod GaY memang paten
:frm_tumbleft:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by andy1800 »

ZombiEE wrote:
Nightster Guy wrote:denger2 sih om, knapa cefiro jd favorit dijadiin kuda ngedrift:

1) RWD.

2) engine bay gede maklum enjin bawaan 6 silinder.

3) bagi yg suka main mesin kompetisi nissan RB series, cefiro ini kuda ideal karena basis mesin bawaan sama2 RB series.

4) struktur/platform bodi bawaan dr pabrik udah badak, cocok dicemplungin enjin gede2 dan bodi potong sana-sini. nggak ngetwist walau dipake utk meliuk2.

5) murahhhhhhh, belasan-20an juta doang, maksimal kepala 3. banyak yg posisi lg ngejogrok/sakit2an. kesempatan deh..
Pak Momod GaY memang paten
:frm_tumbleft:
Ya eya laaa, paten mah dah pasti... emangnya ada yg bilang enggak? knp?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by VanzMatic »

Jambangan wrote:@vanzmatic
Berarti indomobil cuma buat test pasar doang ya om waktu ngeluarin every??
Akhirnya distop produksinya digantikan apv dan sepertinya lebih cocok dgn pasar di indo
Cmiiw
Mungkin juga gitu.. Tapi begitu Every setop...APV kan ngga langsung dirilis...? :e-think:
APV juga menunggu saat yg tepat..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
dtx_100
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Fri Nov 30, 2012 7:10

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by dtx_100 »

bagaimana dengan ktb yg menghentikan produk colt T 120 pd th 1981 yg diganti dng L300, padahal T120 tidak ada yg bisa menyaingi ??
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by Nightster Guy »

dtx_100 wrote:bagaimana dengan ktb yg menghentikan produk colt T 120 pd th 1981 yg diganti dng L300, padahal T120 tidak ada yg bisa menyaingi ??
lah, penggantinya kan nggak kalah buas om nguasain pasar.. elsape sampe skarang masih meraja dgn model bodi gitu2 aja udah 30 taun.. :wkkk: sedangkan kijang pesaingnya entah udah brapa kali ganti generasi dan platform sampe sekarang generasi hilux.
Das Beste oder nichts.
dtx_100
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Fri Nov 30, 2012 7:10

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by dtx_100 »

L300 bensin, gen 1 hanya 2th mesin 1400 cc, gen 2 mesin 1600 cc, menurut saya pasar kalah jauh dng T120, untuk bensin kan sd dihentikan produksinya. Padahal pada waktu itu, belum ada pabrikan yg mengeluarkan type minibus dll, kalau mau minibus ya karoseri dempul SEMUA.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by Nightster Guy »

IMHO sih bro.. kayaknya KTB dulu ngeganti t120 dgn elsape krn pesaing utamanya, toyota hiace, diskontinu taun 82an. jd bener2 KTB main sendirian di kelas pikap non bonnet.

yg sy heran sih justru astra, knapa nyetop jualan hiace, mungkin takut saling makan ama kijang, mungkin. harusnya sih nggak, kapasitas angkut kan beda yah? beda kelas.
Das Beste oder nichts.
dtx_100
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Fri Nov 30, 2012 7:10

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by dtx_100 »

hi ace, mesin gede 1600 cc, tenaga loyo, bensin boros, spare part pada waktu itu susah dan mahal, kayane sama mesin corona.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by y_anjasrana »

sabar.. sabar.. hi ace dah masuk lg koq....
Accurate V5 Accounting System Consultant
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by RVR »

y_anjasrana wrote:sabar.. sabar.. hi ace dah masuk lg koq....
Hiace yg masuk lagi dari sizenya ya bukan kelas L300, lebih ke sizenya H1 ato bahkan Isuzu Elf deh