Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
valentina_oye
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 503
Joined: Wed Aug 08, 2012 4:45

Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by valentina_oye »

Kebetulan tadi malem pas maen ke tempt temen ada koleksi majalah tentang otomotif. Iseng baca kok isinya menarik juga ya. Terutama yang berhubungan SUV n truck diesel. Cuman bingung banget ama istilah-istilahnya, kebanyakan (sepertinya) berhubungan dengan mesin. Mau nanya donk, yang di bawah ini artinya apa n gimana cara kerjanya, maklum masih awam tentang mobil. Liat wikipedia juga ga membantu, bahasanya terlalu teknis.
- Commonrail diesel
- Cara kerja turbo, jenis2nya
- Intercooler
- Direct injection
- Turbolag
- VGT
- Piggyback
- VNT (pada Fortuner)
- Ladder Frame
Mohon pencerahannya, kalau bisa dengan contoh mobilnya donk.
Seandainya aja harganya ga mahal, tertarik banget buat punya, mudah2an suatu saat kebeli...
:thanks:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by VanzMatic »

Yuuhu... pak dosen Turbo, ini ada mahasiswi minta SKS tambahan untuk mata kuliah mesin diesel, pak Dosen...
:mky_02:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
eka0409
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Thu May 17, 2012 23:58

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by eka0409 »

klo ladder frame keknya gak berhubungan ama mesin, tapi itu model sasis bertingkat spt yang dipakai di Innova dan hampir semua pick-up n double cabin di Indonesia termasuk versi SUV-nya
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by kapsul 97 »

pelajaran berharga, nyimak ah walaupun mungkin udah sedikit tahu kali aja ada hal lain yang ane belum tahu, numpang nyimak yaa .. *nunggu pak dosen

:big_peace:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by Turboman »

valentina_oye wrote:Kebetulan tadi malem pas maen ke tempt temen ada koleksi majalah tentang otomotif. Iseng baca kok isinya menarik juga ya. Terutama yang berhubungan SUV n truck diesel. Cuman bingung banget ama istilah-istilahnya, kebanyakan (sepertinya) berhubungan dengan mesin. Mau nanya donk, yang di bawah ini artinya apa n gimana cara kerjanya, maklum masih awam tentang mobil. Liat wikipedia juga ga membantu, bahasanya terlalu teknis.
1. Commonrail diesel
2. Cara kerja turbo, jenis2nya
3. Intercooler
4. Direct injection
5. Turbolag
6. VGT
7. Piggyback
8. VNT (pada Fortuner)
9. Ladder Frame
Mohon pencerahannya, kalau bisa dengan contoh mobilnya donk.
Seandainya aja harganya ga mahal, tertarik banget buat punya, mudah2an suatu saat kebeli...
:thanks:
bahasa simple-nya :

1. Ini sistem injeksi bahan bakar spt sistem injection di mesin bensin, jadi ada tabung yg menghubungkan 4 Injector (tuk mobil 4 Cyl), dan ada pompa utk memampatkan BBM ke tabung tsb. Buka tutup katup pada injector dikontrol oleh komputer mesin. Bedanya pada sistem Commonrail tekanan pompa utk memampatkan BBM ke tabung tsb amat sangat jauh lebih besar drpd sistem di mesin bensin.

Common = Umum / Sama / rail = Rel (tabung yg dimaksud), jadi semua injector mendapatkan tekanan yg sama.

2. Turbo adalah pompa spt pompa air, bedanya kalo pompa air digerakkan oleh motor listrik dan memompa air, ini digerakkan oleh aliran gas buang mesin utk memompa udara di jalur intake, jadi ada 2 kipas itu di situ, kipas di jalur knalpot yg digerakkan oleh aliran gas buang dan kipas di jalur intake utk memompa udara. Kedua kipas dihubungkan oleh sebuah as.

3. Alat utk mendinginkan udara yg lewat, biasanya diterapkan pada mesin turbo dimana udara yg dipadatkan oleh Turbo (pompa) itu menjadi lebih panas, kemudian didinginkan kembali oleh Intercooler. kenapa udara dingin ? Udara dingin lebih padat maka dengan demikian kandungan oksigen per meter kubiknya juga akan lebih banyak. Oksigen ini yg dibutuhkan pada proses pembakaran di mesin.

4. Sistem injeksi langsung ke ruang bakar, dimana injector menyemprotkan BBM lgs ke ruang bakar.

5. Kondisi dimana Turbo belum berputar optimal.
Bayanginnya = 2 kipas angin berhadap2-an, yg satu colok listrik, satunya gak colok listrik / pasif. Kita hidupkan yg 1 maka yg satu juga akan ikut berputar, tapi proses kenaikan putarannya gak secepat kipas utama walau akhirnya nanti putarannya akan sama, nah saat putaran si kipas pasif belum optimal yang disebut "lag"

Pada mesin gambarannya = kipas utama yg menghembuskan angin itu = gas buang yg keluar dari mesin. Seberapa banyak waktu yg dibutuhkan si kipas Turbo agar putarannya mencapai kecepatan putaran optimal nah ini yg disebut seberapa besar Turbo Lag-nya, semakain banyak waktu yg dibutuhkan = Lag semakin besar.

krn kipas Turbo di sisi jalur knalpot itu bertugas memutar baling2 di sisi intake utk memompa udara.

Segitu dulu nti sambung lagi
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by Nightster Guy »

Wah, mostly tentang turbo neh. Ayo om TURBOMAN, dihandle dulu, jangan malu-maluin pake username tersebut...

:big_weee:

Soal ladder frame/body on frame....

Itu diindonesiakan jadi 'chassis tangga' sist. Intinya dia adalah salah satu dari jenis struktur bodi. Jenis yang lainnya adalah monocoque, unibody, spaceframe, dan tubular.

Ladder adalah teknologi taun jebot sist, sejak mobil diciptain taun 1886, uda pake jenis struktur ini. Paling kuat buat pembebanan (makanya truk sampe sekarang dan kapanpun bertahan pake ladder frame).

Untuk jenis mobil lain, kebanyakan udah ninggalin jenis struktur ini berpindah ke jenis struktur lainnya. Sedan udah total ninggalin ladder udah gak ada yang pake.

Paling2 hanya tersisa beberapa tipe SUV kelas badak yang pake ladder, semisal jip Mercy, Land Rover Defender series, Jeek Wrangler, dll SUV yang berbasis pikap semisal Fortuner, Pajero Sport, Everest.

Kek apa sih tampang ladder? Nih cutout drawingnya sist, yang warna oranye itulah si ladder frame. :P

Image

cmiiw......... :ngacir:.. :ngacir:..
Das Beste oder nichts.
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by kapsul 97 »

ga salah emang ane pilih forum ... expert sadayana, lanjutkan Oom TM :mky_02:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by Nightster Guy »

Nambahin cutout drawing ladder, biar makin bisa ngebayangin. Warna biru keabuan, itu ladder sist. Bahasa awam sih, ini yang namanya 'chassis'.

Image

Image
Das Beste oder nichts.
User avatar
valentina_oye
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 503
Joined: Wed Aug 08, 2012 4:45

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by valentina_oye »

@All : thanks ya infonya. Ini yang saya mau, penjelasan yang simpel n mudah dimengerti. Btw klo ada info tambahan lagi di share donk, klo bisa ada pembanding dari jenis lain atau gambarnya mungkin lebih enak malah...hehehehe
sekali lagi thanks ya....
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by kapsul 97 »

oh iya, sekalian ane mau tanya, menarik tadi mengenai intercooler dimana dibilang udara dingin kandungan nya lebih padet, walhasil memang perbandingan tarikan kendaraan pada saat malam hari dan siang bolong lebih enak pada saat malam hari ...

pertanyaan nya Pak dosen, tapi ini konteks diluar mesin turbo tadi (OOT dikit gpp ya :mky_01: ) : untuk mengatasi "ketidak padatan" udara tadi terutama pada siang hari, baik pada mesin turbo maupun non turbo/konvensional (baca:karburator), kira-kira apa trik nya ya biar tarikan biar tetap enak..?

:thanks:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by Turboman »

kapsul 97 wrote:, tapi ini konteks diluar mesin turbo tadi (OOT dikit gpp ya :mky_01: ) : untuk mengatasi "ketidak padatan" udara tadi terutama pada siang hari, baik pada mesin turbo maupun non turbo/konvensional (baca:karburator), kira-kira apa trik nya ya biar tarikan biar tetap enak..?
Jiahhh...ane mah bukan pak dosen, wong cuman gelar S1......yg pantas jadi dosen yg udah dapet S2 duunkss......ane mah jadi muridnya aza..... :mrgreen:

Nah, biasanya teknik2 yg dilakukan :
1. Ujung moncong udara intake yg ke depan diarahkan ke zona2 dimana aliran udara sgt kencang spt sudut bumper atau di balik Grill. Kalo BMW rata2 ngarahin ke sudut bumper, mmg di siitu sgt kencang, tapi kalo banjir berabe. :e-doh:

istilah di luar "Pressure Drop". Nah diupayakan Pressure drop sekecil mungkin.

2. teknik lain yg agak out of d box :
Aliran udara dilewatkan evaporator di dalam box sebelum menuju air filter, ini yg disebut AIC.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by Turboman »

valentina_oye wrote: - VGT
- Piggyback
- VNT (pada Fortuner)
-
VGT atau VNt (sama aja) adalah variant Turbo dengan teknik tertentu utk mengurangi lag

Dia sistemnya dengan semacam sirip2 kecil yang mengelilingi baling2 di jalur knalpot, sirip2 tsb sudutnya bisa berubah ubah sesuai RPM mesin utk mengrahkan gas buang

Ilustrasi cara kerjanya :
seperti menyiram air dengan selang.

Jika ujung selang kita jepit dengan jari maka air akan nyembur lebih keras / lebih kuat

nah di VGT kira2 analoginya spt itu, saat RPM rendah sirip2 merapat dgn tujuan agar gas buang menyembur ke arah baling2 lebih kuat sehingga baling2 berputar lebih cepat, sama spt selang air kebun yg kita jepit pakai jari.

Begitu RPM tinggi sirip2 tsb membuka agar kecepatan putar baling2 Turbo gak terus naik lagi.


Piggyback :
Modul utk meningkatkan performa mesin dengan cara menipu komputer utama mesin, sistemnya dengan menipu data tegangan listrik sensor2 vital pada mesin.

misal utk supply BBM, si Piggyback akan memberikan data tegangan ke mesin se-olah2 BBM yg disemburkan sedikit, maka komputer mesin akan menyemburkan BBM lebih banyak.

Buat yg chassis dah dijelaskan master Night Guy.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by BADAK »

Ikut duduk ah dengerin dosen menerangkan :ungg:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by JESKONENG »

utk piggyback, karena pernah pake Unichip type Q, jadi sedikit tahu, fungsinya a.l. memanipulasi beberapa parameter pada ECU (electronic control unit yaitu komputer otaknya mesin) :

- supply bbm atau bahasa kerennya AFR (air to fuel ratio yaitu perbandingan udara dengan bbm)

- timing pengapian (bisa di majukan atau mundurin), berkaitan dengan oktan bbm yg dipake

- limiter putaran mesin tertinggi

Beberapa merk piggyback mampu menyimpan beberapa program parameter, dan di dasbor terdapat kenop selektor program yg diinginkan sesuai kebutuhan.
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by andy1800 »

Ane ikut jelaskan yg ane ngerti aja yaa, yg sesuai dg bidang ane aja. Jd bukan jelasin semuanya....










edit:
walah! ternyata diantara 9 point di atas, ane ga ada yg ngerti sama sekali :hammer:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
valentina_oye
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 503
Joined: Wed Aug 08, 2012 4:45

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by valentina_oye »

Thanks ya semua infonya
@Pak Turboman atau yang lainnya, saya ada pertanyaan lanjutan nih.
Untuk commonrail itu apakah selalu dilengkapi turbo atau ga? Saya juga pernah baca pada diesel tekanan yang digunakan sekian bar, itu tekanan apa maksudnya apakah commonrail atau turbo? normalnya untuk mobil2 di Indonesia berapa?
Turbo itu perlu pakai oli khusus ga semacam oli pada transmisi atau power steering? Perawatan turbo itu gimana?
Ada juga yang bilang turbonya pakai jenis supercharger (tapi kebetulan yang saya baca reviewnya itu mobil bensin), itu jenis yang gimana? di mobil diesel ga ada ya?
Yang saya tangkap juga dari beberapa tulisan yang pernah saya baca, entah penggunaan commonrail atau turbo ya, itu harus menggunakan bbm diesel kualitas bagus. Parameter bb diesel kualitas bagus itu gimana ya? Klo ga salah di kualitas bensin pakai RON (saya juga ga ngerti, cuman setahu saya makin tinggi makin bagus). Kenapa harus menggunakan itu? apa efeknya bila pakai yang dianggap tidak bagus? Solar pertamina termasuk bb diesel kualitas gimana?
Apakah asap kendaraan yang sudah dilengkapi ini masih hitam pekat dan bau? atau tergantung jenis bahan bakarnya?

Sorry ya klo pertanyaannya ga bermutu, masih awam banget nih tentang yang kayak gini....
User avatar
valentina_oye
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 503
Joined: Wed Aug 08, 2012 4:45

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by valentina_oye »

@Pak Nightster Guy atau yang lainnya,
aduuh masih belum ngerti bagian mana yang disebut ladder (tangga)
Klo yang saya tankap dari gambar yang pertama (Holden), saya kira maksudnya ladder frame itu konstruksi rangkanya (namanya chassis ya)terpisah dari body mobil, karena selama ini saya pikir rangka dan body jadi satu. tapi rupanya bukan begitu ya maksud penjelasan gambarnya klo dilihat2 dari gambar yang berikutnya. itu apa bedanya dengan mobil jenis lain? (btw ada gambar perbandingan dengan chassis biasa ga?
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by Nightster Guy »

Yup sist, ladder frame adalah jenis rangka/chassis yang TERPISAH dari bodi. Lalu bodinya 'numpang' di atas si rangka, disatukannya dengan baut gede, dengan perantara pake 'bushing' karet di antara si ladder dan bodi guna meminimalisisr getaran, squeaks dll (diredam sebagian oleh bushing).

Gini deh biar makin jelas.. Step by step kita liat foto orang bongkar mobil deh ya..

*All photos are courtesy of om MA of DHC, Jaksel. Thanx om.... :)

1) Ini mobil utuh.

Image

----------

2) Moncong bodi dan mesin uda dipretelin. Nhaaaaa kliatan kan sist si 'ladder frame' alias 'chassis'. Itu tuh dua besi panjang kotak yang menjulur di bawah bodi:

Image

----------

3) Nah, inilah si ladder frame dalam bentuk paling utuh. Nanti di ladder inilah nempel kaki2 mobil, mesin, dan bodi:

Image

----------

4) Ini si bodi udah dicopot dari laddernya. Kosongan. Ini foto dari arah belakang mobil. Lagi dibolak-balik kayak kambing guling, dicat..

Image

----------

5) Ini si ladder udah kelar dicat dan udah ditempelin kaki2 mobil (roda, as roda, mekanisme suspensi), sist..

Image

----------

6) Ladder frame di foto atas plus udah ditemplokin mesin. Perhatiin ada beberapa benda bulat2 merah, itulah bushing, dan di titik2 di mana bushing berada itulah nanti si bodi 'diikat' ama laddernya, sist, pake baut gede.

Image

----------

7) Nhaaaa bodi udah nangkring. Yang saya lingkarin oranye, ada benda warna merah yang kejepit, itu namanya 'bushing', sist. Kalo item, bahannya karet (ini yang biasanya dipake pabrikan). Kalo merah gini, bahannya polyurethane. Dia dijepit antara ladder frame/chassis dan bodi. Biar empuk dikit......

:mky_01:


Image

----------

8) Uda bisa ngebayangin ya komponen2 utama mobil yang menerapkan konstruksi 'ladder frame'? Intinya sih si ladder itu sendiri alias chassis, komponen kaki2, mesin dan drivetrain, lalu bodi yang numpang di atas si chassis.

Image

----------

Ini rekor postingan ane hehe.. Perlu waktu nyaris sejam buat ngepost sebiji ini. :mky_01:
Das Beste oder nichts.
User avatar
valentina_oye
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 503
Joined: Wed Aug 08, 2012 4:45

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by valentina_oye »

Waaaaaaaahhhhhh....detail banget Pak Nightster Guy penjelasannya....makasih banyak ya.....baru ngerti nih
Emang Pak Nightster Guy bener2 expert di bidang otomotif.......
Padahal selama ini saya kira chassis itu kaki2 mobil, baru tahu klo sebenarnya itu bagian dari rangka mobil....
Sekali lagi thanks ya....
Btw klo diliat2 dari gambar di atas kok kayaknya gampang banget bongkar pasang mobil, tapi klo dilakukan pasti ribet....menarik banget klo punya dana n bisa menyalurkan hobby kayak gini....pengennnnn.....
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by andy1800 »

Wah asik nih....postingan dg byk huruf bold....


Ya pst rekor laaah, demi memenuhi kebutuhan mbak2, apa sih yg ga rela dilaksanakan? :monkey brp ya iconnya.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by BADAK »

Wah mantap penjelasan Om Gay :frm_salut:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by Nightster Guy »

valentina_oye wrote:- CUT -

Emang Pak Nightster Guy bener2 expert di bidang otomotif.......

- CUT -

Btw klo diliat2 dari gambar di atas kok kayaknya gampang banget bongkar pasang mobil, tapi klo dilakukan pasti ribet....menarik banget klo punya dana n bisa menyalurkan hobby kayak gini....pengennnnn.....
Expert? :wkkk:

Ini pengetahuan basic banget buat anak otomotif sist. Saya mah diketawain abis2an di forum ini, ngertinya ginian doank.

:big_slap:

----------
andy1800 wrote:Wah asik nih....postingan dg byk huruf bold....


Ya pst rekor laaah, demi memenuhi kebutuhan mbak2, apa sih yg ga rela dilaksanakan? :monkey brp ya iconnya.
Ke mbak2 dan juga ke sesepuh/orang yang lebih tua, om.

:big_peace:

Kalo Ak4ng yang nanya ginian sih, cukup kasih link, suru belajar sendiri.

:big_weee:

----------
BADAK wrote:Wah mantap penjelasan Om Gay :frm_salut:
Ngertinya cuman ini om. Gak lebih. Mentok. Stuck.
Das Beste oder nichts.
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by BADAK »

Sini2 aku kasih buat Om Gay :cupss:
Lanjut Omm.... :off_ladies:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by VanzMatic »

Menyimak:
1. Penjelasan pak dosen Turbo
2. simpulan koh andy
3. Tambahan keterangan asisten dosen: Om Guy
4. Sun sun-an om badak ke om Guy....


......................... :ngacir: :ngacir: :ngacir: kaboer ah..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by DOHC »

ternyata om enji gay menerangkan jg tohh kalo yg nanya cewe... kirain cowo doank yg diladenin.. :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: