valentina_oye wrote:Kebetulan tadi malem pas maen ke tempt temen ada koleksi majalah tentang otomotif. Iseng baca kok isinya menarik juga ya. Terutama yang berhubungan SUV n truck diesel. Cuman bingung banget ama istilah-istilahnya, kebanyakan (sepertinya) berhubungan dengan mesin. Mau nanya donk, yang di bawah ini artinya apa n gimana cara kerjanya, maklum masih awam tentang mobil. Liat wikipedia juga ga membantu, bahasanya terlalu teknis.
1. Commonrail diesel
2. Cara kerja turbo, jenis2nya
3. Intercooler
4. Direct injection
5. Turbolag
6. VGT
7. Piggyback
8. VNT (pada Fortuner)
9. Ladder Frame
Mohon pencerahannya, kalau bisa dengan contoh mobilnya donk.
Seandainya aja harganya ga mahal, tertarik banget buat punya, mudah2an suatu saat kebeli...

bahasa simple-nya :
1. Ini sistem injeksi bahan bakar spt sistem injection di mesin bensin, jadi ada tabung yg menghubungkan 4 Injector (tuk mobil 4 Cyl), dan ada pompa utk memampatkan BBM ke tabung tsb. Buka tutup katup pada injector dikontrol oleh komputer mesin. Bedanya pada sistem Commonrail tekanan pompa utk memampatkan BBM ke tabung tsb amat sangat jauh lebih besar drpd sistem di mesin bensin.
Common = Umum / Sama / rail = Rel (tabung yg dimaksud), jadi semua injector mendapatkan tekanan yg sama.
2. Turbo adalah pompa spt pompa air, bedanya kalo pompa air digerakkan oleh motor listrik dan memompa air, ini digerakkan oleh aliran gas buang mesin utk memompa udara di jalur intake, jadi ada 2 kipas itu di situ, kipas di jalur knalpot yg digerakkan oleh aliran gas buang dan kipas di jalur intake utk memompa udara. Kedua kipas dihubungkan oleh sebuah as.
3. Alat utk mendinginkan udara yg lewat, biasanya diterapkan pada mesin turbo dimana udara yg dipadatkan oleh Turbo (pompa) itu menjadi lebih panas, kemudian didinginkan kembali oleh Intercooler. kenapa udara dingin ? Udara dingin lebih padat maka dengan demikian kandungan oksigen per meter kubiknya juga akan lebih banyak. Oksigen ini yg dibutuhkan pada proses pembakaran di mesin.
4. Sistem injeksi langsung ke ruang bakar, dimana injector menyemprotkan BBM lgs ke ruang bakar.
5. Kondisi dimana Turbo belum berputar optimal.
Bayanginnya = 2 kipas angin berhadap2-an, yg satu colok listrik, satunya gak colok listrik / pasif. Kita hidupkan yg 1 maka yg satu juga akan ikut berputar, tapi proses kenaikan putarannya gak secepat kipas utama walau akhirnya nanti putarannya akan sama, nah saat putaran si kipas pasif belum optimal yang disebut "lag"
Pada mesin gambarannya = kipas utama yg menghembuskan angin itu = gas buang yg keluar dari mesin. Seberapa banyak waktu yg dibutuhkan si kipas Turbo agar putarannya mencapai kecepatan putaran optimal nah ini yg disebut seberapa besar Turbo Lag-nya, semakain banyak waktu yg dibutuhkan = Lag semakin besar.
krn kipas Turbo di sisi jalur knalpot itu bertugas memutar baling2 di sisi intake utk memompa udara.
Segitu dulu nti sambung lagi