


Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Sabar..sabar..sabar..andy1800 wrote:Ane ikut jelaskan yg ane ngerti aja yaa, yg sesuai dg bidang ane aja. Jd bukan jelasin semuanya....
edit:
walah! ternyata diantara 9 point di atas, ane ga ada yg ngerti sama sekali
junenk2009 wrote:ane mau tanya juga dong om, kalo istilah vvti, cvvt,ctv, v-tech, i-dsi, did, d4d, vvt, skyactif dan lambang2 di samping kap mesin itu menandakan apa?? apakah itu tipe mesin?? atau hanya tambahan di sebuah mesin?? kalo hanya tambahan fungsinya untuk apa?? menigkatkan tenaga seperti turbo kah?? atau mengiritkan konsumsi bbm mungkin?? sorry banyak tanya soalnya emang kaga tau apa arti emblem2 itu
Thanks ya Pak Nightster GuyNightster Guy wrote:Tadi sempat ditanyain, selain ladder frame, ada konstruksi bodi lain lagi? Yup ada.
Kita bahas by evolution aja yak, step by step.
Ini yang jamak dipake di sedan. Ini evolusi awal dari ladder frame, sist. Jadi dulu sedan2 masih pake ladder frame. lalu karena berbagai pertimbangan teknis, mulai beralih ke jenis konstruksi lain yaitu unibody, arti gampangnya si ladder MENYATU, nggak terpisah lagi ama bodi.
Tapi SEBELUM beralih ke ladder, ada mobil jadul yang masih 'setengah-setengah', alias dari depan sampe tengah masih pake ladder frame, tengah ke belakang udah menganut unibody.
Ini disebut kontruksi unibody with subframe.
Nih..
1) Si ladder frame alias chassis yang warna oranye sist. Cuman dari depan sampe tengah, nggak FULL depan sampe belakang seperti yang di jip ijo kan?
Udah bisa ngebayangin posisinya kan si ladder ini, berdasar pada foto jip ijo di post sebelumnya.
----------
All images courtesy of Pro Garage workshop......
2) Ini penampakan, mesin uda dicabut, yang lingkaran oranye, itu laddernya sist.
----------
3) Kalo si merah buluk di atas moncong bodinya dicopot, jadilah gini sist. Moncongnya terondolan, tersisa ban ama ladder framenya doank.
![]()
----------
4) Nhaaa, si merah laddernya uda dipisahin juga, trondolan sisa bodi tengah sampe belakang doank.
Di sini ini poinnya UNIBODY sist. Si bodi MERANGKAP ama chassis, udah gak bisa dipisah, dia jadi satu kesatuan utuh bersifat struktural (that's why we called it 'uni').
Jelasnya, di foto bawah:
----------
5) See? Yang lingkaran2 oranye, itulah struktur penguatnya sist. Mirip2 kan ama ladder chassis TERPISAH yang di jip ijo di atas tadi? Cuman ini tulang-tulang tersebut MENYATU ama bodi.
----------
6) Biar lebih jelasssssssss.......
----------
Note: Deskripsi ini buat yang tipe kontruksi unibody with subframe. Kalo sedan jaman sekarang udah nggak pake subframe lagi (warna oranye di foto #1). Sedan sekarang udah pake FULL UNIBODY depan sampe belakang sist.
Cirinya apa? Moncongnya NGGA BISA DIPISAH seperti di sedan jadul di atas. Karena moncong di sedan FULL UNIBODY juga merangkap sebagai struktur moncong hehe....
Tar saya hunting foto dulu, capek euy..
![]()
CMIIWeeeeeeeeeeeeeeeee...............
----------
Oya, pengen tau gimana nasib si 'sedan merahbuluk' di atas? Yah, not bad, masuk di gallerynya website merk velg kelas 1, Cragar Wheels, USA.
![]()
http://www.cragarwheel.com/galleryImages-3/0/-/
http://www.cragarwheel.com/images/media ... esized.jpg
Wah pertanyaan yang ini belum ada yang jawabvalentina_oye wrote:Thanks ya semua infonya
@Pak Turboman atau yang lainnya, saya ada pertanyaan lanjutan nih.
Untuk commonrail itu apakah selalu dilengkapi turbo atau ga? Saya juga pernah baca pada diesel tekanan yang digunakan sekian bar, itu tekanan apa maksudnya apakah commonrail atau turbo? normalnya untuk mobil2 di Indonesia berapa?
Turbo itu perlu pakai oli khusus ga semacam oli pada transmisi atau power steering? Perawatan turbo itu gimana?
Ada juga yang bilang turbonya pakai jenis supercharger (tapi kebetulan yang saya baca reviewnya itu mobil bensin), itu jenis yang gimana? di mobil diesel ga ada ya?
Yang saya tangkap juga dari beberapa tulisan yang pernah saya baca, entah penggunaan commonrail atau turbo ya, itu harus menggunakan bbm diesel kualitas bagus. Parameter bb diesel kualitas bagus itu gimana ya? Klo ga salah di kualitas bensin pakai RON (saya juga ga ngerti, cuman setahu saya makin tinggi makin bagus). Kenapa harus menggunakan itu? apa efeknya bila pakai yang dianggap tidak bagus? Solar pertamina termasuk bb diesel kualitas gimana?
Apakah asap kendaraan yang sudah dilengkapi ini masih hitam pekat dan bau? atau tergantung jenis bahan bakarnya?
Sorry ya klo pertanyaannya ga bermutu, masih awam banget nih tentang yang kayak gini....
mbak oyee,... ane lupa baca dimna --" tapi yg jelas ada di sm ini.. pernah bahas ituvalentina_oye wrote:Wah pertanyaan yang ini belum ada yang jawabvalentina_oye wrote:Thanks ya semua infonya
@Pak Turboman atau yang lainnya, saya ada pertanyaan lanjutan nih.
Untuk commonrail itu apakah selalu dilengkapi turbo atau ga? Saya juga pernah baca pada diesel tekanan yang digunakan sekian bar, itu tekanan apa maksudnya apakah commonrail atau turbo? normalnya untuk mobil2 di Indonesia berapa?
Turbo itu perlu pakai oli khusus ga semacam oli pada transmisi atau power steering? Perawatan turbo itu gimana?
Ada juga yang bilang turbonya pakai jenis supercharger (tapi kebetulan yang saya baca reviewnya itu mobil bensin), itu jenis yang gimana? di mobil diesel ga ada ya?
Yang saya tangkap juga dari beberapa tulisan yang pernah saya baca, entah penggunaan commonrail atau turbo ya, itu harus menggunakan bbm diesel kualitas bagus. Parameter bb diesel kualitas bagus itu gimana ya? Klo ga salah di kualitas bensin pakai RON (saya juga ga ngerti, cuman setahu saya makin tinggi makin bagus). Kenapa harus menggunakan itu? apa efeknya bila pakai yang dianggap tidak bagus? Solar pertamina termasuk bb diesel kualitas gimana?
Apakah asap kendaraan yang sudah dilengkapi ini masih hitam pekat dan bau? atau tergantung jenis bahan bakarnya?
Sorry ya klo pertanyaannya ga bermutu, masih awam banget nih tentang yang kayak gini....
1. Semua mesin CRD dilengkapi Turbo.valentina_oye wrote:Thanks ya semua infonya
1.Untuk commonrail itu apakah selalu dilengkapi turbo atau ga?
2. Saya juga pernah baca pada diesel tekanan yang digunakan sekian bar, itu tekanan apa maksudnya apakah commonrail atau turbo? normalnya untuk mobil2 di Indonesia berapa?
3. Turbo itu perlu pakai oli khusus ga semacam oli pada transmisi atau power steering? Perawatan turbo itu gimana?
4. Ada juga yang bilang turbonya pakai jenis supercharger (tapi kebetulan yang saya baca reviewnya itu mobil bensin), itu jenis yang gimana? di mobil diesel ga ada ya?
5. Yang saya tangkap juga dari beberapa tulisan yang pernah saya baca, entah penggunaan commonrail atau turbo ya, itu harus menggunakan bbm diesel kualitas bagus. Parameter bb diesel kualitas bagus itu gimana ya?
5.1 Kenapa harus menggunakan itu? apa efeknya bila pakai yang dianggap tidak bagus? Solar pertamina termasuk bb diesel kualitas gimana?
Apakah asap kendaraan yang sudah dilengkapi ini masih hitam pekat dan bau? atau tergantung jenis bahan bakarnya?
Deskripsi panjang lebar disertain foto (alias: postingan menguras tenaga dan waktu) untuk sementara direply terbatas buat GIRLS ONLY.vote42ner wrote:@om gay: kalo ane yg nanya perbedaan rangka haley dan rangka binter mercy..di jabarin pake gambar2 spt di atas ngak???? hehehehe![]()
Thanks Pak untuk jawabannya, membantu bangetTurboman wrote:1. Semua mesin CRD dilengkapi Turbo.valentina_oye wrote:Thanks ya semua infonya
1.Untuk commonrail itu apakah selalu dilengkapi turbo atau ga?
2. Saya juga pernah baca pada diesel tekanan yang digunakan sekian bar, itu tekanan apa maksudnya apakah commonrail atau turbo? normalnya untuk mobil2 di Indonesia berapa?
3. Turbo itu perlu pakai oli khusus ga semacam oli pada transmisi atau power steering? Perawatan turbo itu gimana?
4. Ada juga yang bilang turbonya pakai jenis supercharger (tapi kebetulan yang saya baca reviewnya itu mobil bensin), itu jenis yang gimana? di mobil diesel ga ada ya?
5. Yang saya tangkap juga dari beberapa tulisan yang pernah saya baca, entah penggunaan commonrail atau turbo ya, itu harus menggunakan bbm diesel kualitas bagus. Parameter bb diesel kualitas bagus itu gimana ya?
5.1 Kenapa harus menggunakan itu? apa efeknya bila pakai yang dianggap tidak bagus? Solar pertamina termasuk bb diesel kualitas gimana?
Apakah asap kendaraan yang sudah dilengkapi ini masih hitam pekat dan bau? atau tergantung jenis bahan bakarnya?
2. Tekanan Pressure di tabung / fuel rail, skala-nya Bar, 1000 sekian Bar.
3. Oli2 zaman skg rata2 bisa utk mesin ber-Turbo, akan lebih baik jika menggunakan oli Semi synth or Full Synth. Perawatan Turbo = see APG.
4. Supercharger biasanya diimplementasikan pada mesin Gasoline, sedang Diesel Turbo semua.
5. Umumnya mesin CRD kendaraan penumpang comply ke Euro 2 or more, jadi user diminta menggunakan BBM yg comply dgn Euro 2 (sulphur max 500 ppm), CN min. 50 dan mengandung additive lengkap & daya lumas baik. (walau CRd low pressure toleran thd BBM kualtas rendah)
5.1 agar kinerja mesin optimal, emission devices awet dan sistem CRD awet. Soal asap tergantung kualitas BBM, kadar sulphur, kandungan additive & kebersihan BBM.
Btw ya :
Pertanyaan banyak banget, sekarang ane mau tanya balik :
1. Apakah ada rencana utk meminang mobil Diesel CRD ?
Kalau iya, mobil apa yg menjadi target ?
2. Kekhawatiran apa bagi mbak bila memiliki mobil Diesel CRD ?
Ditunggu jawabannya.
Nightster Guy wrote:Deskripsi panjang lebar disertain foto (alias: postingan menguras tenaga dan waktu) untuk sementara direply terbatas buat GIRLS ONLY.vote42ner wrote:@om gay: kalo ane yg nanya perbedaan rangka haley dan rangka binter mercy..di jabarin pake gambar2 spt di atas ngak???? hehehehe![]()
![]()
![]()
![]()
Malah gak ngerti beda frame Harley vs Merzy om........ Gak ngerti si Merzy, dan overall gak ngerti soal jenis2 frame motor.
1. Kijang Innova D4 D th 2004 - 2005 udah dapat dgn budget 150 jt.valentina_oye wrote: 1. Belum ada dlm waktu dekat ini, harganya masih mahal menurut saya. Sekarang masih fokus cari mobil pertama (bekas) harga dibawah 150jt.
2. Kekhawatiran sepertinya ga ada, yang penting saya mau pelajari dulu, begitu saatnya punya udah ga kagok n paling ga saya punya sedikit pengetahuan tentang mesin. jadi ga ditipu orang2 bengkel...hehehe
Kalo demen yg agak kotak dan Diesel bisa consider Daihatsu Taft Rocky Independent Diesel 2.8valentina_oye wrote:aduuh klo Innova sama sekali ga minat...klo Kuda Grandia masih lebih suka. Tertariknya ama double cabin n versi SUV-nya atau SUV yang bentuknya agak mengotak...
Kayaknya untuk sekarang lebih milih yang bensin aja sesuai keuangan, mungkin Xtrail atau Terrano, atau mungkin juga sedan2 umum tapi ga terlalu pasaran yang gampang dijual lagi....
nah, menilik bentuk pantatnya (yg menilik-kan bukan saya siih)...om vote42ner inilah contoh org yg sdemikian sabarrrrrvote42ner wrote:Sabar..sabar..sabar..andy1800 wrote:Ane ikut jelaskan yg ane ngerti aja yaa, yg sesuai dg bidang ane aja. Jd bukan jelasin semuanya....
edit:
walah! ternyata diantara 9 point di atas, ane ga ada yg ngerti sama sekali
mba'-mba' dg selera yg agak tidak umumvalentina_oye wrote:aduuh klo Innova sama sekali ga minat...klo Kuda Grandia masih lebih suka. Tertariknya ama double cabin n versi SUV-nya atau SUV yang bentuknya agak mengotak...
Kayaknya untuk sekarang lebih milih yang bensin aja sesuai keuangan, mungkin Xtrail atau Terrano, atau mungkin juga sedan2 umum tapi ga terlalu pasaran yang gampang dijual lagi....
Berarti, selera mbak'e ini sama dengan saya.andy1800 wrote:mba'-mba' dg selera yg agak tidak umumvalentina_oye wrote:aduuh klo Innova sama sekali ga minat...klo Kuda Grandia masih lebih suka. Tertariknya ama double cabin n versi SUV-nya atau SUV yang bentuknya agak mengotak...
Kayaknya untuk sekarang lebih milih yang bensin aja sesuai keuangan, mungkin Xtrail atau Terrano, atau mungkin juga sedan2 umum tapi ga terlalu pasaran yang gampang dijual lagi....![]()
![]()
mohon para penyaran memperhatiken hal ini ya
ehem ehem... ingat anak istri di rumah ya....VanzMatic wrote:Berarti, selera mbak'e ini sama dengan saya.andy1800 wrote:mba'-mba' dg selera yg agak tidak umumvalentina_oye wrote:aduuh klo Innova sama sekali ga minat...klo Kuda Grandia masih lebih suka. Tertariknya ama double cabin n versi SUV-nya atau SUV yang bentuknya agak mengotak...
Kayaknya untuk sekarang lebih milih yang bensin aja sesuai keuangan, mungkin Xtrail atau Terrano, atau mungkin juga sedan2 umum tapi ga terlalu pasaran yang gampang dijual lagi....![]()
![]()
mohon para penyaran memperhatiken hal ini ya
Innova kalo dilihat dari sisi kita disampingnya dan searah dengan arah moncongnya dan maju dikit.....aku juga ngga suka.. pecothotan..
Sama2 suka bentuk Kuda..! Sama sama suka bentuk yang mengotak..![]()
![]()
ada temen nih...