Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 503
- Joined: Wed Aug 08, 2012 4:45
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
Tadi sempat ditanyain, selain ladder frame, ada konstruksi bodi lain lagi? Yup ada.
Kita bahas by evolution aja yak, step by step.
Ini yang jamak dipake di sedan. Ini evolusi awal dari ladder frame, sist. Jadi dulu sedan2 masih pake ladder frame. lalu karena berbagai pertimbangan teknis, mulai beralih ke jenis konstruksi lain yaitu unibody, arti gampangnya si ladder MENYATU, nggak terpisah lagi ama bodi.
Tapi SEBELUM beralih ke ladder, ada mobil jadul yang masih 'setengah-setengah', alias dari depan sampe tengah masih pake ladder frame, tengah ke belakang udah menganut unibody.
Ini disebut kontruksi unibody with subframe.
Nih..
1) Si ladder frame alias chassis yang warna oranye sist. Cuman dari depan sampe tengah, nggak FULL depan sampe belakang seperti yang di jip ijo kan?
Udah bisa ngebayangin posisinya kan si ladder ini, berdasar pada foto jip ijo di post sebelumnya.
----------
All images courtesy of Pro Garage workshop......
2) Ini penampakan, mesin uda dicabut, yang lingkaran oranye, itu laddernya sist.
----------
3) Kalo si merah buluk di atas moncong bodinya dicopot, jadilah gini sist. Moncongnya terondolan, tersisa ban ama ladder framenya doank.
----------
4) Nhaaa, si merah laddernya uda dipisahin juga, trondolan sisa bodi tengah sampe belakang doank.
Di sini ini poinnya UNIBODY sist. Si bodi MERANGKAP ama chassis, udah gak bisa dipisah, dia jadi satu kesatuan utuh bersifat struktural (that's why we called it 'uni').
Jelasnya, di foto bawah:
----------
5) See? Yang lingkaran2 oranye, itulah struktur penguatnya sist. Mirip2 kan ama ladder chassis TERPISAH yang di jip ijo di atas tadi? Cuman ini tulang-tulang tersebut MENYATU ama bodi.
----------
6) Biar lebih jelasssssssss.......
----------
Note: Deskripsi ini buat yang tipe kontruksi unibody with subframe. Kalo sedan jaman sekarang udah nggak pake subframe lagi (warna oranye di foto #1). Sedan sekarang udah pake FULL UNIBODY depan sampe belakang sist.
Cirinya apa? Moncongnya NGGA BISA DIPISAH seperti di sedan jadul di atas. Karena moncong di sedan FULL UNIBODY juga merangkap sebagai struktur moncong hehe....
Tar saya hunting foto dulu, capek euy..
CMIIWeeeeeeeeeeeeeeeee...............
----------
Oya, pengen tau gimana nasib si 'sedan merahbuluk' di atas? Yah, not bad, masuk di gallerynya website merk velg kelas 1, Cragar Wheels, USA.
http://www.cragarwheel.com/galleryImages-3/0/-/
http://www.cragarwheel.com/images/media ... esized.jpg
Kita bahas by evolution aja yak, step by step.
Ini yang jamak dipake di sedan. Ini evolusi awal dari ladder frame, sist. Jadi dulu sedan2 masih pake ladder frame. lalu karena berbagai pertimbangan teknis, mulai beralih ke jenis konstruksi lain yaitu unibody, arti gampangnya si ladder MENYATU, nggak terpisah lagi ama bodi.
Tapi SEBELUM beralih ke ladder, ada mobil jadul yang masih 'setengah-setengah', alias dari depan sampe tengah masih pake ladder frame, tengah ke belakang udah menganut unibody.
Ini disebut kontruksi unibody with subframe.
Nih..
1) Si ladder frame alias chassis yang warna oranye sist. Cuman dari depan sampe tengah, nggak FULL depan sampe belakang seperti yang di jip ijo kan?
Udah bisa ngebayangin posisinya kan si ladder ini, berdasar pada foto jip ijo di post sebelumnya.
----------
All images courtesy of Pro Garage workshop......
2) Ini penampakan, mesin uda dicabut, yang lingkaran oranye, itu laddernya sist.
----------
3) Kalo si merah buluk di atas moncong bodinya dicopot, jadilah gini sist. Moncongnya terondolan, tersisa ban ama ladder framenya doank.
----------
4) Nhaaa, si merah laddernya uda dipisahin juga, trondolan sisa bodi tengah sampe belakang doank.
Di sini ini poinnya UNIBODY sist. Si bodi MERANGKAP ama chassis, udah gak bisa dipisah, dia jadi satu kesatuan utuh bersifat struktural (that's why we called it 'uni').
Jelasnya, di foto bawah:
----------
5) See? Yang lingkaran2 oranye, itulah struktur penguatnya sist. Mirip2 kan ama ladder chassis TERPISAH yang di jip ijo di atas tadi? Cuman ini tulang-tulang tersebut MENYATU ama bodi.
----------
6) Biar lebih jelasssssssss.......
----------
Note: Deskripsi ini buat yang tipe kontruksi unibody with subframe. Kalo sedan jaman sekarang udah nggak pake subframe lagi (warna oranye di foto #1). Sedan sekarang udah pake FULL UNIBODY depan sampe belakang sist.
Cirinya apa? Moncongnya NGGA BISA DIPISAH seperti di sedan jadul di atas. Karena moncong di sedan FULL UNIBODY juga merangkap sebagai struktur moncong hehe....
Tar saya hunting foto dulu, capek euy..
CMIIWeeeeeeeeeeeeeeeee...............
----------
Oya, pengen tau gimana nasib si 'sedan merahbuluk' di atas? Yah, not bad, masuk di gallerynya website merk velg kelas 1, Cragar Wheels, USA.
http://www.cragarwheel.com/galleryImages-3/0/-/
http://www.cragarwheel.com/images/media ... esized.jpg
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 344
- Joined: Thu Jul 26, 2012 7:18
- Location: Indonesia
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
Trid bagus, menambah ilmu banget.
Saya sendiri sering denger atau baca istilah2 itu cuman gk tahu persis maskudnya. Mau nanya malu juga....hehehehe
Saya sendiri sering denger atau baca istilah2 itu cuman gk tahu persis maskudnya. Mau nanya malu juga....hehehehe
D23 YD25DDTi
F07 N55
E38 M62
W463 M103
F07 N55
E38 M62
W463 M103
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Thu Nov 18, 2010 2:28
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
ane mau tanya juga dong om, kalo istilah vvti, cvvt,ctv, v-tech, i-dsi, did, d4d, vvt, skyactif dan lambang2 di samping kap mesin itu menandakan apa?? apakah itu tipe mesin?? atau hanya tambahan di sebuah mesin?? kalo hanya tambahan fungsinya untuk apa?? menigkatkan tenaga seperti turbo kah?? atau mengiritkan konsumsi bbm mungkin?? sorry banyak tanya soalnya emang kaga tau apa arti emblem2 itu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
Sabar..sabar..sabar..andy1800 wrote:Ane ikut jelaskan yg ane ngerti aja yaa, yg sesuai dg bidang ane aja. Jd bukan jelasin semuanya....
edit:
walah! ternyata diantara 9 point di atas, ane ga ada yg ngerti sama sekali
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
junenk2009 wrote:ane mau tanya juga dong om, kalo istilah vvti, cvvt,ctv, v-tech, i-dsi, did, d4d, vvt, skyactif dan lambang2 di samping kap mesin itu menandakan apa?? apakah itu tipe mesin?? atau hanya tambahan di sebuah mesin?? kalo hanya tambahan fungsinya untuk apa?? menigkatkan tenaga seperti turbo kah?? atau mengiritkan konsumsi bbm mungkin?? sorry banyak tanya soalnya emang kaga tau apa arti emblem2 itu
VVT-I, sama v-tech, sama i-dsi .. itu teknologi pengaturan katup untuk membuat konsumsi bahan bakar menjadi efisien dan menurunkan tingkat emisi. tapi dapat tenaga yang besar sekalipun kapasitas cc slinder mesin kecil
d4d,did, crdi, CGI : itu disebut dengan common-rail injection adalah salah satu metode injeksi bahan bakar ke dalam ruang bakar dengan sistem penghasil tekanan ditempatkan terpisah dari injektor itu sendiri. fungsi mirip sama kayak vvt-i tapi ini di diesel.. kalo teknologi yg agak majuan dikit itu ada bluetechnya merc... khusus diesel
berikut contoh yg ketemu :
BMW: Mesin D (digunakan juga di Land Rover Freelander TD4)
Cummins dan Scania AB: XPI (Developed under joint venture)
Cummins CCR : Pompa(Cummins dengan injektor Bosch)
Daimler: CDI (di Chrysler Jeep dinamakan CRD)
Fiat Group (Fiat, Alfa Romeo dan Lancia): JTD (juga dinamai MultiJet, JTDm, Ecotec CDTi, TiD, TTiD , DDiS, Quadra-Jet)
Ford Motor Company: TDCi Duratorq dan Powerstroke
General Motors Opel/Vauxhall: CDTi (diproduksi oleh Fiat, Isuzu dan GM Daewoo) serta model awal DTi
General Motors Daewoo/Chevrolet VCDi (lisensi dari VM Motori; juga diberi merek Ecotec CDTi)
Honda: i-CTDi
Hyundai-Kia: CRDi
IKCO: EFD
Isuzu: iTEQ
Komatsu: Tier3, Tier4, 4D95 and higher - HPCR seri mesin Diesel.
Mahindra: CRDe
Mazda: MZR-CD (1.4 MZ-CD, 1.6 MZ-CD diproduksi denga joint ventura dengan Ford/PSA Peugeot Citroën) serta model awal DiTD
Mitsubishi: DI-D (belakangan dikembangkan di Mesin 4N1))
Nissan: dCi, Infiniti menggunakan mesin dCi, tapi tidak diberi merek dCi.
Proton: SCDi
PSA Peugeot Citroën: HDI atau HDi (1.4HDI, 1.6 HDI, 2.0 HDI, 2.2 HDI dan V6 HDI dikembangkan secara joint ventura dengan Ford)
Renault dCi (generasi sebelumnya dTi)
SsangYong: XDi (kebanyakan diprodusi oleh Daimler AG)
Subaru: Legacy TD (mulai Januari 2008)
Tata: DICOR & CR4
Toyota: D-4D
Volkswagen Group: TDI (juga digunakan di Audi)
Volvo 2.4D dan mesin D5 (1.6D, 2.0D diproduksi oleh Ford dan PSA Peugeot Citroen), Mesin Volvo Penta Seri-D
merc : "CDI" (Common-rail Direct Injection) bluetech
ctv apa cvt om ? : kalo cvt itu merupakan teknologi pergantian transmisi otomatis tanpa perlu pindah gigi lagi jadi gas aja kayak motor matic gitu, jadi gak ada gejala lag atau tersendat gitu... ... http://en.wikipedia.org/wiki/Continuous ... ansmission lengkap dengan gambar bergeraknya
skyactiv : http://en.wikipedia.org/wiki/SkyActiv teknologi yg di kembangin mazda.. yang sangat ramah lingkungan... digunakan di body, mesin dll oleh mazda ..
CMIIW yak
maaf nubi tolol asal ngmong.. kalo salah tolong koreksi ya master-master dan sesepuh sekalian
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 503
- Joined: Wed Aug 08, 2012 4:45
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
Thanks ya Pak Nightster GuyNightster Guy wrote:Tadi sempat ditanyain, selain ladder frame, ada konstruksi bodi lain lagi? Yup ada.
Kita bahas by evolution aja yak, step by step.
Ini yang jamak dipake di sedan. Ini evolusi awal dari ladder frame, sist. Jadi dulu sedan2 masih pake ladder frame. lalu karena berbagai pertimbangan teknis, mulai beralih ke jenis konstruksi lain yaitu unibody, arti gampangnya si ladder MENYATU, nggak terpisah lagi ama bodi.
Tapi SEBELUM beralih ke ladder, ada mobil jadul yang masih 'setengah-setengah', alias dari depan sampe tengah masih pake ladder frame, tengah ke belakang udah menganut unibody.
Ini disebut kontruksi unibody with subframe.
Nih..
1) Si ladder frame alias chassis yang warna oranye sist. Cuman dari depan sampe tengah, nggak FULL depan sampe belakang seperti yang di jip ijo kan?
Udah bisa ngebayangin posisinya kan si ladder ini, berdasar pada foto jip ijo di post sebelumnya.
----------
All images courtesy of Pro Garage workshop......
2) Ini penampakan, mesin uda dicabut, yang lingkaran oranye, itu laddernya sist.
----------
3) Kalo si merah buluk di atas moncong bodinya dicopot, jadilah gini sist. Moncongnya terondolan, tersisa ban ama ladder framenya doank.
----------
4) Nhaaa, si merah laddernya uda dipisahin juga, trondolan sisa bodi tengah sampe belakang doank.
Di sini ini poinnya UNIBODY sist. Si bodi MERANGKAP ama chassis, udah gak bisa dipisah, dia jadi satu kesatuan utuh bersifat struktural (that's why we called it 'uni').
Jelasnya, di foto bawah:
----------
5) See? Yang lingkaran2 oranye, itulah struktur penguatnya sist. Mirip2 kan ama ladder chassis TERPISAH yang di jip ijo di atas tadi? Cuman ini tulang-tulang tersebut MENYATU ama bodi.
----------
6) Biar lebih jelasssssssss.......
----------
Note: Deskripsi ini buat yang tipe kontruksi unibody with subframe. Kalo sedan jaman sekarang udah nggak pake subframe lagi (warna oranye di foto #1). Sedan sekarang udah pake FULL UNIBODY depan sampe belakang sist.
Cirinya apa? Moncongnya NGGA BISA DIPISAH seperti di sedan jadul di atas. Karena moncong di sedan FULL UNIBODY juga merangkap sebagai struktur moncong hehe....
Tar saya hunting foto dulu, capek euy..
CMIIWeeeeeeeeeeeeeeeee...............
----------
Oya, pengen tau gimana nasib si 'sedan merahbuluk' di atas? Yah, not bad, masuk di gallerynya website merk velg kelas 1, Cragar Wheels, USA.
http://www.cragarwheel.com/galleryImages-3/0/-/
http://www.cragarwheel.com/images/media ... esized.jpg
Ini koleksi gambarnya banyak, pasti banyak ikut klub2 otomotif. Itu mobilnya Holden ya? Keren juga ya, cuman lebih keren Toyota hardtop yang sebelumnya....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 503
- Joined: Wed Aug 08, 2012 4:45
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
Wah pertanyaan yang ini belum ada yang jawabvalentina_oye wrote:Thanks ya semua infonya
@Pak Turboman atau yang lainnya, saya ada pertanyaan lanjutan nih.
Untuk commonrail itu apakah selalu dilengkapi turbo atau ga? Saya juga pernah baca pada diesel tekanan yang digunakan sekian bar, itu tekanan apa maksudnya apakah commonrail atau turbo? normalnya untuk mobil2 di Indonesia berapa?
Turbo itu perlu pakai oli khusus ga semacam oli pada transmisi atau power steering? Perawatan turbo itu gimana?
Ada juga yang bilang turbonya pakai jenis supercharger (tapi kebetulan yang saya baca reviewnya itu mobil bensin), itu jenis yang gimana? di mobil diesel ga ada ya?
Yang saya tangkap juga dari beberapa tulisan yang pernah saya baca, entah penggunaan commonrail atau turbo ya, itu harus menggunakan bbm diesel kualitas bagus. Parameter bb diesel kualitas bagus itu gimana ya? Klo ga salah di kualitas bensin pakai RON (saya juga ga ngerti, cuman setahu saya makin tinggi makin bagus). Kenapa harus menggunakan itu? apa efeknya bila pakai yang dianggap tidak bagus? Solar pertamina termasuk bb diesel kualitas gimana?
Apakah asap kendaraan yang sudah dilengkapi ini masih hitam pekat dan bau? atau tergantung jenis bahan bakarnya?
Sorry ya klo pertanyaannya ga bermutu, masih awam banget nih tentang yang kayak gini....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
mbak oyee,... ane lupa baca dimna --" tapi yg jelas ada di sm ini.. pernah bahas ituvalentina_oye wrote:Wah pertanyaan yang ini belum ada yang jawabvalentina_oye wrote:Thanks ya semua infonya
@Pak Turboman atau yang lainnya, saya ada pertanyaan lanjutan nih.
Untuk commonrail itu apakah selalu dilengkapi turbo atau ga? Saya juga pernah baca pada diesel tekanan yang digunakan sekian bar, itu tekanan apa maksudnya apakah commonrail atau turbo? normalnya untuk mobil2 di Indonesia berapa?
Turbo itu perlu pakai oli khusus ga semacam oli pada transmisi atau power steering? Perawatan turbo itu gimana?
Ada juga yang bilang turbonya pakai jenis supercharger (tapi kebetulan yang saya baca reviewnya itu mobil bensin), itu jenis yang gimana? di mobil diesel ga ada ya?
Yang saya tangkap juga dari beberapa tulisan yang pernah saya baca, entah penggunaan commonrail atau turbo ya, itu harus menggunakan bbm diesel kualitas bagus. Parameter bb diesel kualitas bagus itu gimana ya? Klo ga salah di kualitas bensin pakai RON (saya juga ga ngerti, cuman setahu saya makin tinggi makin bagus). Kenapa harus menggunakan itu? apa efeknya bila pakai yang dianggap tidak bagus? Solar pertamina termasuk bb diesel kualitas gimana?
Apakah asap kendaraan yang sudah dilengkapi ini masih hitam pekat dan bau? atau tergantung jenis bahan bakarnya?
Sorry ya klo pertanyaannya ga bermutu, masih awam banget nih tentang yang kayak gini....
tapi commonrail itu biasanya udah plus turbo loh....
-
- SM Specialist
- Posts: 22041
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
1. Semua mesin CRD dilengkapi Turbo.valentina_oye wrote:Thanks ya semua infonya
1.Untuk commonrail itu apakah selalu dilengkapi turbo atau ga?
2. Saya juga pernah baca pada diesel tekanan yang digunakan sekian bar, itu tekanan apa maksudnya apakah commonrail atau turbo? normalnya untuk mobil2 di Indonesia berapa?
3. Turbo itu perlu pakai oli khusus ga semacam oli pada transmisi atau power steering? Perawatan turbo itu gimana?
4. Ada juga yang bilang turbonya pakai jenis supercharger (tapi kebetulan yang saya baca reviewnya itu mobil bensin), itu jenis yang gimana? di mobil diesel ga ada ya?
5. Yang saya tangkap juga dari beberapa tulisan yang pernah saya baca, entah penggunaan commonrail atau turbo ya, itu harus menggunakan bbm diesel kualitas bagus. Parameter bb diesel kualitas bagus itu gimana ya?
5.1 Kenapa harus menggunakan itu? apa efeknya bila pakai yang dianggap tidak bagus? Solar pertamina termasuk bb diesel kualitas gimana?
Apakah asap kendaraan yang sudah dilengkapi ini masih hitam pekat dan bau? atau tergantung jenis bahan bakarnya?
2. Tekanan Pressure di tabung / fuel rail, skala-nya Bar, 1000 sekian Bar.
3. Oli2 zaman skg rata2 bisa utk mesin ber-Turbo, akan lebih baik jika menggunakan oli Semi synth or Full Synth. Perawatan Turbo = see APG.
4. Supercharger biasanya diimplementasikan pada mesin Gasoline, sedang Diesel Turbo semua.
5. Umumnya mesin CRD kendaraan penumpang comply ke Euro 2 or more, jadi user diminta menggunakan BBM yg comply dgn Euro 2 (sulphur max 500 ppm), CN min. 50 dan mengandung additive lengkap & daya lumas baik. (walau CRd low pressure toleran thd BBM kualtas rendah)
5.1 agar kinerja mesin optimal, emission devices awet dan sistem CRD awet. Soal asap tergantung kualitas BBM, kadar sulphur, kandungan additive & kebersihan BBM.
Btw ya :
Pertanyaan banyak banget, sekarang ane mau tanya balik :
1. Apakah ada rencana utk meminang mobil Diesel CRD ?
Kalau iya, mobil apa yg menjadi target ?
2. Kekhawatiran apa bagi mbak bila memiliki mobil Diesel CRD ?
Ditunggu jawabannya.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
nubie memperhatikan dengan seksama sambil geleng-geleng kagum ...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
@om gay: kalo ane yg nanya perbedaan rangka haley dan rangka binter mercy..di jabarin pake gambar2 spt di atas ngak???? hehehehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
Deskripsi panjang lebar disertain foto (alias: postingan menguras tenaga dan waktu) untuk sementara direply terbatas buat GIRLS ONLY.vote42ner wrote:@om gay: kalo ane yg nanya perbedaan rangka haley dan rangka binter mercy..di jabarin pake gambar2 spt di atas ngak???? hehehehe
Malah gak ngerti beda frame Harley vs Merzy om........ Gak ngerti si Merzy, dan overall gak ngerti soal jenis2 frame motor.
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 503
- Joined: Wed Aug 08, 2012 4:45
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
Thanks Pak untuk jawabannya, membantu bangetTurboman wrote:1. Semua mesin CRD dilengkapi Turbo.valentina_oye wrote:Thanks ya semua infonya
1.Untuk commonrail itu apakah selalu dilengkapi turbo atau ga?
2. Saya juga pernah baca pada diesel tekanan yang digunakan sekian bar, itu tekanan apa maksudnya apakah commonrail atau turbo? normalnya untuk mobil2 di Indonesia berapa?
3. Turbo itu perlu pakai oli khusus ga semacam oli pada transmisi atau power steering? Perawatan turbo itu gimana?
4. Ada juga yang bilang turbonya pakai jenis supercharger (tapi kebetulan yang saya baca reviewnya itu mobil bensin), itu jenis yang gimana? di mobil diesel ga ada ya?
5. Yang saya tangkap juga dari beberapa tulisan yang pernah saya baca, entah penggunaan commonrail atau turbo ya, itu harus menggunakan bbm diesel kualitas bagus. Parameter bb diesel kualitas bagus itu gimana ya?
5.1 Kenapa harus menggunakan itu? apa efeknya bila pakai yang dianggap tidak bagus? Solar pertamina termasuk bb diesel kualitas gimana?
Apakah asap kendaraan yang sudah dilengkapi ini masih hitam pekat dan bau? atau tergantung jenis bahan bakarnya?
2. Tekanan Pressure di tabung / fuel rail, skala-nya Bar, 1000 sekian Bar.
3. Oli2 zaman skg rata2 bisa utk mesin ber-Turbo, akan lebih baik jika menggunakan oli Semi synth or Full Synth. Perawatan Turbo = see APG.
4. Supercharger biasanya diimplementasikan pada mesin Gasoline, sedang Diesel Turbo semua.
5. Umumnya mesin CRD kendaraan penumpang comply ke Euro 2 or more, jadi user diminta menggunakan BBM yg comply dgn Euro 2 (sulphur max 500 ppm), CN min. 50 dan mengandung additive lengkap & daya lumas baik. (walau CRd low pressure toleran thd BBM kualtas rendah)
5.1 agar kinerja mesin optimal, emission devices awet dan sistem CRD awet. Soal asap tergantung kualitas BBM, kadar sulphur, kandungan additive & kebersihan BBM.
Btw ya :
Pertanyaan banyak banget, sekarang ane mau tanya balik :
1. Apakah ada rencana utk meminang mobil Diesel CRD ?
Kalau iya, mobil apa yg menjadi target ?
2. Kekhawatiran apa bagi mbak bila memiliki mobil Diesel CRD ?
Ditunggu jawabannya.
Jawaban dari saya :
1. Belum ada dlm waktu dekat ini, harganya masih mahal menurut saya. Sekarang masih fokus cari mobil pertama (bekas) harga dibawah 150jt.
2. Kekhawatiran sepertinya ga ada, yang penting saya mau pelajari dulu, begitu saatnya punya udah ga kagok n paling ga saya punya sedikit pengetahuan tentang mesin. jadi ga ditipu orang2 bengkel...hehehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
Nightster Guy wrote:Deskripsi panjang lebar disertain foto (alias: postingan menguras tenaga dan waktu) untuk sementara direply terbatas buat GIRLS ONLY.vote42ner wrote:@om gay: kalo ane yg nanya perbedaan rangka haley dan rangka binter mercy..di jabarin pake gambar2 spt di atas ngak???? hehehehe
Malah gak ngerti beda frame Harley vs Merzy om........ Gak ngerti si Merzy, dan overall gak ngerti soal jenis2 frame motor.
tuuuuhh kan...tuuuhhh kan.....( ane kasih nocan daerah tunjungan deh... )
-
- SM Specialist
- Posts: 22041
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
1. Kijang Innova D4 D th 2004 - 2005 udah dapat dgn budget 150 jt.valentina_oye wrote: 1. Belum ada dlm waktu dekat ini, harganya masih mahal menurut saya. Sekarang masih fokus cari mobil pertama (bekas) harga dibawah 150jt.
2. Kekhawatiran sepertinya ga ada, yang penting saya mau pelajari dulu, begitu saatnya punya udah ga kagok n paling ga saya punya sedikit pengetahuan tentang mesin. jadi ga ditipu orang2 bengkel...hehehe
Utk lebih jelasnya soal Diesel monggo mampir ke : mesin-diesel.dinogroups.com
Di APG juga sering dibahas tentang perawatan Diesel Common Rail.
Yg perlu ane tambahkan di sini :
Konstruksi chassis Steel Ladder vs Monocoque :
1. Kenyamanan saat melewati jalan aspal kasar :
- Steel Ladder
2. Lebih senyap saat melewati aspal kasar / ban sudah mulai aus :
- Steel Ladder
3. Handling
- Monocoque
No 1 dan 2 karena getaran2 dari roda teredam di chassis & nggak langsung diteruskan ke body
Kalo sedan2 mewah berchassis monokok tapi pakai subframe utk suspensi dan dikopel ke body dengan karet besar, maka getaran2 dr roda juga teredam dengan baik.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 503
- Joined: Wed Aug 08, 2012 4:45
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
aduuh klo Innova sama sekali ga minat...klo Kuda Grandia masih lebih suka. Tertariknya ama double cabin n versi SUV-nya atau SUV yang bentuknya agak mengotak...
Kayaknya untuk sekarang lebih milih yang bensin aja sesuai keuangan, mungkin Xtrail atau Terrano, atau mungkin juga sedan2 umum tapi ga terlalu pasaran yang gampang dijual lagi....
Kayaknya untuk sekarang lebih milih yang bensin aja sesuai keuangan, mungkin Xtrail atau Terrano, atau mungkin juga sedan2 umum tapi ga terlalu pasaran yang gampang dijual lagi....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
setauku, banyak pengguna Terrano mengeluhkan borosnya fuel consumption
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- SM Specialist
- Posts: 22041
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
Kalo demen yg agak kotak dan Diesel bisa consider Daihatsu Taft Rocky Independent Diesel 2.8valentina_oye wrote:aduuh klo Innova sama sekali ga minat...klo Kuda Grandia masih lebih suka. Tertariknya ama double cabin n versi SUV-nya atau SUV yang bentuknya agak mengotak...
Kayaknya untuk sekarang lebih milih yang bensin aja sesuai keuangan, mungkin Xtrail atau Terrano, atau mungkin juga sedan2 umum tapi ga terlalu pasaran yang gampang dijual lagi....
Btw sebetulnya Ipah mau didandanin ala SUV juga mudah, ditinggiin sedikit + ban A/T
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
nah, menilik bentuk pantatnya (yg menilik-kan bukan saya siih)...om vote42ner inilah contoh org yg sdemikian sabarrrrrvote42ner wrote:Sabar..sabar..sabar..andy1800 wrote:Ane ikut jelaskan yg ane ngerti aja yaa, yg sesuai dg bidang ane aja. Jd bukan jelasin semuanya....
edit:
walah! ternyata diantara 9 point di atas, ane ga ada yg ngerti sama sekali
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
mba'-mba' dg selera yg agak tidak umumvalentina_oye wrote:aduuh klo Innova sama sekali ga minat...klo Kuda Grandia masih lebih suka. Tertariknya ama double cabin n versi SUV-nya atau SUV yang bentuknya agak mengotak...
Kayaknya untuk sekarang lebih milih yang bensin aja sesuai keuangan, mungkin Xtrail atau Terrano, atau mungkin juga sedan2 umum tapi ga terlalu pasaran yang gampang dijual lagi....
mohon para penyaran memperhatiken hal ini ya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
Berarti, selera mbak'e ini sama dengan saya.andy1800 wrote:mba'-mba' dg selera yg agak tidak umumvalentina_oye wrote:aduuh klo Innova sama sekali ga minat...klo Kuda Grandia masih lebih suka. Tertariknya ama double cabin n versi SUV-nya atau SUV yang bentuknya agak mengotak...
Kayaknya untuk sekarang lebih milih yang bensin aja sesuai keuangan, mungkin Xtrail atau Terrano, atau mungkin juga sedan2 umum tapi ga terlalu pasaran yang gampang dijual lagi....
mohon para penyaran memperhatiken hal ini ya
Innova kalo dilihat dari sisi kita disampingnya dan searah dengan arah moncongnya dan maju dikit.....aku juga ngga suka.. pecothotan..
Sama2 suka bentuk Kuda..! Sama sama suka bentuk yang mengotak.. ada temen nih...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
ehem ehem... ingat anak istri di rumah ya....VanzMatic wrote:Berarti, selera mbak'e ini sama dengan saya.andy1800 wrote:mba'-mba' dg selera yg agak tidak umumvalentina_oye wrote:aduuh klo Innova sama sekali ga minat...klo Kuda Grandia masih lebih suka. Tertariknya ama double cabin n versi SUV-nya atau SUV yang bentuknya agak mengotak...
Kayaknya untuk sekarang lebih milih yang bensin aja sesuai keuangan, mungkin Xtrail atau Terrano, atau mungkin juga sedan2 umum tapi ga terlalu pasaran yang gampang dijual lagi....
mohon para penyaran memperhatiken hal ini ya
Innova kalo dilihat dari sisi kita disampingnya dan searah dengan arah moncongnya dan maju dikit.....aku juga ngga suka.. pecothotan..
Sama2 suka bentuk Kuda..! Sama sama suka bentuk yang mengotak.. ada temen nih...
btw, ane juga demen bentuk Kuda.. apalagi yang versi awal dan facelift 1....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 22041
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
Buat yg demen model agak boxy
Pathie 2.5 dCi, mesin - Powertrain sama ama Navara, sayang model ini bakal diskontinu en gantinya rada "culun" menurut ane
yg udah pasti sih
Yg mesin 2.8 CRD kalo dah meluncur di Tol susah dikejar...................
Atau yg affordable
Yang realistic
Pathie 2.5 dCi, mesin - Powertrain sama ama Navara, sayang model ini bakal diskontinu en gantinya rada "culun" menurut ane
yg udah pasti sih
Yg mesin 2.8 CRD kalo dah meluncur di Tol susah dikejar...................
Atau yg affordable
Yang realistic
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya
Deuuuuuhh ki lurah..tak bilangin ke nyai lurah ya nanti..hehehe