Ttg belkibolang dan rombongan dengan forerider

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

soalnya dia udah dapet 1 mobil bos... sudah bisa dapet 50rb daripada debat susah payah
User avatar
dnz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Wed Jan 31, 2007 3:51

Post by dnz »

wah.. yg rombongan dllajr tuh ati2 d.. ga mo minggir pernah loh gw liat mobil orang d sundul jg... ckckckck
sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50

Post by sukasuka_man »

Gw sih kalo ada rombongan gini.
Minggir aja deh...gw bukan takut di tilang.
Tapi gw takut mobil gw bonyok aja.
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

serba susah kan... duh :x
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Post by gubraks »

bekibolang, menurut kesepakatan umum sesuai dengan pasal peraturan adalah selama tidak ada rambu2/alat pemberi isyarat khusus pengatur belok kiri, maka bekibolang berlaku.
NAMUN, ada yang dilupakan dan tidak dijelaskan dalam hal ini yang sebenarnya menjadi dasar dari aturan lalu lintas yaitu YIELD, give way, yaitu mendahulukan kendaraan yang memiliki prioritas jalan. Pada traffic light, yang memiliki prioritas jalan adalah yang diberikan lampu hijau. Sehingga dalam kasus bekibolang seharusnya memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada kendaraan yang diberikan lampu hijau yang menuju kearah yang sama. Bukan mentang-mentang bekibolang malah menyerobot atau tidak melihat hak kendaraan yang diberikan lampu hijau, sehingga menghambat. Kasus ini sudah umum terjadi.
Penggunaan pengertian yield ini seharusnya juga digunakan pada saat hendak memasuki jalan yang lebih besar…(misalnya keluar dari komplek perumahan). Banyak pengemudi (umumnya kendaraan roda 2 – no offense ya) langsung main nyelonong saja tanpa mengindahkan kendaraan yang memiliki prioritas jalan (yg sedang meluncur di jalan yg lebih besar), asal sudah masuk moncongnya harapannya akan diberi jalan… padahal terdapat resiko bagi yang sedang meluncur tsb. gagal melakukan pengurangan kecepatan/penghentian. Istilahnya lebih mudah menahan rem dibandingkan dengan yang sedang nge-gas terus disuruh nge-rem. Well aturan juga ada logiknya kok.....
Ketentuan mengenai benar salah dalam hal kecelakaan karena kondisi ini pun tidak jelas… pokoknya kalo nabrak ya…salah, dan kalau melibatkan kendaraan roda 2 yang salah adalah mobil… piye toh? :?
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

gubraks wrote: pokoknya kalo nabrak ya…salah, dan kalau melibatkan kendaraan roda 2 yang salah adalah mobil… piye toh? :?
nah ini dia yg bikin kesel.... apalagi biasanya bawa2 kaya-miskin segala... :x
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
Hikoza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1276
Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
Location: Just a second ahead....

Post by Hikoza »

gubraks wrote:Penggunaan pengertian yield ini seharusnya juga digunakan pada saat hendak memasuki jalan yang lebih besar…(misalnya keluar dari komplek perumahan). Banyak pengemudi (umumnya kendaraan roda 2 – no offense ya) langsung main nyelonong saja tanpa mengindahkan kendaraan yang memiliki prioritas jalan (yg sedang meluncur di jalan yg lebih besar), asal sudah masuk moncongnya harapannya akan diberi jalan… padahal terdapat resiko bagi yang sedang meluncur tsb. gagal melakukan pengurangan kecepatan/penghentian.
Gw setuju banget ama yg ini. Kyknya skrg yg bginian udh jd habbit deh... :e-naughty:
Padahal dulu seinget gw, wkt gw msh belajar nyetir boil n bw motor, yg namanya ktemu pertigaan or prapatan hrs berenti dulu, meskipun kita mo belok kiri. Klo skrg? bweeh..., ga prnh lg gw liat org2 kyk bgitu...
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

betul banget. Speda motor paling ngawur kalo masalah mendahulukan orang dilajur yang benar.

Gw udah pernah pengalaman kayak gini, sampe gw bel-bel terus supaya peda motor berenti kasih gw belok. Masih ga ada yang mau berenti, padahal posisi mobil udah 1/2 moncongnya mau masuk ke lajur lain. Tetep aja semua pada nyrobot....
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

gubraks wrote:bekibolang, menurut kesepakatan umum sesuai dengan pasal peraturan adalah selama tidak ada rambu2/alat pemberi isyarat khusus pengatur belok kiri, maka bekibolang berlaku.
NAMUN, ada yang dilupakan dan tidak dijelaskan dalam hal ini yang sebenarnya menjadi dasar dari aturan lalu lintas yaitu YIELD, give way, yaitu mendahulukan kendaraan yang memiliki prioritas jalan. Pada traffic light, yang memiliki prioritas jalan adalah yang diberikan lampu hijau. Sehingga dalam kasus bekibolang seharusnya memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada kendaraan yang diberikan lampu hijau yang menuju kearah yang sama. Bukan mentang-mentang bekibolang malah menyerobot atau tidak melihat hak kendaraan yang diberikan lampu hijau, sehingga menghambat. Kasus ini sudah umum terjadi.
Penggunaan pengertian yield ini seharusnya juga digunakan pada saat hendak memasuki jalan yang lebih besar…(misalnya keluar dari komplek perumahan). Banyak pengemudi (umumnya kendaraan roda 2 – no offense ya) langsung main nyelonong saja tanpa mengindahkan kendaraan yang memiliki prioritas jalan (yg sedang meluncur di jalan yg lebih besar), asal sudah masuk moncongnya harapannya akan diberi jalan… padahal terdapat resiko bagi yang sedang meluncur tsb. gagal melakukan pengurangan kecepatan/penghentian. Istilahnya lebih mudah menahan rem dibandingkan dengan yang sedang nge-gas terus disuruh nge-rem. Well aturan juga ada logiknya kok.....
Ketentuan mengenai benar salah dalam hal kecelakaan karena kondisi ini pun tidak jelas… pokoknya kalo nabrak ya…salah, dan kalau melibatkan kendaraan roda 2 yang salah adalah mobil… piye toh? :?
bener bro...!
gw srg bgt ngeliat kejadian kek gini pa' lg kl kebetulan berjejer ama angkot... ato ama mobil2 yg lg ngejar waktu...

mrk kadang nekat ngejulurin moncong mobilnya agar mobil yg disampingnya berhenti agar dia bs nyelonong keluar dr parkiran atau dr jalur laennya... hikss...
kl gini mah bawaannya hrs ngelus dada doank...!!

biasanya yg srg kejebak beginian kl gak hafal ama rute yg mo dilaluin..
kl udah tau jalur rawan macet di sebelah kiri biasanya gw dr jauh2 udah ngambil jalur yg kanan buat jaga2 doank... :)

tp anehnya, polisi terkadang ngatur lalu lintasnya setelah titik macetnya..
bukannya sebelum titik macet buat ngasih sign kepengemudi laennya agar hati2... hikss...!!
keliatan bgt nih niat polisi yg kek gini..! :(
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

blindzero wrote:betul banget. Speda motor paling ngawur kalo masalah mendahulukan orang dilajur yang benar.

Gw udah pernah pengalaman kayak gini, sampe gw bel-bel terus supaya peda motor berenti kasih gw belok. Masih ga ada yang mau berenti, padahal posisi mobil udah 1/2 moncongnya mau masuk ke lajur lain. Tetep aja semua pada nyrobot....
kl yg ini kdg serba salah bro... :D
tp ada aja yg bengal gak punya perasaan emoh ngasih kesempatan ke pengguna jalan laennya.. :(
kl motor yg lg beriringan mo masuk jalur, bl dlm kondisi lg rame bgt... biasanya gak ada yg berani berenti kl dibelakangnya lg rame nunggu giliran buat masuk ke jalur yg baru... hehehehe....!!!
ini mah cuman ngarapin kebesaran hati dr pengendara motor... :D
kdg sebel jg kl gak ada pak ogah ato pak polisi buat ngaturin yg spt ini.. hehehehe... :D:D:P
Last edited by riofhaloho on Mon May 21, 2007 10:59, edited 1 time in total.
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

€lj€p€ wrote:Hari Sabtu itu hari libur resmi atau bukan ya ????
Hari Sabtu tgl.19 Mei kemarin.. gue ditangkap polisi didepan Kedubes Inggris. Gue mau kegereja di Jalan Theresia dari arah Kebayoran. Di bunderan HI, arah yang ke Jalan Gresik ditutup. Karena gue pikir hari Sabtu itu libur, gue masuk ke Imam Bonjol... waktu itu memang ada APV yang diberhentikan oleh Polisi. Engga tahunya polisi nyuruh gue minggir juga.... Kelihatannya si APV ngotot mau debat soal hari Sabtu itu hari libur. Karena gue buru-2.... polisi nya gue sebut namanya terus gue ajak ngomong bahasa Jawa aja... bilang mau kegereja..... wah dia jadi sopan banget.. cuma tanya kegereja mana terus nyuruh gue jalan lagi hehehheeee.. ternyata SARA ada baiknya juga ya.....
wakakakak...
gak konsen donk om saat kebaktiannya... :)
tp kl udah minta maaf ama pak polisinya sih, fair2 aj toh... :D
btw, depoknya dmn nih?
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

riofhaloho wrote: btw, depoknya dmn nih?
bisa search di google earth dengan koordinat yang saya kasih di signature...
atau ke pesona khayangan ajah.... blok CK... kenapa... tinggal di Depok juga ?????
Dari Solo ke Oslo
Image
Donjaw
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Mon Mar 26, 2007 5:10
Location: Jakarta

Post by Donjaw »

StRaDe_Jazz wrote:bro Donjaw, gw tanya dong, sekarang gak boleh belok kiri langsung lagi ya?
tadi baru aja gw ketemu polisi kampr3t yg nongkrong di persimpangan ancol, katanya kagak boleh n bilangnya yg mengatur adalah pasal 61!!! aduh, pengen ketawa gw dibuatnya, n feeling gw sih mereka pada polisi gadungan, keliatan dari gak lengkapnya atribut mereka, terutama "nama" mereka di rompi.
mohon penjelasannya, gw bener2 kesel tadi n berhubung gw uda males ngeladenin mereka yg mulai nyolot, gw terpaksa kasih lembaran ijo. n gw gak mau ada lagi sehelai kertaspun pindah dari dompet gw ke kantong mereka.
Sorry bro, lama gak ol nih krn sibuk...

Kalo diasumsikan mereka polisi beneran (bukan polisi gadungan), seperti halnya polisi2 lainnya, yang jadi pegangan cuma UU no. 14 tahun 1992. Mereka gak pernah menggunakan (jangan2 bahkan mereka gak tau atau gak baca) PP no. 43 itu.. Padahal soal belkibolang diaturnya di PP 43.
Setahu gw, pasal 61 UU no. 14/1992 cuma mengatur tentang pelanggaran lampu merah secara umum. So, pasal itu yang sering dipake utk "ngerjain" pengemudi..
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

€lj€p€ wrote:
riofhaloho wrote: btw, depoknya dmn nih?
bisa search di google earth dengan koordinat yang saya kasih di signature...
atau ke pesona khayangan ajah.... blok CK... kenapa... tinggal di Depok juga ?????
waduhh... gw jg lupa ama thread ini... :(
maafin bro kelamaan ngebalesnya... hehehe...

yups, gw sempet tinggal di pesona depok blok A
pinginnya sih mampir, kan sering lewat p/p ke jakarta sekalian makan gratis... ckckckckck :D:D

tp gw udah pindah ke rawamangun... :D
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

Donjaw wrote:
StRaDe_Jazz wrote:bro Donjaw, gw tanya dong, sekarang gak boleh belok kiri langsung lagi ya?
tadi baru aja gw ketemu polisi kampr3t yg nongkrong di persimpangan ancol, katanya kagak boleh n bilangnya yg mengatur adalah pasal 61!!! aduh, pengen ketawa gw dibuatnya, n feeling gw sih mereka pada polisi gadungan, keliatan dari gak lengkapnya atribut mereka, terutama "nama" mereka di rompi.
mohon penjelasannya, gw bener2 kesel tadi n berhubung gw uda males ngeladenin mereka yg mulai nyolot, gw terpaksa kasih lembaran ijo. n gw gak mau ada lagi sehelai kertaspun pindah dari dompet gw ke kantong mereka.
Sorry bro, lama gak ol nih krn sibuk...

Kalo diasumsikan mereka polisi beneran (bukan polisi gadungan), seperti halnya polisi2 lainnya, yang jadi pegangan cuma UU no. 14 tahun 1992. Mereka gak pernah menggunakan (jangan2 bahkan mereka gak tau atau gak baca) PP no. 43 itu.. Padahal soal belkibolang diaturnya di PP 43.
Setahu gw, pasal 61 UU no. 14/1992 cuma mengatur tentang pelanggaran lampu merah secara umum. So, pasal itu yang sering dipake utk "ngerjain" pengemudi..
cih, beneran deh gw dimanfaatin :mad:
tp belakangan ini gw liat lampu2 belokan banyak yg dikasih tanda panah loh bro, emang uda diganti ya peraturannya?
tauk ah gelap...
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D