Tips Mengendari Mobil Matic

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

temy
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Apr 18, 2007 0:36

Tips Mengendari Mobil Matic

Post by temy »

Salam kenal sebelumnya.

Mohon bantuan dari teman-2 sekalian untuk share tips mengendari mobil matic, misal :

1. Bila jalan ditanjakan dlm kondisi padat
2. Bila jalan menurun
3. Bila menyalip
4. dll.....

Sebelumnya terima kasih untuk ilmu yg udah di share. thanks.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

1. Bila lagi jalan ditanjakan, Posisi tuas di L saja atau ada mobil juga 1 pokoknya fungsinya sama untuk menjaga gigi tidak naik turun dan hanya berada pada gigi 1. Kalau macat sebentar ya tetap di L dan pijak rem tarik tuas rem tangan. Kalau macat lama di tanjakan boleh di N deh mendingan di L saja soalnya untuk membantu supaya mobil tidak merosot ke bawah

2. Bila jalan menurun ya posisi tuas di 2 saja. Supaya menjaga gigi hanya di 1 dan 2, Biasa kalo digigi 3 mobil akan merosot tajam dan suit dikontrol waktu menurun.

3. BIla menyalip, kalo A/Tnya ada O/D. Shift ke D lalu Aktifkan O/D lalu kick down. Meisn akan bermain pada RPM yang tinggi baru otomatis ganti gigi.

4. Lagi macat2 parah di kota, mendingan tuas pada posisi N saja. Supaya ga usah pijak rem dan kampas rem bertahan lama. Kalo macatnya bentar saja mendingan tetap di posisi D.

5. Rajin2 ganti oli transmisi. Biasanya tiap 5000km dan usahakan susuai dengan kadar oli yang disarankan pabrik.

6. Lagi parkir pararel posisi tuas di N saja. Kalo misalnya mobil A/T dengan lock, jangan parkir pararel ntar tukang parkir tidak bisa dorong.
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Post by Midi_Amp »

Bos, untuk poin 1 dan 2, beberapa transmisi matic modern seperti Honda dan Toyota punya mekanisme untuk mendeteksi mobil sedang menanjak atau turun, jadi gigi ditahan pada rasio yang ideal tergantung beban mesin. Di Honda namanya GLC (Grade Logic Control), Toyota juga punya untuk kelas Yaris keatas (gak tau Rush). Stream gw kalo ke puncak gak pernah pindah posisi dari D, mau nanjak atau turun. Tapi untuk model lain, coba ditanyakan dahulu dengan salesnya... Kalau bisa jawab.

Untuk menyalip dengan matic konvensional agak sulit. Respon kickdown matic kadang gak secepat ekspektasi dan kesempatan untuk menyalip. Cara yang paling efektif, kita harus kenal karakteristik mobil matic dahulu, seberapa cepat kickdown pada kecepatan tertentu dan seberapa cepat akselerasinya. Kalau gw liat kiri atau kanan (tergantung mau nyalip dari mana) bejek gas (kickdown) terus ketika putaran mesin naik dan gigi terasa berpindah baru putar setir... Bahaya sih, udah lah gak usah nyalip pake matic, santai aja.

Sisanya seperti bos Winata bilang.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Bos, untuk poin 1 dan 2, beberapa transmisi matic modern seperti Honda dan Toyota punya mekanisme untuk mendeteksi mobil sedang menanjak atau turun, jadi gigi ditahan pada rasio yang ideal tergantung beban mesin. Di Honda namanya GLC (Grade Logic Control), Toyota juga punya untuk kelas Yaris keatas (gak tau Rush). Stream gw kalo ke puncak gak pernah pindah posisi dari D, mau nanjak atau turun. Tapi untuk model lain, coba ditanyakan dahulu dengan salesnya... Kalau bisa jawab.
Biarpun uda ada teknologi tersebut gw tetapi di L aja biar aman atau setidaknya 2. Soalnya kadang2 kita tidak tahu apa itu matic modern atau tidak. Gw pernah pake carnival di posisi D waktu tanjakan, tiba2 kok bisa pindah ke gigi 3 dan tarikannya jadi lambat dan ga bisa naik malah mau merosot gitu. Amannya ya gigi L atau 2 aja
Untuk menyalip dengan matic konvensional agak sulit. Respon kickdown matic kadang gak secepat ekspektasi dan kesempatan untuk menyalip. Cara yang paling efektif, kita harus kenal karakteristik mobil matic dahulu, seberapa cepat kickdown pada kecepatan tertentu dan seberapa cepat akselerasinya. Kalau gw liat kiri atau kanan (tergantung mau nyalip dari mana) bejek gas (kickdown) terus ketika putaran mesin naik dan gigi terasa berpindah baru putar setir... Bahaya sih, udah lah gak usah nyalip pake matic, santai aja.
Makanya pake O/D atau HOLD. BIsa menjaga RPM tinggi kalau lagi kickdown so bisa nyalip kok. Gw pernah pake carniival HOLD juga nyalip2 terus. Soalnya waktu kickdown transimis akan turun 1 grade. Misalnya kita lagi jalan lagi gigi 3. Kalo kick down komputer akan membaca kita akan menyalip lalu gigi jadi langsung jadi 2 lalu rpm jadi tinggi ke 5000 baru ganti gigi 3.

[/quote]
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

gw tambahin satu, high-speed cornering matic:
gas sambil kaki kiri slight braking
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
Naruto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat May 07, 2005 18:15
Location: Sby

Post by Naruto »

StRaDe_Jazz wrote:gw tambahin satu, high-speed cornering matic:
gas sambil kaki kiri slight braking
Bahaya banget nih. Apalagy kalo kebiasaan bawa manual. Jadi malah hard braking.
Tidak dianjuarkan buat pemula :wink:
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

yup, benar, tidak dianjurkan buat pemula... :D
buat yg manual aja musti latihan intensif kaki kiri loh :)
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

iya ntar malah dikira kopling
Image
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Re: Tips Mengendari Mobil Matic

Post by WP »

temy wrote:Salam kenal sebelumnya.

Mohon bantuan dari teman-2 sekalian untuk share tips mengendari mobil matic, misal :

1. Bila jalan ditanjakan dlm kondisi padat
2. Bila jalan menurun
3. Bila menyalip
4. dll.....

Sebelumnya terima kasih untuk ilmu yg udah di share. thanks.
Mungkin gw bisa sedikit bantu...

1. Bila jalan dalam konsisi padat, kalo masih jalan biarin aja di D, tapi ga usah digas, kalo udah agak macet, tahan rem aja, kalo macetnya lama pindahin ke N dan jangan ke P. Begitu juga kalo di lampu merah.

2. Bila jalan menurun, kalo ingin mengurangi/menahan laju mobil, pindahin dari D ke S/D3/2 (tergantung apa mobilnya), kalo masih kurang pindahin lagi ke bawahnya, L atau 1 atau posisi dibawahnya, sekali lagi tergantung mobil.

3. Bila ingin menyalip, biuat matik konvensional, gunakan aja kickdown, yaitu hentak pedal gas. Bisa juga pindahin ke S atau D3 atau 2 (mengurangi gigi). Di Matik yg dilengkapi Steptronic (atau Multitronic atau Tiptronic atau apapun lah namanya, tergantung merek), gunakan mode manual, caranya pindahkan dari D ke mode manual lalu tekan ke arah tanda (-), untuk mengurangi gigi.

4. Untuk lain2 mungkin soal perawatan yaa, pokoknya jangan lalai mengganti oli transmisi yg direkomendasikan jenisnya dan jangan terlalu percaya buku manual, gantilah dengan frekuensi lebih cepat dari yang direkomendasi buku manual.

Lain2 adalah jangan lupa untuk mempertahankan konsisi accu, karena accu penting sekali. Kalo udah kenapa2 kan matic ga bisa didorong buat nyalain mesin.

Untuk diparkir paralel, jangan gunakan P, tapi di N, dan jangan lupa di shift lock release (kalo ada)

Gitu aja semoga membantu...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Re: Tips Mengendari Mobil Matic

Post by ween »

WP wrote: Lain2 adalah jangan lupa untuk mempertahankan konsisi accu, karena accu penting sekali. Kalo udah kenapa2 kan matic ga bisa didorong buat nyalain mesin.
betul sekali, saya pakai mobil matic dari zaman cressida taun '88,sampe sekarang mobil sekeluarga besar matic semua, pokoknya yang paling penting, selalu sedia jumper aki di bagasi.....kalau perlu sedia aki kosong dan zuurnya di botol terpisah.karena kadang2 aki bisa soak tanpa ada tanda2 sebelumnya. jadi begitu aki soak, tinggal isi H2SO4 aki baru, tunggu bereaksi trus tinggal pasang, selesailah masalah tanpa panik.

kalo masalah rewel, kayaknya selama punya mobil matic, ga pernah rewel tuh.....asal jangan pernah lupa ganti olinya .
mobil matic yg pernah gue piara:
cressida'88, corona absolute '93, Carnival gasoline '00, corolla allnew 1.8 '00, baleno 1.5 '01, X-trail XT '04, odyssey '06. semuanya ga pernah ada masalah di transmisi.
D-SOUL
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 360
Joined: Sun Feb 25, 2007 9:53

Post by D-SOUL »

satu hal penting lagi jangan pernah ngira karena kaki kiri luang ntar kaki kiri di pake buat braking, dan kaki kanan dipake untuk gas. jangaaaan gua udah pengalaman buruk ada orang yang bawa pake cara begitu dan hasilnya tiap kali rem hard brake teruss.
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Midi_Amp wrote: ......
Untuk menyalip dengan matic konvensional agak sulit. Respon kickdown matic kadang gak secepat ekspektasi dan kesempatan untuk menyalip. Cara yang paling efektif, kita harus kenal karakteristik mobil matic dahulu, seberapa cepat kickdown pada kecepatan tertentu dan seberapa cepat akselerasinya. Kalau gw liat kiri atau kanan (tergantung mau nyalip dari mana) bejek gas (kickdown) terus ketika putaran mesin naik dan gigi terasa berpindah baru putar setir... Bahaya sih, udah lah gak usah nyalip pake matic, santai aja.
.........
Bener nih....
mobil Matic urusan salip menyalip gak se asik kalo bawa mobil manual,
mangkanya gw demen mobil manual.

Btw, memang sebaiknya pake mobil matic tuh utk nyantai2, bukan salip2-an...
Image
D-SOUL
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 360
Joined: Sun Feb 25, 2007 9:53

Post by D-SOUL »

matic emang di desain untuk nyantai sich ya. tapi kalo udah ada semi manual bisa untuk cepet juga kok.
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Emang sih, kalo ada Steptronic/Tiptronic jadi lumayan responsif...
Image
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

kalo DSG nya VW gimana? :D
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Mike wrote:Emang sih, kalo ada Steptronic/Tiptronic jadi lumayan responsif...
Tapi tetap aja buat beberapa mobil, masih ada jeda
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Jadi mendingan manual kan?
Image
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

tergantung kondisi jalan deh...

kalo sering2 kena macet yaa enakan matic donk!
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Macet2 sih enaknya pake Supirr...
Image
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

yg gak enak supirnyaa... :P
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

pake supir=ga bebas
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Waaa.........
emang mo ngapain di mobil?
Image
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

yaa macem2...hahaha....mobil gw udah kaya kamar kedua
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Macem2-nya ama cewek kan?
(bukan ama cowok)
Image
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

hoh, di jazz nya WP ada bantal ama matras gitu? gw kemaren hari mo naro matras juga sih di boil, tapi gak jadi :D
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D