Tips Mengendari Mobil Matic
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Apr 18, 2007 0:36
Tips Mengendari Mobil Matic
Salam kenal sebelumnya.
Mohon bantuan dari teman-2 sekalian untuk share tips mengendari mobil matic, misal :
1. Bila jalan ditanjakan dlm kondisi padat
2. Bila jalan menurun
3. Bila menyalip
4. dll.....
Sebelumnya terima kasih untuk ilmu yg udah di share. thanks.
Mohon bantuan dari teman-2 sekalian untuk share tips mengendari mobil matic, misal :
1. Bila jalan ditanjakan dlm kondisi padat
2. Bila jalan menurun
3. Bila menyalip
4. dll.....
Sebelumnya terima kasih untuk ilmu yg udah di share. thanks.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
1. Bila lagi jalan ditanjakan, Posisi tuas di L saja atau ada mobil juga 1 pokoknya fungsinya sama untuk menjaga gigi tidak naik turun dan hanya berada pada gigi 1. Kalau macat sebentar ya tetap di L dan pijak rem tarik tuas rem tangan. Kalau macat lama di tanjakan boleh di N deh mendingan di L saja soalnya untuk membantu supaya mobil tidak merosot ke bawah
2. Bila jalan menurun ya posisi tuas di 2 saja. Supaya menjaga gigi hanya di 1 dan 2, Biasa kalo digigi 3 mobil akan merosot tajam dan suit dikontrol waktu menurun.
3. BIla menyalip, kalo A/Tnya ada O/D. Shift ke D lalu Aktifkan O/D lalu kick down. Meisn akan bermain pada RPM yang tinggi baru otomatis ganti gigi.
4. Lagi macat2 parah di kota, mendingan tuas pada posisi N saja. Supaya ga usah pijak rem dan kampas rem bertahan lama. Kalo macatnya bentar saja mendingan tetap di posisi D.
5. Rajin2 ganti oli transmisi. Biasanya tiap 5000km dan usahakan susuai dengan kadar oli yang disarankan pabrik.
6. Lagi parkir pararel posisi tuas di N saja. Kalo misalnya mobil A/T dengan lock, jangan parkir pararel ntar tukang parkir tidak bisa dorong.
2. Bila jalan menurun ya posisi tuas di 2 saja. Supaya menjaga gigi hanya di 1 dan 2, Biasa kalo digigi 3 mobil akan merosot tajam dan suit dikontrol waktu menurun.
3. BIla menyalip, kalo A/Tnya ada O/D. Shift ke D lalu Aktifkan O/D lalu kick down. Meisn akan bermain pada RPM yang tinggi baru otomatis ganti gigi.
4. Lagi macat2 parah di kota, mendingan tuas pada posisi N saja. Supaya ga usah pijak rem dan kampas rem bertahan lama. Kalo macatnya bentar saja mendingan tetap di posisi D.
5. Rajin2 ganti oli transmisi. Biasanya tiap 5000km dan usahakan susuai dengan kadar oli yang disarankan pabrik.
6. Lagi parkir pararel posisi tuas di N saja. Kalo misalnya mobil A/T dengan lock, jangan parkir pararel ntar tukang parkir tidak bisa dorong.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Bos, untuk poin 1 dan 2, beberapa transmisi matic modern seperti Honda dan Toyota punya mekanisme untuk mendeteksi mobil sedang menanjak atau turun, jadi gigi ditahan pada rasio yang ideal tergantung beban mesin. Di Honda namanya GLC (Grade Logic Control), Toyota juga punya untuk kelas Yaris keatas (gak tau Rush). Stream gw kalo ke puncak gak pernah pindah posisi dari D, mau nanjak atau turun. Tapi untuk model lain, coba ditanyakan dahulu dengan salesnya... Kalau bisa jawab.
Untuk menyalip dengan matic konvensional agak sulit. Respon kickdown matic kadang gak secepat ekspektasi dan kesempatan untuk menyalip. Cara yang paling efektif, kita harus kenal karakteristik mobil matic dahulu, seberapa cepat kickdown pada kecepatan tertentu dan seberapa cepat akselerasinya. Kalau gw liat kiri atau kanan (tergantung mau nyalip dari mana) bejek gas (kickdown) terus ketika putaran mesin naik dan gigi terasa berpindah baru putar setir... Bahaya sih, udah lah gak usah nyalip pake matic, santai aja.
Sisanya seperti bos Winata bilang.
Untuk menyalip dengan matic konvensional agak sulit. Respon kickdown matic kadang gak secepat ekspektasi dan kesempatan untuk menyalip. Cara yang paling efektif, kita harus kenal karakteristik mobil matic dahulu, seberapa cepat kickdown pada kecepatan tertentu dan seberapa cepat akselerasinya. Kalau gw liat kiri atau kanan (tergantung mau nyalip dari mana) bejek gas (kickdown) terus ketika putaran mesin naik dan gigi terasa berpindah baru putar setir... Bahaya sih, udah lah gak usah nyalip pake matic, santai aja.
Sisanya seperti bos Winata bilang.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
Biarpun uda ada teknologi tersebut gw tetapi di L aja biar aman atau setidaknya 2. Soalnya kadang2 kita tidak tahu apa itu matic modern atau tidak. Gw pernah pake carnival di posisi D waktu tanjakan, tiba2 kok bisa pindah ke gigi 3 dan tarikannya jadi lambat dan ga bisa naik malah mau merosot gitu. Amannya ya gigi L atau 2 ajaBos, untuk poin 1 dan 2, beberapa transmisi matic modern seperti Honda dan Toyota punya mekanisme untuk mendeteksi mobil sedang menanjak atau turun, jadi gigi ditahan pada rasio yang ideal tergantung beban mesin. Di Honda namanya GLC (Grade Logic Control), Toyota juga punya untuk kelas Yaris keatas (gak tau Rush). Stream gw kalo ke puncak gak pernah pindah posisi dari D, mau nanjak atau turun. Tapi untuk model lain, coba ditanyakan dahulu dengan salesnya... Kalau bisa jawab.
Makanya pake O/D atau HOLD. BIsa menjaga RPM tinggi kalau lagi kickdown so bisa nyalip kok. Gw pernah pake carniival HOLD juga nyalip2 terus. Soalnya waktu kickdown transimis akan turun 1 grade. Misalnya kita lagi jalan lagi gigi 3. Kalo kick down komputer akan membaca kita akan menyalip lalu gigi jadi langsung jadi 2 lalu rpm jadi tinggi ke 5000 baru ganti gigi 3.Untuk menyalip dengan matic konvensional agak sulit. Respon kickdown matic kadang gak secepat ekspektasi dan kesempatan untuk menyalip. Cara yang paling efektif, kita harus kenal karakteristik mobil matic dahulu, seberapa cepat kickdown pada kecepatan tertentu dan seberapa cepat akselerasinya. Kalau gw liat kiri atau kanan (tergantung mau nyalip dari mana) bejek gas (kickdown) terus ketika putaran mesin naik dan gigi terasa berpindah baru putar setir... Bahaya sih, udah lah gak usah nyalip pake matic, santai aja.
[/quote]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
gw tambahin satu, high-speed cornering matic:
gas sambil kaki kiri slight braking
gas sambil kaki kiri slight braking
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 274
- Joined: Sat May 07, 2005 18:15
- Location: Sby
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
yup, benar, tidak dianjurkan buat pemula... 
buat yg manual aja musti latihan intensif kaki kiri loh

buat yg manual aja musti latihan intensif kaki kiri loh

Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Re: Tips Mengendari Mobil Matic
Mungkin gw bisa sedikit bantu...temy wrote:Salam kenal sebelumnya.
Mohon bantuan dari teman-2 sekalian untuk share tips mengendari mobil matic, misal :
1. Bila jalan ditanjakan dlm kondisi padat
2. Bila jalan menurun
3. Bila menyalip
4. dll.....
Sebelumnya terima kasih untuk ilmu yg udah di share. thanks.
1. Bila jalan dalam konsisi padat, kalo masih jalan biarin aja di D, tapi ga usah digas, kalo udah agak macet, tahan rem aja, kalo macetnya lama pindahin ke N dan jangan ke P. Begitu juga kalo di lampu merah.
2. Bila jalan menurun, kalo ingin mengurangi/menahan laju mobil, pindahin dari D ke S/D3/2 (tergantung apa mobilnya), kalo masih kurang pindahin lagi ke bawahnya, L atau 1 atau posisi dibawahnya, sekali lagi tergantung mobil.
3. Bila ingin menyalip, biuat matik konvensional, gunakan aja kickdown, yaitu hentak pedal gas. Bisa juga pindahin ke S atau D3 atau 2 (mengurangi gigi). Di Matik yg dilengkapi Steptronic (atau Multitronic atau Tiptronic atau apapun lah namanya, tergantung merek), gunakan mode manual, caranya pindahkan dari D ke mode manual lalu tekan ke arah tanda (-), untuk mengurangi gigi.
4. Untuk lain2 mungkin soal perawatan yaa, pokoknya jangan lalai mengganti oli transmisi yg direkomendasikan jenisnya dan jangan terlalu percaya buku manual, gantilah dengan frekuensi lebih cepat dari yang direkomendasi buku manual.
Lain2 adalah jangan lupa untuk mempertahankan konsisi accu, karena accu penting sekali. Kalo udah kenapa2 kan matic ga bisa didorong buat nyalain mesin.
Untuk diparkir paralel, jangan gunakan P, tapi di N, dan jangan lupa di shift lock release (kalo ada)
Gitu aja semoga membantu...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
Re: Tips Mengendari Mobil Matic
betul sekali, saya pakai mobil matic dari zaman cressida taun '88,sampe sekarang mobil sekeluarga besar matic semua, pokoknya yang paling penting, selalu sedia jumper aki di bagasi.....kalau perlu sedia aki kosong dan zuurnya di botol terpisah.karena kadang2 aki bisa soak tanpa ada tanda2 sebelumnya. jadi begitu aki soak, tinggal isi H2SO4 aki baru, tunggu bereaksi trus tinggal pasang, selesailah masalah tanpa panik.WP wrote: Lain2 adalah jangan lupa untuk mempertahankan konsisi accu, karena accu penting sekali. Kalo udah kenapa2 kan matic ga bisa didorong buat nyalain mesin.
kalo masalah rewel, kayaknya selama punya mobil matic, ga pernah rewel tuh.....asal jangan pernah lupa ganti olinya .
mobil matic yg pernah gue piara:
cressida'88, corona absolute '93, Carnival gasoline '00, corolla allnew 1.8 '00, baleno 1.5 '01, X-trail XT '04, odyssey '06. semuanya ga pernah ada masalah di transmisi.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 360
- Joined: Sun Feb 25, 2007 9:53
satu hal penting lagi jangan pernah ngira karena kaki kiri luang ntar kaki kiri di pake buat braking, dan kaki kanan dipake untuk gas. jangaaaan gua udah pengalaman buruk ada orang yang bawa pake cara begitu dan hasilnya tiap kali rem hard brake teruss.
learn about LSD
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=5520
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=5520
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
Bener nih....Midi_Amp wrote: ......
Untuk menyalip dengan matic konvensional agak sulit. Respon kickdown matic kadang gak secepat ekspektasi dan kesempatan untuk menyalip. Cara yang paling efektif, kita harus kenal karakteristik mobil matic dahulu, seberapa cepat kickdown pada kecepatan tertentu dan seberapa cepat akselerasinya. Kalau gw liat kiri atau kanan (tergantung mau nyalip dari mana) bejek gas (kickdown) terus ketika putaran mesin naik dan gigi terasa berpindah baru putar setir... Bahaya sih, udah lah gak usah nyalip pake matic, santai aja.
.........
mobil Matic urusan salip menyalip gak se asik kalo bawa mobil manual,
mangkanya gw demen mobil manual.
Btw, memang sebaiknya pake mobil matic tuh utk nyantai2, bukan salip2-an...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 360
- Joined: Sun Feb 25, 2007 9:53
matic emang di desain untuk nyantai sich ya. tapi kalo udah ada semi manual bisa untuk cepet juga kok.
learn about LSD
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=5520
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=5520
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
kalo DSG nya VW gimana? 

Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
yg gak enak supirnyaa... 

Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
hoh, di jazz nya WP ada bantal ama matras gitu? gw kemaren hari mo naro matras juga sih di boil, tapi gak jadi 

Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
