Ijinkan saya mereview sebuah estate dari volvo, yaitu volvo V70 T4 inscription yang kebetulan saya sewa pas jalan2 ke eropa, sebenernya saya apply sewa jaguar XE, cuma karna bagasi lumayan banyak, maka nambah euro lagi tuker ke V70.



Volvo V70 yang saya sewa adalah generasi ketiga, T4 adalah kode untuk mesin bensin, di amsterdam kalau saya googling tersedia 3 type D3 dan D4 untuk mesin diesel, T4 untuk mesin bensin, sialnya saya dapetnya yang bensin, dimana harga bensin lebih mahal di eropa daripada solar.
Oke, masukkan kunci ke slot di bawah tombol start stop, injek rem dan pencet tombolnya...grunggg, speedometer tft langsung menyala, lampu depan hid otomatis menyala (regulasi di eropa, semua mobil harus nyalakan lampu depan/drl CMIIW), maka posisi switch lampu selalu di auto, penyesuaian bentar karna dari setir kanan pindah ke setir kiri, panjang body yang hampir 5m, makin tambah susah nyetir ini mobil di hari pertama.
Kalo penumpang tidak pakai seatbelt, terpampang jelas di speedometer, siapa yg tidak pakai, ditandai dengan warna merah.

Posisi nyetir lumayan enak, jok elektrik driver dan passenger (naik turun, maju mundur dan bagian tulang punggung bisa dimajuin), ga susah menemukan posisi pas menyetir untuk saya (tinggi 168cm).
Center console menganut sistem floating (kalo ga salah namanya volvo sensus console) dimana kita bisa mengatur ac, navigasi, music, radio, dan pengaturan mobil dll. Menurut saya, center console ini agak membingungkan, ga user friendly pada awalnya.

Di center console ini kita bisa mengatur navigasi, ac dual zone, tombol numerik untuk telpon (tidak saya coba), media, dan settingan mobil. Settingan mobil hampir semuanya bisa kita setting disini, mulai dari door lock, spion driver atau passenger yg nunduk kebawah sendiri kalo masuk R, auto bending light, tyre pressure, satuan konsumsi bahan bakar, city safe (rem sendiri kalo terlalu dekat dengan mobil depan), dan lain sebagainya


Styling body menurut saya cukup keren tapi konservatif ala volvo. Di netherland, mobil ini banyak yang pake, entah kenapa di german dan italy ga pernah keliatan sama sekali hahahaha.
Beberapa hari bawa, akhirnya saya terbiasa bawa mobil ini, pengendalian menurut saya enak, cuma mesin kurang responsif menurut saya, padahal di atas kertas speknya lumayan menjanjikan, 190Hp dan torsi 300Nm dari mesin 2000cc turbo, torsi 300Nm kurang 'nendang', karakter mesinnya linear dari putaran bawah sampe atas, remnya juga kurang 'menggigit', entah memang karakternya seperti ini, atau karna mobil ini rental.


Dimensinya bikin susah banget amit2 kalo masuk gedung parkir di Eropa, di indo kita dimanjakan ama ramp yang gede2, disini? Byuh..nightmare, ditambah mobil ini belom ada rear cam, hanya sensor sekeliling body. Herannya kalo ketemu bule bawa s class parkirnya juga nyantai aja...hahaha..masalah kebiasaan kali ya.
Konsumsi bensin dalkot saya ga perhatikan, karna stress pas nyetir dalkot. Hahahaha... Kalo lukot bisa 16km/l an. Di tol konstan 110-130km/h pakai cruise control, disini saya baru merasa gunanya cruise control. Oh ya, kapasitas tangkinya 70liter..cocok buat yang suka jalan2/ road trip luar kota.
Mobil ini fiturnya termasuk berlimpah...ac dual zone, cruise control, heated seat, auto lamp, bending lamp (lampu belok mengikuti setir), navigasi (navigasi ini keren, bisa beritahu kalau ada speedcam di depan, tapi ini ilegal di Paris), spion tengah auto dimming, auto start stop yg menurut saya pintar, dia langsung mati kalo kita brenti, ga nyala kalo kita pindah gear, nyala kalo kita lepas rem, dan kalau macet, dia cuma mati awal2 saja, setelahnya stationer.
Pas lagi macet di swiss, saya iseng2 mainin tombol di tuas lampu...geser-geser, nemu menu themes, setelah dipencet ternyata ganti tampilan speedometer..aha, kebetulan udah bosan ama yg biasa, ganti deh ke yg performance..tampilannya mirip mazda 2 punya, dan menurut saya paduan warnanya keren. Pilihan default adalah elegance, satunya eco. Info yang ditampilkan pun berbeda2 antar interface, silahkan mengacu ke gambar.



Rute perjalanan : amsterdam - zelhem - koln - munich - verona - roma - venice - milan - switzerland - paris - netherland
Total kilometer : kurleb 4000an km selama 2 minggu
Conclusion : mobil ini menawarkan paket yang menarik dari sebuah estate, bagasi luas, fitur terkini, dan mewah tentu saja, jika ada pilihan mesin diesel, tentu saya ambil yg diesel 181hp, 420Nm
Harga mobil ini €29.995 atau sekitar 600jtan, kayanya ga masuk indonesia ya?
Sekian review dari saya, kalo ada yang mau menambahkan silahkan
Grazie !




