Ane yg belum pernah naik tuh boil legendaris...

Apa gegara grounding yak?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
hmmm...apakah maksudnya ban tubeless ?.... klo iya, ane cuma tau yg di jakarta....deket daerah kebon jeruk, jakarta barat.....kompresorz wrote:kalo ban masih tebal robeknya sudah agak lebar/bekas tambalan bocor lg emang ada yg tip top/tambal dr dalam model paku payung...saya pernah 1x 50ribu (thn 2009)..awet
tapi ada lg pernah robek samping di tambal ky semacam karet ban ditempel bakar 1x75ribu(thn 2002)...gak lama saya ganti bannya krn ada yg kasih tau kalo samping harus ganti..
pak sjam.....ane nanya kok ga dijawab yaaaaa?doq wrote:![]()
heh!!! siapa neh yg ga mo dateng tar 12 juli????
trim pak samsul..ya tubeles pak...klo tip top di toko ban ww..n 1 lg tambal samping lupa tokonya...tapi lokasi ke 2 toko di gunung sahari jakpus...sjamsul wrote:hmmm...apakah maksudnya ban tubeless ?.... klo iya, ane cuma tau yg di jakarta....deket daerah kebon jeruk, jakarta barat.....kompresorz wrote:kalo ban masih tebal robeknya sudah agak lebar/bekas tambalan bocor lg emang ada yg tip top/tambal dr dalam model paku payung...saya pernah 1x 50ribu (thn 2009)..awet
tapi ada lg pernah robek samping di tambal ky semacam karet ban ditempel bakar 1x75ribu(thn 2002)...gak lama saya ganti bannya krn ada yg kasih tau kalo samping harus ganti..
yg perlu diperhatikan saat tambal ban tubeless adalah lem yg dipakai...lem tsb khusus buat tambal ban tubeless.....ada beberapa tempat yg pake lem buat tambal ban dalam sepeda, krn harganya sangat murah dibandingkan dg lem khusus buat tambal ban tubeless.....akibatnya setelah dipake beberapa lama, tambalan akan bocor lg dan lubang bekas tambalan jadi lbh besar....
smoga bermanfaat........
Masih bisa buat panduan karena luas telapak ban yang menempel di permukaan jalanan sama untuk tekanan ban yang sama walaupun bannya berbeda.sepatupuma wrote:Tanya:
Ukuran tekanan angin di stiker yg di pilar B itu apa masih berlaku kalo ukuran ban & velgnya sudah ga standar?
Trims sebelumnya.
Bisa dihitung ulang kok...sepatupuma wrote:Tanya:
Ukuran tekanan angin di stiker yg di pilar B itu apa masih berlaku kalo ukuran ban & velgnya sudah ga standar?
Trims sebelumnya.
imsus2c wrote:Dari post ini: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 18#p526218andy1800 wrote:kalao pengukuran dan pengisian yg di SPBU shell gitu dah cukup buat diyakini atau blm?Hansen wrote:kalo pengukur tekanan angin ban ane pake yg merk accutire aja dah.....
===============
btw mobil apa aja ya yg pabrikan bilang tekanan depan sm belakang beda?
seinget gw mobil yg gw pakai selama ini tekanan depan sm belakang sm si stiker pintu disuruh sama terus
=====================
satu masalah lg:
klo ban dan velg udah diganti ukuran, apakah rekomendasi pabrikan mengenai brp tekanan ban msh berlaku? atau ada kalkulasi kompensasinya? pls link website yg sediain kalkulasi kek gini.
mari kita telusuri dasar logika nya:
tekanan ban tu berdasarkan apa sih? jenis ban, ukuran ban, atau berat beban mobil (dibagi empat) ya ?
klo pabrikan kasih angka tekanan itu berdasar curb weight, berarti gak ada hubungannya dg ukuran ban dong ya? pokoknya tekanan per ban hrs segitu. gitu gak sih?Semoga sdh tidak penasaran lagi mengenai tekanan ideal banimsus2c wrote:
Sorry...agak OOT diluar bahasan utama topik ini, sekedar komen post diatas
Sampai saat ini, masih timbul banyak opini mengenai berapa tekanan ideal untuk mobil kita.
Ada yg melihat dari aspek tebal/tipisnya profil ban, jenis ban, ukuran rim/velg, dsb...
Tapi saya sih pragmatis saja, barang teknis sudah seharusnya punya rumus alias bisa dihitung, jadi bukan masalah feeling lagi meski kenyataanya akan ada faktor koreksi dan penyimpangan (deviasi)
Sejauh saya cari referensi dan uji sendiri, sebenarnya ada rumus sederhana utk tentukan ukuran tekanan ban.
Disclaimer, kalau menurut saya sih, rumus ini sudah tepat tapi memang saya belum ada bukti yg menyatakan rumus ini valid dan sah![]()
Yang perlu diketahui sebelum menentukan ukuran ideal tekanan ban kita adalah sebagai berikut:
1. Distribus bobot mobil depan belakang secara global, pada umumnya sih, mobil non barang bisa disederhanakan 50%:50% (depan belakang), kecuali untuk keperluan balapan (butuh akurasi) atau beda distribusinya drastis (misalnya mobil barang/truk) baru harus dihitung bener distribusi bobot mobilnya.
2. Perhatikan berapa indeks beban ban yang akan kita pakai dan berapa tekanan maksimumnya (maximum inflation pressure = biasanya dihitung dalam satuan PSI), kedua informasi ini biasanya tercetak di dinding ban (sidewall).
Kode indeks beban (dan kecepatan) biasanya ditampilkan dalam kode, jika ingin tahu kode-kode tersebut, salah satu referensi bisa dilihat di: http://en.wikipedia.org/wiki/Tire_code
3. Perkiraan bobot total kendaraan kita dalam pemakaian sehari-hari umumnya. Misalnya; bobot kosong (curb weight) mobil 1000 Kg, bobot ini kemudian ditambahkan dengan total bobot situasi sehari kita sehari-hari bawa mobil, misalnya bagasi, sopir, penumpang, dsb...
Rumusnya
T = (A/L)*M
T = Tekanan ideal
A = Bobot aktual mobil dibagi roda yang terpasang
L = Load Index Ban yg dipakai (per ban)
M = Maximum Inflation Pressure ban yang dipakai
Nah, dari itu, saya coba aplikasikan di mobil saya (hyundai santa fe 2001),
1. Bobot total kendaraan saya, estimasinya 2000 Kg, didapat dari:
Curb Weight 1600 Kg
Sopir, penumpang, bagasi dan perangkat lenong non bawaan asli mobil kira2 400 Kg
Dengan distribusi depan belakang imbang, berarti asumsinya tiap ban menanggung beban yg sama, atau kalau dihitung 2000/4= 500
Artinya setiap ban menanggung beban 500 Kg.
2. Saya sekarang pakai ban Continental Conti Cross Contact LX dengan ukuran 235/65 R17, di side wall-nya tertera load index 108 (alias 1000Kg) dan maximum inflation pressure 51 PSi, secara teknis/teori artinya ban ini mampu menopang beban s.d. maksimum 1000 Kg (per ban) saat diisi angin 51 PSi
Saya coba hitung sbb:
T = (A/L)*M
T = (500/1000)*51
T = 0.5*51
T = 25.5 ~ 26 Psi
Relatif kecil bukan? tapi ya memang begitu kenyataanya, secara ban yg saya pakai tipe XL (Extra Load), yang artinya secara pabrikan, desain sidewall-nya sudah diperkuat (reinforced) untuk menanggung beban yg lebih besar.
Keuntungannya, jika sewaktu2 harus nambah beban, si ban masih sanggup, kerugiannya, ya dengan ukuran yg sama, bantingannya terasa lebih keras.
Saya sempat penasaran, kenapa kecil sekali tekanan idealnya? Kalau saya lihat rekomendasi pabrikan yg tercetak di pilar B, disitu tertulis:
Recommended inflation pressure 30 Psi (normal load) and 32 Psi (full load) front+rear tyre
Standard tyre 215/70R15
Saya baru ingat, ban OEM santa fe ini dulunya KUMHO RADIAL 798; 215/70R15, dgn spek load index 750Kg @44 Psi
Hitung ulang deh....
T = (500/750)*44
T = 0.67*44
T = 29.5 ~ 30 Psi
Persis plek sesuai manual book
Dugaan saya, manual book tersebut acuannya ya dari spek ban OEM (bawaan pabrik)
Saat ini, dengan kondisi pakai ban Conti yg sesuai rumus sebenarnya cuma minta 26Psi, untuk alasan low rolling resistance dan jaga-jaga kelebihan beban, saya tetep isi 30Psi
Selain itu, saya pernah coba bandingin, diisi angin 25Psi dan 30Psi, gembungnya ban kelihatan sama saja...
Saya tanya teknisi ban, mereka bilang itu sih lebih karena desain sidewall-nya, selama tekanan ban masih mencapai tekanan minimum (terhadap beban yang ditopang), gembungnya akan kelihatan sama saja...meski beda sampai 10 Psi....cmiiw loh
Tinggal perhatikan saja saat pemakaian jangka panjangnya, jika tapak ban aus di tengah, biasanya karena tekanan angin terlalu tinggi. Jika tapak ban aus rata kanan-kiri (sisi luar dalam 1 ban) artinya tekanan angin terlalu rendah...
Selamat berhitung dan mencoba, semoga bermanfaat...
Sekali lagi, maaf kalau OOT
upssss....sorry bro....ane ga liat....khan tinggal tlp ajahhhh....hehehehehe....doq wrote:pak sjam.....ane nanya kok ga dijawab yaaaaa?doq wrote:![]()
heh!!! siapa neh yg ga mo dateng tar 12 juli????
evolution21 wrote:mau curhat tentang ban
beberapa minggu terakhir truk double dyna ane kena musibah ban pecah terus2an
pertama kejadian waktu perjalanan ke jateng dengan muatan +/- 7ton. ban gt radial, kembang masi bagus, bukan vulkanisir
total perjalanan 250km, mulai km 150-250 pecah ban sampai 4x, ban dalam habis 4, ban luar habis 2. setelah di cek, montir mensinyalir gara2 rem bermasalah menyebabkan panas berlebih pada ban. setelah servis ganti kampas rem, perjalanan pulang lancar, dan sempet ngirim ke beberapa tempat lancar hingga selisih 2 minggu kemudian...
kmaren jalan lg ke jateng, +/- 250km, setelah lewat 200km
ternyata terjadi lg ban sebelah kiri meledak terus, kali ini ban luar yg kena sampe 3x. ane heran, padahal muatan daridulu biasa segitu, ban jg baru, kampas rem baru, masalahnya dimana lagi?
pas beli ban ditawarin pedagangnya katanya recomend advan utk beban berat. ya udah ane cobain d. cuman dalem ati ragu apa iya ini cuma gara2 ban?
atau sebenernya maslahnya ditempat lain?
kondisi mobil secara umum pdhl masi bagus, tp bannya kok bikin frustasi gini, mau jual jg sayang, tp di perbaiki jg kok kaya ga nemu inti permasalahan dimana
kira2 kenapa ya..?
turut beduka om evo..evolution21 wrote:mau curhat tentang ban
beberapa minggu terakhir truk double dyna ane kena musibah ban pecah terus2an
pertama kejadian waktu perjalanan ke jateng dengan muatan +/- 7ton. ban gt radial, kembang masi bagus, bukan vulkanisir
total perjalanan 250km, mulai km 150-250 pecah ban sampai 4x, ban dalam habis 4, ban luar habis 2. setelah di cek, montir mensinyalir gara2 rem bermasalah menyebabkan panas berlebih pada ban. setelah servis ganti kampas rem, perjalanan pulang lancar, dan sempet ngirim ke beberapa tempat lancar hingga selisih 2 minggu kemudian...
kmaren jalan lg ke jateng, +/- 250km, setelah lewat 200km
ternyata terjadi lg ban sebelah kiri meledak terus, kali ini ban luar yg kena sampe 3x. ane heran, padahal muatan daridulu biasa segitu, ban jg baru, kampas rem baru, masalahnya dimana lagi?
pas beli ban ditawarin pedagangnya katanya recomend advan utk beban berat. ya udah ane cobain d. cuman dalem ati ragu apa iya ini cuma gara2 ban?
atau sebenernya maslahnya ditempat lain?
kondisi mobil secara umum pdhl masi bagus, tp bannya kok bikin frustasi gini, mau jual jg sayang, tp di perbaiki jg kok kaya ga nemu inti permasalahan dimana
kira2 kenapa ya..?
Wahh kalo ngandelin BeRes sih kita sbg user bisa miskinevolution21 wrote:baru hari ini dapet kabar
ternyata yg kena poros rodanya, (bukan poros as roda)
harga di dealer 8jt
menurut dealer, ini akan berakibat rem jadi ga balance antara kanan dan kiri
sehingga kampas rem akan cepat habis, panas berlebihan pada ban, maka dari itu ban akan pecah terus menerus...
total2 ntar bakalan habis 10-15jt..
hmm sekarang kok jadi kepikiran mau dijual aja ya...
apa ini tergolong penyakit ringan yg gampang dibetulin?
gimana ya suhu2...
jadi ini kasus biasa yg gampang dibetulin ya ?ilhami wrote:Ganti part aja. Kasus biasa aja