Serba Serbi Ban
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 211
- Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
- Location: Surabaya
Ukuran tekanan ban mobil
Hai....
Tanya nih... sebaiknya ukuran tekanan angin buat ban mobil itu normalnya berapa ya?
Kalo misalnya untuk mobil tipe sedan...
Thx..
Tanya nih... sebaiknya ukuran tekanan angin buat ban mobil itu normalnya berapa ya?
Kalo misalnya untuk mobil tipe sedan...
Thx..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
hmm sedan ya? kalo bisa beli pompa kecil yg digerakan dengan kaki ,beli pengukur tekanan ban di toko onderdil seperti atrium senen ,minta yg untuk sedan,biasanya kalo untuk sedan bisa juga untuk mengukur minibus dan sepeda motor,yg bagus sih pengukur tsb punya satuan psi tapi kebanyakan yg saya temukan adalah kg/cm dan Lb/ft ,mengenai ukuranya:loh? kan biasanya ada di buku manual ato label di kendaraanya,kalo hilang coba pake ukuran 20 kg/cm atau 28 psi......nah kalo sedan biasanya ukuran depan belakang sama saja tidak seperti minibus yg tekanan ban belakang harus lebih tinggi dari yg depan
mungkin ada yg bisa nambahin?
terima kasih
mungkin ada yg bisa nambahin?
terima kasih
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 211
- Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
- Location: Surabaya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
- Location: Jakarta/Bandung
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
- Location: On Road
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 211
- Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
- Location: Surabaya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
- Location: Jakarta/Bandung
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 211
- Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
- Location: Surabaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 132
- Joined: Fri May 02, 2003 7:01
- Location: pangkalan taxi
ban isi nitrogen ?
haloowww 
tadi mam ke bengkel ban, dan pihak bengkel nawarin ngisi ban pake nitrogen. mam baru denger nih .. ada yg udah pake ? gimana komentarnya ?

tadi mam ke bengkel ban, dan pihak bengkel nawarin ngisi ban pake nitrogen. mam baru denger nih .. ada yg udah pake ? gimana komentarnya ?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed Sep 25, 2002 15:39
- Location: Bekasi Indonesia
Gue dah pake juga tuh ban diisi pake nitrogen tapi baru sebentar, baru sekitar 1 mingguan. Kayanya tu ban makin gigit jalanan, dan anehnya tu mobil kayaknya akselarasinya nambah, mungkin karena gripnya yang makin baik (nitrogen lebih baik di daerah tropis....tapi itu katanya), padahal mobil belon diseting lagi. Kemaren kena 10 rebu perban.
ada komentar lain?
ada komentar lain?

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed Sep 25, 2002 15:39
- Location: Bekasi Indonesia
Maap tread lama diangkat lagiYongis_CD wrote:kalo mobilnya PRD ( penggerak roda depan ) coba buat 27 depan dan 25 belakang....
kalo mobilnya PRB ya coba kasi depan belakang 27-27
mau tanya, bukannya kalo pake ring yang gede otomatis tekanan yang dibutuhkan juga makin gede?.
Soalnya sekarang saya pake nitrogen pada ban saya dan saya pernah coba di 30 psi tapi ternyata dinding ban juga kemakan ma aspal pada hal ring yang saya pake ngak terlalu besar cuma 16 bannya pake 16 50 195 potenza.
Ahkirnya di naikan menjadi 38 psi sama dengan ban mobil saya yang satu lagi kalo yang ini pake ban 18 40 235 falken.
hasilnya yang saya peroleh kayannya handling kendaraan makin oke.
Gimana ? ada saran ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Ban diisi gas nitrogen ya? Itu udah biasa di dunia balap. Asal mulanya karena ban mobil/motor balap yg terlalu panas, sehingga sering terjadi kasus pecah ban. Akibatnya kemudian dicari cara utk mencegah terjadinya pecah ban. Lalu ditemukan cara yaitu dengan mengganti udara biasa yg mengandung banyak oksigen dengan nitrogen, karena nitrogen mempunyai sifat lebih dingin dibanding udara biasa.
Apa keuntungan gas nitrogen dibanding dengan udara biasa? Yg jelas oksigen lebih mudah terbakar dibanding nitrogen. Dalam balapan, gesekan ban dengan lintasan membuat suhu di dalam ban menjadi sangat panas. Sehingga terkadang membuat kondisi ban memuai dan bila kondisi material ban kurang baik, maka ban tersebut dapat pecah. Dengan mengisi nitrogen yg terkenal dingin, maka bila panas yg terjadi antara gesekan ban dengan lintasan, dapat diredam. Akibatnya tidak terjadi pemuaian gas di dalam ban. Karena tentu saja pemuaian akan mengganggu stabilitas kendaraan, apalagi dalam kecepatan tinggi. Hal ini jelas sangat berbahaya.
Untuk kendaraan pribadi yang relatif berjalan pelan, penggunaan nitrogen tidak terlalu dibutuhkan. Namun mengingat kondisi suhu daerah tropis seperti Indonesia, maka penggunaan nitrogen jelas dapat membuat ban lebih awet dibandingkan menggunakan udara biasa. Terutama untuk daerah-daerah yang terkenal panas seperti Jakarta, Surabaya, Balikpapan, dll.
Apa keuntungan gas nitrogen dibanding dengan udara biasa? Yg jelas oksigen lebih mudah terbakar dibanding nitrogen. Dalam balapan, gesekan ban dengan lintasan membuat suhu di dalam ban menjadi sangat panas. Sehingga terkadang membuat kondisi ban memuai dan bila kondisi material ban kurang baik, maka ban tersebut dapat pecah. Dengan mengisi nitrogen yg terkenal dingin, maka bila panas yg terjadi antara gesekan ban dengan lintasan, dapat diredam. Akibatnya tidak terjadi pemuaian gas di dalam ban. Karena tentu saja pemuaian akan mengganggu stabilitas kendaraan, apalagi dalam kecepatan tinggi. Hal ini jelas sangat berbahaya.
Untuk kendaraan pribadi yang relatif berjalan pelan, penggunaan nitrogen tidak terlalu dibutuhkan. Namun mengingat kondisi suhu daerah tropis seperti Indonesia, maka penggunaan nitrogen jelas dapat membuat ban lebih awet dibandingkan menggunakan udara biasa. Terutama untuk daerah-daerah yang terkenal panas seperti Jakarta, Surabaya, Balikpapan, dll.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Fri May 23, 2003 7:48
- Location: jakarta nih..diatas motor
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Fri May 23, 2003 7:48
- Location: jakarta nih..diatas motor
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Fri May 23, 2003 7:48
- Location: jakarta nih..diatas motor
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 132
- Joined: Fri May 02, 2003 7:01
- Location: pangkalan taxi
nah itu dia, kalo misalnya ban diisi nitrogen .. ada kemungkinan suatu saat kurang angin gak ? spt yg terjadi pada ban yg diisi angin biasa. trus kalo mo ngisi lagi, harus nitrogen juga atau boleh campur ?
kapan2 tanya ama yg punya bengkel ah, mumpung mamie masih punya urusan bemper penyok (hiksss
)
kapan2 tanya ama yg punya bengkel ah, mumpung mamie masih punya urusan bemper penyok (hiksss

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Fri May 23, 2003 7:48
- Location: jakarta nih..diatas motor
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang