penyebab kecelakaan di Indonesia
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1088
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
penyebab kecelakaan di Indonesia
pada saat terjadi kecelakaan, selalu yang jadi kambing hitam
mendahului dari kiri
mendahului dari bahu jalan.
tapi pernah tidak kita bertanya, kenapa sih orang harus melakukan 2 tindakan diatas?
teman2 pasti pernah mengalami jalan dijalan tol yang cukup sepi lalu ada orang berjalan pelan di sebelah kanan, yang diklakson dilampu, gak perduli dan tetap menetap dikanan, jadi akhirnya terpaksa didahului dari sebelah kiri.
inilah penyebab kecelakaan sebenarnya.
di jalan raya indonesia kan kayak hutan rimba gak ada aturan.
ada truk jalan 20 km/h gak pake lampu pas jalan gelap. ini sangat berbahaya.
banyak mobil, dengan lampu mati baik lampu depan maupun belakang.
belum bicara pengemudi yang belok or pindah jalur sembarangan gak lihat dulu.
saya pernah mengemudi di luar negri.
saya kagum dengan pengertian mereka, di autobahn, gak usah dikasi lampu, begitu ada mobil lebih cepat di belakang, pengemudi depan langsung minggir kasi jalan.
di usa, dijalan sempit, pengemudi bisa menepikan kendaraan mereka supaya kendaraan yang lebih cepat dibelakang bisa mendahului.
mendahului dari kiri
mendahului dari bahu jalan.
tapi pernah tidak kita bertanya, kenapa sih orang harus melakukan 2 tindakan diatas?
teman2 pasti pernah mengalami jalan dijalan tol yang cukup sepi lalu ada orang berjalan pelan di sebelah kanan, yang diklakson dilampu, gak perduli dan tetap menetap dikanan, jadi akhirnya terpaksa didahului dari sebelah kiri.
inilah penyebab kecelakaan sebenarnya.
di jalan raya indonesia kan kayak hutan rimba gak ada aturan.
ada truk jalan 20 km/h gak pake lampu pas jalan gelap. ini sangat berbahaya.
banyak mobil, dengan lampu mati baik lampu depan maupun belakang.
belum bicara pengemudi yang belok or pindah jalur sembarangan gak lihat dulu.
saya pernah mengemudi di luar negri.
saya kagum dengan pengertian mereka, di autobahn, gak usah dikasi lampu, begitu ada mobil lebih cepat di belakang, pengemudi depan langsung minggir kasi jalan.
di usa, dijalan sempit, pengemudi bisa menepikan kendaraan mereka supaya kendaraan yang lebih cepat dibelakang bisa mendahului.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3281
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
disini macet, rame padat
gimana mau kasih jalan,
pindha jalur aja di klakson la di lampu la
penyebab kecelakaan ya ngebut
males ngerem, ngerem ga make perhitungan
simpel
contoh kemarin, saya dijalur kiri
tiba2 nyelonong motor keluar dari gang kecil
jarak 3 meter, kaget jarak 2meter mikir, jarak 1 meter banting setir
untung aja ga nabrak siapa2
kapok, tobat, ga lagi2 deh ngebut 60kpj di jalur kiri
gimana mau kasih jalan,
pindha jalur aja di klakson la di lampu la
penyebab kecelakaan ya ngebut
males ngerem, ngerem ga make perhitungan
simpel
contoh kemarin, saya dijalur kiri
tiba2 nyelonong motor keluar dari gang kecil
jarak 3 meter, kaget jarak 2meter mikir, jarak 1 meter banting setir
untung aja ga nabrak siapa2
kapok, tobat, ga lagi2 deh ngebut 60kpj di jalur kiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
Di tol Surabaya, meski masih ada tapi masih mendingan dibanding tol di kota kecil (=Semarang)aspsilver wrote:
teman2 pasti pernah mengalami jalan dijalan tol yang cukup sepi lalu ada orang berjalan pelan di sebelah kanan, yang diklakson dilampu, gak perduli dan tetap menetap dikanan, jadi akhirnya terpaksa didahului dari sebelah kiri.
Kalau yg tol Surabaya, gejala itu biasanya kalau sudah jam truk boleh lewat
Contohnya di ruas yg muat 3 jalur, ada Truk di lajur paling kiri, jalan dengan kecepatan 35Kpj, disalip truk yang lari 40Kpj dan di kanannya lagi ada truk yang coba mendahului kedua truk tadi dengan kecepatan 45Kpj

Ya udah...buntu, kecepatan maks 3 jalur jadi 45Kpj
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2499
- Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
satu kata, penyebab kecelakaan adalah sifat "EGOIS" gak mau ngalah





Here Come's The Best Car - Coming soon
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2198
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
tambahin ahMonSTER_GTR wrote:satu kata, penyebab kecelakaan adalah sifat "EGOIS" gak mau ngalah![]()
![]()
![]()
ga sabaran
nyetir selalu mepet dengan waktu tujuan
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
Sering (banget) ngalamin yg ginian kl Senin subuh turun ke Surabaya abis wikend di Pandaan.imsus2c wrote: Kalau yg tol Surabaya, gejala itu biasanya kalau sudah jam truk boleh lewat
Contohnya di ruas yg muat 3 jalur, ada Truk di lajur paling kiri, jalan dengan kecepatan 35Kpj, disalip truk yang lari 40Kpj dan di kanannya lagi ada truk yang coba mendahului kedua truk tadi dengan kecepatan 45Kpj![]()
Ya udah...buntu, kecepatan maks 3 jalur jadi 45Kpj
Terpaksa zigzag di antara truk/truk gandeng/tronton yg malangin 3 jalur hadeeeeew kecepatan mreka max di 50an itu pun prosesi 'khas mereka' abis nyalip gak mau kembali ke jalur kiri, tetep di kanan, ngejar target salipan berikutna yg jg masih puluhan meter di depannya. WTH?!! (?!)
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
Ini neh salah satu contoh yg nyebabin kecelakaan, jln zigzag maksain mendahului.Nightster Guy wrote:Sering (banget) ngalamin yg ginian kl Senin subuh turun ke Surabaya abis wikend di Pandaan.imsus2c wrote: Kalau yg tol Surabaya, gejala itu biasanya kalau sudah jam truk boleh lewat
Contohnya di ruas yg muat 3 jalur, ada Truk di lajur paling kiri, jalan dengan kecepatan 35Kpj, disalip truk yang lari 40Kpj dan di kanannya lagi ada truk yang coba mendahului kedua truk tadi dengan kecepatan 45Kpj![]()
Ya udah...buntu, kecepatan maks 3 jalur jadi 45Kpj
Terpaksa zigzag di antara truk/truk gandeng/tronton yg malangin 3 jalur hadeeeeew kecepatan mreka max di 50an itu pun prosesi 'khas mereka' abis nyalip gak mau kembali ke jalur kiri, tetep di kanan, ngejar target salipan berikutna yg jg masih puluhan meter di depannya. WTH?!! (?!)

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
"99.9% Kecelakaan bisa dicegah" Itulah prinsip "DEFENSIVE DRIVING". Kalau terjadi kecelakaan berarti pengemudinya tidak menerapkan prinsip defensive driving.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2499
- Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
kalo mobil nya nyaman dikendarai/fun to drive bisa gak ya mengurangi kecelakaan?




Here Come's The Best Car - Coming soon
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Tue Mar 12, 2013 14:00
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
cepat nabrak,pelan di tabrak




-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
Defensive driving tidak harus selalu pelan, kalau pelan dan tertabrak itu juga tidak mengikuti teori/teknik defensive driving. DEFENSIVE DRIVING : 99.9% kecelakaan bisa dicegah !.will678 wrote:cepat nabrak,pelan di tabrak![]()
![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
Eh tol semarang ungaran keren lho buat italian tune upimsus2c wrote:Di tol Surabaya, meski masih ada tapi masih mendingan dibanding tol di kota kecil (=Semarang)aspsilver wrote:
teman2 pasti pernah mengalami jalan dijalan tol yang cukup sepi lalu ada orang berjalan pelan di sebelah kanan, yang diklakson dilampu, gak perduli dan tetap menetap dikanan, jadi akhirnya terpaksa didahului dari sebelah kiri.
Kalau yg tol Surabaya, gejala itu biasanya kalau sudah jam truk boleh lewat
Contohnya di ruas yg muat 3 jalur, ada Truk di lajur paling kiri, jalan dengan kecepatan 35Kpj, disalip truk yang lari 40Kpj dan di kanannya lagi ada truk yang coba mendahului kedua truk tadi dengan kecepatan 45Kpj![]()
Ya udah...buntu, kecepatan maks 3 jalur jadi 45Kpj
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
klo di US kan justru nyalip harus dari kiri ya?aspsilver wrote:pada saat terjadi kecelakaan, selalu yang jadi kambing hitam
mendahului dari kiri
mendahului dari bahu jalan.

mungkin bisa dipaparkan pak, "defensive driving" itu seperti apa?Deasegara wrote:"99.9% Kecelakaan bisa dicegah" Itulah prinsip "DEFENSIVE DRIVING". Kalau terjadi kecelakaan berarti pengemudinya tidak menerapkan prinsip defensive driving.
"The Power of ren-Dreams"


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
Memang Ok...nugroho bagor wrote:Eh tol semarang ungaran keren lho buat italian tune upimsus2c wrote:Di tol Surabaya, meski masih ada tapi masih mendingan dibanding tol di kota kecil (=Semarang)aspsilver wrote:
teman2 pasti pernah mengalami jalan dijalan tol yang cukup sepi lalu ada orang berjalan pelan di sebelah kanan, yang diklakson dilampu, gak perduli dan tetap menetap dikanan, jadi akhirnya terpaksa didahului dari sebelah kiri.
Kalau yg tol Surabaya, gejala itu biasanya kalau sudah jam truk boleh lewat
Contohnya di ruas yg muat 3 jalur, ada Truk di lajur paling kiri, jalan dengan kecepatan 35Kpj, disalip truk yang lari 40Kpj dan di kanannya lagi ada truk yang coba mendahului kedua truk tadi dengan kecepatan 45Kpj![]()
Ya udah...buntu, kecepatan maks 3 jalur jadi 45Kpj
Bahkan sudah dijadwalkan paling ngga sebulan sekali..., maklum kalau weekend domisili pindah Semarang
Terakhir kali high-rev mobil matic disitu (pakai oddy tua), sampai ujung tol (ungaran) dalamnya mobil jadi bau sangit...jadi ngeri

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
mungkin tnpa disadari mobilnya kemasukan walang sangit ...
.

.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2198
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
terus?andy1800 wrote:mungkin tnpa disadari mobilnya kemasukan walang sangit ...![]()
.
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
gue harus bilang WoW gituh?c_adhi_k wrote:terus?andy1800 wrote:mungkin tnpa disadari mobilnya kemasukan walang sangit ...![]()
.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
Cara/perilaku mengemudi yg bisa mencegah (99.9%) kecelakaan yg diakibatkan oleh diri kita sendiri, orang/pengemudi lain, dan kondisi alam.Bueuk_32 wrote:klo di US kan justru nyalip harus dari kiri ya?aspsilver wrote:pada saat terjadi kecelakaan, selalu yang jadi kambing hitam
mendahului dari kiri
mendahului dari bahu jalan.![]()
mungkin bisa dipaparkan pak, "defensive driving" itu seperti apa?Deasegara wrote:"99.9% Kecelakaan bisa dicegah" Itulah prinsip "DEFENSIVE DRIVING". Kalau terjadi kecelakaan berarti pengemudinya tidak menerapkan prinsip defensive driving.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
miapahHansen wrote:gue harus bilang WoW gituh?c_adhi_k wrote:terus?andy1800 wrote:mungkin tnpa disadari mobilnya kemasukan walang sangit ...![]()
.

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
Kl mo jalan bsr bsr kaya di luar negri, ya hrsnya kita demo naikkan harga bbm
Kalo 300 trilyun alias 300 ribu milyar rupiah habis dibakar tiap taun ya mau bikin jalan duit dr mana
Tp skrg ke pom bensin pun semua org senang hati beli premium atawa solar. Mana ada yg demo naikkan harga bbm
Ya lingkaran setan terus muter begini begini aja
Kereta api sdh lama tewas
Bandara menyedihkan
Kecelakaan lalu lintas tiap hari
Kalo 300 trilyun alias 300 ribu milyar rupiah habis dibakar tiap taun ya mau bikin jalan duit dr mana
Tp skrg ke pom bensin pun semua org senang hati beli premium atawa solar. Mana ada yg demo naikkan harga bbm
Ya lingkaran setan terus muter begini begini aja
Kereta api sdh lama tewas
Bandara menyedihkan
Kecelakaan lalu lintas tiap hari
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 50
- Joined: Mon May 27, 2013 7:24
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
terkadang yang salah dalam kecelakaan adalah pengemudi mobinya padahal belum tentu pengemudi yang salah bisa saja yang salah pengguna jalan kaki. Kalau tabrakan antar kendaraan biasanya terjadi karena salah kasih lampu sen mobil atau motor.
BK Rent Car: Jasa Sewa Mobil Terpercaya di Jakarta, Melayani Rental dan Mobil Pengantin (Alphard Available)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
erwinmaya wrote:terkadang yang salah dalam kecelakaan adalah pengemudi mobinya padahal belum tentu pengemudi yang salah bisa saja yang salah pengguna jalan kaki. Kalau tabrakan antar kendaraan biasanya terjadi karena salah kasih lampu sen mobil atau motor.
klo gw lagi stress mo belok kiri malah kasi lampu sen kanan omm
kadang2 lampu sen gak gwe mattiin selama jalan

cara mengemudi gwe cukup "ganas" ,,sering terjadi miss com.... sering hampir nabrak juga....dan ahirnya sering nabrak...wkwkwk
tantang nyali deh klo kaya gini caranya

engine roaring!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
Ya karena hal2 spt ini gak ditindak. Tapi 90% kecelakaan melibatkan motor, celah sempit setengah meter juga diambil pdhl dijepit antara tronton & bus...aspsilver wrote:pada saat terjadi kecelakaan, selalu yang jadi kambing hitam
mendahului dari kiri
mendahului dari bahu jalan.
tapi pernah tidak kita bertanya, kenapa sih orang harus melakukan 2 tindakan diatas?
teman2 pasti pernah mengalami jalan dijalan tol yang cukup sepi lalu ada orang berjalan pelan di sebelah kanan, yang diklakson dilampu, gak perduli dan tetap menetap dikanan, jadi akhirnya terpaksa didahului dari sebelah kiri.
inilah penyebab kecelakaan sebenarnya.
di jalan raya indonesia kan kayak hutan rimba gak ada aturan.
ada truk jalan 20 km/h gak pake lampu pas jalan gelap. ini sangat berbahaya.
banyak mobil, dengan lampu mati baik lampu depan maupun belakang.
belum bicara pengemudi yang belok or pindah jalur sembarangan gak lihat dulu.
saya pernah mengemudi di luar negri.
saya kagum dengan pengertian mereka, di autobahn, gak usah dikasi lampu, begitu ada mobil lebih cepat di belakang, pengemudi depan langsung minggir kasi jalan.
di usa, dijalan sempit, pengemudi bisa menepikan kendaraan mereka supaya kendaraan yang lebih cepat dibelakang bisa mendahului.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
Salvanost wrote:disini macet, rame padat
gimana mau kasih jalan,
pindha jalur aja di klakson la di lampu la
penyebab kecelakaan ya ngebut
males ngerem, ngerem ga make perhitungan
simpel
contoh kemarin, saya dijalur kiri
tiba2 nyelonong motor keluar dari gang kecil
jarak 3 meter, kaget jarak 2meter mikir, jarak 1 meter banting setir
untung aja ga nabrak siapa2
kapok, tobat, ga lagi2 deh ngebut 60kpj di jalur kiri
kalo kondisi lagi padat ya oke lah, ngerti juga..
yang masalah kalo di tol ada 3 jalur, ada yg pelan2 dikanan, padahal banyak celah di jalur tengah untuk bagi si pelan menepi ke jalur tengah untuk ngasi jalan yg mo kenceng dikanan.. alhasil gara2 ada yg pelan2 dikanan, jadi mengular panjang ngikutin si pelan, sedangkan depannya si pelan ini kosong melompong (sering terjadi di tol2 di jakarta)
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: penyebab kecelakaan di Indonesia
kyknya ada yg nyariin.....

Accurate V5 Accounting System Consultant