penyebab kecelakaan di Indonesia

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by aspsilver »

pada saat terjadi kecelakaan, selalu yang jadi kambing hitam
mendahului dari kiri
mendahului dari bahu jalan.

tapi pernah tidak kita bertanya, kenapa sih orang harus melakukan 2 tindakan diatas?

teman2 pasti pernah mengalami jalan dijalan tol yang cukup sepi lalu ada orang berjalan pelan di sebelah kanan, yang diklakson dilampu, gak perduli dan tetap menetap dikanan, jadi akhirnya terpaksa didahului dari sebelah kiri.

inilah penyebab kecelakaan sebenarnya.

di jalan raya indonesia kan kayak hutan rimba gak ada aturan.

ada truk jalan 20 km/h gak pake lampu pas jalan gelap. ini sangat berbahaya.

banyak mobil, dengan lampu mati baik lampu depan maupun belakang.

belum bicara pengemudi yang belok or pindah jalur sembarangan gak lihat dulu.

saya pernah mengemudi di luar negri.

saya kagum dengan pengertian mereka, di autobahn, gak usah dikasi lampu, begitu ada mobil lebih cepat di belakang, pengemudi depan langsung minggir kasi jalan.

di usa, dijalan sempit, pengemudi bisa menepikan kendaraan mereka supaya kendaraan yang lebih cepat dibelakang bisa mendahului.
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3281
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by Salvanost »

disini macet, rame padat
gimana mau kasih jalan,
pindha jalur aja di klakson la di lampu la

penyebab kecelakaan ya ngebut
males ngerem, ngerem ga make perhitungan

simpel

contoh kemarin, saya dijalur kiri
tiba2 nyelonong motor keluar dari gang kecil
jarak 3 meter, kaget jarak 2meter mikir, jarak 1 meter banting setir
untung aja ga nabrak siapa2
kapok, tobat, ga lagi2 deh ngebut 60kpj di jalur kiri
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by imsus2c »

aspsilver wrote:
teman2 pasti pernah mengalami jalan dijalan tol yang cukup sepi lalu ada orang berjalan pelan di sebelah kanan, yang diklakson dilampu, gak perduli dan tetap menetap dikanan, jadi akhirnya terpaksa didahului dari sebelah kiri.
Di tol Surabaya, meski masih ada tapi masih mendingan dibanding tol di kota kecil (=Semarang)

Kalau yg tol Surabaya, gejala itu biasanya kalau sudah jam truk boleh lewat

Contohnya di ruas yg muat 3 jalur, ada Truk di lajur paling kiri, jalan dengan kecepatan 35Kpj, disalip truk yang lari 40Kpj dan di kanannya lagi ada truk yang coba mendahului kedua truk tadi dengan kecepatan 45Kpj :mrgreen:

Ya udah...buntu, kecepatan maks 3 jalur jadi 45Kpj
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by MonSTER_GTR »

satu kata, penyebab kecelakaan adalah sifat "EGOIS" gak mau ngalah :mky_01: :mky_01: :mky_01: :mky_01:
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by c_adhi_k »

MonSTER_GTR wrote:satu kata, penyebab kecelakaan adalah sifat "EGOIS" gak mau ngalah :mky_01: :mky_01: :mky_01: :mky_01:
tambahin ah
ga sabaran
nyetir selalu mepet dengan waktu tujuan
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by Nightster Guy »

imsus2c wrote: Kalau yg tol Surabaya, gejala itu biasanya kalau sudah jam truk boleh lewat

Contohnya di ruas yg muat 3 jalur, ada Truk di lajur paling kiri, jalan dengan kecepatan 35Kpj, disalip truk yang lari 40Kpj dan di kanannya lagi ada truk yang coba mendahului kedua truk tadi dengan kecepatan 45Kpj :mrgreen:

Ya udah...buntu, kecepatan maks 3 jalur jadi 45Kpj
Sering (banget) ngalamin yg ginian kl Senin subuh turun ke Surabaya abis wikend di Pandaan.

Terpaksa zigzag di antara truk/truk gandeng/tronton yg malangin 3 jalur hadeeeeew kecepatan mreka max di 50an itu pun prosesi 'khas mereka' abis nyalip gak mau kembali ke jalur kiri, tetep di kanan, ngejar target salipan berikutna yg jg masih puluhan meter di depannya. WTH?!! (?!)
Das Beste oder nichts.
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by BADAK »

Nightster Guy wrote:
imsus2c wrote: Kalau yg tol Surabaya, gejala itu biasanya kalau sudah jam truk boleh lewat

Contohnya di ruas yg muat 3 jalur, ada Truk di lajur paling kiri, jalan dengan kecepatan 35Kpj, disalip truk yang lari 40Kpj dan di kanannya lagi ada truk yang coba mendahului kedua truk tadi dengan kecepatan 45Kpj :mrgreen:

Ya udah...buntu, kecepatan maks 3 jalur jadi 45Kpj
Sering (banget) ngalamin yg ginian kl Senin subuh turun ke Surabaya abis wikend di Pandaan.

Terpaksa zigzag di antara truk/truk gandeng/tronton yg malangin 3 jalur hadeeeeew kecepatan mreka max di 50an itu pun prosesi 'khas mereka' abis nyalip gak mau kembali ke jalur kiri, tetep di kanan, ngejar target salipan berikutna yg jg masih puluhan meter di depannya. WTH?!! (?!)
Ini neh salah satu contoh yg nyebabin kecelakaan, jln zigzag maksain mendahului. :mky_04:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by Deasegara »

"99.9% Kecelakaan bisa dicegah" Itulah prinsip "DEFENSIVE DRIVING". Kalau terjadi kecelakaan berarti pengemudinya tidak menerapkan prinsip defensive driving.
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by MonSTER_GTR »

kalo mobil nya nyaman dikendarai/fun to drive bisa gak ya mengurangi kecelakaan? :e-think: :e-think: :e-think:
Here Come's The Best Car - Coming soon
will678
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Tue Mar 12, 2013 14:00

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by will678 »

cepat nabrak,pelan di tabrak :wkkk: :wkkk: :wkkk:
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by Deasegara »

will678 wrote:cepat nabrak,pelan di tabrak :wkkk: :wkkk: :wkkk:
Defensive driving tidak harus selalu pelan, kalau pelan dan tertabrak itu juga tidak mengikuti teori/teknik defensive driving. DEFENSIVE DRIVING : 99.9% kecelakaan bisa dicegah !.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by nugroho bagor »

imsus2c wrote:
aspsilver wrote:
teman2 pasti pernah mengalami jalan dijalan tol yang cukup sepi lalu ada orang berjalan pelan di sebelah kanan, yang diklakson dilampu, gak perduli dan tetap menetap dikanan, jadi akhirnya terpaksa didahului dari sebelah kiri.
Di tol Surabaya, meski masih ada tapi masih mendingan dibanding tol di kota kecil (=Semarang)

Kalau yg tol Surabaya, gejala itu biasanya kalau sudah jam truk boleh lewat

Contohnya di ruas yg muat 3 jalur, ada Truk di lajur paling kiri, jalan dengan kecepatan 35Kpj, disalip truk yang lari 40Kpj dan di kanannya lagi ada truk yang coba mendahului kedua truk tadi dengan kecepatan 45Kpj :mrgreen:

Ya udah...buntu, kecepatan maks 3 jalur jadi 45Kpj
Eh tol semarang ungaran keren lho buat italian tune up
User avatar
Bueuk_32
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2002
Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by Bueuk_32 »

aspsilver wrote:pada saat terjadi kecelakaan, selalu yang jadi kambing hitam
mendahului dari kiri
mendahului dari bahu jalan.
klo di US kan justru nyalip harus dari kiri ya? :big_weee:
Deasegara wrote:"99.9% Kecelakaan bisa dicegah" Itulah prinsip "DEFENSIVE DRIVING". Kalau terjadi kecelakaan berarti pengemudinya tidak menerapkan prinsip defensive driving.
mungkin bisa dipaparkan pak, "defensive driving" itu seperti apa?
"The Power of ren-Dreams"
Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by imsus2c »

nugroho bagor wrote:
imsus2c wrote:
aspsilver wrote:
teman2 pasti pernah mengalami jalan dijalan tol yang cukup sepi lalu ada orang berjalan pelan di sebelah kanan, yang diklakson dilampu, gak perduli dan tetap menetap dikanan, jadi akhirnya terpaksa didahului dari sebelah kiri.
Di tol Surabaya, meski masih ada tapi masih mendingan dibanding tol di kota kecil (=Semarang)

Kalau yg tol Surabaya, gejala itu biasanya kalau sudah jam truk boleh lewat

Contohnya di ruas yg muat 3 jalur, ada Truk di lajur paling kiri, jalan dengan kecepatan 35Kpj, disalip truk yang lari 40Kpj dan di kanannya lagi ada truk yang coba mendahului kedua truk tadi dengan kecepatan 45Kpj :mrgreen:

Ya udah...buntu, kecepatan maks 3 jalur jadi 45Kpj
Eh tol semarang ungaran keren lho buat italian tune up
Memang Ok...
Bahkan sudah dijadwalkan paling ngga sebulan sekali..., maklum kalau weekend domisili pindah Semarang
Terakhir kali high-rev mobil matic disitu (pakai oddy tua), sampai ujung tol (ungaran) dalamnya mobil jadi bau sangit...jadi ngeri :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by andy1800 »

mungkin tnpa disadari mobilnya kemasukan walang sangit ... :e-think:



.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by c_adhi_k »

andy1800 wrote:mungkin tnpa disadari mobilnya kemasukan walang sangit ... :e-think:



.
terus?
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by Hansen »

c_adhi_k wrote:
andy1800 wrote:mungkin tnpa disadari mobilnya kemasukan walang sangit ... :e-think:



.
terus?
gue harus bilang WoW gituh?
Image
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by Deasegara »

Bueuk_32 wrote:
aspsilver wrote:pada saat terjadi kecelakaan, selalu yang jadi kambing hitam
mendahului dari kiri
mendahului dari bahu jalan.
klo di US kan justru nyalip harus dari kiri ya? :big_weee:
Deasegara wrote:"99.9% Kecelakaan bisa dicegah" Itulah prinsip "DEFENSIVE DRIVING". Kalau terjadi kecelakaan berarti pengemudinya tidak menerapkan prinsip defensive driving.
mungkin bisa dipaparkan pak, "defensive driving" itu seperti apa?
Cara/perilaku mengemudi yg bisa mencegah (99.9%) kecelakaan yg diakibatkan oleh diri kita sendiri, orang/pengemudi lain, dan kondisi alam.
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by BADAK »

Hansen wrote:
c_adhi_k wrote:
andy1800 wrote:mungkin tnpa disadari mobilnya kemasukan walang sangit ... :e-think:



.
terus?
gue harus bilang WoW gituh?
miapah :ungg:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by mpvlover »

Kl mo jalan bsr bsr kaya di luar negri, ya hrsnya kita demo naikkan harga bbm

Kalo 300 trilyun alias 300 ribu milyar rupiah habis dibakar tiap taun ya mau bikin jalan duit dr mana

Tp skrg ke pom bensin pun semua org senang hati beli premium atawa solar. Mana ada yg demo naikkan harga bbm

Ya lingkaran setan terus muter begini begini aja

Kereta api sdh lama tewas

Bandara menyedihkan

Kecelakaan lalu lintas tiap hari
erwinmaya
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Mon May 27, 2013 7:24

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by erwinmaya »

terkadang yang salah dalam kecelakaan adalah pengemudi mobinya padahal belum tentu pengemudi yang salah bisa saja yang salah pengguna jalan kaki. Kalau tabrakan antar kendaraan biasanya terjadi karena salah kasih lampu sen mobil atau motor.
BK Rent Car: Jasa Sewa Mobil Terpercaya di Jakarta, Melayani Rental dan Mobil Pengantin (Alphard Available)
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by walid_007 »

erwinmaya wrote:terkadang yang salah dalam kecelakaan adalah pengemudi mobinya padahal belum tentu pengemudi yang salah bisa saja yang salah pengguna jalan kaki. Kalau tabrakan antar kendaraan biasanya terjadi karena salah kasih lampu sen mobil atau motor.

klo gw lagi stress mo belok kiri malah kasi lampu sen kanan omm
kadang2 lampu sen gak gwe mattiin selama jalan :wkkk: jadi pada binggung

cara mengemudi gwe cukup "ganas" ,,sering terjadi miss com.... sering hampir nabrak juga....dan ahirnya sering nabrak...wkwkwk

tantang nyali deh klo kaya gini caranya :mky_03:
engine roaring!
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by g4ndalf »

aspsilver wrote:pada saat terjadi kecelakaan, selalu yang jadi kambing hitam
mendahului dari kiri
mendahului dari bahu jalan.

tapi pernah tidak kita bertanya, kenapa sih orang harus melakukan 2 tindakan diatas?

teman2 pasti pernah mengalami jalan dijalan tol yang cukup sepi lalu ada orang berjalan pelan di sebelah kanan, yang diklakson dilampu, gak perduli dan tetap menetap dikanan, jadi akhirnya terpaksa didahului dari sebelah kiri.

inilah penyebab kecelakaan sebenarnya.

di jalan raya indonesia kan kayak hutan rimba gak ada aturan.

ada truk jalan 20 km/h gak pake lampu pas jalan gelap. ini sangat berbahaya.

banyak mobil, dengan lampu mati baik lampu depan maupun belakang.

belum bicara pengemudi yang belok or pindah jalur sembarangan gak lihat dulu.

saya pernah mengemudi di luar negri.

saya kagum dengan pengertian mereka, di autobahn, gak usah dikasi lampu, begitu ada mobil lebih cepat di belakang, pengemudi depan langsung minggir kasi jalan.

di usa, dijalan sempit, pengemudi bisa menepikan kendaraan mereka supaya kendaraan yang lebih cepat dibelakang bisa mendahului.
Ya karena hal2 spt ini gak ditindak. Tapi 90% kecelakaan melibatkan motor, celah sempit setengah meter juga diambil pdhl dijepit antara tronton & bus...
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by Rakean »

Salvanost wrote:disini macet, rame padat
gimana mau kasih jalan,
pindha jalur aja di klakson la di lampu la

penyebab kecelakaan ya ngebut
males ngerem, ngerem ga make perhitungan

simpel

contoh kemarin, saya dijalur kiri
tiba2 nyelonong motor keluar dari gang kecil
jarak 3 meter, kaget jarak 2meter mikir, jarak 1 meter banting setir
untung aja ga nabrak siapa2
kapok, tobat, ga lagi2 deh ngebut 60kpj di jalur kiri

kalo kondisi lagi padat ya oke lah, ngerti juga..

yang masalah kalo di tol ada 3 jalur, ada yg pelan2 dikanan, padahal banyak celah di jalur tengah untuk bagi si pelan menepi ke jalur tengah untuk ngasi jalan yg mo kenceng dikanan.. alhasil gara2 ada yg pelan2 dikanan, jadi mengular panjang ngikutin si pelan, sedangkan depannya si pelan ini kosong melompong (sering terjadi di tol2 di jakarta)
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: penyebab kecelakaan di Indonesia

Post by y_anjasrana »

kyknya ada yg nyariin.....



Image
Accurate V5 Accounting System Consultant