kompresorz wrote:madcat015 wrote:@om kompresorz: ane bukan bos om...

cuman seorang staff biasa, bos2 pada ngumpul di main diler...
Masukan yg begini penting menurut ane..., untuk membangun kepuasan dan kepercayaan. besok ane tanyakan ke salah satu manager diler di Sby.
@om bhanas: yah, begitulah... mindset sales mobil kadang salah sasaran seperti yg om bhanas alami... looks can be deceiving though...
hahaha terima kasih atas perhatian madcat salah 1 bos honda yang merendah hati....
terkadang sales mobil mang suka anggap remeh n dimanapun tuk hal lain...
tapi yang lucu setiap saya ke sorum merci n bmw semua sales ramah....langsung saya disamperin..lgsg ditawarin minum softdrink...sales bmw cantik2 lg...waalo saya dilihat naik e36 n sandal jepit huspies jg tetap ramah...
yang lucu model honda saya masuk kadang celingak sendiri..n itu brp x...
salah 1 di daerah kelapa gading masa saya n sodara masuk puter2 sendiri sampe buka kap mesin sendiri br di samperin itupun ky gak serius sales cewenya akhirnya saya pulang dah...
tapi untunglah mang saya gak punya duit buat beli disitu jadi mang sewajarnya saya gak usah dianggap drpd bikin repot....
itu 2 x ditempat honda disitu...dulu sama kawan saya jaman crv gen 2 br launcing jg seperti itu akhirnya kawan saya beli merk lain...padahal semua mobil yg di display bisa dibeli kawan saya hari itu klo dia mau..
ya emang sudah tabiat pribadi orang itu sendiri...pdhl merugikan sorum klo anak buahnya seperti itu...
ricz wrote:Iya oom...
Sales ahond mmg belagu bgt, padahal kantong dh cukup buat beli CRV eh gk direken...
Malah jadi blunder buat sales itu sendiri...
Wah, terima kasih sekali atas pengamatan dan pengalaman om kompresorz dan bro ricz.
Kebetulan, sabtu kemaren, saat ane absen di Brio Saturday Night Challenge di Supermall Sby, ane sempat berbicara sama antek mr. J
Dia ga datang, jadi ya, ane harus memuaskan diri dengan antek nya. Bah...
Pembicaraan ringan mengenai prospek dan strategi HPM, policy diskon yang liar, dosa2 dan kesalahan HPM yang bikin diler bingung dengan stok segunung dan masalah spare parts, Honda Plasa Tuban yang sedang siap2 pembukaan outlet dan peletakan batu pertama dalam tahun ini...
Tapi, ane highlight mengenai strategi HPM, terutama Sales Division.
Antek mr J, mari kita sebut dengan AJ, bilang kalo tingkah laku sales Honda ini memang terbentuk karena situasi.
Ogah2an sama customer, meskipun pameran. Bersikap pasif, menunggu bola datang... *ane sih nunggu airbag datang aja...*
Nah, Honda pernah menjadi trendsetter compact car saat Jazz launching 2003 lalu. Tidak ada saingan satupun sama sekali, duo Korea sedang sekarat saat itu. Jadi SPK yang datang ke Honda, sales hanya duduk diam sementara SPK bertambah terus sampe tembus ke atap dah...
Sekarang, tuh sales2 mengalami delusi. Brio launching, Freed launching, dst dst. Mereka punya mindset kalau customer yang akan datang ke mereka.
Haloooooooooooooo??? Apa Honda punya mobil terbaik? Belum tentu. Mahal iya. Tapi dari mahalnya Honda itu harus dikembalikan dalam bentuk pelayanan dan after sales yang baik ke customer..., every single one!
Makanya AJ menjanjikan terobosan2 dalam bidang ini... ane juga menghargai beliau yang sudah mendengarkan keluh, kesah, dan desah dari diler2.
Moga2, apa yang dijanjikan terwujud, dan ane berharap (juga berusaha, meski dari Tuban...) semua sales Honda akan tersenyum ramah dan memberi penjelasan dan pelayanan terbaik ke siapa pun.
xtr40rd1n4rym4n wrote:@om kompresorz: sabar Om, lebih lucu cerita saya kemarin.
kemarin hari sabtu saya ke parkit timur senayan liat pameran mazda "zoom-zoom".
pakai baju ala kadarnya (jeans, kaos polo dan sandal biasa), dari jalan kelihatan sales2 mazda pada nongkrong di bagian semacam entrance hall begitu (dalam gedung tapi terlihat dari luar krn full kaca).
saya jalan masuk, buka pintu melewati sales2 tersebut dan tidak ada satupun yg nyamperin.
bener2 berasa transparant jalan melewati para sales tersebut yg sedang duduk2 memandangi pelataran depan gedung tanpa ada yg menghiraukan..
masuk ke dalam, mencoba duduk, atur posisi seat, tekan2 tombol sana-sini, bolak balik masuk ke row depan dan belakang tanpa ada sales satupun yg "kelihatan" saya..
variant yg saya coba cx-5 yg 2.5, USSR nya bro madcat, ma mazda6, seperti di taman bermain yg dibooking sendiri.
malah mas-mas yg datang nyuguhin saya snack dan minuman, habis 3 gelas dan 2 sendok snack..
sampai akhirnya saya jalan keluar melalui rute saya masuk, tanpa diberi selembar brosur atau apapun..
namun yg menarik adalah, saya notice satu om2 yg pakaiannya bener2 casual, pake kemeja polo garis2, celana pendek dan sandal biasa bersamaan dengan saya sedang memperhatikan wall history mazda sambil melihat gambar2 mobil mazda dari generasi ke generasi.
saya yakin dia antusias mazda dari cara dia melihat dan memperhatikan table history tersebut.
ternyata pada saat saya keluar, om tersebut sudah diluar sedang buka pintu "mazda astina" yg bener2 real beauty masih dalam keadaan terawat dan kinclong. andaikan para sales tersebut melayani om ini, bisa jadi 1 spk turun pada hari itu..
terkadang memang susah dengan sales2 yg prinsipnya hanya menunggu customer, padahal sekarang ini jamannya merebut bola..

Ahhhh... Mazda juga demikian...
Ane juga punya pengalaman yang lebih kurang sama... waktu itu belum ada duit buat beli kapal induk... jadi ya liat2 biasa doang...
Akhirnya ada sales yang dengan baik menyapa dan ngobrol.
Setaon kemudian, ane bungkus kapal induk via dia, dan beberapa (mungkin 3 orang) temen ane bungkus CX-5 via dia juga atas rekomendasi ane...
Itu yang akan ane tekan kan ke sales Honda. Kekuatan dan keuntungan sebuah relasi yang tidak didasarkan bisnis semata, melainkan didasarkan atas pelayanan yang humanis, seperti sabda bro amfibi.
kompresorz wrote:ricz wrote:Laporkan ke madcat smua aja... Scr dia antek Mazda & Honda...

wah itu sih bukan hanya mazda n honda....porsche,merci,bmw,gtr,juga silahkan melapor ke bos besar madcat...
Buseeeettt....., ane belum jadi bos om..., masih rakyat jelata...
Kalo Porsche memang ane dekat sama owner diler nya di Sby. Kalo ke sana tinggal tunjuk, dikasi unit TD dan diskon 3 digit dah...
Cuman ane belum sanggup bungkus Porsche...
BMW cuman kenal kepala cabang di HR Muhammad...
Yah, namanya juga sesama pejuang otomotif yang mencari sesuap nasi...
