Serba Serbi Ban
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 94
- Joined: Thu Nov 01, 2012 11:10
Re: angin nitrogen
kalo isi nitrogen ini, pada sesuai dengan tekanan yg tertera di door jamb nggak? atau di lebihin/kurangin beberapa psi?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: angin nitrogen
Kadang antar nitrogen di beberapa bengkel gak sama om,jadi saya netep aja di satu bengkel yg bagus pas isi nitrogennyazoroaster wrote:kalo isi nitrogen ini, pada sesuai dengan tekanan yg tertera di door jamb nggak? atau di lebihin/kurangin beberapa psi?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: angin nitrogen
Samain aja bro, tekanan uap N2 sangat rendah artinya dia tidak terlalu terpengaruh oleh naik/turunya temperature. Pastikan isi N2 nya di link yg saya kasih diatas dan juga pastikan N2 analyzernya terbaca purity >99%. Dan yg paling menentukan ban harus dikuras habis dan di vacuum supaya terbebas dari uap air (vacuum compressor tersedia di outlet tsb). Setelah diisi N2 terasa jauh berbeda dg pake angin biasa.zoroaster wrote:kalo isi nitrogen ini, pada sesuai dengan tekanan yg tertera di door jamb nggak? atau di lebihin/kurangin beberapa psi?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: angin nitrogen
Kadang2 sama2 32 psi ntar ane check sama yg gw percaya bisa lebih tekanannya,kenapa beda ya omDeasegara wrote:Samain aja bro, tekanan uap N2 sangat rendah artinya dia tidak terlalu terpengaruh oleh naik/turunya temperature. Pastikan isi N2 nya di link yg saya kasih diatas dan juga pastikan N2 analyzernya terbaca purity >99%. Dan yg paling menentukan ban harus dikuras habis dan di vacuum supaya terbebas dari uap air (vacuum compressor tersedia di outlet tsb). Setelah diisi N2 terasa jauh berbeda dg pake angin biasa.zoroaster wrote:kalo isi nitrogen ini, pada sesuai dengan tekanan yg tertera di door jamb nggak? atau di lebihin/kurangin beberapa psi?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: angin nitrogen
Alat pengukur tekanan/pressure gauge akurasinya bisa berbeda satu sama lain. Untuk dapat pengukuran yg akurat harus ditera/dikalibrasi dulu. Tapi kita kan gak harus seakurat itu, beda 1-2 psi is OK. Di outlet SPBU yg ada green Nitrogen kan ada digital pressure indicator, bisa dicompare dulu dg punya kita. Di Ace Hardware kan banyak dijual PG yg cukup bagus. Saya punya (beli di AH) hanya beda 1 psi dg punya green Nitrogen.nugroho bagor wrote:Kadang2 sama2 32 psi ntar ane check sama yg gw percaya bisa lebih tekanannya,kenapa beda ya omDeasegara wrote:Samain aja bro, tekanan uap N2 sangat rendah artinya dia tidak terlalu terpengaruh oleh naik/turunya temperature. Pastikan isi N2 nya di link yg saya kasih diatas dan juga pastikan N2 analyzernya terbaca purity >99%. Dan yg paling menentukan ban harus dikuras habis dan di vacuum supaya terbebas dari uap air (vacuum compressor tersedia di outlet tsb). Setelah diisi N2 terasa jauh berbeda dg pake angin biasa.zoroaster wrote:kalo isi nitrogen ini, pada sesuai dengan tekanan yg tertera di door jamb nggak? atau di lebihin/kurangin beberapa psi?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: angin nitrogen
@Deasegara
Kalo nitrogen di beres2 itu bisa dipertanggung jawabkan ga tuh kemurniannya om??
Ane biasa kalo abis dari beres suzuki pasti ban dikuras diisi nitrogen padahal ga minta diisikan nitrogen
Tapi ga apa2 lah mumpung gratis
Oh iya langganan ane isi nitrogen jg di green nitrogen di SPBU deket rumah
Kalo nitrogen di beres2 itu bisa dipertanggung jawabkan ga tuh kemurniannya om??
Ane biasa kalo abis dari beres suzuki pasti ban dikuras diisi nitrogen padahal ga minta diisikan nitrogen
Tapi ga apa2 lah mumpung gratis

Oh iya langganan ane isi nitrogen jg di green nitrogen di SPBU deket rumah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: angin nitrogen
Kalo yg di beres kan kita gak tau kemurnianya. Yang di green Nitrogen mereka punya N2 generator sendiri disitu kita bisa lihat kemurnian N2 nya >99% (displaynya cukup gede). Kalo pas kita cek kurang dari 99% jangan mau diisi. Tapi mereka selalu menjaga kualitas. N2 generator mereka punya 2 valves (pake solenoid) valve produk dan valve buang akan bekerja secara otomatis, apabila produknya offspec valve buang akan buka dan valve produk akan nutup. Dengan keluar duit 30 rb untuk isi awal dan recharge rp 3500 sesuailah dengan kenyamanan yg kita dapat.Jambangan wrote:@Deasegara
Kalo nitrogen di beres2 itu bisa dipertanggung jawabkan ga tuh kemurniannya om??
Ane biasa kalo abis dari beres suzuki pasti ban dikuras diisi nitrogen padahal ga minta diisikan nitrogen
Tapi ga apa2 lah mumpung gratis![]()
Oh iya langganan ane isi nitrogen jg di green nitrogen di SPBU deket rumah
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Dampak positif menggunakan nitrogen
Suhu2 SM, nubie mau nanya nih, dampak positif dari menggunakan nitrogen apa ya? Soalnya byk sekali org menggunakan nitrogen untk ban mobilnya..
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2198
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
Kalau buat ngedinginin pc manteb om pakai nitrogen
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2198
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
Serius om
Jiah ditambahin untuk ban mobil
Jiah ditambahin untuk ban mobil

Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
Copy dari Shaft 7
Keuntungan menggunakan N2 sebagai gas pengisi ban
1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang)
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang)
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin)
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata)
5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga)
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban)
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi)
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban – overpressure)
N2 sendiri sudah digunakan terlebih dahulu di arena balap, pesawat terbang dan kendaraan berat khusus, sebelum diperkenalkan ke publik untuk digunakan di kendaraan sehari-hari mobil maupun motor.
Kelemahan gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban.
1. Harga yang masih mahal
Umumnya berkisar sekitar 10ribu hingga 20ribu rupiah untuk setiap ban. Belum lagi ada tambahan biaya apabila sebelumnya gas pengisi ban tersebut bukan N2, karena harus dikuras terlebih dahulu untuk kemudian diisi gas N2. Biaya kuras berkisar sekitar 5ribu – 10ribu rupiah.
2. Perawatan
Setiap kali ban sudah terisi oleh N2, maka selanjutnya jika tekanan berkurang, sangat disarankan untuk menambahkannya dengan N2 juga.
3. Ketersediaan
Belum banyak bengkel ban yang menyediakan jasa pengisian N2.
Keuntungan menggunakan N2 sebagai gas pengisi ban
1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang)
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang)
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin)
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata)
5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga)
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban)
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi)
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban – overpressure)
N2 sendiri sudah digunakan terlebih dahulu di arena balap, pesawat terbang dan kendaraan berat khusus, sebelum diperkenalkan ke publik untuk digunakan di kendaraan sehari-hari mobil maupun motor.
Kelemahan gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban.
1. Harga yang masih mahal
Umumnya berkisar sekitar 10ribu hingga 20ribu rupiah untuk setiap ban. Belum lagi ada tambahan biaya apabila sebelumnya gas pengisi ban tersebut bukan N2, karena harus dikuras terlebih dahulu untuk kemudian diisi gas N2. Biaya kuras berkisar sekitar 5ribu – 10ribu rupiah.
2. Perawatan
Setiap kali ban sudah terisi oleh N2, maka selanjutnya jika tekanan berkurang, sangat disarankan untuk menambahkannya dengan N2 juga.
3. Ketersediaan
Belum banyak bengkel ban yang menyediakan jasa pengisian N2.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2198
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
Serius amat omnugroho bagor wrote:Copy dari Shaft 7
Keuntungan menggunakan N2 sebagai gas pengisi ban
1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang)
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang)
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin)
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata)
5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga)
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban)
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi)
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban – overpressure)
N2 sendiri sudah digunakan terlebih dahulu di arena balap, pesawat terbang dan kendaraan berat khusus, sebelum diperkenalkan ke publik untuk digunakan di kendaraan sehari-hari mobil maupun motor.
Kelemahan gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban.
1. Harga yang masih mahal
Umumnya berkisar sekitar 10ribu hingga 20ribu rupiah untuk setiap ban. Belum lagi ada tambahan biaya apabila sebelumnya gas pengisi ban tersebut bukan N2, karena harus dikuras terlebih dahulu untuk kemudian diisi gas N2. Biaya kuras berkisar sekitar 5ribu – 10ribu rupiah.
2. Perawatan
Setiap kali ban sudah terisi oleh N2, maka selanjutnya jika tekanan berkurang, sangat disarankan untuk menambahkannya dengan N2 juga.
3. Ketersediaan
Belum banyak bengkel ban yang menyediakan jasa pengisian N2.
Santai dikitlah

Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
c_adhi_k wrote:Serius amat omnugroho bagor wrote:Copy dari Shaft 7
Keuntungan menggunakan N2 sebagai gas pengisi ban
1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang)
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang)
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin)
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata)
5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga)
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban)
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi)
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban – overpressure)
N2 sendiri sudah digunakan terlebih dahulu di arena balap, pesawat terbang dan kendaraan berat khusus, sebelum diperkenalkan ke publik untuk digunakan di kendaraan sehari-hari mobil maupun motor.
Kelemahan gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban.
1. Harga yang masih mahal
Umumnya berkisar sekitar 10ribu hingga 20ribu rupiah untuk setiap ban. Belum lagi ada tambahan biaya apabila sebelumnya gas pengisi ban tersebut bukan N2, karena harus dikuras terlebih dahulu untuk kemudian diisi gas N2. Biaya kuras berkisar sekitar 5ribu – 10ribu rupiah.
2. Perawatan
Setiap kali ban sudah terisi oleh N2, maka selanjutnya jika tekanan berkurang, sangat disarankan untuk menambahkannya dengan N2 juga.
3. Ketersediaan
Belum banyak bengkel ban yang menyediakan jasa pengisian N2.
Santai dikitlah



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
Krn udah dijawab tuntas ama om Popeye... Lock thread yaaaaa..


Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
Nightster Guy wrote:Krn udah dijawab tuntas ama om Popeye... Lock thread yaaaaa..


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
Ya gapapa...Nightster Guy wrote:Krn udah dijawab tuntas ama om Popeye... Lock thread yaaaaa..
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
Makasih om sudah sharing...nugroho bagor wrote:Copy dari Shaft 7
Keuntungan menggunakan N2 sebagai gas pengisi ban
1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang)
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang)
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin)
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata)
5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga)
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban)
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi)
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban – overpressure)
N2 sendiri sudah digunakan terlebih dahulu di arena balap, pesawat terbang dan kendaraan berat khusus, sebelum diperkenalkan ke publik untuk digunakan di kendaraan sehari-hari mobil maupun motor.
Kelemahan gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban.
1. Harga yang masih mahal
Umumnya berkisar sekitar 10ribu hingga 20ribu rupiah untuk setiap ban. Belum lagi ada tambahan biaya apabila sebelumnya gas pengisi ban tersebut bukan N2, karena harus dikuras terlebih dahulu untuk kemudian diisi gas N2. Biaya kuras berkisar sekitar 5ribu – 10ribu rupiah.
2. Perawatan
Setiap kali ban sudah terisi oleh N2, maka selanjutnya jika tekanan berkurang, sangat disarankan untuk menambahkannya dengan N2 juga.
3. Ketersediaan
Belum banyak bengkel ban yang menyediakan jasa pengisian N2.
Btw nitrogen bisa bikin empuk bantingan gk?
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
Coba di motor dulu aja,Rasakan tarikkanya...........ricz wrote:Makasih om sudah sharing...nugroho bagor wrote:Copy dari Shaft 7
Keuntungan menggunakan N2 sebagai gas pengisi ban
1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang)
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang)
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin)
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata)
5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga)
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban)
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi)
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban – overpressure)
N2 sendiri sudah digunakan terlebih dahulu di arena balap, pesawat terbang dan kendaraan berat khusus, sebelum diperkenalkan ke publik untuk digunakan di kendaraan sehari-hari mobil maupun motor.
Kelemahan gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban.
1. Harga yang masih mahal
Umumnya berkisar sekitar 10ribu hingga 20ribu rupiah untuk setiap ban. Belum lagi ada tambahan biaya apabila sebelumnya gas pengisi ban tersebut bukan N2, karena harus dikuras terlebih dahulu untuk kemudian diisi gas N2. Biaya kuras berkisar sekitar 5ribu – 10ribu rupiah.
2. Perawatan
Setiap kali ban sudah terisi oleh N2, maka selanjutnya jika tekanan berkurang, sangat disarankan untuk menambahkannya dengan N2 juga.
3. Ketersediaan
Belum banyak bengkel ban yang menyediakan jasa pengisian N2.
Btw nitrogen bisa bikin empuk bantingan gk?

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
Gua gk punya motor buat kelinci percobaan...
Sebagai gantiny, gw pinjam motor om bagor aja ya...

Sebagai gantiny, gw pinjam motor om bagor aja ya...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2198
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
Serius dikit napa omnugroho bagor wrote:Coba di motor dulu aja,Rasakan tarikkanya...........ricz wrote:Makasih om sudah sharing...nugroho bagor wrote:Copy dari Shaft 7
Keuntungan menggunakan N2 sebagai gas pengisi ban
1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang)
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang)
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin)
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata)
5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga)
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban)
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi)
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban – overpressure)
N2 sendiri sudah digunakan terlebih dahulu di arena balap, pesawat terbang dan kendaraan berat khusus, sebelum diperkenalkan ke publik untuk digunakan di kendaraan sehari-hari mobil maupun motor.
Kelemahan gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban.
1. Harga yang masih mahal
Umumnya berkisar sekitar 10ribu hingga 20ribu rupiah untuk setiap ban. Belum lagi ada tambahan biaya apabila sebelumnya gas pengisi ban tersebut bukan N2, karena harus dikuras terlebih dahulu untuk kemudian diisi gas N2. Biaya kuras berkisar sekitar 5ribu – 10ribu rupiah.
2. Perawatan
Setiap kali ban sudah terisi oleh N2, maka selanjutnya jika tekanan berkurang, sangat disarankan untuk menambahkannya dengan N2 juga.
3. Ketersediaan
Belum banyak bengkel ban yang menyediakan jasa pengisian N2.
Btw nitrogen bisa bikin empuk bantingan gk?

Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
ricz wrote:Gua gk punya motor buat kelinci percobaan...
Sebagai gantiny, gw pinjam motor om bagor aja ya...




-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
Bau rendeman mode : ON



Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 578
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01
Re: Dampak positif menggunakan nitrogen
Inget jaman SD, ktnya udara kita terdiri dari 80% nitrogen... Jd pake udara biasa aja udah mirip2 atuh, jd apa bedanya? Hihihi...