Serba Serbi Ban

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

zoroaster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Thu Nov 01, 2012 11:10

Re: angin nitrogen

Post by zoroaster »

kalo isi nitrogen ini, pada sesuai dengan tekanan yg tertera di door jamb nggak? atau di lebihin/kurangin beberapa psi?
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: angin nitrogen

Post by nugroho bagor »

zoroaster wrote:kalo isi nitrogen ini, pada sesuai dengan tekanan yg tertera di door jamb nggak? atau di lebihin/kurangin beberapa psi?
Kadang antar nitrogen di beberapa bengkel gak sama om,jadi saya netep aja di satu bengkel yg bagus pas isi nitrogennya
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: angin nitrogen

Post by Deasegara »

zoroaster wrote:kalo isi nitrogen ini, pada sesuai dengan tekanan yg tertera di door jamb nggak? atau di lebihin/kurangin beberapa psi?
Samain aja bro, tekanan uap N2 sangat rendah artinya dia tidak terlalu terpengaruh oleh naik/turunya temperature. Pastikan isi N2 nya di link yg saya kasih diatas dan juga pastikan N2 analyzernya terbaca purity >99%. Dan yg paling menentukan ban harus dikuras habis dan di vacuum supaya terbebas dari uap air (vacuum compressor tersedia di outlet tsb). Setelah diisi N2 terasa jauh berbeda dg pake angin biasa.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: angin nitrogen

Post by nugroho bagor »

Deasegara wrote:
zoroaster wrote:kalo isi nitrogen ini, pada sesuai dengan tekanan yg tertera di door jamb nggak? atau di lebihin/kurangin beberapa psi?
Samain aja bro, tekanan uap N2 sangat rendah artinya dia tidak terlalu terpengaruh oleh naik/turunya temperature. Pastikan isi N2 nya di link yg saya kasih diatas dan juga pastikan N2 analyzernya terbaca purity >99%. Dan yg paling menentukan ban harus dikuras habis dan di vacuum supaya terbebas dari uap air (vacuum compressor tersedia di outlet tsb). Setelah diisi N2 terasa jauh berbeda dg pake angin biasa.
Kadang2 sama2 32 psi ntar ane check sama yg gw percaya bisa lebih tekanannya,kenapa beda ya om
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: angin nitrogen

Post by Deasegara »

nugroho bagor wrote:
Deasegara wrote:
zoroaster wrote:kalo isi nitrogen ini, pada sesuai dengan tekanan yg tertera di door jamb nggak? atau di lebihin/kurangin beberapa psi?
Samain aja bro, tekanan uap N2 sangat rendah artinya dia tidak terlalu terpengaruh oleh naik/turunya temperature. Pastikan isi N2 nya di link yg saya kasih diatas dan juga pastikan N2 analyzernya terbaca purity >99%. Dan yg paling menentukan ban harus dikuras habis dan di vacuum supaya terbebas dari uap air (vacuum compressor tersedia di outlet tsb). Setelah diisi N2 terasa jauh berbeda dg pake angin biasa.
Kadang2 sama2 32 psi ntar ane check sama yg gw percaya bisa lebih tekanannya,kenapa beda ya om
Alat pengukur tekanan/pressure gauge akurasinya bisa berbeda satu sama lain. Untuk dapat pengukuran yg akurat harus ditera/dikalibrasi dulu. Tapi kita kan gak harus seakurat itu, beda 1-2 psi is OK. Di outlet SPBU yg ada green Nitrogen kan ada digital pressure indicator, bisa dicompare dulu dg punya kita. Di Ace Hardware kan banyak dijual PG yg cukup bagus. Saya punya (beli di AH) hanya beda 1 psi dg punya green Nitrogen.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: angin nitrogen

Post by Jambangan »

@Deasegara
Kalo nitrogen di beres2 itu bisa dipertanggung jawabkan ga tuh kemurniannya om??
Ane biasa kalo abis dari beres suzuki pasti ban dikuras diisi nitrogen padahal ga minta diisikan nitrogen
Tapi ga apa2 lah mumpung gratis :mky_01:
Oh iya langganan ane isi nitrogen jg di green nitrogen di SPBU deket rumah
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: angin nitrogen

Post by Deasegara »

Jambangan wrote:@Deasegara
Kalo nitrogen di beres2 itu bisa dipertanggung jawabkan ga tuh kemurniannya om??
Ane biasa kalo abis dari beres suzuki pasti ban dikuras diisi nitrogen padahal ga minta diisikan nitrogen
Tapi ga apa2 lah mumpung gratis :mky_01:
Oh iya langganan ane isi nitrogen jg di green nitrogen di SPBU deket rumah
Kalo yg di beres kan kita gak tau kemurnianya. Yang di green Nitrogen mereka punya N2 generator sendiri disitu kita bisa lihat kemurnian N2 nya >99% (displaynya cukup gede). Kalo pas kita cek kurang dari 99% jangan mau diisi. Tapi mereka selalu menjaga kualitas. N2 generator mereka punya 2 valves (pake solenoid) valve produk dan valve buang akan bekerja secara otomatis, apabila produknya offspec valve buang akan buka dan valve produk akan nutup. Dengan keluar duit 30 rb untuk isi awal dan recharge rp 3500 sesuailah dengan kenyamanan yg kita dapat.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Dampak positif menggunakan nitrogen

Post by ricz »

Suhu2 SM, nubie mau nanya nih, dampak positif dari menggunakan nitrogen apa ya? Soalnya byk sekali org menggunakan nitrogen untk ban mobilnya..

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Dampak positif menggunakan nitrogen

Post by c_adhi_k »

Kalau buat ngedinginin pc manteb om pakai nitrogen
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Dampak positif menggunakan nitrogen

Post by ricz »

Seriusan tuh?

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Dampak positif menggunakan nitrogen

Post by c_adhi_k »

Serius om
Jiah ditambahin untuk ban mobil :D
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Dampak positif menggunakan nitrogen

Post by nugroho bagor »

Copy dari Shaft 7

Keuntungan menggunakan N2 sebagai gas pengisi ban
1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang)
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang)
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin)
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata)
5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga)
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban)
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi)
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban – overpressure)

N2 sendiri sudah digunakan terlebih dahulu di arena balap, pesawat terbang dan kendaraan berat khusus, sebelum diperkenalkan ke publik untuk digunakan di kendaraan sehari-hari mobil maupun motor.

Kelemahan gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban.
1. Harga yang masih mahal

Umumnya berkisar sekitar 10ribu hingga 20ribu rupiah untuk setiap ban. Belum lagi ada tambahan biaya apabila sebelumnya gas pengisi ban tersebut bukan N2, karena harus dikuras terlebih dahulu untuk kemudian diisi gas N2. Biaya kuras berkisar sekitar 5ribu – 10ribu rupiah.

2. Perawatan

Setiap kali ban sudah terisi oleh N2, maka selanjutnya jika tekanan berkurang, sangat disarankan untuk menambahkannya dengan N2 juga.

3. Ketersediaan

Belum banyak bengkel ban yang menyediakan jasa pengisian N2.
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Dampak positif menggunakan nitrogen

Post by c_adhi_k »

nugroho bagor wrote:Copy dari Shaft 7

Keuntungan menggunakan N2 sebagai gas pengisi ban
1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang)
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang)
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin)
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata)
5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga)
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban)
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi)
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban – overpressure)

N2 sendiri sudah digunakan terlebih dahulu di arena balap, pesawat terbang dan kendaraan berat khusus, sebelum diperkenalkan ke publik untuk digunakan di kendaraan sehari-hari mobil maupun motor.

Kelemahan gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban.
1. Harga yang masih mahal

Umumnya berkisar sekitar 10ribu hingga 20ribu rupiah untuk setiap ban. Belum lagi ada tambahan biaya apabila sebelumnya gas pengisi ban tersebut bukan N2, karena harus dikuras terlebih dahulu untuk kemudian diisi gas N2. Biaya kuras berkisar sekitar 5ribu – 10ribu rupiah.

2. Perawatan

Setiap kali ban sudah terisi oleh N2, maka selanjutnya jika tekanan berkurang, sangat disarankan untuk menambahkannya dengan N2 juga.

3. Ketersediaan

Belum banyak bengkel ban yang menyediakan jasa pengisian N2.
Serius amat om
Santai dikitlah :P
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Dampak positif menggunakan nitrogen

Post by nugroho bagor »

c_adhi_k wrote:
nugroho bagor wrote:Copy dari Shaft 7

Keuntungan menggunakan N2 sebagai gas pengisi ban
1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang)
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang)
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin)
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata)
5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga)
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban)
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi)
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban – overpressure)

N2 sendiri sudah digunakan terlebih dahulu di arena balap, pesawat terbang dan kendaraan berat khusus, sebelum diperkenalkan ke publik untuk digunakan di kendaraan sehari-hari mobil maupun motor.

Kelemahan gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban.
1. Harga yang masih mahal

Umumnya berkisar sekitar 10ribu hingga 20ribu rupiah untuk setiap ban. Belum lagi ada tambahan biaya apabila sebelumnya gas pengisi ban tersebut bukan N2, karena harus dikuras terlebih dahulu untuk kemudian diisi gas N2. Biaya kuras berkisar sekitar 5ribu – 10ribu rupiah.

2. Perawatan

Setiap kali ban sudah terisi oleh N2, maka selanjutnya jika tekanan berkurang, sangat disarankan untuk menambahkannya dengan N2 juga.

3. Ketersediaan

Belum banyak bengkel ban yang menyediakan jasa pengisian N2.
Serius amat om
Santai dikitlah :P
:mky_03: ............................. :ngacir: Salah posting ya :upss:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Dampak positif menggunakan nitrogen

Post by Nightster Guy »

Krn udah dijawab tuntas ama om Popeye... Lock thread yaaaaa..

:big_weee:
Das Beste oder nichts.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Dampak positif menggunakan nitrogen

Post by nugroho bagor »

Nightster Guy wrote:Krn udah dijawab tuntas ama om Popeye... Lock thread yaaaaa..

:big_weee:
:mrgreen: Wah emang gw g boleh serius ya :big_weee:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Dampak positif menggunakan nitrogen

Post by ricz »

Nightster Guy wrote:Krn udah dijawab tuntas ama om Popeye... Lock thread yaaaaa..

:big_weee:
Ya gapapa...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Dampak positif menggunakan nitrogen

Post by y_anjasrana »

ya gapapa... :mky_07:
Accurate V5 Accounting System Consultant
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Dampak positif menggunakan nitrogen

Post by ricz »

nugroho bagor wrote:Copy dari Shaft 7

Keuntungan menggunakan N2 sebagai gas pengisi ban
1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang)
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang)
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin)
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata)
5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga)
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban)
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi)
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban – overpressure)

N2 sendiri sudah digunakan terlebih dahulu di arena balap, pesawat terbang dan kendaraan berat khusus, sebelum diperkenalkan ke publik untuk digunakan di kendaraan sehari-hari mobil maupun motor.

Kelemahan gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban.
1. Harga yang masih mahal

Umumnya berkisar sekitar 10ribu hingga 20ribu rupiah untuk setiap ban. Belum lagi ada tambahan biaya apabila sebelumnya gas pengisi ban tersebut bukan N2, karena harus dikuras terlebih dahulu untuk kemudian diisi gas N2. Biaya kuras berkisar sekitar 5ribu – 10ribu rupiah.

2. Perawatan

Setiap kali ban sudah terisi oleh N2, maka selanjutnya jika tekanan berkurang, sangat disarankan untuk menambahkannya dengan N2 juga.

3. Ketersediaan

Belum banyak bengkel ban yang menyediakan jasa pengisian N2.
Makasih om sudah sharing...

Btw nitrogen bisa bikin empuk bantingan gk?

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Dampak positif menggunakan nitrogen

Post by nugroho bagor »

ricz wrote:
nugroho bagor wrote:Copy dari Shaft 7

Keuntungan menggunakan N2 sebagai gas pengisi ban
1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang)
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang)
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin)
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata)
5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga)
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban)
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi)
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban – overpressure)

N2 sendiri sudah digunakan terlebih dahulu di arena balap, pesawat terbang dan kendaraan berat khusus, sebelum diperkenalkan ke publik untuk digunakan di kendaraan sehari-hari mobil maupun motor.

Kelemahan gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban.
1. Harga yang masih mahal

Umumnya berkisar sekitar 10ribu hingga 20ribu rupiah untuk setiap ban. Belum lagi ada tambahan biaya apabila sebelumnya gas pengisi ban tersebut bukan N2, karena harus dikuras terlebih dahulu untuk kemudian diisi gas N2. Biaya kuras berkisar sekitar 5ribu – 10ribu rupiah.

2. Perawatan

Setiap kali ban sudah terisi oleh N2, maka selanjutnya jika tekanan berkurang, sangat disarankan untuk menambahkannya dengan N2 juga.

3. Ketersediaan

Belum banyak bengkel ban yang menyediakan jasa pengisian N2.
Makasih om sudah sharing...

Btw nitrogen bisa bikin empuk bantingan gk?
Coba di motor dulu aja,Rasakan tarikkanya........... :ngacir:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Dampak positif menggunakan nitrogen

Post by ricz »

Gua gk punya motor buat kelinci percobaan...

Sebagai gantiny, gw pinjam motor om bagor aja ya...

:ngacir:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Dampak positif menggunakan nitrogen

Post by c_adhi_k »

nugroho bagor wrote:
ricz wrote:
nugroho bagor wrote:Copy dari Shaft 7

Keuntungan menggunakan N2 sebagai gas pengisi ban
1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang)
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang)
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin)
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata)
5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga)
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban)
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi)
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban – overpressure)

N2 sendiri sudah digunakan terlebih dahulu di arena balap, pesawat terbang dan kendaraan berat khusus, sebelum diperkenalkan ke publik untuk digunakan di kendaraan sehari-hari mobil maupun motor.

Kelemahan gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban.
1. Harga yang masih mahal

Umumnya berkisar sekitar 10ribu hingga 20ribu rupiah untuk setiap ban. Belum lagi ada tambahan biaya apabila sebelumnya gas pengisi ban tersebut bukan N2, karena harus dikuras terlebih dahulu untuk kemudian diisi gas N2. Biaya kuras berkisar sekitar 5ribu – 10ribu rupiah.

2. Perawatan

Setiap kali ban sudah terisi oleh N2, maka selanjutnya jika tekanan berkurang, sangat disarankan untuk menambahkannya dengan N2 juga.

3. Ketersediaan

Belum banyak bengkel ban yang menyediakan jasa pengisian N2.
Makasih om sudah sharing...

Btw nitrogen bisa bikin empuk bantingan gk?
Coba di motor dulu aja,Rasakan tarikkanya........... :ngacir:
Serius dikit napa om
:ngacir:
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Dampak positif menggunakan nitrogen

Post by nugroho bagor »

ricz wrote:Gua gk punya motor buat kelinci percobaan...

Sebagai gantiny, gw pinjam motor om bagor aja ya...

:ngacir:
:mky_03: Gw lebih sayang motor gw :big_weee: No body touch :big_smoking: Bisa geter your 2 Balls :wkkk:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Dampak positif menggunakan nitrogen

Post by ricz »

Bau rendeman mode : ON

:ngacir: :ngacir:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Dampak positif menggunakan nitrogen

Post by hitutbaw »

Inget jaman SD, ktnya udara kita terdiri dari 80% nitrogen... Jd pake udara biasa aja udah mirip2 atuh, jd apa bedanya? Hihihi...