AWD punya low range gear?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: AWD punya low range gear?

Post by andy1800 »

@maskopat
icic :off_good_job:
Berarti mmg keunggulan PS ya, ada LSD di gardan blkg. Di fortuner gak ada.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: AWD punya low range gear?

Post by billyd1773dz »

andy1800 wrote:@maskopat
icic :off_good_job:
Berarti mmg keunggulan PS ya, ada LSD di gardan blkg. Di fortuner gak ada.
Fortuner ada LSDnya dblkng om....... cuma pke model clucth ................. ngandalin friksi bwat ngebagi daya kanan kirinya..

klw PS pke Torsen, ngandalin gear bwat ngebagi dayanya......

clutch bisa aus sejalan dgn umur, gear engga or relatip jauh lebih lama..

yg clutch perlu oli khusus, gear engga


cek aja di youtube bnyk kok penjelasan n video torsen LSD........

detroit truetrac salah satu penyedia aftermarket Torsen LSD.....


konon PS ABS dan software EBDnya jg uda di kalibrasi bwat ngebantu kerja LSD....... klw selip ebd nya nge distribusiin brake force lebih banyak ke ban yg hilang traksi... kya kontrol traksi gtu.




Fortuner 4x4 itu fulltime, g ada 2Hnya. ane perasaan uda tulis di atas juga deh... hehehe :D


PS syang low gear nya kurang low......... bwat oprut bisa ribet susah ngerayap....


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: AWD punya low range gear?

Post by maskopat »

billyd1773dz wrote:
andy1800 wrote:@maskopat
icic :off_good_job:
Berarti mmg keunggulan PS ya, ada LSD di gardan blkg. Di fortuner gak ada.
Fortuner ada LSDnya dblkng om....... cuma pke model clucth ................. ngandalin friksi bwat ngebagi daya kanan kirinya..

klw PS pke Torsen, ngandalin gear bwat ngebagi dayanya......

clutch bisa aus sejalan dgn umur, gear engga or relatip jauh lebih lama..

yg clutch perlu oli khusus, gear engga


cek aja di youtube bnyk kok penjelasan n video torsen LSD........

detroit truetrac salah satu penyedia aftermarket Torsen LSD.....


konon PS ABS dan software EBDnya jg uda di kalibrasi bwat ngebantu kerja LSD....... klw selip ebd nya nge distribusiin brake force lebih banyak ke ban yg hilang traksi... kya kontrol traksi gtu.




Fortuner 4x4 itu fulltime, g ada 2Hnya. ane perasaan uda tulis di atas juga deh... hehehe :D


PS syang low gear nya kurang low......... bwat oprut bisa ribet susah ngerayap....


:beer:
PS kalo gak salah 1:1.9 low gearnya... kalo fortie 1:2.4-an... dan gear ratio PS juga rada halus kalo yang matic...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: AWD punya low range gear?

Post by andy1800 »

oo mlh gitu ya Billy...icic :thanks:

tdnya ane msh beras aneh sih klo mitsu mendeploy Torsen. scara torsen ini kan merk dagang ya. jd mestinya 'bayar royalti' ke Gleason Corporation. soalnya selama ini mitsu sukanya pakai LSD type Visco.
sdgkan audi, toyota, dll gitu mmg suka makai Torsen.


ok sip sip :off_good_job:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: AWD punya low range gear?

Post by billyd1773dz »

andy1800 wrote:oo mlh gitu ya Billy...icic :thanks:

tdnya ane msh beras aneh sih klo mitsu mendeploy Torsen. scara torsen ini kan merk dagang ya. jd mestinya 'bayar royalti' ke Gleason Corporation. soalnya selama ini mitsu sukanya pakai LSD type Visco.
sdgkan audi, toyota, dll gitu mmg suka makai Torsen.


ok sip sip :off_good_job:
torsen kebanyakan dipke d sedan gan......... :D

memang lebih baik dri clutch ngebagi dayanya. dulu sales d jkt suka rancu pesenya detroit locker dikasihnya truetrac................ kekeuh lagi dia bilang ini locker.... testi yg uda make truetrac jg memang galak kya locker otomatis, tp sangat halus.

klw toyota yg 4x4 sih dri dulu selalu pke clutch sampai jaman prado120

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: AWD punya low range gear?

Post by Turboman »

billyd1773dz wrote: Fortuner ada LSDnya dblkng om....... cuma pke model clucth ................. ngandalin friksi bwat ngebagi daya kanan kirinya..

klw PS pke Torsen, ngandalin gear bwat ngebagi dayanya......

clutch bisa aus sejalan dgn umur, gear engga or relatip jauh lebih lama..

yg clutch perlu oli khusus, gear engga

cek aja di youtube bnyk kok penjelasan n video torsen LSD........

detroit truetrac salah satu penyedia aftermarket Torsen LSD.....

konon PS ABS dan software EBDnya jg uda di kalibrasi bwat ngebantu kerja LSD....... klw selip ebd nya nge distribusiin brake force lebih banyak ke ban yg hilang traksi... kya kontrol traksi gtu.

Fortuner 4x4 itu fulltime, g ada 2Hnya. ane perasaan uda tulis di atas juga deh... hehehe :D

PS syang low gear nya kurang low......... bwat oprut bisa ribet susah ngerayap....

:beer:
Nah mantap nih postingan yg spt ini......benar postingan bergizi tinggi :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright:

Nubie izin save yah um billy, monggo sering2 posting hal2 spt ini :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: AWD punya low range gear?

Post by andy1800 »

billyd1773dz wrote:
andy1800 wrote:oo mlh gitu ya Billy...icic :thanks:

tdnya ane msh beras aneh sih klo mitsu mendeploy Torsen. scara torsen ini kan merk dagang ya. jd mestinya 'bayar royalti' ke Gleason Corporation. soalnya selama ini mitsu sukanya pakai LSD type Visco.
sdgkan audi, toyota, dll gitu mmg suka makai Torsen.


ok sip sip :off_good_job:
torsen kebanyakan dipke d sedan gan......... :D

memang lebih baik dri clutch ngebagi dayanya. dulu sales d jkt suka rancu pesenya detroit locker dikasihnya truetrac................ kekeuh lagi dia bilang ini locker.... testi yg uda make truetrac jg memang galak kya locker otomatis, tp sangat halus.

klw toyota yg 4x4 sih dri dulu selalu pke clutch sampai jaman prado120

:beer:
ic.. :thanks:

sdgkan kalau yg di Centre Diff nya fortuner, jelas pakai Torsen kan Bill?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: AWD punya low range gear?

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:
billyd1773dz wrote: Fortuner ada LSDnya dblkng om....... cuma pke model clucth ................. ngandalin friksi bwat ngebagi daya kanan kirinya..

klw PS pke Torsen, ngandalin gear bwat ngebagi dayanya......

clutch bisa aus sejalan dgn umur, gear engga or relatip jauh lebih lama..

yg clutch perlu oli khusus, gear engga

cek aja di youtube bnyk kok penjelasan n video torsen LSD........

detroit truetrac salah satu penyedia aftermarket Torsen LSD.....

konon PS ABS dan software EBDnya jg uda di kalibrasi bwat ngebantu kerja LSD....... klw selip ebd nya nge distribusiin brake force lebih banyak ke ban yg hilang traksi... kya kontrol traksi gtu.

Fortuner 4x4 itu fulltime, g ada 2Hnya. ane perasaan uda tulis di atas juga deh... hehehe :D

PS syang low gear nya kurang low......... bwat oprut bisa ribet susah ngerayap....

:beer:
Nah mantap nih postingan yg spt ini......benar postingan bergizi tinggi :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright:

Nubie izin save yah um billy, monggo sering2 posting hal2 spt ini :mrgreen:
hiks jadi malu... :ungg:
biasanya ane yg terkesima sma post n blog nya om turbo :mky_02:


hehehe PS perlu oli gardan blkng khsus LSD g sih om d service manualnya? pernah liat ada yg nyaranin, tp ngeliat yg lain, mestinya torsen g perlu....... ini d PS 4x2 lg... hmmmmmmmm

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: AWD punya low range gear?

Post by billyd1773dz »

andy1800 wrote:
billyd1773dz wrote:
andy1800 wrote:oo mlh gitu ya Billy...icic :thanks:

tdnya ane msh beras aneh sih klo mitsu mendeploy Torsen. scara torsen ini kan merk dagang ya. jd mestinya 'bayar royalti' ke Gleason Corporation. soalnya selama ini mitsu sukanya pakai LSD type Visco.
sdgkan audi, toyota, dll gitu mmg suka makai Torsen.


ok sip sip :off_good_job:
torsen kebanyakan dipke d sedan gan......... :D

memang lebih baik dri clutch ngebagi dayanya. dulu sales d jkt suka rancu pesenya detroit locker dikasihnya truetrac................ kekeuh lagi dia bilang ini locker.... testi yg uda make truetrac jg memang galak kya locker otomatis, tp sangat halus.

klw toyota yg 4x4 sih dri dulu selalu pke clutch sampai jaman prado120

:beer:
ic.. :thanks:

sdgkan kalau yg di Centre Diff nya fortuner, jelas pakai Torsen kan Bill?
klw liat d literatur sih hilux surf pke torsen, kemungkinan besar torsen juga... :D

biasanya centerdiff itu antara viscous coupling,Torsen differential, multi-plate hydraulic clutch , pling sering sih viscouscoupling..... :D d literaturnya superselect mitsu di bilang pke viscous coupling.



kelemahan torsen, klw salah satu axle hilang 100% torsi/bebannya kya klw ban ngegantung g napak, d es super licin, lsd jadi g jalan n jd g bisa ngebagi daya k axle yg ada beban... jd cocok d kombinasiin dgn brake. bwat ngejaga torque/beban..

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: AWD punya low range gear?

Post by andy1800 »

cocok Billy :off_good_job:

nah tu dia makanya ane masih merasa aneh ....ketika td diinfokan bhw LSD blkg nya PS tu pakainya Torsen *) pdhl di Centre Diff nya dia jelas2 pakai Viscous. . Mitsu kayaknya jg blm punya tradisi pakai Torsen sblum2nya.....sdgkan si fortuner jelas2 di Differential Tengah dia pakai Torsen (zyxel punya klo ga salah), tp di Differential Belakang diinfokan dia pakai clutch.

ngapain jg mereka msg2 tu di satu mobil aja mereka bedain anatra Tengah ama Belakang gitu ya Bill? :e-think:


:beer:




note
*) klo yg dakar 4x2 nya sih, LSD blkgnya jelas dinyatakan Viscous oleh mitsu. dia istilahkan dg Hybrid LSD
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: AWD punya low range gear?

Post by billyd1773dz »

andy1800 wrote:cocok Billy :off_good_job:

nah tu dia makanya ane masih merasa aneh ....ketika td diinfokan bhw LSD blkg nya PS tu pakainya Torsen *) pdhl di Centre Diff nya dia jelas2 pakai Viscous. . Mitsu kayaknya jg blm punya tradisi pakai Torsen sblum2nya.....sdgkan si fortuner jelas2 di Differential Tengah dia pakai Torsen (zyxel punya klo ga salah), tp di Differential Belakang diinfokan dia pakai clutch.

ngapain jg mereka msg2 tu di satu mobil aja mereka bedain anatra Tengah ama Belakang gitu ya Bill? :e-think:


:beer:




note
*) klo yg dakar 4x2 nya sih, LSD blkgnya jelas dinyatakan Viscous oleh mitsu. dia istilahkan dg Hybrid LSD
klw PS kan di sebutnya hybrid LSD isinya torque sensing + Viscouscoupling + ABS hehehe komplit gtu yah.... :D

Image

some said.... unit carrier adalah TorsenLSD karna pakai helical gear yg di bantu VCU bwat memberi beban di axle kanan dan kiri... dan di bantu ABS jg d kondisi ban ngangkat di mana VCU uda g bisa... :D

rumit amet :frm_bang_head:

foto unit Hybrid LSD jg jelas ini geared helical a.k.a torsen
Image


klw toyota... lucunya d ubek2 klw pke kata fortuner, keluarnya torsen lsd tp refer to center diff ..... rear LSD aja suka g disebut jgn kan typenya wkwkwk :D

terus nemu ini
http://www.euro4x4parts.com/parts/pkl10 ... d_kit.html
http://www.euro4x4parts.com/parts/pkl10 ... d_kit.html
Rear LSD rebuilt kit for Hilux KDN165 D4D 2005> dan prado 120 KDJ125 2002>
disana d komponen reparikitnya ada clutch plate...... :D

yg bisa di repair gini sih memang lsd clutch, torsen engga.


munggkin aja setelah itu ada yg uda pke torsen lsd rear axle.. atw langsung ke elektrik locker
d fortuner g tw jg g jelas.... liat aja di service manualnya type oilnya apa... :D oli biasa atw lsd comply.. :D klw d PS mungkin butuh bwat VCUnya.


VCU beda yah dgn Clutch... :D VCU itu speedsensing, Clutch itu torquesensing...

Speedsensing lainya itu gerotor pump di vari-lok Jeep grandcherokee, Torque Sensing satu lagi ya geared helical gear atau wormgear yg di kenal Torsen/Truetrac dll

cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: AWD punya low range gear?

Post by andy1800 »

:off_good_job:
ic ic .. sip Billy... thanks :thanks:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: AWD punya low range gear?

Post by maskopat »

mulai gak mudeng deh....

om billy, kalo untuk diff depan, kayak PS atau fortie itu ada LSD after market gak?
trus kalo LSD di diff belakang diganti dengan locker bisa gak?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: AWD punya low range gear?

Post by andy1800 »

Sambil nggu billy nongol...ane duga sbenenrya hari gini ketika udah ada LSD system, maka locker di gardan mnjd gak worth it...terutama masalah kesulitan di oprasinya/metoda meng-engage-nya. Pdhl secara fungsi, locker tu udah bs diambil alih sm LSD, dg keunggulan penting LSD adlh ga perlu dioperasikan lg, dah bekerja dg sendirinya dia, gak perlu repot dan rumit...
Gitu nggak?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: AWD punya low range gear?

Post by maskopat »

andy1800 wrote:Sambil nggu billy nongol...ane duga sbenenrya hari gini ketika udah ada LSD system, maka locker di gardan mnjd gak worth it...terutama masalah kesulitan di oprasinya/metoda meng-engage-nya. Pdhl secara fungsi, locker tu udah bs diambil alih sm LSD, dg keunggulan penting LSD adlh ga perlu dioperasikan lg, dah bekerja dg sendirinya dia, gak perlu repot dan rumit...
Gitu nggak?
bayangan ane juga gitu sih Pak... tapi tampaknya akan ada suatu keunggulan locker dibanding LSD....
kita tunggu nara sumber kita....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: AWD punya low range gear?

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:mulai gak mudeng deh....

om billy, kalo untuk diff depan, kayak PS atau fortie itu ada LSD after market gak?
trus kalo LSD di diff belakang diganti dengan locker bisa gak?
LSD aftermarket bwat axle dpn..... mestinya ada :D detroit truetrac bikin klw g salah.

bisa bngt.. ARB ada tu bwat PS n Fortuner dpn blkng.
andy1800 wrote:Sambil nggu billy nongol...ane duga sbenenrya hari gini ketika udah ada LSD system, maka locker di gardan mnjd gak worth it...terutama masalah kesulitan di oprasinya/metoda meng-engage-nya. Pdhl secara fungsi, locker tu udah bs diambil alih sm LSD, dg keunggulan penting LSD adlh ga perlu dioperasikan lg, dah bekerja dg sendirinya dia, gak perlu repot dan rumit...
Gitu nggak?
hmmm tergantung y om, gmn jalur track oprut na, kendaraan n penggunaanya.

LSD Torquesensing tetep ada kelemahan, klw beban dsatu sisi jadi hilang sama sekali karna ban ngangkat d udara, tetep aja seluruh tenaga jadi kebuang ke sana. mbl ga gerak.... solusinya tinggal teken rem halus aja *g mesti ada abs or ebd* biar jd beban/torsi dri roda, torsen langsung bisa ngasih daya lagi ke ban yg punya traksi. klw pke matic sih lewat jalur tricky ampir pasti kaki kiri di pedal rem terus... hehe jd torsen bisa sering aktif :D

loh sama dgn open diff dunk? engga juga, open diff benar2 tidak menyisakan torsi ke sisi yg punya traksi... dia selalu mengarahkan torsi ke sisi yg teringan........ di Torsen tergantung ratio helical gear dan worm gearnya... jika 5:1 maka dia memberikan torsi hingga 5x lebih banyak ke sisi yang traksinya lebih baik dri torsi yg d berikan ke sisi yg traksinya rendah.... :D *torsi bukan putaran yah* semakin tinggi ratio, tractive effort semakin besar, dan semakin mampu memberi toleransi selisih traksi di kedua sisi...... :D namun semakin galak saat di pakai harian. torque bias bisa di atur dgn mangganti ratio
d open diff dan clutch di rem juga g ngaruh... kecuali ada EBD n TC yg cerdas yg bisa ngerem ban yg ngangkat/g dapat traksi.

LSD clutch sih secara fisik mirip dgn open diff biasa, hanya di tambah clutch set di spidergear, dan spring d tengahnya yg berfungsi neken spider gear ke clutch td..... jadi ya untuk terjadi slip, dia hrs bergesekan dulu dgn clutchnya bru bisa slip... clutch masih baik ya fungsinya bagus. bgtu uda aus dia makin mirip dgn opendiff..... perkembanganya, spring ada yg di ganti magnet yg jauh lebih kuat hingga bisa hampir ngunci spidergear... fungsi magnet bisa di on dan off..... jadi deh di sebut locker oleh auburn ected, saat off dia jd lsd clutch, on jd locker clutch... syangnya bnyk yg g suka.. selain clutch bisa aus.. saat on juga lockernya tidak 100% ngunci selayaknya locker, trutama saat mulai aus.

LSD Speedsensing VCU, dia memanfaatkan kekentalan fluida untuk mendeteksi perbedaan kecepatan di kedua sisi diff, jika terjadi perbededaan kecepatan fluida makin kental dan menjadi gesekan sehingga maksa sisi yg lebih lambat *punya traksi* untuk berputar juga dan saling mengunci. kelemahanya.......... dia harus selip dulu.... dan ada jeda waktu sampai dia bisa ngebagi torsi ke yang punya traksi. Lag yg terjadi sering mengganggu karna perubahan karakter kendaraan yg tiba2... atau telat aktif dan ban keburu ngegali dan terlanjur stuck. perkembangannya tentu lag bisa dipangkas hingga tak terasa bahkan ada yg membuatnya aktif terus menerus dgn pembagian torsi yg berbeda.. :D namun secara teknis tetap dia hrs selip dulu baru bisa aktif beda dgn torsen yang dia kerja sebelum terjadi slip. VCU mirip dgn torque converter d GB AT.

LSD gerotor pump sama nunggu ada speed difference baru dia memompa oli untuk menekan Clutch agar torsi bisa di transfer ke sisi yang punya traksi lebih baik. perkembanganya sudah menggunakan komputer.


nah............ jd keliat kan kelemahan sistem2 LSD? LSD lebih simple? engga juga kan ada jg yg lebih rumit... :D

imho jd ada 2 macem yah LSD dan locker tu yg pasif dan aktif.... yg pasif tu yg jalan terus menerus kaya lsd torsen, yg aktif itu yg aktifnya hanya kondisi tertentu saja... umumnya pasif dan yg geared mekanis lebih simple dan durable

Locker juga ada yang amat sangat simple, dan ada yang sangat rumit.......... :D

yg namanya locker sisi kanan kiri ya harus benar2 bisa ngunci 100% bukan dikunci dri friksi fluida ataw clutch yg masih bisa geser, alhasil pembagian torsi selalu sama kapan pun tampa kecuali.

yg simple ya opendiff di las... beres jadi locker g perlu di apa2in lagi.. :D ada jg yg isinya cuma dudukan FG dan batang besi polos *spool locker* yg ngehubungin sisi kanan dan kiri.... :D ada yg masih bisa unlock saat tidak d beri torsi dan masih bisa satu sisi berputar lebih cepat untuk belok secara otomatis lewat mekanisme spring dan sudut gear spool kya detroit softlocker.... :D locker pasif biasanya sangat simple... lebih simple dari opendiff sekalipun terlebih sistem LSD....

kelemahanya yah.... yg lock only g bisa unlock...d aspal report,oprut juga hrs nyesuiin dulu ada yg masih bisa unlock saat d angkat gas dan belok.... :D sangat pengaruh ke handling dan cara kta bawanya.

ada jg yg suka di sebut lunchbox locker..... locker drop-in jd carrier opendiff/lsd clutch asli sidegearnya di ganti gear spool jd deh locker otomatis kya detroit.. harga jg murah, karna pke carrier aslinya.. kelemahanya.. ya kurang kuat.. carrier aslinya sering retak karna g sanggup nahan stress locker.

yg rumit biasanya locker aktif yg selectable :D :D biasanya butuh mekanisme pengunci yg bisa open dan lock... :D
konstruksinya tidak sekuat locker pasif. padahal beban ke mekanisme locker sangat tinggi apalagi klw dipakai dgn kasar. jadi perlu di pakai dgn apik dan hati2... dan perlu perawatan tambahan di mekanisme actuator nya.

semua locker akan mengunci semua differential mati, bearti torsi yg d terima d satu sisi akan di sebar kesmua,tampa ada torsi yg terbuang......jadi beban dan stress ke komponen jadi maksimal... kalau di pakai kasar tinggal pa kuat -kuat aja komponennya. yg rusak bisa jadi bukan lockernya, g jarang as roda patah atau transfercase nya jebol karna penggunan locker yg salah.

skrng y gmn keperluan ajah........ Kelebihan n kelemahan LSD bisa di terima engga... klw engga ya pakai locker dgn catatan td... :D


imho main lumpur di indo sih LSD Torsen juga uda cukup.... travel suspensi aja panjangin wkwkw :D bwat yg IFS bisa jadi yg dpn sering ngangkat karna low travel, klw di pke main extreme itu juga.... pke locker aktif ya boleh aja asal hati2 karna axle ifs jauh lebih lemah dari rigid.... lebih wise biarkan open ajah, klw uda stuck ya winch aja g perlu ngotot..... :D toh klw pun pke locker traksi di ban depan dri 1 roda belom tentu bisa ngangkat body SUV segede PS/fortuner yg berat. apalagi di d tempat licin...klw pke LSD torsen di depan juga sedikit banyak bisa berpengaruh ke handling d tempat licin.

ini pilihan masing2 ajah hehe :D

klw mau rockcrawling ya cocok pke locker.... :D

cmiiw
thx smoga berguna :D
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: AWD punya low range gear?

Post by maskopat »

mantap om Bil.... :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
jadi kembali lagi gimana karakter driver dan jalanannya ya...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: AWD punya low range gear?

Post by andy1800 »

nah, sip sip. kebayang "masalah2" spesifiknya... thanks Billy... :thanks:
yup ane kebayangnya/semesta berpikirnya cm dlm kondisi "off-roader" std, spt ane2 gini.. penyuka offroad average, offroad adventure, lintasan ringan sampai medium, dan non kompetisi (singkat kata buat main lumpur di indo, spt istilahnya Billy itu: tipe "kalau udah stuck ya ga maksa, main winch aja").
dan oleh pabrikan mmg ini pasar yg disasar. bagaimanapun ini pasar terbesar. maka dikasih yg kek yg ada skrg ini udah cukup biasanya. ya spt yg dijelasin Billy diatas. :frm_tumbright:

sdgkan klo utk offroad kelas berat, dan kebutuhan2 offroad spesifik, tentu saja nyaris semua jip msh butuh di modif in some details.

mgkin yg dah gak butuh dimodif apa2 lg adlh H1 sipil?
*jgn bicara yg HMMWV ya, secara itu dibikin spesifik utk military.




omong2, klo utk LC terutama 80, 100, 200, bahkan LX, itu mounting point buat winch nya udah disiapin sm pabrikan apa diserahin sepenuhnya ke aftermarket sih desainnya?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: AWD punya low range gear?

Post by billyd1773dz »

andy1800 wrote:nah, sip sip. kebayang "masalah2" spesifiknya... thanks Billy... :thanks:
yup ane kebayangnya/semesta berpikirnya cm dlm kondisi "off-roader" std, spt ane2 gini.. penyuka offroad average, offroad adventure, lintasan ringan sampai medium, dan non kompetisi (singkat kata buat main lumpur di indo, spt istilahnya Billy itu: tipe "kalau udah stuck ya ga maksa, main winch aja").
dan oleh pabrikan mmg ini pasar yg disasar. bagaimanapun ini pasar terbesar. maka dikasih yg kek yg ada skrg ini udah cukup biasanya. ya spt yg dijelasin Billy diatas. :frm_tumbright:

sdgkan klo utk offroad kelas berat, dan kebutuhan2 offroad spesifik, tentu saja nyaris semua jip msh butuh di modif in some details.

mgkin yg dah gak butuh dimodif apa2 lg adlh H1 sipil?
*jgn bicara yg HMMWV ya, secara itu dibikin spesifik utk military.




omong2, klo utk LC terutama 80, 100, 200, bahkan LX, itu mounting point buat winch nya udah disiapin sm pabrikan apa diserahin sepenuhnya ke aftermarket sih desainnya?
iyah om.. imho stdnya fortuner/PS jg uda cukup sih.... di kasih winch ajah yg bagus n kuat jg ban yg mantep.... :D bwat di indo d kasih locker imho engga terlalu signifikan bedanya... apalagi di banding biaya n resikonya... :hammer:


Humvee itu suv pertama yg pke LSD torsen dpn blkng.. wkwkwk :D


mbl yg g butuh di modip lagi? g ada deh.. semuanya perlu minimal ganti ban... hehe :D

klw selain ganti ban...... ga ada juga... tergantung mw di pake dmn.... :D kan beda2 resepnya

klw bwat di indo.......mbl baru *yg masih produksi* yah, ya fortuner/ps jg cukup kok ganti ban pasang winch ajah...... klw mw main lebih berat yg pertama rollbar dulu.

klw mbl thn <00 bekas.... ane sih tetep pegang XJ yg list modipnya pling pendek hehehe :D

cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: AWD punya low range gear?

Post by maskopat »

kenapa XJ dikit dimodif om Bil? kalo LC80 atau FJ40 gimana? kalo defender?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: AWD punya low range gear?

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:kenapa XJ dikit dimodif om Bil? kalo LC80 atau FJ40 gimana? kalo defender?
soalnya............ tenaga uda gede, suspensi uda relatip nyaman, size MWB, axle lebar, radius putar kecil, bonggol axle kecil, groundclearence tinggi,gb ada AT n MT,LSD,monoque,low center of gravity,light weight, stock suspensi 5link uda long travel n lentur,center diff komplit fulltime+partime+2wd,kualitas kabin tergolong manusiawi d jamanya,5seater + bagasi masih gede,handling highspeed mantap.. bwat ngebut enak,bwat ngerayap enak,..... ban 33" oprut ready atep masih pendek ga takut masuk basement :D hehe :D yg ini *priceless*

mw adventure mantep..
mw speed mantep..
mw rockcrawling mantep..
mw mejeng mantep..
mw cityslicker mantep..
mw ke ondangan mantep..

tampa swap ke lain merk n las mengelas...
coil rivalnya mw long travel mesti di rombak suspensi,swap engine dll :2gunfire:

cocok bwat concept all round performer. one car for all :D

kelemahan XJ, axlenya 27spline.. so so, cukup kuat bwat di hajar2 pke ban 33", tp g boleh pke size lebih dri itu klw mw d hajar sih. engine elektronis tergolong uda canggih... :D ya sama aja sih, mbl lain juga yg bensin ecu sih or diesel ecu. 2nd row sempitt


kyanya gw uda sering ngoceh xj de.... hmmmmmmm :mky_03:

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: AWD punya low range gear?

Post by billyd1773dz »

ngomong2 triton HD-X di indo pke locker otomatis ternyata.............. M-Locker/G80 buatan eaton :D

liat cara kerjanya, ternyata pke clutch jg jd just stronger LSD... speedsensing, hanya aktif kecepatan rendah sekitar <20mph,... dan triggernya hanya pke pin dgn per yg d gerakin force centrifugal bgtu ada speed different lebih dri kira2 100rpm..... d luar itu selalu unlock jd mestinya g ada masalah dgn belokan... :D karna pke clutch g akan sekasar locker.

ini dpke d juga d cheavy silverado n colorado*US*/gmc canyon d amrik :D *eaton G80* syangnya... bnyk keluhan soal durability dan naturenya yg aktif hanya d low speed, dan butuh speed difference bru aktif kadang2 jeda hingga 1s, kadang karna guncangan lepas sendiri, atau tiba2 aktif. pin actuatornya jg rada nyeremin sizenya ... :D d sono bnyk yg ngeluh n lebih nyaranin truetrac or detroit softlocker... bwat d siksa :D

mungkin bnyk yg jebol imho sih karna boil sana umumnya pake monster V8 wkwkwk :D

mungkin bwat tenaga 4M40 HD-X sih g bakal masalah... :D

sop safety offroad driving mesti di training ulang,biasanya klw selip angkat gas,biar g ngegali n ngerusak.... pke locker ini slip musti tetep d gas 1-2s biar lockernya aktif dulu wkwkw

:mky_04:
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz