

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
haiiizzzz...dah melipir2 diem2 kip sailen biar gak kena hina2, kok mlh dibilang2..MitshuToyo wrote:Iya setuju.. mbl apapun kl dihajar dr samping setinggi itu mana ada yg selamat..andy1800 wrote:turut prihatin
blm denger ada yg bilang pecah ban sbg titik picu kejadian.
nampaknya mmg scara profil pengemudi Juke adalh pengebut.. terindikasi dr upload foto speedometer 160 kmpj, dan fotonya pegang jack daniel diblkg kemudi.. meskipun profil ini entah ada hub. lsg atau tdk. not known yet.
jd secara sederhanya kebayangnya adalh: pd saat itu Juke ngebut, lalu pd suatu saat, di skitar ruas Kopo (tol padalarang-cileunyi Bandung) tsb dia gak bs mengendalikan mobilnya. terbelok ke kanan, melintasi pembatas yg berupa gundukan tanah, shg terbang setinggi badan atas Xenia.
hasil spt pada foto2 yg ada: kondisi Juke kabinnya utuh. Xenia 'hilang' badannya sebatas lantai.
Btw itu adik kelas sampeyan mase.. iseng search di google ada foto drivernya heheh... umur br 18 pastinya sim juga baru..
OOOOooo satu almamater dengan pandi????andy1800 wrote:haiiizzzz...dah melipir2 diem2 kip sailen biar gak kena hina2, kok mlh dibilang2..MitshuToyo wrote:Iya setuju.. mbl apapun kl dihajar dr samping setinggi itu mana ada yg selamat..andy1800 wrote:turut prihatin
blm denger ada yg bilang pecah ban sbg titik picu kejadian.
nampaknya mmg scara profil pengemudi Juke adalh pengebut.. terindikasi dr upload foto speedometer 160 kmpj, dan fotonya pegang jack daniel diblkg kemudi.. meskipun profil ini entah ada hub. lsg atau tdk. not known yet.
jd secara sederhanya kebayangnya adalh: pd saat itu Juke ngebut, lalu pd suatu saat, di skitar ruas Kopo (tol padalarang-cileunyi Bandung) tsb dia gak bs mengendalikan mobilnya. terbelok ke kanan, melintasi pembatas yg berupa gundukan tanah, shg terbang setinggi badan atas Xenia.
hasil spt pada foto2 yg ada: kondisi Juke kabinnya utuh. Xenia 'hilang' badannya sebatas lantai.
Btw itu adik kelas sampeyan mase.. iseng search di google ada foto drivernya heheh... umur br 18 pastinya sim juga baru.....hadooh, mmg malu2in aja tu anak
tp adik ipar kelas mu juga ah,ya gt deh kelakukannyah
Jadi keinget omongannya suami temen kantor ane yg dia kerja di divisi training keselamatan di instansi Astra.asudarsono wrote:Jukenya pecah ban?
wow? 2 jam di 120km/jam tanpa gesekan dengan jalan bisa meletus sendiri? kalo kena gesekan jalan jadi berapa jam?VanzMatic wrote:Jadi keinget omongannya suami temen kantor ane yg dia kerja di divisi training keselamatan di instansi Astra.asudarsono wrote:Jukenya pecah ban?
Pecah ban pernah disimulasikan seperti ini:
Sebuah ban, digantung di alat seperti untuk nge-balance roda. Iya, dipasang nggantung gitu, sama sekali jauh dari lantai mirip alat balancing itu, trus roda diputer oleh mesinnya sampai kecepatan 120km/jam. Roda tersebut direkam langsung oleh CCTV. Oleh instrukturnya, para peserta training boleh sambil ngelakuin apa aja selama 2 jam ke depan. Dua jam lebih dikit, terdengar letusan ban tersebut!
Ban yang hanya kena hambatan udara pada kecepatan 120km/jam nonstop pun bisa meledak setelah 2 jam-an berputar nonstop. Apatah lagi, ban tersebut kena hambatan jalan, beban mobil, beban inersia, gaya dari mesin, dll ya...?
Di kamera CCTV pun menampakkan proses2 ban tersebut meledak dengan sendirinya.
Ban yang dipakai adalah ban BARU ukuran standard Avanza sebagai contoh ban yang umum dipakai, dengan tekanan 33psi.
Setelah dikasi pengarahan begitu ama suami temen, gue ngga berani lagi driving 100km/jam lebih dari 5 menit walaupun tol sedang sepi (bukan kosong) macam di Purbaleunyi jam 10 malem....
![]()
Kalau lagi driving lantas mesinnya mogok, paling hanya dongkol aja karena perjalanan terhambat, dompet terkuras.
Tapi kalau lagi driving bannya meletus?
Na'udzu billaahi min dzaalik...
ban meletus kan bukan sesuatu yang bisa kita prediksi?
terus terang ane baru denger kasus yang ente ceritakan ini... btw spek speed rating ban yang meledak itu apa? S, T, H?VanzMatic wrote:Itu untuk konstan 120km/jam, om Kopat.
Makanya si suami temen ane itu bilang, dia pernah nanganin kecelakaan di seputaran tol Merak.
kecelakaan akibat ban meletus.
Si korban yang sekaligus pengemudi, katanya kesel, wong ban baru beli di Bandung, kok belum sampe Merak aja udah meletus?
Si korban ditanya kecepatannya, dia ngaku selama sejam lebih mobilnya nonstop digeber 130kpj.
So, the point is, apabila mobil dibawa konstan pada kecepatan 120kpj dengan ban sutandart, akan sangat beresiko meletus di jalan.
Lain hal kalau bervariasi kecepatannya. Misalnya pas kosong bejek 120kpj, tapi 2 menit kemudian ngerem dan melambat jadi 30. Trus naik lagi 60-80.
Trus kurangin lagi kecepatan.
Menurut simpulan ane yang nubie bin loyosonto ini, berarti jangan konstan di kecepatan 80 kpj nih.... harus variatif....?
1 jam lebih non stop 130 Kpj...?maskopat wrote:terus terang ane baru denger kasus yang ente ceritakan ini... btw spek speed rating ban yang meledak itu apa? S, T, H?VanzMatic wrote:Itu untuk konstan 120km/jam, om Kopat.
Makanya si suami temen ane itu bilang, dia pernah nanganin kecelakaan di seputaran tol Merak.
kecelakaan akibat ban meletus.
Si korban yang sekaligus pengemudi, katanya kesel, wong ban baru beli di Bandung, kok belum sampe Merak aja udah meletus?
Si korban ditanya kecepatannya, dia ngaku selama sejam lebih mobilnya nonstop digeber 130kpj.
So, the point is, apabila mobil dibawa konstan pada kecepatan 120kpj dengan ban sutandart, akan sangat beresiko meletus di jalan.
Lain hal kalau bervariasi kecepatannya. Misalnya pas kosong bejek 120kpj, tapi 2 menit kemudian ngerem dan melambat jadi 30. Trus naik lagi 60-80.
Trus kurangin lagi kecepatan.
Menurut simpulan ane yang nubie bin loyosonto ini, berarti jangan konstan di kecepatan 80 kpj nih.... harus variatif....?
nilon atau ada steel belted?
kalo di sumatra malam hari tahun 90-an sih bisa kek gitu om... tapi ane gak pernah smp 130, paling 80-120... tapi in average bisa 90 km/jam...imsus2c wrote:1 jam lebih non stop 130 Kpj...?maskopat wrote:terus terang ane baru denger kasus yang ente ceritakan ini... btw spek speed rating ban yang meledak itu apa? S, T, H?VanzMatic wrote:Itu untuk konstan 120km/jam, om Kopat.
Makanya si suami temen ane itu bilang, dia pernah nanganin kecelakaan di seputaran tol Merak.
kecelakaan akibat ban meletus.
Si korban yang sekaligus pengemudi, katanya kesel, wong ban baru beli di Bandung, kok belum sampe Merak aja udah meletus?
Si korban ditanya kecepatannya, dia ngaku selama sejam lebih mobilnya nonstop digeber 130kpj.
So, the point is, apabila mobil dibawa konstan pada kecepatan 120kpj dengan ban sutandart, akan sangat beresiko meletus di jalan.
Lain hal kalau bervariasi kecepatannya. Misalnya pas kosong bejek 120kpj, tapi 2 menit kemudian ngerem dan melambat jadi 30. Trus naik lagi 60-80.
Trus kurangin lagi kecepatan.
Menurut simpulan ane yang nubie bin loyosonto ini, berarti jangan konstan di kecepatan 80 kpj nih.... harus variatif....?
nilon atau ada steel belted?
Bener-bener sepi sekali jalanannya
kalo ngebahayain diri sendiri sih ya itu urusan ente... tapi kalo sampe orang lain cilaka??madcat015 wrote:.........
Ane jadi merasa beruntung masih idup abis geber R3 ane 175kpj di tol meskipun cuman 10 menit di kecepatan itu...Padahal ane sadar dan tau kalo itu ban hanya dibuat untuk kec max 160kpj. Dan speedo max 180kpj...
Mana ane post lagi poto speedonya di trit review...![]()
Om g4nd4lf bener, speed limiter ya speed limiter, bukan life saver...
*promise to self: no excessive speeding*daripada ngebahayain diri sendiri dan orang lain...
Yokohama... Kayaknya rating speed nya S juga...DOHC wrote:@ madcat : pake ban merek apa ?? setau ane, utk ban pasaran yg di jual dsini, spek rating speed paling rendah itu S... alias 180 kph...
maskopat wrote:
kalo ngebahayain diri sendiri sih ya itu urusan ente... tapi kalo sampe orang lain cilaka??
Betul om2 sekalian...M90 wrote:Ane juga merasa "Yang Diatas" masih menyayangi ane dan keluarga....![]()
Pernah menggeber Ipah di kala tol sepi hingga 160 kpj di Tol Cikampek sekitar 2-3 menit, lalu berenti di rest area, pd saat berenti tsb ane baru tau ban belakang Ipah ane udah kurang angin hingga kempes separuh kondisi normal. Nggak terbayang kalo ane nggak berhenti di rest area, itu ban tinggal nunggu meletusnya aja...........
Pernah juga menggeber Ipah hingga 180 kpj krn di provokasi sama Avanza pecicilan tol JORR arah cakung di kala sepi, padahal ban standar Ipah cuma rating S....
Semoga peristiwa kecelakaan2 yg terjadi memberi peringatan kepada kita semua utk lebih mengutamakan "safety" drpd emosi sesaat ataupun kepuasan pribadi krn mobilnya kenceng atau lebih kenceng dari mobil lainnya. Amiin.......