Serba Serbi Ban

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Dilema tekanan ban mobil

Post by kaos_oblong »

imsus2c wrote:
andy1800 wrote:
Hansen wrote:kalo pengukur tekanan angin ban ane pake yg merk accutire aja dah..... :upss:
kalao pengukuran dan pengisian yg di SPBU shell gitu dah cukup buat diyakini atau blm?

===============


btw mobil apa aja ya yg pabrikan bilang tekanan depan sm belakang beda?
seinget gw mobil yg gw pakai selama ini tekanan depan sm belakang sm si stiker pintu disuruh sama terus


=====================


satu masalah lg:
klo ban dan velg udah diganti ukuran, apakah rekomendasi pabrikan mengenai brp tekanan ban msh berlaku? atau ada kalkulasi kompensasinya? pls link website yg sediain kalkulasi kek gini.

mari kita telusuri dasar logika nya:
tekanan ban tu berdasarkan apa sih? jenis ban, ukuran ban, atau berat beban mobil (dibagi empat) ya ?
klo pabrikan kasih angka tekanan itu berdasar curb weight, berarti gak ada hubungannya dg ukuran ban dong ya? pokoknya tekanan per ban hrs segitu. gitu gak sih?
Dari post ini: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 18#p526218
imsus2c wrote:
Sorry...agak OOT diluar bahasan utama topik ini, sekedar komen post diatas

Sampai saat ini, masih timbul banyak opini mengenai berapa tekanan ideal untuk mobil kita.

Ada yg melihat dari aspek tebal/tipisnya profil ban, jenis ban, ukuran rim/velg, dsb...

Tapi saya sih pragmatis saja, barang teknis sudah seharusnya punya rumus alias bisa dihitung, jadi bukan masalah feeling lagi meski kenyataanya akan ada faktor koreksi dan penyimpangan (deviasi)

Sejauh saya cari referensi dan uji sendiri, sebenarnya ada rumus sederhana utk tentukan ukuran tekanan ban.

Disclaimer, kalau menurut saya sih, rumus ini sudah tepat tapi memang saya belum ada bukti yg menyatakan rumus ini valid dan sah :mrgreen:

Yang perlu diketahui sebelum menentukan ukuran ideal tekanan ban kita adalah sebagai berikut:

1. Distribus bobot mobil depan belakang secara global, pada umumnya sih, mobil non barang bisa disederhanakan 50%:50% (depan belakang), kecuali untuk keperluan balapan (butuh akurasi) atau beda distribusinya drastis (misalnya mobil barang/truk) baru harus dihitung bener distribusi bobot mobilnya.
2. Perhatikan berapa indeks beban ban yang akan kita pakai dan berapa tekanan maksimumnya (maximum inflation pressure = biasanya dihitung dalam satuan PSI), kedua informasi ini biasanya tercetak di dinding ban (sidewall).
Kode indeks beban (dan kecepatan) biasanya ditampilkan dalam kode, jika ingin tahu kode-kode tersebut, salah satu referensi bisa dilihat di: http://en.wikipedia.org/wiki/Tire_code
3. Perkiraan bobot total kendaraan kita dalam pemakaian sehari-hari umumnya. Misalnya; bobot kosong (curb weight) mobil 1000 Kg, bobot ini kemudian ditambahkan dengan total bobot situasi sehari kita sehari-hari bawa mobil, misalnya bagasi, sopir, penumpang, dsb...

Rumusnya

T = (A/L)*M

T = Tekanan ideal
A = Bobot aktual mobil dibagi roda yang terpasang
L = Load Index Ban yg dipakai (per ban)
M = Maximum Inflation Pressure ban yang dipakai

Nah, dari itu, saya coba aplikasikan di mobil saya (hyundai santa fe 2001),

1. Bobot total kendaraan saya, estimasinya 2000 Kg, didapat dari:
Curb Weight 1600 Kg
Sopir, penumpang, bagasi dan perangkat lenong non bawaan asli mobil kira2 400 Kg
Dengan distribusi depan belakang imbang, berarti asumsinya tiap ban menanggung beban yg sama, atau kalau dihitung 2000/4= 500
Artinya setiap ban menanggung beban 500 Kg.
2. Saya sekarang pakai ban Continental Conti Cross Contact LX dengan ukuran 235/65 R17, di side wall-nya tertera load index 108 (alias 1000Kg) dan maximum inflation pressure 51 PSi, secara teknis/teori artinya ban ini mampu menopang beban s.d. maksimum 1000 Kg (per ban) saat diisi angin 51 PSi

Saya coba hitung sbb:

T = (A/L)*M
T = (500/1000)*51
T = 0.5*51
T = 25.5 ~ 26 Psi
Relatif kecil bukan? tapi ya memang begitu kenyataanya, secara ban yg saya pakai tipe XL (Extra Load), yang artinya secara pabrikan, desain sidewall-nya sudah diperkuat (reinforced) untuk menanggung beban yg lebih besar.
Keuntungannya, jika sewaktu2 harus nambah beban, si ban masih sanggup, kerugiannya, ya dengan ukuran yg sama, bantingannya terasa lebih keras.

Saya sempat penasaran, kenapa kecil sekali tekanan idealnya? Kalau saya lihat rekomendasi pabrikan yg tercetak di pilar B, disitu tertulis:
Recommended inflation pressure 30 Psi (normal load) and 32 Psi (full load) front+rear tyre
Standard tyre 215/70R15

Saya baru ingat, ban OEM santa fe ini dulunya KUMHO RADIAL 798; 215/70R15, dgn spek load index 750Kg @44 Psi

Hitung ulang deh....

T = (500/750)*44
T = 0.67*44
T = 29.5 ~ 30 Psi
Persis plek sesuai manual book :D

Dugaan saya, manual book tersebut acuannya ya dari spek ban OEM (bawaan pabrik)

Saat ini, dengan kondisi pakai ban Conti yg sesuai rumus sebenarnya cuma minta 26Psi, untuk alasan low rolling resistance dan jaga-jaga kelebihan beban, saya tetep isi 30Psi :)

Selain itu, saya pernah coba bandingin, diisi angin 25Psi dan 30Psi, gembungnya ban kelihatan sama saja...

Saya tanya teknisi ban, mereka bilang itu sih lebih karena desain sidewall-nya, selama tekanan ban masih mencapai tekanan minimum (terhadap beban yang ditopang), gembungnya akan kelihatan sama saja...meski beda sampai 10 Psi....cmiiw loh

Tinggal perhatikan saja saat pemakaian jangka panjangnya, jika tapak ban aus di tengah, biasanya karena tekanan angin terlalu tinggi. Jika tapak ban aus rata kanan-kiri (sisi luar dalam 1 ban) artinya tekanan angin terlalu rendah...

Selamat berhitung dan mencoba, semoga bermanfaat...

Sekali lagi, maaf kalau OOT :ungg:
Semoga sdh tidak penasaran lagi mengenai tekanan ideal ban :mky_01:
Berarti kalo pake ban standard bawaan mobil, ikutin panduan stiker di pilar pintu sudah ga bakalan salah ya om.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Dilema tekanan ban mobil

Post by nugroho bagor »

Harusnya si iya
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Dilema tekanan ban mobil

Post by imsus2c »

kaos_oblong wrote: Berarti kalo pake ban standard bawaan mobil, ikutin panduan stiker di pilar pintu sudah ga bakalan salah ya om.
nugroho bagor wrote:Harusnya si iya
saya pribadi, jika masih standard, akan mengikuti "apa kata pabrik" :upss:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
richngenerous
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Tue Sep 13, 2011 5:26

angin nitrogen

Post by richngenerous »

mao tanya apakah kelebihan / kekurangan memakai angin nitrogen?

apakah berpengaruh besar terhadap kinerja ban dan mobil secara keseluruhan?

apakah semua jenis ban cocok?

karena saya waktu di spbu ditawarkan untuk isi angin nitrogen. katanya lebih enak dan bbm bisa lebih irit (apa benar?)

terima kasih
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: angin nitrogen

Post by POS VETT »

Kelebihan - tekanan angin ban lebih ajeg
Kekurangan - tempat yang sedia nitrogen murni sedikit jumlahnya

Pengaruhnya kecil untuk mobil dipakai harian di cuaca Indonesia.

Bisa dipakai di segala jenis ban.

"Enak" itu maksudnya gimana ? BBM bisa "lebih irit" karena tekanan ban berubah sedikit sekali alias tidak turun banyak.

Konsepnya seperti ini - udara itu komposisinya sekitar 78% nitrogen dan ada uap air. Uap air ini volume atau tekanan uapnya berubah banyak tergantung temperatur. Kalau gas seperti nitrogen berubah sedikit sekali volume atau tekanan uapnya.

Di dalam ban, temperatur berubah lumayan banyak, jadi tekanan angin ban dengan angin biasa ikut berubah. Dengan nitrogen murni perubahannya sedikit sekali.

Prakteknya, bagaimana caranya menghilangkan uap air dari dalam ban ?

Jawabannya jangan "pakai mesin vakum" atau "kasih silica gel dalam ban" :mky_04:
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: angin nitrogen

Post by andy1800 »

POS VETT wrote: Prakteknya, bagaimana caranya menghilangkan uap air dari dalam ban ?

Jawabannya jangan "pakai mesin vakum" atau "kasih silica gel dalam ban" :mky_04:
mudah laah...kan di indonesia byk sekali org pintar
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: angin nitrogen

Post by imsus2c »

Sekarang ini dan disini (Indonesia), rata2 toko penjual ban dan bengkel balancing/alignment (apalagi di kota2 besar Pulau Jawa), rasanya sudah sedia pengisian Nitrogen

Menyambung post pak PV diatas, nitrogen-nya murni ngga ya? Trus identifikasi murni atau enggaknya gimana?
*jangan bilang nitrogen-nya bawa ke lab :e-whistle:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: angin nitrogen

Post by Deasegara »

Sebetulnya cukup mudah untuk menghilangkan O2 yg mengandung uap air dalam ban. Ada beberapa metode untuk purging/mengganti media yg ada dalam ban, tapi yg cocok adalah dg metode dilution, isi ban dg N2 sampai tekanan tertinggi yg diijinkan oleh manufactur, kemudian buang. Ulangi sampai 3x. Ketika kita isi N2 dan tekanan dinaikkan maka O2 akan terdilute dg N2, ketika kita kempesin maka O2 yg ada dalam ban juga akan keluar. Silakan dicoba, dan ukur O2 content kalo punya alat ukur. Kalo masih belum habis bisa diulang lagi cyclenya.
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: angin nitrogen

Post by Deasegara »

Hati-hati dealing with N2, baca MSDS nya (ingat pesan pak Turboman tentang MSDS). Kalo terhirup hitungan detik nyawa bisa melayang (asphyxiation). Jauhkan hidung anda waktu merelease N2 (selalu posisikan diri anda diatas angin)
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: angin nitrogen

Post by Deasegara »

imsus2c wrote:Sekarang ini dan disini (Indonesia), rata2 toko penjual ban dan bengkel balancing/alignment (apalagi di kota2 besar Pulau Jawa), rasanya sudah sedia pengisian Nitrogen

Menyambung post pak PV diatas, nitrogen-nya murni ngga ya? Trus identifikasi murni atau enggaknya gimana?
*jangan bilang nitrogen-nya bawa ke lab :e-whistle:
Gak usah dibawa ke lab om, beli aja O2 analyzer, kalo O2 content nya 0% artinya selebihnya adalah N2 he..he..he...
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: angin nitrogen

Post by y_anjasrana »

Ga byk manfaatnya isi nitrogen di ban. Itu cuma trik pdg aja. Dr dulu sering dibahas ttg nitrogen, ya gitu2 aja alasan pdg yg sangat ga logis. Mw tau?

1. Lebih empuk pake nitro. dimana2 smua tau yg bikin empuk ya tekanan angin dlm ban. 35psi isi nitrogen ya sama aja dgn 35psi angin biasa.

2. Nitrogen lebih stabil. maksudnya tekanannya ga byk berubah terhadap suhu ban. Krn penasaran, sy pernah 2x ukur tekanan ban dlm satu hari, pertama pd pagi hari. kedua siang hari saat panas dan habis jalan kencang di tol. hasilnya ga ada perbedaan tekanan. kalau pun ada tidak material, hanya nol koma sekian psi. Pantat ane tidak cukup sensitif utk merasakan hal ini.

3. Nitrogen tidak menimbulkan karat. Memang benar. Tp taukah benda apa yg ada di dlm ban yg bisa berkarat? velg dr alloy (tidak berkarat), kawat ban tertutup kompon ban (tidak berkarat). kalaupun ada karat itu dr awal produksi ban. lgpl sebelum putus krn karat pasti bannya sudah habis komponnya.

4. Pakai Nitrogen ga gampang kempes. Hal ini justru membuat orang males cek angin.

Drpd uangnya utk isi nitrogen, mendingan dibelikan alat pengukur tekanan angin dan mini kompresor. Jd bisa cek tekanan ban sendiri dan pompa sendiri tanpa hrs kluar uang lg. Imaly (Ini/itu menurut ane loh yaa...)
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: angin nitrogen

Post by evolution21 »

Terasa kok bedanya angin biasa dengan nitrogen
Cbain ke jalanan rusak d
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: angin nitrogen

Post by POS VETT »

evolution21 wrote:Terasa kok bedanya angin biasa dengan nitrogen
Cbain ke jalanan rusak d
Yang berbeda tekanannya. Ban dengan isi angin tanpa uap air tekanannya hampir konstan, dibandingkan dengan yang isi angin biasa, setelah tiba di tempat jalan rusak tekanan ban dengan angin biasa sudah naik; hasilnya terasa lebih keras.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: angin nitrogen

Post by y_anjasrana »

sberapa konstannya bisa diukur ga om? maksud ane jgn sampe cuma faktor sugesti aja. krn klu pantatnya ga peka ya ga terasa efeknya. lalu jgn2 krn merasa pakai nitrogen lalu malas cek angin ban, jd pas tekanan berkurang dianggap lebih empuk. soalnya jujur aja selisih tekanan 5psi aja ane sulit bisa merasakan. hrs diperhatikan benar2 baru terasa. apalagi klu cuma 1-2psi. belum lg kondisi jalan yg amburadul.

yaa.. intinya jgn sampai uang keluar utk sesuatu yg ga worthed. imaly.


sambil ngetok2 plat nomer baru..... :D
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: angin nitrogen

Post by POS VETT »

Seberapa konstannya ? Sekitar 1 psi per 5,6 C.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: angin nitrogen

Post by nugroho bagor »

Deasegara wrote:
imsus2c wrote:Sekarang ini dan disini (Indonesia), rata2 toko penjual ban dan bengkel balancing/alignment (apalagi di kota2 besar Pulau Jawa), rasanya sudah sedia pengisian Nitrogen

Menyambung post pak PV diatas, nitrogen-nya murni ngga ya? Trus identifikasi murni atau enggaknya gimana?
*jangan bilang nitrogen-nya bawa ke lab :e-whistle:
Gak usah dibawa ke lab om, beli aja O2 analyzer, kalo O2 content nya 0% artinya selebihnya adalah N2 he..he..he...
Kok ke Lab n ada MSDS lagi,macam familiar ane tapi lupa di thrit mana ya
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: angin nitrogen

Post by Deasegara »

Mengenai tekanan uap yg disampaikan bro PV adalah benar, dan seberapa besar tekanan uapnya sangat ditentukan oleh purities dari N2/Nitrogen itu sendiri. Kalo puritiesnya 100% N2 saya berani menjamin mobil dibawa ratusan km tekanan ban akan stabil, perlu temperature lebih tinggi lagi untuk bisa menguapkan N2. Kalo bro anjrasana pernah mendapati tidak ada perbedaan panas penguapan waktu diisi N2, itu perlu dicheck N2 puritiesnya, jangan-jangan yg diisikan juga udara biasa he…he…he….dan uap air didalam ban tidak bisa serta merta habis waktu dikempesin, jadi perlu di purge dulu (lihat purge metode yg sudah saya sampaikan diatas).
Untuk tekanan uap sebuah media dalam ban sangat tergantung seberapa tinggi panas yg di generate waktu ban bergesekan dengan aspal.
@ om popeye eh salah om bagor, Nitrogen dengan purity 100% adalah gas yg sangat berbahaya dan sangat mematikan. Untuk penangananya tidak boleh sembarangan, apabila sampai terhirup orang akan mati dalam hitungan detik karena asphyxiation / tercekik. Maka baca dulu MSDSnya (Material Safety Data Sheet). MSDS pernah disampaikan oleh pak Turboman.
Jadi apabila panas yg dihasilkan oleh gesekan ban dengan aspal tinggi , maka ban yg terisi 100% N2 akan lebih nyaman/empuk dibanding yg diisi udara biasa.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: angin nitrogen

Post by andy1800 »

Scara biaya, gmana aja perbandingannya?

- nitrogen tambah: 5K...nitrogen full/kuras: 10K per ban
- isi angin biasa di tkg tambal ban: 5K /semua ban
- isi angin biasa di SPBU: nol rupiah

gt ya?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: angin nitrogen

Post by Kaleng »

pertanyaannya apakah mesin isi nitrogen di pom bensin pertamina benar2 bisa menghasilkan nitrogen dgn tingkat purity tinggi?

Selama ini sy selalu isi disitu untuk motor, tapi biasanya dalam waktu 2 minggu tekanan angin sdh turun sekitar 2,5 psi. Kenapa tidak awet ya? Jadi ragu kandungan gas yang dihasilkannya.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: angin nitrogen

Post by y_anjasrana »

lalu n2 yg ada di pasaran pd umumnya tingkat kemurniannya seperti apa ya? jgn sampe harga sama tp kemurniannya kacau balau. apa indikasinya bahwa yg diisikan n2 murni?
Accurate V5 Accounting System Consultant
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: angin nitrogen

Post by Deasegara »

y_anjasrana wrote:lalu n2 yg ada di pasaran pd umumnya tingkat kemurniannya seperti apa ya? jgn sampe harga sama tp kemurniannya kacau balau. apa indikasinya bahwa yg diisikan n2 murni?
Kalo puritynya memang kita tidak bisa tahu persis ya kecuali kita punya O2 analyzer, mungkin kita bisa bertanya ke SPBU siapa tahu mereka punya certificate of quality. Dicoba aja dulu dilakukan purging dulu ban nya (O2 Freeing), perlu biaya tambahan tapi hanya sekali aja. Kemudian isi full dengan N2, bawa jalan jauh trus ukur tekanan ban, kalau kenaikanya tidak significant ya berarti puritynya bagus, bisa dijadikan langganan untuk recharge.
richngenerous
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Tue Sep 13, 2011 5:26

Re: angin nitrogen

Post by richngenerous »

jadi nitrogen yg di jual di spbu dan toko2 ban itu kwalitasnya berbeda-beda ya.

y_anjasrana wrote:
Drpd uangnya utk isi nitrogen, mendingan dibelikan alat pengukur tekanan angin dan mini kompresor. Jd bisa cek tekanan ban sendiri dan pompa sendiri tanpa hrs kluar uang lg. Imaly (Ini/itu menurut ane loh yaa...)
saya setuju.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: angin nitrogen

Post by VanzMatic »

Saya ada satu langganan isi angin nitrogen di spbu deket rumah.
Mobil dan motor motor butut nan jadul, isi nitrogen semua, termasuk ternak motor taun 2008, karena sering 2 pekan nganggur (nganggur total), saya selalu isiin nitrogen, dua pekan kemudian, hanya berkurang sedikit, sekira 2-3 psi aja. Beda dengan motor 96 bini yang waktu masih pakai angin biasa, sama2 dua motor itu masih pakai baju dalam.. eh... ban dalam, motor bini waktu itu belum dua pekan dianggurin udah kempis setengah kapasitasnya.

Kondisi saat dianggurin: Sama sama distandar tengah, sama sama ban depan napak ubin lantai tanpa alas apapun. Bahkan motor bini saat masih isi angin biasa, baru ganti ban dalam depan.
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: angin nitrogen

Post by Deasegara »

Ini ada link list spbu yang menyediakan Nitrogen :http://www.green-nitrogen.com/station

Pelayananya bagus, punya Nitrogen Generator sendiri, ada N2 analyzer jadi kita bisa langsung tahu puritynya 99-99.5%, ini sudah bagus sekali. Juga tersedia vacuum compressor, sebelum diisi N2 di vacuum dulu sehingga terbebas dari uap air. Saya sudah test dikondisi panas terasa sekali perbedaan waktu pake udara biasa, suara berisik ban juga bisa tereduksi kurang lebih 40%. Sekali kuras 30 ribu, recharge 3.5 ribu/ban.
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: angin nitrogen

Post by Deasegara »

:big_peace: