Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
*bikin trid krn terinspirasi oleh pertanyaan karib sy, oknum B
diluar urusan engine,
byk org yg kalau membicarakan build quality sbuah mobil, lalu bilang "rasa mobil eropa", "kualitas jepangan", "handlingnya eropa banget", ....dsb
jd tidak bisa dihindari, mmg kenyataannya terjadi dikotomi tipikal yg seperti itu.
sbenernya klo mau lengkap sih ada: Jepang vs Eropa vs Amerika
so far kita batasi utk gak membicarakan dulu: Korea & China & India ya
jadi, beneran ada gak sih, perbedaan2 signifikan baik dr sisi build quality, material, atau engineering detail antara:
Mobil Eropa vs Mobil Jepang ?
*mohon klo membandingkan perlu dicermati: kelas, spesies/katagori, dan harga yg setara ya.
*mobil Amerika tu scara build quality bisakah dianggap sama/sekelas/karakteristiknya mirip dg mobil Eropa? krn sama2 dari bule
silaken, mohon diterang2ken
diluar urusan engine,
byk org yg kalau membicarakan build quality sbuah mobil, lalu bilang "rasa mobil eropa", "kualitas jepangan", "handlingnya eropa banget", ....dsb
jd tidak bisa dihindari, mmg kenyataannya terjadi dikotomi tipikal yg seperti itu.
sbenernya klo mau lengkap sih ada: Jepang vs Eropa vs Amerika
so far kita batasi utk gak membicarakan dulu: Korea & China & India ya
jadi, beneran ada gak sih, perbedaan2 signifikan baik dr sisi build quality, material, atau engineering detail antara:
Mobil Eropa vs Mobil Jepang ?
*mohon klo membandingkan perlu dicermati: kelas, spesies/katagori, dan harga yg setara ya.
*mobil Amerika tu scara build quality bisakah dianggap sama/sekelas/karakteristiknya mirip dg mobil Eropa? krn sama2 dari bule
silaken, mohon diterang2ken
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
*pertamax
catatan:
mohon utk tdk menuntut definisi2 ya...yg penting pengertian atau terminologinya bisa diapahami bersama
jika ada satu hal yg msh belum satu persepsi utk bs membicarakan lbh lanjut, bisa diupayakan menyamakan persepsi dulu tanpa harus definitif2 amat
catatan:
mohon utk tdk menuntut definisi2 ya...yg penting pengertian atau terminologinya bisa diapahami bersama
jika ada satu hal yg msh belum satu persepsi utk bs membicarakan lbh lanjut, bisa diupayakan menyamakan persepsi dulu tanpa harus definitif2 amat
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2198
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
Oknum baru muncul
Bagor
Belphegor
Badak
Siapa lagi ya?
Pertanyaan yang susah, karena banyak faktor yang mempengaruhi
Terutama soal sasaran market dari mobil tersebut
Menurut nubie eropa seimbang antara price dengan mobil yang didapat
Beda dengan jepang ( yang khusus market indo) saya rasa lebih ke profit oriented banget
IMALY hehehe
Bagor
Belphegor
Badak
Siapa lagi ya?

Pertanyaan yang susah, karena banyak faktor yang mempengaruhi
Terutama soal sasaran market dari mobil tersebut
Menurut nubie eropa seimbang antara price dengan mobil yang didapat
Beda dengan jepang ( yang khusus market indo) saya rasa lebih ke profit oriented banget
IMALY hehehe
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
di eropa dulu (paris) sy steer (sewa) galant III (eterna) rasanya sama dgn bawa mobil lokal sana ...dari steering grip hingga stability ...bgt juga saat sewa camry di sini tdk beda (sama sj) dgn mobil lokal macam chevy atau dodge sedan sejenis krn camry mmg dibuat lokal (spy tdk kena pajak mobil impor) n dianggap mobil produk domestik
kalo di indo sy blm pernah bandingin krn mobil eropa sy cuma mobil tua ...bgt juga spore juga sy punya mobil bikinan UK yg sdh tua
kalo di indo sy blm pernah bandingin krn mobil eropa sy cuma mobil tua ...bgt juga spore juga sy punya mobil bikinan UK yg sdh tua
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
Bwaahhh jadi oknum pulak awak nihc_adhi_k wrote:Oknum baru muncul
Bagor
Belphegor
Badak
Siapa lagi ya?![]()
Pertanyaan yang susah, karena banyak faktor yang mempengaruhi
Terutama soal sasaran market dari mobil tersebut
Menurut nubie eropa seimbang antara price dengan mobil yang didapat
Beda dengan jepang ( yang khusus market indo) saya rasa lebih ke profit oriented banget
IMALY hehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
Menurut ane sih faktor sejarah yg menyebabkan perbedaan kualitas.
Pabrikan mobil eropa dilatarbelakangi kalangan elit. produk2 mereka dipasarkan hanya dikalangan bangsawan dan pengusaha besar saja. akibatnya standard produk mereka pun juga lux. bahkan mungkin mereka ga mengerti bagaimana membuat produk yg murah krn standard yang sudah mengakar berpuluh-puluh tahun bahkan beratus-ratus tahun. mengingat produk mobil awalnya chasis kereta kuda lalu dikasih mesin.
Pabrikan mobil amrik sempat mengekor eropa. namun setelah gebrakan ford model T, semua berubah. produk diarahkan utk dapat dibuat massal. dicari disain yg mudah dibuat massal dan ringan. disamping itu karena pengaruh regionalnya yang "tanah melulu" & sumber daya minyak yg melimpah, akhirnya sizenya juga menjadi besar2 dan boros.
Pabrikan asia (jepang), dilatarbelakangi perjuangan utk bangkit dari sisa2 perang. dgn pengalaman membangun mesin perang yg cukup hebat, mereka bangun dgn semangat ekonomi. akibatnya yang muncul duluan adalah kendaraan niaga. mobil penumpangpun asalnya jg dari chasis truk diberi body sedan. dgn sumber daya terbatas, kondisi geografis yg "beda" dgn amrik, munculah kendaraan2 yang relatif mungil dan irit. maklum sumber daya minyak jepang sangat minim dibanding dgn sumber daya mineral lainnya.
Sumber : dari berbagai bacaan yg dibaca bertahun2 alias imaly
Pabrikan mobil eropa dilatarbelakangi kalangan elit. produk2 mereka dipasarkan hanya dikalangan bangsawan dan pengusaha besar saja. akibatnya standard produk mereka pun juga lux. bahkan mungkin mereka ga mengerti bagaimana membuat produk yg murah krn standard yang sudah mengakar berpuluh-puluh tahun bahkan beratus-ratus tahun. mengingat produk mobil awalnya chasis kereta kuda lalu dikasih mesin.
Pabrikan mobil amrik sempat mengekor eropa. namun setelah gebrakan ford model T, semua berubah. produk diarahkan utk dapat dibuat massal. dicari disain yg mudah dibuat massal dan ringan. disamping itu karena pengaruh regionalnya yang "tanah melulu" & sumber daya minyak yg melimpah, akhirnya sizenya juga menjadi besar2 dan boros.
Pabrikan asia (jepang), dilatarbelakangi perjuangan utk bangkit dari sisa2 perang. dgn pengalaman membangun mesin perang yg cukup hebat, mereka bangun dgn semangat ekonomi. akibatnya yang muncul duluan adalah kendaraan niaga. mobil penumpangpun asalnya jg dari chasis truk diberi body sedan. dgn sumber daya terbatas, kondisi geografis yg "beda" dgn amrik, munculah kendaraan2 yang relatif mungil dan irit. maklum sumber daya minyak jepang sangat minim dibanding dgn sumber daya mineral lainnya.
Sumber : dari berbagai bacaan yg dibaca bertahun2 alias imaly

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
Pejwan...numpang mejeng
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
mobil eropa dan jepang masing2 ada bagus dan jelek nya sendiri....
tapi ketika mereka bekerja sama... maka lahirlah mobil2 sperti batu makam...
ngomongin batu makam, jadi inget mobil merek lancia.... mudah2an ga end up kaya lancia si batu makam..
tapi ketika mereka bekerja sama... maka lahirlah mobil2 sperti batu makam...
ngomongin batu makam, jadi inget mobil merek lancia.... mudah2an ga end up kaya lancia si batu makam..
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
Woww.. lancia.... jd inget yg ini :

dan yang ini :


dan yang ini :
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
when every good things should be balanced with negative...
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
Si mbah pakai bikin beginian segala....
Build quality ya... Mengenai standar fit finish korporasi saya harus cari datanya dulu... Tapi yang gampang, kalau dari tingkat finesse yang ditawarkan ane bisa kasih contohnya..
Idealnya, kita harus pakai kelas yang sama ya.... Bisa dibilang ANJ sama Polo sekelas lah ya,.... Kita liat dari sound insulation aja sebagai contoh:
ANJ: Cuman ditempel pake plastik dikasih sealant... Ditengah plastik ada busa tipiiissssss banget yang mana kalau plastiknya kebuka, gak ada lagi busa peredam suara di rangka pintu new Jazz ini.... Doortrim? Full hard plastic.
Polo: nggak ada lubang panel besar seperti di new Jazz... Lubang panel ditutup dengan box tempat elektronik, dan speaker. dan disekeliling box & speaker tersebut ada seal karet lagi dan sekrup, sehingga paten (tidak rattling). Doortrim sebagian memiliki dari softpad (yang bisa meredam suara), ean juga dibalik doortrim terutama dideket klip-klip doortrim nya (pinggiran) terdapat busa tebal yang juga bisa meredam suara dan menghindari rattling dari klip pintu.
Engine hood?
Polo:
Freed:
Sebagian contoh kecil dari yang kelihatan.,...
Build quality ya... Mengenai standar fit finish korporasi saya harus cari datanya dulu... Tapi yang gampang, kalau dari tingkat finesse yang ditawarkan ane bisa kasih contohnya..
Idealnya, kita harus pakai kelas yang sama ya.... Bisa dibilang ANJ sama Polo sekelas lah ya,.... Kita liat dari sound insulation aja sebagai contoh:
ANJ: Cuman ditempel pake plastik dikasih sealant... Ditengah plastik ada busa tipiiissssss banget yang mana kalau plastiknya kebuka, gak ada lagi busa peredam suara di rangka pintu new Jazz ini.... Doortrim? Full hard plastic.
Polo: nggak ada lubang panel besar seperti di new Jazz... Lubang panel ditutup dengan box tempat elektronik, dan speaker. dan disekeliling box & speaker tersebut ada seal karet lagi dan sekrup, sehingga paten (tidak rattling). Doortrim sebagian memiliki dari softpad (yang bisa meredam suara), ean juga dibalik doortrim terutama dideket klip-klip doortrim nya (pinggiran) terdapat busa tebal yang juga bisa meredam suara dan menghindari rattling dari klip pintu.
Engine hood?
Polo:
Freed:
Sebagian contoh kecil dari yang kelihatan.,...

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
Jujur sebenarnya saya sangat penasaran dengan mobil eropa karena sampai detik ini belum pernah punya kesempatan nyetir mobil eropa. Parah ya 

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
Wooooow... Gambar yg gede itu Lancia Stratos ya om Yun... Legenda tuh...y_anjasrana wrote:Woww.. lancia.... jd inget yg ini :
dan yang ini :

Ane pernah naik mobil Eropa -punya temen semua- (Mini Mayfair, 5-serie F10, X6, CLS63, Carrera, Panamera, Aventador, etc etc etc). Kualitasnya mmg jauh dibandingin mobil Jepang terbaik yang pernah ane naikin -juga punya temen semua- (RX350, Alphard, CX-7, CX-9, R35). Tapi berbicara ttg tahan banting, mmg bener pendapat om Yun. Mobil Jepang didesain untuk bertahan lama dalam kondisi ekstrim (menurut temen ane yg punya mobil Jepang dan Eropa).
Japanese cars have less problem kata dia..., meskipun ujungnya: more recall

Imaly.
Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
sy tambahin ya pak n maaf out of topicy_anjasrana wrote:Menurut ane sih faktor sejarah yg menyebabkan perbedaan kualitas.
Pabrikan mobil eropa dilatarbelakangi kalangan elit. produk2 mereka dipasarkan hanya dikalangan bangsawan dan pengusaha besar saja. akibatnya standard produk mereka pun juga lux. bahkan mungkin mereka ga mengerti bagaimana membuat produk yg murah krn standard yang sudah mengakar berpuluh-puluh tahun bahkan beratus-ratus tahun. mengingat produk mobil awalnya chasis kereta kuda lalu dikasih mesin.
Pabrikan mobil amrik sempat mengekor eropa. namun setelah gebrakan ford model T, semua berubah. produk diarahkan utk dapat dibuat massal. dicari disain yg mudah dibuat massal dan ringan. disamping itu karena pengaruh regionalnya yang "tanah melulu" & sumber daya minyak yg melimpah, akhirnya sizenya juga menjadi besar2 dan boros.
Pabrikan asia (jepang), dilatarbelakangi perjuangan utk bangkit dari sisa2 perang. dgn pengalaman membangun mesin perang yg cukup hebat, mereka bangun dgn semangat ekonomi. akibatnya yang muncul duluan adalah kendaraan niaga. mobil penumpangpun asalnya jg dari chasis truk diberi body sedan. dgn sumber daya terbatas, kondisi geografis yg "beda" dgn amrik, munculah kendaraan2 yang relatif mungil dan irit. maklum sumber daya minyak jepang sangat minim dibanding dgn sumber daya mineral lainnya...:
eropa: punya value add atas mudah (n murah nya) supply biji-besi (iron ore) kualitas terbaik (yg terjauh pun ...ural ...masih murah bila dikirim ke bagian tengah n barat eropa ...mobil mobil eropa pertama, dibuat utk city transport practicality serta road infrastructure yg sdh tertata (meski umumnya dgn narrow width) mrk punya filosofi penggunaan mobil selama mungkin (time durability) ...rigid construction adalah buktinya (utk tdk mengatakan "over constructed")...dari eropa lah dunia mengenal city n micro cars ...serta penggunaan mobil secara kolektif ...alias taxi
amerika: dibuat saat economic boom sehingga mengutamakan comfort cruising krn org amerika travelled most to interstate/city n rural ...power @ top priority to overcome hill climb n off road ...inilah bangsa yg dulu nya bgt "boros" dlm hidup ...mrk lah yg pertama x melakukan steel (car) disposal ...baik krn failure beyond economic repair maupun bosan ...US adalah yg pertama x memperkenalkan steel (car) scrap / disposal yard ...meski mrk (dulu) tdk tau what next after disposal ...n dgn mudahnya mempersilakan jepang membeli bgt murah sebanyak mungkin ...scrapped metal ...asalkan jepang bayar sendiri shipment cost dgn gunakan US-flag bulk carriers (kapal kapal laut berbendera amerika)
jepang : dari saat pertama punya kesulitan iron-ore pdhl nationwide sdh "addicted" dgn metal industry sejak late admiral perry sukses dgn meiji restoration ...utk dpt konsesi komoditi yg lbh fair mrk hrs berperang (1905) bgt juga u dapat US market yg terbuka lebar pun mrk hrs berperang (1941-45) sehingga hasil yg baik bisa mrk nikmati skrg ...mobil jepang sejk pertama hingga kini (bila di banding dgn mobil eropa n US) punya filosofi sama (dan masih kuat di eksekusi hingga kini ...bahkan ditiru US dan eropa) ...simple mechanism n light weight (besi hrs di irit irit) ...lower maintenance cost ( n production cost s well) ...compact in size ...bgt byk "akal" jepang spy bisa terus bikin ...mrk lah yg pertama x di dunia ....impor besi rongsokan u bikin barang (mobil baru) ...bahkan tiap perang pun ...wilayah yg mrk bikin takluk, diambil steel infrastructure nya u dibuat mesin mesin perang mrk ...dari jepang lah US n eropa belajar recycle n energy saving
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
Senang sekali menyimak penjelasan dan pendapat bergizi dr rekan2
icic
TFS
Lanjut
icic
TFS
Lanjut
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
Pusing panjang bangetandy1800 wrote:Senang sekali menyimak penjelasan dan pendapat bergizi dr rekan2
icic
TFS
Lanjut
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
apa perlu kita membandingkan produk eropa dan jepang dari negara yang sama? ini polo yang di Indonesia kah?AD74YA wrote:Si mbah pakai bikin beginian segala....
Build quality ya... Mengenai standar fit finish korporasi saya harus cari datanya dulu... Tapi yang gampang, kalau dari tingkat finesse yang ditawarkan ane bisa kasih contohnya..
Idealnya, kita harus pakai kelas yang sama ya.... Bisa dibilang ANJ sama Polo sekelas lah ya,.... Kita liat dari sound insulation aja sebagai contoh:
ANJ: Cuman ditempel pake plastik dikasih sealant... Ditengah plastik ada busa tipiiissssss banget yang mana kalau plastiknya kebuka, gak ada lagi busa peredam suara di rangka pintu new Jazz ini.... Doortrim? Full hard plastic.
Polo: nggak ada lubang panel besar seperti di new Jazz... Lubang panel ditutup dengan box tempat elektronik, dan speaker. dan disekeliling box & speaker tersebut ada seal karet lagi dan sekrup, sehingga paten (tidak rattling). Doortrim sebagian memiliki dari softpad (yang bisa meredam suara), ean juga dibalik doortrim terutama dideket klip-klip doortrim nya (pinggiran) terdapat busa tebal yang juga bisa meredam suara dan menghindari rattling dari klip pintu.
Engine hood?
Polo:
Freed:
Sebagian contoh kecil dari yang kelihatan.,...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
Betul oom kopat dari sini itu polo nya.. Pernah lihat polo di bongkar di tempat audio.. Cuman saya gak dapat gambar lokal.
Kalau mau ambil gambar mobil Eropa CKD sampai kolong2 nya saya bisanya sekarang paling ambil E300, cuman ya saingan Jepangannya apa? Crown kali ya? Saya belum pernah lihat Crown di bongkar..
Kalau bandingin E300 di bongkar vs Camry/Accord di bongkar sih kayak bandingin ruang pengetesan audio vs rumah seng.. Kasian.. Kasian E300 nya..
Kalau mau ambil gambar mobil Eropa CKD sampai kolong2 nya saya bisanya sekarang paling ambil E300, cuman ya saingan Jepangannya apa? Crown kali ya? Saya belum pernah lihat Crown di bongkar..
Kalau bandingin E300 di bongkar vs Camry/Accord di bongkar sih kayak bandingin ruang pengetesan audio vs rumah seng.. Kasian.. Kasian E300 nya..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
wahh emang mantap nih pengetahuan om rubble baru. jd inget jaman PD I dan II dulu, salah satu target adalah tambang. blum lg jajahan eropa di afrika yg benar2 melimpah sumber dayanya....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
Katanya sih mobil Eropa susah dimodif. Kalau mobil Jepang khan banyak partsnya. Warnanya cakep2. Kalau pakai keren deh, mana harganya bikin bangga.
Karena penasaran, karena bingung aku mulai belajar. Kenapa mobil Jepang di jalanan pada keren2, tapi kalau balapan selalu memble. Lihat aja di Sentul, kalau bukan one make race mana bisa Jepang berjaya.
Ternyata banyak pengusaha parts bikin parts modif buat Jepang, tapi performanya belum tentu bagus. Terus parts bagus mana? TRD udah gak ada kabarnya, Mugen gak pernah balapan, apalagi Ralliart. Paling kalau mau kontak Prodrive, tapi mereka pun udah gak pegang Subaru sejak diambil Toyota.
Kalau mobil Eropa, bukannya malah gak ada? Ada tuh, kabarnya nggak tersebar luas, tapi karyanya bener2 bisa dipertanggungjawabkan. Contohnya AMG buat Mercy, M Division buat BMW dst. Dan parts mereka bebas dibeli sampai tingkatan kompetisi.
Karena penasaran, karena bingung aku mulai belajar. Kenapa mobil Jepang di jalanan pada keren2, tapi kalau balapan selalu memble. Lihat aja di Sentul, kalau bukan one make race mana bisa Jepang berjaya.
Ternyata banyak pengusaha parts bikin parts modif buat Jepang, tapi performanya belum tentu bagus. Terus parts bagus mana? TRD udah gak ada kabarnya, Mugen gak pernah balapan, apalagi Ralliart. Paling kalau mau kontak Prodrive, tapi mereka pun udah gak pegang Subaru sejak diambil Toyota.
Kalau mobil Eropa, bukannya malah gak ada? Ada tuh, kabarnya nggak tersebar luas, tapi karyanya bener2 bisa dipertanggungjawabkan. Contohnya AMG buat Mercy, M Division buat BMW dst. Dan parts mereka bebas dibeli sampai tingkatan kompetisi.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
bang Djay,AD74YA wrote:Betul oom kopat dari sini itu polo nya.. Pernah lihat polo di bongkar di tempat audio.. Cuman saya gak dapat gambar lokal.
Kalau mau ambil gambar mobil Eropa CKD sampai kolong2 nya saya bisanya sekarang paling ambil E300, cuman ya saingan Jepangannya apa? Crown kali ya? Saya belum pernah lihat Crown di bongkar..
Kalau bandingin E300 di bongkar vs Camry/Accord di bongkar sih kayak bandingin ruang pengetesan audio vs rumah seng.. Kasian.. Kasian E300 nya..
di tempat peyot banyak kayaknya poto2 seputar urausan bongkar membongkar..
terakhir, dia abis bongkar E320 deh kayaknya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 98
- Joined: Fri Dec 28, 2012 7:21
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
saya bisa komen nih
mobil eropa itu nyaman
mobil jepang memang kurang nyaman
saya pernah coba keduanya
mobil eropa yang saya coba :mercy
mobil jepangnya: hino
yuppp....mobil eropa yg saya maksud adalah bis AKAP executive class (putra remaja jurusan jogja-merak dan jogja-lampung)
kalo hinonya... bis AKAP AC (merak-jakarta dan merak- bandung)
tempat duduknya enakan yang mercy punya
walopun saya tau, itumah yang bikin karoseri
tapi saya cuma bisa share itu, laaa blum punya mobil
pisss
mobil eropa itu nyaman
mobil jepang memang kurang nyaman
saya pernah coba keduanya
mobil eropa yang saya coba :mercy
mobil jepangnya: hino
yuppp....mobil eropa yg saya maksud adalah bis AKAP executive class (putra remaja jurusan jogja-merak dan jogja-lampung)
kalo hinonya... bis AKAP AC (merak-jakarta dan merak- bandung)
tempat duduknya enakan yang mercy punya
walopun saya tau, itumah yang bikin karoseri
tapi saya cuma bisa share itu, laaa blum punya mobil
pisss

Selalu ada alasan untuk tersenyum, Nikmatilah perjalanan kita
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Tue Jul 31, 2012 4:31
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
Pernah baca rasanya di How they make stuff ato apa lupa
Perbedaan Jepang n Eropa itu di prinsip dasar pembuatan mobil
Eropa -- kegunaan
Jepang -- kepraktisan
contoh saat ingin servis mesin
mobil eropa harus turun mesin dan kunci2 yang digunakan banyak
Mobil jepang tidak harus turun mesin dan kunci yang digunakan hanya 1
makanya kalo bawa mobil eropa/ design eropa kerasa lebih enak di kendarai tapi mobil jepang lebih praktis dan reliable

Perbedaan Jepang n Eropa itu di prinsip dasar pembuatan mobil
Eropa -- kegunaan
Jepang -- kepraktisan
contoh saat ingin servis mesin
mobil eropa harus turun mesin dan kunci2 yang digunakan banyak
Mobil jepang tidak harus turun mesin dan kunci yang digunakan hanya 1
makanya kalo bawa mobil eropa/ design eropa kerasa lebih enak di kendarai tapi mobil jepang lebih praktis dan reliable
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Fri Dec 07, 2007 4:49
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
imho..antara merc/bwm/audi vs toyota/honda/nissan kyknya beda kelas, mgkn merc/bmw/audi hrs di compare ama lexus/acura/infinityAD74YA wrote:Kalau bandingin E300 di bongkar vs Camry/Accord di bongkar sih kayak bandingin ruang pengetesan audio vs rumah seng.. Kasian.. Kasian E300 nya..
quoted dr Wikipedia :
jd falsafah nya udh beda, yg 1 luxury, yg lain "just another" automotive carsBMW is part of the "German Big 3" luxury automakers, along with Audi and Mercedes-Benz, which are the three best selling luxury automakers in the world.

tp gw setuju, slh 1 yg membedakan antara Euro cars vs jepangan adlh detail nya,
spt contoh kasus Polo vs Jazz td (mungkin ini di kelas yg sama), sekilas diluaran sm2 rapi, bagus, tp pas bagian daleman br ketauan beda (kualitas) nya
contoh dibalik doortrim itu, honda pikir gak ngaruh tampilannya mo kyk apa, toh itu di dalam & hanya keliatan pas dibuka, dan jarang2 jg bagian itu dibuka, tp mgkn VW gk sesimpel itu mikir nya..
ato kualitas material, sekilas sm2 bagus, tp pas di pegang br ketauan kualitas nya, halus, kuat, gak murahan, bahan kelas 1, dll
tp apa semua Euro & JP cars gitu ?
tp ujungnya2 hrga jd beda jg sih..

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2198
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang
ane pernah ngerasain juga omthe_officer wrote:saya bisa komen nih
mobil eropa itu nyaman
mobil jepang memang kurang nyaman
saya pernah coba keduanya
mobil eropa yang saya coba :mercy
mobil jepangnya: hino
yuppp....mobil eropa yg saya maksud adalah bis AKAP executive class (putra remaja jurusan jogja-merak dan jogja-lampung)
kalo hinonya... bis AKAP AC (merak-jakarta dan merak- bandung)
tempat duduknya enakan yang mercy punya
walopun saya tau, itumah yang bikin karoseri
tapi saya cuma bisa share itu, laaa blum punya mobil
pisss
ini sih masalah suspensi, tapi tergantung seri mercy dan hinonya
waktu itu studi tour ke bali naik bus pariwisata hino, awalnya ga merasa ada yang aneh
tapi pas kunjungan ke pabrik, dinaikin bis perusahaan pake sasis mercy, walaupun bisanya terlihat lebih tua tapi ayunan nya terasa lembut
tapi mercy seru tertentu juga ada yang bilang keras suspensinya masih enakan hino
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu