Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by andy1800 »

*bikin trid krn terinspirasi oleh pertanyaan karib sy, oknum B


diluar urusan engine,
byk org yg kalau membicarakan build quality sbuah mobil, lalu bilang "rasa mobil eropa", "kualitas jepangan", "handlingnya eropa banget", ....dsb
jd tidak bisa dihindari, mmg kenyataannya terjadi dikotomi tipikal yg seperti itu.
sbenernya klo mau lengkap sih ada: Jepang vs Eropa vs Amerika
so far kita batasi utk gak membicarakan dulu: Korea & China & India ya


jadi, beneran ada gak sih, perbedaan2 signifikan baik dr sisi build quality, material, atau engineering detail antara:
Mobil Eropa vs Mobil Jepang ?

*mohon klo membandingkan perlu dicermati: kelas, spesies/katagori, dan harga yg setara ya.
*mobil Amerika tu scara build quality bisakah dianggap sama/sekelas/karakteristiknya mirip dg mobil Eropa? krn sama2 dari bule



silaken, mohon diterang2ken
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by andy1800 »

*pertamax

catatan:
mohon utk tdk menuntut definisi2 ya...yg penting pengertian atau terminologinya bisa diapahami bersama
jika ada satu hal yg msh belum satu persepsi utk bs membicarakan lbh lanjut, bisa diupayakan menyamakan persepsi dulu tanpa harus definitif2 amat
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by c_adhi_k »

Oknum baru muncul
Bagor
Belphegor
Badak
Siapa lagi ya? :weekk:

Pertanyaan yang susah, karena banyak faktor yang mempengaruhi
Terutama soal sasaran market dari mobil tersebut

Menurut nubie eropa seimbang antara price dengan mobil yang didapat
Beda dengan jepang ( yang khusus market indo) saya rasa lebih ke profit oriented banget
IMALY hehehe
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by newrubble »

di eropa dulu (paris) sy steer (sewa) galant III (eterna) rasanya sama dgn bawa mobil lokal sana ...dari steering grip hingga stability ...bgt juga saat sewa camry di sini tdk beda (sama sj) dgn mobil lokal macam chevy atau dodge sedan sejenis krn camry mmg dibuat lokal (spy tdk kena pajak mobil impor) n dianggap mobil produk domestik

kalo di indo sy blm pernah bandingin krn mobil eropa sy cuma mobil tua ...bgt juga spore juga sy punya mobil bikinan UK yg sdh tua
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by nugroho bagor »

c_adhi_k wrote:Oknum baru muncul
Bagor
Belphegor
Badak
Siapa lagi ya? :weekk:

Pertanyaan yang susah, karena banyak faktor yang mempengaruhi
Terutama soal sasaran market dari mobil tersebut

Menurut nubie eropa seimbang antara price dengan mobil yang didapat
Beda dengan jepang ( yang khusus market indo) saya rasa lebih ke profit oriented banget
IMALY hehehe
Bwaahhh jadi oknum pulak awak nih
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by y_anjasrana »

Menurut ane sih faktor sejarah yg menyebabkan perbedaan kualitas.

Pabrikan mobil eropa dilatarbelakangi kalangan elit. produk2 mereka dipasarkan hanya dikalangan bangsawan dan pengusaha besar saja. akibatnya standard produk mereka pun juga lux. bahkan mungkin mereka ga mengerti bagaimana membuat produk yg murah krn standard yang sudah mengakar berpuluh-puluh tahun bahkan beratus-ratus tahun. mengingat produk mobil awalnya chasis kereta kuda lalu dikasih mesin.

Pabrikan mobil amrik sempat mengekor eropa. namun setelah gebrakan ford model T, semua berubah. produk diarahkan utk dapat dibuat massal. dicari disain yg mudah dibuat massal dan ringan. disamping itu karena pengaruh regionalnya yang "tanah melulu" & sumber daya minyak yg melimpah, akhirnya sizenya juga menjadi besar2 dan boros.

Pabrikan asia (jepang), dilatarbelakangi perjuangan utk bangkit dari sisa2 perang. dgn pengalaman membangun mesin perang yg cukup hebat, mereka bangun dgn semangat ekonomi. akibatnya yang muncul duluan adalah kendaraan niaga. mobil penumpangpun asalnya jg dari chasis truk diberi body sedan. dgn sumber daya terbatas, kondisi geografis yg "beda" dgn amrik, munculah kendaraan2 yang relatif mungil dan irit. maklum sumber daya minyak jepang sangat minim dibanding dgn sumber daya mineral lainnya.

Sumber : dari berbagai bacaan yg dibaca bertahun2 alias imaly :big_peace:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by ZombiEE »

Pejwan...numpang mejeng
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by DOHC »

mobil eropa dan jepang masing2 ada bagus dan jelek nya sendiri....

tapi ketika mereka bekerja sama... maka lahirlah mobil2 sperti batu makam...

ngomongin batu makam, jadi inget mobil merek lancia.... mudah2an ga end up kaya lancia si batu makam..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by y_anjasrana »

Woww.. lancia.... jd inget yg ini :

Image


dan yang ini :

Image
Accurate V5 Accounting System Consultant
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by DOHC »

when every good things should be balanced with negative...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by AD74YA »

Si mbah pakai bikin beginian segala....

Build quality ya... Mengenai standar fit finish korporasi saya harus cari datanya dulu... Tapi yang gampang, kalau dari tingkat finesse yang ditawarkan ane bisa kasih contohnya..

Idealnya, kita harus pakai kelas yang sama ya.... Bisa dibilang ANJ sama Polo sekelas lah ya,.... Kita liat dari sound insulation aja sebagai contoh:

ANJ:
santa2.JPG
Cuman ditempel pake plastik dikasih sealant... Ditengah plastik ada busa tipiiissssss banget yang mana kalau plastiknya kebuka, gak ada lagi busa peredam suara di rangka pintu new Jazz ini.... Doortrim? Full hard plastic.

Polo:
santa6.JPG
nggak ada lubang panel besar seperti di new Jazz... Lubang panel ditutup dengan box tempat elektronik, dan speaker. dan disekeliling box & speaker tersebut ada seal karet lagi dan sekrup, sehingga paten (tidak rattling). Doortrim sebagian memiliki dari softpad (yang bisa meredam suara), ean juga dibalik doortrim terutama dideket klip-klip doortrim nya (pinggiran) terdapat busa tebal yang juga bisa meredam suara dan menghindari rattling dari klip pintu.

Engine hood?

Polo:
santa4.JPG
Freed:
santa3.JPG

Sebagian contoh kecil dari yang kelihatan.,... :mrgreen:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by artoodetoo »

Jujur sebenarnya saya sangat penasaran dengan mobil eropa karena sampai detik ini belum pernah punya kesempatan nyetir mobil eropa. Parah ya :ungg:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by madcat015 »

y_anjasrana wrote:Woww.. lancia.... jd inget yg ini :

Image


dan yang ini :

Image
Wooooow... Gambar yg gede itu Lancia Stratos ya om Yun... Legenda tuh... :mrgreen:

Ane pernah naik mobil Eropa -punya temen semua- (Mini Mayfair, 5-serie F10, X6, CLS63, Carrera, Panamera, Aventador, etc etc etc). Kualitasnya mmg jauh dibandingin mobil Jepang terbaik yang pernah ane naikin -juga punya temen semua- (RX350, Alphard, CX-7, CX-9, R35). Tapi berbicara ttg tahan banting, mmg bener pendapat om Yun. Mobil Jepang didesain untuk bertahan lama dalam kondisi ekstrim (menurut temen ane yg punya mobil Jepang dan Eropa).

Japanese cars have less problem kata dia..., meskipun ujungnya: more recall :e-doh:

Imaly.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by newrubble »

y_anjasrana wrote:Menurut ane sih faktor sejarah yg menyebabkan perbedaan kualitas.

Pabrikan mobil eropa dilatarbelakangi kalangan elit. produk2 mereka dipasarkan hanya dikalangan bangsawan dan pengusaha besar saja. akibatnya standard produk mereka pun juga lux. bahkan mungkin mereka ga mengerti bagaimana membuat produk yg murah krn standard yang sudah mengakar berpuluh-puluh tahun bahkan beratus-ratus tahun. mengingat produk mobil awalnya chasis kereta kuda lalu dikasih mesin.

Pabrikan mobil amrik sempat mengekor eropa. namun setelah gebrakan ford model T, semua berubah. produk diarahkan utk dapat dibuat massal. dicari disain yg mudah dibuat massal dan ringan. disamping itu karena pengaruh regionalnya yang "tanah melulu" & sumber daya minyak yg melimpah, akhirnya sizenya juga menjadi besar2 dan boros.

Pabrikan asia (jepang), dilatarbelakangi perjuangan utk bangkit dari sisa2 perang. dgn pengalaman membangun mesin perang yg cukup hebat, mereka bangun dgn semangat ekonomi. akibatnya yang muncul duluan adalah kendaraan niaga. mobil penumpangpun asalnya jg dari chasis truk diberi body sedan. dgn sumber daya terbatas, kondisi geografis yg "beda" dgn amrik, munculah kendaraan2 yang relatif mungil dan irit. maklum sumber daya minyak jepang sangat minim dibanding dgn sumber daya mineral lainnya...:
sy tambahin ya pak n maaf out of topic

eropa: punya value add atas mudah (n murah nya) supply biji-besi (iron ore) kualitas terbaik (yg terjauh pun ...ural ...masih murah bila dikirim ke bagian tengah n barat eropa ...mobil mobil eropa pertama, dibuat utk city transport practicality serta road infrastructure yg sdh tertata (meski umumnya dgn narrow width) mrk punya filosofi penggunaan mobil selama mungkin (time durability) ...rigid construction adalah buktinya (utk tdk mengatakan "over constructed")...dari eropa lah dunia mengenal city n micro cars ...serta penggunaan mobil secara kolektif ...alias taxi

amerika: dibuat saat economic boom sehingga mengutamakan comfort cruising krn org amerika travelled most to interstate/city n rural ...power @ top priority to overcome hill climb n off road ...inilah bangsa yg dulu nya bgt "boros" dlm hidup ...mrk lah yg pertama x melakukan steel (car) disposal ...baik krn failure beyond economic repair maupun bosan ...US adalah yg pertama x memperkenalkan steel (car) scrap / disposal yard ...meski mrk (dulu) tdk tau what next after disposal ...n dgn mudahnya mempersilakan jepang membeli bgt murah sebanyak mungkin ...scrapped metal ...asalkan jepang bayar sendiri shipment cost dgn gunakan US-flag bulk carriers (kapal kapal laut berbendera amerika)

jepang : dari saat pertama punya kesulitan iron-ore pdhl nationwide sdh "addicted" dgn metal industry sejak late admiral perry sukses dgn meiji restoration ...utk dpt konsesi komoditi yg lbh fair mrk hrs berperang (1905) bgt juga u dapat US market yg terbuka lebar pun mrk hrs berperang (1941-45) sehingga hasil yg baik bisa mrk nikmati skrg ...mobil jepang sejk pertama hingga kini (bila di banding dgn mobil eropa n US) punya filosofi sama (dan masih kuat di eksekusi hingga kini ...bahkan ditiru US dan eropa) ...simple mechanism n light weight (besi hrs di irit irit) ...lower maintenance cost ( n production cost s well) ...compact in size ...bgt byk "akal" jepang spy bisa terus bikin ...mrk lah yg pertama x di dunia ....impor besi rongsokan u bikin barang (mobil baru) ...bahkan tiap perang pun ...wilayah yg mrk bikin takluk, diambil steel infrastructure nya u dibuat mesin mesin perang mrk ...dari jepang lah US n eropa belajar recycle n energy saving
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by andy1800 »

Senang sekali menyimak penjelasan dan pendapat bergizi dr rekan2





icic
TFS
Lanjut
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by nugroho bagor »

andy1800 wrote:Senang sekali menyimak penjelasan dan pendapat bergizi dr rekan2





icic
TFS
Lanjut
Pusing panjang banget
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by maskopat »

AD74YA wrote:Si mbah pakai bikin beginian segala....

Build quality ya... Mengenai standar fit finish korporasi saya harus cari datanya dulu... Tapi yang gampang, kalau dari tingkat finesse yang ditawarkan ane bisa kasih contohnya..

Idealnya, kita harus pakai kelas yang sama ya.... Bisa dibilang ANJ sama Polo sekelas lah ya,.... Kita liat dari sound insulation aja sebagai contoh:

ANJ:
santa2.JPG
Cuman ditempel pake plastik dikasih sealant... Ditengah plastik ada busa tipiiissssss banget yang mana kalau plastiknya kebuka, gak ada lagi busa peredam suara di rangka pintu new Jazz ini.... Doortrim? Full hard plastic.

Polo:
santa6.JPG
nggak ada lubang panel besar seperti di new Jazz... Lubang panel ditutup dengan box tempat elektronik, dan speaker. dan disekeliling box & speaker tersebut ada seal karet lagi dan sekrup, sehingga paten (tidak rattling). Doortrim sebagian memiliki dari softpad (yang bisa meredam suara), ean juga dibalik doortrim terutama dideket klip-klip doortrim nya (pinggiran) terdapat busa tebal yang juga bisa meredam suara dan menghindari rattling dari klip pintu.

Engine hood?

Polo:
santa4.JPG
Freed:
santa3.JPG

Sebagian contoh kecil dari yang kelihatan.,... :mrgreen:
apa perlu kita membandingkan produk eropa dan jepang dari negara yang sama? ini polo yang di Indonesia kah?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by AD74YA »

Betul oom kopat dari sini itu polo nya.. Pernah lihat polo di bongkar di tempat audio.. Cuman saya gak dapat gambar lokal.

Kalau mau ambil gambar mobil Eropa CKD sampai kolong2 nya saya bisanya sekarang paling ambil E300, cuman ya saingan Jepangannya apa? Crown kali ya? Saya belum pernah lihat Crown di bongkar..

Kalau bandingin E300 di bongkar vs Camry/Accord di bongkar sih kayak bandingin ruang pengetesan audio vs rumah seng.. Kasian.. Kasian E300 nya..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by y_anjasrana »

wahh emang mantap nih pengetahuan om rubble baru. jd inget jaman PD I dan II dulu, salah satu target adalah tambang. blum lg jajahan eropa di afrika yg benar2 melimpah sumber dayanya....
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by asudarsono »

Katanya sih mobil Eropa susah dimodif. Kalau mobil Jepang khan banyak partsnya. Warnanya cakep2. Kalau pakai keren deh, mana harganya bikin bangga.

Karena penasaran, karena bingung aku mulai belajar. Kenapa mobil Jepang di jalanan pada keren2, tapi kalau balapan selalu memble. Lihat aja di Sentul, kalau bukan one make race mana bisa Jepang berjaya.

Ternyata banyak pengusaha parts bikin parts modif buat Jepang, tapi performanya belum tentu bagus. Terus parts bagus mana? TRD udah gak ada kabarnya, Mugen gak pernah balapan, apalagi Ralliart. Paling kalau mau kontak Prodrive, tapi mereka pun udah gak pegang Subaru sejak diambil Toyota.

Kalau mobil Eropa, bukannya malah gak ada? Ada tuh, kabarnya nggak tersebar luas, tapi karyanya bener2 bisa dipertanggungjawabkan. Contohnya AMG buat Mercy, M Division buat BMW dst. Dan parts mereka bebas dibeli sampai tingkatan kompetisi.
Ready to Race
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by Abu2 »

AD74YA wrote:Betul oom kopat dari sini itu polo nya.. Pernah lihat polo di bongkar di tempat audio.. Cuman saya gak dapat gambar lokal.

Kalau mau ambil gambar mobil Eropa CKD sampai kolong2 nya saya bisanya sekarang paling ambil E300, cuman ya saingan Jepangannya apa? Crown kali ya? Saya belum pernah lihat Crown di bongkar..

Kalau bandingin E300 di bongkar vs Camry/Accord di bongkar sih kayak bandingin ruang pengetesan audio vs rumah seng.. Kasian.. Kasian E300 nya..
bang Djay,
di tempat peyot banyak kayaknya poto2 seputar urausan bongkar membongkar..

terakhir, dia abis bongkar E320 deh kayaknya
User avatar
the_officer
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Fri Dec 28, 2012 7:21

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by the_officer »

saya bisa komen nih

mobil eropa itu nyaman
mobil jepang memang kurang nyaman

saya pernah coba keduanya

mobil eropa yang saya coba :mercy
mobil jepangnya: hino

yuppp....mobil eropa yg saya maksud adalah bis AKAP executive class (putra remaja jurusan jogja-merak dan jogja-lampung)
kalo hinonya... bis AKAP AC (merak-jakarta dan merak- bandung)

tempat duduknya enakan yang mercy punya
walopun saya tau, itumah yang bikin karoseri
tapi saya cuma bisa share itu, laaa blum punya mobil

pisss :big_peace:
Selalu ada alasan untuk tersenyum, Nikmatilah perjalanan kita
User avatar
peace
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Tue Jul 31, 2012 4:31

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by peace »

Pernah baca rasanya di How they make stuff ato apa lupa :big_slap:

Perbedaan Jepang n Eropa itu di prinsip dasar pembuatan mobil

Eropa -- kegunaan
Jepang -- kepraktisan

contoh saat ingin servis mesin
mobil eropa harus turun mesin dan kunci2 yang digunakan banyak
Mobil jepang tidak harus turun mesin dan kunci yang digunakan hanya 1

makanya kalo bawa mobil eropa/ design eropa kerasa lebih enak di kendarai tapi mobil jepang lebih praktis dan reliable
Jerome
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Fri Dec 07, 2007 4:49

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by Jerome »

AD74YA wrote:Kalau bandingin E300 di bongkar vs Camry/Accord di bongkar sih kayak bandingin ruang pengetesan audio vs rumah seng.. Kasian.. Kasian E300 nya..
imho..antara merc/bwm/audi vs toyota/honda/nissan kyknya beda kelas, mgkn merc/bmw/audi hrs di compare ama lexus/acura/infinity

quoted dr Wikipedia :
BMW is part of the "German Big 3" luxury automakers, along with Audi and Mercedes-Benz, which are the three best selling luxury automakers in the world.
jd falsafah nya udh beda, yg 1 luxury, yg lain "just another" automotive cars :big_peace:

tp gw setuju, slh 1 yg membedakan antara Euro cars vs jepangan adlh detail nya,
spt contoh kasus Polo vs Jazz td (mungkin ini di kelas yg sama), sekilas diluaran sm2 rapi, bagus, tp pas bagian daleman br ketauan beda (kualitas) nya

contoh dibalik doortrim itu, honda pikir gak ngaruh tampilannya mo kyk apa, toh itu di dalam & hanya keliatan pas dibuka, dan jarang2 jg bagian itu dibuka, tp mgkn VW gk sesimpel itu mikir nya..
ato kualitas material, sekilas sm2 bagus, tp pas di pegang br ketauan kualitas nya, halus, kuat, gak murahan, bahan kelas 1, dll

tp apa semua Euro & JP cars gitu ?

tp ujungnya2 hrga jd beda jg sih.. :mky_08:
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by c_adhi_k »

the_officer wrote:saya bisa komen nih

mobil eropa itu nyaman
mobil jepang memang kurang nyaman

saya pernah coba keduanya

mobil eropa yang saya coba :mercy
mobil jepangnya: hino

yuppp....mobil eropa yg saya maksud adalah bis AKAP executive class (putra remaja jurusan jogja-merak dan jogja-lampung)
kalo hinonya... bis AKAP AC (merak-jakarta dan merak- bandung)

tempat duduknya enakan yang mercy punya
walopun saya tau, itumah yang bikin karoseri
tapi saya cuma bisa share itu, laaa blum punya mobil

pisss :big_peace:
ane pernah ngerasain juga om
ini sih masalah suspensi, tapi tergantung seri mercy dan hinonya
waktu itu studi tour ke bali naik bus pariwisata hino, awalnya ga merasa ada yang aneh
tapi pas kunjungan ke pabrik, dinaikin bis perusahaan pake sasis mercy, walaupun bisanya terlihat lebih tua tapi ayunan nya terasa lembut
tapi mercy seru tertentu juga ada yang bilang keras suspensinya masih enakan hino
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu